Ceritasilat Novel Online

Back To Libur 2

Olga 02 Back To Libur Bagian 2


Betul juga kata Erwin, penyiar itu selalu membacakan Diary yang kisahnya serem dan sedih. Lebih sedih dari yang biasa dibacakan Olga.
Seperti kali ini... "Saya merasa diri saya nggak ada artinya lagi. Saya juga heran kenapa saya selalu gagal tiap memulai sesuatu. Semua orang menjauhi saya. Semua orang seperti memusuhi saya. Terus terang, saya jemu dengan hidup seperti ini.
Saya ingin mengakhiri hidup saya. Saya tau ini bukan jalan terbaik, tapi saya nggak punya pilihan lagi. Saya ingin lepas dari impitan ini bagaimanapun caranya..."
Musik bernada mistik mengalun lembut mengiringi si penyiar saat membacakan Diary itu. Membuat suasana tambah mencekam dan mengerikan.
"Hiiiii...!" Olga kontan merinding, dan dilemparnya radio itu ke atas karpet, lalu ia ngumpet di balik selimut teba1. .
*** "Besoknya pas Olga ngisi siaran siang hari, anak-anak radio udah gempar. Semua pada tanya-tanya ke Olga. Tapi buat sebagian penyiar senior macam Ucup, kayaknya udah mahfum. "Itu biasa, Ol. Nggak aneh lagi," ucap Ucup.
"Bang Ucup juga pernah ngalamin"" Olga penasaran.
"Sering. Kata para penyiar yang dulu-dulu, konon emang pernah ada kejadian penyiar cewek sini yang mati gara-gara ketiban mikrofon."
""Ketiban mikrofon" Kok mati"" Olga gak percaya.
"I"a, soalnya mikrofonnya lagi diiket ke kulkas.... "
Ih, sama aja bo' ong emang kalo nyari info ke anak sableng macam gitu. Mending nanya aja ke Mbak Vera.
Olga pun mencari Mbak Vera ke ruang kerjanya. Mbak Vera lagi meneliti program siaran selama seminggu yang dirancang Kepstu.
"Sibuk ya, Mbak Ver"" tanva Olga basa-,basi.
"Kayaknya sih begitu," j
awab Mbak Vera pendek. "Bisa nggak minta waktu dikit" Ada yang mo ditanya nih, Mbak Ver."
"Soal penyiar misterius""
"Kok Mbak Vera tau""
"Anak-anak udah cerita tadi."
"Trus pendapat Mbak Vera gimana"" Olga bertanya serius. Saking seriusnya, idungnya sampe kembang-kempis.
Mbak Vera diam. Napasnya ditarik dalam-dalam.
"Kok Mbak Vera diem""
Mbak Vera mengusap kepala Olga.
"Mbak Vera juga nggak tau. Entah bener, entah tidak, konon emang zaman Mbak Ve"ra masih segede kamu, saat Mbak Vera belum kerja di sini, katanya ada penyiar cewek yang bunuh diri karena patah hati. Gak tau yang jelas ceritanya gimana, tapi katanya cewek itu juga suka bawain acara Diary kayak kamu. Penggemarnya juga banyak. Cuma ya itu dia, akhir ceritanya jadi tragis. Cukup lama acara Diary akhirnya dikosongkan. Sampai akhirnya ada kamu, Ol, dan acara Diary kita adain lagi, karena emang sebetulnya acara itu menarik. Dan mungkin arwah cewek itu terkesan sama kamu yang berhasil menghidupkan acara Diary lagi, hingga dia muncul...."
Olga merapatkan tubuhnya ke Mbak Vera. Bulu romanya merinding.
"K-kok Mbak Vera gak cerita dari dulu-dulu"" Olga protes.
"Sebetulnya Mbak Vera nggak mau cerita ini ke kamu. Mbak Ver nggak mau kamu takut dan percaya sama hal-hal seperti ini. Mbak Ver takut kamu nggak mau siaran lagi," kata Mbak Vera.
Olga terdiam. Tapi Mbak Ver buru-buru tersenyum menenteramkan perasaan Olga.
"Terserah kamu, apa acara semenarik Diary itu mau dihilangkan lagi""
Olga jadi mikir. Sebetulnya sayang banget Diary diilangin. Di samping banyak penggemarnya, honor untuk sekali siaran Diary termasuk gede. Karena acara itu dianggap menarik. Mana Olga juga punya utang sama Wina waktu nonton show Tommy rage kelas VIP di Istora Senayan.
"Tapi kamu nggak usah takut, Ol," ujar Mbak Vera melihat kebimbangan Olga.
"Maksud Mbak""
"Arwah itu gak pernah mengganggu kita kok. Kecuali kalo dia lagi iseng."
"Ha"" Olga terperanjat. Mbak Vera tertawa cekikikan ngeliat tampang Olga yang keliatan bego karena ketakutan.
*** "Makanya, sekarang Olga lagi dirundung rasa ngeri. Dan buntut-buntutnya si Papi yang jadi korban, disuruh nganter dan nemenin kalo Olga siaran Diary. Mengharapkan Wina sih percuma aja. Sejak ada sas-sus penyiar misterius, dia gak mau lagi nginjek lantai Radio Ga Ga. Boro-boro nganterin, ngingetin Radio Ga Ga aja ogah. Pokoknya gak ada harapan deh ngerayu anak penakut kayak Wina. Sementara mau minta anter Mami, setali tiga uang sama Wina. Jangankan sama yang namanya setan, ngeliat Ucup aja Mami lari ketakutan. Tinggal pada Papi-lah Olga bisa berharap banyak.
Tapi, seperti kamu tau, hari ini papi lagi ngadat gak mau nganterin Olga. Gimana Olga gak pusing" Tapi dasar Olga tipe cewek kedot juga, biar Papi udah jelas-jelas menolak, pas pulang kantor Olga masih ngeyel.
"Ayo, dong, Pi. Nanti anter Olga. Kok Papi tega, sih""
"Papi sibuk, Olga. Banyak kerjaan kantor yang harus diselesaikan di rumah!" tolak Papi ketus.
"Lha, Papi kan bisa ngerjain tu tugas dari sekarang. Ntar jam sepuluh kan rapi."
"Papi perlu istirahat. Papi kan capek."
"Kalo gitu, ntar pulangnya Olga pijitin, deh."
Begitu Olga janji mau mijit, baru suara Papi jadi agak berubah. Pijitan Olga emang paling enak, menurut Papi. Entah kenapa meski udah sering dipanggilin tukang pijit, tapi gak ada yang bisa memijit seenak Olga. Tu anak emang punya bakat banyak!
Tapi... . "Sebenernya selain capek, Papi juga agak gak betah nungguin kamu siaran, Ol. Ngapain. Sementara kamu punya kesibukan ngocol, papi cuma bengong menahan kantuk. Kan gak enak," ungkap Papi.
"Kalo cuma itu masalahnya, gak problem, Pi. Gimana kalo ntar malem Papi juga ikut ngebacain- Diary bareng Olga""
"Apa" Papi ikut baca Diary""
"Iya." "Emang bisa""
"Kenapa gak bisa""
Papi jadi nampak berseri-seri. Apalagi ditambah janji Olga yang mati mijitin. Wah....
Malamnya Papi emang lantas mau nganterin Olga siaran pake VW Combi bututnya yang udah dipanasin dari sore. Papi juga ikut-ikutan ngebacain Diary dengan gaya reporter pertandingan sepakbola.
Pas pulang, Olga tertidur di jok belakang Combi. Tinggal Papi yan
g harap-harap cemas, mengintip dari kaca spion. Aduh, jangan-jangan tu anak lupa sama janjinya mau mijitin kaki Papi.
"Ol... bangun. Katanya mau mijitin," ujar Papi pelan-pelan waktu VW Combi udah aman masuk garasi.
Olga terbangun, lalu langsung ngeloyor ke dalam rumah. "Apaan sih, Papi. Ribut-ribut minta dipijit. Ini kan udah malem""
Papi bengong. "*** "Keesokan sorenya sepulang kantor, Papi nampak beringsut-ingsut di samping Olga yang lagi asyik cekakakan baca buku gokilnya Larry Wilde.
"Ada apa, Pi" Kok kayaknya sibuk amat, sih"" Olga merasa terganggu.
"Ada yang mau diomongin nih, Ol,'" jawab Papi lirih.
"Soal apa" Kok keliatannya serius amat""
"Kamu siaran malem lagi kapan""
Olga rada heran. "Ya, malam Jumat depan, dong. Emang kenapa, Pi""
"Eh, Papi diajak lagi, kan""
Olga mengernyitkan alis. Lho, kok tumben" Biasanya diajakin susah, ini sih baru hari Jumat udah minta diajak. "Ya, Olga, sih, seneng banget kalo Papi mau ikut lagi. Ada apa, sih" Kok tumben, Pi""
"Ah, Papi jadi malu, nih."
"Malu"" Olga nyengir sambil heran.
