Ceritasilat Novel Online

Backstreet 3

Olga 05 Backstreet Bagian 3


Wina terkejut setengah mati. Di hadapannya berdiri cowok metal yang bikin dia sengsara.
Felix. Cowok itu tersenyum manis, sambil menyibakkan rambutnya yang lurus.
"Halo, Win." Wina berusaha menahan diri, dan tersenyum kaku. Tangannya masih tetap memegang pintu. Tak mempersilakan Felix masuk.
"Gue mau balik, Win."
Wina menggeleng. "Nggak bisa. Gue gak bakal melakukan kesalahan yang sama dua kali."
Felix diam. Dia menggaruk kepalanya sambil memandang ke arah dalam. Di situ si kueing Siam lagi tiduran di sofa. Lalu ujarnya, "Tapi itu kucing Siam gue."
"Terus kenapa""
"Gue mau ngambil kueing gue itu."
"Ambil aja, gue gak butuh," Wina membuka pintu, mengizinkan Felix masuk untuk mengambil kucingnya.
Tapi pas Felix mendekat hendak meraih, kueing itu seperti ngeliat musuh. Bulu-bulunya berdiri semua.
"Puuus, sini, Sayang. Kita pulang." Dan ajaib banget, ketika Felix menggendongnya, tiba-tiba saja kucing itu dengan ganas mencakar muka Felix. Felix kaget dan menjerit kesakitan. Dilemparnya kucing itu.
Kucing itu lari menuju Wina. Wina menyambut sambil tersenyum senang, "Aduh, Felix. Jangan nakal gitu, dong!"
Felix terdiam, menatap Wina sambil memegangi mukanya yang berdarah, "Apa" Kamu namain kucing itu sama dengan nama gue""
"Ya." "Sialan!" Sambil mengomel-omel marah dan menutupi mukanya yang berdarah, Felix bergegas pergi. Ia membanting pintu.
Wina tertawa terbahak-bahak. Sejak saat itu, dia sayang sama kucing Siamnya.
8. Nge-DM (Ngorbanin Demi Moore)
SEMALEM ramalan cuaca di tipi bilang kalo ini hari bakalan ujan deres, makanya Olga ke sekolah nyiapin diri dengan jas ujan, payung, dan tas plastik buat ngebungkus sepatu kalo jalanan banjir. Tapi ternyata hari ini sama sekali nggak ujan. Bahkan panasnya bukan main. Matahari seperti melepaskan sinarnya sekuat-kuatnya ke bumi. Dan Olga yang saat itu pulang sekolah pake jas ujan dan nenteng payung jadinya ditontonin orang-orang.
"Hei, ada astronot dari mana, tuh"" ledek seorang cowok yang nyender di halte.
"Bukan astronot, tapi pasukan ojek payung lagi nunggu ujan!" balas cowok lain yang juga yender di halte.
"Sayang ya kece-kece jadi tukang ojek payung. Hehehe," timpal cowok-cowok lainnya lagi yang gak kebagian nyender di halte.
Olga bersungut-sunggut dan nggak bisa berbuat apa-apa. Niatnya sih pengen ngedamprat para cowok usil itu, tapi Olga khawatir kalo para cowok itu nanti jadi kege-eran.
Tapi yang bikin kesel Olga adalah ketika dia sampe rumah, diliatnya Mami lagi ngebuka-buka majalah MODE terbaru. Untuk sementara Olga nyuekin maminya. Dia nyelonong ke ruang tengah, ngebuka pintu kulkas. Ditenggaknya beberapa botol air es ukuran PPO! Setelah merasa tengg
orokannya basah dan lancar, sambil ngelempar jas ujan dan payung yang bikin sial, Olga langsung nanya ke Mami.
"Mi, kan peraturannya, Mami nggak boleh baca MODE sebelum semua isinya abis Olga baca! Olga kan nggak pernah ngebaca resep-resep masakan Mami sebelum resep-resep masakan itu abis Mami baca!" Olga bener-bener berang.
Olga sebel karena di jalan tadi dia udah ngebayangin begitu pulang, dia bakal baca MODE. Kan asyik Iho capek-capek pulang sekolah langsung ngecengin cowok-cowok kece yang mejeng di MODE!
"Mami nggak baca MODE kamu, kok, Mami cuma liat gambar-gambar sama tulisannya aja," tukas Mami nyante sambil terus ngamati rubrik modenya.
"Mi, siniin, dong!" rengek Olga sambil duduk di sofa, kecapekan.
"Bentar, Ol, Mami lagi ngeliat seorang model yang rambutnya dipotong pendek ini. Kok jadi keliatan tambah cakep, ya" Kira-kira kalo Mami dipotong pendek bisa tambah cakep juga, nggak" Sini, deh, kamu liat."
Olga melihat seorang model yang rambutnya dipotong ala Demi Moore. Model itu memang teliatan cakep. Tapi dia cakep bukan karena rambutnya dipotong pendek, melainkan memang dasarnya udah cakep!
"Ni, Ol, keliatan juga lebih seger," tukas Mami lagi sambil menunjuk ke arah foto di lembaran mode.
"Iya, Olga tau," ujar Olga cuek. "Lagi, model potong rambut kayak gitu udah diminati dari dulu. Emangnya kenapa Mami nanya-nanya soal model rambut itu""
"A-anu, Mami juga pengen potong kayak gitu...."
"Hah! Apa Mami bilang" Mami pengen potong rambut kayak Demi Moore" Apa Olga nggak salah denger!" Olga kaget banget ngedenger pernyataan Mami itu.
"Lho, memangnya kenapa""
"Ya, nggak apa-apa, sih. Cuma mendingan jangan deh, selain model rambut pendek kayak gitu udah mau abis masa berlakunya, wajah Mami juga nggak pantes kalo rambutnya dipotong pendek."
"Ah, siapa bilang"" Mami ngeyel.
"Lagi, apa Mami nggak malu kalo nanti dikatakatain sama orang-orang, eh, ada kdm, kdm...."
"Wah, Mami sih malah bangga dikatain kdm, Korban Demi Moore."
"Enak aja Korban Demi Moore...."
"Abis korban apaan""
"Korban Daun Muda!"
Olga langsung masuk kamar mo tiduran. Biarlah MODE barunya dibaca Mami, asal sekarang dia bisa tidur dengan nyaman. Panas-panas begini yang paling enak emang tidur.
"Ol, Ol...," tiba-tiba Mami memanggil-manggil Olga lagi.
Aduh, ada apa lagi sih" Olga menggeliat, "Ada apa, Mi""
"Ol, tapi kan nggak apa-apa ya, kalo rambut Mami dipotong pendek""
"Nggak, nggak apa-apa!"
"Kalo gitu anterin Mami ke salon, dong...."
Hah! Apa-apaan sih Mami ini" Udah tau panas-panas begini, disuruh nganterin ke- salon. Olga ngedumel dalam ati.
"Olga males, ah...," tukas Olga kemudian.
"Ya, anterin sebenlar aja, Ol!" mohon Mami lagi.
Mami mengetuk-gentuk pintu kamar Olga, tapi kini nggak ada sautan. Mami membuka pintu kamar dan diliatnya Olga udah mendengkur.
"Ah, ini sih pura-pura," ujar Mami. "Masa langsung bisa ngorok, barusan masih ngomong."
"Enak aja pura-pura, orang Olga tidur bener, kok!" bantah Olga sambil tetep tidur.
"Yee, tidur kok bisa ngomong!"
Olga buru-buru menutupi mukanya dengan bantal guling. Tapi Mami nggak putus asa, dia mengilik-ngilik jempol kaki Olga.
"Ayo dong, Ol, anter Mami ke salon. Mami udah nggak sabar pengen punya rambut pendek, nih. Nanti kan kalo Mami keliatan lebih muda dan kece, kamu juga kan seneng."
Olga tetep nggak bereaksi.
"Oke Ol kalo kamu mau nganterin Mami ke salon, kamu minta apa aja akan Mami kasih!" Mami menantang Olga. Olga bangun dan menatap Mami.
"Bener, nih"" paneing Olga.
"Bener." "Baik, permintaan Olga cuma satu, tolong pijitin Olga sampe Olga tidur pules!"
"Yee, bukan permintaan itu maksudnya. Nanti misalnya Olga mau beli es krim, mau makan mie pangsit yang nggak keriting, pokoknya mau apa aja tinggal bilang, deh. Gimana, tawaran menarik, kan""
Bagi Olga menolak udah nggak mungkin, soalnya kalo dia nggak mau Mami akan terus mengitik-itik. Ya, akhirnya Olga terpaksa nganter Mami ke salon!
*** Olga dan Mami cabut ke salon pake VW Combi butut Papi yang kebetulan udah lama nggak dinyala-nyalain. Sebenernya ni mobil susye banget kalo mo dinyalain, tapi karena dia t
au mau dinaikin sama dua makhluk manis, begitu distarter langsung nyala. Aneh, padahal selama ini kalo distarter Papi nggak pernah mau idup-idup. Dan sepanjang perjalanan ke salon, Mami terus ngoceh soal rambut ala Demi Moore yang bakal dimilikinya itu.
