Ceritasilat Novel Online

Pertama Kalinya 1

Pertama Kalinya Karya Sitta Karina Bagian 1


Dari Penulis There s always a irst for everything.
Dan yang namanya pengalaman pertama, rasanya pasti bermacam-macam: senang, seru, sedih, deg-degan& tak terlupakan. Pengalaman pertama bisa menjadi suatu pembelajaran apabila kita mau membuka mata, hati, dan telinga secara ikhlas.
Melalui buku ini, para penulis berbagi kisah pengalaman pertama mereka nyata maupun angan yang selain menghibur diharapkan juga bisa menjadi self help guidance bagi pembacanya.
Poin plus lainnya, dengan membeli buku ini kalian ikut membantu membiayai sekolah anak-anak keluarga prasejahtera di Indonesia. Sebagian besar hasil penjualan buku ini akan disumbangkan ke GN-OTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh) untuk kemudian disalurkan
ke daerah-daerah yang membutuhkan di seluruh pelosok tanah air. Kebanyakan dari anak-anak ini baru duduk di bangku SD. Jadi dapat dibayangkan sebuah kesempatan untuk bisa bersekolah akan menjadi pengalaman pertama yang sangat menyenangkan bagi mereka.
Akhir kata, terima kasih atas bantuan kalian dengan membeli dan membaca buku ini. It surely helps a lot!
Daftar Cerita 1. Ayo buka telinga, Kui!..... Sitta Karina
2. Bandara..... Alanda Kariza
3. Malaikat Bernama Molly..... Nia Hesti Aprilya
4. Gulali Helua..... Sitta Karina
5. Ekspresi Ruby Keyko..... Keshia Deisra
6. Aku, Awan, dan Kerlip Seribu Bintang..... Maria Christina Michaela
7. L tanpa A..... Sitta Karina
8. Aku dan Mental Bersyukur..... Natalia Galing
9. Mata Hati..... Sitta Karina
10. Aqila, Penyu, dan Elang..... Diana Laksmini
11. Baby Steps..... Stephanie Renni Anindita 12. Supranatural..... Sitta Karina
Quina Rasti Lubis Kui ibarat kilau neon di taman kota pada malam hari: ceria dan menghidupkan suasana.
Ya, asal penyakit nggak bisa dikritik Kui nggak kambuh aja.
Kui berteman dengan semua murid di SMP Pelita Bangsa. Sekolah tidak akan seru kalau tidak mendengar ocehannya tentang topik terkini yang muncul di koran pagi. Kui bisa menceritakan kembali berita hari ini, yang biasanya hanya dinikmati orang dewasa, dengan bahasa kocak dan nyeleneh.
Dan ocehan Kui ini nggak cuma bisa didengar pas istirahat atau makan siang aja. Di kelas pun Kui sering berkomentar tentang berita yang tengah ramai diperbincangkan.
Korban Facebook berjatuhan lagi. Ooh, jadi Facebook sekarang jadi penjahat, ya" Kui menggoreskan kuasnya
Ayo Buka Telinga, Kui! Sitta Karina Pertama kali Kui dikritik di depan cowok yang disukainya.
di kanvas. Matanya tetap tertuju ke objek yang sedang dilukisnya; ia terkesan sok cool walau mulutnya berkomatkamit cerewet.
Iya nih. Bikin bete. Sekarang gue dilarang main Facebook sama Bokap. Alasannya, karena gue belum cukup umur, masih empat belas tahun, tambah Jenar.
My Mom even sent me a friend request. That s a doomsday! timpal Trey dengan wajah bergidik. Lukisan di kanvasnya begitu acak-acakan dengan permainan tabrak warna seolah-olah menggambarkan emosinya saat itu.
Facebook cuma nambah masalah kita aja, keluh Bella yang termasuk dalam barisan miss popular. Bella bukan teman baik Kui, tapi dia suka asal nyamber di kelas.
Bukan salah Facebook-nya, tau" Yang salah itu penggunanya. Kenapa menyalahgunakan fungsi Facebook" Kenapa membiarkan dirinya dirayu ketika Facebook-an" Gimana sih lo" tukas Kui defensif; defensif karena ia merasa paling benar, juga karena pada dasarnya ia sebal dengan Bella.
Tapi nggak semua orang... Bella mengulum senyum penuh arti, matanya lurus memandang perut Kui, punya lemak sebanyak elo sehingga kuat mikir panjang kayak gitu, kan" Mikir tuh butuh energi dan lemak gue bisa dibilang& nggak ada.
Iya, malahan nggak semua orang punya badan sekurus elo sampai nggak bisa mikir sama sekali. Otak lo mampet ya, Bel"
Kuuu~iiii. Kui menghela napas. Dia tahu nada suara itu dan siapa pemiliknya.
Itu suara Joya, sahabatnya. Joya selalu jadi malaikat pembisik perbuatan baik tanpa pernah Kui minta. Nggak seperti di ilm-ilm, punya guardian angel ternyata nggak selalu asyik. Malah rasanya jadi reseh.
Joya berbisik di telinga Kui, Nggak perlu menyerang Bella kayak begitu, kan"
Udah deh nggak usah belain Bella! Tak disangka Kui merespons dengan teriakan marah. Jadi bukan hanya Joya yang mendengar, tapi juga Jenar, Trey, dan Bella sendiri.
Sahabat lo lebih tau diri tuh. Nggak kayak elo yang mirip preman pasar. Musa tahu ini nggak, ya" Hahaha! Bella mengedipkan sebelah mata, merasa menang. Hari ini (dan banyak hari sebelumnya) Joya selalu menyelamatkannya dari mulut pedas Kui. Ia merasa lebih dari sekadar beruntung.
Musa. Kui paling kesal kalau Musa dibawa-bawa. Mukanya langsung berubah merah padam. Bella sudah pergi dari situ. Dan rasanya Kui juga ingin ikut pergi, tapi tangan Joya menahannya.
Kok Bella bisa tau sih" Kui merasa geram sampai ingin mematahkan kuas di tangannya.
Tau apa" Ekspresi Joya murni bingung.
Musa! Kui mendesis pelan, tapi tetap saja Jenar dan
Trey yang ada di dekat mereka mendengarnya. Sertamerta Jenar dan Trey cengengesan.
Lho, bukannya satu kelas tau kalau elo naksir Musa" Tak pelak Kui pun makin sewot. Joy! Sssshhhtttt! desisnya lagi.
Pokoknya tolong jangan suka kritik gue lagi. Apalagi di depan Bella dan Sun-Diva lainnya.
Sun-Diva. Nama geng ngetop yang Kui benci terutama karena ia nggak termasuk di dalamnya. Kadang Kui ingin jadi cewek populer dan berkumpul dalam komunitas yang sama dengan orang-orang macam Bella dan pemimpin mereka, Ayumi walau harus ia akui, bersama Bella dua menit saja bisa bikin dirinya muntah.
Gue heran& kenapa sih lo nggak mau dikritik orang" Cara lo tadi tuh nggak bener. Lo maunya gue iyain aja" Iya. Itu namanya nggak ikut campur.
Mereka kembali melukis. Kali ini tanpa suara. Hawa yang menyelimuti keduanya terasa panas dan tegang.
Kelas Kesenian di Pelita Bangsa adalah salah satu kelas yang bikin ngantuk. Suasananya terlalu tenang. Saking tenangnya, dentuman lagu Black Eyed Peas entah dari earphone iPod siapa sampai terdengar ke telinga Kui. Untungnya Miss Farah, guru Kesenian mereka, adalah seorang hippie yang tidak ambil pusing apakah siswa di kelasnya mau melukis sambil dengerin iPod atau berpose yoga, yang penting suasananya tenang. Jadi asal tidak
terlalu berisik, bisik-bisik seperti yang Kui dan Joya lakukan sekarang adalah halal hukumnya.
Hari ini Musa nggak ikut kelasnya Miss Farah lagi, Kui tiba-tiba bersuara.
Dia kan atlet renang andalan sekolah yang dikaryakan tiap ada turnamen. Jadi, mau gambar bebek jadinya kodok pun Musa pasti dapat excuse dari Miss Farah. Joya yang tadinya mau cuekin Kui akhirnya tidak tahan untuk buka mulut juga. Dia sudah terbiasa dengan temperamen Kui yang naik-turun seperti roller coaster. Jadi digalakin kayak tadi nggak bikin dirinya tersinggung. Joya sudah kebal terhadap serangan fajar Kui.
Kui manggut-manggut mendengar jawaban Joya. Kui suka menggambar dan melukis walau tidak rutin ia lakukan. Ia sendiri punya pendapat khusus mengenai kemampuan Musa dalam bidang ini.
Gambar Musa jelek banget. Kedua alis Kui mengerut. Dan kata Bella, Musa pernah bikin sketsa rumah susun waktu Miss Farah ngasih tugas menggambar bangunan tinggi. Katanya rumah susun itu tempat tinggalnya. Bayangin& rumah susun! Kayak di ilm Mengejar Matahari!
Joya mengernyitkan kening sesaat. Mengejar Matahari" Hmm, gue belum pernah nonton. Kalau Jenar pasti tahu.
Di antara teman seangkatan mereka di Pelita Bangsa, Jenar memang terkenal movie freak. Mulai dari ilm lokal sampai luar, box ofice sampai independen, semuanya Jenar tonton.
Tempat tinggal Musa mirip di ilm itu. Sumpek dan berdempetan satu sama lain. Tapi, di mata gue Musa tetap dewa. Mata Kui terlihat menerawang. Mau tinggal di comberan sekalipun, yang namanya dewa ya tetap aja ganteng.
Kekhawatiran tiba-tiba muncul di benak Kui setelah mengucapkan itu. Matanya menatap Joya, nanar.