"Ng... begini..." Papi diam sesaat, lalu melanjutkan setelah menoleh kanan-kiri, melihat jangan-jangan ada Mami lewat. "Begini, Ol. Tadi pagi di kantor orang-orang pada muji suara Papi. Rupanya mereka juga pada suka dengar acara Diary itu. Terutama gadis-gadisnya. Mereka bilang, Papi punya bakat jadi penyiar. Suara Papi bagus...."
"Mereka bilang begitu"" Olga menahan tawa,
"Yo-a. Papi sih nggak mau ngecewain mereka...."
Olga sekuat tenaga menahan tawanya.
"Iya, Pi. Papi pasti Olga ajak."
"Eh, tapi maksud Papi kalo bisa, sih, seterusnya...."
Olga mengangguk-angguk, sambil mau permisi ke belakang. Ia gak tahan mau meledakkan tawanya di kamar.
"Eh, tunggu, Ol." Papi mencekal tangan yang hendak beranjak. "Kalo ada lowongan penyiar di Radio Ga Ga, bilang-bilang Papi, ya""
Olga melongo. "5. Telepon Setan "INI masih cerita soal yang misterius. Tapi bukan dialami Olga. Pengalaman ini dialami Andi, tetangga Olga yang masih sodara sama Olga. Hubungan sodaranya gini. Dulu kakeknya si Andi ini punya ayam. Nah, ayam kakeknya si Andi ini kawin sama ayamnya kakeknya Olga. Jadilah Andi dan Olga sodara.
Makanya berhubung sodara, kamu patut dengerin juga cerilanya si Andi yang punya bodi dan tampang lumayan keren ini.
Ceritanya gini. Pas sore-sore, di lapangan basket. Dan Andi saat itu lagi sebel banget liat temen-temennya. Abis mereka bukannya pada nerusin latihan basket, malah asyik duduk-duduk ngobrolin tentang telepon setan. Jadinya bola, ring, atau apa aja yang ada di atas lapangan itu keliatan kalah menarik dengan telepon setan.
"Telepon setan" Itu tuh, telepon yang konon lagi ngetop, yang kalo kita puter nomornya, akan ada setan yang menyahut panggilan kita.
"Bener! Si Obet, temen SMA gue pernah nekat nelepon. Pertama-tama emang gak diangkat, tapi gak lama kemudian, terdengar suara desahan cewek yang menyeramkan. Mirip-mirip suara kuntilanak, gitu," cerita Rob.
"Serem juga, ya," timpal Sandra.
"Tapi, kok, waktu temen gue ngetes nomor itu, gak ada yang ngangkat, sih," cetus Edwin.
"Mungkin dia lagi males kali. Karena, masih menurut si Obet, belakangan ini tu setan lagi sibuk ngeladenin telepon-telepon yang masuk ke dia."
Sementara itu Andi terus berusaha mengalihkan perhatian dengan men-dribel bola basket keras-keras di situ. Tapi, anak-anak sebodo teing! Andi memang gak gitu percaya ama takhayul-takhayulan. Apalagi tentang telepon setan itu.
"Nah, lo kenal Washari, kan" Temen SMP gue yang pernah naksir pembantunya Fahmi, Ikem. Dia, malah pernah didatengin," lanjut Rob.
"Didatengin setan"" sembur Edwin penasaran.
"Bukan! Didatengin emaknya Ikem, minta pertanggungjawaban. Hihihi," sela Andi mengacaukan suasana tegang itu.
"Kalo lo gak percaya ya, udah. Lo boleh tanya ama Washari," Rob nyolot diserobot Andi. Ia nampak berusaha keras meyakinkan anak-anak.
"Emangnya lo udah pernah nelepon juga, Rob"" tanya Andi kemudian.
"Gue sih belon. Tapi banyak temen-temen gue yang udah pernah nelepon."
"Kenapa belon""
"Gue kan gak punya telepon."
"Lewat telepon umum kan bisa."
"Kalo p ake telepon umum biasanya tu setan gak mau ngangkat."
"Dari mana dia tau kalo kita pake telepon sendiri atau telepon umum""
"Ya, jelas tau, dong. Namanya aja setan!"
Huh! Andi jadi makin empet ama Rob yang hobi banget mengembusi anak-anak dengan cerita-cerita model begituan. Rob dulu juga pernah cerita bahwa di daerah Petamburan ada kuburan yang dalemnya bisa diselusuri seperti gua. Katanya kuburan itu bekas kerajaan setan. Taunya, cuma kuburan besar model tempo dulu yang longsor karena banjir. Denger-denger, kuburan itu, oleh anak-anak di sekitar situ, malah suka dipake buat pacaran.
Eh, tapinya cerita soal telepon setan ini rada lain. Karena Andi sendiri gak cuma denger dari mulutnya Rob. Temen-temen sekelasnya juga sering pada cerita.
Ada yang bilang, kalo mau ditanggepin ama tu setan kita mesti nelepon dia tengah malem. Kira-kira abis tipi, gitu.
"Dan, bagi yang gak percaya, kata temen gue, bisa-bisa disamperin atau ditelepon bagi yang punya telepon."
"Hiii, kalo gue sih, percaya-percaya aja, deh," tukas Sandra rada ngeri.
"Kalo gue sih, mau didatengin kek, enggak kek, gue tetep gak percaya!" kata Andi. "Dan, hari ini gue mau latihan sendiri. Gue gak mau latihan ama anak-anak yang percaya ama telepon setan...!"
Anak-anak, tampaknya, juga gak mau latihan ama anak yang gak percaya ama telepon setan. Mereka terus saja asyik ngomongin kejadian-kejadian seru yang berhubungan dengan telepon itu.
"Oya, gue ampir lupa," lanjut Rob yang masih terus semangat. "Lo pada kenai Roni, kan" Roni yang rumahnya di Blok A, yang punya toko karpet" Dia pernah nanya ke Penerangan soal nomor telepon itu. Dan kata orang Penerangan nomor telepon itu memang misterius."
Sementara Andi yang bosen main basket sendirian, siap-siap pulang. Dia mau ninggalin anak-anak yang masih pada asyik cerita. Andi meraih sepeda balap "federal"-nya yang terparkir di pinggir lapangan.
Keringet bekas abis pemanasan sendirian tadi ngebasahin sekujur tubuhnya yang atletis. Ia membuka kaosnya yang basah. Kaosnya diperes, hingga mengucur keringet yang tadi menyerap. Dan ternyata tingkahnya ini membuat seorang gadis yang lagi jalan di seberang jalan terbengong kagum sampai nabrak tukang cincau segala. Tukang cincau jelas ngomel-ngomel, sebab ada gelasnya yang pecah.
"Matenye dikemanein, sih"" semprot abang cincau.
"Maap, Bang, gak sengaja."
"Sebodo! Pokoknya ganti gelas yang pecah ini!"
"Iya, saya ganti. Tapi tak usah teriak-teriak begitu, gak enak kalo ada yang li... eh, denger, kan""
Dan dari kejauhan Andi ketawa-ketawa kecil aja sambil geleng-geleng sepatu geleng eh, sambil geleng-geleng kepala!
"Andi pun berseksi-ria, hanya dengan memakai celana pendek dan melilitkan kaosnya di pinggangnya, mengayuh sepedanya. Melaju menuruni jalan yang rada curam dekat taman kompleks perumahan situ.
Andi meninggalkan gadis manis dan tukang cincau itu, meninggalkan lapangan basket yang kesepian, dan meninggalkan anak-anak yang masih terus asyik cerita-cerita tentang telepon setan.
Amit-amit, batin Andi. Ia berharap agar yang percaya ama gituan tinggal temen-temennya itu aja. Dan mudah-mudahan mereka besok-besok udah lupa. Aneh. Di zamannya musim televisi swasta begini kok, masih ada orang yang percaya sama hal-hal yang gak masuk di akal.
Di pinggir jalan Andi berhenti sejenak. Mampir sebentar ke warung pinggir jalan untuk membeli Coca-Cola.
Saat menyeruput, si abang tukang jualan iseng mengajaknya ngobrol untuk basa-basi.
"Keliatannya aus banget""
"Iya, Bang, abis latihan."
"Yang lainnya pada ke mana""
"Ada." "Eh, suka main telepon-teleponan, gak, Dik""
""Hmm, emangnya kenapa""
"Kan sekarang banyak anak-anak yang suka main telepon-teleponan, Dik."
"Ah, itu kan biasa, Bang."
"Tapi yang ini lain. Anak-anak suka pada neleponin setan!"
"Setan"" "Iya, mereka menyebutnya telepon setan!"
Ya, amplop! Kenapa ni Abang juga ikut-ikutan ngomongin telepon setan" Kenapa bisa jadi mewabah begini ya" batin Andi bingung.
"Zaman Abang kecil dulu ada juga yang kayak gitu. Namanya jalangkung. Tapi gak pake telepon. Soalnya dulu kan belum musim telepon. Sekarang seta
nnya agak moderenan dikit, ya, Dik"" si Abang itu terus nyerocos sambil menerima duit lima ratusan lecek dari kantong Andi.
