Ceritasilat Novel Online

Backstreet 1

Olga 05 Backstreet Bagian 1


BACKSTREET Ebook by Lheeyaa - OCR by Raynold
1. C-T-L B-G-T (Centil Banget)
OLGA yang lagi bengong sendirian di atas pohon rambutan depan rumah pada suatu sore, mendadak pengen teriak. Ada rombongan cowok kece yang keren dan sopan datang menuju rumah Olga. Dada Olga berdegup-degup, dan dia langsung saja menghitung jumlah rombongan itu. Satu, dua, tiga...
"Ya ampun, ada tuju biji!" pekik Olga girang.
Para cowok itu memang kece dan punya penampilan yang oke punya. Tapi ngomong-ngomong mau ngapain rombongan ini dateng ke rumah Olga"
Ternyata rombongan ini nyaris gak ngapa-ngapain. Soalnya mereka cuma mampir sampai depan pager rumah Olga doang, lalu pulang. Rombongan ini nganter Roni, sodara sepupu Olga yang tinggal di Bandung. Roni ama temen-temennya itu mau ngadain praktek kerja di Jakarta. Dan untuk sementara, kayaknya Roni nginep di rumah Olga.
Jadi temen-temennya itu nginep di rumah sodaranya masing-masing. Peristiwa kedatangan ini jelas membawa rejeki nomplok buat Olga. Soalnya Olga dari dulu pengen banget punya temen cowok yang tinggal di rumah. Olga merindukan acara becanda dengan anak cowok. Meski Papi emang cowok, tapi Papi nggak enak buat dibecandain. Abis kalo dibecan-dain Olga, dikit-dikit Papi selalu bilang, "Ntar doraka kamu ngebecandain orangtua!"
Huh, padahal niat Olga cuma mau cari hiburan. Nah, itu dia sebabnya Olga suka banget pas Roni datang. Olga bisa puas becanda-canda. bareng Roni. Jadinya untuk semen tara ini meski rombongan kece tadi cuma sampai pintu pagar aja, nggak jadi soal. Olga tetap bangat menyambut kedatangan Roni. Biar sambutannya hangat, Olga malah berniat ngebopong-bopong kompor gas punya Mami segala!
"Roni sepupuku, apa kabar"" ujar Olga sambil terjun dari dahan pobon.
"Kabarnya baik tuh, Neng Ol," Roni membalas tersenyum.
"Aduh, kenapa rombongannya tadi nggak diajak masup sekalian"" Olga membantu membawakan ransel Roni masuk ke dalam rumah.
"Mereka capek dan pengen buru-buru ke rumah sodaranya masing-masing."
"O, saya kira pada nggak mau masup."
"Besok-besok mereka juga pada kemari."
"Ow, Yang benul eh, betul""
""Betul. "
"Ah, thanx lho sebelumnya."
Mami dan Papi pun menyambut baik kedatangan Roni. Ya, dengan adanya Roni di situ, paling nggak suasana rumah Olga jadi lebih idup. Artinya Papi bakal punya temen untuk menandingi Mami dan Olga yang selama ini selalu berduet dalam menjaili Papi. Jadinya kalo Papi dijailin, dia" bisa minta bantuan Roni.
Dan yang lebih asyik lagi, Papi yang selama ini kesepian, karena seisi rumah cewek melulu, kini jadi punya temen buat main catur, main halma, main monopoli, atau main tebak buah manggis.
Kedatangan Roni betul-betul bawa rejeki buat Olga. Olga yang dulu-dulu kurang dapat perhatian, misal pulang sekolah telat atau rambutnya nggak disisir, nggak ada yang negur, kini nggak lagi. Roni selalu siap ngebilangin Olga yang kadang kelewat cuek itu. Roni juga mau ngebantu ngerjain PR Olga.
Peristiwa kedatangan Roni boleh dianggap membawa berkah bagi Olga, apalagi temen-temen Roni yang ternyata pada sekolah di UNPAD itu sering pada dateng ke rumah Olga buat berdiskusi. Ini jelas rejeki besar. Olga jelas kegirangan sering-sering dapat kecengan gratis.
Dan Olga jadi mendadak rajin di depan temen-temennya Roni. Biar dikira wanita ideal kali. Olga jadi bela-belain bikin minuman dan mengantarnya sendiri. Bik Inah yang kebetulan udah pulang dari kampung, jadi tersaingi kerajinannya oleh Olga.
""Bik, Bibik nyante aja dulu di sini," tukas Olga. "Biar Olga yang nganter kue-kue ini. Oke""
Bik Inah cuma manggut-manggut aja kayak marmut. Tapi dia sempat mikir, kenapa anak majikan ini jadi mendadak rajin"
Selain aktif dalam melayani para tamu yang kece-kece itu, Olga juga jadi demen mondar-mandir "ke warung depan. Bergaya ala peragawati, biar cowok-cowok "bermasa-depan-cerah" itu tertarik.
"Apa, Mi"" teriak Olga dari depan pintu, sengaja dikeras-kerasin. Para cowok kece yang lagi diskusi itu ngeliat ke Olga. Olga yang ngerasa dirinya diliatin meninggikan teriakannya-, "Beli obat merah apa obat mencret""""
"Beliin obat merah aja," celetuk seor
ang cowok. "Ntar juga mami kamu mencret."
"Ih, ada-ada aja, nih," Olga membalas celetukan itu dengan genit.
Olga seneng kalo teriakannya dapat sambutan. Olga berharap agar dia dapat sambutan lebih banyak lagi, misalnya ditanya sekolah di mana, kelas berapa, udah punya cowok apa belum, tapi ternyata para cowok itu malah kembali asyik dengan diskusinya.
Dan abis beli obat, Olga gak langsung diem aja, dia maksa Mami agar mau nyuruh-nyuruh lagi.
"Ayo dong, Mi, suruh Olga lagi," rengek Olga merayu Mami. "Katanya Mami suka kalo punya anak rajin. "
"Iya Mami seneng, Tapi mau nyuruh apa lagi""
"Suruh apa kek, beli cemilan kek. "
""Kalo beli cemilan Mami nggak punya anggaran lagi untuk itu."
"Oh, gampang, Olga punya, kok."
"Ya udah, kalo gitu beli aja sana!"
"Bener, nih""
"Bener." So pasti Olga girang banget. Soalnya kalo dia mo ke warung dia bisa ngelewatin kerumunan cowok kece yang rata-rata pantas masuk finalis coverboy itu.
Olga pun mondar-mandir beli kuaci, kacang, chiki snack...
Anehya sampai sejauh itu, Mami masih nggak sadar kalo anaknya tiba-tiba jadi rajin mendadak. Untungnya Bik Inah menceritakan peristiwa demi peristiwa yang membuat Olga menjadi rajin. Mami mulai paham. Ya, soalnya semasa muda dulu, Mami juga centil kayak gitu. .
"Jadi Nyonya juga centil kayak Neng Ol"" tanya Bik Inah pengen tau.
"Iyalah ya. Malah karena centil, Mami dulu pernah jadi rebutan antara Papi dan seorang lelaki keren. "
"Jadi rebutan Tuan dan lelaki keren""
"Iya, dan Mami jadi sedih!"
"Lho, direbutin kok malah sedih, Nyonya""
"Abis, yang menang ternyata Papi, sih!"
Bik Inah ketawa ngakak. Kembali ke soal atraksi Olga yang mendadak jadi rajin. Ternyata temen-temennya Roni itu gak begitu tertarik dengan kecentilan Olga. Mereka masih terus aja asyik berdebat, soal hasil praktek kerja
*** "Besoknya, pas Olga pulang sekolah, begitu tau temen-temen Roni lagi pada ngerumpi di beranda depan langsung aja ia melempar tasnya yang isinya ada durennya, ke arah Mami yang lagi tidur-tiduran sambil baca majalah di sofa sampe Mami gelagapan. Olga lalu menghambur ke arah pohon rambutan dan bergaya bak Tarzan kesiangan.
"Auooo...!" teriak Olga makin keras, karena teriakannya yang tadi sama sekali nggak digubris. Tapi teriakan yang kedua pun bernasib sama. Roni dan temen-temennya tetap asyik diskusi, sambil tak lupa tangannya mencomot ubi goreng yang disediain Mami. Pokoknya cuek banget deh, sampe Olga ngedongkol setengah mati. Pun ketika ia bergelayutan di dahan, dan sempat terjerembap ke rumput-rumput. Tak seorang pun dari cowok kece itu yang sudi melihat!
Olga yang panjang akal, mulai ambil cara lain. Dia nggak lagi bergaya seperti Tarzan, tapi lebih unik lagi. Yaitu niru-niru tingkah orang utan. Olga bergerak di antara dahan yang satu ke dahan yang lain. Idungnya mendengus-dengus, dan mengeluarkan suara yang gak jelas. Huk... huk... huk.
Nggak puas begitu, Olga juga menggerak-gerakkan dahan rambutan dengan bobot badannya. Pohon rambutan mengeluarkan suara krosak yang gaduh. Tapi temen-temennya Roni tetap aja asyik dengan acaranya. Mereka cuma sejenak melihat tingkah Olga, lalu kembali larut dengan obrolannya.
Lama-lama Olga jelas makin gila-gilaan menggerak-gerakkan dahan pobon rambutan. Kelanjutannya bisa ditebak, dahan yang dipegang Olga patah, dan Olga langsung terkusruk di semak-semak.
Harapan Olga, pas dia jatuh temen-temennya Roni bakal menghambur buat menolong. Olga pura-pura pingsan, setelah nyari posisi yang enak buat pingsan. Emang sih, temen-temennya Roni sempat kaget juga waktu denger ada suara ngegubrak di bawah pohon rambutan, tapi nyatanya nggak sedikit pun mereka beranjak dari duduknya.