Gue baru nyadar sama tragedi ini.... Joy, selama gue sekelas dengan Musa, kok Musa kayaknya nggak menganggap gue ada, ya"
Dia nganggep elo kita semua temannya kok. Tapi gue ingin dianggap lebih dari sekadar teman, Kui setengah merajuk, gemas. Tentu saja Joya tidak mengerti perasaaannya; Joya kan nggak naksir Musa.
Maybe you have to start behaving more nicely. Joya mengangkat kedua alisnya. Nggak menyerang orang dan mau dikritik, misalnya.
Kui menggeleng-gelengkan kepala dengan panik. Bukan, bukan itu! Joy, elo harus bantu gue; nggak boleh ada kritik-kritikan di depan Musa.
Hah" Pokoknya gue harus keliatan manis di depan Musa biar dia ngasih perhatian lebih ke gue.
It s a fake start. Nada Joya mencemooh.
But still it s a start. Kui tersenyum lebar, merasa jauh lebih optimis dari sebelumnya.
*** Keesokan harinya, ekspresi Kui di sekolah jauh lebih terang bahkan jika dibandingkan dengan sinar matahari yang tengah bersinar terik. Alasannya sederhana, karena olahraga hari itu adalah berenang.
Kalau boleh jujur, Kui nggak suka memakai baju renang karena ia merasa pahanya segede paha Gloria si kuda nil di ilm Madagascar. Tapi berenang adalah satusatunya kegiatan yang nggak mungkin nggak Musa ikuti.
Benar saja. Ketika semua anak baru keluar dari ruang ganti pakaian, Musa sudah tiga kali bolak-balik kolam renang dengan gaya bebas. Kui sampai beranggapan kalau Musa adalah titisan Michael Phelps. Begitu bebas, begitu asyik merengkuh momennya sendiri. Kui suka sekali melihatnya. Mungkinkah Musa menikmati berenang seperti ia menikmati melukis di kelas Miss Farah"
Sayangnya, selalu saja ada yang mengganggu saat momen-momen indah seperti ini tengah berlangsung.
Wah, Kui& kalo elo masuk, bisa-bisa air kolam renangnya keluar semua. Sambil melintas di belakang Kui, Bella dengan usil menyeletuk.
Kui berlagak budek. Untungnya di kelas kita cuma satu orang yang gembrot, tambah Bella, mengerlingkan sebelah matanya. Save water, save the earth.
Akhirnya kesabaran Kui pecah juga. Elo tahu Hukum Archimedes nggak sih"!
Gue nggak hafal. Gue kan bukan geek. Siapa lagi yang Bella maksud geek kalau bukan Kui. Nggak usah jadi geek juga pasti tau kalo gue nyebur nggak bakal bikin air kolam renang keluar semuanya! Bodohnya Kui malah meladeni ocehan Bella.
Tiba-tiba Joya menyikut Kui hingga ia berhenti menyerocos. Rupanya Musa melintas di depan Kui dan Joya. Dan sebagai sahabat yang baik, Joya berusaha mengingatkan rencana jadi anak manis Kui kalau mereka sedang ada di dekat Musa.
Joy, lo ikut lomba renang dua minggu lagi, ya" Kita kekurangan orang nih, ucap Musa tanpa diduga kepada Joya. Ia memamerkan senyum polos dan boyish-nya. Gue, Mus" Joya menjawab dengan sedikit kaget. Musa menepuk punggung Joya, keras. Siapa lagi cewek yang jago berenang gaya kupu-kupu selain Joya" selorohnya.
Kui cemberut mendengarnya.
Ayo, Wi, kasih semangat buat sahabat lo biar sekolah kita jadi juara umum lagi! seru Musa ke Kui sambil berlalu.
I-Iya! Kui langsung tersenyum ceria lagi. Ia menyikut Joya balik. Musa memang baik!
Aaargh.. sudah, sudah! Gue mau berenang aja! Joya berujar sok sewot, namun sambil tersenyum. Ia lalu melompat ke dalam kolam dengan satu gerakan yang luwes dan indah.
*** Sejam berikutnya dilalui Kui dengan perasaan bosan. Nggak ketinggalan rasa tidak nyaman yang terus menguntit dirinya apa lagi kalau bukan gara-gara seragam renang yang membuat siluet tubuh bakpao Kui terlihat jelas.
Kepala Kui sibuk menoleh ke sekeliling kolam renang; memperhatikan gerakan tangan Kisa yang masih kaku, gaya melompat Karim yang tubuhnya terlalu condong, maupun posisi duduk Bella di tepi kolam renang seberang yang centil abis. Sengaja berpose agar Trey, Musa, dan Jamie yang seliweran berenang di situ meliriknya.
Begitu banyak celaan hilir-mudik di kepala Kui. Ingin rasanya ia muntahkan kritikan tersebut, mulai dari yang paling halus untuk Karim sampai yang paling nyelekit untuk Bella. Kui tidak tahan untuk diam lebih lama lagi, tapi kemudian Joya datang. Dan sayangnya Joya tidak sendiri, ada Bella, Ayumi, dan Trey bersamanya. Tumben cewek-cewek Sun-Diva mau jalan bareng sama Joya yang menurut Kui hidup di habitat yang sama seperti dirinya, yaitu habitat orang nggak populer.
Quina! panggil Pak Juwo guru olahraga tiba-tiba. Ayo, jangan cuma duduk-duduk saja. Ulangi gaya bebasmu yang belum sempurna. Banyak bergerak, Quina, agar tubuh jadi lebih bugar.
Dan kurus, Pak, tambah Bella, cekikikan. Ayumi si
kepala suku Sun-Diva ikut tertawa dan itu membuat Bella kian senang.
Tapi saya kan memang nggak jago berenang, Pak! Kui merengut.
Jago tidak jago, di kelas saya, semua orang harus bergerak. Kecuali dia kena serangan jantung mendadak. Termasuk kamu, Quina. Pak Juwo pun kembali mengawasi sisi lain kolam renang tempat sekumpulan anak berlatih teknik pernapasan.
Kui makin cemberut. Eh, Wi, tapi beneran lho... kalo elo jarang bergerak dan cuma makan melulu, bisa kena serangan jantung di usia muda. Oom gue kena serangan mendadak waktu umur 25 dan langsung meninggal. Nggak sempet koma. Padahal dia baru menang jackpot keliling Eropa, Trey menambahkan tanpa ingin mengejek, namun Kui sudah kepalang sensi karenanya.
DIAM SEMUANYA! tiba-tiba Kui berseru lantang, penuh amarah.
Ocehan Trey bikin Kui tambah kalut; dia nggak mau kena serangan jantung sekarang, apalagi Musa belum juga melirik ke arahnya.
Kui.... Joya yang pertama kali menghampirinya. Terutama elo, Joy. Gue nggak mau denger apa-apa lagi dari elo. Gue benci dikritik, disudutin kayak gini. Lihat elo& gaya elo sebenernya nggak beda sama Ayumi dan Bella. Karena itu kan elo jadi ngebelain Bella melulu"!
Tuduhan lo nggak masuk akal, Wi, suara Joya ikut meninggi.
Gue nggak mau ngeliat elo lagi. Kui melotot. Gue. Capek. Sahabatan. Sama. Elo!
Kata demi kata terucap oleh Kui dengan jeda yang sangat jelas. Namun, lima detik kemudian ia menyesal telah berucap seperti itu kepada Joya.
Joya terdiam. Matanya menatap air kolam yang beriak. Sebenarnya& elo akan mendapatkan itu kok. Joya mengambil handuk dan pergi dari situ. Kui ingin menyusul tapi kakinya dipaku rasa gengsi. Ia tidak mengerti maksud ucapan Joya. Mungkin itu hanya luapan kemarahan sesaat sahabatnya. Dan lebih dari itu, Kui semakin putus asa akan pandangan Musa terhadap dirinya kini. Ia dapat merasakan Musa ikut menonton drama itu walau akhirnya Musa kembali berenang, memilih tidak ikut campur.
Pupus sudah impian Kui menjadi cewek manis di depan Musa.
Joya menyukai renang seperti halnya Musa, jadi Kui tahu ke mana harus mencari sahabatnya itu. Setelah dua hari tidak saling menyapa, Kui merasa semakin tersiksa oleh rasa bersalah. Ia memutuskan untuk segera menemui Joya dan meminta maaf.
Kolam renang sepi sekali sore itu. Bias sinar mentari
masuk melalui celah-celah skylight. Hanya ada beberapa anak di sana. Kebanyakan dari mereka adalah anggota klub renang yang sedang berlatih gaya kupu-kupu untuk perlombaan.
Kui melihat Joya. Dan ternyata Musa juga sedang berlatih. Kui memberanikan diri untuk bertemu dengan Joya walaupun ia mungkin akan dimaki di depan Musa.
Kui berdiri di tepi kolam. Joy..., panggilnya, berusaha bersuara tidak terlalu keras agar anak lain tidak menengok ke arah mereka. Maaf, ya.... Harusnya gue ngomong ini dari kemarin-kemarin....
Joya tetap meluncur di dalam air. Setelah Kui perhatikan, postur tubuh Joya ternyata sangat proporsional. Wajah Joya juga cantik. Kui pernah mendengar Trey berbisik ke Jamie, Joya is hotter than Bella . Dan dengan segala kelebihan isiknya itu Joya memilih tempat di sisi Kui, bukannya nongkrong bareng Sun-Diva. Setelah hampir setahun mereka berteman baik, seharusnya Kui sadar bahwa Joya memang menyayanginya sebagai sahabat dengan tulus.
A true friend stabs you in the front, ucap Kui akhirnya setelah ia mengingat-ingat tugas bahasa Inggris terakhir bersama Miss Coates dan mendarat di quote Oscar Wilde yang sangat Joya sukai. I should have known that.
Joya yang sedang berenang berhenti dan menatap Kui.
Gue nggak pernah suka hang out sama anak-anak SunDiva. Gue kira elo kenal gue& . Kekecewaan dengan jelas mewarnai tiap kata yang mengalir dari mulut Joya. Hal itu membuat Kui semakin sedih. Gue minta elo berhenti mencela Bella bukan karena gue ngebelain Bella. Tapi gue yakin elo bisa jadi orang yang lebih baik jauh lebih baik dibandingkan Bella.
