Ceritasilat Novel Online

Back To Libur 3

Olga 02 Back To Libur Bagian 3


"Ha"" Olga bengong. "Terus lo mau""
"Gila apa" Tentu aja gue tolak. Tapi ternyata itu bikin si Kol Gepeng itu sewot. Omongannya jadi kasar banget. Akhirnya dia pergi ninggalin gue. Gue dibilang perek. Gue sakit ati betul, Ol. Udah gitu, dia sengaja manas-manasin gue dengan bawa-bawa bule, dan nggak pulang semalam."
Olga bergidik. "Lupain aja cowok kayak gitu!"
"Saya sebetulnya cinta mati ama dia, Ol," ujar Wina mulai tenang. "Saya berharap dia bakal menyayangi saya selama-lamanya. Tapi tingkahnya bener-bener bikin hati kecewa."
""Ah, udah, deh. Cowok kayak gitu bejibun. Modal tampang doang, tapi moralnya kacau."
""Iya, Ol. Saya nyesel gak denger saran kamu untuk berlibur berdua aja."
Wina mulai agak tenang. Merenung menatap awan di luar jendela. Seorang pramugari membagikan kotak makanan.
"Win, saya selalu ingat ada sebuah kata bijak dari Barat," Olga kembali bersuara sambil menaburkan krim ke dalam kopinya.
"The people you love most are in the best position to hurt you. Orang-orang yang paling kamu cintai, berada dalam posisi yang tepat untuk menyakitimu. Kamu tau maksudnya, Win""
"Wina menggeleng. "Artinya, kita jangan terlalu berharap banyak dari orang lain. Jangan terlalu mencinta orang lain. Sebab mereka-mereka yang amat kita cintai, akan dengan mudah menyakiti kita. Mempermainkan perasaan kita. Dan kita cenderung menyerahkan segalanya pada orang yang kita cintai. Saya gak mau begitu, Win. Makanya saya selalu membatasi diri untuk tidak memberi sepenuh hati saya kepada orang lain. Saya gak rela kecewa, Win."
Wina terdiam, Lalu memeluk sobatnya erat-erat. "Makasih atas nasihat kamu, Ol."
"Kamu mau ngelupain Jordan, kan""
"Saya malah benci dia, Ol."
"Jadi status kamu sama dia udah putus, kan""
Wina mengangguk. "Kalo gitu minta nomor telepon Jordan, dong!"
"Buat apa, Ol"" Wina terperangah.
"Siapa tau setelah putus dari elo, dia ada minat sama gue." jawab Olga enteng.
Wina bengong. Lalu berter"ak, "Olga gombal, jangan macem-macem lo, ya!"
Keduanya lalu ngikik berbarengan. Keras banget. Membuat seisi pesawat menoleh ke arah mereka.
"8. Anak Pesan-trend
"HEI, ini kisah terjadi pas bulan puasa.
Gini. Biasanya tradisi setiap bulan puasa, pas libur, sekolahan Olga bikin pesantren kilat selama dua minggu. Kegiatannya memang diadakan di sekolah, yang oleh panitia setiap kelas diubah menjadi seperti barak-barak tentara. Supaya tiap anak yang mo ikut gak terlalu bayar mahal. Dan siapa aja, yang beragama Islam tentunya, boleh ikutan.
Nah, sebetulnya Olga dan Wina gak begitu minat ikutan. Bukannya males nabung buat bekal ke surga. Bukan. Olga dan Wina gak minat ikut lantaran udah bosen ngeliat sekolahan.
"Iya, andainya tu pesantren dibikin di dalam diskotek kan asyik bisa sambil dengar musik," ujar Wina.
"Hei, dasar kapir lo. Masa bikin pesantren kilat di diskotek. Ada-ada aja. Kan lebih asyik kalo dibikin di tepi pantai. Bisa liat ombak," bentak Olga.
Tapi dua anak yang konon kece itu selain emang udah empet liat sekolahan, mereka berdua merasa gak enak kalo pas saur gak di rumah. Kan males harus masak sendiri. Pikir Olga, mau bangun aja udah untung, ini malah pake disuruh masak segala, lagi!
Tapi tau kenapa, mami dan papi Olga keti
ka melihat brosur undangan pesantren kilat itu serta-merta langsung nyuruh Olga ikutan.
"Aduh, Mami gimana, sih" Olga kan nggak minat. Kata Mami, Olga gak boleh ikutan kegiatan apa aja kalo kitanya gak minat. Seperti waktu Olga mo ikutan panjat tebing pake sepatu roda."
"Itu lain, Olga. Yang ini kamu wajib meminati. Ini kegiatan rohani. Kalo panjat tebing kan kegiatan orang-orang yang di masa kecilnya gak boleh manjat-manjat pager artinya itu kan kegiatan jasmani. Mesti ada keseimbangan, dong."
"Tapi kalo sampe dua minggu tidur dan nginep di sekolahan, Olga benar-benar ogah!"
"Untuk melatih disiplin, Olga. Juga untuk memudahkan pemberian materi."
""Olga, kan udah disiplin. Olga juga sering sembahyang kalo waktu sembahyang."
"Pokoknya kamu harus ikut."
"Ogeng." "Biar kamu gak jadi anak setan, Ol."
"Anak setan""
"Iya." "0, jadi Mami setannya."
"Tu kan. Kamu masih suka meledek orangtua, kualat tau. Nanti kamu di pesantren kilat itu bakal dikasih tau kalo meledek orangtua itu dosa."
"Kalo meledek orang muda""
"Ya, dosa juga." Mami meletakkan brosur undangan itu di atas bufet. "Olga, kamu Mami suruh ikut begituan biar tingkah kamu nggak terlalu gila-gilaan. Papi juga udah setuju, asal biayanya ditanggung kamu sendiri."
Olga mulai diam. Diam belon tentu setuju.
"Ayo, udah. Ikut aja. Kamu kan sebagai orang Islam harus ngelancarin ngaji kamu. Lagian mumpung bulan puasa, kamu banyak-banyaklah berbuat amal. Ya, moga-moga diterima di sisi Tuhan. Amien!"
Mami terus mendesak. Padahal Olga udah berdiri di pojok.
"Baiklah, Mi. Tapi dengan catatan..."
""Catatan apa""
"Catatan si Boy!"
Mami bengong. Tapi Olga akhirnya mau juga. Itung-itung nambah amal. Itung-itung cari suasana baru. Daripada kelaperan puasa di rumah ada baiknya. ikut pesantren kilat. Olga mulai sadar. Satu kali dalam hidup, kita kudu berbuat sesuatu untuk Tuhan. Bukan melulu mikirin untung-ruginya untuk diri kita sendiri. Gak baik kan mikirin kesenangan duniawi aja.
Dasar Olga. Untuk menunaikan niatannya ikut pesantren kilat aja, ia perlu teman segala. Ni anak kalo mo ngapa-ngapain mesti selalu pake temen. Jalan-jalan kek, siaran kek, yang berani dilakoni sendiri paling kalo dia kebelet mo ke kamar kecil guna buang air besar-besar. Dan ia pun, seperti yang sudah kamu terka, mulai ngerayu Wina untuk ikutan. Tapi Wina ogah. Masalahnya dia udah punya rencana khusus dalam mengisi liburan panjangnya itu. Wina pengen ngelancarin kursus mengetik komputer 12 jari. Pake jari jempol kaki segala.
Alasannya buat cadangan kalo-kalo jari-jari tangannya yang lentik itu pada pegel. Wina memang punya cita-cita pengen jadi sekretaris yang baik. Tapi Olga bukan tipe anak yang gampang putus asa. Olga terus merayu dengan berbagai upaya. Diberinya Wina coklat. Diajaknya nonton. Dikasihnya cerita-cerita lucu.
"Gue udah punya rencana belajar ngetik sih, Ol."
"Kan bisa ntar-ntaran."
Wina tetap ogah. "Eh, tu pesantren kilat juga bakal dimeriahkan oleh coboy MODE, Win. Inceran lo, si Somad, juga bakal dateng!"
"Ah, bO'ong." Wina emang keras kepala. Kalo gak ya gak. Tapi Olga masih penasaran. Lagian kalo Wina ikutan juga, Olga ditanggung gak kesepian. Sambil belajar rnengaji Olga tetap bisa ngerumpi.