Cuma Venus aja yang nampak tersentak.
"Wah, seperti ada benda jatuh dari langit, tuh!". tukas Venus.
"Ah, paling-paling maminya Olga baru beli beras karungan. Itu kan tadi suara sekarung beras yang ditaro dengan tergesa-gesa," timpal Roni.
Olga langsung siuman dari pingsan pura-pura, dan bersungut-sungut kesel.
"Uh, dasar cowok pada bego luh!" maki Olga dalam hati. Tapi Olga tetap berpikir mencari cara buat menarik perhati
an. Sejenak Olga terseyum, lalu menghambur ke kamarnya melalui jendela.
Mami yang sejak tadi celingukan nyari Olga, begitu ngeliat Olga melintas di beranda, segera melesat mengejar Olga. Tapi Olga udah lebih dulu masuk ke kamarnya. Mami dengan mengendap-endap lalu mengintai Olga dari jendela. Diliatnya Olga lagi sibuk mengeluarkan kostum nenek sihir yang dulu pernah dipake buat ikutan pesta Halloween di sekolah.
"Wah, mau apa anak itu"" Mami bertanya-tanya. Mami yang semula mo marah-marah sama Olga karena ditibanin tas, malah mengurungkan niatnya. Mami betul-betul takjub ngeliat kegiatan Olga saat itu. Dan Olga begitu selesai mengenakan kostum nenek sihir, langsung menghambur keluar. Mami membuntutinya dengan melompati jendela. Dari lobang kunci kamar, Mami ngeliat Olga celingukan sebentar di ruang tamu. Rupanya Olga lagi nyari-nyari sapu. Kebetulan di deket pintu dapur ada sapu yang bekas digunakan Bik Inah. Olga segera mencomotnya. Dan dengan sapu dikempit di antara pahanya, Olga lalu menuju ruang tamu tempat Roni dan temen-temennya masih sibuk diskusi.
"Ini kali pasti berhasil," gumam Olga.
"Ini anak udah nggak ketulungan lagi gokilnya!" gumam Mami yang masih mengintai tingkah laku Olga.
Saat itu Olga nampak hilir mudik dengan mengendarai sapu di deket temen-temennya Roni. Tapi sambutan yang diberikan sungguh bikin Olga keki.
"Eh, Olga, kebetulan bawa sapu. Ntar tulung sapuin kulit kacang ini, ya. Kayaknya sebentar lagi diskusinya selesai!" ujar Roni.
Olga langsung sebel. Dan membanting sapunya hingga patah jadi dua.
"*** "Sebulan tak terasa telah berlalu. Masa praktek bagi Roni dan temen-temennya berakhir. Roni sama temen-temeanya pamit dan mengucapkan terima kasih sama keluarga Olga. Soalnya keluarga Olga dinilai banyak jasanya.
"Kami semua mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya...," ujar salah seorang temen Roni mewakili yang lainnya.
"Duh, dalemnya semane, sih"" canda Olga.
"Dalamnya ya kira-kira tujuh meteranlah!"
"Ah, bisa aja!"
"Ya, pokoknya kita semua mengucapkan terima kasih soalnya semua orang di sini baik-baik, udah nyediain tempat yang nyaman buat diskusi, nyediain pisang goreng..."
"...juga hiburan-hiburan konyol dan Olga, sindir seorang cowok.
Olga jadi malu hati tapi sekaligus sedih. Karena ia ngerasa usaha-usahanya dicuekin aja selama ini, padahal ia udah capek-capek narik perhatian.
Sebelum rombongan cowok kece tersebut bener-bener pulang, taunya mereka udah patungan buat ngebeliin Olga kado. Olga jelas surprise.
"Buat saya"" Olga terpekik.
"Iya. " "Apaan, nih, isinya""
"Buka aja. Pasti berguna buat kamu," ujar temen Roni.
Olga jadi berbunga-bunga.
Dan pas mereka pulang, Olga langsung ngebuka kado itu. Ternyata isinya buku-buku bagus tentang proses pendewasaan seorang anak gadis. Dengan catatan singkat di depannya, "Kita-kita cukup menghargai jerih payah kamu untuk menarik perhatian kami, tapi cara kamu salah. Kelakuan 'ajaib' kamu gak cocok buat narik perhatian cowok seusia kita-kita. Lain kali coba dengan cara yang lain, ya""
Olga jadi malu hati, dan berniat mau bersikap dewasa mulai sekarang.
Amin. " 2. BACKSTREET OLGA lagi gak kompakan sama Papi. Doi lagi sebel sama ortu lakinya itu. Gak tau kenapa, Papi yang biasanya selalu ngebelain Olga kalo lagi perang sama Mami, sekarang jadi kolot sikapnya. Olga juga jadi ogah kalo dipegang kepalanya sama Papi. Empet kalo dipijit idungnya. Marah kalo dikilik kupingnya. Dan histeris kalo dicolok matanya! Dan Olga juga gak mau diajak nonton tipi bareng Papi.
Ya, gimana gak kolot kalo Papi udah mulai usil menyinggung-nyinggung soal huhungan Olga sama Andi.
Andi" Ya, ibarat lagu dangdut, setelah Olga berkelana ke sana kemari, tiada yang tau apa yang dia cari, gak taunya ketemu jodoh yang dulu-dulu juga. Tetangganya yang ganteng, si Andi. Ya, awalnya tiga minggu lalu, ketika Andi datang mo ngajak Olga nonton film di bioskop. Olga waktu itu excited banget. Tapi sejak Andi dateng, sampe minta izin mo ngajak Olga nonton, Papi terus-terusan pasang tampang dilipet-lipet kayak lepet. Tentu aja Olga jadi gak enak ati. Lebih-lebih Andi. A
kibatnya acara nonton yang udah dirancang dari tiga hari yang lalu itu jadi terasa hambar-hambar pisang. Masing-masing merasa serba kikuk.
Sejak itu perasaan Olga mulai gak oke lagi sama Papi. Apalagi pas pulang, kalo rada maleman, Olga langsung didamprat Papi yang sengaja nunggu di ruang tamu. Padahal Andi belum juga naik ke mobil kijangnya. Mungkin Andi masih mendengar semua yang diomongin Papi. Karena Papi ngomongnya pake mik karaoke.
"Dari mana aja kamu, Ol" Anak kecil pulang tengah malam!" tegur Papi dingin.
Olga diem aja. Dia kesel, dan dia cuek aja melepas sepatunya yang saat itu baunya ngalahin segala bau, dan meletakkannya tepat di bawah idung Papi.
"Holga, kalo Hapi tanya, situ njawab, dong. Hamu kan hunya hulut!" bentak Papi sambil menutup idungnya yang kebauan.
Aduh, kok Papi jadi sinis gitu sih, batin Olga. "Kan Papi udah tau Olga nonton sama Andi. Olga kan udah minta izin sama Papi. Andi juga udah, Pi. Kok sekarang Papi tanya lagi"" jawab Olga sebel.
"Hapi kan izinnya honton hoang. Kenapa hampe halem begini"" sembur Papi sambil mulai mencari-cari sumber bau. Pas dia ngeliat sepatu Olga, langsung aja ditendang ke dalem, "Naro sepatu sembarangan...," ujar Papi ngedumel.
"Kan kita makan dulu, Pi."
"Kok tak ajak-ajak Papi" Eh, kok pake acara makan segala""
"Kan laper!" "Kalo emang laper makan di rumah kan bisa! Pokoknya Papi tak suka kamu berhuhungan akrab dengan anak itu!!!"
Olga tersentak kaget. "Lho, kenapa baru sekarang Papi larang" Dulu-dulu waktu Andi sering ke sini Papi kalem aja."
"Dulu Papi gak tau kalo kamu pacaran sama dia. Papi kira kamu cuma temen biasa aja. Papi gak suka kamu pacar-pacaran. Kamu masih kecil, Ol. Masih harus sekolah yang pinter."
"Ah, dulu waktu Mami nikah sama Papi, juga masih sama-sama muda."
"Dulu laen sama sekarang dong, Non. Dulu kalo orang gak buru-buru nikah bisa dicap yang bukan-bukan. Sekarang kan zaman pembangunan. Nikah harus diperlambat. Kalo bisa berprestasi dulu, baru nikah. Harus punya bekal buat. mandiri," khotbah Papi panjang lebar.
Olga melongo. Cemberut. Sebel sama sikap Papi yang tau-tau jadi ngomong sok serius seperti itu.
"Yeee, lagi ni Papi ada-ada aja. Kok jadi ngomongin soal kawin begitu, sih" Siapa sih yang mo kawin cepet-cepet" Itu kan perasaan Papi aja," Olga mencibir, sambil memungut sepatunya yang tadi ditendang Papi.
"Buktinya kamu udah mulai pacar-pacaran!"
"Lho, orang pacaran kan bukan berarti mo kawin buru-buru, Pi."
"Ah, kamu emang selalu pinter ngebalikin omongan Papi. Pokoknya, Papi gak suka kamu bergaul sama anak itu. Titik," putus Papi ketus.
"Ah, Papi kolot!" jerit Olga sebel sambil ngeloyor ke kamar.
"Kolot" Yang sering dipake Mami itu""
"Itu kulot, Pi!"
Olga lalu amblas ke kamarnya. Tinggal Papi sendirian geleng-geleng kepala di ruang tamu, disaksikan Mami yang mengintip dari lobang kunci pintu kamar tidur.