Maaf ya, Joy. Gue merasa dikritik sahabat itu pahit. Tapi kayaknya mulut gue yang lebih pahit kalau ngasih komentar ke orang. Terutama ke sahabat sendiri.
Joya terdiam. Kui pun menunduk, sebelum akhirnya menebar pandangan ke teman-temannya yang berlatih penuh semangat sore itu. Jadi, lo ikut turnamen bareng Musa juga" Gue pasti nonton, nonton elo tentunya. Ng& mau nonton Musa juga sih& .
Joya tersenyum geli dengan kejujuran Kui. Setidaknya Kui nggak munaik.
Gue nggak jadi ikut turnamen, Wi. Gue ke India minggu depan.
Hah" Ngapain" Elo kan paling nggak suka makanan kari"!
Papa dipindahkan ke sana. Jadi vice consul di Mumbai. Tapi lo pernah bilang, nggak semua orang Deplu ditugasin ke luar negeri"
Kui sewot, Joya pun nggak kalah sewotnya. Bukan gue yang bikin peraturannya, tau"! Joya membentak karena merasa tak berdaya.
Jadi semuanya sampai di sini aja..." Wajah dan mata Kui terasa panas. Ia akan segera menangis dan Musa akan melihatnya. Aaargh, sebodo amat dengan Musa! tukasnya dalam hati.
You silly. Ternyata Joya lebih dulu menitikkan air mata. Ada Facebook, e-mail, Twitter, YM. Kita nggak bakal merasa jauh, tau"! Lagi pula, lo akan seneng karena nggak ada lagi yang rese nguliahin elo soal behaving good.
Kui menggeleng-gelengkan kepala dengan bernafsu. Gue justru akan kangen itu!
Serius" Joya menaiki tangga kolam renang. Walau tubuh Joya masih basah, Kui langsung merangkulnya erat. Tanpa Joya, siapa lagi yang akan mengingatkannya untuk bersikap lebih baik" Tapi kemudian ia sadar.
Mungkin ini saatnya gue nggak tergantung lagi sama elo, Joy. Gue pengen jadi Kui yang lebih baik. Buat Musa"
Buat gue sendiri. Buat elo. Moga-moga nanti Musa ngeliat juga.
Gue ngeliat apa" Tiba-tiba Musa melintas di dekat mereka dan bertanya dengan wajah keheranan. Tangan kiri cowok itu tengah mengeringkan rambutnya dengan handuk, sementara tangan kanannya membawa tempe goreng panas yang masih mengepul.
Kui dan Joya yang sedang berpelukan kontan cekikikan
dan langsung kabur dari hadapan Musa. Tanpa mereka sadari, mereka semakin mengukuhkan pendapat Musa bahwa cewek memang makhluk ajaib! ****
Desember 2007 Anika melipat kertas yang ada di dalam genggamannya dengan sangat hati-hati. Kertas itu ditemukannya pagi ini, di kotak surat rumahnya. Kotak surat yang belakangan lebih sering kosong karena kemajuan teknologi SMS dan surat elektronik. Tapi Anika selalu menyukai surat. Seperti ia selalu menyukai slide ilm dan kamera analog meski teknologi sudah melahirkan kamera digital. Seperti ia selalu menyukai Radiohead dibanding band-band baru yang lebih digandrungi teman-teman seumurannya.
Hal pertama yang ia lakukan adalah memberitahu kedua orangtuanya, yang superexcited; memberitahu kedua adiknya, yang memberi respons seadanya; dan& Yori. Yor, aku lolos tahap tiga AFS 1 .
1 [singkatan] American Field Service
Bandara Alanda Kariza Pertama kali Anika bepergian meninggalkan orang-orang yang disayanginya.
Yori tidak tahu harus berkata apa ketika mendengar berita itu melalui telepon dari Anika. AFS Intercultural Programs adalah program pertukaran pelajar internasional yang diikuti 75 negara di dunia, termasuk Indonesia, dan melibatkan lebih dari 13.000 peserta. Apa pun yang Anika katakan, hanya berarti satu buat Yori; Anika akan tinggal di luar Indonesia selama kurang-lebih sebelas bulan lamanya.
Sejak awal, kira-kira bulan September 2007, Yori sudah yakin bahwa Anika pasti akan diterima di program tersebut. Meskipun Anika sendiri tidak terlalu berharap, dan proses seleksinya begitu ketat dan sulit, Yori tahu Anika bisa melewatinya. Di mata Yori, Anika adalah sosok yang mengagumkan, meski ia tidak pernah mengatakannya.
Wow, selamat ya, ujar Yori. I am proud of you, tambahnya sebatas di dalam hati saja. Yori memang sering memendam rasa kagumnya terhadap Anika. Selalu ada bangga buat Anika bila pacarnya itu meraih sebuah prestasi. Tapi bersamaan dengan itu, Yori juga merasa egonya terusik. Bagaimanapun selalu ada sayang buat Anika.... Rasa sayang itulah yang membuat ego Yori menghilang sehingga ia selalu kembali ke sisi Anika.
AFS. AFS. AFS. Anika menuliskan singkatan itu di selembar kertas bekas berkali-kali sampai kertas itu nyaris hitam tertutup
tinta bolpoinnya. Ia berharap, dengan melakukannya, kata-kata itu jadi tidak bermakna. Ternyata dirinya salah. Hatinya justru semakin kacau.
Dalam beberapa minggu, atau mungkin bulan, ia akan pergi dari kota ini, negara ini. Meski ia belum tahu akan pergi ke mana, tapi ia akan pergi, dan sebelas bulan bukanlah waktu yang singkat. Meninggalkan keluarganya selama itu adalah sesuatu yang berat. Merayakan Idul Fitri di luar Indonesia tanpa keluarga" Tidak menghabiskan kelas 12 di Indonesia seperti teman-teman satu sekolahnya yang lain" Terlebih lagi& meninggalkan Yori" Padahal ceritanya dengan Yori baru saja ia tulis. Baru sampai di paragrafparagraf awal, baru halaman pertama& .
Ia merasa gamang. Ketika teman sebayanya menginginkan kehidupan yang progresif, Anika justru mengharapkan stagnasi. Ia ingin jalan di tempat, untuk sekali ini saja. Ia ingin berada di Jakarta, dengan segala kebaikan dan keburukannya. Ia ingin bersama Papa, Mama, dan kedua adik laki-lakinya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ia ingin bersama Yori. Ia tidak mau ke mana-mana saat ini, meski ia tahu bahwa keikutsertaannya dalam AFS adalah sesuatu yang mulia. Misi budaya; memperkenalkan Indonesia ke dunia, bertemu orang-orang baru dari berbagai negara dan kultur. Kalaupun ia nantinya dikirim ke negara yang tidak seberuntung Indonesia, Anika tetap yakin ia akan mempelajari banyak hal. Ingin rasanya Anika berteriak, I think I want to stop
this from happening, I want to cut it off! Ya, sekarang Anika benar-benar berharap seandainya ia tidak lulus program ini. Meskipun ia telah bersusah payah melewati tes seleksi AFS dari tes tahap awal berupa tes tertulis, sampai tes wawancara. Ia pun harus mendapatkan surat rekomendasi dari orang-orang di sekitarnya. Belum lagi, ada tes yang namanya dinamika kelompok; Anika harus membentuk sebuah tim dengan teman-teman yang sama sekali baru untuk menyelesaikan suatu masalah di depan para juri.
Sudah tahu akan dikirim ke mana" tanya Yori, sore itu, di rumah Anika. Akhir-akhir ini Anika dan Yori semakin sering mengangkat topik AFS sebagai bahan obrolan sehari-hari selain topik seputar sekolah, keluarga, dan teman-teman. Ini mereka lakukan sematamata supaya pergi ke luar negeri tidak menjadi hal yang menakutkan bagi Anika. Mungkin menakutkan bukan kata yang tepat, tapi Anika benar-benar tidak tahu bagaimana harus menjelaskannya. Ia merasa kosong. Ia ingin pergi. Namun, di saat yang sama, ia ingin tetap berada di Jakarta dan tidak ke mana-mana lagi.
Sudah. Ke US. Aku tadinya berharap dikirim ke Prancis atau Belgia. Ternyata dikirimnya ke Amerika. What do you think" Anika menjawab sembari mencaricari ilm animasi baru karya Michel Gondry di YouTube. Ia tahu Yori belum tentu antusias, tapi ia akan tetap menunjukkan ilm tersebut. Apa yang mereka sukai bertolak
belakang. Namun, Anika dan Yori sama-sama setuju pada kata-kata opposites attract . Seperti magnet yang berbeda kutub, justru saling menarik.
Great. Padahal aku udah doain kamu supaya dikirim ke Inggris. Siapa tahu Thom Yorke main-main ke tempat kamu, komentar Yori singkat, mencoba menghibur.
Anika menggeser posisi MacBook-nya supaya Yori dapat melihat ilm Michel Gondry tersebut. Yori menatap ke layar MacBook sambil menggigit sebatang cokelat yang ada dalam genggamannya.
Daripada Thom Yorke, mendingan kamu yang mainmain ke tempatku. I ll miss you, you know& I ll miss everything in here! The food, the atmosphere, and especially the people!
And what, Anika" Do you think I won t" batin Yori lagi-lagi di dalam hatinya saja. Anika akan pergi dalam hitungan bulan, ke belahan dunia lain. Eleven months and ten days, 45 weeks of approximately and 12 hours time zone difference. Hal itu sungguh berat bagi Yori. Tapi ia tahu, apa yang dirasakannya tidak sebanding dengan beban yang dipikul Anika. Selama Anika pergi, Yori merasa ia harus selalu ada untuk Anika, secara emosional. Ia harus berada di sisi gadis yang sangat ia sayangi.
