Ceritasilat Novel Online

Olga Dan Tv Swasta 2

Olga 07 Olga Dan Tv Swasta Bagian 2


Wina yang saban kali pulang sekolah selalu ngintil Olga atau bisa juga dibilang diintilin, soalnya yang maksa-maksa ikut memang Wina, tapi yang punya Wonder kuning kan juga Wina, kali ini harus rela melepas kepergian Olga di pintu gerbang sekolah.
"Jadi lo betul-betul tega ninggalin gue, Ol" Gue betul-betul kagak boleh turut tut... tut....."" seru Wina begitu permintaannya ditolak Olga.
""Ini bukan soal tega atau nggak tega, Win. Lo mesti maklum, dong, ini kan hari pertama gue masuk kerja di situ. Gue sama sekali belon tau suasananya. Sama sekali belon kenal karakter tukang parkir sama satpamnya. Pokoknya gue sama sekali belon kenal sama semua-semuanya yang ada di situ. Masak tau-tau gue udah ngajak temen yang centilnya kayak lo. Kan nggak lucu. Apalagi kalo lo sampe bikin masalah di sono. Maklum aja, Win, cowok di sana matanya udah distempel gambar keranjang semua. Jangan kata elo, Win, kereta api dibedakin aja mereka udah pada napsu," Olga beralasan.
"Kesimpulannya gue nggak boleh ikut, begitcu""
"Begitcu!" "Kalo gue tetap maksa""
"Selamanya lo emang bandel, kayak gue. Tapi gue harap kali ini jadilah anak baik, Win. Buat kali ini aja."
Wina sebetulnya masih mau ngomong, tapi Olga keburu memlester mulutnya pake Tensoplast. Wina terpaksa bungkam kayak petasan basah.
"Lain tempo, kalo medannya udah gue kuasain, lo pasti gue a.jak, deh, Win. Sekarang lo pulang aja, deh. Cuci kaki, terus bobo. Jangan kelayapan. Jangan pacaran di kebon binatang. Jangan nginep di rumah temen cowok yang udah kakek-kakek. Apalagi sampe bunuh diri di sirkuit Tamiya."
Wina pun pasrah. Walo hatinya masih resah.
"Dah, gue pegi dulu, ya!" tukas Olga sambil mencabut Tensoplast di mulut Olga.
"Iya, deh, tapi jaga diri lo baik-baik, ya, Ol. Gue nggak minta apa-apa, gue cuma minta lo selamet. Itu pestolnya udah diisiin peluru belon, Ol""
"Bego, ah, lo kira gue koboi, apa""
Wina akhirnya betul-betul menyerah, dan hanya bisa memandang punggung Olga yang berjalan membelakanginya.
Wina nggak juga beranjak dari tempatnya berdiri sampai beberapa menit kemudian. Baru setelah tubuh Olga ditelan sesaknya Metro Mini yang akan membawanya ke kantor teve swasta, Wina berjalan menghampiri Wonder kuningnya dan pulang dengan hati masygul. Kayak besok nggak bakal ketemu Olga lagi. Yah, dua orang itu memang sering kangen kalau beberapa jam aja nggak ketemu, tapi langsung berantem kalo ketemu.
"*** "Ini cerita seminggu yang lalu. Begitu lulus tes, Olga diminta tanda tangan kontrak kerja. Sebetulnya. Olga mau ditarik sebagai karyawan tetap. Sedang Olga sendiri maunya jadi karyawan honorer. Tapi ternyata di kantor itu nggak ada istilah karyawan honorer. Akhirnya dicari jalan tengah, Olga kerja sebagai karyawan kontrak yang bayarannya bisa diambil per bulan, dan tetap dapat hak biaya pengobatan kalo sakit, dan berhak punya jatah liburan ke Eropa kalo punya tabungan di bank, hihihi....
Di TV swasta itu Olga dikontrak selama setahun, setelah Olga menolak permintaan Pak Sanjaya yang mau mengontraknya selama dua tahun lebih enam bulan. Karena status Olga masih pelajar SMA, Olga juga dapat hak istimewa boleh masuk kerja seusai jam pelajaran sekolah. Tapi dengan catatan kalau ada kebutuhan yang sangat mendesak, Olga harus rela bolos sekolah barang sehari dua hari. Begitu juga kalau
sekolah Olga punya kebutuhan mendesak, Olga boleh bolos kerja. Nah, kalo kebetulan, baik kantor dan sekolah sama-sarna punya kebutuhan mendesak, maka Olga menyuruh Mami masuk kantor sebagai pengganti. Hihihi....
Sebetulnya begitu tanda tangan kontrak seminggu lalu, Olga diminta langsung kerja, tapi Olga minta waktu sampai hari ini. Mau pamitan dengan pimpinan dan ngerapiin sisa kerjanya di Radio Ga Ga jadi alasan Olga waktu itu. Tapi sebetulnya Olga maksa masuk hari ini biar pas tanggal satu, hingga itungan honornya enak. Dan juga Olga mau puas-puasin jalan bareng Wina ke mana aja. "Soalnya begitu masuk kerja gue bakal sibuk berat, gue khawatir kita bakal jarang ketemu lagi, Win," demikian alasan Olga waktu itu. Pantes Wina keliatan sedih waktu Olga mau berangkat kerja tadi.