Di luar angin bertiup semilir menerpa-nerpa pu'un rambutan. Mata Olga terasa berat.. Sebutir buah rambutan jatuh ke tanah. Mudah-mudahan hujan bakal turun malam ini. Hingga Olga bisa tidur nyenyak.
*** Ibarat kata kentut yang makin ditahan makin bikin perut jadi mules, begitu juga huhungan Olga sama Andi. Makin Papi ngelarang, ternyata Olga sama Andi makin lengket bak permen karet. Untung Andi bukan tipe cowok model karet busa, yang sekali dapet perengutan dari Papi langsung mengkeret. Olga juga udah ngira waktu diperengutin Papi dulu, Andi gak bakal berani dateng-dateng lagi ke rumah. Apalagi waktu di bioskop, Andi cuma diem aja. Olga udah pasrah cintanya bakal mentok di tengah jalan. Ternyata dugaan Olga meleset. Andi masih berani dateng ke rumah secara terang-terangan. Dateng sambil bawa-bawa lampu petromak! Hihihi.
Waktu malem Minggu Andi dateng lagi, kebetulan Papi lagi serius baca koran di ruang tamu.
"Misi, Oom. Olga ada"" tukas Andi.
Papi mengangkat wajahnya dari koran, dan langsung menghunjamkan tatapan angkernya pada Andi.
Andi sedikit grogi. "Ng..., apa Olga ada, Oom"" tanya Andi lagi. Papi melipat korannya pelan-pelan. Selipet demi selipet. Sampe akhirnya tu koran jadi segede kotak korek api. Bi
kin jantung Andi berdegup keras.
"Hai, anak muda, coba kamu duduk di sini," tukas Papi kemudian sambil memasukkan koran kecil itu ke dalam mulut. Gayanya bener-bener mirip tukang sulap profesional. Barangkali supaya bisa disegani Andi.
"Du-duduk d-di mana, Oom""
"Ya, di sini. Memangnya kamu mau duduk di jidat saya"" ketus Papi sambil menunjuk kursi yang ada di hadapannya.
"0, j-jidat Oom sering diduduki ya, eh, nggak maksud s-saya duduknya di kursi ini, kan""
Dengan ragu-ragu, Andi lalu duduk di situ. Papi melongok ke bawah meja, dan mengeluarkan kotak halma, ludo, uler tangga, monopoli, dan kotak catur dari situ. Andi mengelap keringat yang menetes di pelipisnya. Ia tegang dan bingung.
"Mau pilih yang mana"" ujar Papi sambil menunjuk beberapa kotak mainan itu. "Hmm, sebaiknya kita main catur saja!" kata Papi akhirnya sebelum Andi sempat mengerti apa yang dimaksud Papi.
"A-apa, Oom""
"Kamu item, saya putih. Kita main catur."
"Saya gak bisa, Oom."
"Kalo menang, kamu boleh ketemu Olga."
"Tapi, Oom." "Main catur, atau kamu minggat dari sini""
Sementara itu dari balik gorden kamarnya, Olga mulai menangkap gelagat kurang menguntungkan. Dengan mengendap-endap dari jendela, ia berjalan ke arah beranda.
Di ruang tamu, Papi masih menteror Andi dengan sikapnya. Paksaan main catur dari Papi, terpaksa dilayani Andi dengan hati berat. Tapi dasar Andi gak bisa main catur, jalannya jadi asal aja, dan tentu Andi kalah terus.
Papi tersenyum puas. "Saya nyerah, Oom," kata Andi putus asa setelah kalah untuk kesekian kalinya.
"Kita coba lagi!" tantang Papi.
"Tapi saya pusing, Oom. Lagian ini kan udah malem, Oom."
"Jadi anak muda jangan mudah menyerah, dong," kata Papi sambil nyengir bajing. Papi betul-betul girang hatinya, sebab siasatnya berhasil. Papi emang sengaja ngajak Andi main catur berkali-kali, supaya gak bisa ketemu Olga.
Sedang Olga yang sejak tadi berdiri di beranda, mengharap Andi menoleh ke arahnya. Olga udah berusaha memberi isyarat-isyarat tertentu dengan meniru suara kucing, anjing, ayam, bebek, semut, jangkrik, kura-kura, tapi gak berhasil. Andi gak menoleh sedikit pun, sebab perhatiannya tumpah ke kotak catur. Akhirnya Olga frustrasi sendiri, dan balik ke kamarnya. Rencananya mau ngabur ke bioskop bareng Andi gagal.
Andi kalah lagi. Dan Papi tersenyum puas.
"Gimana, mau coba lagi"" tawar Papi sok akrab.
"Udah, ya, Oom. Saya pulang dulu," pinta Andi.
"Lho, apa gak kepengen ketemu Olga""
"Salam aja buat Olga. Pala saya pusing, Oom."
"Jadi kamu mau pulang""
"Boleh, kan, Oom""
"Apa kamu pikir Oom bakal melarang""
Dengan malu-malu dan hati dongkol, Andi lalu pamit, dan pergi menunggingi Papi. Tapi Papi tersenyum puas seiring kepergian Andi. Puas bukan karena menang main catur, tapi karena berhasil mengecoh Andi.
Di dalam kamar, Olga meninju bantal gulingnya berkali-kali lantaran geram. Geram sama Papi yang ngerjain Andi.
*** Cinta emang ibarat kentut, yang makin ditahan makin bikin melilit. Buktinya Andi masih nekat dateng ke rumah Olga setelah peristiwa catur itu. Tapi Papi tak pendek akal. Setiap Andi datang, Papi udah siap dengan hal-hal baru yang selalu bikin Andi jengkel. Misalnya Papi ngajak Andi ngisi bak mandi bareng-bareng, atau Andi dipaksa ngedenger cerita Papi soal zaman perjuangan dulu, saat Papi juga ikutan berjuang. Andi jelas suntuk. Apalagi di situ Papi selalu membangga-banggakan dirinya, bahwa dia tergolong prajurit yang berani. Pernah Papi menyerbu tangsi Belanda sendirian, dan Papi berbasil mengobrak-abrik tangsi Belanda itu sebagaimana halnya Rambo mengobrak-abrik tentara Vietnam.
"Kalo anak sekarang, sih, tinggal enaknya doang, gak kayak zamannya kita-kita dulu. Apa-apa susah. Kalo sekarang mau apa aja ada!" buntut-buntutnya Papi berkata sinis dengan memojokkan anak-anak sekarang.
"Iya, Oom. Iya!" jawab Andi walau hati galau.
Papi pun tersenyum dengan manisnya. Lalu menyilakan Andi pulang setelah jam menunjukkan pukul setengah dua belas.
Coba siapa yang gak sebel digituin terus. Begitu juga Andi. Semangatnya yang semula menggebu-gebu, akhirnya surut juga.
"Gue gak sang gup lagi, Ol!" lapor Andi pada Olga ketika mereka ketemu siang harinya.
Olga terdiam. Besoknya giliran Olga yang ngadu ke Wina, pas nongkrong di kantin sekolah. Olga lagi suntuk, sampe terpaksa minta pendapat sama sobatnya yang rada blo'on itu. Tapi di saat suntuk begini, Olga betul-betul butuh temen buat berbagi perasaan. Dan temen yang cocok buat begitu emang cuma Wina.
Wina ampir aja bilang "gak tau", kalo Olga gak buru-buru mengangkat tangannya buat ngejitak pala Wina. Tu anak emang udah kebiasaan banget kalo diminta pendapatnya atau apa aja, selalu bilang "gak tau", tanpa pikir-pikir dulu. Kayaknya musuh Wina yang paling utama adalah: mikir. Tapi hari itu demi mengingat jitakan Olga yang bisa bikin kepala nyut-nyutan, terpaksa Wina mau juga berpikir.
"Lo lapor aja ke mami lo, Ol!" Toh jawaban Wina tetap bikin Olga gak puas.
"Aduh, Win, kasih sumbangan pikiran yang lebih sip, dong. Lapor ke Mami sih bukan jalan keluar. Mami kayaknya gak mau tau huhungan gue sama Andi. Dia sih gak ngelarang."
"Nah, kan sip, tuh."
"Tapi juga bukan berarti ngizinin, Win!"
"Waduh, kok ruwet amat, sih""
"Ruwet memang, makanya gue minta pendapat lo."
"Tapi kenapa sih, Andi pake dateng-dateng segala ke rumah" Udah lau bokap lo gak simpati sama dia."
"Maksud lo, Win""
"Iya, gak usah dateng ke rumah kan bisa""
"Ya, Andi kan tipe cowok yang bertanggung jawab. "
"Sekarang ini singkirin dulu soal tanggung jawab, toh lo gak berbuat terlalu jauh sama Andi. "
"Maksud lo harus backstreet, gitu""
"Kalo emang keadaan memaksa begitu" Apa boleh buat""
"Apa gak kenapa-napa, Win""
"Kenapa-napa atau gak kenapa-napa, itu kan tergantung lo sama Andi. Biar orangtua ngerestui, kalo lo berbuat yang enggak-enggak sama Andi, kan juga bakal kenapa-napa. Makanya gue gak terlalu nyalahin kalo ada orangtua yang ngelarang anaknya buru-buru pacaran. Soalnya suka ada anak yang dikasih kebebasan malah bikin repot. Nah, sekarang lo buktiin, bahwa walo backstreet, tapi niat lo baik dan gak akan bikin repot."
Olga memandang kagum ke arah sobatnya.
"Gue gak nyangka bahwa di dalam kepala lo yang bentuknya kukusan itu, tersimpan juga ide yang brilian."
"Wina...," ujar Wina sambil menepuk dada,
"Coba lo tebak, Ol. Kenapa kalau anak babi jalan, kepalanya selalu menunduk""
"Kenapa, ya" Gak tau...."
