Ceritasilat Novel Online

Leukimia Kemping 1

Olga 04 Leukimia Kemping Bagian 1


LEUKIMIA KEMPING 1. The Guy Next-Class "SEJAK Olga kepilih jadi ketua kelas, karena namanya udah mulai ngetop sebagai penyiar radio, dan prestasinya yang cukup bejibun itu, dia jadi dibenci sama temen-temennya.
Ya, bukannya temen-temennya benci sama prestasi Olga yang antara lain pernah diajak jadi figuran film Misteri Bebek Iblis jadi bebeknya, pernah mewakili sekolah dalam lomba baris-berbaris perorangan, pernah nolongin wali kelas nyebrang di jalan tol, atau pernah ngebelain kelasnya waktu anak-anak sekelas dituduh tukang nyontek semua. Bukan. Bukan karena itunya. Tapi, karena sikap Olga yang kini jadi berubah. Ya, gimana enggak" Menurut Wina, sobatnya, si Olga ini ternyata ikut kena penyakit post-power syndrome.
"Post-power syndrome itu semacam penyakit gawat," jelas Wina sok tau. "Ada dua jenisnya. Kesatu, orang yang biasa berkuasa, biasa nyuruh-nyuruh en biasa diperhatiin, lantas dipensiunkan. Walhasil dia yang biasa tolak pinggang sambil nunjuk-nunjuk idung orang, jadi sedih karena sekarang gak ada yang bisa disuruh lagi. Kedua, adalah orang yang tadinya biasa-biasa aja kayak si Olga, tiba-tiba ditunjuk jadi ketua kelas. Maka dia jadi seenaknya pengen membenahi sistem yang udah ada! Nah, Si Olga ini termasuk jenis yang kedua, Teman-teman!"
Temen-temen sekelas yang lagi ngedenger penuturan Wina, jadi manggut-manggut. .
"Apa penyakit itu menular"" David yang dari tadi melongo begitu, rada ngeri ngedengernya.
"Penyakit apa""
"Itu tadi... penyakit Saddam..."
"Post-power syndrome" Ya, jelas menular. Makanya, jangan dekat-dekat Olga," jelas Wina.
Ya, memang begitulah yang terjadi. Olga jadi bikin aturan yang seenaknya. Misalnya, murid-murid yang telat masuk, harus dingkring dari pintu kelas sampe ke tempat duduk. Anak-anak yang kebagian piket pyapu, kudu siap-siap sehari sebelumnya. Maksudnya sehari sebelumnya anak-anak itu udah harus nyapu! Dan kalo ada yang nekat berisik waktu ada guru mengajar, bakal disuruh Olga minta maap sambil nyium tangan si Guru tujuh kali. Bahkan Wina sendiri pernah disuruh Olga berdiri satu kaki di pojokan kelas gara-gara ngedipin Dimas, cowok kece kelas sebelah.
Nah, begitu pula ketika tiba-tiba di sekolah Olga mo diadain lomba kebersihan kelas. Olga jadi sibuk banget ngerencanain ini-itu. Dia pengen banget kelasnya jadi juara. Maka tiap bel pulang sekolah, gak ada yang dibolehin pulang dulu sama Olga. Semua dipaksa rapat untuk kebersihan kelas. Tentu aja anak-anak jadi pada sebel. Soalnya perut udah keroncongan. Mana bisa konsentrasi rapat kalo perut keroncongan"
"Jadi kalo bisa kita sumbangan untuk beli wallpaper, biar kelas kita keliatan elit," ujar Olga bersemangat. "Dan anak-anak cowok bawa karpet barang satu meter. Karena anak cowok ada 16, ,maka akan cukup untuk menutupi lantai kelas kita. Ceweknya bawa vas bunga barang satu, dan taro di mejanya masing-masing. Bunganya bunga idup, jangan bunga plastik. Tiap hari mesti ganti! Mesti disiram, dan dikasih pupuk!"
Anak-anak menanggapi dengan malas-malasan.
"Dan tambahan buat Rudi, ya" Kamu besok punya tugas bawa ember, dan Densol buat ngebersihin lantai," titah Olga sambi! membaca kertas yang ia pegang. "Embernya jangan yang murahan, jangan yang dari plastik. Kalo bisa cari ember keramik!"
"Gue" Gue bawa ember"" Rudi terperanjat.
"Ya. Elo. Emangnya kenapa""
"Wah, gak bisa, Ol. Rumah gue kan jauh. Dan lagi gue kalo sekolah, kan, naik bis. Masa bawa-bawa ember" Ntar dikira tukang kue baskom, kan malu," protes Rudi.
"Ini perintah, Rudi. Gak boleh dibantah," putus Olga.
Rudi berdiri, tapi kayaknya Olga gak mau denger sanggahan Rudi lagi. Ia malah asyik membagi-bagikan tugas kepada anak yang lain.
"Trus Wina bawa alat pengisap debu, biar karpet yang akan kita pasang bisa bersih selalu. Agung, lo bawa kipas angin yang anginnya bener-bener angin, biar kelas kita terasa sejuk. Kan yang untung lo-lo juga, kalo belajar kagak gerah. Wiji sama Tika bawa wastafel buat cuci tangan guru, Dian dan Shinta bawa tisu gulungan, Erwin sama Bob bawa tempat sampah, Iyam sama Donny bawa gorden, Della bawa gantungan jas, biar kalo guru mau ngeg
antungin jas ujannya gak repot, Henny, Detty, Ary bawa apusan dan kapur berwarna satu dos, Boni sama Agus patungan beli kulkas kecil, buat kalo gue aus jadi gak usah jajan. Dan yang belon kebagian bawa-bawa, harap inisiatif."
Dan anak-anak akhirnya hanya bisa memaki-maki atas keputusan Olga. Ya, maklum aja, bentar lagi penilaian kelas yang terbaik. bakal dimulai. Olga jadi makin semangat nyuruh-nyuruh. Sayangnya, temen-temen sekelasnya gak ada yang punya kesadaran. Mereka malah mengumpat-umpat Olga. Termasuk Wina yang disuruh ngebawa alat pengisap debu.
"Iya, apa enaknya, sih, sekadar menang kebersihan kelas aja"" David tarik suara.
"Iya, ketauan mendingan menang lomba kelas paling berisik, bisa ngetop," timpal Lowi.
"Atau kelas yang paling banyak orang kece-nya. Kan asyik tuh!" ujar Wina ikutan manasin. ""Minimal, di sini kan udah ada satu cewek yang manis obanget."
"Siapa"" "Hihihi, saya!"
Dan pas anak-anak udah pulang pun, Olga kadang masih ngerjain beberapa kerjaan di bangkunya. Paling pulangnya sampe pas anak-anak kelas siang masuk. Wina suka sedih ngeliat perobahan drastis sobat kentalnya itu. Ya, dia kan sebel pulang sekolah sendirian. Gak ada yang bisa diajak ngocol. Tapi Olga emang gak bisa diganggu lagi.
Suasana kini benar-benar lengang.
Pas Olga lagi nulis tanggal, niatnya mo bikin program-program selanjutnya dan nyatetin apa-apa aja yang kudu dikerjain, tiba-tiba dia tertegun. Ya, sebentar lagi ternyata dia ulang tahun. Kok sampe lupa, ya"
"Halo, permisi," tiba-tiba ada seorang cowok keren sudah berdiri di sampingnya. Olga kaget. Lalu buru-buru ngerapiin kertas-kertasnya, sambil ngumpetin ketertegunannya tadi.
"Eh, kamu anak siang, ya"" Olga memasukkan kertas-kertas itu ke dalam tas.
"Iya. Bangku saya di sini."
"Ups, sori." "Gak apa-apa, kok."
Cowok berbadan tegap itu menunggu Olga selesai membereskan kertas-kertasnya.
"Ini emangnya udah jam berapa"" tanya Olga.
"Masih Jam satu, kok. Emang gue aja yang kepagian masuk. Soalnya mo nyalin pe-er matematika temen gue dulu. Eh, nama lo siapa""
Olga cuma melirik lewat sudut matanya.
Lalu menyelempangkan tasnya yang penuh bawaan. Dulu-dulu ta sS Olga paling-paling isinya cuma buku sebiji sama bedak, lipstik, perata bulu mata, eyeshadow dan... serit! Tapi sekarang peralatan kosmetik itu udah diganti dengan agenda kerja, agenda harian, agenda mingguan, agenda bulanan, ensiklopedi, buku petunjuk menjadi pemimpin yang sukses, dan beberapa kertas oret-oretan. Olga lalu berjalan melenggang ke luar kelas.
Cowok itu cuma mengangkat bahu. Lalu buru-buru menyiapkan salinan pe-ernya.
Di koridor luar kelas, Olga berhenti sejenak. Seperti baru 'ngeh sama sesuatu. Lalu dengan perlahan ia berjingkat-jingkat kembali mengintip ke kelasnya. Eh, ternyata cowok tadi keren juga!
"Hei, lagi ngapain!" Sebuah tepukan keras di pundaknya, bikin Olga melonjak kaget. "Ngelongok-longok kayak maling!" Ditengoknya, seorang cowok lain berdiri sambil nyengir ngeliat posisi Olga yang sampe nungging-nungging ngintip ke dalam kelas.