Februari 2008 Semakin lama, rasanya semua terasa semakin baik sekaligus semakin buruk. Kemarin Anika menerima telepon
dari salah seorang sukarelawan AFS yang menyatakan bahwa ia dicalonkan untuk menjadi peserta program YES beserta delapan peserta AFS asal Jakarta lainnya. Ia merasa begitu excited menerima kabar tersebut, meskipun sejujurnya ia belum begitu mengerti apa itu program YES. Yang ia tahu, YES adalah singkatan dari Youth Exchange and Study, salah satu cabang dari AFS Intercultural Programs.
Untuk mencari tahu, dengan MacBook-nya, Anika menjelajahi situs yang membahas mengenai program YES tersebut.
The YES Program evolved out of a generalized recognition that public diplomacy efforts had been neglected in many countries around the world for many years and that the effects of this came into stark focus in the aftermath of the events of September 11, 2001. The Educational and Cultural Affairs Bureau of the U.S. Department of State, along with the US exchange community, recognized the importance of youth exchange as a key component of renewed commitment to building bridges between citizens of the U.S. and countries around the world, particularly those with signiicant Muslim populations.
Singkatnya, program YES adalah program yang dibuat untuk menjembatani Amerika Serikat dengan negaranegara yang penduduknya mayoritas muslim termasuk Indonesia. Hal itu dilakukan agar ketika generasi muda
tumbuh dewasa dan memimpin dunia, tidak akan ada lagi perang, pemboman, terorisme, dan lainnya. Hanya ada perdamaian. Anika menyadari, bahwa kegiatan ini mempunyai tujuan yang sangat mulia, dan ia adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung bisa ikut andil di dalamnya.
Aku beruntung ya, Yor" tanyanya sore itu. Anika dan Yori tengah duduk di sofa ruang tamu. MacBook milik Anika memutar lagu Joy Division dan Sigur Ros. Mereka berbincang sambil menikmati cokelat batang favorit Yori. Ponsel mereka kadang-kadang berdering dan beberapa kali terdengar suara mama Anika menanyakan apakah mereka membutuhkan camilan tambahan. Very, but I m luckier! jawab Yori. Tadinya, ia hendak meminta Anika mengganti lagu yang sedang diputar. Tapi ia mengurungkan niatnya. Karena pada saat ini, ia hanya ingin Anika mendapatkan yang terbaik dan merasa bahagia berada di sebelahnya. Whatever it takes. AFS tidak berarti perpisahan, tidak sama sekali. Yori hanya ingin menikmati saat-saat seperti ini yang tidak akan dia dapatkan selama sebelas bulan ke depan, in weeks.
Yeah" How come"
Come on. I m lucky to have you.
Tiba-tiba Anika merasa tidak ingin pergi lagi. Ia ingin terus seperti ini, duduk di sofa, tidak melakukan apa-apa, hanya mengobrol tak tentu arah dengan Yori. Di Amerika tidak akan ada Yori. Ingar-bingar Times Square, keindahan pemandangan San Fransisco, atau hamparan
ladang di Iowa, yang dapat dengan indah ia tangkap melalui kamera rangeinder-nya, tidak akan sebanding dengan berada di dekat Yori. Bersama Yori membuatnya semakin tidak ingin pergi. Yori the honest, the heartwarming, the most understanding, the sweetest person. Tapi di saat yang sama pula, Anika merasa harus pergi, harus membuat Yori bangga.
Muka Anika memerah. You are so cheesy! protes Anika, sekaligus menutupi rasa malunya.
Nah, I m nuts. Yori memandangi potongan kacang yang berada di dalam cokelat batang kesukaannya.
Agustus 2008 Nanti kamu ke bandara, kan" tanya Anika melalui telepon selulernya. Ia mengecek lagi barang-barang yang harus ia bawa. Foto keluarga. Foto Yori. Jurnal. Kamera. Semua yang bisa menemaninya selama berada di sana. Ia masih belum tahu akan ditempatkan di negara bagian mana. Sebagai langkah awal, ia akan menjalani orientasi di Washington, D.C. terlebih dahulu.
Anika merasa sangat gembira dan gugup di waktu yang sama. Ia ingin cepat-cepat berangkat, tapi juga ingin waktu berhenti saat itu pula.
Sure do! jawab Yori. Aku benci bandara, kata Anika. Baru kali ini ia membenci bandara. Dulu, ia selalu menyukainya. Ia pernah
tinggal di Sydney bersama keluarganya selama beberapa tahun, dan bandara berarti pulang ke Indonesia. Bandara juga kadang berarti liburan. Bukan perpisahan. Sesingkat apa pun perpisahan itu, ia tidak mau meninggalkan semua yang telah ia miliki di Jakarta. Comfort zone-nya, pacarnya, teman-teman yang begitu ia sayangi, dan masa SMA yang tinggal setahun lagi, masa putih abu-abunya. Kenapa"
Bandara identik dengan perpisahan, Yor. Mungkin terdengarnya cheesy whatsoever, tapi memang benar begitu dan kadang aku merasa nggak mau pergi. I can cry saying this!
Anika terduduk di ranjang yang tidak akan ia tiduri dalam waktu yang lumayan lama. Perlahan ia memandang ke sekeliling kamar, ke tembok abu-abu yang ramai dengan foto dan lukisan, ke lemari putih yang penuh dengan fotofoto hasil bidikannya, kartu pos, dan quotes penuh inspirasi yang ia tulis ulang di selembar art paper. Anika mendesah, betapa ia akan sangat merindukan kehidupannya di Jakarta.
Nggak, Nik. Bandara identik dengan hello. Maksudnya"
I ll tell you... Tapi nggak sekarang.
Sebentar lagi mau boarding. Aku nggak mau ke US, Met! All of a sudden, Anika memanggil Yori dengan panggilannya yang dulu Mamet.
Anika mengatakannya tanpa menangis, tetapi semua orang terdekatnya tahu bahwa ia sedang galau, sedih, bingung, dan gugup.
Yori membenarkan posisi kacamatanya.
Nik& I know you want it, komentar Yori sambil tersenyum. This is what you have been wanting your whole life! Obsesi-obsesi kamu, semua terangkum di AFS. Belajar bahasa asing selain bahasa Inggris, ke luar negeri, you want peace, you re religious, you want to be friends with foreign people, everything! Ada Central Park yang kamu impikan, yang sebentar lagi bisa kamu kunjungi. Apa lagi yang kurang" Ambil foto-foto yang bagus di sana, Nik. Aku percaya kamu bisa. Sebelas bulan itu nggak lama.... Percaya deh, tambahnya.
Anika menghapus air mata yang menggenang di sudut matanya.
Tapi saat ini, aku akan bilang hello ke siapa" Aku hanya akan berkata selamat tinggal, atau mungkin, see you& Bukan halo, Anika masih terisak.
You ARE saying hello, ralat Yori. Diam-diam Yori merasa sangat bahagia saat ini. Bukan karena Anika akan pergi, tapi karena pintu bagi Anika untuk mengejar impianimpiannya telah terbuka lebar. Yori selalu percaya, bahwa Anika akan menjadi seseorang yang sukses. Seseorang yang hebat. I m proud of her& .
Kepada siapa" Di bandara ini, kamu sedang menyapa masa depan
kamu. Nggak semua orang memperoleh kesempatan seperti kamu, dan aku rasa kamu bukan orang bodoh yang akan menolaknya. Kamu sudah sampai di sini, dan nggak mungkin mundur lagi. A few steps ahead& and who knows what will happen next" Aku akan ada di Jakarta, di bandara ini. Sebelas bulan, sepuluh hari, dari sekarang. Menunggu kamu di bandara yang sama. Mungkin sudah bawa mobil, nggak pakai taksi lagi. Mungkin sudah lebih tinggi, atau sudah nonton semua ilm Michel Gondry. But, I will always be the same Yori. You know me... Yori yang susah fokus, Yori yang punya problem dalam mengingat sesuatu. Yori yang selalu merasa kalau Anika adalah masa depannya. Kamu harus kejar masa depan kamu, Nik. I will chase you later. Yori tersenyum, begitupun Anika.
Malam itu, Anika berangkat dari Bandara Soekarno- Hatta ke Washington, D.C. via Kuala Lumpur dan Frankfurt. Meninggalkan keluarga, pacar, teman-teman, serta kota Jakarta yang akan selalu menjadi tempat ia pulang. Sebelas bulan, sepuluh hari, beberapa jam, dari sekarang.
Charleston, West Virginia, Oktober 2008
Anika membuka jurnal yang ada di hadapannya. Ia belum mengantuk. Sementara Lena, roommate-nya yang berasal dari Rusia, sudah tertidur pulas. Anika merasa harus menulis sesuatu untuk Yori, sekadar menulis saja. Tidak perlu dikirim
dan Yori tidak perlu tahu. Yori sudah tahu kabar Anika sehari-hari lewat SMS, messenger, dan tentu saja Facebook.
Ia membuka halaman-halaman awal jurnalnya. Halaman-halaman yang ia tulis ketika ia baru sampai di Charleston. Halaman yang ia tempeli foto Yori. Gambar Yori. Kartu dari Yori yang ia sebut the I LOVE YOU card, dan tulisan tangan Yori& .
Nik, aku sayang kamu, biarpun jarak kita terpisah jauh. Tolong ingat itu selalu& Jaga kesehatan kamu ya, aku paling kepikiran kalau kamu sakit. Sebelas bulan bukan waktu yang lama. Tanpa kamu sadari, kita akan bersama-sama lagi. Bersenang-senanglah di sana dan jangan terlalu memikirkan aku. Aku janji akan tetap bersama kamu saat kamu balik, begitu juga bulan-bulan dan tahun-tahun setelahnya.
Love, Yori Ponsel Anika bergetar. SMS dari Yori. From: Yori
Kepikiran Anika... Anika hanya tersenyum, meski air matanya hampir menitik. Yori selalu bisa membuat dirinya tersanjung dengan caranya sendiri. Yang menurut Anika jauh dari cheesy.