"Ol, nanti Mami pasti keliatan lebih muda beberapa tahun, deh. Dan Papi nanti pasti pangling bukan buatan!" cerocos Mami sambil memainkan rambutnya di depan kaca spion. Alhasil Olga yang kebagian tugas ngebawa mobil (doi udah mulai jago, tuh!), kudu ngeliat pake kaca rautan yang ia bawa dulu kalo mau ngebelokin atau mundur. Soalnya dari pertama Mami naik ke Combi, wajahnya nggak mingser-mingser dari depan kaca spion.
Mami yakin banget kalo dengan potongan rambut model begitu bakal keliatan lebih kece dan lebih muda. Mami kalo udab kepengen sesuatu emang gitu, selalu menggebu.
"Kalo nanti Mami bener-bener lebih seger Mami akan fitness lagi dan sering-sering makan belimbing, biar segernya dobel. Kalo kamu mau ikutan potong, potong aja, Ol, Mami yang bayarin, deh," Mami nawarin Olga. Tapi Olga nggak nanggapin. Dia malah sengaja ngencengin suara tip mobil yang kebetulan lagi ngeluarin suaranya Axl Rose. Tapi Mami tetep aja ngocol.
"Duh, gimana ya reaksi Papi" Pasti doski kaget sekali dan nggak nyangka kalo yang ditemuinya nanti adalah Mami."
Olga nggak tahan denger ocehan Mami, dia terpaksa menutup kedua kupingnya dengan tangannya. Akibatnya setiran mobil VW jadi oleng, dan nyaris saja mereka terperosok ke got pinggir jalan. Untung Mami sigap mengambil ali setir mobil itu.
"Olga, kamu apa-apaan, sib" Mau bunuh diri, ya" Kalo emang nggak mau dipotong rambutnya jangan nekat begitu, dong," Mami misuh-misuh.
"Abis Mami ngomong mlulu, sih!" dumel Olga kesel.
Setelah melewati tujuh tikungan dan tujuh turunan akhirnya VW itu memasuki ruang parkir salon. Mami turun dengan semangat, Olga turun dengan males.
"Ayo cepet, Ol, Mami udah nggak sabar, nih."
"Mami duluan, deh. Olga nunggu di mobil aja."
"Ah, jangan gitu dong, Ol, Mami kan nggak enak kalo masuk salon sendirian."
Olga akhirnya nurut juga setelab tangannya ditarik paksa Mami masuk kesalon.
Di dalam salon saat itu lagi banyak pengunjung. Ada yang lagi dikeriting pake daun singkong, ada juga yang lagi cream-bath di dalem helm, dan ada beberapa orang yang lagi ngantre untuk dipotong pendek ala Demi Moore.
"Mau potong, Bu"" sapa tukang salon ramah pada Mami.
"Oh, eh, iya nih...."
"Potong model apa""
Mami kikuk, lalu menyenggol bahu Olga, "Eh, model apaan, Ol" Mami kata kamu pantesnya dipotong model apa""
Olga keliatan sebel, "Nggak tau. Itu kan maunya Mami sendiri. Ngomong aja sendiri."
"I-ini model ini," ujar Mami malu-malu sambil ngajuin majalah MODE yang sengaja Mami bawa dari rumah.
"O, model Ghost, to""
"Eh, aduh, jangan keras-keras, dong. Malu kan saya.... "
"Alaa, nggak usah malu-malu, deh. Wong se mua orang yang dateng ke sini dipotong model itu semua, kok."
Mami mesem-mesem aja. Dan kemudian Mami disuruh duduk untuk segera dikeramas dan digarap rambutnya.
Waktu Mami asyik dipotong, Olga diem-diem juga liat-liatan sama makhluk cowok yang kayaknya lagi ngantre pengen dipotong. Eh, di pojok ada yang 'lucu' juga. Rambutnya rada gondrong metal ala Sebastian Bach. Cowok ini bener-bener keren dengan rambut gondrongnya. Sayang banget kalo dipotong. Ah, paling-paling cuma dirapiin, batin Olga menduga.
Untungnya sang bango eh, sang cowok ngebales lirikan-lirikan Olga. Ngebalesnya pake prangko kilat lagi. Artinya, sedetik kemudian mereka sudah kenalan dan terlibat dalam obrolan-obrolan. Dan diem-diem Olga langsung naksir sama ni cowok. Abis selain orangnya keren, suaranya jantan dan berwibawa, sih! Dan demen lagu-Iagu metal, lagi. Gimana Olga nggak kepincut"
Dan Olga menjadi sebel banget ketika diliatnya Mami udahan potong rambutnya. Ya, soalnya dia bakalan pisah sama tu cowok.
"Yuk, sampe ketemu," kata Olga mengakhiri acara obrol-obrolannya itu.
"Yuk," jawab cowok keren itu pendek.
Olga dan Mami masuk ke Combi.
"Kok gak ada komentar"" ujar Mami ketika diliatnya Olga diem aja. Olga baru ngeh. Dia buru-bu
ru melihat ke arah maminya. Dan..., ya amplop! Terus-terang aja tampang Mami sama potongan rambutnya nggak oke. Wajah Mami yang berbentuk kotak itu terasa nggak pas dimodifikasi dengan rambut pendek. Iadinya kalo diliat sekilas Mami mirip-mirip hansip yang lagi mau latihan baris.
"Gimana"" "Persis Ghost beneran," ujar Olga pendek.
Mami ketawa girang. Dikira yang Olga maksud tuh Demi Moore. Makanya enteng aja Mami ngajak Olga jalan-jalan dulu ke Pasaraya.
"Kenapa nggak mau ke Pasaraya, Ol"" tanya Mami heran.
"Males ah, Olga malu."
"Malu kenapa""
"Malu sama Mami yang keliatan nggak pantes punya rambut pendek seperti itu."
"Ah, siapa bilang," ujar Mami sambil ngaca di spion. "Orang kata tukang salon itu Mami cocok, kok."
"Ya, namanya aja tukang salon. Mami sih bukan kdm. Tapi malah ngorbanin citra Demi Moore. Kasian Demi Moore citranya rusak gara-gara Mami. Kenapa gak pilih mode Sinead O'-Connor aja, sih""
Olga melajukan VW pelan-pelan menuju rumah.
"Jadi kita pulang, nih""
"Iya, abis mau ngapain lagi."
Mau ngapain lagi" Olga mo buru-buru tidur dan ngebayangin cowok yang baru aja dikenalnya di salon tadi.
*** Di sekolah keesokan harinya, Olga sama Wina malah nongkrong di pojok sekolah, karena lagi denger temennya si Venska lagi ngeluh soal cowoknya ke Wina. Wina sama Venska emang rada akrab. Karena merasa senasib, pernah disakiti cowok. Dan Olga sebagai temennya Wina terpaksa ikutan ngedengerin keluhan itu. Meski Olga juga pegang suling di tangannya.
"Emangnya cowok lo kenapa, sih"" tanya Wina.
"Serong, ya" Cowok emang di mana-mana brengsek."
"Nggak serong, Win, tapi nyebelin aja. Abis gimana nggak nyebelin kalo tiap saya mo apa-apa selalu nggak boleh ama dia. Misalnya saya mo ke pesta mo pake celana kodok nggak boleh" trus misalnya saya ketawa ngakak di depan ortunya nggak boleh. Wah, pokoknya serba nggak boleh, deh. Kemaren aja gue batal nonton jazz, hanya gara-gara gak boleh sama dia. Katanya musik apaan, tuh, gak bersemangat. Dia kan demennya metal."
"Jadi lo serba diatur, dong"" paneing Wina.
"Huh, bukannya diatur lagi. Tapi dijajah, Win!" sungut Venska. "Dia tuh udah terlalu mengekang sebetulnya. "
"Trus mo lo gimana"" tanya Wina lagi.
"Ya, gimana" Mo putus gue masih sayang sama dia. Soalnya lo kan lau kalo dia tuh selain kece, juga orangnya baik banget. Dan nyari cowok seperti itu pada zaman kini, sulit lho, Win."
Olga yang dari ladi cuma dengerin, manggut-mangut aja, soalnya Wina juga lagi manggut-manggut.
"Kamu kasih tau aja pelan-pelan ke dia," Olga tiba-tiba ikutan ngasih saran ke Venska. "Kamu kasih pengertian, bahwa kenapa cewek suka pengen ini-itu. Pasti doi mau ngerti. Toh tujuan kamu berpakaian atau ber-ini-itu kan karena kamu sayang sama dia. Iya, kan" Menurut saya mending kamu ngomong aja deh ke dia. Daripada dipendem, ntar bisa jadi bisul, lho."
Venska yang ibunya orang Rusia, tapi bapaknya Jawa, jadi tertegun ngedenger celetukan Olga. Gak nyangka Olga bakal ikutan prihatin. Soalnya dari tadi kan Olga cuek aja.
"Wah, bener juga, ya. Terus terang selama ini saya emang belon pernah ngomong soal ini sama dia," ujar Venska.
Selanjutnya Wina dan Olga nggak ngomong apa-apa lagi. Mereka cuma bisa ngedengerin keluh kesahnya Venska aja. Tapi Olga nggak tau kalo keluhannya Venska ini sebetulnya terlalu sepihak. Terlalu memojokkan cowoknya Venska.