Olga jadi salah tingkah. "E-eh, n-nggak, kok," lalu buru-buru berlalu dari situ sambil tengsin berat!
Nah, besoknya ternyata Olga nemuin secarik kertas di laci bangkunya. Dari cowok anak siang yang duduk di bangkunya.
"Diem-diem, celingak-celinguk dikit, Olga membuka' surat itu, dan membaca.
""Halo, Olga...
Kamu gak usah kaget kalo saya tau nama kamu. Kan kamu orang top. Saya suka denger siaran kamu. Dan saya juga tau, kamu dikit lagi mau ultah.
Traktir, ya" Hihihi...
"Dari si bandel yang kemaren diintip kamu,
Rare." "Olga nyengir sambil buru-buru memasukkan kertas itu ke saku bajunya. Buat dia, gak ada waktu dulu untuk mikirin Pare,'eh, siapa tadi, Rare apa Rame, sih" Sebodo! Olga pun buru-buru ngecek bawaan anak buahnya sekelas. Setiap anak kebagian tugas. Yang gak bawa, dapet hukuman. Ada yang disuruh ngebersihin kaca kelas, ada yang disuruh mungutin debu atu-atu, ada yang disuruh ngebenerin genteng kelas yang diduga bakal bocor!
Ya, Olga jadi cerewet banget. Dateng dari satu bangku ke bangku lainnya, meriksain bawaan anak buahnya. Matan
ya melotot sambil kedua tangannya di belakang dan bersepatu roda-ria, jadinya kayak inspektur upacara meriksa barisan anak buahnya.
Gak ketinggalan si Wina kena semprot.
"Mana alat pengisap debunya""
"Aduh, Olga. Lo kok tega betul, sih" Kan repot bawanya."
"Repot gimana" Kan bisa lo masukin di bagasi belakang mobil lo"" bentak Olga lagi. "Atau dicicil kan bisa" Bawa colokannya dulu, kek."
"Tapi, Ol..." "Gak ada tapi-tapian. Pokoknya besok harus bawa. Coba anak cowoknya sini semua. Pada bawa karpet, gak"" ujar Olga tegas.
Anak-anak cowok dengan muka sebel, ngumpulin karpet sarang satu meter. Warnanya pada seenaknya. Ada yang ijo tai kuda, ada nge-pink, ada yang item, coklat dan biru bluwek. Malahan ada yang bela-belain nyolong karpet mesjid gara-gara takut disembur Olga.
"Lho, kok berwarna-warni"" ujar Olga.
"Salah lo sendiri. Kemaren kan gak dibilangin bawa warna apa. Udah untung kita bawain," Rudi yang dapet tugas dobel bawa ember menjawab sengit.
"Ya, udah. Gak apa-apa. Malah bagus, ful-kolor," komentar Olga. "Embernya mana, Rud""
"Ketinggalan di bis," ujar Rudi cuek.
"Ketinggalan" Kok bisa ketinggalan"" jerit Olga.
"Kenapa enggak" Waktu naik metro-mini, tu ember gue taro di samping gue. Trus gue ketiduran. Pas mo turun, gue buru-buru. Yang kebawa malah bangku metro-mini, bukan ember plastik. Abis warnanya sama, dan sama-sama terbuat dari plastik," jelas Rudi.
"Ya, udah. Besok lo bawa drum."
""Hah""
Dan sampe besoknya, ketika Olga dapet surat lagi dari Rare di laci bangkunya, Olga masih tetap ketat meriksain bawaan anak buahnya.
Dan Olga melotot ngeliat vas di meja Henny cuma ada sebatang rumput.
"Henny! Kok lo gak bawa bunga"" hardik Olga.
"Lho, rumput kan sejenis bunga juga. Kalo lo gak percaya buka aja buku Biologi halaman... halaman, ah, lupa, yang jelas dia tergolong bunga idup dan bukan bunga plastik! Titik."
"Tapi... bla-bla-bla..." Olga mulai ngamuk-ngamuk lagi. Sampe Tika yang lagi berdiri deket-deket situ, sebel ngeliatnya.
"Ol, lo kok bisanya nyuruh aja. Lo sendiri bawa apa"" seru Tika, yang langsung didukung temen-temennya.
"Tenang aja. Gue lagi nyiapin pigura mahal buat foto Kepsek kita! Ya, biar Kepsek senang, dan kelas kita bisa dimenangin!" ujar Olga tersenyum. Ya, dua hari lagi pigura keren pesanannya pasti jadi. Dan fotonya adalah foto Kepsek yang lagi nyengir kuda, maksudnya nyengir bareng kuda. Foto Kepsek-nya emang sengaja yang dipilih yang lagi naik kuda, waktu Kepsek ke Parang Tritis. Dan foto itu udah diperbesar Olga. Pasti Kepsek senang betul ngeliat fotonya terpampang di dinding kelas Olga yang keren.
Dan sekarang gimana gak keren kalo di setiap bangku murid kini ada karpetnya yang berwarna-warni dan vas bunga idup yang menyerbakkan harum, kecualinya bunganya Henny. (Rumput di mana-mana gak ada yang harum!)
Tembok kelasnya udah ditempelin wallpaper, jendelanya pake gorden kembang-kembang, dan di pojokan ada kulkas mungil buat siapa aja yang merasa aus. Di eternit, tergantung hiasan-hiasan. Dua hari lagi, tepat sehari sebelum hari penilaian kelas, bakal terpampang fota Kepsek dengan bingkai yang keren.
Olga memandang puas ke sekeliling kelasnya. Ya, hampir perfect! Dan Olga yakin bakal menangkan perlombaan. Dan reputasinya sebagai ketua kelas, bakal terangkat tinggi. Buktinya setiap anak yang melewati kelas Olga, memandang takjub dari arah jendela.
Olga pun pulang dengan hati puas.
Sementara dua hari itu dilalui dengan gelisah oleh Rare, anak keren penggemar metal yang masuk siang. Ya, sejak ketemu face to face dengan Olga; dia jadi gelisah betul. Dia gak taunya naksir berat sama Olga. Sama gayanya yang cuek, sama mukanya yang manis tapi jail, sama matanya yang sering berkerjap-kerjap. Dan Rare pengen banget ngasih surprais buat Olga pas di hari ulang tahunnya nanti. Yang tinggal dikit lagi.
Rare emang dikenal rada badung. Suka bolos, berambut metal, dan bodinya gede banget. Tapi sayangnya dia berasal dari golongan ekonomi yang pas-pasan. Apalagi ditambah harga bensin naik, listrik naik, semen apalagi, maka maminya yang janda makin ketat memberikan dana sama anaknya.
Makanya gak heran kalo Rare bingung banget mikirin kado buat Olga, yang dia pikir pasti anak gedongan. Ya, ketauan dari kaos kakinya Olga yang belang-belang, sih.
"Aduh, gue mesti ngasih apa, ya"" pikir anak yang tampangnya mirip Chris Wolf, vokalisnya Guys Next Door itu bingung. Makanya sepanjang sore pas pelajaran matematika, dia bengong aja. Pikirnya, betapa mahalnya "pacaran" zaman sekarang ini. Ia beberapa kali diputusin ceweknya hanya karena, ia betah jadi orang bokek. Gak ada duit buat nraktir. Pacaran, kayaknya jadi barang mahal. Dan pacaran bukanlah buat orang-orang kayak Rare.
Rare pun pindah ke kursi paling belakang, dan tertidur di situ.
Sementara esok paginya Olga dengan wajah cerah, membawa pigura yang udah dipasangin fota Kepsek. Pigura itu dibungkus rapi, pake pita. Ceritanya nanti, sebelum masuk pelajaran pertama, mo diadain upacara peresmian foto Kepsek itu yang pengguntingan pitanya bakal dilakukan oleh Olga sendiri. Makanya setiap anak kemaren udah diwanti-wanti agar masuk sekolah paling telat setengah jam sebelum pelajaran dimulai. Jadi jam tujuh teng, harus udah ada di kelas. Yang telat, bakal kena hukuman ngelap meja-kursi pake telapak langan, gak boleh pake lap atau tisu.
"Wah, si Olga makin jadi diktator aja!" umpat Henny yang rumahnya di ujung Jakarta sewot. Ya, hari biasa aja dia kudu bangun jam setengah enam biar gak telat masuk sekolah. Dan kini, terpaksa harus bangun jam lima pagi! Coba itu. Sementara orang lain masih asyik mendengkur, dia udah kudu ngejar-ngejar bis!
Dan upacara pengguntingan pita pagi itu dihadiri oleh wajah-wajah ngantuk kurang tidur dari teman-teman sekelas Olga. Ya, Olga udah ngerasa puas banget. Karena besok penilaian akan dimulai. Dan Kepsek tentu bakal surprais banget masuk ke kelas Olga, dan ngedapetin fotonya yang dipajang dengan pigura mahal pas di muka kelas. Maka kelas Olga bakal menang "Lomba Kebersihan Kelas" tahun ini.
"*** "Pagi itu terjadi hiruk-pikuk di kelas Olga. Olga kembali ngamuk-ngamuk. Semua anak diomel-omelin. Gara-garanya tadi pagi, pas masuk kelas, tiba-tiba aja foto Kepsek yang udah diberi pigura mahal oleh Olga itu, raib! Lenyap tak berbekas. Olga kontan panik. Karena sebentar siang nanti, penilaian kelas tebersih akan dimulai. Dan Olga yang udah nyiapin segala sesuatunya dengan matang, jadi kecewa.