"Hm"" Andi cuek aja.
"Adik, pengen tau nomor teleponnya" Saya tau, kok."
"Nggak, nggak!" Andi buru-buru mengembalikan botol Coca-Cola, dan langsung cabut pulang.
Dan jadi pengen cepet-cepet sampe rumah. Ia pun menggenjot kuat-kuat "federal"-nya. Tapi sampe di pekarangan rumahnya yang luas itu, Andi hanya melihat kelengangan. Ya, tampaknya para penghuni rumah lagi pada gak ada.
"Mama ke mana, Bik"" tanya Andi setelah memarkirkan sepedanya itu.
"Ke Bogor, Den, menjenguk Nenek. Katanya Nenek dirawat di rumah sakit lagi," ujar si Bibik.
"Papa"" "Belon pulang, tuh. Tapi katanya sih, mau langsung ke Bogor juga. Dan kemungkinan nginep, Den."
Andi pun menjatuhkan diri di sofa, sambil nonton tivi. Kipas angin dinyalain ke arahnya, supaya keringetnya cepet kering.
Plkirannya rada kacau juga. Cerita tentang telepon setan melintas di khayalnya. Mungkin karena lelah, ia mudah terlelap.
*** "Kringgg!!! Suara telepon nyaring mengganggu tidurnya. Andi terjaga, Lalu mengangkat telepon. Terdengar suara di ujung sana. Suara cewek yang, entah kenapa, terdengar rada aneh.
"Halo" Andi ada""
"Ya, ini Andi. Dari mana, nih""
"Masa gak tau" Kamu kan tadi nelepon saya""
""Ah, enggak. Emang nomor telepon kamu berapa""
"7490539." "Ha"" Tiba-tiba bulu roma Andi serasa berdiri. Ia gemetar. Ia ingat nomor itu yang tadi sore diributkan anak-anak di lapangan basket.
Telepon yang ia genggam terjatuh. Suasana sekitar jadi mendadak suram. Lampu ruang tengah meredup. Di luar, nampak kepekatan malam. Andi berusaha berteriak memanggil si Bibik, tapi mulutnya serasa tersumbat. Ia berusaha bangun, tapi ujung jempolnya pun tak dapat ia gerakkan.
Tiba-tiba ia dilanda ketakutan yang luar biasa. Bagaimana telepon setan itu justru tau nomor telepon saya" batin Andi.
Suara di telepon masih terdengar. "Halo" Halo" Hihihi..."
Andi berusaha berontak sekuat tenaga. Aaaaaah...
Sampai akhirnya ia mendapatkan dirinya diguncang-guncang si Bibik. "Den, Den, ada apa" Pindah ke kamar, Den!"
Andi terbangun. Dan langsung melonjak duduk. Sesaat ia belum sadarkan diri. Lalu menghela napas lega. Uh, untung! Ternyata cuma mimpi. Tapi ia mendapatkan dirinya dibasahi peluh.
Sementara siaran tivi nampak udah abis, tapi masih tetap menyala. Sudah jam dua belas! Lama sekali ia tertidur.
"Aden t"adi seperti mengigau," ujar si Bibik sambil mematikan televisi. "Sop hisit-nya mau diangetin lagi, Den"" ,
"Enggak usah, Bik. Kenyang." Andi ngeloyor ke kamar mandi. Ia paling gak betah masuk ke kamar tidur tanpa mandi dulu.
Ia pun menyalakan keran air anget. Dan beredam. Tapi begitu inget mimpi barusan, ia buru-buru bangkit lagi dari bed-kap-nya, dan ngibrit ke kamar.
Tapi di kamar Andi gak bisa langsung tidur. Mimpi menyeramkan barusan masih sangat membekas di benaknya. Ngeri juga Andi ngebayangin mimpi itu. "Bagaimana nih kalo setan itu bener-bener tau nomor telepon saya"" pikirnya sambil menebar selimut tebalnya ke seluruh tubuh, sampe kepalanya gak keliatan. Brrr, tumben AC kamar malam ini jadi dingin banget. Andi bener-bener ketakutan. Ia merasa seolah setan perempuan itu berada di sampingnya. Ikut tiduran. Wah!
Gawatnya, pas lagi serem-serem, tiba-tiba telepon di sebelah ranjangnya berdering nyaring. Kring!!!
"Ha"" Andi terlonjak kaget. Seluruh tubuhnya serasa kaku. Ah, ini pasti cuma mimpi. Mimpi buruk yang kayak tadi. Andi berusaha menyangkal, dan mencubit lengannya. Wao! Kok sakit" Berarti ini bukan mimpi!
Kringgg!!! Ah, ini mimpi! Andi berusaha menyangkal lagi. Kali ini sambil coba-coba membenturkan jidatnya ke pinggiran tempat tidur. Hasilnya" Benjol! Kalo gitu ini bener-bener bukan mimpi!
Kringgg!!! Hati Andi makin ciut. Ia merapatkan selimutnya.
Kriiinggg! Telepon itu bener-bener meneror perasaannya. Gawat, akhirnya setan itu bener-bener tau nomor telepon gue, batin Andi. Ah, tapi setan mana bisa nelepon" Itu bukan setan! Bukan!
Andi berusaha menguasai perasaannya. Ia harus berani. Tadi sore udah meleceh temen-temennya, masa
sekarang takut" Kringg! Ah, tapi kalo bukan setan, lalu siapa orang yang begitu nekat nelepon kemari malam-malam begini" Padahal sudah hampir setengah satu!
Kring! !! Aduh, kok telepon itu bunyi terus, sih" Andi nyaris putus asa. Ia bener-bener merasa diteror. Sampe ia pun punya pikiran nekat. "Gue harus angkat telepon itu. Setan kayak apa sih yang berani mengganggu gue" Dikira gue takut, apa"" tekad Andi.
Dengan keberanian yang dipaksain, Andi menyambar gagang telepon itu. "Hei, Setan buduk! Apa sih maumu mengganggu ketenteraman orang"" maki Andi seketika.
Tapi yang terdengar di ujung sana malah suara orang terperanjat. "Hei, Andi. Apa-apaan sih kamu" Malem-malem begini kok memaki- maki kayak gitu""
Andi gelagapan. "Eh, ini siapa""
"Mama." "Ha" Mama""
"Iya, Mama. Maaf malem-malem begini baru telepon. Mama gak bisa pulang malam ini. Nenek diinfus lagi. Tapi sekarang udah mendingan. Mama harus menunggui di rumah sakit. Papa ada di sini menemani Mama. Udah, ya" Selamat bobo. Besok sarapan sandwich aja. Si Bibik udah Mama pesenin."
"Eh, Mama kapan pulang""
"Wah, kok jadi manja amat, sih" Mama pulangnya tergantung Nenek. Kalo besok udah bisa ditinggal, ya Mama pulang. Udah, ya""
Telepon terputus. Andi bernapas lega.
Sejenak kemudian Andi inget belum salat Isya. Ia pun buru-buru ke kamar mandi untuk wudhu.
*** "Besok malamnya, ternyata Andi sendiri lagi di rumah. Telepon dari Bogor mengatakan Nenek belum bisa ditinggal. Papa juga abis pulang kantor, langsung ke Bogor lagi.
Suasana sepi mencekam di rumah kembali mempengaruhi perasaan Andi. Axl Rose yang melenggak-lenggok di video tak mampu mengusir sepi.
Ya, tadi pagi anak-anak masih cerita tentang telepon setan itu. Katanya, kalo kita putar nomor itu, cewek di ujung sana langsung bisa tau siapa yang menelepon. Dan kalo ada yang mau ketemu sama dia, tiba-tiba aja tu setan udah duduk di samping si penelepon.
Ada juga yang disuruh ke garasi mobil, dan si setan menunggu di dalam mobil yang lampunya menyala dengan sendirinya. Pokoknya aneh-aneh bener kejadiannya.
"Dit"lik dari angka depan telepon itu, menandakan daerah pinggiran Ciputat yang angker. Yang jauh di tepi kota," ucap Rob.
"Gosip selalu ditambah-tambahi!" maki Andi pada Rob yang paling semangat kalo cerita.
"Tapi ini bener, kok. Kalo kamu gak percaya, telepon aja nomor itu. Coba!" tantang Rob.
Saat itu Andi cuma mengangkat bahu.
Andi seperti ditantang, sekaligus dicemooh. Dan malam ini Andi dilanda dilema. Antara mau membuktikan omong kosong Rob itu, dan rasa takut kalo emang itu bener.
Berjam-jam Andi berperang dengan perasaannya.
Pukul sebelas malam. Andi masih ragu di kamarnya. Telepon atau jangan, ya"
Pukul dua belas malam. Ah, lebih baik gak usah cari gara-gara, batin Andi sambil menarik selimutnya.
Pukul dua belas lewat dikit.
Kalo gak dibuktikan, rasanya Andi penasaran juga. Dia bakal gak bisa membantah ucapan Rob besok pagi. Ia akan kalah, karena gak berani mencoba. Di pikiran Andi berkecamuk perang yang hebat. Telepon. Jangan. Telepon. Jangan.