"*** "Setengah jam lebih Olga dijadiin ikan asin di Metro Mini yang penuh sesak dan larinya gila-gilaan itu. Untung, sebelum itu Metro nyebur ke Kali Sunter, Olga keburu minta turun.
Soal Metro nyebur ke Kali Sunter, Olga punya ide konyol juga. Ia mau mengusulkan ke para pengelola Metro Mini untuk menerapkan peraturan seperti di pesawat terbang. Yaitu, sebelum berangkat, ada pramugari yang memperagakan alat pelampung penyelamatan, kalo-kalo nanti busnya nyebur. Hihihi, kan pasti seru, tuh. Di sesaknya Metro Mini, ada pramugari cantik melenggak-lenggok memperagakan alat pelampung. Tapi yang pasti, Olga ogah jadi si peraganya. Bisa-bisa dicolek kondektur!
Sesampai di kantor TV swasta, Olga langsung disuguhi suasana gaduh dan riuh mirip kandang ayam yang isinya seratus ayam jago, dan seekor ayam betina. Nah, keseratus ayam jago itu saling berkokok dan berantem memperebutkan si ayam betina. Bisa dibayangin kan gimana riuhnya. Apalagi di antara ayam jago yang satu dengan lainnya saling nggak mau ngalah.
Yah, gimana nggak sibuk kalo di siang yang panasnya kayak kompor martabak itu, Olga memergoki Chandra lagi bertengger di atas genteng kantor cuma untuk masang antena RCTI. Sementara di bawahnya beberapa kru rame-rame megangin tangga buat naik-turun Chandra. Betul-betul kurang kerjaan. Konyolnya, begitu ngeliat Olga, Chandra langsung overacting, seolah dia lagi ngerjain suatu tugas yang mahaberat dan penting.
"Nyomaaan...! Cepet, dong, lemparin obeng daripada kembangnya...! Juga tangnya...! Juga kunci daripada pasnya...!" teriak Chandra pada kru yang bernama Nyoman.
"Obeng kembang apaaan...! Kembang anggrek apa kembang mawaaar..."!" Kru kelahiran Sangeh, Bali, itu membalas permintaan Chandra dengan pertanyaan.
Chandra jelas mangkel. "Aduuuh... bego daripada amat, sih, looo...!" teriak Chandra, kesal.
"Biarin, begoooo...! Saya kerja jadi kru di sini juga lantaran saya begooo...!" balas Nyoman dengan teriakan yang nggak kalah keras. "Akibat saling teriak itu, suasana betul-betul jadi tambah semrawut.
Olga cuma nyengir sebentar, lalu masuk. Chandra yang merasa pancingannya nggak dapat simpati dari Olga, jadi uring-uringan. Tanpa basa-basi lagi Chandra langsung nyrosot turun dari atas, dan masuk menyusul Olga.
Di dalam Olga menemui Pak Sanjaya. Oleh Pak Sanjaya, Olga dikasih pengarahan akan tugas-tugasnya di situ. Memang status Olga di situ adalah penyiar. Tapi karena tevenya sendiri belon mengudara, jadi Olga dipersilakan berdiskusi soal acara dengan bagian Non-drama. Bagian ini tugasnya merancang acara-acara baru, sambil sedikit-banyak nyontek acara orang lain yang keliatan digemari penonton. Yah, selain biar Olga tau pasti tentang acara yang bakal dibawakannya nanti, syukur-syukur Olga punya ide bagus buat acara yang lagi dirancang itu.
Selagi Olga dikasih pengarahan, tiba-tiba pintu terbuka dengan paksa. Chandra muncul dengan tubuh keringatan, dan baju awut-awuan. Pak Sanjaya kaget. Tapi Chandra lebih kaget lagi. Chandra sama sekali nggak nyangka kalo Olga lagi ngomong empat mata sama Pak Sanjaya. Sebab Pak Sanjaya kalo ngomong sebelah matanya selalu ditutup. Dan sebelon Chandra sempat ngomong sepatah kata, Pak Sanjaya keburu mendelik ke arahnya. Bagai ngeliat tukang tagih utang di siang bolong, Chandra langsung ngacrit keluar.
Selesai di-bri efing Pak Sanjaya, Olga ternyata udah ditunggu Chandra di luar. Dan belum lagi Olga sempat menghirup udara segar, Chandra sudah memberondongnya dengan seribu satu macam perkataan.
"Selamat datang, dan selamat bekerja di kantor daripada baru, Ol. Masih ingat kan, sama daripada saya, Chandra"" sapa Chandra.
Olga tersenyum. Merasa dapat reaksi simpatik dari Olga, Chandra jadi makin overacting. Dan supaya dibilang berpengaruh, Chandra juga sok menjelaskan apa tugas dan fungsi Olga di situ, satu hal yang sebetulnya percuma. Sebab Olga udah dapat penjelasan selengkap-lengkapnya dari Pak Sanjaya. Tapi Chandra nggak peduli. Maklum aja kalo Olga jadi sebel setengah mati, dan menanggapi semua omongan Chandra dengan dingin. Apalagi penjelasan Chandra sekadar ngalor-ngidul nggak tentu arah.