"Ulah siapa ini" Ayo, ngaku! Pasti ada pihak-pihak yang gak pengen kelas kita menang! Siapa yang nyolong pigura itu"" Olga ngomel-ngomel bak orang kebakaran jenggot.
Semua anak gak ada yang ngaku.
"Ya, gimana" Karena emang bukan mereka yang ngambil. Dan pas tim peninjau yang terdiri dari Kepsek, Guru BP, dan beberapa staf pengajar lainnya selesai menilik kelas demi kelas, diumumkan yang menang adalah kelas 1-5.
Jadi bukan kelasnya Olga.
Olga tentu sedih setengah mati. Rasanya perjuangannya selama ini sia-sia aja. Dan pas kelas mau bubaran, dan anak-anak pada mau pulang semua, ia menangis sesenggrukan di bangkunya. Sebagian anak yang selama ini merasa digencet Olga, so pasti pada nyukurin.
"Biar nyaho lo!" sembur Henny. "Lagi, baru jadi ketua kelas aja gualaknya minta ampun."
"Tau rasa dia," timpal Rudi pula. "Biarin aja dia nangis, jangan ada yang nolongin."
Tapi Wina yang iba, berusaha menghibur.
"Sudahlah, Ol. Emang bukan nasib kita, kali. Kan Kepsek sendiri bilang, yang dinilai adalah kebersihan, bukan kemewahan. Mungkin lo terlalu memaksakan kehendak, hingga kelas kita keliatan over. Liat aja, gorden berwarna kembang-kembang, karpet ful-kolor, belum lagi wallpaper yang bermotif batik. Kan gak sesuai. Lagi pula, Kepsek kan bilang, yang dinilai kebersihannya bukan pas hari 'H' -nya aja. Tapi gimana si murid itu bisa langgeng menjaga kebersihan setiap saat.
"Tapi kamu nggak usah sedih."
"Kita kalah gara-garanya pigura itu ilang, Win!" isak Olga, "Kalo pigura itu masih ada, pasti kita menang. Kan KepSek bakal bangga ngeliat fotonya ada di situ."
"Bukan. Bukan karena pigura. Kamu kan tau, Kepsek kita gak snobbish kayak gitu. Dia gak suka disanjung-sanjung."
Olga memandang sobatnya. Lalu memeluknya. "Huuu, gue udah gagal jadi pemi
mpin, Win. Gue mau ngundurin diri aja. Gue baru sadar kalo selama ini udah bikin kesel temen-temen sekelas. Karena gue terlalu maksain diri, gue jadi dibenci anak-anak."
"Hah"" Wina terperangah. "E-elo mau ngundurin diri jadi ketua kelas""
Olga menggangguk sedih. "Beneran, nih"" tanya Wina bersemangat.
Olga memandang Wina heran.
Hati Wina girang setengah mati, dan langsung menjerit ke arah teman-temannya yang mo pulang.
"HOOI, ANAK-ANAK, OLGA MO NGUNDURIN DIRI JADI KETUA KELAS!" pekik Wina girang.
"HA" APA""
"Olga mo ngundurin diri""
"Yang bener""
Anak-anak pun berlonjak-lonjak.
Olga jadi memandang sebel sama Wina. Wina sadar. Ia langsung ngerasa gak enak.
Sementara anak-anak yang tadi pada cuek, ketika mereka denger bahwa Olga mau ngundurin diri mereka langsung sorak-sorak bergembira.
"" Horee...!" teriak Henny. "Kita bakal terbebas d"""ari neraka dunia. Olga segera mengundurkan diriii...!"
"Yaa... kita sambut niat baik Olgaaa...!" balas Rudi. "Untuk merayakan kegembiraaan ini semua orang ikut ke kantin. Gue traktir! Ayo...!"
"Horeee... akhirnya kita merdeka juga setelah berjuang sekian lama! Horeee...!"
Wina gak langsung ikut anak-anak meski hatinya udah gak tahan pengen ikutan ke kantin. Dia membelai Olga. "Enggak, Ol. Lo gak gagal. Kita-kita toh emang butuh. pemimpin yang tegas kayak lo. Pada kenyataannya, lo kan bisa nyuruh tanpa dibantah oleh anak-anak. Tapi satu hal yang penting, meski udah jadi pemimpin, kamu toh masih mau turun jabatan. Itu bagus!"
Olga menghapus air matanya.
"Kita pulang yuk" Udah siang," ajak Wina.
Kamu duluan aja, Win."
"Bareng aja""
"Enggak. Gue mau sendirian dulu."
""Ya, udah. Gue ke kantin dulu, ya" Mo ngerayain... eh, mo beli bakwan."
Wina pun buru-buru berjalan ke luar kelas. Sampe dl pintu ia berhenti. Seperti ingat sesuatu. Lalu berbalik, dan memandang Olga "Eh Ol. Lo kan sekarang ulang tahun"" "
Olga terkejut. Oh, iya. Saking sibuknya ngurus kelas, sampe kelupaan hari ulang tahunnya.
"Selamat, ya, Ol""
"Makasih." "Makan-makannya kapan, Ol""
""Besok, deh. Sekalian sama anak-anak. Siapa tau anak-anak mo maapin gue."
""Pasti, Ol. Sampe besok, ya"" .
Dan Wina pun langsung teriak-teriak girang menyusul anak-anak di kantin, "Horeee... kita bebaaaas...!"
Lalu suasana hening. Beberapa saat kemudian, Olga pun berjalan sendirian di koridor sekolah yang lengang. Ia baru aja mau melangkah melintasi lapangan basket, ketika tiba-tiba ada anak yang memanggilnya.
"Olgaaa, tunggu!"
Olga menoleh. Rare berlari ke arahnya.
"Aduh, untung masih keburu ketemu kamu. Soalnya saya punya sesuatu untuk kamu!"
Olga memandang Rare dengan muka bingung.
"Met ulang tahun, Ol," ujar Rare setelah dekat.
"Makasih." "Boleh sun, gak""
"Enggak." "Ya, udah. Kalo gitu saya mau ngasih sesuatu buat kamu," ujar Rare sambil menampakkan bungkusan besar yang sedari tadi ia sembunyikan di balik punggungnya.
"Tat-taaa, surprais!" pekik Rare.
Wajah Olga jadi cerah. "Apa ini""
"Buka aja. Hadiah ulang tahun buat kamu."
Olga jadi terharu. "Oh, thanks, ya"" ujar Olga lirih sambil menerima kado itu, dan ngesun pipi Rare. Oh, ternyata masih ada yang inget ngasih kado di ultah saya kali ini! Orang yang selama ini sama sekali gak deket.
Rare jadi berbunga-bunga.
"Boleh dibuka""
"Buka aja." Rare tersenyum.
Olga lalu membuka. Lalu terbelalak ngeliat foto klos-apnya yang lagi teriak kegirangan yang diperbesar, dan diberi bingkai indah.
Rare memandang tak sabar, menunggu reaksi Olga.
"Fotonya saya ambil waktu ada class-meeting tahun lalu. Masih bagus," jelas Rare.
Tapi Olga gak merhatiin fotonya. Ia meneliti pigura indah yang membingkai fotonya. Pigura itu adalah pigura milik Olga yang ilang. Yang ia pajang di depan kelas, yang dipersiapkan untuk Lomba Kebersihan Kelas.
Rare melihat kebingungan di wajah Olga. "Ada apa, Ol" Kamu gak suka""
"I-ini p-pigura, ya"" .
"Iya. Masa kamu nggak tau kalo benda kayak gitu namanya pigura. Noh, kalo yang itu sapu, yang itu tong sampah, dan yang itu bel," canda Rare sambil menunjuk-nunjuk ke arah sapu, tong sampah, dan bel sekolah. Dikiranya Olga udah lupa
nama-nama benda. Tapi demi ngeliat reaksi Olga yang makin serius, Rare bingung juga. "Kenapa, sih""
"Ah, enggak. Thanks, ya"" Olga kini yakin, itu piguranya yang ilang. Karena bentuknya Olga apal banget. Ia mesen khusus di toko langganannya.
Rare masih ngeliat sesuatu yang gak beres di muka Olga.
"Ada apa, Ol""
"E-enggak, s-saya bakal majang f-foto ini di kamar. M-makasih, ya"" ujar Olga gugup, dan buru-buru berlalu dari situ.
"Olga"" Rare berusaha menahan.
Tapi Olga cuma menoleh, dan tersenyum aneh kepada Rare. Senyum yang mengandung sejuta makna.
2. Mami Tersayang "PUKUL dua siang, selagi mentari bersinar terang, Olga nampak asyik nangkring di jendela kamarnya sambil ngelomotin es krim lapis coklat kesukaannya. Tu anak emang baru aja pulang sekolah. Keringetnya masih mengucur membasahi kening. Tapi gak biasanya dia bisa nyante begitu. Kemaren-kemaren kalo pas pulang sekolah, Olga bakal langsung disuruh copot seragam, copot sepatu, makan siang, lalu disuruh tidur.