Tiba-tiba keesokan harinya Venska datang pada Olga. Dia bilang kalo sarannya itu ternyata manjur bukan main. Ya, setelah tu cowok diajak ngomong panjang lebar, diberi pengertian ini-itu, dia bisa ngerti, "Dan sekarang ini doi udah lengket lagi sama gue," ujar Venska bangga.
Olga disalamin sama Venska.
"Gimana kalo kita ke kantin"" ajak Venska pada Olga dan Wina. Olga dan Wina oke aja.
Dan ketika di kantin Olga ditawarin kenalan sama cowoknya Venska. Venska ini sebetulnya orangnya rada suka pamer, dan bisa jadi kemaren itu dia sebetulnya nggak punya masalah apa-apa. Cuma karena dia mau mamerin cowoknya yang kece itu dia jadi ngarang satu masalah.
Dan besok-besoknya Olga bener-bener dikenalin sama cowoknya Venska. Kebetulan cowoknya Venska nga
ter Venska ke sekolah. Tapi Olga jadi kaget banget setelah tau bahwa cowoknya Venska itu adalah cowok kece yang dikenalnya di salon.
Cowok inilah yang dalam beberapa hari ini telah menguasai mimpi-mimpi Olga. Olga jelas pentalitan begitu dikenalin oleh Venska.
"O-Olga...," kata Olga gemeter.
"Tara," ujar Tara dengan suara jantannya.
"Oe, eh...." Olga jadi kikuk. Wina jadi heran.
"Kenapa kamu, Ol"" tanya Wina.
"Nggak. Nggak apa-apa."
Semenlara Venska senyum-senyum aja ngeliat Olga rikuh begitu.
"Oh, eh, Vens...," tukas Olga pada Venska. "Kapan kalian punya masalah lagi" N-nanti kalo ada masalah lagi cerita-cerila ke saya, ya" Kali aja masalahnya berat dan nggak terpecahkan... ya, mudah-mudahan sih begitu...," ujar Olga sambil tersenyum manis pada Tara. Wina bengong. Sedang Venska melongo kayak sapi dongo!
9. SERUM JAP. JAP, JAP! Olga mengerjap-ngerjapkan matanya hingga bulu matanya yang lentik itu saling bergesekan satu sama lain.
"Debu sialan!" maki Olga ketus pada debu nakal yang beterbangan sehingga mengusik matanya. Tapi angin di luar terus-menerus bertiup kencang menerbangkan debu-debu yang berserakan di halaman sekolah.
Siang itu Olga dan Wina sebetulnya lagi pengen nyante di kantin seabis pelajaran olahraga, yang materi pelajarannya berupa lompat. kodok mengelilingi lapangan. Tapi debu sialan itu terus-terusan mengusik ketenteraman Olga. Akibatnya sejak tadi Olga selalu pentalilan. Kadang mengucek-ucek matanya yang kelilipan debu. Kadang menyeka keringet di ujung idungnya. Sedang Wina, yang aman dengan kacamata itemnya, nampak asyik menyedot-nyedot es jeruk.
Kemarau panjang emang bikin suasana jadi suntuk.
"Gersang banget, ya, Ol"" ungkap Wina sambil memandangi lapangan yang mulai mirip padang pasir, apalagi beberapa kambing kurus piaraan orang kampung pada asyik ngadem di situ. Karena kurus, sepintas lalu jadi kayak onta!
"Iya. Seger dan merangsang."
"Apanya yang seger dan merangsang""
"Itu, paha kambing itu... kalo disate!"
"Ih, sadis lu!"
Kebetulan Pak Burhan, guru olahraga, gak bisa nerusin pelajaran akibat harus ikutan rapat. Sedang anak-anak lain udah pada ngacir ke kantin. Tapi ada juga beberapa cowok yang nekat panas-panasan main basket. Malah ada yang asyik berjemur sambil telanjang dada di lapangan. Dari jauh, mirip ikan asin yang lagi dijemur.
Olga menghela napas. Dan menuju ke Bu Kantin buat mesen es jeruk. Seperti biasa, Olga suka becanda dulu sama Bu Kantin sebelum mengutarakan pesanannya. Olga menepuk bahu Bu Kantin, kebetulan lagi asyik ngegoreng tahu sumpel, keras-keras. Biasanya sih kalo ditepok begitu, Bu Kantin dengan hot langsung ngebales. Tapi hari itu tanggepan Bu Kantin adem ayem aja. Bu Kantin cuma menoleh sejenak ke arah Olga dengan senyum yang digantung. Wajahnya nampak mendung. Lalu kembali larut pada pekerjaannya ngegoreng tahu sumpel. Tepukan Olga sama sekali gak dibales. Olga jelas kaget.
"Ee... Mpok Jali, ade ape, nih" Kok jadi gulem gitu, sih" Kaga sari-sarinye...," tanya Olga yang juga ngerasa gak enak ati ngeliat sikap Bu Kantin.
Bu Kantin mengangkat tahu sumpelnya yang udah mateng. Dan meniriskannya di atas wajan agar minyaknya turun.
Sementara Wina yang paling sebel kalo udah ngedenger Olga berlogat ala Somad bin Indun, menghardik dari jauh, "Olga, apa-apaan sih, ngomong lo itu" Jijai, ih!"
Tapi Olga gak peduliin Wina. Olga masih penasaran sama kelainan yang melanda Bu Kantin. Dan Bu Kantin telap gak mau buka mulut. Padahal udah Olga kitik-kitik pinggangnya, pake sodet yang masih panas.
Tapi sejenak setelah selesai dengan kesibukannya meniriskan tahu, Bu Kantin mulai mengalihkan perhatiannya ke Olga.
"Ibarat kate, majalah MODE bacaan kite, kalo ada masalah cerita aje, Mpok Jali," pancing Olga lagi dengan gaya pantun Betawi.
"Aer di panci udeh mendidih, hati ini lagi banget sedih, Neng Ol," balas Mpok Jali dengan pantun juga, tapi lesu.
"Ya amplop, kenape emangnye, Mpok, pake sedih-sedihan segale"" tanya Olga penuh perhatian.
Sedang Wina dari tadi udah nutup kedua kupingnya pake bakwan anget. Bukannya Wina gak mau peduli ama masalah Mpok Jali, cum
an doi sebel aja ngeliat gaya ngomongnya Olga yang pake pantun-pantunan dan monyong-monyongin mulut segala. Mentang-mentang sih Olga lagi niru gayanya Somad bin Indun, yang maaf-maaf aje nih, rada monyong juga mulutnye.
"Si Sari, anak Mpok satu-satunya sakit keras, Neng Ol. Katanya sih mesti diopname," kata Mpok Jali lesu sambil memasukkan tahu satu per satu ke dalam wajan penggorengan.
Suaranya berdesis. "Sakit" Pantesan tu anak jarang keliatan beredar di sini. Sakit apaan, Mpok""
"Kalanya sih, kanker!"
"Kanker"" Olga kaget.
"Iye, kanker. Katanya mesti diopname buat pengoperasiannya, Neng Ol."
"Kenapa gak buru-buru diopname, Mpok"" Olga bertanya lugu.
Bu Kantin menatap Olga dengan senyum getir.
"Neng Ol... Neng Ol... dari marie Mpok punya duit, kalo mesti ngoperasi si Sari" Mpok denger biayanya sampe jutaan," akhirnya Bu Kantin menjawab dengan lesu. Saat itu wajah Olga juga ikut-ikutan lesu. Rasanya mo ikut-ikutan nangis, ngeliat Bu Kantin mulai menitikkan air mata. Ya, Sari anak yang manis. Yang baru kelas 3 SMP. Permata hati keluarga Pak Jali.
Olga pun buru-buru menghentikan obrolannya dengan Bu Kantin. Lalu bergegas ke arah Wina.
"Win, udahan, Win, nyantenya. Ada yang harus kita kerjain!" sentak Olga sambil ngelepasin bakwan anget yang nempel di kuping Wina.
Wina yang saat itu juga asyik nyedot es jeruk, tentu aja jadi kalang-kabut, sampe sedotan yang sejak tadi asyik dikulumnya masuk beberapa senti ke tenggorokan.
"Olga, jangan gila lo, ya"" maki Wina sejadi-jadinya.
Tapi Olga cuek, dan terus berlari ke arah kelas. Sejenak kemudian Wina sudah membuntutinya setelah membayar semua yang dimakannya, sambil tak lupa mengacung-acungkan batu kerikil buat nimpuk Olga.
*** SMA Swasta tempat Olga dan Wina sekolah tergolong elit, dengan areal seluas dua hektar. Bangunannya terdiri dari dua gedung bertingkat dengan 40 kelas. Selain itu ada juga lapangan voli, basket, dan aula buat segala kegiatan kesenian.
Tapi keelitan SMA Swasta itu juga terlihat dari murid-muridnya yang belajar di situ, yang kebanyakan anak orang kaya. Sumbangan uang pembangunan pas masuk aja di atas satu juta.