Anika merasa apa yang ia alami kini jauh lebih dari cukup. Ia tidak sedikit pun menyesal telah melangkah ke dalam pesawat menuju Washington, D.C. dua bulan yang lalu. Ia tidak menyesal telah melangkah meninggalkan keluarga dan Yori-nya untuk sementara.
Anika tinggal bersama host mom yang super cool karena pernah bekerja di Korps Perdamaian AS. Sedangkan roommate-nya" Benar-benar kebetulan yang membawa keberuntungan bagi Anika. Karena sejak dulu, Anika dan Yori sama-sama mengagumi literatur Rusia. Mungkin nanti ia bisa mempelajari bahasa Rusia dari Lena.
Anika tinggal di kota kecil, Charleston. Kota yang tidak memiliki taman besar, apalagi yang seperti Central Park. Kota kecil yang jauh dari gemerlap lampu kota. Ia satusatunya peserta AFS Jakarta yang tinggal di West Virginia. Tapi, semuanya tidak jadi masalah. Hampir setiap minggu ada pembukaan pameran seni, yang hampir selalu ia datangi. Ia bahkan diundang oleh Mark Tobin Moore seniman yang sudah menggelar kurang-lebih 27 pameran tunggal, dan pernah menjadi instructor of art di Concord University dan West Virginia State University.
Anika berkenalan dengan banyak teman baru. Ia bisa mengenakan busana apa pun yang ia kehendaki ke sekolah. Tulisannya dimuat di situs resmi YES dan banyak lagi hal
menyenangkan lainnya. Ia bisa dengan bangga mengirim berbagai macam berita kepada kedua orangtuanya melalui e-mail. Bahkan Anika bisa mengirim SMS sesering mungkin dan ke seluruh dunia secara gratis karena ia mendapat fasilitas unlimited messaging. Ia bisa membuat Papa dan Mama bangga. Terlebih lagi, Yori.
Sewaktu duduk di kelas 2 SMP, seorang sahabatku bercerita bahwa anjingnya yang keturunan Schnauzer dan Labrador Retriever sedang mengandung. Sayangnya, rumahnya tak mampu menampung anak-anak anjing tersebut. Karena itu sahabatku mencari pemilik baru bagi anak-anak anjingnya kelak. Aku yang tertarik memelihara anjing langsung menanyakan kemungkinan tersebut kepada Mama. Ternyata Mama dengan senang hati mengizinkan, dengan syarat anjingnya harus jantan. Iya, Ma, pasti. Akan kuminta puppy yang jantan pada Sarah nanti, kataku menyanggupi.
Setelah tiga bulan berlalu, Sarah membawa anak-anak anjingnya ke sekolah. Aku dan beberapa teman yang sudah menyanggupi mengadopsi binatang manis itu langsung berkerumun untuk mencari yang terlucu. Ternyata anak anjing yang jantan hanya ada satu dan sudah diambil oleh Christine, temanku. Terpaksalah aku mengalah
Malaikat Bernama Molly Nia Hesti Aprilya Pertama kali aku memelihara seekor anjing.
karena Christine juga bersikeras ingin memelihara anjing jantan dengan alasan tidak mau repot dengan menstruasinya dan tidak perlu disteril. Christine juga langsung menamai anak anjing itu Lucky. Ia sangat senang karena tak perlu khawatir anjingnya akan hamil.
Ketika hendak pulang, Sarah memperlihatkan satu anak anjing kepadaku yang sedari tadi belum dilongok siapa pun karena ditaruh di boks yang berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Anjing mungil itu tengah tidur meringkuk. Tidak terganggu oleh ingar-bingar di sekelilingnya ataupun celotehan saudara-saudaranya yang sudah mendapatkan mama baru. Kuperhatikan warna bulunya bahkan lebih indah dari yang lain. Matanya membuka-menutup dan badannya terlihat naik-turun seirama ritme napasnya. Aku pun langsung jatuh hati padanya, meski kutahu ia betina.
Sar, jika yang satu ini tak diambil oleh siapa pun, mau kauapakan dia" aku iseng bertanya.
Terpaksa harus dibuang di pasar, Nia. Rumahku tak bisa menampung binatang peliharaan lagi. Kau kan tahu aku sudah punya iguana, dua ekor anjing, seekor kucing, dan seekor burung, Sarah berkata sedih sambil memperhatikan anak anjing terakhir.
Baiklah, kuambil dia. Meskipun dia betina, tak apalah, kataku spontan.
Jadilah hari itu persahabatanku dengan Molly nama yang dipilihkan Mama untuknya dimulai. Oh iya, mulanya Mama keberatan karena aku mengingkari janjiku. Namun, setelah mendengar ceritaku akhirnya Mama mengerti dan malah menyambut Molly dengan sukacita.
Molly yang belum terbiasa dengan rumahku menangis tiap tengah malam selama dua hari berturut-turut. Alhasil aku dan Mama harus bangun untuk menidurkannya lagi. Seperti punya anak bayi lagi, kata Mama padaku. Molly juga ternyata bukan anjing yang doyan makan, tapi ia suka sekali minum susu. Jika diberi makan, ia malah berputar-putar di sekeliling kakiku atau melompat-lompat berusaha meraih badanku lalu memeluknya.
Aku sayang sekali pada Molly meski ia cerewet dan sering membuat masalah. Pernah suatu kali ia membawa pergi sandal ayahku dan meletakkannya di tong sampah tetangga seberang rumah. Sungguh peristiwa yang menggelikan. Molly juga berkutu. Tak jarang aku harus memandikan Molly lebih lama dari yang seharusnya. Agar terawat, aku juga harus sering-sering membawanya bercukur.
Pada umur setahun enam bulan setelah Molly menstruasi pertama ia melahirkan empat ekor anak anjing yang lucu-lucu, persis seperti Molly dulu. Aku yang tak menduga kehamilannya menjadi bingung, mau diberikan pada siapa anak-anak Molly kelak" Untungnya temantemanku saat itu berbaik hati mengadopsi mereka. Akhirnya anak-anak Molly kuberikan ketika mereka sudah cukup besar untuk berpisah dengan induknya.
Molly juga fobia. Kau tahu apa yang ditakutkannya" Kembang api! Ya, percikan warna-warni kembang api yang kerap menghiasi malam pergantian tahun itu selalu berhasil membuat Molly gemetar dan lari-lari tak keruan.
Masih banyak lagi hal menyenangkan yang aku alami bersama Molly. Gonggongannya membangunkanku setiap pagi, dan ketika aku pulang sekolah ekornya yang bergoyang-goyang keras yang menyambutku di pintu depan. Setiap pukul lima sore, Molly pasti merengek mengajakku jalan-jalan. Meski begitu, Molly teman curhatku yang paling baik. Aku sering berbicara pada Molly, baik pada waktu senang maupun sedih. Dulu aku menganggap konyol orang-orang yang berbicara dengan binatang peliharaan mereka. Namun, akhirnya aku merasakan sendiri bahwa binatang-binatang itu adalah pendengar yang baik. Molly sendiri menjadi buku harianku, tempat aku berkeluh kesah, berbagi kebahagiaan dan rahasia. Rahasiaku aman bersama Molly. Pernah suatu kali aku menangis dan mengeluh pada Molly. Dengan sabar Molly menemaniku. Matanya sesekali berkedip lalu berubah sok serius seolah mengerti apa yang aku omongkan. Aku yang tadinya menangis mau tak mau langsung tertawa melihat ekspresinya.
Molly juga pernah sakit. Saat ia terserang katarak, sebelah matanya membengkak biru dan terus-menerus mengeluarkan belek. Aku panik dan langsung membawanya ke dokter hewan terdekat. Untunglah seminggu kemudian Molly sembuh dan ceria kembali.
Temanku yang satu ini pun bisa ngambek. Kalau ia menggonggong terus-terusan, biasanya aku melotot dan memarahinya. Setelah itu ia pasti diam dan langsung membelakangiku. Ketika kupanggil, Molly& Molly sayang..., ia akan memasang muka cemberut yang malah membuatku tertawa terbahak-bahak.
Sifatnya yang lain, Molly tidak akur dengan kucing. Hebatnya ia tak pernah menyakiti kucing-kucing liar di sekitar kompleks rumah kami. Ia hanya menggonggonginya sebentar, namun tak mendekat.
Semakin lama waktu yang kulalui bersama Molly, semakin besar dan istimewa arti dia bagiku. Malah Mollylah yang memberikan pengaruh besar atas keputusanku menjadi dokter hewan kelak. Sekarang aku tak pernah menyebutnya hewan peliharaan lagi. Ia temanku, sahabat setia yang selalu ada buatku. Cinta yang ia tawarkan tulus tak bersyarat. Cinta yang tak bisa diberikan oleh manusia.
Zaman sekarang, saat kepedulian dan nilai-nilai luhur mulai terlupakan, Molly menunjukkan padaku sesuatu yang paling indah di dunia, yaitu kesetiaan dan cinta yang tulus. ****
Seandainya badanku lebih kurus, pasti hidupku lebih happy.
Aku dan Izabel, si cantik yang satu sekolah denganku, sama-sama penggemar gulali. Tapi bagaimana mungkin ukuran badan kami begitu jauh berbeda" Ibarat angsa dan sapi!
Benar-benar bikin iri melihat Izabel melintas di depanku. Alasannya banyak. Tapi ada tiga poin yang paling menggangguku:
Figur skinny itu& Rok sekolah kotak-kotak yang melekat pas seperti balerina dan tutu-nya&
Kaos kaki panjang off-white yang hampir mencapai lutut, yang bikin kakinya makin jenjang&
Semua kualiikasi untuk jadi cewek keren, cewek zaman sekarang yang cocok pakai baju apa aja, ada pada diri Izabel. Nggak perlu cantik, yang penting skinny, pede,
Gulali Helua Sitta Karina Pertama kalinya aku merasa pede dengan badan gemukku.
dan punya signature style. Apalagi Izabel adalah versi Indonesia Daisy Lowe, model asal Inggris yang juga putrinya musisi Gavin Rossdale.