Andi pun berdoa. Percuma sering sembahyang, kalo ngadepin begituan aja takut.
Dengan hati yang dimantepin, ia pun memutar nomor yang sempat menghebohkan itu.
Hening. Hanya suara detak jam dinding dan napas Andi yang memburu.
Nah, terdengar nada sambung.
Perasaan Andi tak menentu.
Telepon diangkat. Wajah Andi pucat pias. Apalagi setelah mendengar suara cewek mendesah di ujung sana. Tapi didorong keyakinan dan tekadnya, Andi mulai berani ngomong.
"7490539""
"Betul. Kamu bicara sama Klara sekarang ini," jawaban di ujung sana menghadirkan misteri dan kengerian.
"K-klara" K-klara siapa""
"Klara Karolina. Emangnya kenapa""
"K-kamu... k-kamu... b-betulkah kamu setan yang s-sering mengganggu i-itu""
Terdengar suara cekikikan. Andi gemeteran.
"K-kamu s-sundel bolong, ya""
Kembali terdengar suara cekikikan. Ludah Andi tersekat di tenggorokkan.
""A-apa sih maksud k-kamu mengganggu manusia" A-apa k-kamu mati penasaran""
Tawa cewek itu makin keras. Andi kian gelagapan. Tapi hatinya udah telanjur nekat. Maka Andi terus bicara, "S-saya min
ta kamu jangan bikin resah masyarakat. K-kalo kamu mati penasaran, biar nanti kami yang masih idup akan mengurusnya. Tapi bilang dulu, kamu mati karena apa" Kamu dibunuh" Apa waktu dikubur kain kafan kamu belum dikendurkan, dan belum diadzankan""
Dan cekikikan cewek itu kini berubah jadi tawa yang terpingkal-pingkal.
"Kamu ini siapa sih"" tanya cewek itu setelah tawanya reda.
"L-lho, katanya k-kamu pasti tau siapa yang menelepon!"
"Kata siapa""
"Kata anak-anak...."
"Enggak. Kamu siapa, sih""
"Saya Andi." "0, Andi. Aduh, Andi. Kamu ini apa-apaan, sih" Kamu menelepon saya malam-malam begini, dan tanpa ujung-pangkal nuduh saya udah mati. Mati penasaran, lagi! Emangnya begini, ya, cara kenalan yang baik" Dan lagi, dari mana kamu tau nomor telepon saya" Ayo, nyolong buku telepon saya, ya""
Andi bengong. "J-jadi, kamu bukan setan""
"Siapa yang bilang saya setan" Jahat, ih!"
"Temen-temen." "Gokil, ah!" . "Tapi kenapa kamu meneror temen-temen saya"" Andi makin penasaran.
"O, gini ceritanya. Mulanya saya gak punya maksud begitu. Saya kan baru pindah ke Jakarta ini. Saya gak punya temen. Secara iseng, lalu saya telepon sembarangan aja. Maksudnya mau cari temen, gitu. Eh, orang yang saya telepon itu kayaknya ketakutan banget. Emang salah saya, sih. Neleponnya malem-malem. Mana suara saya serem, lagi, katanya. Ya, abis saya suka susah tidur malem. Nah, sejak itu jadi muncul gosip tentang telepon setan. Padahal itu telepon saya. Saya denger kok cerita itu. Gawatnya saya jadi seneng juga dengan permainan ini. Saya butuh hiburan. Jadi saya goda aja mereka. Abis aneh, zaman sekarang kok masih percaya yang begituan.
"Tapi saya salut ama kamu, An. Kamu berani. Makanya saya buka kartu aja ke kamu."
"Jadi kamu bukan setan, ya""
""Kamu kali yang setan."
"Nama kamu siapa tadi""
"Klara." "Kamu kesepian, ya""
"Saya belum punya temen, nih."
"Kalo gitu, boleh dong kita temenan""


Olga 02 Back To Libur di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Wah, boleh banget!"
"Saya main ke rumah kamu, ya""
"Boleh." "Kapan"" "Sekarang juga boleh."
"Jangan sekarang, dong. Nanti kamu setan beneran, lagi. Saya takut dicekek. Ini kan udah menjelang pagi. Gimana kalo besok aja""
"Oke." Gadis di ujung sana memberikan alamat rumahnya.
"Udah, ya" Sampe besok. Daaag..."
Andi pun meletakkan gagang teleponnya seraya tersenyum lega. Besok ia akan meledek si Rob. Weee, telepon setan ni ya!
"6. Lines "ADA gosip gawat yang melanda Olga. Dia dibilang lesbian! Wih, bener-bener keterlaluan. Bagi Olga daripada dikira lesbian, mendingan les ngetik. Sebab bisa bikin jari lentik.
Hihihi. Gosip ini mendera Olga dikarenakan dia keliatan lengket banget sama sobatnya, si Wina itu. Padahal kan kelengketan itu cuma karena mereka emang cocok dalam hal rumpi-merumpi. Artinya, Wina tuh anaknya enak kalo diajak ngegosip oleh Olga. Olga juga begitu. Sementara bagi anak seumur-umur mereka, ada pepatah: tiada hari tanpa gosip. Artinya lagi, Olga dan Wina jadi keliatan sering berdua-duaan, karena mereka memang haus gosip. Gak ngegosip sehari, bisa repot. Gossip is the sip!
Tapi, lagi-lagi, kini giliran Olga yang kena gosip. Olga jelas kaget setengah mateng (emangnya telor!) dengar gosip kayak gitu. Karena sebelumnya dia gak berpikir sama sekali bakal dituduh begitu. Akibatnya, rada gawal. Beberapa temen sekelasnya, terutama yang cewek-cewek, jadi pada ngejauh kalo dideketin Olga. Lebih-lebih lagi kalo Olga mau membisikkan sesuatu, disangkanya mau mencuri cium. Padahal saat itu Olga lagi punya bocoran soal matematik. Ah, tentu aja bakat Olga menyebar informasi jadi terhambat.
Di dalam kelas Olga emang ada kebiasaan kalo dapet soal bocoran mesti disebar ke setiap anak dengan cara bisik-bisik. Selain anak-anak jadi pada gak mau dibisikin Olga, Olga juga jadi jarang dikasih bisikan. Gawat, ini bisa mempengaruhi masa depan!
Olga kaget, Wina apalagi.
Wina dengan polosnya malah nanya sama Olga, "Eh, kita kan gak lesbi, ya""
"Ya, enggak, dong. Gila apa lo!"
"Terus kenapa ada gosip kayak gitu""
"Pasti ada yang sirik."
"Di mana""
"Lho, kok di mana, sih" Siapa gitu, bego!"
"Sori,Ol. Ya, begonya itu di mana""
"Kok di mana lag i, sih" Maksud gue kenapa kita dituduh lesbi, karena ada yang sirik sama kita!"
""Di..." ""Di mana lagi! Gue gampar lo!"
"Maksud saya diapain ya, yang nyebar gosip itu, Ol""
"Kita jangan bertindak dulu. Mending kita cari, siapa yang sirik itu. Kalo feeling saya... "
"Di mana""
"Apa-apaan sih lo, Win""
"Lho, kamu kan ngomongin feeling, toh" ah, feeling kaleng atau feeling beling" Dan di mana""
"Itu sih piring, goblok! Yang saya maksud tuh feeling. Perasaan, gitu. Nah, perasaan gue orang yang paling suka sirik sama kita ya si Ucup. Ya, pasti Ucup yang nyebar gosip kayak dulu. Sebab tu orang biar cowok, tapi gawat. Dia sering nyebarin gosip gak bener."
"Di mana" Eh, yang ini bener ya, Ol" Ya, di mana Ucupnya sekarang""
"Mending kita cari aja tu orang. Kita kasih pelajaran!"
"Pelajaran apa""
"Pelajaran matematik, bego! Ya, pelajaran itu maksudnya kita damprat, gitu. Kok kamu sekarang jadi bego begini sih, Win" Apa kamu shock gara-gara gosip itu" Iya, Win""
Wina mengangguk lemah. "Olga geleng-geleng kepala. Tapi sedetik kemudian Olga segera menyeret Wina untuk nyari si Ucup.
*** "Sementara Ucup yang tau dicari-cari Olga dan Wina, bukannya sedih, malah kegeeran. Lagian Ucup emang jarang-jarang banget dicari-cari cewek. Lebih-lebih oleh cewek semanis Olga dan Wina. Sekalinya pernah dicari ama cewek, yang nyari Mbak Sri, tukang kredit yang udah dua taon belon dilunasi kreditannya. Padahal Ucup cuma ngredit panci doang.
Makanya wajar aja kalo sekarang ia begitu kegirangan. Hal ini diketahui Ucup waktu dibilangin tetangganya.
"Cup, barusan ada yang nyariin lo, cewek kece dua biji. Kayaknya penting banget, abis pake ngintip-ngintip ke jendela segala."