Seperti Wina atau Gaby misalnya. Atau Sarah, Ferina, Safira, Agnes, Vivi, Desy, Inka, Laura, Jasmine, Maria yang bokapnya rata-rata tergolong konglomerat kecil atau pejabat penting. Nah, di SMA itulah Pak Jali, suami Bu Kantin, bekerja sebagai pesuruh sekolah. Tugasnya mulai dari mukul bel, menyuguhkan teh buat para guru, sampai membersihkan kelas kalau pelajaran usai. Emang sih, Pak Jali gitu-gitu punya beberapa asisten. Tapi, Pak Jali yang mimpin semuanya.
Pak Jali adalah tipe orang yang mencintai pekerjaannya. Ia rajin bekerja, meski gajinya tergolong keeil. Mungkin karena Pak Jali sadar akan keberadaan dirinya. Tapi beberapa hari ini, Olga ngeliat Pak Iali selalu keliatan murung, dan gak konsentrasi sama pekerjaannya. Semula Olga gak tau apa yang menyebabkan begitu. Baru dari obrolannya dengan Bu Kantin kemarin sianglah yang membuat Olga akhirnya tau kenapa Pak Iali selalu keliatan murung.
Olga emang dikenal sangat akrab dengan Pak Jali. Tapi justru karena akrab itulah Olga jadi gak berani asal ngomong. Olga tau betul watak Pak Jali. Dia model orang yang gak ingin mengumbar kesusahannya sama orang lain. Pak Iali juga gak suka menadahkan tangan buat memohon bantuan.
Padahal Olga tau hidup pak Jali pas-pasan. Tapi justru itulah yang bikin Olga ngebet betul pengen ngebantu meringankan beban Pak Iali.
Diam-diam Olga mulai atur siasat dengan menghubungi teman-temannya yang dianggap bisa ngebantu. Olga lalu ngedeketin Gaby yang siang itu lagi asyik ngemil coklat sambil baca buku Biologi di bangsal sckolah.
"Hei, Gaby!" sapa Olga penuh basa-basi.
Gaby menoleh ke arah Olga.
"Eh, Olga! Ada apa, Ol" Tumben"" reaksi Gaby polos.
Olga lalu mengambil posisi duduk dekat. Gaby, dan mulai bercerita tentang musibah yang dialami Pak Jali. Gaby ngedengerin dengan tekun, sambil sesekali kepalanya terangguk-angguk tanda berminat.
Mata Olga berbinar-binar. Ngerasa dapet angin baik dari Gaby. Sejurus kemudian Olga lalu mengutarakan nialnya mint
a kesadaran Gaby nyumbang ala kadarnya buat ngebantu Pak Jali.
"Barang sejuta, dua juta, kek..., lebih juga boleh," ujar Olga.
Gaby demi ngedenger apa yang dikatakan Olga, langsung melongo.
"Gue prihatin denger cerita lo, Ol. Pak Jali emang mesti dibantu. Tapi masalahnya gue..."
"Lagi gak punya duit!" terka Olga cepat.
"Bukan itu, Ol. Duit sih ada, tapi mobil gue kudu dicat baru, Ol. Iadi kayaknya duit tabungan gue gak bisa dipake buat hal-hal yang lain dulu, deh. Gimana kalo lain kali, Ol" Pasti gue bantu, deh."
"Lo gimana, sih" Kan anak Pak Jali sakitnya sekarang! "
"Iya, Ol. Tapi..."
"Kalo gitu gak apa-apa, deh. Gue coba yang lainnya... "
"Sori ya, Ol." "Yo-a." Esoknya Olga lalu mencari-cari Fiona, Sarah, Ferina, Safira, Agnes, Vivi, Desy, Tino, Rudi, dan Eugene. Tapi jawaban anak-anak Jernyata kurang lebih sama. Karena pas bentrokan dengan kebutuhan lain yang mendesak. Seperti Fiona gak bisa nyumbang karena abis taun ajaran nanti dia mo jalan-jalan sama tantenya ke Jerman.
Sedang Safira waktu disamperin Olga, dia udah punya feeling bakal dimintain sumbangan.
"Ol, sori deh, Ol," ujar Ferina.
"Eh, lo kok udah tau kalo mo gue mintain bantuan."
"Soalnya..." "Fir, gue cuma minta pengertian lo aja. Anaknya Pak Jali kena kanker, lo kan banyak duit, gue minta bantuan buat mengopname anaknya ke rumah sakit. "
"Gue ngerti Ol, tapi kan lo tau, gue sama anak-anak mo bikin pagelaran busana anak muda di hotel bintang empat. Sampe detik ini kita-kita belon dapet sponsor. Mungkin, untuk sementara mereka mo pake duit gue dulu."
"Ya, udah. Gue doain moga sukses deh acara lo itu."
"Sori ya, Ol." Tapi yang lebih nyebelin adalah Tino, yang semua anak tau kalo dia anaknya seorang konglomerat. Bapaknya Tino suka nongol di koran atau tipi karena sering nyumbang ini-itu ke orang-orang miskin. Olga pikir pasti anaknya juga punya rasa sosial yang sama seperti bapaknya, taunya kagak.
"Tin, lo sama sekali nggak mau nyumbang""
"Bukannya nggak mau nyumbang, Ol. Tapi gue lagi nggak punya duit."
"Ya, lo kan bisa minta ke bokap en nyeritain masalah ini sama dia. Pasti dia tertarik."
"Nanti, abis nyumbang masuk koran nggak" Soalnya bokap gue nggak mau nyumbang kalo nggak masuk koran, Ol."
Olga terpaksa nginyem ngedenger jawaban Tino itu.
Sementara itu Olga juga gak bisa secara terbuka nyari bala bantuan itu ke temen-temen lainnya. Karena Olga takut Pak Jali tersinggung kalo sampe tau. Akibatnya Olga kelimpungan sendiri. Tapi niat mo ngebantu Pak Jali udah telanjur tertanam dalam hati. Olga pantang mundur. Untung Olga dapet dukungan penuh dari Wina, yang orangnya gampang tersentuh ama hal-hal mengharukan.
"Nah, makanya lo mesti bantu gue, Win. Nyari dana buat Pak Jali," tawar Olga demi ngeliat sisi kemanusiaan Wina mulai terbuka.
Wina manggut-manggut. "Tapi kita gak usah minta-minta lagi ke temen-temen deh. Paling-paling mereka juga bilang gak ada," kata Olga lagi.
"Maksud lo, Ol"" tanya Wina bego.
"Kita kumpulin duit sendiri!" jawab Olga pasti.
"Caranya""
"Itu yang harus kita pikirin!"
Wina manggut-manggut lagi.
*** Hari itu Olga nampak mengelus-elus sepatu roda kesayangannya, yang dibeli dari honor jadi penyiar di Radio Ga Ga beberapa bulan yang ditabung. Sepatu roda warna pink itu sebetulnya punya banyak kenangan buat Olga. Ya, gimana enggak, Olga berhasil ngebeli sepatu roda itu dari kerja kerasnya jadi penyiar. Harga sepatu roda keren itu konon nyaris lima ratus ribu lebih. Nah, sepatu roda itulah yang kini mo dilego oleh Olga buat ngebantu Pak Iali. Makanya sejak tadi Olga mengelus-elus sepatu rodanya itu, sebagai tanda perpisahan. Sebab biar gimana juga, Olga masib sayang sama sepatu rodanya. Tapi niat Olga untuk ngebantu Pak Iali udah bulet banget. Lagian, inilah kesempatan Olga buat berbuat sesuatu yang berarti buat dirinya. Kenapa harus disia-siakan"
Olga kemaren siang udah ngobrol-ngobrol lagi sama Mpok Jali di kantin. Menurut Mpok Jali, biaya yang diperlukan buat ngoperasi Sari sekitar tiga juta perak. Saat ini tabungan Mpok Jali gak lebih dari lima ratus ribu. Jadi masih kurang sekilar dua juta setengah
. Nah, itulah yang bikin Mpok Jali pusing.
Mpok Jali emang jauh lebih terbuka dari suaminya dalam hal menerima bantuan. Tapi saat itu Olga emang gak berani janji sama Mpok Jali pengen ngasih bala bantuan. Olga hanya bilang pengen berusaha ngeringanin beban yang ditanggung Mpok Iali. Makanya Mpok Iali terharu betul waktu Olga mengutarakan niatnya.
Dan sekarang Olga masih menimbang-nimbang sepatu rodanya. Olga kebetulan udah punya calon pembeli. Si Tuesday yang emang udah lama banget pengen beli sepatu roda yang kayak Olga. Emang warna dan model yang Olga punya udah jarang ada yang jual. Maklum, barang import asli.
Waktu itu Tuesday berani bayar sampe empat ratus ribu. Tapi karena Olga sayang banget sama sepatu rodanya, tentu aja keinginan Tuesday dilolak menlah-mentah, tapi sekarang persoalannya lain.
Tuesday juga sempet kaget waktu Olga dateng ke rumahnya nawarin sepatu roda itu.
"Kenapa tiba-tiba lo mo jual, Ol" Udah rusak, ya"" tanya Tuesday curiga.
"Ah, enggak, Tues. Masih oke, kok. Cuma gue kebelulan lagi butuh duit bunget, nih. Lo beli, deh."
"Berapa, Ol"" Tuesday masih gak yakin, meneliti sepalu itu liap detil. Siapa lau ada yang rusak.