Nggak berhasil ngerayu Wina, Olga melancarkan serangannya ke mama Wina. Olga mulai menghasut.
"Benar, Tante, kalo Wina nggak ikutan pesantren kilat, dia bisa gak lulus pelajaran agama. Kan malu banget, Tante, masa iya pelajaran agama aja gak lulus. Ntar dikira Tante gak bisa ngajar anak dengan baik."
Mama Wina jelas terpengaruh. Upaya Olga mulai keliatan hasilnya. Dan besoknya mama Wina mulai maksa-maksain anaknya buat ikut pesantren.
"Mama apa-apaan sih" Kan udah Wina bilang liburan ini mo Wina gunain buat ngelancarin ngetik komputer," tukas Wina, protes atas kebijakan mamanya.
"Ngetik komputer mah gampang. Kapan aja bisa!"
Akhirnya walo terus misuh-misuh, Wina ikut pesantren juga. Nah, dasar mereka adalah anak-anak centil, jadinya susah banget menyatu dengan disiplin yang diterapkan.
Apalagi pas di hari pertama keduanya kebagian piket masak saur. Aduh, tersiksanya.
Bayangin aja, biasanya kalo di rumah, tinggal dibangunin dan tinggal makan aja susah. Nah, ini Olga dan Wina selain dipaksa bangun tengah malam mereka mesti nyiapin hidangan saur buat 50-an anak.
Akibatnya jelas runyam. Olga dan Wina yang diwanti-wanti Pak Ustad agar bangun jam dua pagi, baru bisa bangun jam empat lewat banyak. Walhasil masaknya keburu-buru dan anak-anak lain cuma punya waktu sepuluh menit doang untuk makan saur. Mana tu masakan amburadul lagi rasanya. Hasilnya sepanjang pagi itu Olga dan Wina jadi diasemin wajah sama anak-anak yang lain.
Tapi yang patut kita banggain adalah perubahan Olga dan Wina yang jadi mendadak alim. Mereka rajin sembahyang, rajin baca Al-Quran, rajln denger ceramah. Bayangan buat ngerumpi-ria gak keliatan. Apa karena ustad dan ustadzahnya yang streng banget atau karena tu anak udah pada mo sadar, wallahualam. Tiap malam, pas mau tidur, para ustad dan ustadzah memang selalu mencek ke kelas. Mereka diawasi ketat. Takut kalo-kalo ada yang ngilang.
Sayangnya yang namanya Olga dan Wina cuma di hari pertama-pertamanya doang bisa betah tiap malem tidur dengan manisnya di kelas. Seperti kamu tau, lama-lama tu anak benar-benar gak betah. Terutama pas malem Minggu. Olga dan Wina pengen rasanya ngeliat dan jalan-jalan di dunia luar yang serasa udah berabad-abad mereka tinggalkan.
Dan benar aja. Mereka berdua malah tengah ngerencanain untuk kabur sejenak.
Pas selesai ngaji, selesai baca-baca doa, semua anak-anak diperbolehkan masuk ke kamar kelasnya masing-masing. Olga dan Wina segera memutar otaknya. Dengan akal kadalnya mereka menutup bantal guling dengan selimut biar saat pemeriksaan nanti dikira udah pada tidur pules. Tapi, manakala mereka hendak loncat ke luar jendela terdengar ketukan dari luar.
"Assalamualaikum..."
""Hmm, sudah tidur!" teriak Olga dan Wina bareng.
"Sudah tidur kok menyaut""
"Kan ditanya." "Kalo disapa jawaban yang benar bagaimana""
"Waalaikumsalam... dan sekarang sudah benar-benar tidur. Jangan diketuk-ketuk lagi, ya""
Mereka berdua mengendap-endap ke jendela. Tu jendela cukup tinggi. Jadi agak repot juga bagi Olga dan Wina untuk melewatinya. Benar aja, belon sampe kaki mereka hinggap di bibir jendela keduanya jatuh kepelanting. Bruk!
"Hei, suara apa itu"" teriak pengawas dari luar.
"A-anu, suara orang jatuh," jawab Wina.
"Bukan! Itu suara bantal-guling yang jatuh," sangkal Olga supaya gak curiga.
"Bantal kok keras""
"Iya, bantalnya kan ada dalam dekapan saya, Pak Ustad."
"Ya, sudah. Pada tidur, sana. Nanti saur susah dibangunin, lagi!"
Suasana hening sejenak. Tampaknya Pak Ustad sudah berlalu dari situ. Olga dan Wina berusaha kembali manjat jendela. Wina disuruh membungkuk, dan Olga naik ke punggungnya. Kali ini berhasil. Tapi untuk loncat ke luar agak kecut juga. Karena cukup tinggi. Ah, untungnya mereka sudah hapal doa keselamatan. Dan sambil berdoa agar selamat keduanya Ineloncat ke tanah.
Meski begitu, kedua kaki anak itu tampak terkilir dikit. Jelas doa mereka gak terkabul.
Olga dan Wina segera menuju pintu gerbang sekolah. Di sana penjagaannya lebih ketat. Dasar akal kadal, mereka mampu mengalihkan perhatian para pengawas di sana dengan menimpuk kerikil-kerikil ke tengah lapangan. Dan akhirnya lolos juga tu anak berdua!
*** "Beberapa menit kemudian, dengan menumpang taksi, mereka udah sampe di Bioskop Empire. Olga buru-buru antre karcis. Antreannya cukup panjang, tapi dengan merayu-rayu, dia bisa nitip karcis sama cowok yang lagi ngantre.
Sambil menunggu jam masuk, dua cewek centil itu sempet-sempetin ngeceng. Di lobi emang banyak cowok kece yang pada mo nonton. Dan mereka berdua udah empat hari ini hampir nggak pernah liat cowok keren. Jadi maklum aja kalo Olga dan Wina buas banget melototin cowok-cowok itu.
Pulang nonton, udah jam dua belas malem. Mereka kelimpungan sendiri.
"Wah, gimana, Ol" Kita balik ke rumah aja, ya"" Wina keliatan cemas.
"Hus, bisa gawat. Mending kita balik lagi ke sekolah. Siapa tau nggak ketauan," ujar Olga.
"Iya, tapi ini kan udah malem banget. Kamu nggak ngebayangin lorong gelap dan panjang di balik rerim
bunan pohon belakang sekolah itu""
"Ah, cuek. Ini kan bulan puasa. Setan-setan pada ditangkepin di neraka," Olga berusaha membesarkan hati Wina.
Keduanya pun buru-buru pulang. Tapi sampai di pekarangan sekolah, hati Olga ciut juga. Di pekarangan belakang sekolah emang ada jalan setapak rahasia yang bisa nembus dari gang ke jendela kelas tempat mereka menginap. Tapi suasananya kalo malem begini minta ampun seramnya. Selain gelap, karena rindangnya pohon, mereka harus berjalan merunduk sampai ke dekat jendela.
"Gimana, Ol, maju terus atau sebaiknya kita pulang aja""
"Ah, tadi berangkatnya berani. Tancap aja!" Olga berusaha membunuh perasaan takutnya.
Keduanya berjalan merambat-rambat menuju jendela kelas. Wina memegang erat-erat tangan Olga. Olga makin kesulitan menatap jalan di depannya. Berkali-kali Olga tersandung akar pohon, dan jatuh. Wina juga ikut-ikutan jatuh bergulung-gulung. Tapi udah kepalang basah. Dua cewek centil itu maju terus. Wina sampai mau pipis saking takutnya.
"Gue kapok, deh, Ol. Nggak mau kabur-kabur lagi. Akibatnya sengsara," Wina mulai menyesal.
Olga diem aja. "Ol, kamu kok gak nanggepin omongan saya"" colek Wina ke pundak Olga.
Olga tetap diam. "Ol, kamu kok diem aja, sih"" Wina makin cemas.
Tiba-tiba Olga menoleh sambil bersuara aneh, "Saya bukan Olga. Saya adalah..."
"Waaaaa!" Wina menjerit kaget. Olga langsung menutup mulut Wina. "Ssst! Bego, lo. Ntar pada bangun semua tuh!"
Wina langsung meninju perut Olga. "Elo juga, sih. Bikin gue merinding!"
Olga lantas menarik tangan Wina yang masih gugup. Nyesel juga dia bikin Wina shock berat gitu. Tapi tiba-tiba aja tercium bau yang kurang sedap. Dari arah depan.