Aku, Helua Syadiran, terlahir dengan struktur tulang dan badan yang besar. Dulu, banyak orang yang mengira diriku adalah perenang pro. Jangan jangan merasa bangga dulu dengan pendapat itu! Bagiku itu sama sekali bukan pujian.
Dan semua terasa makin menjadi-jadi ketika aku bertemu Izabel.
Tanpa Izabel si badan selembar hidupku saja rasanya sudah berat. Kini tiap hari aku dihadapkan pada cermin yang begitu sempurna, yang ingin kupukul hingga pecah.
Kupandangi lagi sebongkah gulali besar di tanganku yang warnanya seperti pelangi. Kalau aku makan satu buah gulali dan Iz juga makan dengan porsi yang sama, seharusnya kan kalori yang masuk ke tubuh kami juga sama. Lantas mengapa Iz tetap bisa kurus sedangkan aku menggelembung"
Mencurigakan! Tanpa sadar, kuoperkan gulali di tanganku ke Opas yang asyik bermain PSP di belakangku. Memikirkan Izabel membuat laparku hilang. Opas sih girang aja menerima gulali itu. Apa pun asal bisa dimakan, dia doyan.
Baiklah, misiku kini dimulai. Mulai besok aku resmi menjadi penguntit Izabel. Aku yakin sekali Iz punya rahasia khusus agar bisa tetap skinny kayak anorexic model. Yang harus kulakukan cuma satu: mencuri resepnya.
*** Keesokan harinya Iz datang ke sekolah, seperti biasa, lebih siang dariku. Ia meletakkan tas, mengambil cermin rias kecil, dan mematut diri sebentar. Setelah tampak puas, ia mengecek pesan baru di Blackberry-nya, pergi ke luar kelas, lalu menyapa teman-temannya di sana.
Mereka kemudian berjalan menuju kantin bagian yang aku tunggu-tunggu.
Dan benar saja, di sana Iz menyantap semangkuk penuh bubur ayam Pak Janu. Bubur ayam Cirebon ini terkenal dengan porsi supergede-nya. Bahkan aku tidak sanggup menghabiskan porsi sebesar itu saat sarapan. Tapi kok orang sekurus Iz bisa sih"
Bel sekolah berbunyi. Aku melihat Iz menyelipkan dua batang wafer cokelat ke saku kemejanya. Pelajaran kedua nanti adalah Sejarah dan cara mengajar Bu Kinan sangat membosankan. Semua anak, termasuk Izabel dan aku, biasanya sudah siap dengan earphone iPod dan camilan masing-masing di kelas. Oke, jadi Iz hanya makan wafer. Padahal dengan selera makannya yang seperti tadi, aku sudah membayangkan dia akan membawa semangkuk bubur Pak Janu lagi ke kelas!
Istirahat tiba. Iz dan teman-temannya kembali menyerbu kantin. Di luar dugaan, Iz memesan seporsi lontong sayur! Padahal tadi dia sudah makan bubur ayam dan dua wafer. Minumannya juga tidak tanggungtanggung: segelas besar Coca-Cola bukannya Diet Coke! Iiih, minuman ringan seperti itu kan mengandung banyak gula yang jelas-jelas bikin gemuk... dan Iz enteng saja menelannya"
Semua tidak berhenti pada lontong sayur. Berikutnya ada separo donat keju, cokelat warna-warni Smarties (dari Gladi, pacar Iz), tempe goreng dan tahu isi, serta makan siang sebelum ekskul berupa seporsi sate ayam dan seperempat porsi soto ambengan punya Gladi yang tidak habis. Bahkan Gladi aja masih lebih hati-hati kalo urusan makanan daripada ceweknya.


Pertama Kalinya Karya Sitta Karina di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gila! Sebagai cewek it girl pula selera makan Izabel kuli abis! Setelah lima hari masa pantauan intensku di sekolah, dengan hati hancur berkeping-keping aku harus mengakui bahwa Iz memang tidak berbakat gemuk. Tidak ada hal-hal mencurigakan yang kutemui dari Izabel: tidak ada muntah, tidak ada wortel dan brokoli rebus sebagai camilan, tidak juga mata sayu nan berkantung pertanda tubuh tidak sehat akibat diet ketat. Izabel benar-benar omnivora sejati yang tidak melakukan diet apa pun.
Huh! Dunia benar-benar tidak adil! Aku semakin kesal sekali melihat pantulan igurku pada genangan air di depan gerbang sekolah.
Aku semakin menyadari bahwa aku, Helua si gendut, cuma pelengkap penderita di antara teman-teman cewek lain yang kurusnya menurutku tidak wajar. Size two. Di mataku semua terlihat kayak zombie yang mau mati (lagi)
saat digodok Coach Ageng pas sesi olahraga. Tak terkecuali Izabel.
Walau bertubuh besar, aku menyukai olahraga. Menurutku olahraga tidak termasuk pelajaran di sekolah; olahraga adalah penghilang stres. Baik itu stres karena pelajaran sekolah, atau stres karena bentuk tubuhku. Sayang efeknya hanya sesaat. Begitu menyadari cewek-cewek kayak Izabel dan Nasta melirik ke pinggang besarku tatkala ngobrol denganku, rasanya aku ingin memuntahkan banana cake yang sedang kukunyah.
Ironis dan tragis. Aku pencinta olahraga tapi sama sekali tidak memiliki badan atletis, apalagi ramping betapapun kuatnya aku berusaha. Jangan-jangan hidupku sebenarnya dikutuk"
Semakin stres memikirkan hal itu, semakin kacau koordinasi antara pikiran dan anggota tubuh tanpa kusadari tanganku sudah membeli sebatang gulali besar. Aku memang benar-benar menyedihkan. Ingin rasanya mencari teman seperjuangan sayangnya Betty Suarez hanya karakter sebuah ilm.
Opas yang melintas di dekatku langsung berhenti dan memasang tampang serius. Elo makannya nggak happy, ia menyatakan.
Bukan urusan lo, sungutku sambil berlalu. Apa peduli Opas" Jangan harap aku akan memberikan makananku lagi seperti dulu.
Terutama untuk orang yang tipe badannya sama seperti
Izabel; suka makan tapi nggak bisa gemuk. Izabel cantik dan langsing. Opas keren dan berbadan kering (akibat sering ber-wall climbing). Perlu dicatat, kering -nya Opas itu keren. Bukannya kerempeng.
Aku" Cantik, nggak. Langsing, nggak.
Aaargh, daripada pusing-pusing kugigit besar-besar gulali di tanganku sambil membayangkan gulali itu adalah kaki wortelnya Izabel.
Tiba-tiba sepasang mata memandangiku intens. Lebih tepatnya ke gulaliku.
Si pemilik mata ternyata seorang anak perempuan dengan kursi roda. Wajahnya ayu, berambut kecokelatan, dan... langsing. Sayangnya ia duduk di kursi roda.
Gulali yang Kakak beli adalah gulali terakhir yang dijual. Boleh buatku"
Aku menatapnya setengah heran, setengah cemberut. Buatmu"
Aku beli. Bukan gratisan. Anak perempuan itu melempar tatapan menantang. Gayanya seperti tengah melakukan transaksi profesional.
Ho-ho. Aku mengangkat alis, terkesan.
Belum sempat aku menjawab, seorang anak laki-laki menghampirinya dengan napas terengah-engah. Erin! Kamu di sini toh.
Pergi sana, Kak. Erin memalingkan muka. Aku. Tidak. Mau. Pulang.
Anak laki-laki yang sepertinya masih duduk di bangku
SD itu hanya melengos. Ia terlihat lelah. Tampaknya ia tipikal kakak cowok yang baik.
Itu kan sudah keputusan mereka. Mau diapain lagi" Erin melotot, ia terlihat marah mendengar perkataan abangnya.
Oke, oke. Dua anak ini malah berantem di depanku dan anehnya aku bukannya pergi saja dari sini, melainkan berdiri terpaku dirundung rasa penasaran: Keputusan apa" Mereka siapa"
Papa memang gendut dan suka makan. Huh, seharusnya kan Mama tahu ini dari dulu ya, Kak" Kalau nggak suka, dari dulu nggak usah nikah aja sekalian!
Jangan ngomong begitu, Erin! Nanti dia dengar. Si anak cowok menunjukku.
Aku melirik galak tapi tidak satu pun dari mereka memedulikan responsku.
Kak Rayya harusnya nggak belain Mama, Erin memprotes kakaknya.
Aku yakin si kecil bernama Erin ini sebentar lagi akan menangis.
Mama lebih suka pergi dengan oom yang baru itu. Mama cuma happy kalau pergi sama dia, maka itu Mama menghindar dari Papa. Dulu waktu kecil, aku dan Kak Rayya kan juga gemuk-gemuk kayak anak sapi. Untung aja Mama nggak membuang kita saat itu!
Rayya kehabisan kata meladeni amarah adiknya.
Perpecahan. Perpisahan. Hatiku perih menangkap esensi pembicaraan mereka.
Releks tanganku bergerak ke kepala Erin. Dan tanpa sadar mengelusnya dengan lembut. Papamu segendut aku"
Erin menelitiku sesaat. Kakak mah kurus di sebelah Papa.
Aku meringis. Ada yang lebih parah dariku! Rayya merapat ke sebelahku. Terinspirasi adiknya, ia pun membagi sesuatu yang penting dari hidup mereka kepadaku. Tanpa diminta.
Papa itu gendut tapi lincah, Rayya bercerita, suka main guling-gulingan sama kita pas acara outbond. Kalau berguling, badannya jadi kayak lepet. Lucu banget. Mama nggak suka outbond karena takut kotor. Tapi kurasa sekarang alasannya bukan karena itu saja.