"Ya, soalnya dia malu, bapak-ibunya babi...."
*** Papi masih duduk dengan angkernya di ruang tamu sejak sore tadi. Wajahnya ditutupi koran. Tapi mata Papi sesekali sempat melirik ke arah Olga yang berdiri di beranda dengan gelisah. Ini malam Minggu.
Olga melirik ke jam tangannya. Papi mengisap pipanya dalam-dalam. Sementara Mami lagi terbuai dengan acara RCTI. Tiba-tiba telepon berdering. Olga berlari ke arah telepon sebelum Papi menyambar.
"Dari Andi, ya""
"Bukan, Pi!" jawab Olga getas.
"Awas kalo dari Andi."
"Papi kok sirik amat, sih" Eh, ya, sori, Win. Agak lama. Soalnya ada gangguan sedikit dari Papi. Lo jadi kan jemput gue" Sip. Pokoknya gue tunggu. jangan lama-lama, ya" Gue udah suntuk, nih!"
"Oo, dari Wina ya, Ol"" tanya Papi.
"Iya, bukan dari Andi."
Olga meletakkan gagang telepon. Dan kembali duduk di beranda. Untung gak lama Wina datang. Papi buru-buru bangkit mengecek.
"Mo ke mana, Win"" tanya Papi ngeduluin begitu Wina dan Olga mo minta izin.
"Biasa, Oom. Nonton. Mumpung malem Minggu."
Papi manggut-manggut. Olga dan Wina segera melesat ke Wonder kuning. Di dalam Wonder, mereka langsung melakukan toast.
Ketika sedan mungil itu meluncur meninggalkan rumah Olga, Wina memberi isyarat.
"Kayaknya udah aman, An."
Dari jok belakang Andi muncul dengan tampang cengengesan. Olga begitu ngeliat Andi, kontan histeris.
"Andiiii!" "Olgaaaa!" "Hus, pada tenang sedikit, kek. Kangen sih kangen, tapi kan gak gitu-gitu amat. Berisik, tau!" protes Wina.
Olga dan Andi untung tau diri. Mereka ngobrol, melepas kangen. Rindu hanya mengalir lewat pandangan mata. Demi menghargai suasana romantis itu, Wina lalu mulai mencari-cari kaset di dashboard. Sebentar kemudian mengalun lagu yang romantis.
Malam belum begitu larut. Baru pukul setengah delapan. Wina me
larikan Wonder-nya ke arah bioskop Empire. Hari yang bahagia buat Olga dan Andi.
*** Rencana backstreet Olga dan Andi nampaknya udah berjalan dengan lancar. Kadang berkat bantuan Wina, kadang mereka sendiri yang menjalankan. Pantes Olga jadi rajin nungguin telepon, kalo-kalo ada telepon dari Andi untuk janjian ketemu di suatu tempat.
Papi sebetulnya udah rada curiga. Tapi sulit buat ngebuktiin. Apalagi Olga bikin backstreet-nya ati-ati banget. Sampe Papi gak tahan, dan nanya ke Olga.
"Eh, si Andi itu kok gak pernah ke sini-sini lagi, ya"" tanya Ppi saar Olga lagi ngilik-ngilik kuping di ruang tamu.
"Saya kan udah putus sama dia, Pi. Udah lama kok putusnya. Masa Papi gak tau, sih"" ujar Olga ngebo'ong.
Papi manggut-manggut dengan senyum penuh arti.
"Bagus, deh, kalo gitu. Akhirnya kamu sadar juga, Ol. Tapi sebetulnya sayang juga, ya, sebab Papi jadi gak punya temen main catur lagi."
"Kalo gitu, nanti Olga cari pacar baru, deh."
"Hus!" "Emangnya kenapa sih, Pi""
"Papi gak suka kamu pacar-pacaran. Kamu kan masih sekolah."
"Apa bener karena alasan itu""
"Abis kamu pikir karena alasan apa"" ujar Papi agak kaget.
"Ah, enggak. Olga kan cuma tanya. Kok Papi jadi terkejut begitu, sih""
Papi mencelos seperti orang kepergok. Kayaknya emang ada sesuatu yang disembunyiin oleh Papi. Olga rada curiga. Olga gak yakin kalo Papi ngelarang Olga pacaran sama Andi cuma lantaran sekolah. Pasti ada apa-apanya. Pasti Papi bo'ong. Tapi Olga gak mau masalahin lebih jauh. Soalnya Olga udah keburu girang Papi udah percaya omongan Olga, kalo ia udah putus sama Andi. Dengan begitu acara backstreet bisa terus dijalankan.
Olga emang makin asyik aja melewati hari-harinya bersama Andi. Tentu aja masih dalam batas-batas yang masih normal. Cinta Olga kan cinta remaja, yang kalo ketemu aja udah seneng. Gak sampe berbuat lebih jauh dari itu.
Cuma hari itu di kedai es krim Blok M Plaza, terasa sedikit istimewa. Andi udah berani menyentuh tangan Olga.
"Saya pengen ngasih sesuatu sama kamu, Ol. Gak seberapa, sih, tapi saya girang banget kalo kamu mau nerima."
"Wow, apaan, tuh"" tanya Olga. Olga segera dapat jawaban ketika Andi menyerahkan bungkusan plastik berisi kalung lambang peace yang gede banget dari metal.
"Aduh, Andi. Bagus betul. Makasih, ya" Sebetulnya kamu gak usah repot-repot ngasih ini ke saya. Tanpa ini, saya udah seneng banget, kok," tukas Olga sambil memandang Andi lekat-lekat.
Andi tersenyum. "Ol, saya gak tau apa yang mesti saya lakukan. Tapi kalo itu bisa ngebuktiin bahwa saya sayang banget sama kamu, saya cuma bisa melakukan itu, Ol. Jadi, terimalah!'
Olga mengerjapkan matanya. Hatinya berbunga-bunga. Mungkin Olga akan menangis saking bahagianya, kalo gak keburu pelayan dateng nganterin es krim pesanan.
Mereka pun menyantap lembutnya es krim. Tapi hari itu nampaknya bukan cuma kebahagiaan yang menyelimuti Olga dan Andi. Sebab begitu mereka keluar dari kedai es krim, Olga ngeliat Papi lagi mencari-cari sesuatu di toko alat-alat olahraga. Olga dan Andi berusaha menghindar, dengan sembunyi di antara orang yang lalu-lalang. Tapi telat. Papi lebih dulu ngeliat mereka.
Papi diem aja. Olga sendiri gak nyangka kalo Papi sempet ngeliat. Makanya mereka tenang-tenang aja.
*** Olga duduk di ruang tamu dengan kepala tertunduk. Papi berjalan hilir mudik di depannya. Di situ juga ada Mami yang berganti-gantian memandang Papi dan Olga. Malam itu Olga memang lagi disidang.
"Papi betul-betul gak suka kamu udah ngebo'ongin Papi. Kamu bilang udah putus sama Andi, tapi nyatanya masih jalan dua-duaan di Blok M."
Olga tetap nunduk, tapi ngejawab, "Kan Papi juga yang maksa Olga untuk ngebo'ong."
"Lho, kok malah Papi yang disalahin."
"Iya, kenapa Papi ngelarang Olga pacaran sama Andi""
"Aduh, Olga, mesti berapa kali sih Papi bilang" Papi pengen kamu tuh sekolah dulu."
"Aduh, Pi. Kenapa mesti sekhawatir itu, sih" Olga juga kan gak ngapa-ngapain. Masak sekadar simpati sama cowok aja gak boleh. Lagi, apa betul Papi ngelarang saya pacaran sama Andi hanya karena alasan masih sekolah" Kok kayaknya Papi keki betul sama Andi""
"Hihihi...," tiba-tiba Mami ketawa. Papi terperanjat. "Aduh, Mi, ngapain kamu tiba-tiba ketawa begitu""
"Udah deh, Pi. Ngaku aja. Gak usah malu-malu!" goda Mami.


Olga 05 Backstreet di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Ngaku apaan, he" Mami jangan mengada-ada, ya"" Papi jadi gelagapan.
"Tu kan, pasti ada apa-apanya di balik semua ini," celetuk Olga. Papi betul-betul terpojok.
"Ah, Mami mengada-ada," Papi tetap bersikeras. Mami makin kenceng tawanya.
Papi gak tahan, akhirnya ngaku juga, "Ya, ,sebaiknya Papi emang terus terang aja. Ini semua gara-gara bapaknya mami kamu juga, Ol."
"Ada apa dengan Kakek emangnya, Pi"" Olga bingung.
"Dulu, waktu Papi lagi pacaran sama Mami, kakekmu selalu jadi penghalang. Ngeliat Andi, Papi jadi inget zaman Papi muda dulu."
"Maksud Papi""
"Kakekmu juga berbuat hal serupa seperti yang telah Papi lakukan terhadap Andi. Tiap Papi mau apel mamimu, Kakek selalu bikin ulah yang bikin Papi dongkol."
"Wah, jadi ceritanya Papi mo balas dendam, nih""
"Ya, abis kapan lagi Papi bisa balas dendam kalo gak sekarang...," ujar Papi lemah.
Mami ngikik. Olga juga ikut-ikutan ngikik.
"Aduh, Pi. Repot, dong, kalo semua orangtua pake acara balas dendam begitu."
Papi merenung sejenak. "Tapi Papi percaya, Ol, bahwa semua yang Papi lakukan ada gunanya juga."
"Ah, masa, sib"" sambar Olga gak yakin.