"Bau apa, nih, Ol"" suara Wina terdengar bergetar. "Lo kentut, ya""
"Enak aja. Ini bukan bau kentut. I"i... ini bau apek. Bau kembang orang mati.... "
"Ha"" Wina menomprok Olga. Mereka berdua jatuh bergulung-gulung. Dan makin kaget ketika sekelebat bayangan putih nampak di depan mata mereka. Akhirnya sambil teriak-teriak nyaring, mereka berdua berlarian ke kelas. Dan tentu saja pas sampai, di setiap jendela kelas sudah penuh dengan wajah anak-anak yang menahan tawa. Lengkap dengan ustad dan ustadzah yang memasang wajah seram.
Akhirnya bisa ketebak. Olga dan Wina dapet hukuman berat. Sepanjang malam Olga dan Wina begadang disuruh menyiapkan masakan buat saur. Selain mereka juga disuruh bershalawat sebelum akhirnya diceramahi sampai pagi. Kesalahan mereka berdua fatal. Pertama, kabur dari pesantren. Kedua, takut sama setan. Padahal kan udah diajarin agama.
Ternyata emang setan dan bau apek itu bikinan anak-anak yang mau menghukum Olga dan Wina.
*** Sejak peristiwa itu, Olga dan Wina jadi kapok. Dan sedikit demi sedikit bisa diatur seperti anak-anak lainnya. Mereka mulai menyukai suasana belajar di pesantren. Mulai akrab dengan teman-teman lainnya. Ternyata semua berawal dari hati dan niat kita.
Kalo hati dan niat kita baik, kita pun akan menikmati apa yang tengah kita lakukan dengan baik. Merasakan nikmatnya berkumpul bersama untuk dapat mendekatkan diri pada Tuhan.
Tapi semakin mereka berdua suka suasana pesantren, keduanya semakin merasa sedih. Sebab tanpa terasa, pesantren kilat yang cuma dua minggu itu hampir selesai.
"Kenapa justru akan berakhir saat kita mulai mencintai pesantren ini, ya, Ol," ujar Wina seusai salat tarawih.
Olga cuma melamun. "Iya, dua hari lagi kita pada pisah. Saya juga sedih ninggalin temen-temen di sini dalam suasana kayak gini," ujar Olga sambil melipat mukenanya.
"Eh, tapi denger-denger, sebelum pembubaran nanti, panitia bakal ngundang co-boy MODE ke sini, ya"" Wina tiba-tiba nyeletuk.
Wajah Olga yang lagi sendu, tiba-tiba berbinar-binar. "Iya, Win. Betul."
Ya, dan ternyata pada hari terakhir di sekolah, panitia memang ngundang co-boy MODE yang kece-kece. Wah, kontan anak-anak cewek pada menjerit histeris. Mereka bener-bener lupa kalo mereka tuh lagi ada di pesantren dan pada pake kerudung.
Wina yang paling histeris menjerit, "Halo, cowok-cowok koper. Saya Wina. Godain kita, dong!"
Ustad dan ustadzah, ngeliat kelakuan Wina yang kembali
kanibal, mulai sebel lagi. Soalnya maksud panitia ngedatengin co-boy itu bukan buat jumpa fans. Tapi diskusi soal "Islam dalam Kehidupan Remaja".
Ternyata sambutannya laen. Suasana berubah jadi jumpa fans. Untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan, akhirnya panitia melarang anak-anak untuk minta tanda tangan dan potret bersama. Dan acara dipercepat. Anak-anak kontan berteriak nggak puas.
"Wah, kok udahan" Rugi kita," teriak Olga.
"Tahun depan ikut pesantren kilat lagi ah. Siapa tau panitia ngundang co-boy lagi," harap Wina.
Sepulang para co-boy itu, anak-anak jadi sedih. Soalnya udah pada mau pisah sama temen-temen yang udah senasib-sepenanggungan. Besok mereka sudah harus merencanakan perpisahan. Wina mengusulkan agar acaranya dilangsungkan di rumah peristirahatan Wina yang di Vila Duta, Bogor.
Setelah melewati berbagai macam pertimbangan, akhirnya panitia setuju dengan ide Wina. Sekalian ngirit biaya, dibanding nyewa Balai Sidang.
Pagi esoknya, anak-anak diperbolehkan pulang untuk membawa pulang baju-baju dan segala peralatan selama dua minggu pesantren. Sekalian ketemu ortu, dan minta doa restu.
Tapi Olga jadi keki pas sampe ke rumah, ternyata si Mami lagi asyik latihan main sepatu roda barunya. Olga langsung menjerit, "Mamiiii!!! Itu kan sepatu roda baru! Nanti rusak. Mami kan gembrot!"
Mami yang diteriakin, langsung menoleh dan berseru kangen ke Olga, "Aduuuh, Olgaaa. Mami sampe kangen mendengar jeritanmu. Apa kabar, Sayang"" Mami dengan gesit meliuk di atas sepatu rodanya, menghampiri Olga yang berdiri di ambang pintu dengan ransel dan peralatan lainnya.
"Kangen, sih, kangen. Tapi sepatu rodanya dicopot dulu, dong! Ntar rusak," ujar Olga judes.
"Mami lagi iseng, Ol. Abis bulan puasa ini nggak ada kerjaan. Jadi Mami latihan sepatu roda aja. Lumayan hasilnya, bisa menang kalo ngejar Papi lari pagi. Gimana pesantrennya" Asyik""
"Pokoknya lepasin sepatu roda Olga"" ujar Olga sambil ngeloyor ke kamar sambil menyeret ranselnya. Pas masuk kamar, teriakan nyaring itu terdengar lagi. "Aduuuh! Siapa yang make Ralph Laurent Olga sampe abis" Aduh, baju-baju Olga, lipstick Olga, Mamiiiiii!!!!"
Mami di luar bukannya ciut, malah demen denger teriakan Olga. Ya, Mami emang udah kangen banget sama jeritan anak semata wayangnya ini.
"Biar batal, batal deh. Abis gue sebel, sih, semua barang-barang gue dipake Mami!" beber Olga begitu nyamper Wina - di rumahnya. Tapi Wina nggak nanggepin. Saat itu dia lagi sibuk berat nyari kunci vilanya yang dia simpan waktu pas ngerayain ulang tahun bulan lalu. Dia merasa berdosa banget, karena tadi udah nyuruh anak-anak lain dan para ustad dan ustadzah berangkat duluan ke Bogor. Pasti udah pada nunggu.
Mama Wina juga sempat nyap-nyap melihat keteledoran anaknya. "Makanya, kalo naro barang-barang penting jangan sembarangan!" tukas mama Wina terus-terusan ngomel.
"Bukannya ngebantuin nyariin, rutuk Wina dalam hati.
Wina jadi semakin keriting. Olga yang nggak enak jadi ikut-ikutan nyari. Setelah satu jam nyari, ternyata Wina akhirnya sadar kalo kunci vila itu ada di rumah Tanre Rose yang di Hang Lekir. Wah, harus ngambil dulu ke sana. Sebenernya Wina males banget ketemu tantenya yang kayak beo itu. Soalnya kalo ke sana, pasti Wina dinasihatin macem-macem. Tapi karena ingat nasib anak-anak yang bakal terlantar, Wina jalan juga. Untung aja Tante Rose lagi pergi.
Sepanjang perjalanan ke Bogor lewat tol, di dalam Wonder kuning Wina sama Olga ngerumpi. Sebel sama maminya masing-masing. "Gue juga sebel. Mestinya Mama nggak usah marah-marah, dong. Kan Mama yang ngasih pinjem kunci ini ke Tante Rose. Gara-gara pikun, gue yang kena getahnya!" sungut Wina. "Mana gue nggak enak sama anak-anak...."
Kurang dari setengah jam, Wonder itu sudah memasuki gerbang tol Bogor. Sambil mengangsurkan karcis dan duit, Wina nyerocos lagi, "Katanya nanti bakal ada acara renungan dan nangis-nangisan, ya, Ol""
"Up, sori. Seumur hidup, gue gak pernah mau n"ngis buat hal-hal yang konyol kayak gitu!" ungkap Olga.