Tapi siang ini Olga malah asyik nongkrong di jendela. Lengkap dengan baju seragam sekolahnya, dan sepatu kets L.A. Gear yang membungkus jari-jemarinya yang mekar seperti jahe. Inilah kegiatan yang gak mungkin bisa dilakukan kalo ada Mami di rumah.
"Kalo Mami ada, bawaannya kan ngomel melulu. Nyap-nyap melulu kayak dunia besok mau kiamat aja. Dan begitu gue sampe rumah, Mami udah siap dengan seabreg peraturannya. Harus lepas seragam, lepas sepatu, makan siang, lalu bobo. Gue seperti gak dikasih kesempatan buat ngapa-ngapain yang sesuai dengan keinginan gue. Gak boleh manjat po' on jambu, gak boleh main musik pake perkakas dapur, gak boleh bikin grafiti di tembok, gak boleh nangkring di kusen jendela sambil ngelomotin es krim. Pokoknya gak boleh ngapa-ngapain. Gue baru boleh ngapa"ngapain cuma kalo Mami nyuruh.
"Coba, apa enak hidup kayak gitu" Hidup yang diatur-atur. Gak bebas bak burung dalam karung. Padahal sebagai remaja, gue kan juga mau berbuat sesuatu yang sesuai dengan keinginan gue. Tapi mentang-mentang jadi orang tua, Mami seenaknya aja bikin perintah. Harus begini, harus begitu, gue gak dikasih kebebasan sama sekali," Olga mencurahkan isi hatinya pada Olzzya, boneka kesayangannya yang menemani dia nangkring di kusen jendela. Bak burung kakaktua.
Dan Olga masih terus-terusan ngedumel, karena merasa hati dan bibirnya belon item.
"Lagi Mami itu maunya apa, sih, Ol" Masa sekadar makan siang, bobo, atau copot seragam aja harus disuruh-suruh" Gue kan bukan anak kecil lagi. Udah bisa kenal Rare yang ganteng tapi menyebalkan itu. Maka wajar dong kalo gue anggep semua peraturan Mami itu bikin keki. Mami kan gak tau kalo pas kebetulan gue lagi gak ngantuk, atau gak lapar. Misalnya karena tadi sebelon pulang sekolah, gue udah makan bakso sebanyak 2 mangkok bareng Wina di kantin. Nah, kan susah orang gak laper disuruh makan. Tapi Mami orangnya suka gak ngertiin. "Pokoknya semua kemauannya harus dituruti. Kalo di"uruh makan, ya makan. Kalo disuruh tidur, ya tidur. Mami gak bakal terima banget, kalo kita disuruh nyuci piring misalnya, ee, kitanya malah main bola.
"Cuma hebatnya Mami tuh selalu punya alasan yang bikin gue gak berkutik. Mami tuh pengen banget agar gue selalu sehat, makanya gue disuruh makan-tidur yang teratur supaya bisa menjaga kondisi tubuh. Tidur siang kan berguna untuk ngilangin rasa capek, begitu kata Mami selalu. Kalo dipikir-pikir semua omongan Mami itu emang gak ada salahnya. Gue juga tau Mami punya maksud baik dengan melarang ini-itu. Tapi lama-lama kesel juga kalo hidup serba diatur begitu."
Olzzya, bonekanya, masih tekun mendengar.
Olga pun kemudian menjilat-jilat batang es krimnya, sebelum membuang ke luar jendela. Hari makin merambat petang. Olga menguap panjaaaaang sekali. Sampe tulang-tulang pipinya pada pegel dan tak bisa mengatup lagi. Tapi Olga tetap bertahan gak mau tidur, cuma karena Olga mau balas dendam. Mau berontak dari peraturan-peraturan Mami yang selama ini menelikungnya.
"Uaaah, bahagianya jadi orang merdeka!" jerit Olga kall ini, betul-betul keluar dari bibirnya yang udah mulai item.
Ia mulai memahami, kenapa temen-temennya pun nampak bahagia, ketika Olga brenti jadi ketua kelas. Emang gak enak jadi orang yang disuruh-suruh!
Sambil menggamit Olzzya, Olga melompat dari jendela, dan ngibrit ke arah telepon.
"Halo, Wina, ya"" kata Olga begitu nomor teleponnya yang diputar nyambung.
"Yo-a. Ada apa, Ol"" jawab Wina sekaligus nanya.
"Ntar malem jadi nonton mitnait, yuk" Kita cari film yang banyak adegan panasnya itu."
"Adegan panas" Lo mau beradegan panas""
"Iya, kenapa""'tantang Olga.
"Duduk aja di kompor!"
Klik! Telepon langsung ditutup Wina.
"Sialaaan!!!" Olga membanting telepon keras-keras, dan langsung ngegubrakin badan di dipan. Tak lama, terdengar sudah dengkur merdeka Olga yang terlelap lengkap dengan sepatu di kakinya. Coba itu, kalo Mami liat!
*** "Hari-hari belakangan ini Olga emang lagi menikmati kemerdekaannya. Merdeka dari segala peraturan Mami yang mengikat. Lagian emangnya kambing, pake diikat-ikat segala" Dasar Mami!
Selama ini Olga ngerasa Mami terlalu banyak ngasih peraturan. Bayangin aja, apa-apa ada aturannya. Tidur mesti di atas tempat tidur, dilarang tidur di atas meja komputer. Makan mesti pake sendok-garpu, gak boleh pake ujung sisir. Mandi mesti di dalam kamar mandi, jangan mandi di lemari pakaian Papi. Wuah, padahal sebagai anak muda yang enerjik karena doyan wajik, Olga pengen banget bertindak inovatif. Penuh pembaharuan. Segala pikiran yang melintas di benaknya pengen rasanya langsung dikerjakan tanpa peduli akibat baik-buruknya.
"Hehe... ternyata merdeka itu asyik juga. Kita jadi bebas mau melakukan apa aja," Olga berkata pada dirinya sendiri di depan kaca rautan.
Olzzya memperhatikan dengan heran.
Malam semakin larut. Di luar udara terasa dingin menusuk. Meski begitu Olga belon mau tidur, karena dia lagi nunggu jemputan mobil Wina untuk nonton mitnait.
Ya, rupanya inilah bentuk kebebasan yang diidamkan Olga. Bisa nonton mitnait, bisa ke disko sampe pagi, bisa ikutan ngeronda kalo lagi mood, bisa... ya, pokoknya bisa apa aja tanpa harus dapat ocehan Mami. Atau dapat pancaran mata Papi yang melotot sampi biji matanya mo keluar, karena gak setuju ama kelakuan Olga.
Papi, kalo dibandingin Mami, rada mendingan. Dia gak pernah ngomel kalo kesel. Cuma mata atau raut wajahnya aja yang dibuat sedemikian rupa hingga Olga jadi nightmare ngeliatnya. Biar gitu Olga tetap gak enak. Makanya pas Olga denger Papi ama Mami mo pulang kampung, dia hepi banget. Di matanya segera terbayang rencana gila-gilaan yang bakal dilakukannya selama gak ada Mami-Papi. Ya, salah satunya seperti nonton filem malem tengah malem. Olga juga berniat akan ke diskotek, akan teriak-teriak dan guling-gulingan pake sepatu roda sesukanya di dalam rumah, akan nelponin Andi ampe bibir berbusa, akan naik-naik ke puncak genteng lagi, pokoknya akan dan selalu akan melakukan.
Kepergian Papi-Mami ke kampung adalah awal dari kebebasan Olga. Papi kebetulan dapet cuti 3 minggu dari kantor. Dan karena kebetulan Lebaran kemaren Papi gak sempet sungkem ke mertuanya (mertua Papi berarti ortunya Mami), maka sekarang Papi berniat cabut ke Bandung, tempat di mana sang mertoku bersarang. Tapi sebetulnya, sebelumnya Papi udah punya rencana mengisi hari-hari cutinya dengan pergi keliling Dufan selama tiga minggu berturut-turut! Karena Mami usul pergi ke Bandung, niat Papi jadi gak kesampaian.
"Ya, mending nengok ortu Mami, Pap. Mami kan udah kangen banget. Lagi Papi kan belon begitu banyak berbakti sama mereka. Sejak kita merit, Papi kayaknya baru sekali deh sungkem. Ya waktu kita merit itu. Rasanya inilah kesempatan untuk membuktikan rasa hormat Papi pada mereka. Dan Papi amat tidak dilarang kalo mo bawa oleh-oleh kain lurik dan stagen mahal," demikian usul Mami waktu itu.
Mo gak mo Papi setuju. "Kamu mo ikut, Ol, main-main ke ortunya Mami... eh, maksud Papi ke rumah Nenek"" tawar Papi pada Olga.
"Olga dengan cepat menggeleng.
"Hei, kamu harus ikut, Ol. Nenek kan udah lama gak ngeliat kamu. Mumpung dia masih punya cadangan napas, Ol," tukas Mami ketika ngeliat Olga yang males-malesan itu.
"Nggak mau!" jawab Olga tegas.
"Lho, kenap a emangnya"" tanya Mami kesel.
"Saya kan masih harus sekolah. Sedang Mami dan Papi kan gak sekolah. Jadinya kalo pada mo pergi ya, pergi aja," jawab Olga.
"Biarlah, Mi, kalo dia gak mau ikut," bela Papi menengahi, "Papi aja kalo boleh memilih juga mendingan..."