"Walau kamu daripada penyiar di sini, tapi kamu harus aktif bantu-bantu yang lain. Seperti saya, walau saya sebetulnya bagian daripada manajer, tapi saya tetap ringan daripada tangan dalam membantu pekerjaan orang lain. Seperti naik ke d"ripada genteng itu tadi. Pokoknya kita harus daripada aktiflah, biar pimpinan senang daripada sama kita. Oh ya, kamu sudah makan daripada belum, Ol" Kita makan daripada bareng, yuk" Asal tau aja, nemenin saya makan termasuk bagian daripada kerja kamu di sini!" Bisa ditebak buntut dari omongan Chandra akhirnya ke situ-situ juga.
Olga yang udah lama sebel ampir aja menyiram muka Chandra pakai Aqua anget yang baru diambilnya dari dispenser. Untung Pak Sanjaya keburu nongol, dan langsung menghardik Chandra.
"Chandla, ngapain kamu" Cepat ke belakang. Tugas kamu di sini jaga disel, bukan ngomong-ngomong melulu. Saya akuin sebagai tukang disel kamu memang paling lapi. Pake dasi, pake setelan bagus, tapi itu kan bukan belalti kamu lepas tanggung jawab sebagai tukang jaga disel," Pak Sanjaya memaki-maki tak terkendali. Semua orang menatap ke arah Chandra. Chandra-langsung ngacrit ke belakang. Rasanya semua modal Chandra yang udah dijual habis saat itu. Olga cekikikan. Lalu Pak Sanjaya tersenyum manis ke arah Olga. Lalu Olga dikenalin oleh Pak Sanjaya ke pegawai yang lain. Lalu Olga diantar ke meja kerjanya. Lalu Pak Sanjaya balik lagi ke ruangannya.
"*** "Ternyata si trouble maker di TV swasta itu nggak cuma Chandra. Yah, setelah enam belas hari kerja di situ, Olga udah bisa mencium banyak hal yang sebelumnya nggak keliatan. Olga mulai bisa mencium beberapa hal yang kurang beres. Dari soal sistem kerja sampai para pegawai yang suka overacting.
Olga baru sadar kerja memang nggak gampang. Dunia kerja adalah dunia yang merepotkan dan bikin stres. Padahal ini bukan yang pertama Olga kerja. Seenggaknya Olga pernah kerja di Radio Ga Ga.
"Tapi waktu di Radio Ga Ga gue boleh dibilang masih setengah main-main daripada kerja. Jadinya yang ada cuma hepi terus. Sekarang gue kayak hidup di dunia yang aneh. Siang masuk, sore pulang. Rasanya baru kemaren kita ada di situ, eh, tau-tau besoknya kita udah ada di situ lagi. Begitu seterusnya. Pokoknya suntuk banget, deh. Yah, gimana nggak suntuk kalo tiap hari kita ngeliat lingkungan yang itu-itu terus, orang yang itu-itu terus, dan kerjaan yang itu-itu terus," cerita Olga pada Wina di satu hari Minggu yang mendung. Wina yang dengerin cuma bisa melongo, sambil sesekali menggigit hamburger big mac.
Wina nampak sangat terpesona mendengar cerita Olga yang begitu penuh semangat sampai menimbulkan percikan yang membasahi mukanya itu. Tapi Wina juga sedih, karena sejak kenal Olga, rasanya baru kali ini Olga mengeluh. Biasanya tu anak selalu punya jalan untuk mengatasi masalahnya. Bahkan juga membantu memecahkan masalah orang lain. Sedang Wina, kayak biasanya, nggak pernah bisa ngasih jalan sedikit pun bagi persoalan yang dialami Olga.
Wina cuma bisa mendengarkan omongan sobat kentalnya itu. Wina cuma bisa merasa kasihan. Dan sedih.
Yah, di benak Wina seolah-olah Olga lagi menjalani hari-hari yang penuh ancaman. Hari-hari kerja yang penuh persaingan keras, intrik, sekaligus kepalsuan. Pokoknya kayak yang Olga bilang sendiri, seolah-olah sekarang ini Olga lagi berada di Taman Jurassic,
dan dikejar-kejar T -Rex yang siap mencaploknya hidup-hidup. Hiii... Wina bergidik.
"Kenapa, Win, lo kentut, ya"" tanya Olga yang melihat wajah Wina mendadak meringis aneh.
"Nggak, gue cuma ngeri aja ngebayangin cerita lo," jawab Wina.
Olga tersenyum getir. "Yah, memang mengerikan...," desisnya.
"*** "Siang itu Olga masuk kantor dengan lesu. Wajahnya nggak bergairah. Betul juga, begitu masuk Olga langsung disamperin Bimbi, dan ditodong supaya cepet-cepet ikutan meeting.
"Cepetan dikit, deh, Ol. Kita meeting."
"Sebentar, ya, Mas, saya taro tas dulu!"
"Tapi bener cepet, ya" Banyak materi yang lagi kita bahas. Kamu udah ketinggalan banyak!"
