Ceritasilat Novel Online

Freelance 2

Olga 08 Freelance Bagian 2


"Ngapain bawa begituan, Bik" Olga kan udah makan."
"Nyonya yang nyuruh. Dan katanya Bibik harus nunggu Neng Olga makan."
Olga mendengus sebal. "Mami tuh ngajak berantem aja! Bilang Mami, Bik, biar ditungguin sampe besok pagir Olga nggak mau makan!"
"Aduh, jangan begitu dong, Neng! Nanti Bibik yang dimarahin. Makan aja deh, Neng Olga. Dikit aja juga nggak papa."
"Ogah! Biar Bik Inah aja yang ngabisin." Lalu Olga tersenyum nakal, "Makan di sini aja, Bik. Biar nggak ketauan Mami."
"Sebetulnya Bibik tadi udah makan sih, Neng. Tapi.."
"Apa Bik "nah nggak kasian sama Olga" Kalo Olga makan lagi, ni perut bakal meletus. Liat nih Bik, liat!" Olga membusungkan perutnya.
Bik Inah sambil malu-malu mulai makan. Olga tersenyum geli, meneruskan peernya.
Tiba-tiba terdengar suara Mami berteriak-teriak memanggil Olga, "Olga! Ol, telepon!"
Olga dan Bik Inah langsung panik dan berlari-larian di kamar. Olga lalu mendorong-dorong Bik Inah ke bawah tempat tidur.
Mami membuka pintu kamar Olga, heran.
"Mami melirik piring nasi yang isinya tinggal setengah, tersenyum lega. "Begitu dong anak Mami! Ehh Ol, Bik Inah-nya ke mana" Kan Mami suruh nungguin kamu makan."
Olga melotot kaget. Bik Inah di kolong tempat tidur Olga, juga melotot sambil menutup mulutnya.
"Bik Inah" Engng, t,adi, ehh tadi Bik Inah pengen pipis."
"Oh, ya udah, yang penting Olga pinter makannya. Eh iya, Ol, ada telepon tuh. Dari Ricky."
"Ricky" Kok dia tau ya telepon sini" Pasti deh Wina yang kasih tau! Awas tuh anak!"
"Udah, sana cepet, terima!"
Olga berlari menghambur keluar kamar. Mami sekali lagi menatap piring nasi dengan terharu dan bangga. "Nggak percuma ngelatih disiplin ke Olga. Akhirnya mau juga dia makan."
Bik Inah di kolong tempat tidur menahan tawa.
Olga dan Wina adu lari menuju mobil Wina. Beberapa anak SMU yang menghalangi terpaksa ditabrak. Anak-anak yang tertabrak menyumpah-nyumpah.
Olga duluan sampai mobil. Wina tersengal-sengal sambil tertawa.
"Curang lo, Ol! Terang aja gue kalah. Kaki lo pake in-line skate. Curang!"
""Salahnya, kenapa lo nggak pake! Eh lo juga curang! Ngapain nomor telepon lo kasih ke si Ricky""
Wina bengong. "Siapa yang ngasih" Kegeeran lo! Ricky nanya juga enggak. Lagian
Ol, mana pernah sih gue lancang ngasih nomor telepon lo ke orang yang belum lo kenai" Mana pernah""
"Abis si Ricky tau dari mana""
Wina kesal. "Udah, udah, jangan bikin gue ikut-ikutan mikir. Kepala gu" udah lumayan pusing mikir tes Inggris tadi. Gimana kalo sekarang kita ke salon dulu. Biasa, creambath! Abis dikasih krim, trus diembat... Kan mo ketemu Ricky...."
"Ganjen lo, Win! Baru denger suaranya aja lo udah keganjenan. Gimana kalo copy darat" Pingsan kali."
Olga dan Wina tertawa geli, lalu masuk mobil. Tidak lama, mobil meluncur meninggalkan sekolah.
Setelah dari salon Olga dan Wina memasuki ruang tunggu Radio Ga Ga. Di sana sudah menunggu Somad dengan buah tangannya. Kali ini nangka mateng di pohon. Di sebelah Somad ada seorang laki-laki hitam, lecek, dan dekil. Begitu melihat Olga datang, Somad menegur sok akrab.
"Ol, Abang bawain nangka nih! Mateng di puun, Ol."
Wina dan Olga saling pandang sambil menahan tawa.
"Duh, makasih ya" Olga mo siaran dulu. Ngobrol sama Wina deh...." Olga langsung mendorong Wina, "Sana, Win, ngobrol sama Somad."
Olga buru-buru berlari ke dalam, meninggalkan Wina yang kebingungan.
Somad menyilakan Wina duduk. "Kenalin, Win, Ri'in. Dia sodaraan sama Somad."
Wina dan Ri'in saling mengangguk tanpa suara.
Sebelum ke kotak siaran, Olga melongok ke ruang Mbak Vera. Mbak Vera sedang mengobrol dengan Mas Ray. Olga langsung nyamperin.
"Mbak Ver, Mas Ray, tolong deh sediain hadiah apa aja buat Ricky. Olga kemaren bilang, Radio Ga Ga mo ngasih hadiah buat Ricky. Udah ya, Olga mo siaran dulu!"
Tanpa menunggu reaksi Mbak Vera dan Mas Ray, Olga langsung gerabag-gerubug lagi ke ruang siaran.
Mas Ray dan Mbak Vera kebingungan.
"Enak aja si Olga. Dia yang bikin janji, kita yang harus nyiapin hadiah. Jangan diladenin; Ver. Ntar jadi kebiasaan!"
"Tapi Mas... Ricky" Oh, Ricky yang itu! Sore ini saya emang ada janji sama Ricky. Rencananya si Ricky itu mo saya jadiin penyiar baru. Suaranya oke banget!"
"Nah lho! Jadi kita harus nyediain hadiah buat dia""
Satu jam kemudian Olga muncul lagi di ruang tunggu dengan wajah riang. Wina langsung menyambut kedatangan Olga dengan sepenuh hati dan menariknya ke pojokan. "Ol, kalo lo nggak nongol lima menit lagi, gue mo guling-gulingan di lantai."
"Kenapa, Win""
"Itu pemuja lo, si Somad, ngoceh melulu bikin gatel kuping. Mana si Ri'in sodaranya yang item dekil itu kayak orang bisu. Cuma senyam-senyum, pamer giginya yang kuning. Bikin gue sakit jiwa!"
Olga menoleh ke meja resepsionis yang kosong. "Eh, si Mbak ke mana""
"Pulang duluan. Ngakunya sih sakit perut. Tapi gue yakin dia nggak tahan ngedengerin ocehannya si Somad, juragan nangka itu!"
"Win, si Ricky udah nongol belum""
Wina menggeleng kesal. "Tau tuh anak, nyasar kali! Dari tadi yang ada cuma Somad sama sodaranya."
"Ya udah, kita tunggu aja."
Olga mengajak Wina menghampiri tempat Somad duduk. Begitu sampai di depan Somad, Wina cengar-cengir. "Ol, gue ke toilet dulu ya""
Olga melotot kesal, tapi tidak bisa melarang. Olga melirik nangka yang dibawa Somad, dan berusaha ramah. "Baru panen ya" Gede banget nangkanya""
"Ini sih belum seberapa, Ol. Emaknya yang segede kambing bunting, masih nemplok di puun. Mau" Eh iya, bos-nya Olga ke mana
ya" Katanya janji mo ngasih hadiah ke sodara Somad."
"Bos Olga siapa" Mbak Vera" Mas Ray" Kapan janjinya""
"Pan kemaren Olga nyang bilang pas siaran. Masak lupa""
Olga tertawa geli. "Oh itu! Somad salah denger kali! Olga kan bilang, hadiahnya buat Ricky yang nelepon Olga. Bukan buat orang lain."
Somad menunjuk Ri'in. "Lha, ini si Ri'in yang kemaren nelepon Olga. Kalo sama cewek, dia suka ngaku-ngaku namanya Ricky."
Ri'in tersenyum sambil mengangguk-angguk. "Betul, Ol, saya Ricky, yang kemaren nelepon kamu."
Suara Ri'in, alias Ricky, terdengar begitu empuk dan simpatik.
Olga melotot kaget, meloncat dari duduknya, lalu menjerit panik, "WIINN! WINAAA! ADA RICKYYY!!!"
Wina muncul dengan terbirit-birit.
"Mana Ol" Mana si Ricky""
Olga menunjuk Ri'in yang cengengesan.
"Ituuu...." Wina menatap Olga tidak percaya.
Olga manggut-manggut serius.
Wina ping san. " 5. HANTU MALAM "MALAM itu di sekitar kampung Ceger terdengar bunyi jangkrik yang berpadu dengan suara radio dua band dari sebuah rumah gaya betawi milik Somad. Radio itu mengumandangkan sebuah lagu yang merdu. Bak buluh perindu.
Dan di kamarnya, Somad sedang mencoba kemeja terbagusnya. Kemeja lengan panjang dengan motif garis-garis dengan wama dasar putih yang dikombinasi celana panjang wama gelap. Somad berputar-putar di depan cermin ked!. Sesekali ia mengikuti irama lagu enak dari radionya itu, meski nggak bisa pas!
Setelah bajunya rapi, ia kini berkonsentrasi penuh merapikan rambutnya. Sambil nyisir ia bicara ke nyak-nya yang ada di luar kamarnya,
"Nyak, aye mau ke kantor radio sukaan aye dulu!"
"Ampe jam beraper"" terdengar sahutan cempreng nyak-nya.
"Palingan ampe jam sepuluh!"
Nyak Somad muncul di pintu. Dia lalu masuk ke kamar Somad sambil membawa kain seprai baru berwama putih. "Mau ngapain lo ke sono'""
"Nyak, sekarang Neng Ol udah mau ngobrol ama aye, dia kayaknya udah ngasih lampu ijo! Sayang, Nyak, kalo diantepin aje, kudu diserang terus. Aye udah beli kue serabi buat die!" ujar Somad sambil menunjuk ke atas tempat tidurnya. Di sana ada bungkusan kue serabi.
Nyak Somad kemudian meletakkan seprai baru ke atas temp at tidur Somad.
"Eh, Mad, tadi siang Nyak dapat arisan seprai. Nih, lo ganti deh seprai lo. Perasaan ni seprai dari jamannya Sumpah Pemuda belon pernah diganti."
Somad memandangi seprainya yang emang udah butek abis itu, lalu bergumam, "Ah, sayang, Nyak. Ni seprai biar buluk udah kelewat lengket ama aye. Die udah sering ngasih mimpi indah buat aye, Nyak. Aye kuatir kalo diganti ntar mimpi-mimpi indahnye pergi lagi."