"Ya, tiap kali ingat sikap kakekmu dulu, Papi jadi makin sayang sama Mami. Sayang karena Papi sadar bahwa untuk ngedapetin mamimu dulu, susahnya minta ampun. Rasanya kamu juga tau, Ol, bahwa sesuatu yang kita peroleh dengan penuh perjuangan akan lebih terasa bernilai. Mudah-mudahan Andi akan berbuat hal yang serupa, Ol."
Olga memandang papinya dengan takjub. Lalu ngegelendot di pundaknya. "Papi, makasih, ya. Maapin Olga kalo selama ini bikin Papi kesel."
Papi tersenyum dan mengusap-usap kepala Olga. Lalu memeluk Olga erat-erat. Sedang Mami tak kuasa membendung air mata, demi mendengar ucapan Papi tadi.
3. PARFUM VALENTINE GOOD news! Untuk Valentine kali ini Olga udah punya senderan yang mantep buat diajakin berkasih-sayang-ria. Ya, siapa lagi kalo bukan Andi, tetangganya yang hobi ngebasket, berbodi atletis, dan berkulit bersih. Andi adalah salah satu dari sekian cowok yang nyoba hadir di hati Olga, dan sukses kepilih sebagai gacoan tetap Olga. Tapi sebelon kepilih, Andi kudu ngelewatin dulu berbagai macam tes dan uji coba yang ditangani Olga, langsung bekerja sama dengan beberapa kelompok bimbingan tes dan Depdikbud. Olga terpaksa begitu, soalnya senderan alias gacoan alias doi alias pacar alias sang tambatan hati itu harus oke luar dalem, en sip lahir batin, bagi Olga. Makanya Olga bela-belain ngeluarin waktu dan tenaga guna ngetes ke-oke-an dan ke-sip-an Andi itu.
Tapi kok pake bawa-bawa kelompok bimbingan tes dan Depdikbud segala"
Ceritanya gini, waktu itu Olga pengen ikutan tes uji coba yang diselenggarain kelompok bimbingan tes yang kerja bareng Depdikbud di Senayan, bersamaan dengan itu Andi lagi kena flu berat. Tapi Olga maksa Andi untuk mngantar, soalnya Olga bingung nyari tempat duduknya.
"Nah, kalo dia bener-bener cinta sama gue, jangankan cuma flu, sakit bengek sekalipun dia mesti mau nganterin gue!" ultimatum Olga di depan Wina waktu Wina heran Olga memaksa Andi nganterin t.es uji coba ke Senayan.
"Tapi dia lagi flu, Ol, ingusnya ngucur tiap saat. Lo tega ngeliat dia ngelap-ngelap ingusnya sambil nganterin lo nyari-nyari tempat duduk tes di Senayan"" protes Wina.
"Lho, apa cintanya dia sama gue cuma sebatas ingus yang ngucur itu""
"Ya, enggak sih."
"Nah, mumpung masih belon saling terlalu gandrung, gue rasa gak ada salahnya ngetes sejauh mana cinta dia sama gue. Kata orang cinta itu butuh pengorbanan, kalo dia gak mau berkorban, berarti dia gak sungguh-sungguh untuk ngedapetin cinta gue!"
"Kan Andi udah ngebuktiin waktu Papi lo ngerjain dia. Dia tetap teguh kukuh suka sama elo."
"Itu kan Papi yang ngetes. Gue juga kudu, dong. Cowok zaman sekarang jarang yang bener, Win. Yang rela mengabdi buat satu cewek tok!" ujar Olga.
"Alaaah, lo kayak cewek yang gak gitu aja!" ledek Wina.
"Yeee!" Ya, itu pun masih gak seberapa. Soal tes-mengetes Olga
termasuk orang yang teliti dan hati-hati. Dia rela waktu dan tenaganya terbuang hanya untuk mengetes Andi demi cintanya itu. Olga emang gak pengen dapet cowok klemar-klemer yang gak tahan banting. Makanya gak usah heran kalo Olga juga pernah ngetes Andi dengan jalan minta supaya Andi mau menganternya jalan-jalan ke seluruh pusat pertokoan di Jakarta hanya untuk mencari sepotong kaos kaki. Alasan Olga"
"Ya, supaya Andi belajar menghargai kebutuhan pacarnya. Kalo dia mau menghargai, toh gue juga akan menghargainya. Lagi, apa susye-nya sih jalan-jalan ngiter-ngiterin pusat pertokoan di Jakarta ini" Ya, meski besoknya Andi mengaku betisnya gede sebelah, itu gue anggep dia udah mulai mau menghargai kebutuhan pacarnya...," komentar Olga.
Selain nganterin ke pusat-pusat pertokoan dan ganterin nyari kursi di Senayan, Andi juga pernah dites dengan cara disuruh ngerjain peer-peer Olga yang menumpuk, nyalinin catetan Olga yang seabrek-abrek, ngejemput mami Olga yang nyasar di pasar burung, ngejemput Olga pulang sekolah, nemenin Papi main catur, ngisi bak kamar mandi waktu listrik mati, benerin genteng bocor, ngeguntingin rumput di halaman belakang rumah yang udah mulai tinggi, ngebersihin selokan, ngusir anak ayam yang suka masuk rumah dan e-e sembarangan, ngelapin mobil Papi, ngingetin Papi kalo film seri kungfu Dragon Strike di RCTI udah abis, gasih tau Mami bahwa SDSB itu hukumnya haram, ngsiin TTS koran sore buat Papi kalo dia lagi males, dan ngegantiin Papi kalo Papi dapat jadwal ronda malem!
Ya, setelah melewati berbagai macam cobaan dan tes, akhirnya Andi ternobatkan juga jadi gacoan resmi Olga. Dan pada Hari Valentine ini mereka bikin janji makan di restoran yang rada mahal. Makan sirloin steak di restoran mewah.
Tapi ini bukan lagi permintaan Olga atau masih dalam rangka tes-mengetes, melainkan inisiatif Andi, yang ngerasa perlu untuk mengenang hari kasih sayang bersama Olga, di tempat yang rada mendingan. Andi memang mau bikin bahagia Olga, padahal untuk hal makan-memakan, Olga gak gitu suka yang mahal-mahal, asal enak dan boleh nambah dia udah senang. Barangkali Andi ingin Valentine kali ini lebih berkesan dan gak gampang dilupakan.
Mereka janjian untuk sama-sama pake baju pink. Mereka juga janjian datang jam dua puluh, pas waktunya orang makan malem. Dan karena lagi sayang-sayangnya, dua sejoli ini bener-bener saling menepati waktu. Dua-duanya datang pas jam dua puluh. Padahal Olga maupun Andi ini terkenal tukang ngaret. Kalo janjian suka pada mulur. Mereka gak sangka kalo bisa sama-sama tepat waktu.
"Ah, emang udah jodoh kali...," tebak batin Olga dan Andi samaan.
So pasti acara makam malam itu. pun berlangsung cukup mesra. Apalagi Olga juga bawa setangkai kembang pink untuk diberikan pada Andi.
Sementara Andi membalas pemberian Olga dengan sekecup sun yang didaratkan tepat di pipi mulus Olga. Olga terbang ke awang-awang.
Selanjutnya acara Happy Valentine itu diteruskan dengan tuker-tukeran kado.
"Kado spesial unt.uk kamu, Ol...," ujar Andi seraya menyerahkan btingkusan cantik.
"Terima kasih. Ini untuk kamu, An...," ujar Olga juga sambil menyerahkan bungkusannya.
Kebetulan di dekat situ ada anak kecil yang duduk sama bapaknya, dan melihat adegan pertukaran kado itu, disangkanya dia juga bakal dapat kado, makanya dia nyeletuk, "Saya mana, Kak""
Olga dan Andi tersipu mendengar komentar anak kecil itu. Anak kecil itu dijewer bapaknya. Dan kini dua-duanya gak sabar menunggu untuk membuka kado spesial itu di rumah. Karena kado yang saling ditukerkan itu dibungkus begitu cantik dan rada-rada berat. Steak dan menu penutup, jadi kurang diminati.
Sepanjang perjalanan pulang naik kijang bak-nya Andi, Olga terus menimang-nimang kadonya. Ia menerka-nerka isinya. Pasti asyik punya. Namanya aja hari spesial. Olga aja udah beliin kado termahal buat Andi, setelah ngumpulin duit dari hasil tabungan honor siarannya di Radio Ga Ga.
Makanya di sepanjang perjalanan itu Olga terus mengira-ngira. Apa ya" Ah, gak baik menebak-nebak selagi masih ada orangnya. Tapi Olga udah gak sabar. Apa Andi disuruh turun dari mobilnya aja, te
rus kadonya dibuka" Ih, Olga gak sekeji itu.
Olga memegang lembut tangan Andi. Andi membalasnya. Mereka sejenak saling tatap, tapi tatapan berikut Olga mengarah ke kado lagi. Soalnya hatinya penasaran sama isi kado pemberian sang pujaan hati itu. Duh, apa yyyya"
Dan begitu kijang bak Andi berhenti di depan rumah, Olga langsung aja melesat ke dalam.
"Ol, Olgaaa...!" panggil Andi.
"Apa lagi"" Olga langsung stop-motion.
"Kok langsung aja, sih. Kan saya belon pamit 'n belon..."
"Oh, i-iya hampir lupa. Sori, abis bahagia banget, sih. Yuk, pamit sama Papi-Mami. Setelah Andi pamit, dan mendaratkan kecupan di pipinya-kali ini Olga gak ke awang-awang lagi, pikirannya begitu terpusat ke kado-langsung aja dia masuk kamar. Dia gak mengikuti kijang bak Andi yang menghilang di tikungan.