"Sebetulnya sih saya mau makan dulu, tapi iya deh...," jawab Olga suntuk. Yah, pantas aja Olga suntuk. Abis tiap hari Olga ditodong supaya ikutan rapat harian, yang diadain tiap hari, nggak peduli ujan atau panas. Olga lalu buru-buru lari ke meja kerjanya buat naro tas, terus lari ke ruang meeting.
"Silakan duduk di sini, Ol!" tawar Pak Stefan begitu Olga sampe di ruang meeting. Nah, ini yang bikin Olga males. Soalnya Pak Stefan itu orangnya genit. Kadang kalo duduk deket Pak Stefan, Olga sampe merasa dirinya sabun, sebab suka dicolak-colek. Pak Stefan ini, menurut Olga, kurang begitu kece. Perutnya gendut, kakinya pendek, makanya kalo jalan rada mirip kecebong. Cuma kumis segede pisang ambon di bawah idungnya aja yang ngebedain dia dari kecebong. Dia suka ngebahasain dirinya dengan panggilan akrab Stef. Biar kesannya muda. Tapi menurut Olga kurang cocok. Olga me"nggilnya Oom. Abis Olga sebel sama ganjennya. Selain itu Pak Stefan juga sering pamer pengalaman dan suka meneror mental anak buahnya. Dia suka ngaku-ngaku punya hubungan deket sama atasan, dan udah lebih dari 25 taon kerja di dunia teve. Anak-anak pada segen sama Pak Stefan, karena takut dipecat. Apalagi kebanyakan mereka belon ada tiga bulan kerja di situ, jadi masih dalam masa percobaan. Pantes kalo di depan Pak Stefan, anak-anak selalu keliatan sok s"buk, walao sebetulnya nggak ada yang dikerjain.
Seperti biasa, meeting berjalan mulus. Artinya anak-anak dengan tekun mendengarkan Pak Stefan nyombong soal pengalamannya daripada membahas atau merancang materi siaran. Beginilah kalo Olga udah ada di ruangan meeting. Pak Stefan sering overacting, dan salah tingkah. Olga berkali-kali nguap, tanda udah suntuk dengerin Pak Stefan ngoco1.
Untung menjelang sore meeting yang ngebosenin itu selesai. Olga langsung lari ke mejanya. Tapi baru aja Olga mau makan roti bekalnya, tiba-tiba Pak Stefan udah berdiri di depannya.
"Eh, Oom, makan, Oom!" tawar Olga dengan senyum yang dipaksakan.
Kumis Pak Stefan bergerak tanda tersenyum, sebab bibir Pak Stefan kealingan kumis.
"Ada apa, Oom"" tanya Olga.
""Ah, nggak, Stef cuma mau tanya, apa kamu sudah mengerti materi yang kita bahas dalam rapat tadi""
"Yah, serian, deh, Oom."
"Serian bagaimana maksudmu, Ol""
"Yah sebagian ngerti, sebagian nggak."
Kumis Pak Stefan bergerak lagi.
"Na, kebetulan kalau begitu!"
"Kebetulan kenapa, Oom""
"Kebetulan karena kamu cuma ngerti sebagian."
"Kok"" "Ya, kebetulan saya lagi ada waktu kosong. Yuk, kamu saya ajak keluar untuk menjelaskan sebagian yang kamu nggak ngerti itu. Kita cari restoran seafood yang enak dan sepi."
"Nggak ah, Oom, saya makan roti ini aja!"
"Eh, jangan gitulah. Lagian apa enaknya makan roti buluk itu""
"Yah daripada makan seafood sama Oom, buat saya sih, lebih enak makan roti buluk ini sendiri," jawab Olga cuek.
Pak Stefan jadi salah tingkah, dan mukanya bersemu merah. Dia nggak nyangka bakal dap"at jawaban begitu dari Olga. Maka tanpa bayak cincong lagi Pak Stefan langsung pergi.
Sedang Olga sama sekali nggak nyangka kalau peristiwa konyol itu bakal berbuntut panjang.
Tiga hari setelah peristiwa itu, mendadak Olga dipanggil menghadap Pak Yoyo, kepala personalia di situ.
"Kamu tau kenapa dipanggil ke sini"" tanya Pak " Yoyo sambil mengisap cangklongnya. Mukanya terkesan angker.
"Menurut Bapak, saya tau nggak""
"Nggak." "Saya rasa juga nggak."
"Bagus.... " "Terima kasih, Pak. Bapak mirip Kenny G, deh, kalo l
agi ngisep cangklong begitu."
"Terima kasih. Cita-cita saya dulu memang mau jadi tukang tiup trompet, karena nggak kesampaian jadi saya niup cangklong ini aja, deh. Oh ya begini," Pak Yoyo yang tadi udah mulai ramah, lalu memasang wajah angker lagi. "sengaja kamu dipanggil ke sini sebab saya dapat laporan yang buruk tentang kamu."
"Buruk gimana, Pak""
"Yah, pokoknya kamu sudah mulai bandellah!"
"Bapak dapat laporan dari mana""
"Itu nggak penting. Yang jelas laporan itu saya dapat dari orang yang patut dipercaya."
"Apa isi laporannya, Pak""
"Nah, itu yang akan saya katakan. Saya dengar kamu nggak mau menaati peraturan perusahaan. Bahkan kamu sudah berani menolak keinginan pimpinan. Padahal pimpinan itu kan bermaksud baik."