Nyak geleng kepala. "Ya terserah lo dah. Tapi ni seprai lo pegang aje. Kalo ntar jodoh lo udah dateng, pan ni seprai bisa lo pake buat malam pertame."
Somad memandang senang ke Nyak. Ia senang nyak-nya seolah mendukung program Somad mengejar si Olga. "Iye, iye, masa sukaan aye mau ayeajak tidur di atas seprai butut, ntar malah pingsan lagi. Iya, deh, Nyak, aye simpen ni seprai." Somad menyimpan seprai itu "dengan perasaan sayang, sembari memperhatikan wamanya. "Eh, tapi ngomong-ngomong kenapa ni seprai wamanye putih begini" Ape Nyak kagak minta yang wamenye biru atau merah."
"Ya, namanya juga dapat dari arisan. Eni pan yang beli panitianye. Katanya sih bahannya bagus, campuran sutra ama benang gelasan!"
"Wah, oke punya dong, Nyak""
Nyak tersenyum lebar. Setelah meletakkan seprai barunya di meja, Somad mengambil bungkusan kue serabinya.
"Nyak, aye berangkat dulu ya."
Somad nyium tangan Nyak. "Ati-ati, Mad, inget kalo nyeberang jalan kudu liat kiri-kanan dulu, trus jangan lupa ngomong 'Numpang, numpang anak raja mau lewat.' Biar lo kagak keserempet bajaj!"
Somad mengangguk, lantas pergi. Nyak memandang kepergian anaknya dengan penuh harap.
"Di ruang tamu satpam Radio Ga Ga sedang mondar-mandir sambil melihat jam tangannya. Hari memang sudah larut. Di kantor Radio Ga Ga hanya ada dia seorang.
"Hm, tumben si Olga belon dateng. Biasanya jam segini tu anak udah nongol." Satpam duduk di meja resepsionis. Lalu ia mengkhayal, "Hm, jaga malam jadi terasa indah kalo Olga lagi tugas. Seakan-akan menjaga sebuah puri yang dihuni oleh putri cantik yang pintar ngomong. Dan rasanya orang seperti gue cukup pantas untuk menjaga Olga. Dia orangnya ngocol, riang, energik, sementara gue orangnya lembut dan penuh perhatian."
Lagi asyik-asyiknya melamun, tiba-tiba pintu masuk ke Radio Ga Ga ada yang mengetuk. Tuk, tuk, tuk. Si Satpam langsung bergairah.
"Ah, pasti si Olga..."
Sebelum berjalan menuju pintu untuk membukanya, Satpam cepat-cepat berdandan di depan kaca. Setelah oke, baru dia bergegas berjalan menuju pintu. Tapi dia tak langsung membukanya. Melainkan memanggil nama Olga dengan nada yang romantis, "Olga ya""
Tak ada sahutan. Satpam jadi penasaran, "Olga, kan""
Masih tak ada sahutan. Si Satpam tambah ge-er, "Ah, Olga emang suka bercanda. Pasti dia mau ngegodain gue."
Kemudian Satpam langsung membuka pintu. Ternyata yang ada bukan Olga, melainkan Somad yang langsun
g memasang senyum andalannya.
Satpam jelas kaget dan langsung menghardik, "Eh, elo! Mau ngapain lo malam-malam dateng kemari" Mau bikin sabotase ye""
Somad masih tersenyum. Si Satpam kemudian melihat ke bungkusan kue serabi. "Nah, itu pasti bom! Elo pasti mau bikin sensasi biar diperhatiin ama si Olga ye!"
Kemudian bak polisi menangkap penjahat di film-film action, si Satpam langsung memepetkan Somad ke tembok dan menggeledahnya. Bungkusan serabi diambilnya.
Somad protes, "Eh, Bang Satpam, aye, aye bukannya mau nyabotase, aye, aye cuma mau ngobrol doangan ama Olga. Entu kue serabi, bukan bom!"
Si Satpam nggak peduli. Sambil terus merilepetkan tubuh Somad ke tembok, ia berusaha membuka bungkusan kue itu, "Jangan-jangan bomnya ditaruh di dalam kue ini. Coba saya cek satu demi satu!"
Lalu si Satpam berusaha mengecek kue serabi itu dengan cara memakannya sedikit demi sedikit. Somad betul-betul sebal. Tapi tak berdaya. Pada saat tegang-tegang begitu, Olga datang. Olga memandang heran ke arah Satpam dan Somad. "Eh, apa-apaan nih" Lo lagi pada main jago-jagoan ye""
"Tenang, Ol, gue lagi mengamankan seorang teroris!"
Somad berusaha melambaikan tangannya ke Olga. "Halo Neng Ol..."
"Eh, Bang Somad. Halo juga."
Kemudian Olga langsung masuk ruang siaran.
Somad, yang masih dipepetkan ke tembok oleh si Satpam, kemudian berontak. "Ah, lo "apa-apaan sih" Lo kan tau kalo gue bukan teroris, dan itu bukan bom! Itu kue serabi buat si Olga! Kenapa lo ludesin."
"Eh, lo berani-berani ngebentak gue ya. Apa lo nggak tau siapa gue" Hah" Ayo keluar," suara Satpam gahar menyuruh Somad minggat.
Somad cuma bergeming. "Mau keluar sendiri atau mau gue jorokin!" ancam Satpam.
"Tapi aye mau ketemu Neng Ol dulu."
"Kagak bisa! Mulai malam ini, kalo lo mau ketemu Olga, kudu ngelangkahin mayat gue dulu!"
"Ya, kalo gitu lo mati dulu dong. Ntar gue langkahin mayat lo!"
Si Satpam tambah geram. "Enak aja nyuruh gue mati. Udah sono, keluar!" Si Satpam lalu mengeluarkan pentungan. "Apa perlu gue ambil tindakan tegas" Hah!"
Akhirnya Somad keluar dengan langkah gontai. Sementara Satpam melanjutkan menghabiskan sisa kue serabi itu.
Sambil menelusuri jalan di depan Radio Ga Ga, Somad sedih sekali. Dia amat sebal sama Satpam, yang selalu menghalangi usahanya dalam mendekati Olga. Somad memandang sedih ke gedung Radio Ga Ga sambil bergumam, "Bener juga orang kate, cinta butuh pengorbanan. Artinye aye kagak boleh ngalah ngadepin tu cecunguk. Aye kudu nyari akal "biar bisa ketemu ama Neng Ol. Tapi pegimane caranye ye."
Tiba-tiba Somad dapat akal. Dia langsung menghampiri telepon umum dan coba menelepon ke Satpam. Ia mengubah gaya bicaranya menjadi centil dan genit. '!Halo. Ini Bang Satpam" Iih, apa kabar""
Satpam yang mengangkat telepon di ruang tamu Radio Ga Ga, kaget juga mendengar ada suara merdu menyebut namanya. "Siapa, nih""
"Aduh, masa sih Bang Satpam lupa. Saya Salime."
"Salime"" "Iye, yang panggilannya Lime. Masa sih lupa, aye anak kelima dari keluarga aye, jadi dikasih nama Salime. Kalo aye anak keempat ya namanye Salimpat. Eh, waktu entu aye juga pernah nelepon Bang Satpam."
Satpam mikir-mikir. "Gini, Bang, kalo bisa aye pengen ketemu ama Abang nih."
Hati Satpam mulai dag-dig-dug. "Kapan""
"Kalo bisa sih sekarang. Ati aye udah gatel."
"Sekarang"" Satpam kemudian melihat ke ruang siaran. Olga masih asyik siaran. "Hm, emangnya Salime ada di mana""
"Dekat, kok, di telepon umum depan kantor situ."
Satpam semangat. "Oh ya" Kalo gitu boleh deh. Eh, tapi ngomong-ngomong, kenapa sih situ ngebet banget pengen ketemu saya" Biasanya orang banyak yang pengen kenalan ama penyiar, tapi kok kamu justru pengen ketemu satpam""
"Ya, terus terang saja, saya ini penggemar Radio Ga Ga. Tapi kalo kenalan ama penyiar udah bos", apa sih kelebihan seorang penyiar" Paling suaranya aja empuk, tapi kalo satpam, ah, bukan cum a suaranya yang empuk, tapi juga... ah... tau sendiri deh!"
Satpam tambah dag-dig-dug. "Iya, iya, nanti saya ke sana."
Saat itu Olga lagi muter Iagu. Jadi dia keluar dari ruang siaran untuk mengambil minum. Sambil lalu Olga ngelihat
ke si Satpam yang lagi kecentilan di telepon.
"Eh, ngapain lo cengengesan"" tegur Olga.
Sambil meletakkan gagang telepon, Satpam menyahut, "Si"p, Pak! Eh, Ol, enggak. Ada anu, ah, anu... Eh, Ol, saya mau keluar sebentar ya. Mau beli rokok."
"Terserah elo aja. Eh, tapi jangan lama-lama. Gue sendirian nih."
Satpam mengangguk. Lalu langsung keluar. Sementara itu Somad masih ada di dekat telepon umum. Dia ketawa cekikikan membayangkan kejadian yang bakal menimpa si Satpam. Rencana Somad, pas si Satpam keluar, Somad mau langsung masuk ke Radio Ga Ga. Biar niatnya untuk ketemu langsung sama Olga bisa kesampain.
Tapi lagi cengengesan begitu, tiba-tiba pun"dak Somad ada yang nyolek. Somad kaget. Pas nengok, ternyata yang nyolek orang gila berjenis kelamin perempuan. Tu orang gila dandanannya kayak artis dangdut. Mukanya menor banget. Somad sampai kaget.
"Hai, Mas, godain kita dong." .
Somad langsung kabur. Si Orgil coba mengejarnya. "Hai, Mas, jangan tinggal aku! Jangan pergi begitu saja setelah engkau mengisap maduku! Mas, berhentiii..."
Tak lama berselang, si Satpam muncul di dekat telepon umum. Dia celingak-celinguk mencari-cari Salime. "Mana dia" Katanya nunggu di dekat telepon umum"" .
Sambil nunggu, Satpam merapikan penampilannya. Tiba-tiba pundaknya ada yang megang. Satpam langsung nebak tanpa berpaling, "Salime ya""
Kemudian Satpam memegang tangan itu, masih tanpa menoleh. "Ah, Salime, tangan kamu lembut sekali, seperti tangan bidadari dari terminal."
Sambil memegang tangan, Satpam kemudian berpaling ke orang itu. Dan betapa kagetnya Satpam, karena ternyata orang itu adalah orang gila yang tadi ngegodain Somad.