Di kasur empuknya, Olga enjot-enjotan sambil ngebayang-bayangin isi kado. Ih, apa yyaaaa" Olga gemes.
Pelan-pelan Olga membuka kado cantik itu. Wah, menyembul kotak mungil. Aduh, apa yyya" Olga langsung membuka kotak itu, dan isinya ternyata... parfum!
Parfum" Olga jadi mikir. Jujur aja, dia agak kecewa. Dia udah ngarepin yang nggak-nggak. 'Aksesori dari emas atau apalah. Parfum" Olga kan gak begitu suka pake parfum. Ia lebih merasa segar pake sabun bayi kalo mandi. Tapi apakah... entah, ada suatu perasaan kecewa yang sulit dilukiskan. Tiba-tiba aja Olga merasa Andi telah menghinanya.
Dengan ngasih parfum, berarti selarna ini Andi mungkin merasa bau badan Olga kurang enak. Makanya dia ngasih parfum biar Olga sadar akan bau badannya. Dan seterusnya pake parfum terus.
Olga sedih. Tanpa sadar dia mencium ketiaknya... uh, emang sih! Tapi kan ini karena gue abis jalan-jalan....
Selanjutnya Olga jadi kurang percaya diri. Dia jadi rada minder bergaul. Dia berusaha nanya ke temen-temen di radio, di sekolah, ke Wina, ke Mami, ke Papi.
"E-mangnya gue bau, ya, Win"" tanya Olga ke Wina kemaren sore.
"Bau" Bau apa"" Wina gak nangkep.
"Eh, i-ni badan gue bau, ya""
"Oh, jadi selama ini..."
"Selama ini apa""
"Maksudnya selama ini gue suka nyium bau kurang enak, itu ternyata..."
"I-jadi bener badan gue bau""
"Ya, bisa jadi, tapi..."
"T-tapi apa""
"Tapi apa iya cuma badan lo yang bau""
Mendengar komentar yang demikian sadis itu Olga so pasti makin sedih dan minder. Tapi dia masih gak puas dengan satu komentar, makanya dia terus nanya ke temen-temen sekolah lainnya.
"Eh, emangnya badan gue bau, ya"" tanya Olga sama Inka, temen sekelasnya yang kalo jalan kayak Donal Bebek.
"Bau badan" Oh, jadi badan lo bau ya, Ol. Kebetulan bokap gue lagi nyari bintang iklan untuk obat. bau badan. Nah, kalo mau elo ceritanya yang dipake untuk yang belon make obat itu. Gimana, Ol" Selain dapat honor, lo juga bakal dikasih selusin obat bau badan ama bokap gue."
Jawaban-jawaban yang Olga dapetin emang sadis-sadis dan menyakitkan. Akibatnya Olga makin sedih aja. Dia bahkan gak berani sedikit pun nyium badannya, apalagi ketiaknya.
Dan lebih kacau lagi, pas Olga nanya ke Papi en Mami, mereka gak ngejawab, tapi malah pada nutup idungnya dengan saputangan.
"Pantesan dari tadi apa ya yang bau"" ujar Mami. "Mami tadi malah ngira papimu kentut. Eh, taunya badan kamu to."
"Tapi aneh juga, ya"" timpal Papi. "Kita berdua nggak ada yang bau badannya, kok Olga bisa bau. Nurunin siapa ya dia" Apa nurunin nenek moyangnya dulu, yang belon tau gimana caranya mandi" Walahualam-lah ya...."
Olga jelas makin sedih dan minder aja. Lagi, gimana gak minder kalo tiap orang yang ditanya selalu bilang bahwa badan Olga emang bau. Jadi pantes kalo Andi ngasih parfum pada Valentine kemaren"
Tapi pas Olga nanya ke Sandra, temen Olga di Radio Ga Ga, apa betul Andi ngasih parfum karena badannya bau, Sandra ngebilangin, "Ah, badan lo... ah, soal badan lo no comment, ah. Tapi yang jelas kalo cowok ngasih parfum ke ceweknya, itu tanda-tanda mau putus!"
"Mau putus""
"Iya, ada beberapa barang yang gak boleh dikasih ke pacar, kalo mau hubungan bisa langgeng. Parfum, kaos, dan... pakaian dalam. Untuk yang terakhir ini, ya karena emang gak sopan aja ngasih pakaian dalam."
"Jadi kalo ngasih parfum,
itu tandanya cowok-nya mau putus"" Olga nanya lagi.
"Iya. Masa baru tau""
Nah, sejak itu Olga jadi tambah mikir. Dan pikirannya tentang Andi kian kacau-beliau. Ya, apa bener sesungguhnya Andi emang pengen putus dengan dia" Olga jadi sedih. Hari Valentine yang baru lalu, ternyata membawa berkah buruk bagi dia. Dia jadi sedih terus mikirin bau badan, putus, dan hal-hal sedih lainnya.
Pikiran Olga jadi aneh dan macem-macem. Misal liat iklan parfum di tipi atau di majalah, dia merasa tersinggung. Olga merasa iklan itu meledek dirinya yang diberi parfum oleh Andi.
"Anda punya masalah dengan bau badan"" terdengar suara iklan di radio. "Jangan sedih, ambillah parfum cap..." Dang! Radio pun langsung ditendang oleh Olga, hingga mati.
"Olga, kenapa radionya dimatiin"" protes Mami. "Mami kan mau dengerin sandiwara radio Ibunya Malang Ibunya Orang!"
"Abis..." "Abis apa" Orang baru mau main kok, dibilang abis."
Begitu juga kalo Papi nonton RCTI, kalo ada iklan parfum pasti dimatiin Olga. Pemah waktu di tipi ada iklan minyak goreng, Olga tetap mematikan.
"Ol, Olga, ini kan bukan iklan parfum, kenapa dimatikan juga"" protes Papi yang mulai tau kebiasaan buruk anaknya.
"Abis, botolnya hampir sama dengan parfum punya Olga...."
Ya, seperti udah kita tau, selain sedih mikirin soal parfum, Olga juga sedih mikirin putus sama Andi. Dia merasa bakal betul-betul putus sama Andi. Ah, Olga sedih banget. Soalnya dia udah merasa sreg sama Andi, kok ya tiba-tiba mau putus. Mana waktu jadi dulu Olga udah repot-repot ngetes Andi luar dalem dan lahir batin segala.
Kenapa cowok sekeren Andi yang luar dalam oke dan lahir batinnya sip itu, kok, tega memutuskan tali cinta dengan memberi sebotol parfum" Hati Olga menyesali. Duh, kenapa dulu waktu masih sibuk ngetes, gak nyelidiki kebiasaan Andi yang mahaburuk ini" Kebiasaan memberi parfum ini" Olga bener-bener menyesali dirinya.
Olga jadi benci parfum dan Andi. Ingat parfum ingat Andi. Ingat Andi ya ingat parfum. Ya, sekarang ini memang lebih gawat lagi, kalo Olga ngeliat iklan parfum di tipi atau denger iklan di radio, rasanya sama seperti mendengar suara atau gambar Andi. Dia gak lagi mematikan radio atau tipi itu, tapi langsung membuangnya! Akibatnya Papi sama Mami misuh-misuh karena gak bisa denger radio dan nonton tipi lagi.
Dan waktu Andi apel, Olga udah sampe pada puncak kekesalannya. Dia sama sekali gak mau nemuin Andi.
"Ol, Olga... ada Andi, tuh, " ujar Mami mengetuk-ngetuk pintu kamar Olga. "Ayo, temui dia. Dia wangi sekali, lho!"
Mami sengaja mengolok-olok Olga biar Olga keluar kamar. Tapi Olga malah membalas ujar Mami dengan menimpuk pintu kamar pake bantal guling.
Dan meski besoknya Andi datang lagi, Olga tetap gak mau nemuin.
"Hmm, memang kenapa sih Olga, Tante"" tanya Andi heran.
"Nggak tau, tuh. Tante juga heran kenapa dia jadi aneh begitu. Keluar nggak mau, makan nggak mau, nyuci mobil papinya nggak mau, bawain belanjaan Mami nggak mau, pokoknya apa-apa jadi nggak mau."
"Tante tau kira-kira apa sebabnya""
"Sebabnya, apa ya" Dia itu kalo ditanyain suka lebih galak dari kita, sih. Jadinya Tante suka males nanyain apa sebabnya. Ah, maklumlah, An, dia kan lagi puber-pubernya. Anak perawan memang suka begitu. Suka mau diperhatiin. Tante dulu juga gitu, kok. Tanya aja sama papinya Olga..., kalo percaya."
Selain gak mau nemuin Andi, Olga juga gak mau nerima telepon Andi. Dia bener-bener telah merasa dihina.
Waktu Olga siaran, dan di sela-sela siarannya ada iklan parfum, dia gak tahan. Dia nangis sejadi-jadinya di Radio Ga Ga. Alhasil para pendengar setia Olga, seperti Somad bin Indun, jadi bertanya-tanya.
"Eh, ini acara apa, ya"" begitu tanya seorang penggemar Olga lewat telepon.
Sang operator yang menemani Olga siaran, cuek menjawab, "Ini lagi ada sandiwara radio...."
"Judulnya apaan""
"Ratapan Anak Tiri bagian ke-20!"
"Kok nangisnya sampe begitu menyayat, sih""
"Ya, namanya aja anak tiri yang lagi meratap."
"Tapi kok...""