"Ditilik dari kalimat Pak Yoyo yang menjurus itu, Olga akhirnya paham, pasti si kecebong kumisan itu yang melapor. Dan gara-gara si kecebong itu, Olga jadi dipanggil ke sini.
"Saya menyesal Bapak percaya aja sama laporan itu. Mestinya Bapak menyelidiki dulu kebenarannya," Olga mulai berani membantah.
"Nah, ini satu bukti kamu sudah berani melawan atasan. Saya jadi makin percaya sama laporan itu. Olga, kamu mestinya ingat, salah satu peraturan di sini adalah, kamu harus ikut kata-kata atasanmu. Baik atau buruk. Jangan membantah."
"Tapi, Pak...."
"Eh, dibilangin jangan membantah! Meski cuma penyiar, nantinya kamu akan jadi karyawan full di sini. Tapi baru kerja, saya sudah sering dapat laporan yang tidak baik mengenai kamu. Ketawa cekakakan adalah hobi kamu. Menggoda pegawai cowok adalah kebiasaan kamu."
"Tapi, Pak, kalau atasan kita salah""
"Ikuti saja dulu kemauannya. Nanti kalau memang dia yang salah, dia yang harus tanggung jawab. Mengerti" Kalo semua bawahan boleh melawan, ya, siapa yang mau tanggung jawab" Ingat, perusahaan ini tak butuh orang yang pinter tapi tak mau diajak kerja sama. Kalo mau jalan sendiri, ya, keluar aja!"
Kuping Olga panas seperti diantup tawon. "Yah, siapa, sih, yang nggak panas dimarahi begitu. Apalagi Olga merasa nggak berbuat begitu. Tapi karena posisi Olga sangat lemah, Olga diam aja. Cuma pipi dan kupingnya yang memerah menahan kesal.
"*** "Sekian jam Olga cuma bisa menahan rasa gondok di tenggorokannya. Baru pas sampai rumah, Olga bisa menumpahkan semua kekesalannya. Olga ngamuk sejadi-jadinya. Ditendangnya pintu halaman keras-keras. Nggak cukup puas, Olga juga membanting semua pot tanaman kesayangan Mami yang bertengger di teras. Si Pusi, kucing tetangga yang biasanya jadi kesayangan Olga, langsung ditendang begitu mendekat. Kontan si Pusi menjerit keras sekali.
Mami dan Papi yang lagi asyik. minum kopi sambil baca majalah, jelas kaget. Mereka bangkit dari bangkunya, dan segera menyerbu keluar.
"Ya ampun, kamu to, Ol. Mami kirain ada macan lepas. Kenapa kamu, Ol"! " jerit Mami yang jantungnya ampir copot demi ngeliat pot kesayangannya hancur lebur berantakan.
"Minggiiir...! Semua minggir. Jangan ada yang ikut campur. Olga lagi kesel, nih!"
"Sabar, Ol, sabar.... Kalo ada masalah, kan bisa kita obrolin bareng-bareng," tawar Papi.
""Percuma. Masalahnya nggak bakal beres biar diobrolin juga."
Olga masuk, dan dengan cara sembarangan langsung melempar sepatunya. Akibatnya sepatu itu jatuh pas di kaca bufet. Kaca bufet pecah berhamburan. Mami dan Papi yang membuntuti dari belakang terpekik berbarengan demi ngeliat kejadian itu.
"Olgaaa... jangan kamu ancurin rumah ini. Itu nggak akan menyeiesaikan persoalan!" jerit Papi.
"Biarin!" "Jangan gitu, dong, Ol. Apa yang bikin kamu mendadak jadi kayak orang kesurupan begini"" sambar Mami.
"Olga stres. Olga baru aja diomelin abis-abisan di kantor," tukas Olga ketus.
"Jadi itu yang bikin kamu uring-uringan"" tanya Mami.
"Iya!" Di luar dugaan, tiba-tiba Papi ketawa cekakakan.
"Kok, Papi ketawa""
"Abis lucu, sih," jawab Papi.
"Apanya yang lucu""
"Kamu!" "Olga"" "Ya, kamu baru diomelin gitu aja udah ngambek. Itu kan biasa. Namanya juga orang kerja. Papi aja ampir tiap hari diomelin di kantor," jelas Papi.
"Ya, kamu persis Papi waktu baru kerja dulu. Papi juga ngambek waktu diomelin sama bosnya," timpal
Mami. "Ya waktu itu Papi masih bego. Tapi setelah kerja puluhan tahun, Papi akhirnya tau kalau hal itu biasa. Bos di mana-mana kerjaannya memang cuma ngomel," kata Papi lagi.
"Olga, sih, mau aja diomelin, kalo emang Olga salah. Tapi ini Olga nggak salah apa-apa, Olga difitnah."
Papi ketawa lagi. "Olga... Olga... dasar kamu masih polos. Fitnah dan sikut-sikutan itu juga hal biasa dalam dunia kerja," tandas Papi lagi.
"Masa bodo, pokoknya mulai besok Olga mau berenti!"
Papi cekikikan. "Mi... sejak kapan anak kita jadi lembek begitu. Kok, udah nyerah kalah sebelum perang."