Pas masuk ke perumahan mewah Vila Duta yang gak jauh dari jalan tol, dari jauh keliatan segerombolan an
ak yang udah kayak anak yatim. Nongkrong di depan vila Wina. Panitia juga udah pada keriting nungguin. Tentu aja mereka pada pasang tampang sebel begitu ngeliat mobil Wina.
"Sori, sori. Ini bukan salah gue. Tapi salah nyokap gue. Kalo lo mau marah, marahin aja dia. Gue rela, deh," ujar Wina berusaha menetralisir suasana.
*** "Untung kesebalan anak-anak pada Wina nggak berlarut-larut. Menjelang malam, seusai buka puasa dan salat tarawih, acara penutupan dimulai. Anak-anak udah bisa berbaur kembali seolah tak terjadi apa-apa.
Anak-anak berkumpul, membuat lingkaran di ruang atas yang luas dan berkarpet. Wina dan Olga ngambil tempat di pojok, nyempil di antara anak-anak lainnya. Acara dimulai dari ustad dan ustadzah yang wajahnya pada mirip Saddam Hussein, meminta maaf kalo-kalo ada salah kata. "Pada dasarnya saya bangga akan kalian. Saya cinta. Justru karena cinta yang berlebihan, saya jadi sering menegur. Karena saya tak rela kalian jadi anak yang nggak bener. Saya cinta kalian. Terlebih-lebih kepada dua anak yang meski sering bikin ulah, tapi mau bersikap manis. Olga dan Wina."
Olga dan Wina tertunduk di sudut. Agak terharu.
Lalu ada sambutan lagi dari ketua panitia. Ada pembacaan puisi, dan terakhir renungan suci. Semua anak bergumam menyanyikan lagi Tuhan-nya Bimbo dan lagu syukur yang sendu sambil berdiri dan bergandengan tangan.
Lampu dipadamkan, diganti dengan bias lilin. "Di malam ini, kami menghadap-Mu, ya, Allah. Dengan jiwa dan niat yang bersih. Dua minggu kami berkumpul, hanya untuk mendekatkan diri pada-Mu, ya Allah. Senang dan susah kami rasakan bersama. Dan kini, kami akan saling berpisah. Tapi jangan pernah biarkan kami berkeping...."
Olga mulai merasakan bulu romanya berdiri. Wina makin tertunduk dalam. Suasana memang diciptakan semakin sendu.
"Dan juga jangan biarkan kami menjadi anak yang durhaka kepada orangtua. Berilah umur yang panjang pada mereka. Agar kami sempat membalas budi baik mereka, agar kami sempat membahagiakan mereka. Kami semua anak-anak yang suka khilaf, ya Tuhan. Kami kerap memaki orangtua kami. Kami kerap meremehkan nasihat mereka. Kami bahkan tak pernah menghargai mereka. Padahal, mereka yang dengan air mata dan darah berusaha membesarkan kami. Menyekolahkan kami. Memberi kami makan. Tapi kami justru membentak jika disuruh membersihkan tempat tidur kami sendiri...."
Olga dan Wina gelisah. "Apakah kita pernah membayangkan, teman-teman, jika sepulang dari sini ternyata kita mendapatkan orangtua kita sudah meninggal" Padahal, belum lagi kita sempat meminta maaf...."
"Huaaa! Huaaa!" tangisan paling nyaring dan menyayat tiba-tiba terdengar dari sudut ruang. Anak-anak yang tengah khusyuk, serentak menoleh kaget. Ternyata di pojok, Wina dan Olga lagi saling menangis senggrukan dan berpelukan.
"Mamiii, Mamiii, ampuni Olgaaaa!!!"
"Maaaa, Wina nyesel, Maaaa...."
Dua anak itu makin histeris, menyebabkan beberapa panitia yang berusaha menenangkan mereka jadi kelabakan.
"Mamiii, ampuni Olga, Mi. Olga janji gak membentak-bentak Mami lagi! Mami mau pake sepatu roda boleh, Mi...! Mau pake Ralph Ulurent sampe abis juga boleh. Di laci masih ada sebotol lagi, kok. Huuu, ampuni Olga, Mi...! Makanya Mami jangan suka nyari gara-gara. Huuuu...."
Wina juga histeris. "Mamaaa, Wina nyesel, Ma. Pokoknya Wina gak berani lawan Mama lagi. Tapi Mama jangan asal nuduh, dong. Mama jangan seenaknya marahin Wina. Emangnya Wina nggak bisa marah. Huuuu...."
Ustad, ustadzah, dan anak-anak lainnya pada bengong....
"9. Merit "OLGA bener-bener surprise banget demi ngeliat pengumuman di white board Radio Ga Ga siang itu. Dia hampir-hampir gak percaya. Ditelitinya pelan-pelan kata-kata yang ditulis dengan spidol biru itu. Dulu-dulu sih Olga gak pernah percaya ama apa pun yang tertulis di situ, karena papan tulis putih itu sering buat tempat becanda dengan menulisi pengumuman-pengumuman bo'ong. Tapi sejak pimpinan memberi ultimatum bagi siapa yang iseng bikin tulisan macem-macem bakal dapat hukuman sepanjang malem, maka kini Olga yakin kalo pengumuman itu gak main-main. Artinya, Mbak Vera bener-bener mau marr
ied. Ya, pengumuman itu berbunyi begini:
"Aka merit dengan biaya yang sama sekali nggak irit. Segenap karyawan dan penyiar Radio Ga Ga silakan dateng, asal nggak pake sendal-jepit!
"Salam manis Mbak Vera dan Ucrit."
Yang terakhir ini adalah sebutan buat Mas Joe yang di Radio Ga Ga kebagian tugas buat ngundang-ngundang.
Dan setelah berkali-kali membaca pengumuman itu di dalam dan di luar hati, Olga segera melesat mencari Mbak Vera.
Mbak Vera yang lagi asyik milih-milih kaset di ruang diskotek, memang tengah dirubungi penyiar-penyiar lain yang saling rebutan memberi ucapan selamat. Olga juga langsung ngasih selamat. Nggak lupa sun pipi kiri-kanan. Olga bener-bener tulus ngucapin selamat ke Mbak Vera.
"Aduh, selamat, ya, Mbak" Kok gak bilang dari jauh-jauh hari" Olga kan bisa ikutan masang undian harapan. Kalo menang nanti hadiahnya kan bisa buat beli kado!"
"Ah, kamu, bisa aja, Ol." Mbak Vera tersenyum malu-malu.
Para penyiar lain juga pada surprise denger Mbak Vera mo merit. Karena sebelonnya Mbak Vera gak pernah cerita apa-apa.
"Eh, Ol." "Apa, Mbak""
"Kamu mau ya jadi pager ayu""
Belon sempet Olga ngejawab, Ucup yang kebetula ada di situ, langsung nyeletuk, "Saya juga mau, Mbak, jadi pager ayu!"
"Yeee," Olga meledek, "situ sih gak cocok jadi pager ayu. Cocoknya jadi pager beton, hihihi.... "
"Biarin. Asal pager beton rumah orang kaya. Daripada kamu...."
"Apa" Saya kenapa" Pager mesjid" Pager betis""
"Bukan." "Jadi apa" Pager apa" Cepet! Kalo kamu mau ngatain saya cepet! Pager apa""
"Saya belon nemuin kata-kata yang lucu, sih."
Mbak Vera ngeliat kelakuan dua makhluk itu cuma senyum-senyum aja.
"Udah, ah, jangan pada berantem. Kalian semua pasti saya kasih tugas. Tapi, Ucup nggak usah ikut-ikutan jadi pager ayu segala. Tugas Ucup memang masih berhubung an dengan pager juga. Yaitu, Ucup mesti ngecat pager rumah Mbak Vera: Hihi"i." Mbak Vera memang lagi bahagia-bahagianya, jadi ikut-ikutan becanda juga.
Tapi, Mbak Vera selain kebanjiran ucapan selamat, ada yang sempet curiga segala. "Kok mendadak, Ver" Jangan-jangan ada apa-apanya, nih!"
Yeee. "*** "Olga dan Wina udah manis banget hari itu. Mereka memang janjian mau ngumpul di rumah Mbak Vera di kawasan elit Kebayoran Baru. Ceritanya, di rumahnya Mbak Vera yang gede banget, ada rapat panitia persiapan upacara pernikahan. Wah, kayaknya ini pesta bakalan dibikin gede-gedean, deh. Buktinya pake rapat-rapatan segala. Dan susunan kepanitiaan ini udah dibentuk dari kemaren-kemaren. Mulai dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, keamanan, seksi acara, seksi konsumsi, sampe ke seksi-seksi yang lain. Yang jelas panitia tujuh belasan aja, sih, kalah komplet!