"Alaa, udah deh mau dengerin nggak" Kalo nggak mau ya, cari gelombang radio lain. Beres, kan""
Untunglah saat itu di Radio Ga Ga ada Mbak Vera
. Mbak Vera dari pertama emang udah ngeliat ada sesuatu yang lain pada diri Olga. Mbak Vera kemudian membelai rambut Olga. Dia bertanya, "Ada masalah apa, Ol" Protes kenaikan uang honor, ya""
Olga menggeleng. "Digodain sama operator""
"Bukan, Mbak." "Dimaki-maki pendengar""
"Juga bukan." "Nggak dikasih uang jajan sama Mami kamu""
"Bukan juga." "Ini bukan, itu bukan, jadi Mbak harus bagaimana""
"Minum INZA!" teriak sang operator konyol.
Sementara Olga makin mengeraskan suara tangisnya.
"Cup, cup, cup, Ol, diem, Ol, nggak enak Iho didengerin sama pendengar kamu. Coba kamu ceritain masalahnya, kali aja Mbak bisa mecahin. Mumpung Mbak bawa martil, nih. Dan kalo gak bisa, ya, terpaksa buat ngegetok palanya operator!"
Olga akhirnya nyeritain semuanya. Soal Valentine, soal Andi yang ngasih parfum...
"Begitulah, Mbak, dan apa betul kalo cowok ngasih parfum ke ceweknya eintanya bisa putus""
Mbak Vera tercenung. "Hmm, ini aneh. Kepercayaan kayak gini aneh. Bahwa kalo ngasih parfum, bakal putus. Kalo emang mau putus, ya putus aja. Justru yang Mbak liat sekarang, malah sebaliknya. Karena kamu dikasih parfum, tems kamu ngerasa diteror bahwa kamu bakal putus, akhirnya kamu putus beneran. Jadi, justru perasaan takut kayak gini yang menyebabkan kamu putus."
Olga bengong. "Iya, kamu kan gak tau maksud Andi yang sebenarnya'" Siapa tau dia gak tau kalo ngasih parfum itu bisa putus. Siapa tau dia gak bermaksud menghina kamu dengan parfum itu. Bersikap dewasa dong, Ol. Masa percaya sama hal begituan" Kamu kan sembahyang""
Olga mikir, "Jadi-jadi, sekarang saya barus bagaimana ""
"Minum INZ...!" belum selesai operator itu nyeletuk, Mbak Vera udah nyambit pake martil.
"Kamu harus temui Andi," ujar Mbak Vera gak peduli sama operator yang mengelus-elus jidatnya.
"Minta maaf. Mbak yakin Andi gak maksu begitu sama kamu," kata Mbak Vera.
Olga tersenyum, percaya dirinya mulai ada.
"Makasih, Mbak." Olga bangkit.
"Tapi soal bau badan itu..." ujar Mbak Vera.
"Kenapa, Mbak""
"Mbak Vera gak nyalahin temen-temen kamu kalo mereka berkomentar begitu," ujar Mbak Vera menahan senyum.
Olga menjulurkan lidah. Olga pun buru-buru menelepon Andi untuk ngajak makan malam di restoran yang rada mahal, seperti pada malam Valentine dulu.
"Datang ya, An, kali ini gue yang traktir. Tepat waktu lagi, ya. Maksudnya jangan pada ngaret, gitu. Kalo mau kado lagi juga boleh. Soalnya saya suka banget sama kado yang kamu kasih di Hari Valentine waktu itu. Kalo gak percaya, besok aja cium, pasti saya pake parfum Poison kamu itu dari ujung pala sampe ke ujung kaki. Abis wanginya oke, sih."
Sementara itu Andi nun di ujung sana tersenyum senang. "Ah, anak perempuan memang suka aneh-aneh...."
4. BELANJA, NIH" OLGA sebel. Gara-gara Bik lnah ikutan piknik ke Dufan sama Ikatan Pembantu Rumah Tangga daerah rumah Olga, akhirnya Olga yang disuruh ke pasar Minggu pagi ini. Biasanya sih, Mami yang ke pasar. Tapi berhuhung Mami mau bikin masakan spesial kesayangan Papi, yaitu sop kepiting asparagus sama fruit cocktail salad, serta beberapa kue lainnya, jadi Olga kebagian tugas disuruh belanja. Pasalnya, Papi yang lagi tugas ke luar kota dan bakal balik siang nanti, hari ini ultah. Yang keberapa, Mami gak inget. Apalagi Olga. Yang Mami tau, pu'unan kelapa di belakang belon pada tumbuh, waktu Papi ngerayain ultah suit-sepentin. Dan sekarang pu'un kelapa itu udah pada reyot. Jadi kira-kira umur Papi sekarang 30-an lewat 40-an.
Padahal ini hari Minggu, tapi Olga dipaksa Mami bangun subuh-subuh. Olga pun mandi sambil ketiduran di bath-tub. Dan kini Olga sedang mengikat tali sepatu rodanya.
"Nih, daftar belanjaannya, Ol. Kalo gak ada di supermarket, jangan sungkan-sungkan cari ke pasar biasa," ujar Mami sambil menyerahkan daftar belanjaan yang panjang banget. Olga terbelalak memandangi daftar belanjaannya itu.
"...satu bungkus agar-agar putih, lima sendok makan mayones-mayones, dua jeruk nipis-nipis, setengah bawang bombay-bombay...," Olga membaca daftar panjang itu.
"Wah, Olga kudu ke India dulu, dong, beli bawang bombay!" ujar Olga sewot.
"Ke India" Di pasa
r juga banyak!" tukas Mami.
"Ini, mayones kok pake dibeli juga, sih" Ini kan yang suka ada di drum-band sekolah""
"Itu mayoret, geblek!" Mami makin sewot. "Itulah anak gadis sekarang. Mayones aja gak tau. Bawang putih aja gak kenal. Masuk ke pasar ibarat perawan dilepas di hutan. Ngerasa asing dan tersesat. Mami tuh nyuruh kamu belanja supaya kamu gak lupa sama kodrat kamu sebagai cewek. Udah, sana pergi!" usir Mami sambil menyerahkan uang buat belanja.
Dengan berbekal keranjang gede banget, Olga mulai berjalan gontai ke teras. Dung plak... dung plak..., Olga pcrgi ke pasar! Hihihi, kayak topeng monyet aja.
Sampai di jalan, Mami masih sempat-sempatnya nongol di jendela, dan berteriak, "Jangan lama-lama, ya, Ol! Keburu siang! Lho, kok jalannya ngegang gitu, sih""
"Biar disangka Sarimin pergi ke pasar!" saut Olga cuek. Tapi sedetik kemudian Olga udah langsung meluncur ke jalanan dengan sepatu rodanya.
Suasana di jalanan biar Minggu juga masih semrawut. Mobil-mobil pada seenaknya aja memotong jalan. Olga nampak lagi nelepon Wina di telepon umum pinggir jalan.
"Apa, Tante" Wina-nya pergi joging dari subuh" O, ya udah. Makasih deh, Tante," Olga menutup telepon. Lalu melanjutkan perjalanan. Ya, tadinya sempat terlintas di pikiran mau ngajak Wina nemenin belanja. Tapi tu anak gak ada.
Olga pun seenaknya aja menyeberang jalan yang ramai, sambil bersepatu roda. Mukanya masih suntuk hingga mulutnya yang cerewet kadang-kadang memaki-maki seenaknya mobil-mobil yang nyaris menyenggolnya.
Di tepi jalan, seorang cowok yang keringetan abis joging, rada ngeri juga ngeliat cara Olga nyeberang, "Aduh, Neng. Di sana kan ada jembatan penyeberangan. Kenapa gak lewat situ aja" Kan bahaya, lho, menyeberang di jalan raya! Apalagi pake sepatu roda!"
Olga yang lagi suntuk, sebel dinasihati begitu.
"Eh, saya udah 16 tahun menyebrang dengan cara saya ini. Tapi gak kenapa-napa. Kok situ jadi sewot sendiri" Suka-suka sini, dong. Mau nyebrang pake sepat.u roda kek, mau nyebrang sambil dingkring kek, mau nyebrang sambil loncat-loncat kodok kek!"
Cowok itu bengong. Olga pun buru-buru cabut dari situ. Tapi sebuah mobil lantas lewat dengan kecepatan tinggi. Menyipratkan air genangan di aspal ke muka Olga.
Olga makin sewot. *** Sementara di ujung jalan lainnya, si Wina, sobat kental Olga, lagi sibuk nyetir sambil bercanda sama Inka dan Fiona, tetangganya yang centil-centil. Wina kalo udah ngumpul sama dua tetangganya itu emang jadi ugal-ugalan. Nyetel Metallica terbaru kenceng-kenceng, dan gak kurang dari seratus kilo per jam, sambil bercanda-canda di dalam mobil. Kadang sambil main tak umpet. Kan bahaya banget tuh, main tak umpet sambil nyetir.
Pas giliran Wina yang jaga, berarti dia harus nyetir sambil memejamkan mata! Makanya gak heran pas ngelewatin perempatan jalan, Wonder kuning Win a nyaris aja nyeremet tukang asongan yang tiba-tiba muncul. Muka Wina langsung pias. Pucat pasi. Sedang Fiona langsung memaki-maki, "Dasar bandel! Udah dilarang berjualan di jalan raya, masih aja nekat. Ampir, aja!"
Ya cara Wina nyetir emang sama nekatnya dengan cara Olga yang meluncur di gang-gang sempit di pasar pake sepatu roda. Suasana pasar rame banget. Full pembantu. Tak jarang Olga menyenggol beberapa dagangan orang, dan ngelindes barang dagangan yang digelar di bawah. Kontan aja tu abang-abang pada marah-marh. Tapi Olga juga balik memarahi, "Lagian, naro jualan di jalan umum!"