"Apa, sih, maksud Papi"" Olga jadi penasaran.
"Kalo kamu sampe berenti, berarti kamu lembek. Kamu belon bisa menguasai emosi. Perkara begitu aja udah bikin kamu buntu pikiran. Denger, ya, Ol, kalo kamu sampai berenti kerja cuma gara-gara diomelin, berarti kamu kalah sebelum bertanding. Kamu baru dua minggu kerja di situ. Kamu belum ngebuktiin prestasi apa-apa. Kok udah mau berenti. Paling-paling kalo kamu keluar dari situ, kamu cuma jadi bahan tertawaan. Kamu harus ingat satu hal, kebenaran selalu menemui jalannya!"
"Ah, Papi...." Olga mulai ragu.
"Iya, Papi, sih, nggak apa-apa kamu mau berenti, tapi setelah kamu bikin prestasi di situ. Kamu harus buktikan bahwa kamu punya potensi. Kamu harus bikin pimpinan kamu sangat butuh sama kamu. Nah, kalau kamu keluar pada saat itu, Papi yakin pimpinan kamu pasti akan kehilangan. Pokoknya, jangan sampai kepergian kamu cuma dianggap angin lalu aja, Ol."
Olga diem. Mikir. Ya, omongan Papi betul juga.
Tiba-tiba Mami nyeletuk. "Lagian kamu mana bisa keluar begitu, Ol. Kamu masih punya utang sama Mami. Kamu janji mau nraktir Mami ke Sizzler. Kalo sekarang kamu keluar, dari mana kamu punya duit buat nraktir Mami""
"Wah, iya, Mi," Olga nyengir.
Olga merenung sejenak. "Sebentar ya, Mi!"
Tiba-tiba Olga berlari ke arah telepon, dan memutar beberapa nomor. Tak lama kemudian terdengar jeritannya.
""Winaaa.... gue nggak jadi berenti.... Gue kan pernah janji sama elo mau ngajak main-main ke kantor. Gue nggak bakal berenti sebelum gue naklukin kantor itu. Gue nggak akan berenti sebelon gue bisa ngajak lo main-main ke sana...."
"Apaaan..."!" jerit Wina di ujung telepon.
7. BULLS HIT NEWS "MAMI mengangkat tenderloin steak dengan garpu, lalu menaruh steak itu di antara giginya, kemudian menggigitnya dengan penuh semangat. Maka sekali gigit, tenderloin yang segede dosa itu pun berkurang setengah.
"Hm...," Mami bergumam, "enaaak...!" Dan pada gigitan berikutnya, tenderloin yang tinggal setengah itu pun langsung bersarang ke perut Mami.
Papi mengucek-ngucek matanya, karena kagum melihat cara makan Mami yang gila-gilaan itu. "Luar biasa, steak - segede gitu kamu abisin cuma dengan dua kali caplokan, Mi"" tanya Papi kagum. Tapi belum lagi Mami sempat nyombong, tiba-tiba dengan santainya Papi menaruh sepotong sirloin steak di mulutya, dan menelannya bulat-bulat. Kini balik Mami yang terkagum-kagum.
"Oh, my-God... dari mana Papi belajar itu..."" desis Mami.
Wina yang duduk di samping Mami cuma "cekikikan. "Itu, mah, nggak seberapa," Wina berkata cuek, kemudian dengan gerakan fantastis Wina memasukkan dua potong lambchop Ke mulutnya, dan menelannya sekaligus Kini semua melongo. Tak terkecuali Olga.
"Huh, ini sama dengan buang garem ke air laut!" sungut Olga sengit.
"Yah, nggak apa-apa, kan, biar lautnya tambah asin," tukas Wina.. "Tambah lagi ya, Ol"" Wina menyelesaikan kalimatnya dengan sinar mata seperti orang kelaparan.
"Iya, Ol"" dukung Papi dan Mami nyaris berbarengan. Sinar matanya juga persis orang yang nggak makan seminggu.
Olga mendelik. "Not again! Olga memang janji nraktir, tapi bukan berarti Papi, Mami, dan kamu, Win. bisa ngerampok saya seenaknya. Masa makan steak semahal ini sampe nambah" Kalo diturutin, mungkin besok duit. Olga sisa seratus perak. Buat naik bajaj pulang aja nggak cukup!" sembur Olga sambil beranjak dari bangkunya. "Sekarang kita bubar!" bentak Olga lagi.
Wina, Papi, dan Mami mendesis berbarengan, "Ha, pulang" Jadi kamu betul-betul nggak berniat nawarin kita lagi""
"Nggak!" j awab Olga ketus. Tapi Wina, Papi, dan Mami malah tersenyum sambil menepuk-nepuk perutnya yang kekenyangan.
Mereka lalu mengikuti langkah Olga dengan seulas senyum bahagia menghias di bibir masing-masing. Yah, tentu aja Papi, Mami, dan Wina senang, karena rasanya baru kali ini mereka bisa ngerjain Olga dengan sukses.