"Ayo, perhatian semuanya! Tolong ya, jangan ada yang ngobrol atau bisik-bisik lagi, karena rapat segera dimulai!" tukas Ucup yang saat itu kebagian tugas sebagai pimpinan rapat.
"Sebelon kita rapat membahas segala sesuatu yang perlu dibahas, ada baiknya kita mendengarkan beberapa sambutan dulu. Ya, yang pertama adalah sambutan dari Mbak Vera selaku calon pengantin cewek. Sebelum Mbak Vera memberikan kata sambutannya, gimana kalo sama-sama kita dengar dulu lagu Hush dari Milli Va..." ,
""Yeee, emangnya di radio...!"
"Oh, sori, sori. Oke, deh, kepada Mbak Vera langsung ngasih sambutan, aja. Ayo, Mbak. Ver!"
Mbak Vera maju sambil malu-malu.
"Ya,' terima kasih buat semua panitia yang udah bersedia kumpul di sini. Juga buat Ucup yang telah mempersilakan saya memberi sambutan. Sebetulnya, Mbak Vera nggak mau bikin meriah-meriahan kayak gini. Sayang ama duitnya. Kan mending buat nambah-nambah beli rumah. Iya nggak"
"Tapi karena Mama yang minta, apa boleh buat. Mbak Vera nggak bisa nolak.
"Ya, sambutan Mbak Vera cukup segitu aja, deh. Selanjutnya pembagian tugas dan kerja Mbak serahkan ke Ucup aja. Silakan, Cup."
Dengan sistem demokratis dan berdasarkan musyawarah untuk mufakat, Ucup pun membagi-bagi tugas kepada panitia dengan adil tapi tidak merata. Artinya, banyak anak yang dapet tugas ini-itu, sementara Ucup sendiri kebagian tugas cuma ngitungin jumlah kado yang masuk. Olga dan Wina sejak pertama mema
ng udah kebagian untuk jadi pager ayu. Jadinya bebas dari ketidakadilan Ucup.
Sementara, Mas Rudi, calonnya Mbak Vera yang juga ada di situ, keliatan lagi asyik milih-milih jas yang sekiranya cocok buat dipake saat-saat resmi tertentu. Segala jas dicobanya. Dari jas safari sampe ke jas ujan. Kalo Mbak Vera tampak sibuk milih baju untuk dipake calon mertua.
"Gimana, Mas, kalo papa kamu disuruh pake yang lurik aja. Biar papa saya pake yang polos," usul Mbak Vera kepada Mas Rudi.
"Ah, jangan, Ver. Papaku rada sedikit burik, jangan dikasih yang lurik. Biar papaku pake yang polos aja."
"Hihihi," Mbak Vera ngikik.
Suasana di rumah Mbak Vera belakangan ini memang selalu rame. Banyak anak radio yang jadi sering nongkrong di situ, bantuin ngabisin makanan! Soalnya di rumah Mbak Vera banyak makanan dan minuman. Biar gitu Mbak Vera jadi seneng, karena rumahnya rame terus. Biasanya kan tu rumah sepi banget.
Soal acara pesta yang bakal digelar meriah ini, selain Mbak Vera adalah anak satu-satunya, bokapnya Mbak Vera juga punya kedudukan yang lumayan di kantor. Sebagai direktur. Otomatis kalo gak dibikin meriah, si bokap malu sama relasi-relasinya.
Olga dan Wina sendiri bersedia nongkrong ampe malem. Walo gak gitu banyak yang dikerjain, paling gak black-forest udah abis tiga loyang. Dua anak ini emang terkenal jago makan gratisan.
Mbak Vera juga seneng dengan adanya Olga sama Wina, karena mereka sering punya ide konyol tapi menarik. Ya, dalam acara pernikahan nanti Olga mengusulkan agar dibuat acara pemilihan busana ternorak. Sementara Wina usul supaya ngadain acara diskotek pas tamu-tamu ortu udah pada pulang. Ucup lebih sadis lagi, dia usul supaya seru pasangan pengantennya waktu mau ke pelaminan, jalannya dingkring. Dan tentu saja usul itu ditolak mentah-mentah oleh Mas Rudi, sementara Ucupnya langsung ditendang keluar.
"Olga sama Wina, malam ini kalian nginep di sini aja, ya" Nanti Mbak Ver teleponin ke mami kalian. Masalahnya gini, Mbak Ver suka banget sama ide-ide kalian itu. Kali aja kalo disuruh nginep dan dibebasin makan, ide-ide konyol kalian segera berhamburan."
Olga melirik ke Wina. Wina melirik ke Olga. Keduanya mengangguk. Artinya, keduanya setuju atas saran Mbak Vera untuk nginep di rumahnya.
Tentu aja, Mbak Vera senang.
""O ya, ada ide untuk bikin acara unik lagi""
"Untuk sementara kayaknya belon," jawab Olga. "Tapi saya punya usul, gimana kalo untuk membangkitkan pikiran kami supaya melahirkan ide, Mbak Vera tolong sediain penganan lainnya yang lebih menarik""
"Setuju!" sembur Wina cepat.
Tinggal Mbak Vera bengong kayak sapi ompong. Abis, kalo diitung-itung Mbak Veranya rugi. Ide baru masuk atu, tapi blackforest udah ilang lima.
"Rugi bandaaar...!" teriak Mbak Vera sambil ngeloyor ke dapur.
*** "Malamnya menjelang bobo, Olga, Wina, dan Mbak Vera malah ngegosip di kamar.
"Gimana perasaan Mbak ngadepin saat bersejarah ini" Apa gak sedih ninggalin masa remaja yang bebas" Apa justru terharu" Atau emang Mbak Vera udah bosen sendirian terus""
"Kenapa tiba-tibatiba kamu tanya begitu, Ol"" Mbak Vera balik bertanya. Mempererat pelukannya pada guling.
Wina melongo. "Ya, soalnya kan udah bukan rahasia lagi kalo dulu tuh Mbak Vera paling banyak pacar. Suka gonta-ganti pacar," tukas Olga.
"AbiS Mbak Vera cantik, manis, dan kaya, lagi. Makanya banyak orang yang pada ma"u ngedaptar jadi cowok Mbak," sambar Wina.
Mbak Vera tersenyum. Menatap kedua anak baru gede itu dengan pandangan penuh arti.
"Kenapa sih Mbak Vera sering gonta-ganti pacar" Mbak Vera tipe pembosan, ya"" Olga bertanya lagi dengan lugu.
"Ah, apa salahnya sih gonta-ganti pacar"" kata Mbak Vera serius. "Yang penting kan ada alasannya."
"Alasannya apa, Mbak"" Wina nyeletuk.
"Untuk penjajagan. Masa pacaran itu kan merupakan tahap pencarian. Kita lagi memilih mana pasangan yang cocok buat kita, dan mana yang enggak."
"Kalo Ucup tuh enggak, ya"" samber Wina.
"Nah lo tau, tuh," bales Mbak Vera, "kebanyakan cewek ogah bergonta-ganti pacar dengan alasan pengen dibilang setia. Gak murahan. Ini padahal bahaya, kalo ternyata di balik semua itu sebene
rnya kita merasa gak cocok. Merasa tersiksa ama tingkah la"ku cowok kita itu. Kalo keadaannya kayak gitu, ngapain diterusin""
"Betul juga, Mbak," selonong Olga. "Contohnya si Jordan itu. Belum apa-apa..."
"Jangan bawa-bawa gue dong, Ol!" potong Wina.
"Ini kan cuma contoh!"
"Contoh yang lain emangnya gak bisa""
"Udah, udah. Kok jadi pada ribut""
"Olga tuh, nyari gara-gara," rajuk Wina sambil menghantamkan bantal ke wajah Olga. Untung Olga buru-buru ngeles.
Olga ngikik. Wina jadi dongkol.