"Dulu lo nawar empat ratus, kan""
"Ya, tapi sekarang jangan segitu, dong. Gimana kalo tiga ratus aja"" tawar Tuesday.
Olga berpikir sejenak. "Tiga setengah, deh!"
"Udah, pasnya tiga ratus tujuh lima ribu!"
"Oke!" ujar Olga nyengir.
Waktu Olga nerima uang dari Tuesday, Tuesday masih mikir. Kayaknya ada yang salah dalam tawar-menawar tadi. Tapi., ah, cuek!
"Eh, Ol...," tahan Tuesday waktu Olga mau ngibrit.
"Apaan"" Olga rada cemas.
"Eng, uangnya buat apa, sih""
"Rahasia, dong..."
"Ngegugurin kandungan, ya""
"Enak aja!"

Olga 05 Backstreet di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Itu adalah uang pertama yang diperoleh Olga buat ngebantu Pak Jali. Selain itu Olga juga ngebok celengan yang recehan seratus perak semua, dan ngambil di ATM sebesar seratus ribu rupiah. Lalu menyisakan honor siarannya bulan itu.
Sementara itu yang dilakukan Wina gak jauh sama Olga. Wina berusaha nawarin pianonya ke temen-temen. Kebetulan itu bukan piano kesayangan Wina. Soalnya Wina emang gak bisa main piano. Dulu waktu beli piano itu emang cuma buat hiasan doang. Sekarang Wina ngerasa piano itu cuma menuh-menuhin gudang aja. Ya, mamanya udah nyimpen piano itu di belakang, diganti sama orgen.
Sebetulnya mamanya Wina emang kepingin anaknya jago main piano. Mama Wina selalu nganjurin Wina kursus piano. Tapi dasar gak bakat sama sckali, ya susah juga. Tiga bulan ikut les, Wina cuma masuk dua kali. Itu juga pas pelajaran gimana cara ngebersihin piano, dan gimana cara nutup tuts piano. Dan piano itu tua sebelum waktunya. Abis jarang dipake. Sekarang dengan hati rela bin ikhlas binti redo, Wina berniat ngejual piano.
"Eh, Mol, mo beli piano gue enggak" Ditanggung canggih punya. Itu piano asli milik Beethoven, Iho!" tawar Wina pada Moli yang hobi banget main basket. Tentu aja Moli nolak.
"Piano" Bakal apaan""
"Ya, buat jemur-jemur ikan asin, kasur, atau apa kek. Yang penting lo beli, dah!"
"Ogah!" "Ya, udah." Wina emang gak bakat jadi sales. Begitu Moli bilang ogah, Wina langsung ngacir. Gak berusaha ngebujuk Moli kayak sales-sales lainnya.
Begitu juga waktu Wina nawarin ke Aldonova. Aldo langsung menolak mentah-mentah. Bukannya Aldo gak pengen, tapi dari mana AIdo punya duit buat beli piano" Dan Wina langsung cabut. Gak berusaha ngebujuk Aldo untuk nyolong kek, apa kek...
"Aduh, Win, jangan begitu, dong, cara jualan. Pantes aja dagangan lo gak laku-laku," kritik Olga yang nyadar sama cara dagang Wina yang salah.
"Abis gue mesti gimana, dong"" tanya Wina putus asa.
"Yang lembut, atau gimana, kek. Juga lo perlu menyanjung-nyanjung barang yang lo jual. Jelek dibilang bagus, bagus dibilang jelek, atau apa gitulah!" usul Olga.
"Wah, itu bo'ong namanya," ujar Wina risih.
"Ya, tapi begitulah etiket orang dagang..."
Buntut-buntutnya akhirnya Olga punya tugas ekstra nemenin Wina jualan. Emang susah jual piano. Olga dan Wina udah nawarin ke sana kemari, tapi gak satu pun temen-temen mereka yang berminat. Olga sadar memang gak semua orang bisa beli p
iano. Piano itu kan barang mahal. Lain soal kalo yang dijual pisang goreng. Sesial-sialnya pasti laku juga. Apalagi kalo jualannya di pasar atau di tempat keramaian. Tapi amit-amit deh kalo Olga sampe jualan pisang goreng. Bisa-bisa ditawar abang-abang.
Jadi biar susye, Wina dan Olga tetap mo jual pianonya. Akhirnya Olga punya usul, dia mau mengadakan lelang di sekolah.
"Ya, biar tambah rame, kita kumpulin aja barang anak-anak lainnya yang udah gak kepake. Trus kita lelang!"
Dengan cara begitu, anak-anak emang jadi lebih mau nyumbang. Karena gak keluar duit. Setelah todong sini todong sono, akhirnya terkumpullah bermacam-macam barang yang bakal dilelang. Ada yang ngasih apusan yang bisa mengapus sendiri, ada yang nyumbang tempet pensil peninggalan neneknya, ada yang ngasih rautan mobil-mobilan, ada yang. nyetor sweter buatan luar, ada yang ngerelain penggarisan segitiga bulet persegi panjang, bahkan bcberapa anak orang kaya yang kemaren udah disamperin Olga kini nyumbang sebuah mobil sport, kayak punyanya Yayuk Basuki, Timbul Kadir, dalam bentuk brosur!
Dan pas hari Minggu, acara lelang itu diadakan di dekat sekolah. Penduduk sekitar situ pada dateng. Dan Olga yang amat berbakat dalam hal perngocolan, jadi juru lelangnya.
"Ayo, Sodara-sodara...," teriak Olga sambil berdiri di atas kursi, "Ini sebuah rautan mobil-mobilan yang dibuat pada zaman Dinasti Ming masih kecil, ditawarkan dengan harga 150 perak. Siapa berani lebih""
"Saya, 175 perak!" tukas seorang anak kecil yang nongkrong paling depan.
"Ayo, ada lagi yang berani nawar lebih tinggi"" pancing Olga. Tapi ditunggu sampe tiga jam tawaran 175 perak itu gak ada yang ngalahin.
Akhirnya dengan rasa kesel Olga ngasih rautan mobil-mobilan itu ke si anak kecil. Ya, gimana gak kesel, Olga segaja memberi tawaran dari paling rendah biar orang-orang pada semangat nawarnya. Sekarang Olga buru-buru ngeluarin barang yang rada mahalan. Sebuah ember plastik peninggalan kepala sekolah yang dulu. Kalo barang peninggalan, menurut Olga, pasti harganya bisa tinggi.
"Ya, ini ember plastik peninggalan, harganya 5900 perak! Ayo, siapa berani nawar""
Ternyata gak ada satu pengunjung pun berminat sama ember plastik itu.
"Oke, saya turunin jadi 5800 perak!" Tetep nggak ada yang nunjuk.
"Baik, turun lagi jadi 4100 perak! Turun jadi 3210 perak. Baik, turun lagi, 2100 perak. Oke, saya turunin lagi, 1200 perak. Hah, masih gak ada yang mau" Ya, turun lagi jadi 200 perak! Gila, masih gak ada yang nunjuk juga. Gimana kalo 100 perak, Sodara-sodara""
Luar biasa, tetap gak ada yang berminat.
"Baiklah, Sodara-sodara, gimana kalo tuker sagon aja""
"Saya! Sayar Saya!"
*** Hari itu Olga dan Wina lagi sibuk menghitung keuntungan dari uang lelang yang berhasil mereka kumpulkan.
"Jumlahnya nyaris dua juta, Ol" tukas Olga girang setelah selesai menghitung.
"Wah, banyak juga ya, Ol. Yuk, kita shopping, ntar keburu abis tu duit!" ajak Wina dengan mata berbinar-binar.
"Hush! Mulai ngaco, deh!" bentak Olga sambil menepis talngan Wina yang hendak meraup duit.
Wina nyengir. "Udah cukup belum""
"Kurang, Win. Yang yang dibutuhkan Pak Jali buat mengoperasi anaknya sekitar dua setengah juta lagi. Sedang duit yang ada sama kita gak sampe dua juta. Jadi masih kurang, Win."
"Wah, gimana, ya""
Olga lantas mikir lagi. Lantas berujar, "Kayaknya kita kasih aja tu duit. Biar kurang juga, yang penting kita udah usaha. Kayaknya anaknya Bu Kantin mesti buru-buru dioperasi. Kalo enggak, sakitnya bisa tambah parah. Siapa tau Pak Jali dapet keringanan biaya dari rumah sakit."
"Ya, udah. Kita kasih aja."
"Tapi kita diem-diem aja ngasih ke Bu Kantin. Jangan ketauan Pak Jali. Ntar gak enak."
Esoknya dua anak yang lagi dirasuki malaikat kebaikan itu, pagi-pagi sekali udah keliatan ngejogrok di kantin. Matahari mulai menyemburat merah, bertengger di antara dahan-dahan akasia.
Mpok Jali sempat kaget juga menerima kedatangan mereka.
"Wah, tumben nih, pagi-pagi pada dateng. Rajin amat"" sapa Mpok Jali ramah. Tapi keliatan bahwa mendung di wajahnya belum juga sirna.
"Iya, nih, Mpok. Kebetulan tadi Wina ngejemput
saya!" jawab Olga basa-basi.
Wina mendelik. "Ngejemput apa disuruh ngejemput"" ralat Wina.