Mata Rayya yang bening seperti kaca tampak sedih karena lelah menanggung kepahitan.
Papa gendut tapi nggak jaim.
Bukan masalah gendutnya, Erin. Dan stop bilang Papa gendut, Rayya menasihati si adik walau tidak sepenuhnya menentang opini itu.
Papa memang gendut, tapi baik dan mau ribet main sama kita. Papa baik yang penting baik, Kak.
Bukannya terfokus pada masalah pelik yang terjadi di keluarga mereka, yang terngiang di kepalaku malah kata gendut, gendut, gendut.
Ya, gendut seperti aku. Tapi walaupun gendut, Erin dan Rayya sangat menyayangi papa mereka. Ternyata gendut tidak menjadi masalah. Yang paling utama bukan gendutnya.
Gendut tapi disayang..., aku menggumam, masih memperhatikan keduanya adu mulut.
Aku merasakan keakraban yang tidak biasa dengan kedua anak itu. Mereka sedang dilanda kesedihan dan mungkin baru menyadarinya ketika realita pahit ini telah berlalu beberapa hari kemudian.
Tapi saat ini Erin dan Rayya begitu bergelora. Mata mereka berkilat senang sekaligus marah. Mereka terlihat tangguh dan tidak menyerah pada keadaan.
Benar juga& , ucapku pelan. Kini mataku beralih ke gulali di tangan.
Rayya berhenti berdebat dan memperhatikanku dengan mata terpicing. Kakak dari tadi ngomong sendiri. Dasar aneh!
Kalau mereka tidak menyadarkan aku tadi, pasti sudah kujewer telinga anak laki-laki itu. Aku menarik napas dan tersenyum.
Mendingan gulalinya buat Erin, Kak, kata Rayya lagi. Kakak nggak takut gemuk, ya"
Kakak kan memang udah gemuk. Memangnya segini nggak gemuk"
Biasa aja ah, Rayya menjawab cuek.
Aku tertegun mendengar jawabannya. Mungkin itu penilaian anak kecil saja. Toh aku masih tetap merasa
diriku gemuk. Namun yang baru kusadari sepenuh hati adalah kenyataan bahwa selama ini sebenarnya aku happy. Aku hanya mencari-cari alasan dan malah menyalahkan Izabel demi menutupi ketidakpercayaan diriku. Aku happy dan hidupku sangat beruntung. Tatapanku beralih pada sosok Erin dan Rayya. Jauh lebih beruntung dari mereka berdua.
Tanpa kusadari Opas melintas lagi di sampingku. Ia membawa tas ransel dan beberapa peralatan panjat tebingnya. Aku teringat kegiatan klub wall climbing hari ini ditunda, yang berarti jadwal Opas sekarang seharusnya kosong.
Aku menahan pundak Opas dari belakang, lalu berpaling ke kedua teman kecil baruku. Ikut makan yuk, bareng aku dan kakak ini"
Erin dan Rayya tampak heran lebih-lebih Opas. Aku baru ingat, kalau soal makanan, bukan hanya aku yang girang. Opas juga.
Tak ada yang ingin kulakukan sekarang selain lebih mengenal kedua malaikat kecil penyelamatku itu. Erin dan Rayya tiba-tiba muncul di depan sekolah entah dari mana dan memberiku sekolah kehidupan tak terduga di saat sekolah sudah usai.
Aku yang traktir, kataku lagi, lalu berpaling ke Erin sambil memberikan gulaliku. Pokoknya kita makan besar. Makan enak. Dan yep, Rayya, aku nggak takut gemuk... lagi. ****
Keykoeva Satwika memandang langit-langit ruang tunggu butik salah satu desainer muda berbakat Indonesia Arkanda Balesa. Muda, berbakat, genius, dikenal dengan terobosan-terobosannya yang sangat mengagumkan dalam kancah industri mode Indonesia.
Sebelumnya, Mas Bruno, asisten pribadi Arkanda, menyuruhnya menunggu di kursi suede putih ini sementara ia mengecek beberapa lembar kertas yang harus Keyko pelajari sebagai pegawai magang. Suatu kehormatan bagi Keyko dapat mencari pengalaman sekaligus menimba ilmu dari salah satu desainer jempolan negeri ini.
Cerita awalnya, Mas Bruno adalah teman lama mama Keyko. Tahu anaknya terobsesi menjadi se-fabulous Diane von Furstenberg yang tak lain adalah ketua desainerdesainer Amerika Serikat, dan se-classy Coco Chanel yang brilian dalam menciptakan revolusi dunia mode, akhirnya
Ekspresi Ruby Keyko Keshia Deisra Pertama kalinya Keyko magang di butik desainer terkenal Indonesia.
sang mama mencarikan jalan untuk Keyko supaya dapat magang di butik desainer terkenal Indonesia.
Some of us, we re hardly ever here& The rest of us, we re born to disappear... How do I stop myself from being just a number& How will I hold my head to keep from going under&
Vultures, hit John Mayer dari album terakhirnya, Continuum. Lirik demi lirik sarat makna yang dibalut alunan musik blues itu menenangkan jantung Keyko yang saat ini berdetak dua kali lebih cepat.
Baru saja Keyko ingin bersenandung meneruskan lirik Vultures, seorang lelaki gemulai mirip penata rambut selebriti Hollywood, Ken Paves, menjentikkan jarinya dua kali ke arah Keyko dan menggiringnya ke lorong di sebelah kiri ruangan.
Keyko sempat takjub dengan lorong bernuansa Eropa Kuno itu. Jajaran ornamen di sepanjang lorong tersebut benar-benar terlihat cantik sekaligus tua seperti melihat langsung ornamen aslinya! Kalau bukan dibawa langsung dari Eropa, pasti pengrajin yang membuat ornamen ini sungguh mahir sehingga duplikatnya tampak mirip sekali. Ukiran di langit-langitnya yang kaya detail tak urung membuat Keyko berpikir, berapa uang yang dikeluarkan si calon bosnya (atau sudah menjadi bosnya) untuk mendapatkan lorong bergaya klasik yang mewah seperti ini"
Mas Bruno berhenti di depan pintu ruangan yang sedikit terbuka. Jantung Keyko pun rasanya ikut berhenti saking deg-degannya.
Ruang kerja Arkanda Balesa.
Hey, Keyko, if you want to chase your dreams, you gotta do it now! Keyko menyemangati dirinya dalam hati.
Arkan, ini pegawai magang yang akan bertugas sebagai asisten pribadi kamu. Dia akan bantu kamu mengurus semua persiapan fashion show tunggal kamu tahun ini. Understood" Mas Bruno menekankan begitu banyak kata sehingga Arkan yang sedang sibuk berkutat dengan kainkain animal print di depannya tercengang mendengar celotehan sang asisten senior.
Pardon" Another personal assistant for me" Gosh, I ve told you Belum selesai Arkan membuka mulutnya untuk bicara atau protes Mas Bruno sudah keburu mengirimkan tatapan maut supaya Arkan tidak membantah. Arkan pun diam dan mengangguk. Mas Bruno tampak puas dan meninggalkan Keyko sambil mengerling ke arahnya. Good luck, Dear! katanya saat menutup pintu.
Arkan tidak mengucapkan sepatah kata pun pada Keyko. Ia malah mengamati Keyko dari atas sampai bawah menilai cara berbusana gadis itu.
Keyko hanya meringis diperhatikan seperti itu. Apakah dirinya tampak aneh" Padahal hari itu Keyko mengenakan busana yang menurutnya cukup pantas dan terlihat profesional; blazer putih Zara dan tank top warna ungu dari
merek yang sama. Apakah Arkanda sebenarnya tidak memerlukan asisten pribadi" Atau Keyko dianggap kurang kompeten untuk membantunya" Hmm, menurut pengakuan Mas Bruno, ia tak sanggup menangani semua pekerjaan sekaligus persiapan fashion show secara bersamaan. Karena itu Mas Bruno merekrut Keyko untuk membantunya.
Jadi, kau asisten baruku, akhirnya Arkanda membuka mulut. Ia sama sekali tidak terlihat ingin berbasa-basi, mungkin ia tipe orang yang straight to the point. Ada beberapa hal yang mesti kauketahui sebelum bekerja denganku.
Keyko memiringkan kepalanya ke kanan. Bertanya-tanya apa lagi yang harus ia pelajari sebelum menjadi asisten pribadi si Mr. Perfectionist ini" Seingatnya tadi Mas Bruno hanya memberinya beberapa lembar kertas yang berisi tata cara bekerja pagi-sore. Tidak ada yang spesial.
Mata Arkanda tetap terfokus pada sketsa-sketsa yang ada di mejanya dan sesekali berdecak tidak puas dengan apa yang dilihatnya. Begitu banyak coretan di kertas itu sampai tangan Arkan menjadi hitam karena terkena pensil charcoal. Pertama, kamu akan menjadi asisten pribadiku tentu saja dengan mengurus semua keperluan yang seharusnya dikerjakan Mas Bruno. Bukan sesuatu yang sulit, tapi kuharap kamu dapat menjalankannya dengan baik.
Keyko mengangguk. Ia masih berdiri tak jauh dari mulut pintu ruang kerja Arkanda. Bosnya ini nggak peka atau memang mau menyiksa Keyko dengan membiarkannya tetap berdiri"
Kau mesti tahu satu hal lagi. Arkan menoleh sekilas ke arah Keyko lalu kembali berkutat dengan sketsanya. Apa, Pak" tanya Keyko penasaran.
Arkan menaruh pensilnya dan berhenti menggambar, matanya menatap Keyko dengan tajam. Aku bukan gay seperti Mas Bruno. Kuharap kamu tidak berpikir aku ini gay.
Mendengar pernyataan itu, mau tidak mau Keyko menahan tawanya dalam hati. Kalau tidak, bisa-bisa ia langsung dipecat oleh Arkan! Gara-gara berusaha menahan tawa, wajah Keyko yang gampang blushing pun langsung memerah seperti tomat matang.