Di pasar, Olga membeli beberapa bumbu dapur. Karena gak biasa, Olga beli tanpa nawar. Langsung main bungkus aja. Malah ia gak tega waktu beli dua biji jeruk nipis yang harganya murah banget. Dan ia sering banget tersesat. Muter-muter ke situ-situ juga. Sampai si Mbok yang jualan tahu, sebel juga ketika ngeliat wajah Olga muncul dari tikungan untuk yang kesepuluh kalinya.
"Rei, Neng! Kalo mau jadi peragawati jangan di pasar, dong. Bolak-balik kayak setrikaan. Kita kan sebel, saban mau ngeceng, wajah situ lagi yang muncul. "
"Saya tersesat, Mbok," ujar Olga pasrah.
"Emangnye situ mau nyari apaan""
"Kelapa serut."
"Kelapa serut" Noh, di ujung gang. Dari sini Eneng luruuus
aja, jangan blengkok-blengkok. Nah, pas nyampe ujung, cari bis jurusan Pasar Minggu. Di so no banyak tuh kelapa serut."
"Hah"" Sementara keranjang belanjaan Olga udah mulai penuh. Tangan Olga udah mulai pegel bawa keranjang. Tapi daftar yang harus dibeli masih panjang. Olga juga mesti ke supermarket. Akhirnya, ia pun keluar dari pasar yang gerah itu sambil berjalan terburu-buru. Saking cerobohnya, beberapa bungkusan yang baru ia beli, tercecer dari keranjangnya.
Olga pun kembali menyeberang jalan dengan nekatnya. Lantas buru-buru masuk ke supermarket.
Nah, di sini rada mendingan. Udaranya sejuk. Dan gak susah nyari-nyari barangnya. Soalnya tiap barang ada petunjuknya. Iadinya di liap gang di supermarket itu kayak jalan raya, penuh rambu-rambu. Dan Olga kaget banget demi ngeliat sebuah tanda bergambar sepatu roda disetrip. Artinya yang pake sepatu roda dilarang masuk.
"Lho, kenapa orang pake sepatu roda nggak boleh masup""
"Soalnya bahaya, Neng," ujar satpam supermarket. "Yang udah-udah pada mecahin keramik, tuh!"
"Itu kan mereka yang baru pada belajar sepatu roda, kalo saya kan udah jago."
"Wah, sori, Neng, peraturan sih. Tapi kalo Neng mau nyante berbelanja kita nyedian gerobak dorong, kok. Kalo dorong sendiri gratis, tapi kalo didorongin dan Neng-nya naik di atas gerobak biayanya gopek. Itu kalo dorongnya pelan, kalo dorongnya cepet seceng. Dan kalo ngedorongnya lebih cepet lagi, misalnya didorong sepuluh satpam, ceban, Neng."
Tentu Olga menolak tawaran gila itu. Dia lebih rela kalo sepatu rodanya dititipin di tempat penitipan barang.
Dan setelah menitipkan barang belanjaan dan sepatu rodanya itu, Olga langsung menuju ke arah cocktail kalengan. Tapi di situ pun ia bikin kegaduhan lagi. Ketika mau mencomot satu kaleng buah, beberapa kaleng yang udah tersusun rapi jatuh berantakan. Pramuniaga dan beberapa orang yang belanja pada geleng-geleng kepala ngeliat posisi Olga yang jatuh terduduk di iantai, dikelilingi kaleng-kaleng. Olga cuma nyengir.
"Lagi main akrobat, ya"" tegur seorang ibu kejam.
Dan tak dinyana ternyata shopping Olga pagi itu memakan waktu tiga jam! Setelah yakin bahwa gak ada lagi yang kelupaan, Olga pun keluar supermarket. Perutnya terasa melilit. Laper berat abis kerja rodi. Ia pun mampir di kedai seafood yang ada di samping supermarket. Pesan udang bakar dan es jeruk. Ya, ia perlu makan enak, dong, abis kerja keras begitu. Mami pasti maklum.
Beberapa menit kemudian, tu udang udah pindah ke perut Olga. Olga pun buru-buru ngeberesin barang belanjaannya yang seabrek-abrek.
"Minta bonnya, Mas!" teriak Olga pada pelayan. Pelayan ilu buru-buru datang sambil membawa bon makanan dengan sikap hormat. Olga rada kaget juga membaca angka di bon itu. "Ya, amplop, cukup gak ya duit gue"" ujar Olga dalam hati. Kalo sampe kurang kan bisa malu berat.
Dengan ekspresi tengsin berat, Olga pun mulai mengorek-ngorek dompetnya. Mengumpulkan uangnya, sen demi sen. Si pelayan sampai bengong ngeliat Olga yang salah tingkah. Ini tentu gara-gara tadi Olga belanja gak pernah nawar. Jadi duitnya tinggal dikit.
Setelah logam demi logam terkumpul, akhirnya pas juga buat bayar itu bon. Bener-bener pas, di kantong jins-nya cuma tersisa logam lima puluh perak!
Olga lega, dan langsung menyerahkan duitnya ke pelayan yang udah mulai gak sabar nungguin sampe lima belas menit. Pelayan itu bengong ngeliat duit recehan yang diberikan Olga.
Olga buru-buru mau bangkit.
Seorang pelayan lain yang mau ngebantuin ngeberesin meja Olga, begitu ngeliat uang ribuan plus recehan yang digenggam temannya, langsung aja nyeletuk, "Asyik nih, dapet tip!"
Dengan sewot temennya menyambar, "Boro-boro tip! Gak nombokin aja gue udah untung!"
Olga dengan perasaan gak enak buru-buru pergi dari situ.
Sementara gak jauh dari situ, Wina dan dua temennya mulai mengarah ke supermarket.
"Gue mau beli kado buat papinya Olga. Ntar gue diundang makan siang di rumahnya," ujar Wina pada Inka dan Fiona.
Mobil mereka pun memasuki jalanan daerah pertokoan sambil masih cekakak-cekikik-cekukuk. Bercanda ria. Main kitik-kitikan, main tebak-tebakan sampai pad
a gak ngeh pas tiba-tiba ada sekelebat bayangan sedang menyeberang jalan.
"WINAAA!! !" Inka yang ngeliat bayangan itu amat terperanjat.
Wina reflek buru-buru menginjak rem. Tapi tak pelak, ujung Wonder kuningnya sempat menyambar tu bayangan, sampai terlempar beberapa langkah, dan terjatuh.
Tiga anak dara itu buru-buru turun dari mobilnya dengan wajah pucat, dan menghampiri bayangan yang ternyata seorang gad is bersepatu roda yng kini terkapar tak berdaya, dengan barang belanjaannya yang sekeranjang penuh berantakan di jalan raya.
Orang-orang pada berkerumun, melihat Olga yang kakinya luka baret-bret. Wina berusaha menyeruak kerumunan, dan amat terperanjat. Menimbulkan kekacauan.
"OLGAAAA!" pekik Wina kenceng.
*** Sementara Mami di rumah udah uring-uringan. Jam di dinding udah menunjukkan pukul setengah sebelas. Tapi Olga yang ditunggu belum juga datang . Wah bisa telat nih, masaknya.
"Aduh tu anak kalo disuruh gak pernah beres," ujar Mami yang jadi nyesel sendiri, "Bukannya meringankan tugas, malah bikin repot. Tapi untung sambil gelisah nunggu, Mami ada kesibukan membuat kue tarcis dan black forest ulang tahun buat Papi. Mana dari tadi, kesibukan mengaduk adonan itu terganggu terus oleh dengan telepon dari Somad bin Indun yang mau ngomog tangsung empat mata sama Papi buat ngucapin selamat ulang tahun.
Kringgggg! Tuh, kan teleponnya bunyi lagl. Mami dengan gondok buru-buru lari ke ruang tengah, dan mengangkat telepon. "Halo..."
"Ini Somad lagi, Ibu, yang bicare..." Terdengar suara cempreng di ujung sana.
"Udah tau! Papinya masih belum pulang, Somad. Kan dibilangin pulangnya jam..."
"Iye, Ibu, aye sadar. Tapi aye pengen tanya Neng Olga udah beli kado buat Papih atau belon" Soalnya kalo belum, aye mo patungan sama Olga ngebeliin Papih celana kolor sama cukuran ketek. Aye juga punya niat mo beliin sirop cap Kuda Terbang buat peste nanti..."
Si Mami dengan sebel langsung aja nutup tu telepon. Pas saat itu ia mendengar jeritan panik Wina di luar, "Mamiiiii, Olga, Miiiii!"
Si Mami kaget, dan buru-buru keluar.
Inka sama Fiona nampak lagi memapah Olga yang jalan terpincang-pincang dengan kaki dan tangan penuh baret-baret. Sementara Wina nangis sesunggrukan.
"Aduuuh, Olga, kenapa kamu""
Olga cuma nyengir kesakitan. Sedang Fiona langsung nyeritain kejadiannya. Wina makin nangis menggerung-gerung.
"T-tapi, belanjaannya selamet, kan"" ujar Mami polos.
"Ada tuh, Tante, di bagasi," ujar Inka. "Tapi udah gak keruan!"
Mami buru-buru membuka bagasi, dan ngeliat semua belanjaan yang amburadul. Aduuuh, gagal deh mau bikin surprise buat Papi.
Sambil ngebalutin luka-luka Olga yang ternyata gak begitu parah, cuma baret-baret doang, Mami mulai menasihati. Katanya, "Makanya kalo nyebrang jalan tuh ati-ati. Kamu malah pake sepatu roda. Wina juga, kalo bawa mobil tuh jangan sambil bercanda!"
Memanah Burung Rajawali 12 Roro Centil 26 Sukma Kala Wrenggi Kisah Si Bangau Putih 15

Cari Blog Ini