Olga buru-buru menginjak jempol kaki Wina, sebelum tu anak ngoceh lebih banyak lagi. Tapi Mpok Jali sempat sedikit tersenyum. Itulah senyum pertama yang dilihat Olga dan Wina dalam beberapa hari ini.
"Kedatangan kita pagi-pagi ke sini sebetulnya ada maksudnya, Mpok."
"Wah, apa tuh, Neng"" tanya Mpok Jali sambil meniriskan pisang goreng di wajan.
"Gimana keadaan Sari""
Suasana hening sejenak. Mpok Jali meletakkan sodelan yang tadi ia genggam. Sejurus kemudian ia menatap Olga dan Wina dengan pandangan murung.
"Makin parah, Neng. Kayaknya Sari musti buru-buru dioperasi. Kalo enggak, Mpok gak tau deh kelanjutannya. Jendolan di lehernya makin gede," Mpok Jali berkata lirih.
Olga menalap Wina. Wina menatap Olga. Kedua anak it.u saling tatap-tatapan. Wina kemudian menowel bahu Olga dengan bahunya.
"Kamu aja, deh, yang ngomong!" bisik Wina.
Olga mengangguk lemah. "Gini, Mpok. Mpok masih inget, kan, waktu saya bilang anak-anak mau meringankan beban Mpok""
Mpok Jali mengangguk. "Nah, maksud kita ke sini cuma pengen nyampein amanat dari anak-anak, Mpok. Kita disuruh nyampein ini sama Mpok buat ngeringanin beban Mpok," kata Olga seraya menyerahkan amplop tebal.
Mpok Jali terpaku sejenak. Matanya berkaca-kaca. Dan sedikit gak percaya sama apa yang dilihatnya.
"Wah, apaan, nih, Neng""
"Yang, Mpok. Seperti janji anak-anak. Mungkin sangat berguna buat Mpok," jawab Olga.
"Tapi... ini kan gak boleh, Neng..." Mpok Jali rada gugup.
"Udah, Mpok, gak usah mikirapa-apa..."
"Tapi Mpok gak mau nyusahin anak-anak..."
"Ini uang anak-anak hasil kolektif, Mpok. Anak-anak gak merasa susah cuma karena mau ngebantu Mpok. Yah, daripada duit ini dibuat jalan-jalan ke Jerman, atau ganti cat mobil, atau buat bikin pagelaran busana di hotel.... "
Mpok Jali akhirnya menggenggam uang yang disodorkan Olga. Saat itu air mata Mpok Jali menetes satu-satu.
"Terima kasih, Neng Olga, Neng Wina, sampaikan salam Mpok sama temen-temen, Neng...," tukas Bu Kantin sambil mencium tangan Olga.
Sedang Wina yang gak tahan, udah menangis menggerung-gerung di bangku kantin.
*** Olga dan Wina sebetulnya udah pengen melupakan apa yang telah mereka lakukan terhadap Pak Jali. Apalagi dari Mpok Jali, Olga dan Wina dapet kabar kalo pengoperasian Sari berjalan sukses. Sari bisa sembuh. Dan yang lebih melegakan, keluarga Pak Jali dapat keringanan dari rumah sakit, hingga uang sumbangan Olga dan Wina cukup. Sampai di situ Olga dan Wina merasa tugas mereka selesai.
Sungguh, Olga dan Wina ingin melupakan.
Sampai Senin pagi itu, ketika saat upacara bendera, Pak Jali keliatan berkeras ingin naik ke mimbar upacara. Diiringi Kepala Sekolah, Pak Jali yang renta, dengan pakaian lusuh, mendampingi Kep Sek yang seperti biasa memberi wejangan.
"Anak-anak...," tukas Kep Sek membuka ucapannya di podium, "di sisi saya Pak Jali, yang kita kenal sebagai penjaga sekolah kita. Tadi Pak Jali sempat meminta waktu khusus untuk bisa tampil. Ada hal penting yang perlu Pak Jali sampaikan untuk kalian semua. Pak Jali ingin mengucapkan rasa terima kasih atas kebaikan kalian semua. Saya atas nama Pak Jali, juga ingin menyampaikan rasa salut yang sebesar-besarnya kepada anak-anak tercinta. Apa yang telah kalian lakukan terhadap Pak Jali, luar biasa sekali. Saya bangga. Perbuatan kalian, perbuatan mulia. Karena bantuan kalianlah, penderitaan Pak Jati dapat teratasi. Kami dan para guru ingin mengucapkan rasa syukur, karena tanpa imbauan dari kami, kalian telah bergerak sendiri. Keprihatinan kami atas tingkah pelajar sekarang yang suka berantem, nakai, terkikis oleh perbuatan baik kalian saat ini. Malah kami sebagai pendidik di sini merasa malu, kenapa justru hal-hal seperti itu sampai luput dari perhatian kami. Mungkin peristiwa ini akan memberikan pelajaran bagi kami, bahwa mata kami harus lebih terbuka lagi melihat kcsejahteraan karyawan bawahan macam Pak Jali. Tapi betapapun, terima kasih buat kalian semua yang tanpa disuruh telah punya kesadaran untuk meringankan beban Pak Jali."
Anak-anak cum a melongo mendengar ucapan Kep Sek. So pasti karena anak-anak gak ngerasa berbuat apa yang dipujikan Kep Sek. Tapi ada anak-anak sepert.i Sarah, Ferina, Safira, Agnes, Vivi, Dcsy, Fiona, Tino, dan anak-anak lain yang mengikuti upacara itu dengan masygul. Saat itu mereka merasa apa yang dimilikinya seperti gak berarti apa-apa.
Satu orang dari kita yang mau berbuat kebaikan, akan menyelamatkan seluruh eitra anak sekolah. Iya, kan, Ol!
10. DANGDUT FEVER! SEKOLAHAN Olga kali ini lagi ribut nyiapin pesta malam kesenian. Makanya sejak tadi pagi beberapa anak, dari OSIS dan dari perwakilan tiap kelas, kasak-kusuk di ruang rapat. Tiap kelas mengirim utusannya untuk ngomongin acara pesta malam kesenian tersebut. Dan Olga adalah salah satu wakil yang diutus... eh, nggak ding, dia dateng ke situ nggak sengaja. Olga sama sekali nggak niat ngebawa nama kelasnya ke dalam forum seperti itu. Olga dateng ke situ sama sekali tanpa disengaja. Gara-garanya Olga lagi males ngikutin pelajaran sejarah, tapi pas nongkrong di kantin dia kena razia, akhirnya dia cuek aja nyelonong ke t.empat rapat itu. So pasti Wina yang hadir di situ sebagai utusan resmi bingung ngeliat Olga tiba-tiba nongol.
"Ngapain lo ke sini, Ol"" sergah Wina.
"Yee, gue mana tau. Lha, elo pad a ngapain ngumpul-ngumpul di sini""
"Gue sih ikutan rapat buat pesta malam kesenian."
"Oo, kalo gitu ya gue ikutan rapat juga, deh."
"Dasar! " "Dasar apa""
"Dasar negara kita Pancasila!"
Olga nyengir. Tiba-tiba sang Ketua rapat menggebrak-gebrak meja. Tanda rapat dibuka kembali.
"Oke, oke, udah hampir setengah jam lebih kita rapat, tapi belon juga ada keputusan kita mau mentasin apaan."
Fahrul dari kelas I A3 menyela, "Dari tadi kan udah saya usulin, untuk meramaikan pesta malam kesenian tahun ini kita pentasin aja sesuatu yang lain daripada yang lain."
"Bener, tuh! Taon kemaren kita kan udah ngegelar musik metal, taon kemarennya lagi ngegelar jazz, en taon-taon kemaren-kemarennya lagi ngegelar..."
"Tiker!" "Sial lo." "Iya, tapi apaan yang dimaksud dengan sesuatu yang lain daripada yang lain itu"" si Ketua angkat bicara.
"Iya apa""
"Lho, kok malah nanya."
"Ini aja, bikin pentas musik dangdut!" tiba-tiba ada suara menyela.
Demi mendengar usul menggelar pentas musik dangdut hampir semua peserta rapat langsung terperanjat, dan sedetik kemudian, "Setujuuu!!!"
"Eh, siapa itu tadi yang ngomong"" sang Ketua celingukan.
"Iya, siapa itu yang usul""
"Utusan dari kelas berapa, tuh""
Olga yang ngomong iseng-iseng jadi gelagapan. Soalnya Olga ngomong asal aja. Taunya usulnya dianggap brilyan.
"Siapa sih yang usul itu""
"Ini, Olga!" teriak Wina.
"Bukan, bukan!" balas Olga.
"Siapa" Olga""
"Olga""""
"Anak kelas berapa, sih""
"Kelas satu empaaat...!" teriak Wina lagi. "Nih dia, anaknya."
Sang Ketua rapat langsung memandang Olga dengan penuh kekaguman. Mulutnya masih berdecak-decak, "Siapa nama kamu" Olga""
Olga manggut-manggut bingung.
"Olga" Oke, kita setuju dengan usul kamu mentasin musik dangdut. Ya, sekali-sekalilah kita tampilin musik seperti itu!"