Sementara Mbak Vera nerusin kocolannya, "Mbak pikir banyak pacar itu bagus juga. Soalnya, kita kan harus mendapatkan yang terbaik buat hidup kita. Padahal kita baru bisa milih mana yang terbaik kalo memang tersedia banyak pilihan. Kalo cuma satuuu aja dari dulu, gimana kita bisa bikin perbandingan" Di mata kita akan sama aja, sebab yang kita tau cuma itu. Milih jodoh kan juga butuh referensi.
"Berkali-kali pacaran, Mbak belum nemu yang pas. Ada aja yang bikin gak cocok. Kayak milih baju, bisa jadi begitu hati kita langsung naksir. Tapi toh kita gak lantas buru-buru ngebeli. Kita perlu liat-liat dulu, apa ada yang lebih bagus dan lebih murah"
"Mbak Ver takut kejeblos. Mbak Ver gak ingin menyesali perkawinan Mbak. Sebab gak sedikit orang bertingkah mcam-macam setelah berkeluarga, padahal dulunya ia begitu setia."
Olga dan Wina manggut-manggut, memahami perkataan Mbak Vera.
"Tapi ada kan yang sekali dapet, langsung cocok"" ujar Olga.
"Ya, tentu aja ada."


Olga 02 Back To Libur di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Jadi sekarang Mbak Vera udah dapetin yang pas banget, ya""
"Gak ada yang sempuma di dunia ini, Ol. Tapi Mas Rudi mendekati apa yang Mbak inginkan. "
"*** "Pas resepsi, Wina keliatan sebel betul sama dandanannya yang menor. Penampilannya juga jadi ajaib. Mirip-mirip tukang jamu. Rambut disanggul, dengan kebaya yang bikin susah jalan. Olga pun ngalamin hal serupa. Senyumnya ditekuk. Abis kesel.
Sejak jam empat sore tadi, Olga udah didandani kayak gitu. Mana sebelumnya mereka diminta untuk gladi resik dulu, lagi! Tentu aja bikin capek. Sampe makanan yang disediakan khusus buat pager ayu dan pager bagus, gak menarik minat Olga. Selain belum laper, mik'ap tebel di muka bikin napsu makan Olga raib. Walhasil sekarang ini Olga dan Wina jadi merengut melulu. Padahal pesta berjalan meriah.
Mbak Vera dan Mas Rudi pasang senyum lebar pada setiap tamu yang menyalami. Di sisi kanan pelaminan, beberapa penyanyi rada kondang mengalunkan beberapa nomor cinta. Dari lagu The Greatest Love of All sampe Cinta Karet.
Olga melap keringat. Ruang ballroom yang ber-AC itu jadi gerah gara-gara lampu video menyorot abis-abisan. Kayaknya kameramen itu naksir Olga, soalnya Olga di-klos-ap terus. Olga jadi sebel.
Tamu-tamu yang terdiri dari orang-orang ngetop, gak menarik minat Olga. Wina sekali melempar pandangan ke buffet-buffet makanan yang berjejer sampai ke koridor gedung, dan ke sebagian pelataran parkir yang diberi awning. Perut Wina udah terasa lapar gara-gara tadi mogok makan. Lalu dijawilnya pundak Olga.
"Laper nih, Ol."
"Lo kira gue enggak!!" Olga membalas ketus.
Wina jadi kaget. Mereka berdua kelaparan. Tapi mau bilang apa" Selama bertugas jadi pager ayu, mereka tak diizinkan mencuil makanan yang khusus untuk para tamu. Soalnya tugas pager-pager itu ya sebagai pengganti tuan rumah. Mereka harus mengatur jalur tamu yang mau salaman sama pengantin. Menyalurkan tamu agar gak bergerombol di satu tempat.
Pantes Olga rada keki waktu Wina teriak soal laper. Sebab mana bisa makan kalo tamunya masih bejibun. Olga dan Wina cuma berharap, semoga makananannya nanti gak diabisin sama tamu yang pada masang tampang lapar itu.
Tapi yang bikin Olga tambah keki adalah tingkah Ucup yang terpingkal-pingkal ngeliat penampilan Olga yang ajaib. Emang sih jarang Olga berdandan sekemayu itu. Tapi ya jangan terpingkal-pingkal kayak gitu, dong! Kekekian Olga makin sempuma lagi dengan ulah pager bagus pasangan Olga yang sok kece itu. Yang dari tadi dengan centilnya ngajakin Olga ngomong terus.
"Eh, Cewek, kamu bintangnya apa""
"Ngapain nanya-nanya bintang"" ujar Olga judes.
"Mau tau aja. Hihihi. Ayo, dong.
Bintang kamu apa""
""Virgo," jawab Olga pendek, berharap cowok itu gak ngajak ngomong lagi.
"Virgo"" "Iya. Emangnya aneh""
"Kalo gitu kamu kenai sama si Tari, dong" Dia juga berbintang virgo!"
Olga jadi bengong. "*** "Tapi harapan Olga dan Wina sia-sia. Pas acara kelar, semua makanan di setiap buffet ludes.
"Puding-pudingnya juga gak bersisa sedikit pun!" maki Wina.
Olga tertunduk loyo dekat meja. "Tamu-tamu itu pada tega banget, sih!" gerundelnya.
Lalu keduanya uring-uringan menahan perut yang keroncongan. Nyesel banget tadi pake acara mogok makan segala. Saking sebelnya, keduanya lalu buru-buru ngibrit ke kamar buat nyopotin semua atribut pager ayunya. Sementara hentakan irama disko mulai terdengar di sayap kanan ballroom. Lampu red up. Sesuai rencana, begitu pesta berakhir, buat ucapan terima kasih sama anak-anak yang ikut jadi panitia, Mbak Vera nanggep disko gratis. Gino Latino memanggil dengan lagu Welcome-nya yang super enerjik. Olga dan Wina, begitu mendengar lagu favorit mereka, langsung lari terbirit-birit. Berbaur dengan temen-temen kuliah Mbak Vera dan anak-anak radio. Mereka jadi lupa sama laparnya.
Sementara Mbak Vera, masih mengenakan baju penganten, ikutan turun. Hot banget. Lupa sama atributnya. Mbak Vera emang biang jojing. Dan malam ini ia seperti menikmati betul segalanya. Kebahagiaan dan keharuan.
Satu momen berlalu sudah. Itu saat terakhir bagi Mbak Vera melampiaskan gairah mudanya, untuk memasuki dunia yang lain. Yang kata orang dunia gambling.
"Selamat ya, Mbak Ver!"
"10. Sepatu Roda Olga
"OLGA emang selalu punya ulah yang bisa bikin Mami marah. Misalnya seperti sore ini, Olga latihan sepatu roda di dalam rumah. Tentu aja Mami jadi keki, sebab gara-gara ulah Olga yang gila-gila an itu, beberapa barang kesayangan Mami ikut jadi korban.
"Pertama adalah vas bunga yang Mami beli di Cikini seminggu sebelon Lebaran. Ancur berantakan kesenggol sikut Olga. Terus piring yang di dalamnya ada foto Mami sama Papi waktu jalan-jalan di Museum Madame Tussaud. Mana mereka berdua dengan centilnya lagi berpose akrab sama patung lilin Michael Jackson. "Gimana Mami gak gondok"
Pantes kalo akhirnya Mami nyap-nyap. Tapi karena kebetulan Mami lagi terserang influenza, jadi vokalnya gak gitu jelas.
""Olnga, ngamu jangang ngila, ya!" bentak Mami dengan suara bindeng. Mami bertolak pinggang di pinggir bufet dengan mata mendelik. Tapi Olga sok cuek. Malah dengan santainya meliuk-liuk di antara sela ineja bangku yang sempit. Nyelonong ke dapur, masuk ke kamar tidur. Balik lagi ke ruang tamu. Lalu melakukan hatrick di samping kulkas. Di depan Mami, Olga sempet ngesot dikit, sebelum akhirnya jumping lewat papan penggilesan yang sengaja ditaro di koridor.
"Asamalakata! OLNGA!!!" jerit Mami keras saking kagetnya. "Jangang maing-maing sama Mami, ya" Mami timpuk maru ngau rasa kamu!"
Olga masih tetap cuek. Baru ketika Mami mengais sendal jepitnya, Olga nampak rada jiper.
Nggak taunya sendal jepit Mami cuma copot talinya. Olga menghela napas lega. Kirain mau nimpuk. Olga yang tadinya mau ngibrit, akhirnya mengurungkan niat. Dan segera ambil ancang-ancang lagi dengan sepatu rodanya. Ketika itulah sekonyong-konyong sendal jepit Mami bersarang di jidatnya.