"Orangnya kayak gimana" Yang kemaren dateng, bukan""
"Bukan. Yang ini rada kecean. Yang atu anaknya begini-begini, yang atunya lagi begitu-begitu. "
Dan Ucup ternyata emang bener-bener ditakdirin sebagai orang yang patut disebelin.
Gimana Olga dan Wina gak sebel, waktu mereka nyari ke rumah, Ucupnya lagi ke warung Dicari ke warung, udah balik ke rumah.
Besoknya dicari di Radio Ga Ga, Ucup-nya lagi kuliah. Ditungguin di tempat kuliah, Ucupnya ketiduran di mesjid kampus.
Wah, kesannya sulit banget nemuin Ucup. Padahal Olga ama Wina udah ngebet banget pengen ngelabrak perjaka nyebelin itu.
Tapi ternyata gak semudah yang dibayangin Olga dalam melabrak penyebar gosip. Buktinya pas ketemu Ucup, Ucupnya gak ngaku kalau dia yang nyebar gosip itu. Malah pake sumpah pocong segala.
"Huu, gue sumpahin jadi pocong beneran, lho!" semprot Olga kesel.
Olga ama Wina emang gak punya bukti kuat buat nuduh Ucup.
"Mana buktinya kalau saya yang ngatain kamu lesbi" Ayo, mana" Gak ada, kan" Bilang aja kalo kamu emang pada mau ketemu ama saya, pake nuduh-nuduh segala."
Akhirnya Olga dan Wina cuma bisa ngelus dada. Prihatin. Prihatin pada Ucup yang nyebelin karena gak ngaku, juga prihatin sama orang-orang yang mudah percaya pada gosip itu.
"Zaman sekarang orang jadi serba salah. Pengen punya sobat dekat banget, malah dibilang yang enggak-enggak," keluh Olga.
"Iya ya. Ol. Giliran orang yang berbuat enggak-enggak trus punya sobat deket malah gak digosipin," tambah Wina.
Hal yang mendukung tumbuh suburnya gosip ini boleh dibilang karena Olga dan Wina sampe sekarang belon pada punya pacar. Padahal yang mau ngantri ampe panjang banget. Kayak orang yang ngantri ngambil formulir kredit rumah Perumnas.
Mereka males pacaran karena menurut Olga dan Wina cowok sekarang pada rese. Suka kege-eran, serba mau ngatur, egois, pokoknya suka mau enaknya sendiri. Itu mereka denger dari nasib teman-temannya yang udah punya pacar. Makanya mereka jadi males pacaran. Mereka masih males diatur-atur sama cowok. Masih pengen bebas, lepas seperti burung.
Tapi akibatnya ya begitu itu. Mereka berdua malah dituduh lesbi.
Astagi! Amit-amit jabang baby!
*** ""Udah, Win, lo punya cowok aja deh!" itu akhirnya usul yang keluar dari mulut Olga untuk nyelamatin situasi. Olga dan Wina memang udah gak bisa menganggap angin lalu aja. Gosip itu udah nyebar luas sekali. Seluruh karyawan Radio Ga Ga, seluruh anak di
kelas Olga, seluruh guru yang ngajar Olga, seluruh kantin yang sering diutangin Olga, seluruh cowok yang pernah ditolak. Olga, pada tau semua.
Mereka tentu tak bisa cuek-bebek lagi. Gosip itu kian bikin panas telinga. Di mana-mana tiap orang liat Olga dan Wina langsung bisik-bisik.
"Tapi kenapa harus gue yang punya cowok, Ol"" tanya Wina menanggapi saran Olga.
"Iya, lo kan kalo ngeliat cowok kece dikit, langsung ribut. Pacaran sana, gih!"
"Hm, tapi lo bantu nyariin ya, Ol."
"Boleh." "Yang kece, Ol"
"Ucup mau""
"Amit-amit!" "Somad bin Indun""
"Ih, kira-kira dong lo. Mendingan gue gak pacaran daripada sama doi. Koleksi lo kok cekak semua tampangnya" Yang kece dong. Donny DP, misalnya."
"Iya, sih." "Tapi..." tukas Wina kemudian, "masalahnya apa ada cowok kece yang mau sama gue!"
""Nah!" samber Olga cepat. "Di situlah masalahnya!"
"*** "Pas di sekolah besoknya Olga masih nyaranin supaya Wina pacaran aja. Kebetulan di kelas dua ada anak yang kece. Mana anaknya kalem, keren, rambutnya model Tommy Page, lagi! "Lo, tenang aja di sini. Biar gue yang nyamperin dia," kata Olga pada Wina setelah Wina-nya rada suka ama tu anak.
Tu cowok lagi diam di pojokan waktu Olga mencolek dan menyapanya.
"Hai!" "Eh, hai, eh, hai... aduh kamu kok mo nyolek kita gak bilang-bilang dulu, iih. Idiih, saya sampe kaget, lho. Eh, ada apa situ nyolek-nyolek kita""
Hihihi. Olga jadi bengong. Gak nanggepin pertanyaan tu anak. Abis gimana mau ditanggapin, kalo ternyata dia... bencong!
Hihihi. Susah juga ya, nyari cowok kece yang bisa dijadiin pacarnya Wina. Biar begitu Olga terus nyari-nyari. Ya, ini lebih baik daripada dituduh lesbi!
"*** "Suatu ketika, pas Olga lagi khusuk-khusuknya ngaji, eh, siaran gitu, tau-tau Wina ngejedul di pintul studio. Padahal lampu on air masih menyala terang. Tentu aja siaran jadi terganggu. Olga sejenak menghentikan kocolannya pada anak-anak pendengar yang baru bangun dari bobo siangnya. Kaget melihal kemunculan Wina yang mendadak. Lalu kontan nyap-nyap sama Wina.
"Wina, kamu apa-apaan sih"" jerit Olga.
Dan para pendengar Radio Ga Ga siang itu jadi pada berjingkat kaget dari radionya. Wah, rupanya waktu nyap-nyap tadi Olga lupa matiin handle perekam. Jadinya bentakan dia nyasar ke mana-mana.
Olga juga kaget pas sadar. Dan buru-buru bersori-dori-mori sama pendengar. Sementara Wina jadi senyum-senyum gak enak ati.
"Gara-gara lo siaran gue jadi berantakan deh, Win!" kata Olga yang secara spontan menyadarkan pendengar bahwa kedatangan Wina sebenarnya merupakan bagian dari acara siaran.
Lalu tanpa sungkan-sungkan Olga pun melanjutkan obrolannya dengan Wina, tanpa mematikan handle perekam. Cuma Mas Andre, si operator, yang jadi celingukan gak siap.
"Maaf, deh, Ol," ujar Wina yang akhirnya sadar dan ikut-ikutan menetralisir suasana.
"Emangnya ada apa sih, Win, kok lo keliatan excited betul hari ini"" ujar Olga seraya memberi isyarat agar Wina ngedeketin moncongnya ke mike sebelum ngejawab. Biar sekalian para pendengar ngedenger jelas obrolan mereka.
"Gue udah dapet, Ol," kata Wina kemudian.
"Dapet apaan"" Olga bertanya bingung.
"Cowok." "Cowok"" "Iya, cowok," Wina berusah meyakinkan.
"Kece, nggak""
"Jelas, dong. Nemunya aja di sampahan, eh, di Musro."
"Sekarang di mana""
"Ada di depan. Tadi gue suruh bayarin somai."
Bola mata Olga sekilas berbinar. Ia langsung melepas headphone-nya, lalu dengan sigap mengajak Wina berlarian ke depan.
Mas Andre kontan terperanjat ngeliat tingkah laku Olga. Dan langsung menjerit-jerit, "Oiiii!!! Olgaaa, lo mo ke mana" Siaran belum rapi, tuh!"
""Wah, tolong dirapiin sendiri deh, Mas. Ada kejadian penting nih!" jawab Olga seenaknya, sambil ngegubrakin pintu studio.
Tinggal Mas Andre yang terbengong kebingungan di ruang operator. Untung ia cekatan juga. Setelah sadar apa yang terjadi, Mas Andre buru-buru masukin lagu Welcome buat menetralisir suasana.
Mas Andre geleng-geleng kepala. "Dasar Olga!" kutuknya sambil misuh-misuh.
Saat itu Olga yang udah nyampe di luar memang lantas ketemu sama seorang cowok keren yang lagi asyik ngobrol sama tukang somai. Nanya-nan
ya berapa penghasilan tukang somai dalam setahun. Kira-kira bisa gak buat beli baby-benz.
"Adik emangnya tertarik"" tanya si tukang somai akhirnya saking sebel ditanya begitu.
"Emangnya dari dagang somai beneran bisa buat beli baby-benz"" tanya cowok keren itu lagi.
"Baru kata beli baby-benz, di rumah Abang ada sepuluh yang kayak gituan mah. Coba aja Adik sekali-sekali dateng."
"Wah, asyik, dong, Bang."
"Emang asyik. Mending situ jualan somai aja. Kayaknya potongan udah ada."