"Eh, siapa lo""
"Aduh, Mas, kenapa Mas marah-marah" Apa Mas tidak ingat masa indah dulu, ketika kita berlari-lari di pinggir danau sambil menyenandungkan lagu cinta""
"Lalu orgil itu memeluk Satpam. "Mas, jangan tinggalkan aku lagi ya""
Satpam kaget. Dia berusaha menghindari pelukan dan lari. Tapi kali ini si Orgil tidak ingin kehilangan. buruannya. Dia mengejar si Satpam.
Sementara itu di Radio Ga Ga, Olga yang sedang duduk di ruang tamu sambil baca-baca majalah agak kaget melihat Somad yang tiba-tiba muncul.
"Halo, Neng Olga!"
"Eh, Bang Somad" Kirain udah pulang."
"Belon Neng. Tadi aye mau ketemu ama Eneng, tapi nggak boleh ama si Satpam. Malahan kue serabi yang aye bawa dari rumah buat Eneng dimakan semua ama die."
"Oh gitu." Tapi tiba-tiba si Satpam muncul lagi dengan tergopoh-gopoh. Rupanya dia menghindari kejaran si Orgil. Satpam ngos-ngosan banget. Tapi Satpam keliatan senang karena bisa menghindari kejaran Orgil. Hanya begitu melihat Somad yang ada di situ, ia langsung tegang lagi.
"Hah, elo ada di sini" Mau ngapain lagi lo" Sono, sono, pergi! Lo masih nggak kapok ye."
"Eh, iya, iya, aye pergi, aye pergi!"
"Cepaat pergi!"
Somad nggak banyak omong dan siap pergi. Sebelumnya Somad masih berusaha melambaikan tangan ke Olga sambil meninggalkan Radio Ga Ga, "Yuk, Neng Ol, aye pergi dulu..."
"Olga membalas lambaian Somad, lalu nanya ke Satpam, "Ada apa sih, Bang" Katanya mau beli rokok" Kok keliatan tegang banget""
"Ah, nggak ada apa-apa kok."
"Eh, Bang, kenapa si Somad lo usir" Malam ini kan di studio nggak ada orang. Cuma lo ama gue doang."
Satpam langsung geer lagi. "Bukannya malah enak, Ol""
"Enak apanya. Bentar lagi gue udahan. Wina mau ngejemput gue. Terus gue cabut. Si Ucup kan harus siaran terakhir, tapi nggak bisa dateng. Penyiar penggantinya nggak ada. Jadi lo bakalan sendirian ngejagain ni studio."
"Terus siarannya akhirnya gimana"" Satpam bengong.
"Udah gue siapin kaset. Tinggal lo puter aja."
Si Satpam mulai ketakutan. "Iya, ya, mana katanya di sini banyak penunggunya."
Nggak lama kemudian si Wina muncul. Sambil melambai Olga langsung ikut pergi sama Wina. Satpam membalas dadahan mereka dengan lambaian lesu.
"Somad kembali ke rumahnya dengan hati gundah. Ia langsung duduk di bale-bale sambil nyomot kue putu bakal cemilannya si Nyak. Nyak yang belum tidur dan lagi asyik ngejait bajunya yang sobek, heran ngelihat anaknya sedih.
""Eh, Mad, kok lo udah pulang" Emang
udah ketemu ama sukaan lo""
"Ketemu sih udah, Nyak. Cuma kagak seromantis yang aye bayangin."
"Emangnya kenapa"" tanya Nyak lagi sambil mutusin benang pake gigi.
"Entu, ade rintangan. Satpam yang ngejagain tu radio kayaknya nggak rela aye nemuin Neng Ol," Somad mencomot kue putu kedua.
"Ya, udahlah. Mending lo tidur aja sekarang. Besok kan masih ada waktu."
Nyak lalu masuk ke kamar. Tapi Somad masih sebal. Ia pun masuk ke kamar dan tiduran di kasur. Tiba-tiba dia melihat ke seprai baru dari nyak-nya. Dan dia seperti mendapat akal!
"Hm, rasanye tu satpam kudu dikasih pelajaran."
Somad langsung bangkit dari tidurnya untuk siap-siap pergi lagi.
"Di Radio Ga Ga, si Satpam mulai ketakutan karena sendirian. Apalagi lagu-lagu yang disiapin Olga lagu-lagu seriosa yang terdengar agak serem. S"perti lagunya Pavarotti.
Tiba-tiba telepon berdering. Satpam ngangkatnya dengan takut-takut. "Halo" Apa" Mau minta lagu" Lagu pengiring kematian" Gile! Emangnya ini radio apaan" Ini radio anak muda, tau."
Si Satpam langsung membanting gagang telepon itu. Satpam makin ketakutan. Makin bingung. Tiba-tiba pintu ada yang ngetuk.
Satpam betul-betul khawatir. Ia mengeluarkan pentungannya. "S-siapa""
Tak ada jawaban. Tapi pintu malah terbuka sedikit sedikit.
"Eeh, s-siapa" J-jawab dulu d-dong."
Satpam ketakutan dan berjalan mundur.
Pintu studio makin terbuka, dan terlihatlah si Somad yang menyamar sebagai setan dengan seprai barunya. Satpam langsung menjerit ketakutan. Dia lari dan masuk ke dalam studio siaran, lalu berteriak-teriak di depan mik.
"Toloong, tolooong... Ada setaaan..."
Saat itu di jalan raya, Olga sedang meluncur di dalam mobilnya Wina. Olga dan Wina yang lagi denger Radio Ga Ga jadi kaget ada suara si Satpam berteriak minta tolong. "Tolooong, tolooong, di sini ada setaaan... Barang siapa yang mendengar suara saya mohon segera datang ke Radio Ga Ga... Aduh, tolooong, saya sudah pipis nih!"
Olga dan Wina saling pandang. Heran.
"Pagi harinya si Satpam masih ngeringkuk di kolong meja ruang karyawan. Sementara Mas Ray, Mbak Vera, dan karyawan Radio Ga Ga berkerumun mengelilingi si Satpam. Satpam heran ngeliat banyak orang mengelilinginya dengan wajah marah. Satpam berusaha bangun dan memberikan penjelasan, "Ng, begini sodara-sodara... ternyata kantor kita ini ada hantunya. Semalam saya melihat dengan mata kepala saya sendiri... Jadi, saya mohon penjagaan keamanannya ditingkatkan..."
Semua orang yang mengelilingi Satpam tak menjawab. Mereka hanya makin memelototkan pandangan mereka ke Satpam. Satpam jadi kikuk. Apalagi begitu melihat ke celananya yang masih basah karena terpipis-pipis, semalam.
Mbak Vera langsung mengajak si Satpam bicara di ruangannya. Mas Ray berdiri di belakang Mbak Vera. Wajahnya ikut ditekuk.
"Kenapa kamu harus berteriak-teriak di mikrofon" Kamu kan tahu kalau ngomong di sana suara kamu bakalan terdengar sampai ke mana-mana."
"Iya, Mbak, Mas Ray. Saya minta maaf, habisnya saya takut banget sih. Maksud saya sih cuma minta bantuan, gitu."
Mbak Vera mendengus. "Soal begituan saya nggak mau tahu, yang jelas lain kali kalau ada apa-apa jangan sembarangan bicara di mikrofon ruang siaran itu."
Mas Ray ikutan buka mulut, "Iya! Kamu pikir ini kantor mbokmu apa" Bapak saya denger tuh semalam. Saya ditegur. Kalo kantor ini ditutup sama Bapak, kamu mau kerja di mana""
"Iya, Mas, Mbak. Maapin saya. Tapi bagaimana dengan usul saya supaya meningkatkan penjagaan, karena nanti malam saya jaga lagi""
""Sudahlah, kamu jaga saja sendiri. Ini kan baru krisis moneter. Mungkin baru bulan depan kita tambah orang untuk ikutan jaga malam. Ya, sudah, kamu boleh tugas lagi sana."
"Terima kasih, Mbak, Mas."
Satpam kemudian keluar meninggalkan ruangan Mbak Vera. Mas Ray geleng-geleng.
"Malam berikutnya, begitu Olga datang ke Radio Ga Ga, ia kaget banget karena si Satpam lagi ngebakar kemenyan di ruangan itu. Asap kemenyan menyelimuti ruangan.
"Eh, ngapain lo pake acara bakar-bakar beginian"" tegur Olga kaget.
"Iya, Ol, gue khawatir tu setan dateng lagi. Kayaknya betul deh, kata elo, tempat ini angker. Tapi tadi sia
ng gue udah ke dukun. Dan gue udah dikasih jampi-jampi," ujar si Satpam.
"Tapi ini bikin suasana makin serem!"
"Yang penting setan itu nggak bakalan dateng lagi, Ol."
"Daripada begini, mending lo ajak si Somad nemenin elo. Biasanya jam-jam segini tu orang udah nongol. Daripada lo bakar-bakar menyan, kesannya primitif banget!"
Dan bener kata Olga. Nggak lama kemudian Somad datang.
"Nah, tu si Somad udah datang."
"Halo Neng Ol," sapa Somad akrab.
"Halo Bang Somad. Eh, Bang Somad, Abang di sini aja," sahut Olga akrab.
"Somad langsung girang. "Oh iya, Abang emang akan di sini aja menemani Neng Ol."
"Bukan, maksud saya nemenin si Satpam. Dia ketakutan ama setan."
"Tapi Ol, aye pengen ngomong sebentar, mengenai masa depan kite."
Belum lagi Olga menjawab, tiba-tiba Satpam nyeletuk, "Eh, kalo soal masa depan sih pantasnya Olga ngomonginnya sama gue. Lo jangan macam-macam ya. Udah untung kagak gue usir lo!"
Somad nyolot. "Eh, tapi kan aye udah lama ngincer Neng Ol. Lo aja nggak tau."
"Eh, meskipun lo udah lama ngincer, tapi yang lebih pantes bersanding ama dia tuh gue."
Somad dan Satpam mulai berantem. Olga yang ngelihat gelagat nggak beres, langsung nelepon ke Wina.
"Win, cepat deh lo dateng. Gue punya ide buat ngerjain Somad dan Satpam...."
Olga lalu ngomong panjang-lebar sama Wina. Sudah itu Olga masuk ke ruang siaran. Sedang Somad dan Satpam masih terus perang mulut.
"Nggak bisa, aye yang lebih cocok ama Neng Ol. Apalagi nyak aye udah setuju!" ujar Somad ngotot.
"Kagak bisa! Gue yang lebih cocok ama dia! Titik!" Satpam ikut ngotot.
Dan mereka berdua pun saling adu urat leher sampe satu jam penuh. Kali ini makin seru, karena udah mulai baku hantam.
"Lo jangan macem-macem ya" Olga tuh udah lama gue incer. Dasar perjaka butut lo!"