"Mendingan apa"!!" potong Mami galak. "Mending gak ikut" Awas kamu, Pi!"
Papi langsung nginyem. . "Tapi apa kita tega ninggalin Olga sendirian di rumah yang cukup besar ini"" lanjut Mami. "Yang di ruang tamunya ada hiasan-hiasan mahal, serta ada pajangan-pajangan bagus""
"Ah, Olga kan udah gede, udah bisa jaga diri sendiri, Mi," kilah Olga.
"Bukan itu yang Mami maksud, Olga," sergah Mami.
"Jadi" apa""
"Kamu pasti akan macem-macem kalo Mami-Papi gak ada. Ada Mami-Papi aja kamu masih macem-macem. Segala latihan sepatu roda di ruang tamu-lah, apa-lah!"
"Olga udah males macem-macem, Mi. Kalo gak percaya tanya aja ama... Wina. Olga janji, deh."
""Janji apa""
"Janji...an ama Wina dulu misal Mami bener-bener mo nanya dia," ujar Olga sambil ngikik.
"Olgaaa...!" pekik Mami kesal.
Olga buru-buru melesat ke loteng.
Esok paginya Mami-Papi bener-bener jadi pergi ke Ba"dung. Pake VW Combi Papi yang udah diserpis. Olga yang gak ikut pura-pura sedih waktu nganter sampe depan pintu. Padahal "atinya berbunga-bunga. Olga seneng udah bisa ngelabui Mami. Sebetulnya, meski sekolah Olga udah masuk, tapi kegiatan belajar-mengajar masih gak beres. Ini gara-gara anak kelas tiga ujian, jadi guru-gurunya pada sibuk ngurusin anak-anak kelas tiga itu.
Sebetulnya Olga bisa aja ikut ke Bandung. Kan deket ini. Tapi kenapa dia gak mau ikut, karena Olga merasa bosen ngeliat Mami dan bosen ama peraturan-peraturannya.
"Ati-ati ya, Ol"" cium Mami-Papi waktu mo berangkat. Mami-Papi emang sedih ninggalin Olga. Olga Juga sedih karena ditinggalin tanpa diberi duit lebih. Hehehe.
*** "Wina celingak-celinguk (celingak artinya liat ke kanan, celinguk liat ke kiri!) di antara jubelan penonton yang memadati Blok M Theatre. Cemas nyari-nyari Olga yang lagi ngantre mati-matian untuk mendapatkan dua karcis masuk. Penonton malam itu berjubel banget. Maklum filmnya 17 tahun ke atas yang banyak adegan panasnya. Banyak adegan ciuman di deket kompor tukang pangsit.
Olga masih sibuk ngantre. Yang bikin sebel, di depan Olga ada orang tua perutnya gendut, yang keringatnya menetes tanpa henti. Olga jadi muak. Palanya pusing. Tapi karena udah ngebet pengen nonton, Olga terpaksa ngebela-belain.
Sementara Wina terus menanti dengan gelisah. Tangannya menggenggam dua bungkus popcorn yang isinya full, serta kaleng Coke. Repot banget doi. Kalo tau begini, demikian batin Wina, ia akan lebih suka dapat tugas ngantre karcis aja.
"Belon laku popcorn-nya, Neng"" goda seorang cowok yang tampang ama pantatnya gak jauh beda.
Wina mendengus. Untung Olga segera muncul. Olga muncul dengan dua karcis yang lecek selecek tampangnya. Keringatnya kini juga membasahi pipinya. Yang bikin keki, Wina bukannya nyambut dengan sukacita tapi malah membentak-bentak.
"Olga, ngantre kareis kok berbulan-bulan!" semprot Wina keras.
"Win... apa lo gak liat tu antrean panjang" Bukannya terima kasih malah marah-marah. Gimana sih lo""
Buntutnya dua anak itu berantem mulut. Saling tuduh, saling teriak gak peduli orang-orang pada ngeliatin. Orang-orang yang belon kebagian kareis jadi dapat hiburan gratis nonton Olga dan Wina yang perang mulut.
"Timpuk aja pake popcorn!" sela seseorang.
"Jangan, mending guling-gulingan aja di sini. Kali aja roknya tersingkap, kan ada adegan panasnya juga, tuh!" celetuk seseorang lagi.
Waktu terdengar suara pengumuman bahwa filem akan segera main, Wina dan Olga tersentak sadar. Dan buru-buru masup ke bioskop.
Di dalem bioskop mereka baikan lagi. Waktu pulang juga udah baik. Bahkan Olga nawarin Wina untuk makan di Peacock dulu. Sampe di rumah hari sudah hampir subuh.
"*** ""Enak ya, San, kalo ortu kita pada pergi. Berada di rumah rasanya seperti tidak berada di luar" deh," ujar Olga pada Sandra, temen di Radio Ga Ga yang lagi ikutan acara rujakan di rumah Olga bersama teman-teman yang lain.
Sandra m emasukkan potongan mangga ke dalam mulutnya. .
"Mo ngapa-ngapain gak ada yain larang. Pokoknya selagi kita suka, kita bebas melakukannya," ujar Olga lagi.
Sandra memasukkan sepotong kedondong ke dalam mulutnya.
""Eh, San, kayaknya kalo Mami-Papi lo sih nggak cerewet kayak ortu gue, ya" Jadinya lo enak, mau ngapa" aja bebas," kata Olga sambil "menyamber potongan jambu yang dipegang Sandra.
Sandra mendesah. Kepedesan. Kemudian dia menatap. ke Olga lekat-lekat. .


Olga 04 Leukimia Kemping di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Ada apa, San"" tanya Olga karena merasa ada sesuatu yang aneh. "Lo gak rela jambunya gue ambil""
"Gak pa-pa. Cuma gue ngerasa sebetulnya lo tuh lebih enak dari gue," tukas Sandra lirih sambit menyeka mulutnya.
"Maksud lo""
"Lo pasti bakal tau sendiri, bahwa nasib lo lebih baik dari gue. Emang sih, duit gue dikasih melulu. Mau ke disko tiap malem juga oke. Tapi cara kayak gitu sebetulnya gak cocok buat kita, yang remaja ini. Lo liat aja sendiri nanti," dingin ucapan Sandra. Bikin Olga jadi melongo.
Sementara Wina masih cekikikan sama anak-anak yang lain yang ngerujak di bawah pohon jambu.
"*** "Olga meriang. Jatuh sakit. Tentu gara-gara keluyuran melulu tiap malem belakangan ini. Kondisi badan Olga langsung menurun drastis. Makan Olga juga gak teratur. Tidur apalagi. Akibatnya. Olga mesti rela terbaring di tempat tidur sambil menahan suhu badannya yang panas-dingin gak keruan. .
Olga merintih. Merintih bukan karena sakit, tapi merintih karena gak ada yang merhatiin "dia di kala sakit begini. Olga jadi kangen ama Mami. Ya, kenapa tiba-tiba Olga jadi kangen ama Mami"
Inget omelan-omelan Mami. Inget larangan Mami gak boleh main sepatu roda di atas genteng. Inget tampang seram Mami kalo Olga kepergok ngedekem di dalam kulkas karena hawa siang itu panas.
Ah, ternyata bener kata Sandra. Olga emang butuh Mami yang cerewet. Apalagi di saat sakit begini. Ya, betapapun Mami kan udah memberi yang terbaik buat Olga. Bener juga kata iklan. Yang baik buat Papi, yang baik buat Mami, tentu baik pula buat Olga (abis kita keluarga serakah, jreng! Hihihi).
Walo sering ngomel, tapi di balik kecerewetan Mami, Mami ternyata amat memperhatikan Olga. Coba, apa enaknya hidup tanpa ada orang yang mo merhatiin kita" Dan meski sebentar, Olga udah ngerasain jadi orang merdeka. Bebas berbuat apa saja. Tapi ternyata hidup terlalu bebas tanpa ada perhatian, omelan, ataupun peringatan, ya gak enak juga. Yang lebih parah, kini Olga ngera"a keilangan orang yang bisa diajak ribut.
Ah, ternyata hidup' tanpa ada yang mo peduli sama tingkah laku kita, sama aja bo'ong. Kita jadi seolah ngebut di jalan tanpa ada rem. Kalo rem udah blong, alamat celaka dua belas! Maka berbahagialah yang punya Papi dan Mami penuh perhatian!
Olga mendekap Olzzya erat-erat. "Mi... Pi... "Olga kangen!" kata Olga merintih. Panasnya semakin tinggi.
"*** "Setelah istirahat dan minum obat seadanya, alhamdulillah, akhirnya panas Olga mulai turun. Kini Olga udah bisa duduk di ranjangnya. Udah bisa main sepatu roda meski perlahan. Untungnya pas Papi-Mami pulang, Olga udah benar-benar sembuh. Jadi pada gak tau kalo Olga tuh sempat menderita. Wah, kalo Mami tau, pasti Olga langsung disyukurin. Dan dengan sok tau, Mami bakal berkacak pinggang sambil ngomel, "Tuh kan, apa akibatnya kalo gak ada Mami!"
Ya, Olga jadi kapok. Pokoknya Olga gak mau Mami "ampe begitu.