"Hihihi... Olga dan Wina yang sempet denger obrolan itu jadi ngikik.
Si cowok keren menoleh. Kaget.
"Eh, Wina, kok lama banget"" katanya.
Tapi Wina sama Olga masih asyik ngerumpi. Bisik-bisik.
"Gimana, Ol. Saik nggak"" bisik Wina penuh harap.
Olga pura-pura meneliti dengan saksama. Bikin Wina harap-harap cemas.
"Boleh juga," cetus Olga akhirnya.
"Kece"" "Not so bad. Tapi, gimana cara lo ngegaet anak sekeren gitu"" tanya Olga penuh aksentuasi.
Wina makin jumawa. "Ah, lo kayak yang gak tau aja siapa gue. Jason Donovan kalo ntar ke sini juga bisa gue tilep."
Olga cembetut. Nyesel udah capek-capek muji si Wina. "Lantas, kapan lo jadinya sama cowok ini""
"Semalem. Gue lagi iseng diajakin tante gue jojing di Musro. Trus kenalan ama tu cowok yang kebetulan kenal baik sama tante gue. Wah, pokoknya sip, deh."
Olga manggut-manggut. "Gimana kalo buat gue aja tu cowok""
"Enak aja!" Mereka berdua lalu buru-buru nyamperin tu cowok yang dari tadi udah salting berat karena diomongin.
"*** ""Wina ada, Tante""
"Wah, gak ada, tuh. Tadi pergi sama Jordan. Emangnya ada apa, Olga""
"Ah, enggak kok, Tante. Iseng aja. Abis udah lama gak ketemu."
"Iya, tu anak sejak kenai sama Jordan jadi pergi melulu. Gak kayak dulu waktu berteman sama kamu, Ol, Wina terasa lebih jarang di rumah."
"Hihihi...," Olga ngikik, "Tante bisa aja."
Olga meletakkan gagang telepon. Tapi setelah itu hatinya terasa sepi. Ya, udah sering kali Olga menelepon Wina, tapi tu anak gak pernah ada di rumah. Mainnya juga gak jelas ke mana. Wina udah jarang maen lagi sama Olga. Udah gak pernah nganterin dan nemenin kalo pas Olga dapet jatah siaran malem. Celakanya, Wina juga sering bolos sekolah. Tu anak kayaknya lagi kasmaran berat. Ya, sejak kenal Jordan, waktu Wina abis untuk dia. Olga merasa tersisih. Merasa dilupakan. Kalo Olga coba-coba ngajak Wina jojing di Ori, pasti Wina bilang udah ada rencana kencan sama Jordan. Kalo Olga minta Wina nganterin dia siaran, dengan janji bakal dijajanin nasgorkam, Wina menolak dengan mengatakan takut Jordan datang ngebawain koleksi kaset-kaset barunya.
Pulang sekolah pun Olga jarang bareng Wina. Abis Jordan selalu udah nunggu di Wonder kuningnya Wina. Saban diajak ngerumpi, isi rumpian Wina pun selalu tentang Jordan. Makanan kesukaan Jordan, hobi Jordan, gaya jojingnya Jordan. Seolah-olah yang ada di dunia ini cuma Jordan. Ih!
Emang sih, sejak Wina lengket dengan Jordan, gosip yang nuduh mereka lesbi jadi berangsur-angsur ilang. Tapi bersamaan dengan ngilangnya gosip itu, Olga merasakan hatinya sepi. Merasa kehilangan temen yang begitu baik. Yang begitu ngepas buatnya. Dan itu bikin Olga sakit.
Buntut-buntutnya Olga jadi suka cemburu kalo ngeliat Wina yang gak di sekolah, gak di plaza, di jalanan, nempel terus sama Jordan. Bener-bener gak punya waktu buat Olga.
Ih, tapi apa itu tadi" Cemburu"
Olga bergidik. Tiba-tiba ia jadi je"gah sendiri dengan perasaan yang timbul itu. Kok cemburu sih" Apa benar Olga cemburu" Merasa kehilangan Wina, lalu kesepian melebihi kehilangan seorang teman.
Lalu apa benar Olga emang... lesbian" Ih, amit-amit. Biar dikutuk jadi Debbie Gibson, gak bakalan deh begitu.
Olga jadi merasa malu sendiri. Dulu ia sekuat tenaga nyariin jodoh buat Wina supaya lepas dari gosip, Tapi setelah Wina mendapatkan apa yang dicarinya, Olga kok lemah lagi"
Dengan lesu Olga menyelesaikan siaran acara Diary-nya ma]am itu. Setelah pamitan sama Mas Andre, ia meninggalkan studio dengan wajah kosong.
Olga menendang-nendang kerikil yang terserak di jalan. Sesekali menikmati kesiur angin malam yang mengoles rambutnya. Olga merasakan kese
garan menyusup. Kesegaran yang dingin. Dan Olga merasa jadi korban gosip. Ia menanggapi, dan kini tersisih.
Olga ingin melupakan Wina.
"Cuma kenapa jadi melankolis"" desah Olga sambil menatap lampu jalanan yang redup.
Olga melanjutkan jalannya sambil menendang-nendang kaleng Coca-Cola. Suaranya berisik Olga agak terhibur. Sampe pas ia ngeliat seorang cowok yang ngelamun sendirian di atas jok motor RX-Z-nya. Mengisap Lucky Strike dalam-dalam.
Kayaknya tu cowok abis diputusin ceweknya. Soalnya keliatan suntuk banget.
Rambutnya berantakan. Olga menegur spontan. "Halo, sendirian aja" Anterin gue pulang dong!"
Cowok itu tentu kaget ditegur cewek semanis Olga. Ia hampir melompat dari motornya. "K-kamu k-kuntilanak, ya"" tanya cowok itu penuh curiga.
Olga jadi sewot. "Ih, enak aja kamu nuduh. Saya bukan kuntilanak, liat aja belakang saya gak bolong," kata Olga sambil berputar dan berbalik ala peragawati. Lalu tersenyum.
"A-abis k-kamu siapa kalo b-bukan kuntilanak""
"Leak!" "Ha"" Si cowok kaget betul nada suaranya.
Olga ngikik. "Kamu bego amat sih. Saya bukan kuntilanak, bukan leak. Tapi..."
"Tapi siapa""
"Olga, penyiar kece Radio Ga Ga. Mau kan kamu nganterin saya pulang""
Si cowok masih setengah gak percaya, setengah girang. Ia seperti ngimpi waktu Olga duduk di jok belakang motornya, dan melontarkan senyumnya yang teramat manis.
"7. From Bali With Hurt
"RADIO GA GA sore itu lagi sepi. Ini gara-gara banyak penyiar pada cuti. Para penyiar di Radio Ga Ga emang suka pada centil. Kan anak-anak SMP sama SMA udah libur naikan lagi, eh, mereka juga minta libur dengan alasan turun-turunan. Hihihi. Maksudnya gini, mereka mau refreshing tapi mesti bareng anak-anak sekolah supaya bisa ikutan ngeceng dan cuci mata. Jadi waktu ada hari Lebaran, yang seharusnya mereka boleh cuti, malah pada ogah.
"Cutinya nanti aja, ah, kalo pas liburan anak-anak sekolah," kata Ucup pas ditawarin cuti Lebaran.
Ya, sore itu ketika Wina dateng ke situ nyaris gak ada siapa-siapa. Selain Olga yang lagi ngocol di kotak sabun eh, kotak siaran, ada Adin, Satpam baru yang tugasnya menginterogasi tamu.
"Hei! Neng, Neng, Neng! Wuah, kayak bel istirahat. Maksudnya Neng ini mau ke mana mau ketemu siapa, dan dari mana datangnya lintah eh, maksudnya dari mana aja""
Wina yang dari kecil jarang ditegor Satpam, kaget setengah idup diberondong pertanyaan Adin.
"Neng ini siapa dan dari mana mau ke mana""
""Saya Wina, dari rumah dan mau ketemu Olga!"
"O, jadi sampean fans-nya Olga" Mau minta tanda tangan" Wah, nggak bisa tuh, Neng. Beliau lagi siaran dan nggak bisa diganggu gugat. Atau, Neng tunggu aja di sini sambil ngobrol-ngobrol sama saya. Saya kan belon pernah ngobrol sama sampean."
"Apaan sih sampean, sampean. Emangnya judul lagu!"
"Lagu apaan""
"We are the sampean, yes we are the sampean!" Wina menirukan lagu reggae We are the Champions.
"Hihihi, Neng bisa aja. O ya, saya Adin, Satpam baru di sini. Tadinya saya mau ngelamar jadi penyiar Radio Ga Ga, eh, malah dibilang lebih pantes jadi Satpam."
"Gini, Mas Ad..."
""Ah, tak usah pake mas-masan. Panggil aja Bung Adin."
"Gini, Bung... kusan, saya ini temen deketnya Olga!"
"Lho, kok bungkusan, sih""
"Abis apa""
"Bung Adin!" "Hmm, gini bungkusan Adin, saya mau ketemu Olga sekarang juga."