Tapi apa sebab hari ini Olga bisa mendadak baik mau nraktir Papi, Mami, dan Wina" Yang jelas ini ada kaitannya dengan janji Olga beberapa waktu lalu. Dia janji mau nraktir Mami, kalau dapat gaji dari kantornya. Nah, kemarin Olga baru dapet gaji pertamanya dari TV swasta. Dan sesuai janji, Olga lalu mengajak Mami ke Sizzler. Mami udah ngimpi-ngimpi terus mau makan steak enak. Dan biar lebih seru, Papi dan Wina juga diajak. Tapi ternyata Olga malah dikerjain abis-abisan. "Soalnya kalo nggak sekarang, kapan lagi kita bisa ngerjain Olga. Mumpung Olga lagi banyak duit," alasan Papi, yang disambut dengan meriah oleh Mami dan Wina.
Yah, sebetulnya Olga juga nggak perlu nyesel. Toh, Olga bisa bertahan kerja di kantor TV swasta itu juga berkat Papi. Rupanya setelah dapet dorongan moral dari Papi, Olga akhirnya memutuskan tetap kerja. Lagian kontrak Olga yang setahun itu kan nggak bisa diputus begitu aja. Olga merasa omongan Papi banyak betulnya juga. Olga memang harus berprestasi di kantornya.
Itulah yang bikin Olga jadi makin mantap ngejalanin hari-harinya di. TV swasta tersebut. Walau sebetulnya masalah yang timbul di kantornya bukan berkurang, tapi justru makin banyak, dan makin ruwet. Kadang bikin Olga stres berat. Di kantor Olga memang sangat banyak orang yang suka bikin pusing kepalanya sendiri. Sebab kebanyakan masalah yang timbul nggak ada manfaatnya bagi pekerjaan. Sering-sering masalah itu timbul hanya karena kurangnya pengalaman, dan ambisi pribadi.
"*** ""Kenalin, nama saya Bimbi! Lengkapnya Bimbi Simsalabim!" tukas seorang cowok pendek yang tampangnya boros. Maksudnya, umur baru twenty-something, tampang udah fourty-something. Bimbi mencomot tangan Olga dan meremasnya kuat-kuat, seolah tangan Olga adalah parutan kelapa yang harus dikeluarin santennya. "Kamu Olga, kan"" tanya Bimbi kemudian.
Olga menjawab dengan senyum meringis menahan sakit.
"Saya pimpinan grup di sini," jelas Bimbi lagi tanpa diminta.
Olga mengangguk. "Saya denger kamu calon penyiar buat acara yang lagi saya rancang. Makanya kamu ditempatin di sini sama Pak Jaya."
"Yang saya denger juga begitu," Olga membuka suara.
"Bagus. Itu berarti Pak Jaya mengabulkan permintaan saya."
"Maksud Mas"" tanya Olga.
Bimbi menjawab dengan nada terkesan sombong. "Terus terang, kamu ke sini karena saya minta. Kalo nggak saya minta, kamu nggak mungkin ada di sini. Makanya wajar kan kalau mulai hari ini dan seterusnya, kamu patuh dan mau dengerin omongan saya. Jelas, kan""
"Yah, sepanjang omongan Mas memang pantes didenger, saya akan denger," tukas Olga cuek.
"Oya, kamu tau nggak kenapa kamu saya tarik ke sini""
"Nggak!" Olga menjawab singkat saja.
"Kamu saya tarik ke sini supaya kamu bisa lebih paham sama acara yang bakal kamu bawain nanti. Sebab saya nggak mau acara yang sudah saya rancang capek-capek dibawain sama penyiar yang intelektualitasnya rendah. Saya nggak mau acara saya gagal. Paham""
"Paham, Mas!" jawab Olga sambil menahan rasa dongkol. Yah, Olga memang wajib dongkol, sebab yang namanya Bimbi ini bukan cuma rada sengak, tapi juga rada sok tau, dan suka nganggap remeh orang lain.
""Kalo boleh tau, sebetulnya apa, sih, acara yang lagi Mas rancang. Kok kedengerannya hebat betul""
"Hm... jelas aja hebat. Saya dan teman-teman lagi merancang acara Kuis Teba"-tebak Buah Manggis. Kuis ini beda sama kuis-kuis yang pernah ada. Kuis ini sangat orisinal "dan menarik. Saya yakin kuis ini pasti akan jadi favorit bagi penonton," cerocos Bimbi lagi.
"Ya, hebat sih hebat, tapi apanya dong, yang hebat"" tanya Olga isen"g.
Bimbi demi ditanya begitu, jadi makin bangga. "O, letak hebatnya, mah, di mana-mana. Coba aja bayangin, nanti tiap peserta kuis kita suruh adu mirip-miripan ngegambar buntut ayam. Selain itu mereka juga kita suruh menirukan
suara tukang sate madura, atau tukang roti, atau suara orang adu balap dingklik. Pemenangnya tentu aja yang bisa menirukan dengan persis." .
"Lalu apa lagi, Mas"" tanya Olga sambil menahan tawa, karena Olga merasa apa yang diomongin Bimbi sama sekali nggak lucu. Tapi Bimbi malah makin semangat menjelaskan.