Satpam kemudian meninju muka Somad. Mereka berantem lagi. Lamaaa dan seruuu.
Tapi tiba-tiba saja dari luar terdengar suara tawa wanita yang menyeramkan.
"Hihihihi... hihihihi... saya setaaan..."
Somad langsung berhenti bicara. Satpam juga langsung mengkeret. Dia ketakutan dan memeluk si Somad. Sementara setan jadi-jadian yang ternyata dalemnya si Wina yang udah kompakan sama Olga itu, membuka pintu pelan-pelan, mengintip.
"Hihihi... hihihi... saya- setan nih... Yang macem-macem saya cekik lehernya!"
Satpam dan Somad terus berpelukan, sambil kakinya gemeteran. Lalu mereka serta-merta lari ke ruang siaran, mencari Olga. Olga tampak sedang mendengarkan lagu -sambil membelakangi mereka.
"Neng Olga, Neng... A-ada hantu, Neng... di depan,'" jerit Somad.
"Iya, Ol... Ngeri, deh.... Kayaknya kuntilanak...," tambah Satpam.
Olga cuek aja, tetap membelakangi mereka.
"Neng... nengok ke sini dong, Neng. Serem banget nih!"
Olga nengok. Tapi ternyata wajahnya udah dibikin syerem. Matanya merah manyala, gigi"nya berdarah, mukanya dibedaki putih. Satpam dan Somad kontan menjerit, dan sambil berpelukan mereka berdua pingsan. Olga menghapus make up-nya, dan tertawa geli. Wina yang baru masuk ke ruang siaran juga ikutan membuka penyamarannya sambil tertawa geli.
"Segitu aja nyali cowok-cowok muke badak
ini.." "Iya. Payah! Pulang yuk, Ol. Ngantuk nih," ajak Wina.
"Oke. Biarin deh besok mereka kena omel Mbak Vera lagi... Hehehe..."
Sambil tertawa terpingkal-pingkal, Olga dan Wina berjalan melewati ruang tamu.
Wina membuka pintu keluar. Tapi terkunci. Wina mencoba lagi. Tetap terkunci. Wina bengong, menoleh ke Olga. "Kok kekonci, Ga""
"Ah, yang bener" Jangan main-main."


Olga 08 Freelance di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Olga membuka pintu, tapi ternyata bener terkunci. Mereka -saling berpandangan, tegang. Tiba-tiba semua jendela dan pintu yang lain di ruang tamu itu tertutup dengan otomatis, kayak pake central lock, begitu. Dan lampu pun padam. Suasana menjadi gelap.
Dari dalam gedung radio, terdengar teriakan histeris Olga dan Wina.
"Aaaaaaa..." " 6. PEMANDU BAKAT "SORE itu pas pulang dari siaran, Olga dan Wina nyempetin jalan-jalan di mal. Soalnya lagi ada sale gede-gedean di toko-toko baju terkenal. Seperti anak laen, dua cewek ini emang paling nggak bisa ngeliat ada barang yang di-sale. Maka baru beberapa jam, Wina udah kerepota
n bawa tas-tas plastik. Sedang Olga lincah sekali meliuk-liuk di koridor toko. Wina jadi sebel.
"Ol, tunggu dong! Bantuin kek!"
"Elo! Tadi gue bilang kan pake sepatu roda. Biar cepet!"
Wina mencibir. "Sori Ol, gue nggak error kayak lo. Ke mal pake sepatu roda" Emang apaan""
"Kalo gitu jangan protes dong!" ujar Olga sambil tetap meluncur. Tapi Olga sama sekali nggak ngeliat kalo di depannya ada cowok berwajah made in India kayak Raam Punjabi. Soalnya dia lagi menoleh ke Wina. Wina jadi kaget dan berusa"a memperingatkan. Tapi terlambat. Olga sudah keburu menabrak orang itu hingga jatuh terguling. Olga juga ikutan nyusruk ke tumpukan baju-baju obral. Tapi sesaat kemudian, karena ngerasa bersalah, Olga buru-buru bangkit dan dengan wajah agak ketakutan, menghampiri si cowok yang masih terkapar.
"Sori...," ujar Olga terbata dan berusaha membantu tu cowok untuk berdiri.
Si India bukannya marah, malah tersenyum lebar. "Nggak apa-apa, nggak apa-apa... saya malah seneng...."
Olga bengong. Wina juga. Si India langsung bangkit dan menyalami Olga serta Wina dengan tangannya yang besar dan berbulu lebat.
"Kenalkan, saya Mandhi Madhu."
Olga dan Wma saling pandang.
"Kok namanya kayak lagu dangdut kesayangan Wina"" ujar Olga sambil melirik ke Wina. Wina mendelik sewot.
Si India tersenyum lebar. "Itu kan mandi madu. Tapi saya Mandhi Madhu. India asli. Lahir di Zanzibar, deket kota kelahirannya Freddie Mercury" Kamu tau, vokalis Queen yang almarhum itu kan sebetulnya keturunan India juga. Nama aslinya aja Fredderik Bulsara. Tapi kalo Freddie gede di London, saya besar di Aceh. Dan makanan favorit saya tetap martabak."
Olga dan Wina cuma melongo saja mendengar ocehan Mandhi Madhu.
"O ya, kebetulan saya seorang pemandu bakat dari Primavision Plus."
"Primavision Plus" Kalo nggak salah itu nama production house ya, Oom"" ujar Wma.
"Yang bikin sinetron Salahkah Aku Bila Menjitakimu"" tambah Olga.
Si India mengangguk bersemangat. "Yap, betul, betul sekali. Nah, rencananya saya mau bikin satu sinetron lagi tentang anak muda. Kebetulan saya ketemu kamu. Sebab saya lagi nyari anak muda yang bisa main sepatu roda. Gimana kalau kesempatan ini saya tawarin ke kamu""
Olga seakan tak percaya. "Saya""
"Iya, kamu." Olga masih bengong saking surpraisnya. Sedang Wina langsung ngojok-ngojokin Olga.
"Wah, asyik, Ol! Mau aja, Ol! Ntar gue kan ketularan beken!"
Terus terang Olga emang udah bercita-cita pengen jadi pemain sinetron, ngegantiin Desy Ratnasari. Abis dia suka sebel, yang main sinetron orangnya yang. itu-itu juga. Nggak ada pembaharuan.
"Jadi, bagaimana" Berminat"" tanya si India.
Olga mengangguk. Wina langsung jejingkrakan.
"Bagus. Di mana saya bisa menemui kamu besok" Di sekolah"" tanya Mandhi Madhu. Olga mengangguk dan memberikan alamat sekolahnya.
Dan sorenya Olga nggak tahan untuk nggak cerita ke Mami kalo ia ditawari main sinetron sama seorang pemandu bakat.
"Iya, Mi. Tadi Olga ketemu orang India di mal. Dia nawarin Olga main sinetron. Jadi, bentar lagi anak Mami yang manis ini bakal jadi bintang sinetron!"
Mami terperajat. "Iya" Masa sih, Ol""
Papi yang sejak tadi baca koran, akhirnya tertarik. Ia menurunkan korannya dan menatap ke arah Olga. "Tiga puluh tahun lalu, mamimu juga pernah punya mimpi yang sama, Ol. Tapi sekarang apa hasilnya" Mami tidak lebih dari seorang ibu rumah tangga yang bawe1. Jangankan ditawari main sinetron, produser aja pada menyingkir kalau dia dekati."
Mami langsung sewot diledek begitu sama Papi. "E e, Papi! Berani ya""
Olga cekikikan. "Ol, sekarang orang yang nawarin kamu itu ada di mana"" tanya Mami lagi.
"Nggak tau. Tapi dia bilang mau nemuin Olga lagi..."
"Kok keliatannya Mami nafsu amat"" celetuk Papi.
Mami tersenyum simpul. "Yah, setelah liat anaknya, siapa tau lalaki made in India itu tertarik juga sama maminya...."
"Papi bangkit sambil geleng-geleng kepala.
"Astaga Mi, ternyata setelah tiga puluh tahun, kamu belum juga sadar dari mimpi...."
"Besok siangnya Mandhi Madpu udah celingukan bagai maling jemuran di depan sekolah Olga. Matanya mengawasi setiap anak-anak sekolah ya
ng keluar. Tapi tak dijumpai sepotong Olga pun di sana. Ya, soalnya tu orang datengnya ngaret satu jam dari waktu yang dijanjikan.
Dan Olga orangnya paling males nunggu. Dia langsung aja cabut ke mal sama Wina. Karena putus asa, akhirnya Mandhi Madhu bertanya pada serombongan anak berseragam sekolah yang baru saja keluar.
"Permisi, apa di antara kalian ada yang kenal Olga""
Seorang cewek menyahut, "Kenapa memangnya nyari Olga""
"Apa dia ketauan menyimpan ekstasi"" tanya yang lain.
Mandhi Madhu menggeleng. "Oh, bukan, bukan... Saya pemandu bakat. Saya nyari Olga untuk keperluan sinetron yang akan saya produksi."
Anak-anak itu langsung pada surprais.
"Wow! Jadi Olga bakal main sinetron""
"Ya. Sekarang mana Olga-nya""
"Dia udah pulang duluan bareng Wina. Biasanya sih langsung ke Radio Ga Ga."
""Oke, kalau begitu saya susul dia ke sana...."
Mandhi Madhu beranjak pergi.
Sampe di Radio Ga Ga, Mandhi Madhu malah ketemu sama Jo.
"Numpang tanya. Olga ada"" tanya Mandhi Madhu pada Jo. .
"Kamu siapa"" balas Jo judes.
"Saya Mandhi Madhu. Hari ini saya mau ajak dia ke kantor sehubungan dengan sinetron yang akan saya buat," jelas Mandhi Madhu.
Begitu denger kata sinetron, Jo yang sejak balita emang udah cita-cita mau mejeng di TV, langsung aja timbul niat liciknya. Sikapnya pun jadi berubah ramah pada Mandhi Madhu.
"Aduh, Oom. Di sini nggak ada yang namanya Olga...."
"Lho, katanya dia penyiar di sini""
"Wah, gosip tuh! Di sini nggak ada penyiar yang namanya Olga. Ada juga Ucup. Eh, tapi ngomong-ngomong Oom betul mau bikin sinteron""
Mandhi Madhu menyemyitkan dahi. "Memangnya saya keliatan kurang meyakinkan""
"B-bukan begitu, Oom. Kalau mau bikin sinteron, kenapa sussah-susah nyari Olga. Saya juga bisa kok. Dulu saya nyaris jadi peran utama sinetron Misteri Bebek Iblis. Tapi karena jadwalnya mengganggu kegiatan saya, ya saya tolak. Kali ini saya agak free..."