"Bung Adin!" "O iya, jadi gini Bung Adin yang kayak bungkusan, saya mau..."
"Bung Adin, Bung Adin, Bung Adin, Bung Adin! Hik hik hik, Bung Adin, Bung Adin..." .
"Iya, iya, Bung Adin. Udah dong jangan nangis. Eh, saya boleh masuk, kan, Bung Adin""
"B-boleh. Hik -hik hik, tapi Bung Adin ya, jangan lupa Bung Adin. Hik hik hik, ya Bung Adin, sekali Bung Adin tetap Bung Adin. Hidup Bung Adin...!"
Dan pas sampe di dalam kotak siaran, Wina langsung menjerit kegirangan. Ini emang ciri khas Wina kalo ketemu Olga. Selalu menjerit. Gak peduli di mana aja, di pasar, di jalan, juga di dalam kotak siaran. Akibatnya para pendengar Radio Ga Ga pada jantungan.
""Olgaaa...! Sip, Ol, gue diizinin liburan ke Bali!"
Wah, Olga surprais banget. Soalnya Olga emang udah dari dulu pengen ngisi liburannya ke Bali. Olga baha
gia. Saking bahagianya Olga lupa kalo lagi siaran.
"Yang bener, Win" Wah, sukses, dong!"
"Bener,Ol." "Oh, Bali, nantikanlah kedatangan seorang bidadari yang cantik dan molek ini. Aku pasti datang. I am coming!"
"Hei,Ol, lo masih siaran, kan""
"Ya, amplop, gue ampe lupa. Eh, sori. Halo, para pendengar, sori banget ya. Abis saya udah lama banget mau ke Bali. Nggak taunya sekarang kesampaian juga. O ya, kalo di antara kamu ada yang mau nyumbang nambahin ongkos jalan boleh, kok. Kirim aja ke Radio Ga Ga. Beneran nih, saya tunggu, lho!
"Dan sebelon kamu pada ngirim duit sumbangan, saya mau kasih lagu cantik dulu dari Lois Lane, It's the First Time. Supaya kamu bener-bener pada mau nyumbang. Daaag..."
Olga emang ngebet banget mau ke Bali. Sampe-sampe dia bela-belain nyisain duit jajan dan honor siarannya. Dan yang paling penting Olga udah berhasil ngeracunin Papi dan Mami untuk menurunkan izin liburan ke Bali atas biaya sendiri. Papi yang dasarnya pedit setuju aja, selama itu gak ngerongrong duitnya yang selalu diumpetin di kaus kakinya yang bau.
Sementara Mami ngasih izin karena diancem Olga dengan mogok nganterin senam ke fitness centre. Tentu Mami kelimpungan.
Ya, Mami paling segen berangkat senam sendirian. Selain tempat fitness-nya jauh, Mami takut dikira ikut-ikutan mode. Makanya tiap datang fitness dan ada yang nanya, "Mau senam ya, Tante"" Si Mami selalu nepu dengan ngejawab, "Ah, enggak, cuma nganterin anak saya, kok."
"Lho, kenapa nggak ikut senam sekalian aja, Tante""
"Ah, saya kan udah ibu-ibu, enggak pantes. Lagian saya malu."
"Lho, kenapa malu. Daripada punya badan gembrot begitu kan mendingan ikutan senam Kalo bisa langsing yang seneng kan Tante sama bapaknya anak-anak."
"Ah, bapaknya anak-anak malah seneng sama yang gembrot-gembrot, kok. Udah ya, saya mau senam dulu eh, sori, mau nganter anak saya senam."
Padahal Olga paling males kalo disuruh senam. Di sekolah aja ampe sekarang Olga gak apal gerakan senam kesegaran jasmani.
Dan di tempat fitness kerjaan Olga cuma baca-baca majalah.
Kalo Mami" Wah, doi mah semangat banget nurunin berat badannya yang kayak balon itu. Eh, ngomong-ngomong soal balon, Mami kemaren pernah diajakin jaga stand di PRJ. Kebetulan stand batu baterai perlu banyak banyak balon buat menghias standnya. Hihihi, tentu aja Mami nolak.
"Abis, bayarannya kecil, sih!"
*** "Besoknya Olga keliatan repot banget. Dia kayaknya mulai siap-siap. Tas besarnya udah diisi penuh dengan segala peralatan. Malah koper Papi yang biasa dipake kerja, dibajak Olga buat nempatin pakaian dalem.
"Supaya gak gampang lecek, Pi."
"Tapi Papi kerja pake apa dong, Ol""
"Pake tas belanjaan Mami kan bisa, Pi!"
Eh, tapinya yang berangkat ternyata tiga orang. Olga, Wina, dan Jordan. Jordan ini cowoknya Wina yang dapet nemu di Musro.
Olga agak kaget. "Biar ada yang jagain, Ol," alasan Wina waktu ditanya Olga, kenapa mesti bawa-bawa cowok.
"Eh, Win, kalo niatnya cuma buat ngejagain kenapa gak bawa anjing herder aja!"
Menurut Olga, pergi berduaan aja udah cukup. Tapi pas Wina ngebisikin kalo Jordan bersedia nombokin uang belanja dan nambah-nambahin uang jajan, Olga rela Jordan ikut. Lagian Jordan punya tiga jenis credit card yang mampu menjamin kalo seandainya pada keabisan uang di sono.
Olga, Wina, dan Jordan sejak pukul enam pagi udah nongkrong di Bandara Soekarno-Hatta. Padahal pesawat yang berangkat ke Bali baru akan go public sekitar pukul sepuluh. Alasan Olga supaya lebih puas ngeliatin pesawat. Sebelon-sebelonnya Olga emang gak pernah liat pesawat kecuali pesawat telepon!
Dan pas jam sepuluh tepat, Olga buru-buru masuk ke pesawat setelah nunggu di ruang tunggu dan dipanggil-panggil suara manja dari mikropon.
"Wah, jangan-jangan itu bekas penyiar," tebak Olga demi ngedengar suara merdu itu.
Di dalam pesawat tampak wajah Olga begitu berseri-seri. Dia sengaja milih kursi dekat jendela, biar bisa melambaikan tangan sama Papi dan Mami di rumah. Terus terang aja kenapa Olga mau liburan ke Bali, selain pengen tau Pantai Kuta dia juga pengen naik pesawat. Ini adalah kali pertama Olga naik pesawat.
Sa at mesin pesawat menderu siap melesat ke udara, Olga agak kaget. Gak disangka kalo mesin pesawat itu bunyinya kenceng banget. Olga pegangan erat-erat ke tangan kursi sambil pandangannya tak lepas dari jendela. Olga emang pernah denger cerita ada pesawat yang jatuh atau meledak saat mau meninggalkan landasan.
"Selamat datang, para penumpang sekalian. Ini adalah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan G 007. Pesawat ini dipimpin oleh pilot, bukan oleh masinis, apalagi oleh sopir bajaj. Jadinya keselamatan dan kenyamanan mudah-mudahan bisa lebih terjamin.
"Kencangkan ikat pinggang eh, sori, maksud kami kencangkan sabuk pengaman Anda selama lampu masih menyala, dan dilarang merokok bagi yang tidak punya rokok.
"Oke, selamat menikmati penerbangan ini dengan rasa waswas. Tapi jangan lupa berdoa, apalagi yang baru pertama kali naik pesawat. Ya, sampai jumpa lagi dengan saya. Terus terang saya males ikutan, maka saya cuma nganter sampai sini aja. Abis, menurut prakiraan cuaca di tipi semalem, cuaca di sepanjang Jakarta-Bali amat buroq, eh, sori, maksud kita amat buruk! Duaaag...."
*** "Tiba di Bali, mereka nginep di cottage yang lumayan asyik di daerah Pantai Kuta. Cottage yang gede, terbagi atas beberapa bagian, dilengkapi kamar-kamar yang terletak di lantai dua. Interiornya spesifik dengan ukiran dan lukisan yang bercorak Bali. Nggak lupa ada kolam renang di dekat bar kecil dengan air yang kebiruan.
Olga suka banget. Taripnya juga rada mi"ring. Mereka segera memesan dua kamar di lantai dua. Mulanya cuma mau pesen satu kamar, Jordan diminta tidur di kamar mandi. Tapi dengan tulus Jordan menolak. Malah minta yang lebih. Tidur bareng mereka. Olga kontan sewot.
"Enak aja!" tangkis Olga.
Wina sendiri sebenernya setengah tertarik. Dan jadi keki sama sikap Olga.
"Kenapa gak boleh, Ol"" Wina merajuk.
""Nanti kalo terjadi hal-hal yang diinginkan, eh, tak diinginkan, repot, tau!"
Suasana memang rada nggak enak sejenak. Untung akhirnya Jordan mau tidur di kamar yang terpisah.
Acara pertama yang mereka lakukan adalah jalan-jalan di sepanjang Pantai Kuta. Olga memakai kacamata riben, rok jin ketat yang mini dan casual.