"Iya, saya pikir juga oke, tuh. Toh, musik dangtut, itu...," sela Fahrul.
"Dangdut!" "Iya, dangdut itu kan musik kita juga. Artinya, ia kudu dapet tempat yang sama dalam acara malam kesenian sekolah kita. Jangan cuma jazz, metal, rap, atau pop m'lulu. Saya setuju itu kalo yang lain setuju!"
"Ya, ya, tapi inget," tukas sang Ketupat-Ketua Rapat-lagi seraya menunjuk Olga, "berhuhung ini ide kamu, kamu yang harus cari pemusik en penyanyi dangdut yang lain daripada yang lain atau yang orisinil sekali. Kita, nggak mau kalo kamu nampilin penyanyi dangdut yang kayak di tipi-tipi itu. Soalnya mereka terkesan ikut-ikutan doang!"
Olga yang nggak tau-menau itu jadi kena batunya. Gara-gara usulannya, Olga juga ditugasin nyari pemusik sekaligus penyanyi dangdut yang diinginkan dalam rapat. Aduuh, tugas yang amat menyebalkan. Soalnya, penyanyi dangdut kan jarang ada yang keren! Wina cekikikan ngeliat Olga bingung. Olga mo protes merasa percuma. Karena sebagian pemimpin rapatnya itu anak kelas dua dan tiga. Kalo Olga nekat pro
tes, pastilah dia kena maki abis-abisan.
"Udah, Ol," colek Wina, "terima aja tugas mulia ini. Itung-itung cari pengalaman. Hihihi."
Dan rapat siang itu langsung dianggap kelar. Anak-anak pun langsung bubar. Tinggal Olga dikurung bingung.
"Win, kenapa bisa jadi begini, sih""
"Salah lo kenapa pake ikutan usul segala!" ujar Wina sambil bersiap-siap ke luar ruang rapat.
Yah, apa boleh buat. Olga terpaksa harus nyari penyanyi dangdut yang keren tapi orisinil. Nggak kampungan seperti yang di tipi-tipi itu.
"Win, kira-kira penyanyi mana yang harus gue huhungin, ya"" Olga berusaha menjejeri langkah Wina yang menelusuri koridor sekolah. Ya, soalnya deadline yang diberikan sang Ketupat mepet banget.
Wina dengan spontan menyebutkan beberapa narna penyanyi dangdut terkenal. Hamdan ATT, Mukbsin Alatas, Rhoma Irama, Jaja Miharja, Meggy Z, dan lain-lain.
"Gila, kok lo hapal segitu banyak penyanyi dangdut, sih"" Olga heran.
"A-anu, gue cuma denger-denger aja, kok," kilah Wina sambil nyengir.
"Wah, jangan-jangan lo emang udah mulai suka dangdut, ya""
"Enak aja!" Wina merengut. "Tapi, gimana, dong, dengan nama-nama usulan gue tadi""
"Nggak ah, nggak ada yang oke. Mereka memang penyanyi dangdut terkenal, tapi anak-anak sekolah kita mana suka ama yang begituan. Bayarnya mahal. Ntar gue lagi yang disalahin...."
"Lho, jadi penyanyi dangdut yang gimana, dong""
"Ya, yang lain daripada yang lain itulah. Yang orisinil dan mengagungkan musik dangdut sebagai. musik!"
Olga dan Wina terus saja mikir. Mereka sampe lupa masuk kelas, meski dua jam pelajaran terakhir baru aja dimulai.
Pada saat sampe titik bego, tiba-tiba Olga teringat pada Somad.
"Hei, kenapa nggak kita huhungi Somad aja""
"Somad"" Wina memandang Olga. Kok ya masih inget terus sama makhluk begituan"
"Iya, Somad. Dia kan tampangnya dangdut asli!"
"Iya, sih..." Wina menanggapi males.
"Gimana kalo sekarang juga kita ke rumah Somad""
"Ke rumah dia lagi""
"Iya!" jawab Olga semangat.
"Terserah lo!" "Yee, lo juga ikut dong, Win!"
Wina akhirnya mau juga nemenin Olga ke rumah Somad.
Di dalam Wonder kuning, Wina mengungkapkan lagi keheranannya, "Ol, kenapa lo keliatan semangat banget ngubungin Somad, sih" Karena musik dangdutnya apa karena lo kangen ama dia""
"Tau, ah!" *** Somad yang akhir-akhir ini jarang kedengaran kabarnya, jelas hepi banget demi ngeliat Olga yang tiba-tiba nongol di rumahnya. Somad nampaknya masih menyimpan 'napsu' di mata Olga. Dia langsung jejingkrakan di teras rumahnya kayak anak monyet dapet pisang sesisir.
"Nyaaak! Ade Neng Olll...!" teriak Somad ngabarin nyaknya yang lagi sibuk ngejemur kerak. Somad menarik-narik kain nyokapnya. Olga dan Wina jadi nggak enak ati.
"Ol, kita balik aja, yuk"" saran Wina.
"Udah tanggung, bego."
"Tanggung apa tanggung"" goda Wina sambil ngelirik.
"Lo apa-apaan, sih!!!" bentak Olga pada Wina yang ngeledek mulu dari tadi.
Sementara itu Somad jadi kaget banget.. Disangkanya teriakan Olga itu dilujukan kepadanya.
Somad buru-buru bersikap sopan.
"Eh, maap, maap, Neng Ol. Aye nggak tau kalo Neng Ol mo dateng kemari. Jadinya a-aye belon siap ape-ape. Maap, sekali lagi maap."
"Oh, nggak pa-pa, kok. Kita dateng mendadak soalnya ada perlu."
"Wah, ade perlu ape, ye""
"I-ini perlu ini."
"Ya ampun, kenape kite ngobrol di luar. Mari masup, Neng Ol, Neng...." Somad menat.ap Wina. Dia lupa narna Wina.
"Wina!" Wina menyambar cepat.
"Iya, Neng Mina mari masup."
"Wina bukan Mina!"
"Iye, deh. Neng Mirna."
"Yeeeee!" Wina memandang Somad mangkel.
Kehadiran Olga dan Wina gak cuma merupakan kejutan bagi Somad end his family, tapi juga buat warga kampung situ. Sebagian tetangga juga pada salut sama kebahenolan Olga dan Wina. Dan para penduduk yang pernah ngeliat Olga, menyangka bahwa Olga itu bener-bener sukaannya Somad. Jadi selama Olga, Wina, dan Somad mengobrol, mereka pada nongol di jendela.
"Kalo yang atu lagi itu siape"" tanya seorang tetangga sambil cuek nunjuk ke idung Wina yang duduk deket jendela biar adem.
"Romannya sih temennya," ujar yang di sebelahnya.
"Dia pan yang bawa mobil sedan nyang bekelir kuni
ng itu, ye" Yang canggih banget kayak Kenit Reder! "
"Paten, ye. Eh, Din, lo gaet aje temennya sukaan Somad itu, masa !o kalah ame Somad!"
Wina yang denger jelas banget percakapan itu, mendelik sewot banget ke arah gerombolan anak muda kampung yang ngintip secara terang-terangan di jendela.
"Bukannya aye kalah, Cing. Cuma ayenya aja yang belon sreg!" ujar yang dipanggil 'Din' cuek.
"Ah, lo sih dari dulu srag-sreg m'lulu!"
Waktu mereka pindah ke kursi yang rada ke tengahan, kerna kuatir pembicaraannya disadap, terlihat nyaknya Somad ngebopong kayu bakar buat masak aer.
"Nggak usah repot-repot, Mad," tukas Wina.
"Nggak ape-ape, cuman aer doang."
"Begini, Bang Somad," Olga mulai membuka percakapan.
"Begimane, Neng Ol"" jawab Somad penuh perhatian.
"Sekolahan kita pan mau bikin acara malam kesenian," tanpa disengaja logat bicara Olga menyesuaikan diri dengan logat Betawi Somad. Olga emang udah expert banget. Wina jadi memandang heran ke Olga. Jangan-jangan...
"Trus begimane""
"Trus begimini, eh, begini, kita mau ngundang Bang Somad ngisi acaranya."
"Ngisi acare malem kesenian di sekolah Neng Ol""
"Iya." "Wah, kalo gitu kita mau be'eng! Ngomong-ngomong aye disuruh ngisi ape, nih""
"Ngisi aer...!" celetuk Wina cuek.
"Aduh, pasti deh Neng Mirna nyindir aye, ye" Maap deh, Neng Mirna, aernya belon mateng. Emangnya Neng Mirna udah aus banget, ya" Begimane kalo aye beliin limun cap Kuda Terbang""
"Nggak usah, nggak usah!" tangkis Wina.
Tanpa peduli Wina yang bawaannya sewot melulu saban ketemu Somad, Olga tancap gas aja mengutarakan isi hatinya, "Bang Somad kan bisa nyanyi dangdut. Lagi Bang Somad kan kenai ama pemusik-pemusik dangdut yang masih asli. Nah, kita harap supaya Bang Somad mau ngebawain lagu dangdut. Bisa, kan""
"Jelas bisa, Neng Ol. Pan aye emang demen banget ama dangdut. Di orkes dangdut kampung sini aye terkenal paling jago main kecrekan, Neng Ol. Malah aye punya grup orkes nyang namanye Pancaran Ulu Hati."