"Kamu bisa main sepatu roda"" tanya Mandhi Madhu menyelidik.
""Bisa banget, Oom. Olga aja saya yang ngajarin."
"Lho, katanya Olga nggak kerja di sini. Kok bisa kenal Olga""
Jo gelagapan. "Oh, eh, maksud saya cuma buat ngegambarin gimaria hebatnya saya main sepatu roda. Bisa kan, Oom""
Mandhi Madhu mengamati Jo,lalu manggut-manggut
"Bisa aja. Keliatannya juga kamu nggak terlalu jelek. Tapi nanti kamu harus ikut screen test dulu..."
"Wah, jangankan screen test, ikut bikini contest juga saya pernah!" sambar Jo nggak nyambung.
Mandhi Madhu pun memberi kartu namanya, dan meminta Jo datang besok siang. Jo langsung jejingkrakan dan menerjang Mandhi Madhu, sampai Mandhi Madhu gelagapan kayak ikan mujair kekurangan air.
"Malem itu Olga lagi ngorok di kamarnya, ketika tiba-tiba sesosok bayangan hitam dengan wajah dilulur masker berjalan perlahan-lahan mendekatinya. Bayangan hitam itu langsung mengguncang tubuh Olga. Olga bangun dan kaget setengah mati.
"T-toL." Bayangan hitam itu buru-buru menutup mulut Olga pakai tangannya.
"Olga, jangan takut, ini Mami...."
"Huh Mami, ngapain sih malem-malem nyantronin kamar Olga. Bikin kaget aja. Kirain rampok!" omel Olga.
"Setelah Mami pikir berkali-kali, Mami rasa Mami memang harus ikut."
"Ikut apaan"" Olga bengong.
"Ikut temenmu yang mau ngajak main sinetron itu, Ol...."
Olga mendengus. "Aduuuh, kirain apaan! Mami nih norak banget sih! Malu-maluin Olga aja."
"Tolonglah Ol, Mami sampai gila memikirkannya. Kalau nggak sekarang, rasanya nggak mungkin lagi Mami bisa main sinetron.... Lagi pula Mami rasa, Mami juga cukup berbakat dalam hal akting.... Sok atuh, bantu Mami...," pinta Maminya memelas.
"Mi, udah deh Mi. Olga ngantuk nih, mau tidur. Lagian orang yang dulu nawarin Olga juga belum ngontak-ngontak Olga lagi...."
Olga langsung narik selimut untuk kembali tidur.
Sementara Mami melongo. "Besoknya Olga baru tau dari temen-temen bahwa kemaren ada orang India nyari Olga ke sekolah. Temen-temennya juga udah ngebilangin kalo mereka nyuruh si India nyari Olga ke Radio Ga Ga. Karena kemaren emang Olga nggak dateng ke Radio Ga Ga, Olga pun nanya ke Mbak Vera, Mas Ray, dan Ucup yang kebetulan lagi ngobrol sambil nong
krong di tukang jualan siomai di depan kantor radio.
"Wah, Mbak nggak tau tuh, Ol. Kebetulan juga kemarin Mbak Vera keluar kantor seharian. Mungkin Mas Ray tau"" jelas Mbak Vera.
"Apaan" Ada orang yang nyari kamu""
"Iya, Mas. Orang India..."
"Wah, nggak tau deh. Kemarin saya di ruangan terus. Mungkin Ucup tau""
Ucup menggeleng sambil menelan siomai.
"Perasaan sih kagak ada orang nyariin elo, Ol. Jangan ge-er deh. Kalopun ada, paling orang yang mau nagih utang..."
Olga mencibir. Lalu ia jadi ragu, apa si Mandhi Madhu itu serius nawarin main sinetron"
Aha, rupanya Olga nggak tau. Soalnya saat itu si India sedang dibajak Jo di sebuah kafe. Jo lagi merayu Mandhi Madhu. Ceritanya, sejak pertemuan kemarin, Jo jadi akrab dengan Mandhi Madhu. Dan Jo mengajak Mandhi Madhu nge-date untuk makan siang, sepulang Jo dari kantor film.
"Kok tadi nggak sekalian dites, Oom"" tanya Jo.
"Nanti. Dikumpulin dulu calon-calonnya. Pokoknya kan kamu udah ketemu sama Sutradara. Selanjutnya tunggu panggilan tes," jelas Mandhi Madhu.
Jo manggut-manggut "Enak ya jadi orang film, pacarannya pasti sama artis-artis."
"Mandhi Madhu tersenyum. "Ah, nggak juga...."
"Jadi Oom Mandhi Madhu belon punya cewek"" kejar Jo lagi.
"Ah, nggak juga...."
"Kok dari tadi jawabnya cuma 'Ah nggak juga' melulu sih""
"Ah, nggak juga.... Eh, maksud Oom, habis Oom mesti ngomong apa lagi""
"Yah ngomong soal cewek Oom lah. Ng... maksud Jo, kalau Oom Mandhi Madhu belon punya cewek, kebetulan Jo juga masih single, Oom...."
"Hehehe, kamu nantang ya""
"Yang penting Jo diajak main sinetron ya, Oom...." .
Si India tersenyum. "Pada prinsipnya Oom sih nggak keberatan. Tapi kamu tetap harus ikut screen test dulu. Calon lain kan ada juga...."
"Yah, mudah-mudahan Oom bisa memperlicin jalan saya...."
Mandhi Madhu menghela napas. "Sebetulnya saya masih penasaran sama yang namanya Olga..."
"Ah, sudahlah, Oom. Jangan ngomongin dia. Anggap aja nggak ada. Lagian Oom kan udah dapat ganti saya, yang so pasti jauh lebih hebat...."
Mandhi Madhu akhirnya jadi bosan juga ngomong sama ember satu itu. Mandhi Madhu "pun mengajak pulang. Dan Jo buru-buru mengeluarkan dompetnya.
"Biar saya aja yang bayar, Oom."
"Seusai siaran, Jo langsung nyamperin Mbak Vera, Ucup, dan Mas Ray yang lagi nge-rujak party. Tanpa ba-bi-bu Jo langsung ngomong ke Mbak Vera, "Sori nih Mbak, kalo nggak lama lagi saya bakal ninggalin tempat ini... Maklum, kan ada tawaran karier yang lebih menarik.... Main sinetron."
Mbak Vera yang udah mau nelen bangkoang, jadi urung dan menoleh pada Jo. "Oh ya""
"Yah, tapi saya lagi pikir-pikir dulu kok, Mbak. Belum tentu juga saya terima tawaran itu."
"Kalo kamu memang merasa bisa lebih maju jadi pemain sinetron, Mbak sih ikut senang...."
Mas Ray mengangguk. "Saya rasa juga begitu, Jo. Jadi kita pasti turut bangga, sebab salah seorang penyiar kita bisa jadi bintang sinetron...."
Wajah Jo tampak berbunga-bunga. "Ya, tunggu aja tanggal mainnya!"
Sementara Jo tampak happy, Olga malah unhappy. Olga kecewa karena si India itu nggak kunjung menghubungi Olga lagi. Mami yang nafsu pengen ikutan, jadi ikut-ikutan unhappy. "Makanya lain kali kalo ada kesempatan, ditangkep bener-bener," ujar Mami.
Papi yang. geli sendiri denger Olga dan Mami dirundung sedih begitu bilang, "Anak sama ibu ternyata setali tiga uang...."
"Papi kok sirik sih...!" bentak Mami.
"Bukan begitu. Mami sebagai orangtua bukannya mengarahkan anaknya yang bener, malah ikut-ikutan...," kilah Papi.
"Lho, memangnya main sinetron nggak bener"" Mami tambah sewot.
"Bukannya nggak bener, tapi mbok jangan berlebih-lebihan.... Santai-santai aja. Kalau memang jalan hidup Olga harus jadi pemain sinetron, tawaran itu pasti nggak ke mana..."
"Huh, itu sih nasihat kuno. Di mana-mana yang namanya rejeki harus dikejar, Pi.... Contohnya Mami nih, kalau dulu Mami nggak keburu kawin sama Papi, Mami pasti udah jadi pemain sinetron yang top. Kayak siapa tuh, si Tamara Blezinsky..."
"Huh sudah deh, kalau ngomong sama Mami pasti nggak pernah nyambung.... Tidur ah, besok harus ngasih kuliah pagi...." Papi lalu ngeloyor ke
kamarnya. Mami memandangnya dengan cemberut.
"Sejak beredar desas-desus Jo bakal main sinetron, dandanan Jo makin heboh aja. Saban kali dateng siaran, baju-baju yang dipake Jo kayak baju selebritis kalo menghadiri malam festival sinetron. Pamer kecanggihan. Mbak Vera sampe sering mengira Jo akan menghadiri pesta seusai siaran.
"Tapi pas ditanya sama Ucup, apa bener Jo mau ke pesta, Jo cuma menggeleng dan menjawab kalem, "Yah, cuma belajar membiasakan diri kalo nanti jadi artis sinetron..."
Dan yang lebih menyebalkan, mentang-mentang mau main sinetron, Jo jadi suka seenaknya aja kalo dateng siaran. Bawaannya telat melulu. Mbak Vera jelas jadi sebel. Tapi jawaban Jo, "Artis kan biasa ngaret...."
Nyebelin nggak tuh" Dan hampir tiap menit Jo konfirmasi ke si India terus, menanyakan kapan dia harus datang screen test. Sampe si India itu sebel sendiri. Tapi pada suatu ketika datang berita baik dari sang sutradara yang bemama Oom Rahman untuk Jo.
"Eh, Oom Rahman. Ini Jo. Ada apa, Oom" Wow, besok Jo dipanggil buat ikut screen test. Kok mendadak amat kabarnya. Ah nggak, cuma... cuma... kebetulan besok Jo pas siaran pagi tuh, Oom.... Tapi nggak apa-apa deh, Oom. Ini kan kesempatan emas. Biar siarannya Jo korbanin. Jo juga udah bosen jadi penyiar terus. Beres deh Oom, kalau nanti lancar Jo pasti bakal ngasih sesuatu yang berarti buat Oom... Daaah Oom.... Sukses ya..."
Sebaliknya Olga makin kecewa karena berita dari Mandhi Madhu tak kunjung datang. Wina yang ikut-ikutan belasungkawa pada kesedihan Olga cuma bisa menghibur, "Ol, lo jangan putus asa dulu dong...."
"Olga mendengus. "Udah jelas Bombai itu nggak bakal nemuin gue lagi...."
"Siapa tau besok atau lusa dia ke sini. Ingat Ol, selalu ada kesempatan kedua..."
Olga menggeleng. "Win, gue sih santai aja kalo nggak jadi main sinetron. Masalahnya, si Mami tuh. Nanyain terus!"