"Wah, lo mau nyaingin bule, ya, Ol"" jerit Wina begitu liat penampilan Olga.
Olga cuma tersenyum. Soalnya Olga sendiri merasa penampilannya itu belum seberapa dengan turis bule yang bersandal jepit dan non-bra. Mereka bertiga jadi serasa orang asing, soalnya di mana-mana terlihat bule.
Yang keliatan senang dengan pemandangan itu, tentu aja Jordan. Matanya jelalatan ke mana-mana.
Sementara matahari nyaris tenggelam. Menampakkan semburat merah di ufuk barat. Olga menghentikan langkahnya untuk menikmati sunset. Wina dan Jordan masih asyik menyusuri pantai. Mereka berdua keliatan akrab banget. Berjalan sambil berpelukan. Sesekali menendang gundukan pasir. Olga sampe suka gak enak ati ngeliatnya.
Secara jujur Olga sebenernya keki pada mereka. Sikap Jordan sering kali sok-sokan. Gara-gara tu cowok, suasana liburan jadi kacau, maki Olga dalam hati. Akhirnya Olga lebih memilih menikmati suasana Kuta. Untung tingkah para bule yang sering aneh-aneh cukup bisa menghibur.
Bule-bule itu memang pada gila-gilaan. Ngebut di pasir dengan motor trail sewaan. Atau ada juga yang mengendarai jip open kap. Hilir-mudik sepanjang pantai.
Sementara di bagian lain, banyak pula bule yang rebahan sambil dipijit, atau rambutnya dikepang kecil-kecil kayak Ruud Gullit. Ada juga yang asyik berselancar. Mereka seolah menikmati Pantai Kuta yang memang nyaman.
Olga juga menikmati. Tapi hatinya kembali keki kalo ngeliat kemesraan Wina dan Jordan. Olga merasa dirinya gak diperhatiin.
""Mentang-mentang!" maki Olga keras di hatinya ketika kemesraan itu terus berlanjut di malam harinya. Wina dan Jordan jalan-jalan ke karaoke di seberang cottage mereka.
"Kok gak ikutan, Ol"" tanya Wina ketika Olga memutuskan untuk tetap tinggal di cottage.
""Gue mau istirahat. Capek!" Olga menjawab singkat.
Pertanyaan Wina ternyata cuma basa-basi. Buktinya Wina langsung berangkat tanpa mempedulikan Olga lagi.


Olga 02 Back To Libur di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Olga jadi kembali rusuh hatinya. Padah
al malam itu sebenarnya bisa jadi asyik. Kehidupan malam di Bali ternyata jauh lebih hidup. Diskotek-diskotek kecil yang mulai menimbulkan suasana sumringah. Pub, butik, dan para pedagang dengan kiosnya yang menjual barang-barang khas dari Bali menambah warna suasana malam.
Dan Olga melewati semua itu dengan membaca novel di beranda cottage. Sambil sesekali ngecengin bule yang malam-malam malah asyik berenang di bawah temaram lampu taman.
Sampe larut, sampe Olga ngantuk, dan bule-bule gak ada yang berenang lagi, ternyata Wina belum pulang juga. Akhirnya Olga memutuskan untuk masuk kamar. Bobo.
Antara sadar dan tidak, Olga mendengar suara bisik-bisik di pintu.
"Ol, bukain pintu, dong...."
Dengan malas Olga menuju ke gerendel pintu. Wajah Wina nampak letih.
"*** "Esok paginya, mereka ngumpul di ruang makan yang terletak di tengah cottage untuk memesan makan pagi. Olga memilih roti bakar, selai, teh, dan telur setengah mateng. Wina cuma minta susu coklat doang.
Sedang Jordan masih belon bangun. Padahal matahari Bali udah mulai menyengat. Dan pagi itu tidak menjadi pagi yang ceria. Setidaknya di mata Olga. Ya, Olga masih nyimpen perasaan gak enak sama Wina. Karena tadi malem Wina pulangnya malem banget. Olga takut ada kejadian apa-apa.
"Win." "Ol." "Saya mau negur kamu, kamu gak usah ikut-ikut manggil saya, dong."
"Sori, Ol." "Win." "Ya, Ol." "Nah, gitu kan asyik."
"Ya, Ol." "Kamu ini apa-apaan sih, Win. Pake pulang larut malem segala" Kalo kamu kenapa-napa kan saya yang gak enak."
"Orang saya cuma nongkrong di karaoke aja kok."
"Ya, tapi kenapa pulangnya sampe malem!"
"Karena saya kemaleman, Ol."
"Saya juga tau kamu kemaleman. Nah, kenapa bisa kemaleman begitu."
"Wah, kenapa, ya""
"Lho, kamu kok jadi bego begitu sih, Win. Semalem kamu pergi sama Jordan trus kenapa sampe bisa pulang malem""
"Mungkin keasyikan, Ol."
"Asyik! Asyik! Eh, Win, saya ini teman kamu. Kalo kamu kenapa-napa saya ikut nggak enak. Lagian kamu kan orang nggak pernah pulang malem kalo pergi-pergian."
"Tapi saya pernah pulang pagi, Ol, waktu malem taon baru."
"Itu sih bukan urusan saya! Yang jelas saya cuma mau ngingetin kamu. Kalo kamu masih badung juga, terserah!"
Wina dibentak begitu langsung mingkem.
Buntutnya Olga jadi gak enak. Ya, sebetulnya Olga cuma pengen nikmatin liburannya berduaan Wina. Mau hura-hura sepuasnya, tanpa harus ada orang lain yang ikutan. Macam si Jordan itu, udah nebeng, pake bikin-bikin masalah lagi.
Dan sebetulnya Olga mau ngajak jalan Wina tadi malem. Mau diajak menelusuri jalan-jalan sekalian makan sea-food.
"Olga juga punya niat ngajak ngomong para bule untuk ngelancarin bahasa Inggris-nya. Dan nyewa sepeda pada keesokan paginya sambil muter-muterin tempat wisata yang ada.
Tapi dengan adanya Jordan, harapan Olga pupus begitu aja. Wina gak bisa diajak gila-gilaan seperti biasanya. Karena ke mana Wina pergi, Jordan ada melulu.
"*** "Hari kedua, Olga dan Wina terpaksa mencar. Soalnya selera mereka udah mulai gak kompak. Olga pengen liat tari-tarian di Sukawati, sedang Wina ngotot mau berduyungson-ria berjemur di pantai. Cuma itu melulu yang dilakukan Wina dan Jordan selama dua hari ini.
Olga mulai ngaco lagi hatinya. Olga akhirnya berangkat sendirian ke Sukawati. Sedang Wina sama Jordan udah cabut sejak tadi. Sebelumnya mereka sempat janjian bakal ketemu sore nanti di Tanah Lot. Ngeliat sunset.
Tapi pas jam lima Olga nyampe Tanah Lot, Wina sama Jordan gak ada.
"Aduh, gimana sih janjinya tu anak""
Olga bersungut-sungut, sambil meniti ke atas karang. Nunggu sampe rambutnya keriting. Sampe akhirnya Olga cuma bisa duduk terbengong nungguin sunset bersama para bule yang udah siap dengan kameranya.
Di saat hatinya mulai suntuk, untung ada bule P"rancis muda yang bisa dikecengin, dan neme"m Olga ngobrol. Tapi karena pada gak ngerti bahasa masing-masing, ngomongnya p"kee bahasa isyarat dicampur bahasa Inggris dikit-dikit. Dan Olga sempat dibikin keki waktu si bule nanya-nanya aktivitas Olga.
Olga menerangkan dengan gerakan tangan yang maksudnya penyiar.
"0, jadi Anda petani, ya"" tebak si bule it
u mantap dalam bahasa Inggris.
Olga tentu aja ngamuk-ngamuk.
"Bego amat sih lo!" maki Olga keras.
Lucunya si bule malah tersenyum manis. Mungkin mengira Olga bilang dia ganteng.
"*** "Hari itu Olga dan Wina udah berada dalam pesawat lagi menuju Jakarta. Jordan tak menyertai mereka. Terasa kemurungan yang mencekam. Wina nangis sesunggrukan.
"Ya, terpaksa masa liburan dipercepat. Semua ini gara-gara Jordan.
"Maap ya, Ol, saya merusak acara liburan kamu," kata Wina dalam sendat.
"Ah, enggak kok, Win. Tapi ada kejadian apa sih sebenarnya"" Olga berusaha menenangkan Wina.
"Dasar Jordan keparat!" emosi Wina timbul lagi. "Si Kol Gepeng itu makin lama makin ngelunjak. Kemauannya makin yang enggak-enggak aja. Dia sebetulnya merasa terganggu kamu ikut dalam liburan ini, Ol."
"Dia ngomong begitu""
"Itu belum seberapa. Ada yang lebih gawat lagi. Masa dia ngajak 'begituan'!"
Pendekar Setia 5 Wiro Sableng 067 Halilintar Di Singosari Kill Mocking Bird 6

Cari Blog Ini