Olga bengong sambil mengusap-usap jidatnya. "Mami ngikik.
"Kok beneran nimpuknya!" teriak Olga keki.
"Mami bilang apa. Jangang maing-maing sama Mami. Tau sendiri akibatnya!" jawab Mami kegirangan.
Lalu ngikik lagi. "Mami kok gitu, sih! Bukannya ngasih spirit, malah ngejatuhin mental. Gak tau, ya, kalo Olga lagi latihan buat pertandingan minggu depan!" suara Olga kenceng sekali.
Mami kaget, trus bindengnya ilang.
"Lati"n, sih, latihan, Ol. Tapi mbok ya Jangan di ruang tamu. Kan ada tempat lain yang lebih pantas."
"Di mana tuh, Mi""
"Di ruang kerja papimu, misalnya."
"*** "Olga mengaduk-aduk es jeruk. Dan Wina memasukan pisang goreng ke mulutnya. Siang ini mereka terlibat pembicaraan yang serius di kantin sekolah. Yang diomongin, gak lain rencana Olga mo ikutan pertandingan sepatu roda. Soalnya event-nya termasuk besar. Yang ngadain aja walikota. Dan di
adain setahun sekali. Tahun lalu Olga pernah ikutan, tapi gak berhasil keluar sebagai juara. Malah Olga dapet nomor paling buncit. Tapi tahun itu memang baru pertama kali Olga ikut. Jadi dia belum pengalaman, dan belum ngerti medan.
"Tapi gue yakin taon ini bakal menang, Win," ujar Olga rada sombong. Soalnya dari tadi Wina meragukan kemampuannya.
"Wah, kayaknya sulit deh, Ol. Denger-denger si Nita Bonita ikutan lagi. Dia kan yang juara tiga kali berturut-turut. Mana menang lo ngelawan dia""
Olga gak bereaksi. Soalnya keki juga Olga sama Wina yang segitu ngebangga-banggain Nita Bonita.
"Tiap hari gue kan udah latihan keras, Win. Sampe barang-barang kesayangan Mami pada berantakan!" akhirnya Olga ngomong juga setelah meneguk es jeruknya.
Wina ngelirik. Pendengarannya tadi emang rada samar-samar.
"Apanya yang berantakan, Ol"" tanya Wina penasaran.
"Semua barang kesayangan Mami. Cuma tempolong sirih peninggala Nenek aja yang masih utuh. Kebetulan terbuat dari kuningan."
"Emangnya diapain bisa berantakan begitu""
""Gue kan latihan sepatu rodanya di rumah."
"Ah, gile lo." "Inilah jurus jitu gue, Win. Gue sengaja latihan di medan yang sempit dan sulit dilalui sepatu roda. Tujuannya supaya gue lebih gesit begitu main di lapangan. Di medan apa pun."
Wina manggut-manggut. "Ah, tapi lo tetap gak bakal menang lawan Nita Bonita."
Olga mendelik sewot. "Lo sebenernya temen siapa, sih"" tukas Olga sebel.
"Ya, temen elo, dong. Tapi kita sih jujur aja. Dia pasti lebih hebat karena lebih pengalaman. "
Olga merengut. Dan buru-buru menghabiskan es jeruknya. Lalu dengan langkah lebar-lebar, Olga masuk kelas. Tinggal Wina yang bengong sendirian.
Wina nyesel juga udah mojokin Olga. Tapi sebenernya Wina mau ngomong apa adanya. Mau nyoba jujur. Gak subjektif. Siapa tau dengan ngomong begitu, Olga jadi makin semangat berlatih. Supaya gak nganggap enteng lawan. Sebab sering kita kalah hanya karena terlalu menganggap enteng lawan.
"Wina tersentak kaget waktu bel masuk berbunyi. Dan lebih kaget lagi waktu ngebayar ke Bu Kantin. Nggak taunya tadi Olga belum ngebayar semua yang dimakannya. Terpaksa Wina nombokin.
""Sialan!" umpat Wina sambil berlari masuk kelas.
*** "Saat pertandingan tinggal tig hari lagi. Olga keliatan makin getol berlatih. Tapi cara latihannya semakin aneh. Gak seperti biasa-biasanya. Misalnya bersepatu-roda sambil nyuci. Atau sambil nimba. Padahal apa hubungannya"
Dan lebih konyol lagi, Olga gak pernah lepas dari sepatu roda. Gayanya udah kayak Christian Slater di film Gleaming the Cube aja. Cuma bedanya kalo Si Christ itu ke mana-mana pake skateboard, Olga pake sepatu roda. Ke kamar mandi, ke sekolah, bahkan tidur pun dia pake sepatu roda.
Papi yang ngintip dari pintu, jadi heran.
"Nggak salah, tuh""
"Apanya yang salah" Saya kan masih pake sepatu roda di kaki"" ujar Olga jengkel.
Suatu ketika, Papi sempet juga nasihatin Olga. "Latihan sih latihan. Tapi jangan kayak orang sableng."
Jawaban Olga ketus. "Ah, Papi tau apa, sih" Lawan Olga berat-berat, Pi. Karung beras aja masih kalah berat."
Papi geleng-geleng kepala. Juga Mami yang nguping pembicaraan dari kamar tidur. Untung Mami udah sempet mengamankan barang-barang kesayangannya ke gudang belakang.
"*** "Pas hari pertandingan, hati Olga ciut juga ngeliat lawan-lawannya yang rata-rata jago dan berpengalaman. Beberapa di antara mereka emang sering menjuarai berbagai pertandingan. Sedang Olga sendiri cuma modal nekat dan sedikit keyakinan.
Tapi tetap aja Olga panas-dingin. Mana tadi sebelum berangkat Olga sempat ngotot-ngototan dulu sama Wina. Soalnya Wina lagi males nganter ke tempat pertandingan.
Untung setelah Olga merengek-rengek, hati Wina luluh juga. Wina mau mengeluarkan Wonder kuningnya buat nganter Olga.
Dalam perjalanan ternyata Olga gak mau duduk di dalam mobil. Olga memilih tetap mengenakan sepatu rodanya, lalu berpegangan di bemper belakang mobil. Otomatis Olga pun terseret mengikuti arah mobil berjalan. Di perjalanan tentu aja banyak orang yang kagum sekaligus ngeri ngeliat akrobat gratis itu.
Dasar Olga sableng. Wina sempat ketar-ket ir juga. Olga malah keasyikan.
"Kebut lagi, dong, Win! Itung-itung pemanasan!" teriak Olga.
"Olga, kalo lo kenapa-napa, yang dituntut kan gue!" tolak Wina. Tapi tak urung Wina menambah kecepatan mobilnya.
Olga berteriak kegirangan.
Setelah melalui lalu lintas padat, dan tatapan ngeri orang-orang di jalan raya, Olga sampe tujuan dengan selamat. Mereka buru-buru lapor ke panitia. Pertandingan memang bakal dilangsungkan sedikit lagi. Olga dapet bagian di grup "F". Ini karena jumlahnya cukup banyak. Jadi perlu dibagi dalam sepuluh grup. Pemenang pertama dan kedua, boleh melanjutkan pertandingan ke babak semi-final. Di babak ini bakal ditentukan sepuluh pemenang untuk bertanding di babak final.
Olga segera mengambil tempat di pojokan yang disediakan panitia untuk peserta. Di situ ada sekitar seratus peserta yang bersiap-siap dengan sepatu rodanya. Wah, gaya mereka rata-rata pro juga. Sebab kebanyakan emang udah biangnya pertandingan. Gak ketinggalan Nita Bonita; si juara tiga kali berturut-turut ikut berlagak. Mondar-mandir dengan sepatu rodanya yang canggih. Kesannya jadi sok. Seolah gak ada yang lebih hebat dari dia.
Olga memandang dengan tatapan sinis.
Nita nampak lagi ngobrol akrab dengan seorang cowok keren yang ikutan jadi panitia.
"Udah, deh, Ol. Lo ngalah aja!" seru Wina.
Olga melotot. "Lo malah ngejatuhin mental gue, lagi!" tandas Olga keki.
Wina cekikikan. Dari kejauhan panitia sibuk memanggil nama-nama yang akan bertanding di grup "A". Pertanda pertandingan bakal dimulai. Penonton nampak berjubal.