"Kalo bisa Bang Somad bawain lagu dangdut yang bener-bener dangdut," lanjut Olga lagi tanpa tertarik sama promosi diri Somad.
"Kalo bisa ada penari-penarinya juga," tambah Wina.
"Bisa, gancel itu. Pokoknye gampang, deh. Atao Neng Mirna mo jadi penari latarnya""
"Enggak!" tolak Wina tegas.
"Kalo gitu kita permisi dulu, ya," Olga langsung berdiri, hingga palanya kejeduk petromak yang digantung di silu.
"Eh, ati-ati kejeduk, Neng!" ujar Somad ketika ngeliat Olga mengusap-usap kepalanya.
"Udah kejeduk, kok!" ujar Olga sebel.
"Iya, kita pamit, Mad," Wina ikutan berdiri dengan hati-hati.
"Lho, kok buru-buru. Bentar lagi aernya juga mateng."
"Makasih, deh. O ya, jangan lupa, ya. Waktunya udah mepet banget. Insya Allah, besok kita nengok ke sini lagi, deh! Ngeliat perkembangannye...," ujar Olga.
"Wah, bener, ye" Abang jadi semangat latihan, nih, kalo ditengokin situ."
"Insya Allah," Wina dan Olga berjalan ke arah pintu.
"Eh, bener, nih, gak minum dulu""
"Makasih, deh, Mad."
"Atau mau dibungkus aja pake sedotan""
"Tak usah." Somad menatap kepergian Olga dan Wina dengan mata berbinar-binar. Dia mendadahi Wonder kuning yang membelah jalan berdebu dan berbatu itu. Beberapa tetangga Somad juga mengikuti laju gerak mobil yang diisi oleh dua makhluk kece itu.
Berikutnya Somad langsung ngetok kentongan di pos hansip depan rumahnya. Bunyi kentongan itu bukan menandakan bahaya melainkan sukacita. Praktis saban denger kentongan, orang sekampung, pada ngumpul.
"Ade ape, Mad" Siape yang mo hajatan"" tanya orang-orang ketika udah berkumpul di depan Somad.
"Si Somad punya hajat. Mo kawin kali tu anak, baru aja sukaannye dateng ngebesuk!" bisik orang sekampung.
Somad dengan gaya mantep banget, berusaha menerangkan duduk perkara, "Bukannya aye yang punya hajatan, tapi sukaannya aye, Neng Olga, dateng kemari mo ngundang orkes dangdut kita manggung di sekolahnye. Jadinye buat seluruh warge harap berpartisipasi. Soalnye ini menyangkut harkat dan nama baik orkes dangdut kampung kite. Begimane""
"Wah, bagus tuh, Mad. Tandenya orkes dangdut kite udah diakui ama orang-orang gedongan. Kapan sukaan ente o
rang gedongan," dukung Syafe'i, nyang seari-arinya dagang tape.
"Tapi pagimane ceritanya ampe sukaan elo mo ngundang orkes dangdut kampung, sini"" celetuk Markoh.
"Aye nggak tau persis, tapi yang jelas die ade perhatian ame aye. Jadinya mulai malem ini kite para pemude en pemudi ngumpul di pos hansip buat latihan. Kite perlu orang banyak, karena sukaan aye itu juga minta ade penarinya. Makanya perawan-perawan yang masih botoh diharap nimbrung! Okeh" Okeh, ye" Jangan lupa ntar malem latihan, dan bawa bekel sendiri-sendiri buat konsumsi!!!" Somad lalu mengetuk kentongan tanda bubar.
Malemnya pos hansip depan rumah Somad jadi rame dengan pemuda en pemudi yang latihan orkes dangdut. Bapak-bapak dan ibu-ibu juga banyak yang nimbrung. Di antara mereka ada yang ngebawain singkong rebus, kacang goreng, ketan, atau teh dan kopi.
Mereka menganggap kalo orkes dangdut ini merupakan salah satu kebanggaan kampung. Jadinya mereka juga harus menyokong sebisanya. Bagi warga yang nggak punya apa-apa pada bantu doa!
So pasti para pemain orkes dangdutnya jadi semangat banget. Karena merasa di-tut wuri handayani-kan oleh orang-orang tua situ. Dan yang paling semangat jelas Somad. Dia selain jadi vokalis utama, juga mengkoordinasikan latihan ini.
Olga dan Wina sesekali juga dateng berkunjung sambil bawa bakery. Malahan Wina suka ngasih saran kepada para penari latarnya. Olga ngerasa pemuda-pemuda kampung tempat Somad tinggal itu bisa diajakin kompak dan bermusyawarah. Mereka masih tulus dan nggak macem-macem. Yang dijunjung oleh mereka adalah kebersamaan. Olga diem-diem terharu ngeliat kejadian ini. Apalagi orang tua di situ nggak bosen-bosen ngasih petunjuk kepada para pemusik agar lebih kompak lagi.
Belakangan, Wina malah ikut-ikutan goyang pinggul di antara penari latar. Jago juga dia. Malah kebiasaan itu dia bawa pulang. Walhasil di deretan koleksi kasetnya, selain lagu-Iagu Debbie Gibson, juga berjejer kaset dangdut. Malah dia mengoleksi Begadang satu, dua, tiga dari Soneta grup, dan lagu Mabuk Lagi.
Dan menjelang hari 'H' -nya, Olga sempet ditanyain sang Ketupat, tentang pengisi malem kesenian itu.
"Gimana, Ol, dengan acara puncaknya""
"Insya Allah beres!"
"Iangan sampe gagal lo, Ol!"
"Lo liat aja nanti."
Dan sang Ketupat rada kagum juga atas usaha keras Olga.
Dan pada hari 'H' -nya, orkes dangdut Pancaran Ulu Hatinya Somad yang ditunggu-tunggu itu ternyata menyajikan pergelaran yang bagus banget. Mereka memperhatikan komposisi panggung dengan apik, menampilkan keorisinilitasan, dan gaya panggung yang mencengangkan oleh Somad.
Ketika Somad baru saja mengucapkan assalamualaikum, para penonton sudah bergemuruh. Wajar aja, soalnya memberi salamnya Somad, sambil ngelempar duit cepekan segenggam ke arah penonton, sih!
Tapi yang jelas para penonton terpesona dan terpana menikmati persembahan musik dangdut itu. Mereka, meski rada sungkan-sungkan, tapi jempol kakinya pada sibuk menari-nari. Kep Sek yang tadinya malu-malu berjoget, sempet pura-pura ke kamar mandi segala buat sedikit latihan, akhirnya bergoyang santai di depan panggung. Gabung sama sebagian murid-murid.
Walhasil guru-guru yang lain dan anak-anak murid yang sebetulnya hampir semua menyukai dangdut pada, turun berjoget. Mereka betul-betul merasa terempas dari beban gengsi yang selama ini mengimpit. So pasti Wina yang udah fasih banget itu jadi bintang di dance floor.
"Ya ampun, baru sekarang inilah gue bisa joget puas di depan umum," pekik Wina sambil menaik-turunkan bahunya yang ia goyangkan pas banget dengan ketukan lagu yang dibawakan Somad. Pertanda dia apal banget sama tu lagu. Dia duet bergoyang dcngan Inka yang pinggulnya kayak penari India. Jago banget. Hi hi hi...
"Win, sebenernya lo demen dangdut, kan"" tanya Olga yang saat itu juga ikutan joget, melempar pinggulnya ke kanan dan ke kiri.
"Iya, Ol, cuma gue malu untuk mengakuinya. Abisan nggak ada anak-anak yang ngaku, sih. Gue kan takut kalo dikatain kampungan."
"Sekarang gimana""
"Sekarang gue ngerasa bebas banget. Lo liat sendiri kan hampir semua anak pada turun. Ternyata mereka punya perasaan samn
a. Takut mengakui sesuatu yang sebetulnya disukai."
"Ayolah goyang teruuus...."
Pertunjukan itu jelas sukses. Tiketnya aja terjual habis seminggu sebelum acara.
Dan setelah Somad turun panggung ia dielu-elukan. Olga juga dapet sun pipi kiri-kanan, tanda sukses dari Wina, Gaby, Sinta, Inka, Dian, dan para panitia cewek lainnya.
Somad yang melihat semua itu, merasa kalo kehadirannya atau dirinya sudah diterima di hati Olga. Tanpa tedeng aling-aling Somad juga pengen mencium Olga.
"Pacar... usaha kita sukses berat, ya...," tukas Somad.
Tapi belon lagi bibir Somad mendarat dengan pas, tinju Olga udah menghunjam congornya.
"Apa-apaan lo mau nyium gue"" bentak Olga galak.
"Lho, kita kan pacar" Masa pacar nggak boleh ngasih sun selamat!"
"Enak aja lo! Dasar tampang dangdut lo!"
Wina yang kebetulan ada di situ kaget juga anak-anak yang lain, dan lebih-lebih... Somad!


Olga 05 Backstreet di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

TAMAT tamat Kilas Balik Merah Salju 6 Fear Street - Orang Tua Kami Hilang Missing Bulan Biru Di Mataram 2

Cari Blog Ini