Wina bengong. "Udah deh. Kita ke Radio Ga Ga aja yuk"" ajak Olga.
Wina pun nurut. Pas Wina markirin mobil di pelataran parkir Radio Ga Ga, jeritan Mbak Vera terdengar sampe ke luar. Di ruang karyawan Mbak Vera emang tampak uring-uringan. Mondar-mandir ke sana kemari kayak setrikaan ayam-ayaman.
Ya, jelas Mbak Vera panik. Karena saat itu saatnya Jo siaran, dan Jo-nya malah nggak dateng. Sementara kantor lagi sepi, karena emang nggak ada penyiar yang stand by. Mas Ray yang ada di situ juga ikut panik.
"Kelewatan deh si Jo. Masa mau mangkir siaran nggak bilang-bilang dulu. Kan kalau ngasih tau sehari sebelumnya, kita bisa nyiapin penyiar pengganti. Mana jadwal siaran si Ucup baru sore nanti ."
"Mentang-mentang mau jadi peroain sinetron, Jo jadi bersikap seenaknya. Rasanya anak itu memang perlu diskors, biar dia tau kalau ini bukan perusahaan mbah buyutnya," tambah Mas Ray.
"Di saat kritis begitu, tiba-tiba Olga dan Wina muncul. Pas ngeliat Olga, Mbak Vera dan Mas Ray bak ngeliat durian rontok.
"Aduuuh, Olga. Kebetulan sekali kamu dateng! Tolong gantiin si Jo siaran ya, Ol..."
"Lho, memangnya si Jo mana""
"Nggak taulah. Pokoknya hari ini anak itu betul-betul bikin kacau..."
"Tolong ya, Ol..," Mas Ray ikut memohon.
Wina jadi semangat. " Iya, Ol. Mau aja deh...."
"Oke. Wina, ayo ikut! Bisa abis ntar muka Mas Ray kamu liatin terus...."
Wina yang lagi asyik nontonin muka Mas Ray, jadi kaget dan tersipu. Ia pun ikut Olga masuk ke ruang siaran.
Satu jam kemudian, saat Olga baru saja mengakhiri siarannya, tiba-tiba terdengar huru-hara. Siapa lagi penyebabnya kalo bukan Jo. Dateng-dateng Jo menjerit-jerit sendiri di ruang karyawan, dengan jeritan yang memilukan hati.
"Huaaa... Huaaa... dasar bejat!"
Semua karyawan, termasuk Mbak Vera, Mas Ray, Olga, dan Wina jelas langsung berlarian ke arah Jo yang nangis bombai.
"Ada apa, Jo" Nenek kamu meninggal"" tanya Mbak Vera. "Huuuaaa... dasar brengsek. Dasar bejat!" Jo makin keras tangisnya.
"Apanya yang bejat, Jo"" tanya Olga.
""Orang-orang sinetron itu! Masa gue disuruh telanjang. Katanya mau screen test, tapi ternyata dia cuma mau nontonin badan gue," jelas Jo di tengah isaknya.
"Maksud kamu si Mandhi Madhu, Jo"" tanya Olga menyelidik.
"I-iya. T api bukan dia yang nyuruh gue telanjang."
"Habis siapa"" Mas Ray ikutan nanya.
"Sutradaranya. Dia nyuruh saya telanjang buat ngecek apa bodi saya ada cacatnya apa nggak."
"Kamu mau"" kejar Mbak Vera.
"Mau!" "Kalo mau kok nangis""
"Abis gue disuruh begitu ternyata cuma buat jadi salah seorang figuran di kolam renang."
Jo terus menangis. Sementara yang lain, demi mendengar cerita Jo, bukannya ikut prihatin malah ketawa cekakakan, "Huahahaha...."
" 7. RATU EKSTASI "UCUP lagi milih-milih lagu buat siaran nanti sore, ketika Mbak Vera muncul dari ruang kerja dan langsung menodongnya.
"Cup, jangan lupa ya, proposal rencana off air kita bulan depan kamu anter ke sponsor...."
"Kenapa nggak nyuruh Olga aja, Mbak. Dia kan lagi nggak ada kerjaan. Siarannya baru nanti sore...."
"Hus, yang saya suruh tu kamu. Jangan ngelimpahin ke orang lain...." Mbak Vera menolak usul Ucup dengan mata mendelik. Ucup pasrah.
Hari itu karyawan Radio Ga Ga memang sibuk banget. Tapi di antara yang sibuk, Ucuplah yang paling sibuk. Karena tiap sebentar Mbak Vera muncul untuk menyuruhnya.
"Cup, spot buat iklan Kuis Kontak Pemirsa kan belum mixing. Daripada numpuk, mending kamu mixing dulu."
"Nanti Mbak, sehabis saya nganter proposal."
"Cup, surat-surat permintaan lagu dari penggemar buat siaran siang ini udah kamu siapin belum""
"Nanti Mbak, sehabis saya siaran Kuis Kontak Pemirsa."
"O ya, Cup, tolong surat kontrak ini kamu fotokopi. Terus kamu kliping sekalian...," tukas Mbak Vera seraya menyodorkan surat kontrak yang baru diambilnya dari filing cabinet.
"Nanti Mbak, sehabis saya nyiapin surat-surat permintaan lagu dari penggemar...," jawab Ucup acuh tak acuh.
Tiba-tiba. Mbak Vera meradang.
"Aduh Cup, kamu lelet amat sih. Masa tiap disuruh nanti-nanti melulu. Mbak Vera kan perlunya sekarang...."
"Abis Mbak Vera kelewatan juga sih. Masa saya belum rapi ngurusin yang satu, udah disuruh ngurusin yang lain. Kan saya jadi bingung...."
"Eh, eh, udah berani protes ya""
"Bukan begitu, Mbak. Kalau kerjaan saya didobel-dobel gitu, kan yang rugi saya sendiri."
"Rugi gimana""
"Ya konsentrasi saya terpecah belah. Akibatnya kerjaan saya kacau semua."
"Banyak omong kamu," putus Mbak Vera kesel.
Ucup manyun. Olga mendekati Ucup, dan ngasih saran.
"Cup, mestinya lo bangga Mbak Vera masih mau nyuruh-nyuruh elo. Artinya tenaga lo dibutuhin. Jadi lo ikutin aja kemauan Mbak Vera..."
"Tapi job description gue kan sebagai penyiar. Bukan pembantu umum," Ucup berkilah.
Mendengar penuturan Ucup, Mbak Vera langsung kesal.
"Eh, Cup, kalau Mbak nilai kamu sebagai penyiar, udah dari dulu-dulu kamu Mbak pecat!"
"Lho, memangnya kenapa, Mbak"" tanya Ucup heran.
"Habis kamu sebagai penyiar nggak ada bagus-bagusnya...."
Ucup bengong. Saat itu Mas Ray keluar dari kamar kerjanya.
"Cup, tadi saya nggak sempat sarapan," tukas Mas Ray berbau basa-basi yang nggak perlu.
Mata Ucup langsung berbinar. "Maksudnya, Mas Ray mau ngajak saya sarapan bareng""
"Enak aja! Tolong beliin saya nasi di Warung Padang. Cepetan dikit ya! Lauknya ayam pop dan rendang. Cabenya dibanyakin ya"" bentak Mas Ray.
Kali ini Ucup betul-betul lemes.
Di hari lain tampak Mbak Vera, Jo, dan Olga lagi menggeser-geser filing cabinet. Tapi benda keparat itu beratnya minta ampun. Padahal Olga sudah mengerahkan seluruh tenaga, tapi si kabinet nggak sedikit pun mau bergeser.
"Karena putus asa, akhirnya Mbak Vera memanggil Ucup.
"Cup, tolong pindahin ini ke dekat meja saya...," pinta Mbak Vera.
Begitu Ucup masuk ke ruangannya, Ucup mendelik kaget. "Ha, ya ampun Mbak, masa yang begini nyuruh saya juga""
"Lha, habis nyuruh siapa lagi kalau nggak nyuruh kamu!" bentak Mbak Vera.
"Tapi saya nggak kuat, Mbak. Maklum, dari pagi belon makan."
"Alaaa... coba dulu. Baru alesan.... Kamu selalu begitu sih!"
Akhirnya Ucup nyerah. Dengan mata berlinang Ucup mengerahkan seluruh tenaganya buat menggeser filing cabinet. Tapi karena barang yang didorongnya kelewat berat, sampai-sampai terdengar bunyi weeek dari pantat Ucup. Rupanya celana Ucup sobek 25 jahitan. Mbak Vera, Jo, dan Olga yang lagi ngaso sa
mbil menghirup teh botol dingin, langsung cekikikan saking gelinya.
"Makanya Cup, kalo celana peninggalan Engkong, jangan lo pake dong...," saran Olga.
Ucup tersenyum getir. Dan hari itu jadi hari yang paling runyam bagi Ucup. Karena setelah filing cabinet berhasil digeser ke tempat yang diinginkan Mbak Vera, Ucup langsung disuruh mijitin pundak Mas Ray.
"Pijitan kamu enak, Cup. Kenapa nggak jadi pemain keyboard aja...," canda Mas Ray garing. Dan Ueup yang udah telanjur mangkel, nggak sedikit pun tersenyum. Yang ada, bibirnya cemberut melulu.
Cemberut Ucup masih berkesinambungan sampai jam kerja kantor usai. Saat itu semua masih ngumpul di ruang karyawan. Suasana riang gembira. Sambil ngobrol ngalur-ngidul, mereka makan kaeang kulit. Dan kulitnya dibuang begitu aja, hingga berantakan ke mana-mana
Di antara yang gembira itu, cuma Ucup yang pasang muka eemberut. Dia lagi disuruh nyariin uban Mas Ray yang udah tumbuh beberapa lembar.
"Udah ya Mas, kayaknya udah abis...."
"Cari dulu yang teliti...."
"Saya capek nih, Mas."
"Saya juga capek, seharian ngurusin kantor...."
"Tapi ini nggak adil, Mas. Mas capek, saya disuruh nyariin uban. Lha saya capek malah disuruh cariin uban."
"Sama aja. Saya ngegaji kamu, tapi kamu nggak ngegaji saya. Dan ingat, saya bisa mecat kamu, tapi kamu nggak bisa mecat saya."
Sampai di situ Ucup nggak bisa ngomong lagi.
Tiba-tiba Mbak Vera nyeletuk.
"Cup, bikinin Mbak teh lagi dong...."
""Aduh Mbak, baru juga saya bikinin teh buat Mbak, sekarang udah disuruh lagi. Kan ada Olga sama Jo."
""Teh bikinan Olga nggak enak. Apalagi Jo. Kalo kamu yang bikin enak...."