Umm, wait Arkan masih memfokuskan tatapannya pada Keyko. Sepertinya ia tidak menyadari ekspresi Keyko yang mati-matian mencoba untuk tidak tertawa. Jangan panggil aku Pak . Aku tidak setua yang kaukira. Tunggu sampai umurmu 25 tahun sepertiku dan rasakan betapa menyebalkannya kalau kau dipanggil Ibu .
Keyko cepat-cepat mengangguk. Kakinya yang kesemutan sudah tidak kuat lagi untuk berdiri, maka dengan lagak masa bodoh ia langsung duduk di kursi yang tepat berhadapan dengan bos barunya itu.
Pertama-tama, ada baiknya juga aku tahu selera kamu. Jadi, untuk gampangnya saja, menurutmu siapa yang mesti
kuundang sebagai tamu-tamu front row seats" tanya Arkan tanpa melihat Keyko. Ia kembali sibuk dengan sketsanya.
Yang pasti teman-teman seprofesi. Terutama desainerdesainer yang sudah senior. Seperti Biyan, Sebastian Gunawan, Iwan Tirta, Ghea Panggabean, Oscar Lawalata& .
Arkan mengangguk beberapa kali, ia menyilangkan kakinya dan bersandar ke kursi. Selebriti" Sosialita"
Dian Sastrowardoyo! Ya, dia tamu wajib menurutku. Mariana Renata& Rianti Cartwright... Kalau selebriti banyak sekali yang harus dipilih ya. Sosialita" Umm... Keyko berpikir beberapa saat. Ia sedang mengingat beberapa nama sosialita Indonesia.
Reni Sutiyoso, anak mantan Gubernur DKI. Putri Indonesia Zivanna Letisha. Ya mungkin beberapa orang dari klan Bakrie, Sampoerna, Tanoesoedibjo.... Kau tahu kan generasi muda sampai tua keluarga-keluarga itu sangat melek fashion.
Seketika Arkan tersenyum. Mau tidak mau Arkan yang tadinya sempat menganggap remeh asisten barunya itu, kini malah sedikit kagum dengan pengetahuan dan kejelian Keyko dalam memilih tamu-tamu front row seats-nya.
Tugasmu ke depan akan sangat menarik, ucap Arkan kemudian sambil mencondongkan tubuhnya ke arah Keyko. Bantu aku dalam proyek parfumku.
*** Minggu pagi yang cerah. Seharusnya hari ini Keyko libur, tetapi sekarang ia malah bergegas masuk ke ruang kerja Arkanda. Sudah dua minggu berlalu sejak hari pertamanya magang di studio Mr. Perfectionist ini. Tugas-tugasnya kemarin tak begitu sulit, bahkan menyenangkan! Setiap hari Keyko berkutat dengan dunia fashion yang sudah menjadi impiannya.
Keyko mengetuk pintu antik di depannya tiga kali dan langsung masuk ke ruang kerja yang sudah familier baginya belakangan ini. Seperti yang telah Keyko duga, ia disambut tatapan menusuk dari Arkan. Keyko memang telat satu setengah jam dari jadwal yang mereka sepakati.
Mari kita lihat seberapa cepat otakmu bekerja menemukan inspirasi terbesar hari ini.
Keyko tersenyum lega tatkala mendapati bosnya tidak jadi mengamuk. Biasanya Arkan tidak menolerir pegawainya yang kurang disiplin. Termasuk pegawai magang seperti Keyko. Keyko sudah merasakan omelan Arkan dua kali gara-gara telat datang lima menit! Tapi Keyko tidak ambil pusing, ia kan bekerja untuk menimba ilmu dan berusaha disiplin termasuk pembelajaran juga bagi Keyko.
Meja kerja Arkan saat ini penuh oleh beberapa tabung reaksi dan botol-botol kecil berisi cairan bening. Beberapa botol lagi tampak berisi cairan bening berwarna. Menurut dugaan Keyko, itu adalah sampel parfum yang akan segera diproduksi.
Proyek parfum Arkanda Balesa.
Which colour would you spontaneously associate with love and vitality, passion, and power" Arkanda bertanya pada Keyko. Matanya tak beralih dari botol-botol tersebut dan dirinya terlihat sibuk membaui beberapa botol berisi cairan parfum itu secara bergantian.
Red. Red is the colour of love. It s obvious, isn t it" Sebenarnya Keyko cuma asal jawab, tapi sungguh, merah adalah warna pertama yang terlintas di benaknya.
Arkanda tersenyum puas mendengar jawaban sang asisten. Otaknya tiba-tiba dipenuhi oleh jutaan ide yang ingin cepat-cepat dituangkan!
Keyko pun merasa begitu. Entah mengapa hari ini otaknya mau diajak kompromi sehingga ide-ide terselubungnya dapat ia peras semaksimal mungkin.
Kau punya ide untuk nama parfum ini" Yang jelas tak jauh dari konsep awal. Love, vitality, passion, and power& .
Keyko menopang dagunya di atas kedua tangan yang kini ia tumpukan di atas meja, berpikir sejenak. Red radiates warmth and a strong sense of vitality. And red is also the colour of the Ruby, the king of gemstones. Yah& Keyko mengedikkan bahunya santai, seolah-olah kalimat-kalimat yang baru saja ia lontarkan adalah hal biasa. Keyko tidak menyadari kalau ia baru saja menemukan satu ide brilian!
Ruby& That s it! Brilian, Keyko! Arkanda bertepuk
tangan dua kali, mengapresiasi kerja sama di antara mereka. Terutama untuk ide cemerlang Keyko.
Keyko yang dipuji seperti itu kontan tersenyum lebar. Siapa pun pasti senang bukan, jika hasil kerjanya dipuji oleh seorang yang lebih senior, lebih berpengalaman, dan lebih terkenal" Perasaan Keyko kian melambung. Bayangkan, ia dipuji oleh seorang Arkanda Balesa! Kalau saja Mia, Bunga, dan Kikan, sahabat-sahabat Keyko di SMA, tahu... wuih, dijamin mereka bakal ngiri setengah mati.
Satu lagi, in the fascinating world of gemstones, the Ruby is the undisputed ruler. Kuharap proyekmu ini bisa menjadi seperti itu juga. Kau menginginkan hal yang sama, bukan" Keyko terus berceloteh tentang batu mulia tersebut. Saat itu Keyko malah terlihat seperti seorang ahli batu mulia dibanding anak kelas 3 SMA yang lagi magang!
And also, it has everything a precious stone should have: magniicent colour, excellent hardness, and outstanding brilliance, Keyko mengakhiri uraiannya dengan wajah gembira.
Done. We re done. Kerja bagus, Keyko. Akhirnya kita temukan. Ruby& . Arkanda menjabat tangan Keyko sementara tangan kirinya bergerak membentuk pelangi imajiner. Ekspresinya tampak puas.
Begitu juga Keyko. Inti dari fashion show tunggal Arkanda tahun ini ada dua:
peluncuran parfum Ruby dan koleksi rancangan terbaru Arkanda.
Kali ini Arkanda mengusung tema acara dengan menonjolkan dua karakter (yang juga berasal dari usulan Keyko) Ruby yang tak tertandingi: warm and iery. Menurut Keyko, Ruby adalah jalan yang paling sempurna untuk mengekspresikan perasaan yang sangat kuat.
Di luar, terlihat kerumunan orang yang sedang duduk maupun berbincang. Para desainer terkenal, sosialita, selebriti, wartawan-wartawan majalah mode dan gaya hidup, bahkan banyak juga siswa sekolah mode yang ingin melihat karya terbaru Arkanda. Semua melebur di ruang peragaan yang dilengkapi runway kaca berwarna merah bening.
Sampai sekarang Keyko tak percaya bahwa dirinya punya andil besar dalam acara tersebut.
Botol parfum rancangan Arkan pun bikin Keyko takjub. Kejeniusan Arkan dalam mengombinasikan keanggunan dan konsep awal parfum itu berhasil ia tuangkan dalam desain botol yang elegan sekaligus artistik. Demikian uniknya kemasan parfum itu sehingga sudah menjadi bahan perbincangan bahkan sebelum parfum tersebut resmi diluncurkan.
Padanan antara warna merah yang kuat, putih bening yang kalem, serta emas yang mewah, tak urung memberi karakter yang kuat pada parfum perdana Arkanda. Tak ketinggalan ukiran-ukiran yang sangat detail pada botol
itu memberikan identitas budaya Indonesia yang kental. Pemikiran seperti itu membuat Keyko salut dan mengacungkan empat jempol!
Sudah siap" Arkan bertanya kepada Keyko yang sedari tadi mengintip dari balik tirai backstage dan mematung seperti anak kecil yang terperangah melihat balon warna-warni. Keyko mengangguk dan kemudian berlari kecil ke arah Mas Bruno. Ia mengirimkan pesan agar semua model segera bersiap di posisinya masing-masing. Oke, Keyko. Ini saatnya& .
Lampu-lampu utama di ruangan tersebut diredupkan. Dua buah lampu sorot tampak terfokus pada permukaan runway. Lampu-lampu berwarna merah, yang anehnya sama sekali tak menyilaukan mata, terpancar dari bawah runway dan membuat ruangan menjadi hidup kembali. Elegan dan kuat, adalah kata yang pas untuk mendeskripsikan suasana saat itu.
Satu per satu model keluar dari belakang panggung. Baju pertama, gaun unik selutut yang dipotong asimetris berwarna merah. Warna yang digunakan bukan warna merah biasa, tetapi warna merah yang didapat dari bahan alami berupa kulit kayu dan kulit buah manggis.
Ekspresi kagum terpancar dari wajah para undangan. Sepertinya mereka tidak menyangka kalau bahan-bahan alami bisa menjadi bagian dari rancangan yang tampak wah tersebut.
Sejengkal Tanah Sepercik Darah 9 Midnight Sun Karya Stephenie Meyer Tombak Panca Warna 2

Cari Blog Ini