"*** "Pertandingan di grup "A" tentu dimenangkan Nita Bonita. Dengan mudahnya dia mendahului lawan-lawannya. Bahkan dengan perbedaan jarak yang mencolok. Padahal lomba ini gak cuma adu cepat di jalan lurus, tapi diselingi dengan rintangan-rintangan yang menyulitkan. Misalnya harus melewati sela-sela ban yang ditaruh berjajar dan jumping-an yang lumayan tinggi.
Di grup "F" ternyata Olga berhasil keluar sebagai pemenang, setelah bersusah-payah mengalahkan lawan-lawannya. Berarti Olga berhak maju ke babak semi-final seperti Nita.
Wina, walo sebelumnya selalu merendahkan Olga, toh waktu Olga bertanding di babak semi final, dia yang paling semangat ngasih spirit. Berteriak-teriak di tepi lintasan bagai orang gila. Dan entah berkat dorongan Wina, apa Olga emang jago, si centil itu akhirnya bisa lolos dari babak semifinal.
Olga melompat kegirangan. Dan langsung menomprok Wina yang menyambutnya di tepi lapangan. Penonton pun gak sedikit yang berkerumun. Soalnya Olga satu-satunya orang baru yang berhasil masuk ke babak final. Yang lainnya muka-muka lama semua.
Nita Bonita sempat sengit juga ngeliat Olga yang hari itu seperti jadi bintang. Padahal dialah yang favorit. Tatapan sinis Nita tak disadari Olga. Wina buru-buru menyeret Olga ke kedai pizza, untuk memanfaatkan waktu istirahat lima belas menit yang disediakan panitia sebelum pertandingan final berlangsung. Padahal sebetulnya Olga perlu konsentrasi. Tapi Wina merengek-rengek dengan alasan perutnya udah gak bisa diajak kompromi lagi.
Akibatnya, lagi asyik-asyik mereka menikmati pizza, tiba-tiba panitia udah bengak-bengok memanggil nama peserta yang berhasil masuk final. Pertandingan penentuan akan dilangsungkan.
Olga buru-buru menelan pizza-nya.
"Buruan, Win. Lo dulu deh yang bayar. Ntar kalo gue menang, gue ganti!"
"Apa"" Wina kaget. Tapi belon sempat ia menjawab, Olga udah lari ke arah lintasan.
Peserta final lainnya udah pada ngumpul di situ. Wah, kasian banget Olga gak punya persiapan mental. Tapi Olga dengan mantap masuk ke lintasan yang disediakan panitia untuknya.
Olga menghela napas dalam-dalam. Di pinggir lapangan Wina mengacungkan tinjunya.
Nita Bonita menatap sinis ke arah Olga.
""On your mark. Get set. Go!!!!" Panitia meneriakkan tanda start.
Nita Bonita langsung melejit paling depan. Disusul Luki yang dulu pernah jadi juara. Karena para finalis lain rata-rata punya pengalaman segunung, Olga terpaksa berada dalam urutan paling buncit. Untung jaraknya gak begitu jauh. Hanya kegigihan dan semangat yang membuat Olga terus merapat ke finalis
lainnya. Soal pengalaman bertanding, Olga emang gak ada apa-apanya.
Nita Bonita yang memimpin di urutan terdepan, nampak tertawa-tawa ringan. Karena udah menguasai teknik secara baik, Nita tak lagi menganggap pertandingan sebagai sesuatu yang menegangkan. Tapi rekreasi yang menyenangkan.
Olga dengan wajah tenang berusaha menyusul. Keringat membanjiri sekujur wajahnya. Tapi jarak ketinggalan Olga malah makin jauh. Olga hanya berhasil menyusul dua lawannya di depan dia, sementara Nita Bonita udah berhasil melampaui satu putaran.
Wah, Olga makin gak ada apa-apanya.
Tapi menjelang putaran berikutnya, Olga mulai menggenjot semua semangatnya. Dan tiga lawan di depan berhasil terlampaui. Begitu memasuki daerah rintangan, Olga "malah berhasil masuk di urutan keempat.
Penonton bersorak. Olga mendapat applause. Ini makin menambah semangat Olga. Gak nyangka cara latihan yang gila-gilaan hingga membawa korban barang-barang kesayangan Mami, cukup membawa hasil. Olga emang keliatan paling terampil jika melewati rintangan-rintangan sulit. Sedang yang lain nampak kesulitan. Begitu pula Nita Bonita. Kemampuan dia di sini emang agak kurang. Tapi berkat mental juaranya, dia gak pernah keliatan gugup.
Olga terns menggenjot semangatnya. Wina jejingkrakan sambil teriak-teriak, mirip monyet minta pisang.
Olga melakukan jumping tinggi, dan mendarat dengan empuk. Penonton terpana, lalu bersorak-sorak. Nita Bonita masih berada di urutan terdepan. Baru ketika melewati sela-sela ban yang sulit, Olga berhasil memperbaiki posisi di urutan ketiga.
Wajah Nita Bonita kini tak seceria tadi lagi. Dia juga keliatan tegang dan cemas. Takut reputasinya sebagai juara amblas diserobot Olga. Sementara itu applause penonton makin meriah aja buat Olga.
"Aduh, anak itu manis banget, sih. Mana rambutnya dikuncir dua!" komentar seorang penonton buat Olga yang nyaris gak ada hubungannya sama sepatu roda. Penampilan Olga saat itu emang manis banget, meski sedikit norak. Dengan anting cuma sebelah di kuping kanan.
Menjelang putaran tujuh, Olga ternyata berada di urutan kedua. Pertandingan tinggal tiga putaran lagi. Jarak ketertinggalan Olga dari Nita Bonita kira-kira setengah putaran.
Seorang cowok keren bersuit-suit memberi semangat Olga.
Olga kontan menggenjot lagi sepatu rodanya. Uf, berhasil! Olga berhasil melewati rintangan dengan manis. Tinggal beberapa meter lagi dari Nita Bonita.
Nita sempat grogi, dan menoleh ke belakang. Ketika itulah Olga berhasil menyusulnya. Nita Bonita kalah! Nita Bonita tersusul!
Penonton yang pro ke Olga kontan menjerit-jerit histeris. Tapi masih ada dua putaran lagi yang harus diselesaikan. Untungnya Olga terus memimpin.
Kini Nita berada pada posisi membuntuti. Jaraknya emang gak begitu jauh. Ketika tinggal satu putaran lagi, Olga masih berada di urutan terdepan. Penonton semua yakin, Olga bakal menang. Wina udah ngebayangin bakal ditraktir di Croissant de' France, restoran masakan Prancis yang konon enak.
Olga sendiri udah ngebayangin yang enggak-enggak. Itulah yang membuat konsentrasinya jadi buyar. Tinggal beberapa meter lagi menjelang finish, tiba-tiba Olga terjungkal begitu melewati jumping-an. Sepatu rodanya patah, karena kualitasnya memang murahan. Gak seperti sepatu roda Nita Bonita yang canggih punya.
Olga mengerang kesakitan memegang tulang keringnya. Nita tertawa mengejek, dan dengan entengnya melewati Olga. Nita Bonita juara lagi.
Beberapa panitia langsung menghambur menuju Olga. Wina ikut lari terbirit-birit. Kaki Olga keseleo dan terluka hingga mengeluarkan banyak darah. Seorang panitia bertampang kece segera membopongnya.
Olga mengerang-erang kesakitan, tapi hatinya senang dalam gendongan cowok tegap itu. Malah sempat-sempatnya mengejek Wina segala.
Ah, dasar Olga! Dan memang sebetulnya Olga gak perlu sedih-sedih amat. Sebab Olga-lah yang paling banyak dapat sambutan penonton. Semangat bertandingnya hebat sekali, walo kemampuannya masih terbatas. Penonton lebih suka itu, daripada Nita Bonita yang emang udah jadi.
Dan kalo Olga gak menang, sebenarnya itu cuma soal waktu aja. Karena hukum alam tetap a
kan berlaku, bahwa yang lama selalu bakal digantikan oleh tunas-tunas baru.
Siapa tau itu adalah Olga. Ya, siapa tau.
tamat Pendekar Super Sakti 7 Sherlock Holmes - Vampir Sussex Pendekar Guntur 17

Cari Blog Ini