"Tuh Cup, jarang lho Mbak Vera memuji...," sambar Olga. Ucup nggak berkutik. Dengan muka kayak benang diceker ayam, Ucup lalu mengambil gelas kosong Mbak Vera dan membawanya ke dapur. Semeutara yang lain tetap asyik ngobroI. Nggak lama Ucup keluar dengan membawa segelas teh, dan menyodorkannya ke Mbak Vera. Saat itu Mas Ray menyodorkan gelas ke Ucup. Disusul Olga dan Jo.
Ucup nggak bisa menolak. Ia kembali ke dapur. Hatinya dongkol. Di dapur, sambil membuat minuman air mata Ucup menetes, tes!
Jam setengah sembilan malem, acara ngobrol-ngobrol akhirnya selesai tanpa direncanakan. Meja sudah berantakan. Gelas-gelas sudah pada kosong. Kulit kacang berserakan ke mana-mana.
Mas Ray dan Mbak Vera menguap. Olga dan Jo mengedip-ngedipkan matanya yang mulai berat. Semuanya lalu siap beranjak pulang.
"Ah, akhirnya gue bisa ngaso juga," tukas Ucup siap-siap mau pulang juga. Mukanya berseri-seri. Tapi sebelum Ucup sempat melangkahkan kaki, Mbak Vera sudah keburu menghadangnya.
"Cup, kamu kan ada siaran malam.... Kalau gitu, sekalian semua kamu beresin, ya Cup. Terutama kulit kacangnya tuh. Sapu yang bersih...."
"Mbak Vera dan Mas Ray lalu minggat tanpa sempat mendengar komentar Ucup lagi.
"Oh nasib, begini nih jadinya kalo kerja sama penjajah. Nggak bisa terus-terusan diemin. Ntar gue bisa jadi jongos betulan. Daripada sengsara, mending gue pindah dari sini. Tapi ke mana...""
Lagi ngedumel sendirian begitu, tau-tau Mas Ray muncullagi. Ucup gelagapan.
"Ada yang ketinggalan, Mas"" tanya Ucup berusaha menetralisir suasana.
"Nggak Cup. Cuma inget aja, genteng yang pas di ruang kerja saya kan bocor. Mana musim ujan lagi. Besok pagi-pagi sekali tulung kamu benerin ya! Pokoknya sebelum saya dateng, soalnya takut bocor lagi!"
Ucup belum sempat menolak atau mengiyakan, ketika Mas Ray sudah menarik badannya lagi ke luar.
"Malam itu, sepulang siaran, Ucup berjalan dengan langkah oleng ke kiri oleng ke kanan, persis gandulan bel sekolah yang baru dipukul. Mukanya kusut berat. Di perempatan jalan, Ucup berpapasan dengan Pedro, teman lama Ucup yang juga punya profesi penyiar.
Tapi Pedro lebih keren dan penampilannya jauh lebih necis. Pake jam tangan bermerek Philippe Charriol. Jaket dan t-shirt-nya koleksi Chevignon. Kakinya dibalut jins Roccobarocco. Sepatunya dari Rodo. Kalau angin berembus, daribadannya menguar aroma parfum Guerlain. Ucup sampai tercengang beberapa saat menyaksikan penampilan Pedro.
"Cup, lo lupa sama gue" Gue Pedro."
" Astaga Dro, keren banget lo. Gue ampe nggak ngenalin," tukas Ucup sembari mengucek-ngucek matanya. Dan dari badannya menguar aroma bawang goreng.
"Orang kan kudu ada kemajuan, Cup. Na, elo kok keliatannya kusut banget"" tanya Pedro dengan nada prihatin. Lalu mengajak Ucup ke sebuah restoran fast food.


Olga 08 Freelance di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Gue lagi sebel, Dro," tukas Ucup seraya menarok pantatnya di bangku restoran.
"Sebel sama siapa""
"Sama bos gue."
"Kok bisa"" tanya Pedro.
Ucup melahap beef teriyaki yang tadi dipesannya. "Dro, kita kan sama-sama penyiar. Malah daripada elo, gue duluan yang jadi penyiar."
"Iya, malah gue jadi penyiar gara-gara advis dari lo...."
"Nah, kenapa lo bisa hebat banget" Sedang gue masih begini-begini aja. Nggak ada kemajuan...."
"Mungkin lo lagi apes, Cup."
"Bukan apes lagi, Dro. Malah superapes. Maklum deh, gue kerja sama radio milik penjajah. Jadi nasib gue ikut-ikutan dijajah. Masa semua urusan kudu gue yang tanganin. Padahal gue kan penyiar, bukan kacung. Eh iya Dro, ngomong-ngomong lo masih kerja di radio yang dulu""
"Itu die, Cup, kalo gue masih kerja di situ, mungkin nasib gue kagak jauh beda sama lo. Bakal jadi kere terus."
"Jadi"" "Yah, gue udah pindah kerja."
"Di radio mana""
"Gue nggak kerja di radio lagi. Gue udah bosen jadi penyiar."
"Lo kerja apaan, Dro""
"Cuman nganter-nganter barang."
"Nganter-nganter barang""
"Ya, tapi majikan gue baek banget. Duitnya gampang. Apalagi kalo kerjaan kita beres."
"Pantes lo necis banget. Malah lo bisa pake barang yang begitu mahal," tukas Ucup sambil menowel arloji Pedro.
Pedro tersenyum. "Ini hadiah ulang tahun dari majikan gue."
Ucup geleng-geleng kepala. "Weleh, weleh, lo ulang tahun aja dikasih ini" Kalau majikan gue sih boro-boro, Oro. Malah hari ulang tahun gue aja dia nggak tau."
"Majikan kayak gitu sih mending ditinggal aja, Cup," saran Pedro.
"Gue sih mau aja ninggalin Dro, tapi mau kerja di mana lagi. Sekarang kan nyari kerja susah. Maklum, lagi krisis moneter."
"Tenang aja, Cup. Coba entar gue ngomong sama majikan gue. Siapa tau dia butuh pembantu satu lagi. Udah ya, gue nganter ini dulu." Pedro minta diri seraya menunjukkan sebuah kotak yang dibawanya.
"Apaan tuh, Dro""
"Ya, ini barang yang mesti gue anter ke orang-orang tertentu." ,
"Cuma nganter itu aja""
"Iya." "Ah, kerja begitu gue juga bisa, Dro. Gue jadi makin pengen kerja sama majikan lo, Dro."
"Ya, nanti deh gue usahain."
"Tapi bener ya!" cecar Ucup penuh harap.
"Beres. Caaoo...." Ucup lalu keluar restoran sambil melambaikan tangan. Keduanya pun berpisah. Ucup memandang kepergian Pedro dengan tatapan mata harap-harap cemas.
"Sepagi itu tampak Ucup sudah nangkring di ujung sebuah tangga untuk membetulkan genteng bocor. Di bawahnya Mbak Vera, Jo, dan Olga dengan sekuat tenaga memegangi tangga yang diinjak oleh Ucup. Nggak lama kemudian" dengan muka cemong, pekerjaan Ucup pun kelar.
"Sudah Mbak, nggak ad a yang bocor lagi."
Sambil menghela napas lega, Ucup lalu turun. Tapi sayang Mbak Vera, Jo, dan Olga
telalu cepat melepas tangga yang dipegang mereka. Akibatnya Ucup jatuh terhumbalang. Mukanya terjerembap ke semak-semak. Belum juga Ucup sempat bangkit, tangga yang tadi melayang-layang di udara mendarat dengan mulus di badannya. Ucup langsung menjerit tertahan. Tapi Mbak Vera, Jo, dan Olga cuek.
"Cup, cepetan dikit. Kamu masih ada tugas, lho," teriak Mbak Vera.
"T-tugas apaan; Mbak"" tanya Ucup dengan nada merintih.
"Ngebersihin saluran WC yang mampet."
"Tapi, tapi Mbak "
"Nggak ada tapi-tapian. Ayo cepet!"
Terpaksa, dengan pinggang mau patah Ucup bangkit untuk mengerjakan perintah Mbak Vera. Ia berjalan dengan langkah terhuyung ke WC kantor. Lalu mulai membersihkan saluran WC yang mampet dan baunya bikin Ucup tiap sebentar pingsan.
Tapi belum lagi tugas itu selesai, tiba-tiba kepala Mbak Vera muncul di ambang pintu.
"Oh, ya Cup, sebelum lupa, nanti kolamnya sekalian kamu kuras ya!"
Mbak Vera pergi. Ucup pun menjerit, "Tobaaat! Tobaaat!
Siangnya Mbak Vera, Olga, dan Jo lagi pada sok sibuk baca majalah. Ucup muncul dengan tubuh berlepotan. Tapi mukanya berseri-seri.
"Mb ak...;" sapa Ucup lembut.
"Mbak Vera mengalihkan wajahya dari majalah, dan bertanya galak. "Kenapa" Pekerjaan kamu udah beres""
"Sudah, Mbak." "Terus mau minta pekerjaan lagi""
"B-bukan begitu, Mbak. Nganu, ini kan udah tanggal 2..."
"Kenapa memangnya kalo udah tanggal 2""
"Itu Mbak, Ucup mau minta gaji Ucup yang bulan kemarin...."
Tiba-tiba Mbak Vera tersenyum manis sekali. Ucup ikutan tersenyum. Hatinya berbunga-bunga.
"Saya baru mau bilang ke kamu, Cup."
"Bilang apa,Mbak""
"Yah, gajimu untuk bulan kemarin terpaksa Mbak tunda lagi. Kamu tau sendiri, kan ekonomi negara kita lagi collapse. Akibatnya pemasukan iklan seret. Perusahaan defisit terus. Jadi dari mana duit buat bayar kamu" Kalo nggak percaya, tanya aja Olga. Dia juga belum gajian."
"Bener Cup, kita semua lagi prihatin nih...," timpal Olga.
Tiba-tiba Ucup mengacungkan tinjunya ke udara, dan berteriak keras. .
"Demi petir yang menyambar gunung kapur! Ini yang terakhir. Ucup nggak kuat lagi jadi penyiar di sini. Ucup harus pergi. Pergi. Dan pergiii...."
"Selesai berteriak, Ucup langsung ngabur. Semua melongo.
"Tujuh hari tujuh malam Ucup mengembara dengan satu tujuan. Mencari Pedro. Setelah masuk hutan keluar hutan. Naik gunung turun gunung, akhirnya Ucup berhasil menemui Pedro lagi asyik menyantap Grilled Salmon with Crab Sauce di Twilite Cafe. Kepada Pedro, Ucup langsung mengutarakan semua masalahnya.
"Jadi lo udah berenti"" tanya Pedro enteng, tanpa sedikit pun berminat menawari Ucup makan.