Beberapa hari kemudian, pas pulang sekolah, Olga sudah mendengar derum VW Combi Papi memasuki garasi. Papi dan Mami pulang! Olga langsung bangkit dari leha-lehanya di sofa.
Dan Olga nampak berusaha tersenyum dengan manisnya, ketika Mami membuka pintu dengan buntelan di tangannya. Oleh-oleh dari kampung.
Olga langsung menyerbu sambil merentangkan tangannya, "Miiiii, Olga ka..."
Olga berusaha memeluk Mami, tapi belum lagi niat Olga kesampaian, Mami dengan kerasnya langsung membentak, "Olga! Kamu udah tidur siang belon" Dan itu, kenapa seragam sekolah kamu belum dicopot" Apa-apaan sih kamu ini!!"
Olga kontan melongo. "3. The Friend in Need Is...
""CIHUUUI, Olga, gue dapet cengcorang lagi di rambut lo," ujar Wina sambil ngejitak kepala Olga.
Siang itu dua anak itu emang lagi nyante banget di teras depan rumah Olga. Olga tiduran sambil baca majalah, sedang Wina kusyuk banget ngubek-ngubek rambut Olga.
"Win, udah berapa kali sih gue bilang" Lo salah kalo nyebut 'cengcorang di rambut'," tegur Olga sambil tak melepas pandangan dari majalah yang ia baca.
"Abis gue harus bilang apa, dong""
"Bilang aja: kutu."
"Sori, Ol. Gue lupa terus kalo mau nyebut kutu."
Kemudian mereka asyik lagi sama kegiatan mereka masing-masing. Cuek sama situasi. Termasuk sama abang tukang bakso yang kemudian lewat, dan melihat mangsa yang empuk lagi pada duduk di teras. Dia udah kege-eran aja mau dibeli.
"Bakso, Neng. Langganan...," tegur tukang bakso.
"Baik Wina maupun Olga, tak ada yang menggubris. " .
"Neeeng! Bakso!" teriak tukang bakso lagi.
Tapi dua anak itu masih cuek.
Abang itu gak putus asa. Ia pura-pura berlalu sambil membunyikan kentungannya keras-keras. Tapi gerobak baksonya sengaja ditinggalin. Dan bak pragawan, abang tukang bakso itu mondar-mandir, sambil berputar-putar di depan rumah Olga. Lalu berhenti sejenak, dan melihat reaksi dua gadis itu.
"Astaga, masih cuek!" gerutu abang itu pelan-pelan. Lalu - karena gak sabaran, ia pun nekat masuk ke pekarangan rumah Olga, dan mengusik dua gadis yang lagi sibuk ama kegiatannya masing-masing itu.
"Neng! Bakso, Neng! Beli, dooong!" teriak abang bakso.
Olga menoleh. "Win, ada tukang bakso, tuh!"
"Kenapa emang""
"Beliin, dong."
"Lo mau"" "Mau." "Bayarin gue tapi, ya""
"Enak aja. Elo, dong, traktir gue. Kan gue duluan tadi yang minta beliin."
"Iya, deh." Wina bangkit.
Tu abang begitu tau rayuannya berhasil, langsung lari ke gerobaknya dengan perasaan suka-cita, dan menyiapkan dua mangkok kosong.
"Tolong pesenin gue, ya, Win"" ujar Olga sambil mukanya kembali serius ke majalah yang ia baca. Wina memandang Olga sebentar, lalu mencari sendal jepitnya.
"Lo pesen apa"" tanya Wina.
"Baksonya aja," tukas Olga.
"Pake mangkok""
Olga memandang Wina kesal. "Ya pake, dong. Masa enggak"" ..
"Katanya baksonya aja," gerutu Wina sambil berjalan menuju gerobak bakso.
"Yang pedas, ya, Win! teriak Olga lagi.
"Pake sambel"" tanya Wina.
"Tak usah." Wina pun memesan apa yang dipesan Olga. Sementara di dalam rumah, Mami dan Papi lagi asyik menikmati mainan barunya. Ya, ceritanya Papi baru kredit laser-disc beberapa hari yang lalu. Dan sejak itu, tiap hari Mami dan Papi kerjanya nonton film terus. Tiap pulang kantor Mami jadi sering menunggu Papi dengan hati berdebar-debar. Soalnya Papi bakal bawa film sewaan baru. Kata- Papi lumayan, gak usah repot-repot ke bioskop lagi.
Waktu hari pertama tu laser"isc datang, "Mami sempat norak. Soalnya Papi ngepromosiin, kalo nonton laser enak. Gambarnya bersih. Dan pas Papi mo pasang film, Mami udah melototin layar tipi sambil berdecak kagum. "Iya, Pi. Gambarnya bersih. Sampe gak keliatan apa-apa!"
Tentu aja Papi keki. Soalnya filmnya emang belum diputar.
"Dan hari Minggu ini, Papi nyewa film Nightmare. Mami yang penakutnya setengah mati, dari tadi teriak-teriak melulu, sambil menutup muka pake taplak meja. Tentu aja Papi sebel ngeliat Mami yang pasang posisi meringkuk di sofa, sambil sesekali mengintip lewat sudut matanya.
"Kamu ini mau nonton apa main petak umpet"" tegur Papi.
"Hiii, filmnya serem, Pi. Matiin aja, deh. Mending kita jajan bakso, yuk" Mumpung ada Wina, kita minta traktir," ujar Mami bergidik, sambil menarik-narik lengan Papi. Papi terpaksa menurut.
Wina udah balik ke teras sambil membawa dua mangkok bakso di tangan, ketika Mami dan Papi muncul di ambang pintu.
"Eh, Win. Kebetulan. Tante dipesankan juga, ya" Tidak pake saos, tidak pake sambal, juga tidak pake kol!" ujar Mami niru lagu anak balita.
"Oom -cukanya jangan banyak-banyak Win. Tapi tetelannya yang banyak, ya" Kalo bisa, baksonya ditambahin satu," Papi ikut memesan.
Wina manggut-manggut, sambil meletakkan mangkok bakso Olga dan mangkok baksonya di teras. Olga melirik ke baksonya, lalu protes lagi,
"Lho, kok pake bawang goreng""
"Tadi lo kan gak pesen kalo gak pake bawang goreng," sahut Wina.
"Itu dia, gak pesen pake
bawang kok malah pake bawang"" tangkis Olga.
""Ya, kalo gak pesen berarti pake bawang!"
"Gak bisa, dong! Kalo gak pesen ya gak pake. Gimana sih, lo""
"Tapi di mana-mana kan bakso biasanya pake bawang!"
"Enggak! Tanpa bawang pun bakso tetap bernama bakso!"
Wina mulai sebel. Ia mengentakkan kakinya di lantai. Udah dari tadi Olga kerjanya nyuruh-nyuruh, pake protes lagi. Mana gue yang disuruh bayar! gerutu Wina dalam hati.
Dengan wajah kesal, Wina pun mengangkat mangkok bakso Olga, untuk menukar dengan yang tak pakai bawang.
"Eh, Win, jangan lupa, Tante pake sayurannya, ya"" Mami berucap lagi.
"Oom jangan lupa pake tetelan," tambah Papi.
"Iya, iya!" Wina makin mumet. Lalu melangkah lagi menuju gerobak bakso.
Diem-diem Wina sedih. Ya, sebetulnya dia emang lagi ada problem dikit. Menyangkut Olga. Ada desas-desus dari beberapa temen di sekolah, katanya Olga itu mau temenan sama Wina karena Wina anak orang kaya. Punya Wonder kuning pribadi yang siap mengantar ke mana aja. Punya duit jajan lebih untuk bisa nraktir nonton dan ke diskotek. Punya credit card yang bisa ditebengin Olga kalo mo beli barang mahal. Punya... punya apa lagi, ya" Wah, pokoknya yang jelas Wina emang termasuk anak beruntung, karena diberi fasilitas untuk bisa memenuhi hura-huranya hidup re"maja. Dan kata anak-anak, itulah yang dimanfaatkan oleh Olga. Buktinya Wina suka disuruh nganter siaran, disuruh nganter jalan-jalan, disuruh nraktir, dan begonya Wina, udah tau gitu, masih mau disuruh-suruh.
Rumpiwan dan rumpiwati sekolahan yang cerita gitu ke Wina, waktu Olga gak masuk pelajaran, karena dipanggil wali kelas.
Wina tentu aja gak percaya kalo Olga punya niat jahat kayak gitu. Tapi terus terang aja, kalo dipikir-pikir alasan anak-anak itu, memang ada benernya. Makanya Wina pun Minggu ini berniat mau membuktikan omongan anak-anak itu. Dia mau tau, apakah emang bener Olga mau temenan sama dia karena maksud-maksud tertentu. Dan ternyata... bener!
Dari pagi aja, Wina udah disuruh-suruh terus sama Olga. Disuruh masuk waktu mengetuk pintu kamar. Disuruh buka sandal waktu mau nginjek karpet. Disuruh nunggu, waktu Olga mo mandi. Disuruh minum, waktu disediakan es sirop. Disuruh mengisik-ngisik rambut, waktu di teras. Disuruh pesan bakso, disuruh bayar, dibentak-bentak, dan... dan... yang lebih menyedihkan lagi, kini papi dan maminya ikut-ikutan nyuruh.
Dada Wina terasa sesak. Ia sedih.