"Iya Dro. Makanya tolong masukin gue kerja ke tempat lo dong. Kalau nggak, hancur deh hidup gue," jawab Lupus mau nangis.
"Tenang Cup, tenang. Nggak usah pakai nangis segala...."
"Gue ini punya kans buat jadi gelandangan, Dro. Kok disuruh tenang. Mana bisa""
"Bisa Cup. Sebab kebetulan majikan gue lagi nyari kurir satu lagi."
"Ha, yang betul, Dro"" Ucup tercengang.
"Kalau mau bukti, sekarang juga kita ke sana!" tantang Pedro. Ucup dengan penuh semangat, lalu mengikuti langkah Pedro.
Dari kafe Ucup diajak ke sebuah rumah yang besar dan anggun. Arsitekturnya gaya Spanyol yang banyak tiang-tiang besarnya. Rumah itu milik seorang perempuan cantik lagi seksi bemama Sallynah.
"Jadi ini orangnya, Dro"" tanya Sallynah begitu melihat Ucup.
Pedro mengangguk. "Orangnya bisa dipercaya nggak"" tanya Sallynah lagi.
"Saya jamin bisa, Non Sally. Soalnya dia berhenti kerja bukan karena nggak dipercaya lagi sama majikannya, tapi justru dialah yang nggak percaya lagi sama majikannya."
"Oke, kalau begitu Saudara Ucup saya terima."
"Terima kasih Non...," sambut Ucup dengan muka bercahaya.
"Ucup sudah tau tugas-tugasnya, kan""
"Sudah, Non Sally. Saya ini jadi penyiar sudah tahunan. Soal ngebawain acara saya jagonya."
"Berarti kamu rajanya goblok!" kata Sallynah ketus.
Ucup melongo, "Lho, kok""
""Kamu kerja di sini bukan untuk jadi penyiar. Tapi mengantar kotak ini ke orang-orang yang saya tunjuk nanti," jawab Sallynah seraya menyodorkan kotak persis kotak yang pernah dibawa Pedro.
"Wah, kalau itu ringan sekali, Non Sally...."
"Tapi ingat, ini rahasia. Jangan sampai ketahuan orang lain, dan harus sampai ke ta- ngan orang yang saya maksud. Paham""
""Paham, Non Sally," jawab Ucup.
"Selain itu, jangan sekali-sekali ini kamu buka untuk mengetahui isinya. Ngerti""
"Ngerti Non. Jadi kapan saya bisa mulai kerja, Non Sally""
"Sekarang juga. Kamu bisa antar ini ke Bapak Putu Kusuma di Jalan Gerah No. 11."
"Baik, Non." Ucup lalu menerima kotak yang diserahkan Sallynah. "Tapi Non, gimana dengan gaji saya""
Sallynah tersenyum. "Soal gaji saya akan kasih tiga kali lipat dari kerjaan kamu sebelumnya. Dan kalau kamu berhasil mengantar kotak itu ke alamat yang dituju, kamu akan dapat bonus. Biasanya juga kamu akan dapat tips dari orang yang menerima barang. Nah, ayo kerja. Keterangan selanjutnya, bisa kamu tanya sama Pedro."
Ucup pun mengangguk-angguk paham. Di benaknya sudah terbayang setumpuk uang. Ucup melaksanakan tugas pertamanya dengan penuh semangat. Dengan naik taksi, Ucup sampai di sebuah rumah yang mirip rumah setan. Jendelanya besar-besar. Dan temboknya banya
k yang rompal. Pohon-pohon liar tumbuh di mana-mana.
Ucup memencet bel. Suara belnya juga aneh. Mirip teriakan orang jatuh ke sumur. Bulu kuduk Ucup jadi merinding. Untung nggak lama pintu terbuka. Muncullah Pak Putu Kusuma dengan senyum kaku. Tubuhnya kerempeng. Matanya merah. Dan kulitnya pucat.
"Cari siapa""
"Saya disuruh Nona Sally untuk mengantarkan ini."
Ucup menyodorkan kotak. Tangan Pak Putu terjulur menerima kotak itu. Lalu pada gerakan berikutnya, tangan Pak Putu menyerahkan tips beberapa lembar ribuan. Ucup menerimanya dengan wajah berbunga-bunga.
"Terima kas..."
Tapi belum sempat Ucup mengucapkan terima kasih, Pak Putu sudah keburu menutup pintu rumahnya keras-keras. Brak!
Ucup tersenyum kecut. "Menit bertemu menit. Jam bertemu jam. Hari bertemu hari. Nggak terasa sudah lebih dari seminggu Ucup kerja dengan Sallynah. Selama itu sudah lebih dari sepuluh kotak yang dikirim Ucup ke orang-orang tertentu. Dan Ucup dinilai berprestasi. Karena dari sekian banyak kotak yang dibawa Ucup, semuanya selamat sampai tujuan. Makanya Ucup disayang sama Sallynah.
Suatu hari Ucup dipanggil Sallynah. Saat itu Sallynah lagi berjemur di tepi kolam renang sambil menyeruput jus jeruk. Pedro juga ada di situ.
"Gimana Cup, betah kamu kerja di sini""
"Oh betah sekali, Non. Habis enak sih. Kalau saya masih jadi penyiar Radio Ga Ga, nggak mungkin saya bisa maju begini," ucap Ucup seraya mempertontonkan gelang, kalung, cincin, arloji yang melekat di badannya, yang semua terbuat dari emas mumi 24 karat.
"Cuma saya heran, Non," kata Ucup setelah diam beberapa saat.
"Heran kenapa, Cup""
"Kok rumah ini banyak sekali kamar mandinya. Malah saya hitung-hitung ada dua belas. Buat apa sih, Non""
Sallynah mesem. "Masa kamu nggak tau, Cup. Kamar mandi itu gunanya buat melarikan diri."
"Melarikan diri"" tukas Ucup bingung.
"Yah, di sini kamar mandi selain buat mandi, bisa juga buat melarikan diri kalau keadaan lagi darurat."
Ucup makin bingung. "Sudahlah, jangan persoalkan itu lagi. Sekarang ada tugas istimewa yang lebih berat buat kamu sama Pedro."
Sallynah lalu meraih tas di dekatnya. Dari dalam tas, Sallynah mengeluarkan dua buah kotak yang langsung diserahkan ke Pedro dan Ucup. Kotak itu jauh lebih besar dari biasanya.
"Pedro, kamu antar itu ke Bapak Afang di Jalan Sembodo No. 2l00..."
"Siap Non Sally."
Sedang Ucup mendapat kotak yang harus diserahkan ke Bapak Ochad di Jalan Amburadul No. 4501. Tapi waktu Ucup ke sana, Pak Ochad-nva lagi pergi. Yang ada cuma pembantunya.
"Pergi ke mana, Mbak"" tanya Ucup pada si' pembantu yang rada-rada ganjen.
"Wah., ndak tau ya. Soalnya dia ndak bilang-bilang sih. Memangnya ada apa, tho,""
"Ah nggak, nggak ada apa-apa. Kalau begitu.. saya permisi...."
Ucup ingat pesan Sallynah, kotak yang dibawanya jangan diberikan ke orang lain selain Pak Ochad. Sekalipun itu pembantunya.
Ucup akhirnya pulang dengan hati gundah. Misinya gagal. Bayangan tips gede yang bakal diterimanya dari Pak Ochad, buyar seketika.
Dari rumah Pak Ochad, Ucup langsung menuju rumah Sallynah. Tapi begitu sampai di pekarangan, Ucup tercengang. Ia buru-buru menghentikan langkahnya, dan sembunyi di semak-semak. Apa pasal" Ternyata Ucup melihat serombongan polisi keluar dari rumah Sallynah sambil menggiring Pedro yang sudah diborgol tangannya.
Dari tempat persembunyiannya, sayup-sayup Ucup mendengar para polisi itu bicara.
"Nggak sia-sia pelacakan kita selama berbulan-bulan. Akhirnya ketahuan juga markasnya."
"Tapi sayang keberhasilan operasi kita kurang lengkap."
""Yah, sayang sekali, ratunya bisa kabur lewat kamar mandi."
"Pantes di rumah ini banyak sekali kamar mandinya."
"Yah, untungnya kita masih bisa membekuk begundalnya."
"Tapi menurut penyelidikan, dia masih punya begundal satu orang lagi...."
"Betul. Kita harus kejar si begundal itu sampai dapat...."
Para polisi itu terus ngoceh sambil menggelandang Pedro ke mobil.
Ucup gemeteran. Lalu dengan ketakutan
Ucup membuka kotak yang dipegangnya. Ucup terbelalak. Karena kotak itu berisi puluhan butir ekstasi. Ucup buru-buru membuang pil setan itu dan kabur
sekencang-kencangnya. Di kotak siaran, tampak Olga lagi membawakan siaran sorenya.
"Hili... pokoknya serem deh. Namanya juga pil setan. Siapa yang nelen, pasti kesetanan. Lupa diri. Lupa daratan. Makanya kita sebagai generasi muda, jauhin deh yang begituan. Bukannya Olga sok ngajarin nih. Cuma ngingetin aja. Apalagi disinyalir, peredaran pil setan itu makin luas aja...."
Selesai siaran, Olga langsung bergabung dengan Mas Ray, Mbak Vera, dan Jo yang lagi ngobrol sambil makan kacang. Kulitnya berserakan ke mana-mana.
"Lagi asyik-asyik ngobrol, tiba-tiba Ucup muncul dengan napas ngos-ngosan. Semua kaget.
"Cup, bukannya kamu udah kerja di rumah orang kaya"" tanya Mbak Vera.
"I-iya Mbak. Tapi saya nggak betah. Saya mau kerja di sini lagi. Apa masih ada kerjaan buat saya""
Mbak Vera mesem. "Kebetulan. Coba kamu bersihin kulit-kulit kacang ini, Cup."
"Dan bikinin kopi buat saya!" sambung Olga seraya menyodorkan gelas kosong pada Ucup. Jo, Mbak Vera, dan Mas Ray serentak melakukan gerakan yang sama dengan Olga.
Ucup bukannya sewot, malah tersenyum lebar. "Oke! Oke! Semuanya saya kerjakan dengan senang hati. Asal saya boleh kerja di sini lagi. Cihuiii!!!"
Dengan riang Ucup membawa gelas-gelas itu ke dapur.
Mbak Vera, Mas Ray, Olga, Wina, dan Jo saling tatap dengan ekspresi bengong.
TAMAT tamat Perjalanan Menantang Maut 3 Pendekar Naga Putih 103 Pembunuh Berdarah Dingin Kuil Atap Langit 3

Cari Blog Ini