Kalo begitu bener kata anak-anak. Olga emang mo temenan sama gue karena gue kaya. Olga mo morotin gue, batin Wina.
"Neng" Kenapa, Neng"" teguran tukang bakso mengagetkan Wina.
"Wina terkejut, langsung sadar. "E-eh, enggak, Bang. Tolong pesan bakso lagi. Tidak pake saos, tidak pake sambal, juga tidak pake kol."
Sambil menunggu, Wina pun hanyut pada perasaannya sendiri. Rasanya ia udah gak tahan lagi. Ia amat kecewa sama kenyataan bahwa Olga itu ternyata bukan sahabat sejati. Padahal Wina tulus menyayangi Olga. Wina udah nganggep Olga sodara. Sayangnya Wina terhadap Olga, melebihi rasa sayang Wina terhadap papinya. Tapi kenapa Olga tega...
"Wiiiin," Olga teriak lagi dari teras, "lo jangan lupa, ya" Ntar sore anterin gue siaran. Jam lima. Jangan ngaret lagi!"
Tuuh, kan. Tu anak udah nyuruh-nyuruh lagi. Wina makin sedih.
Diem-diem, Wina pun menuju Wonder kuning yang ia parkirkan tak jauh dari situ. Sedetik kemudian, ia melesat pulang bersama Wonder-nya. Menuju jalan raya, menuju rumahnya. Ia gak peduli sama tukang bakso yang teriak "nang-neng-nong", gak peduli sama Olga yang tetap membaca majalahnya, gak peduli sama Mami yang melongok lagi dari jendela, dan mengingatkan, "Tante tidak pake sambel, tidak pake saos, juga tidak pake kol."
Dan di perjalanan Wina masih sedih mikirin Olga. Ya, ia udah terlalu banyak mengecap asam-manis bersama Olga. Ia inget banget tingkah konyol Olga yang selalu bikin ketawa. Seperti waktu Wina selesai kursus ngetik, dan dapet sertifikat, Olga langsung nawarin Wina agar ikut kompetisi ngetik sedunia di Jerman Timur.
"Syaratnya gimana, Ol"" Wina waktu itu langsung tertarik.
"Gampang, kok."
"Gampangnya""
"Tinggal dites aja. Kalo kecepat
an ngetik lo di atas rata-rata, ya elo berhak dikirim ke Jerman."
"Wow, asyik! Mau deh, Ol. Daftarin, dong...."
"Boleh. Tapinya..."
"Tapi kenapa""
"Tapi lomba ngetiknya pake sarung tinju.. Hahahaha... "
Wina mangkel. Tapi kalo diinget-inget, ia suka ketawa sendiri. Ya, betapa sering ia dikerjain Olga, tapi ia gak pernah merasa sakit hati. Hanya kali ini. Setelah teman-temannya menyadarkan, Wina baru merasa sedih. Oh, Olga. Kok kamu tega...
*** ""Keterlaluan, siapa sih yang nyebar gosip itu" Olga mencak-mencak ketika tau duduk persoalannya dari Gaby, temennya yang pro ke Olga.
Anak-anak lain gak ada yang ngejawab.
"Apa sih maksud kalian menghasut Wina" ngiri, ya, karena cuma gue yang boleh nebeng dl Wonder-nya" Atau masih dendam karena gue pernah jadi ketua kelas" Gimana, sih" Gue kan udah minta maaf!"
"Gak ada jawaban dari anak-anak.
"Dulu gue dituduh pasangan lesbinya Wina, sekarang pas giliran gue udah sembuh... eh, pas gue ngebuktiin kalo gue masih doyan cowok, gue malah dibilang mau morotin Wina. Gue heran, kenapa sih lo pada sirik ngeliat gue akrab ama Wina" Gue kan gak pernah peduli kalian mau akrab sama siapa aja!" suara Olga makin tinggi.
"Udah, Ol. Biasalah. Namanya juga orang sirik. Gak usah diladeni. Sekarang klirkan dulu masalah lo ama Wina. Gue rasa, lo bisa ngebuktiin ke Wina, kalo lo tu emang sahabat sejatinya," ujar Gaby menenangkan.
Melihat wajah Gaby yang adem, Olga jadi agak tenang.
"Tapi tu anak sekarang di mana""
"Gak masuk, Ol. Ntar pulang sekolah kita ke rumahnya aja. Mungkin tu anak sakit. Shock berat," usul Gaby.
Dan pas pulang, Olga diantar Gaby ke rumah Wina. Diintip dari balik jendela kamarnya, tu anak lagi sedih banget. Mukanya ditutup bantal, sementara bahunya terguncang-guncang. Menangis tersedak-sedak. Olga jadi terkesiap. Ia gak nyangka, tu anak bakal shock begitu.
Olga pun buru-buru memutar masuk rumah Wina lewat pintu depan. Gaby mengikuti dari belakang.
"Selamat siang, Tante. Wina ada"" Olga menyapa mamanya Wina yang lagi menyiangi tanaman bonsai di pot-pot kecil di ruang tamu.
""Eh, Olga. Ada tuh di kamar," mamanya Wina meletakkan pot yang ia pegang. "Sebetulnya ada apa, sih, Ol" Kemaren pulang dari rumah Olga, tampangnya mengerikan sekali. Tante sampe horor melihatnya. Eh, ini siapa""
"Saya Gaby, Tante," Gaby memperkenalkan diri. "Teman sekelas Wina juga."
"O, silakan masuk. Eh, iya, kamu berantem lagi sama Wina ya, Ol" Kok semalaman dia mengigau, menyebut-nyebut nama kamu."
Olga makin sedih. "Sebetulnya ada salah paham, Tante. Tapi cuma sepele, kok," jelas Gaby.
"Ya, ya. Masalah remaja biasa, kan" Silakan aja temui anaknya di kamar. Mari Tante antar. Mudah-mudahan bisa langsung beres."
Olga dan Gaby mengikuti langkah mamanya Wina ke kamar. Perhiasan porselen, dan lantai marmer membuat Gaby terkagum-kagum.
Tok-tok-tok. Mama mengetuk pintu kamar.
"Win, buka. Ada tamu, nih."
Tak ada jawaban. Tok-tok-tok! "Wiin. Buka, dooong. Masa ada tamu begitu, sih""
"Siapa"" terdengar suara parau dari dalam kamar.
"Kawan-kawanmu," ujar mamanya Wina.
"Wina gak punya kawan. Wina sendiri aja di dunia 1ni. Tak ada kawan, tak ada teman, juga tidak pake kol... eh, juga tak punya sahabat" suara Wina terdengar lagi. "
""Nah, begitu, Ol, dari semalem ngomongnya ngaco terus," jelas mamanya Wina.
Olga diem aja. "Wiiin, buka, dong. Ini ada Olga, sobatmu. Juga Gaby."
"Olga"" suara Wina terdengar meninggi, "Kenapa Mama suruh dia masuk" Anak itu cuma mau morotin kita, Ma. Dia mau temenan sama kita karena kita banyak duit, Ma..."
"Wina! Siapa yang ngajarin kamu gak sopan begitu"" mamanya mulai marah.
"Mama tanya aja sama Gaby. Olga emang begitu. Buktinya Wina dijadiin sopir pribadinya. Disuruh nganter-nganter. Emangnya Mama tega anaknya digituin""
Olga makin sedih. Ia tertunduk.
Gaby dan mamanya Wina menenangkan.
"Win, Olga mau bicara sama "mu. Buka dulu, dong, pintunya. Kamu gak boleh menuduh orang, tanpa mendengar argumentasinya dulu. Setelah kamu dengar Olga, terserahlah sikap kamu terhadap Olga. Yang penting, jangan kamu biarkan orang tersiksa tanpa pembelaan. Gak adil
itu namanya." Setelah mamanya Wina berkata panjang-lebar begitu, suasana jadi hening.
Lama. Lamaaa sekali. Tapi Olga tetap menunggu di pintu kamar. Gaby sampe jongkok kecapekan.
Dan tiba-tiba saja pintu kamar terkuak sedikit.
""Nah, tuh. Masuk, Ol," kata mamanya Wina dengan hati lega.
Olga ragu. Menatap ke Gaby, seakan minta pertimbangan. Gaby buru-buru bangkit dan mengangguk sambil tersenyum.
Olga pun melangkah masuk. Wina duduk di tepi ranjang, tak mau menatap Olga. Olga jadi salah tingkah. Mau duduk di tepi ranjang, takut dikira ikut-ikutan. Mau duduk di ujung jangka, takut sakit. Akhirnya ia menyender aja di dekat lemari baju. Mau langsung ngomong, tenggorokannya terasa tersekat.
Setelah lama terdiam, Olga berucap dengan susah-payah, "Win, sebetulnya gue yang kecewa. Ternyata tali persahabatan yang kita rentangkan, gak cukup kuat untuk menahan gosip-gosip. Ternyata lo terlalu rapuh, mau percaya omongan mereka yang berniat memecah hubungan kita. Kamu kan masih inget waktu kita digosipin lesbi" Digosipin perek" Digosipin matre" Semua itu usaha mereka untuk memisahkan kita. Karena mereka ngiri. Ngiri ngeliat kita ke mana-mana selalu berdua. Kayak sodara. Mereka pengen kayak kita, tapi gak bisa. Inget kata pepatah bijak, Win: Sirik tanda tak mampu. Ya, begitulah mereka.
"Sekarang gue sih terserah lo. Gue sama sekali gak punya niat apa-apa temenan sama lo kecuali karena emang gue merasa cocok sama lo. Merasa klop. Gue sayang elo. Gue anak semata wayang. Lo juga begitu. Kita sebetulnya kesepian, sampe akhirnya kita ketemu. Kenalan, dan merasa cocok satu sama lain. Lantas kita main sama-sama. Karena berangkat dari nasib yang sama.
"Lo gak adil kalo nyangka gue morotin elo. Karena gue kan sering juga lo porotin, eh, maksud gue, gue juga sering nraktir lo. kalo abis dapet honor siaran. Tapi gue suka itu. Karena dengan begitu, lo menghargai gue. Gue gak merasa nebeng terus sama elo. Ada kalanya gue yang harus bayar, ada kalanya elo yang nraktir. Ada kalanya gue salah, ada kalanya elo yang ngaco. Kita sebetulnya, secara gak sadar, emang udah klop, meski kadang suka ribut-ribut juga. Jadi gue harap lo mau berpikir logis, Win. Gue pengen lo jangan rapuh begitu. Ya, inilah gunanya teman. Sama-sama saling mengingatkan...."
Wina menatap Olga nanar. Agak lama. Dan kayak drama remaja di tipi, ia langsung sadar. Lalu ia memeluk erat sahabatnya itu. Nangis sesenggrukan di bahu Olga. "O-ol, maapin gue, Ol. Gue emang terlalu rapuh. Mudah percaya omongan orang. Tapi kenapa gue sampe begini, itu karena sebetulnya gue sayang banget sama elo. Gue takut keilangan lo...."
Olga membiarkan Wina meledakkan isi hatinya.
Gaby mengintip dari balik pintu. "Wah, happy ending, tuh!" .
Mamanya Wina pelan-pelan menutup pintu kamar. Mengajak Gaby duduk di ruang tengah, menikmati penganan dan es jeruk.
"*** "Kringgg! Jam delapan malem, telepon di kamar Wina berdering keras. Wina saat itu udah ceria lagi. Dia malah mau pergi ke pesta perpisahan sodara sepupunya yang mo belajar di Harvard.
Sambil asyik memasang giwang, Wina mengangkat teleponnya. "Halo, siapa, nih""
"Olga, Win." "Oh. Ada apa, Ol""
"Win, lo anterin gue ke studio, dong! Gue malem ini dapet tugas wawancarain artis di radio setengah jam lagi. Buruan ke sini ya, Win"" Olga nyerocos di ujung telepon.
"Yaa, gue gak bisa, Ol. Gue mau ke..."
"Alaaa, lo gimana, sih" Gue udah telat, nih. Boka"p gak bisa nganter. Mobilnya ngadat."
"Tapi gue harus ke pesta per..."
"Elo tuh ya, saban lagi dibutuhin selalu gak bisa. Gimana, sih""
Brak! Telepon di ujung sana dibanting. Wina kontan melongo.
"4. Leukemia Kemping
"WINA lagi asyik baca komik Si Gully sambil menggerogoti buah pir di kursi malas, ketika telepon berdering keras di atas bufet.
"Ya, halo, siapa di situ"" Wina menjawab tanpa beranjak dari kursi malasnya.
Kringggg! Telepon tetap berdering.
"Winaaa, kok ada telepon gak diangkat"" Mamanya yang lagi asyik membersihkan karpet pake alat pengisap debu, melongokkan kepalanya dari lantai atas. .
Wina buru-buru bangkit dari kursi malas, dan menyambar gagang telepon. "Halo""
" Halo, ini Nak Wina, ya"" terdengar suara ibu-ibu dari ujung sana.
"Iya, ini siapa""
"Ayo, Nak Wina bisa nebak siapa""
"Wah, kalo soal tebak-tebakan saya memang agak kurang, Tante. Tapi ini pasti maminya Olga, ya""
"Kok tau""
Tentu saja Wina tau. Suara ibu-ibu mana yang centilnya gak kalah sama anaknya itu" Dalam soal usia, maminya Olga emang terma"suk uzur. Tapi soal centil, dia sungguh gak kalah dengan anaknya. Seperti kata pepatah, air cucuran atap, jatuhnya ke pelimbahan juga, yang artinya, kalo kamu naik ke atas atap, jatuhnya ya ke selokan juga.
"Ada apa, Tante" Olga ngabur lagi""
"Ada berita gawat, Win," tiba-tiba suara maminya Olga jadi terdengar tegang.
"Ada sangkut-pautnya dengan Olga""
"Ya." Mami gak langsung menjawab. Suasana jadi hening.
Wina jadi ngerasa tegang.
"Tante tadinya gak mau cerita ke siapa-siapa, tapi Tante percaya Wina gak bakal membocorkan rahasia ini pada Olga. Tante butuh teman untuk berbagi cerita," ujar Mami lirih.
Wina makin tegang. Ada apa ini"
Cicit burung di halaman belakang pun berhenti bernyanyi.
Sesaat maminya Olga mengatur napasnya, kemudian dia mulai membuka mulut lagi, "Gini, Win. Kamu kan tau, belakangan ini kondisi badan Olga agak melemah. Gak tau kenapa. Apalagi sejak Tante tinggal sendirian ke Bandung itu. Matanya suka berkunang-kunang, mukanya pucat, lekas capek, dan sakit-sakitan. Tante cemas, maka Tante paksa Olga untuk periksa ke dokter. Dan... dan kamu tau, Win, apa kata dokter""
"Hasilnya positif" Olga hamil"" tebak Wina mantap.
""Kamu ini, kok pikirannya gak jauh dari begituan. Bukan, Win. Bukan hamil. Tapi lebih gawat lagi...."
"Lebih gawat dari hamil" Apa ada yang lebih gawat dari hamil" Olga keguguran""
"Bukan. Olga... Olga...," maminya Olga sengaja menggantung. kalimatnya biar Wina tegang.
"Kenapa Olga""
"Kena penyakit Mamamia," lirih suara Mami.
"Mamamia""
"Eh, b-bukan. Mamalia, eh, apa itu, semacam penyakit darah yang kebanyakan sel darah putihnya""
"Leukemia""
"Yak, betu!! Les kimia!"
"Ha"""" Wina kaget setengah mati. Teleponnya tergantung di tangannya.
"Halo" Halo" Kamu masih di situ, Win"" seru suara di ujung sana.
"E-y-ya,. Tante. T-terus gimana..."" Wina buru-buru mendekatkan telinganya ke gagang telepon.
"Iya, Win. Dan kata dokter umurnya tinggal sebulan lagi...," suara Mami makin lirih.
"Ha" Sebulan lagi" Yang bener, Tante""
Mami udah mulai sesenggrukan di ujung telepon sana. Wina merasa matanya panas.
"I-iya, Win. Dokter itu sendiri yang memberi tahu hasil laboratoriumnya tadi pagi. Tante sungguh tak mengira bakal kehilangan Olga...."
"Tidak, Tante! Tidaaak!" Wina mulai ikutan menangis.
""Biarpun Olga bandel, gak bisa dikasih tau, tapi Tiinte sayang sekali sama anak semata wayang Tante itu. Tante tak bisa membayangkan hidup tanpa Olga. Kenapa umur anak itu seumur jagung...."
"Huuu... Wina juga sayang, Tante," Wina mulai keras tangisnya.
"Dan sekarang umur Olga tinggal satu bulan lagi. Begitu cepat. Tak ada yang bisa kita lakukan kecuali membahagiakannya, Win. Tante sedih...."
Wina kini nangis sesenggrukan. Mamanya yang sibuk di atas, melongok ke bawah dari balkon lantai atas. Ia heran mendengar ada suara tangis di bawah.
"Lbo, kenapa, Win"" Mamanya buru-buru menuruni tangga, demi melihat anaknya sudah berurai air mata.
"Olga, Maaaa..." Wina pun berlari menubruk mamanya. .
"*** "Mata Wina masih sembap ketika malam itu berbaring di kamar sambil memandangi foto Olga dan Wina yang lagi dengan centilnya bergaya di kaki Gunung Gede. Itu saat paling bahagia, ketika Wina pertama masuk SMA, ikut pelantikan siswa baru, dan berkenalan dengan "Olga. Dan sejak itu, dia dan Olga seperti tak bisa dipisahkan. Ibarat kentut dengan baunya, Olga dan Wina ke mana-mana selalu berdua. Walau gosip melanda, walau karang terjal menghadang. Dia. sungguh tak bisa membayangkan bakal kehilangan Olga. Tapi, tiba-tiba maminya nelepon kalo anak itu usianya tinggal sebulan lagi! Astaga! Begitu cepat.
Wina menangis lagi. Dia inget, dia pernah jahat juga sama Olga. Nuduh Olga yang enggak-enggak. Nuduh Olga mau morotin duitnya. Juga Wina pernah mengh
asut temen-temen sekelasnya untuk membenci Olga waktu Olga jadi ketua kelas. Ngatain Olga kena post power-syndrome. Wina nyesel banget.
Rahasia Si Badju Perak 3 Joko Sableng 12 Warisan Laknat Si Kepala Suku Indian 1

Cari Blog Ini