"Di session berikutnya, ini session yang paling sulit dan menarik, para peserta kuis kita kasih liat gambar manggis, duren, dan ra"butan berikut isinya. Kemudian peserta kuis itu kita suruh menunjukkan mana isi buah duren, rambutan, dan manggis itu secara tepat. Nah, gimana menurut kamu, orisinal, kan"" jawab Bimbi dengan penuh keyakinan.
Akhirnya Olga nggak kuasa lagi menahan tawanya. Tawa Olga meledak seiringan dengan habisnya kalimat Bimbi. Bimbi jelas tersinggung.
"Lho, kenapa"" tanya Bimbi penuh rasa curiga
"Ah, nggak apa-apa, cuma lucu aja," jawab Olga sekenanya.
Bimbi tersenyum. Girang karena merasa kuis rancangannya dianggap lucu. Lalu tukas Bimbi, "Yah, memang sengaja kuis itu saya rancang selucu mungkin. Karena sekarang ini apa yang lucu-lucu lagi digemari masyarakat. Itu makanya saya yakin kuis ini pasti bakal jadi favorit."
Lalu Olga pun tertawa lagi. Kali ini lebih keras. Bimbi mengira Olga ketawa karena salut, maka Bimbi pun senang. Padahal Olga ketawa karena betul-betul merasa lucu, sebab ternyata kuis yang digembar-gemborkan Bimbi cuma segitu. Nggak lebih bagus dari mainan anak SD.
Itulah perkenalan Olga dengan Bimbi, ketika pertama kali Olga ngegabung dengan grup Bimbi. Sebuah perkenalan yang kurang mengesankan.
"*** "Di hari berikutnya, ketika Olga udah makin kenal Bimbi, Olga akhimya bisa mengambil kesimpulan kalau Bimbi termasuk orang yang suka bikin pusing kepalanya sendiri. Sok pinter. Ngomongnya berbusa-busa. Kalo berdebat maunya menang sendiri. Keras kepala. Dan yang paling parah, tukang ngibul. Bimbi juga suka mikirin masalah yang seharusnya bukan urusan dia. Tapi sebetulnya Bimbi hatinya baik. Kalo udah suka sama orang, dia bisa setia setengah mati dan sangat perhatian.
Tapi tadi waktu Olga masuk kantor, diliatnya Bimbi lagi duduk di pojokan sambil mengelus-elus kumisnya yang tumbuh lebat. Tapi saat itu wajah Bimbi keliatan sangat sedih. Ini nggak biasa-biasanya. Apalagi di sampingnya Levi Koek, cewek Yogya yang sarjana komunikasi, juga keliatan sedih. Begitu juga Jakob Terkondor, si anak Manado yang suka senyum. Semuanya temen Olga segrup pada pasang muka sekusut benang jait yang diceker-ceker ayam. Olga demi ngeliat temen-temennya lagi pada sedih; langsung ngedeketin dan menegur Bimbi.
"Ada apa, Mas, kok suasananya jadi mendung begini""
"Ini tragedi nasional, Olga, tragedi nasional," jelas Bimbi dengan penuh semangat. Reaksi Bimbi betul-betul di luar dugaan. Olga aja sampe kaget sendiri.
""Iya, Olga, ini tragedi nasional," Jakob Terkondor menambahkan.
"Betul, Olga, ini betul-betul tragedi nasional," Levi Koek yang suaranya medok, khas orang Yogya, juga berusaha menambahkan.
"Semua ngomong soal tragedi nasional, maksudnya apa, coba tolong ngomong yang jelas dengan napas yang teratur, dan jangan emosi," pinta Olga penuh semangat. Saking semangatnya sampai dia sendiri ngomongnya jadi ikut-ikutan nggak teratur.
Bimbi menarik napas dalam-dalam. "Begini, Olga, Pak Jaya menolak acara Kuis Tebak-tebak Buah Manggis," jelas Bimbi kemudian.
"Iya, padahal itu kan acara andalan kita," tambah Jakob Terkondor.
"Betul-betul Nggak berperikemanusiaan Pak Jaya itu. Mentang-mentang pimpinan, Pak Jaya jadi sok berbuat seenaknya. Apa Pak Jaya nggak tau sudah berminggu-minggu kita merancang kuis itu. Pala kita sampe mau pecah," Levi Koek menambahkan.
"Kalo menurut saya Pak Jaya nggak punya kepekaan, nggak punya sense of bargaining. Dia nggak tau kalo kuis itu bakal jadi acara favorit, karena kuis itu sangat orisinal dan lucu. Dia nggak bisa merasakan kelebihan-kelebihan kuis itu. Saya protes. Karena Pak Jaya tidak bicara dengan penalaran. Pak Jaya sebagai orang yang berhak memutuskan boleh-nggaknya sebuah program acara ditayangkan, cuma bicara dalam kedudukannya sebagai pimpinan. Pak Jaya sudah
berkolusi dengan bentuk kekuasaan yang kaku. Makanya kuis andalan kita itu ditolak. Ini penyelewengan!" tambah Bimbi lagi dengan kalimat yang agak susah dimengerti, saking berbelit-belitnya.
Bimbi, Jakob, dan Levi ngomong silih berganti, sehingga suasananya jadi semrawut. Nampaknya mereka cuma ingin melepaskan unek-uneknya ke Olga, sebab mereka takut kalau harus menumpahkan unek-unek itu langsung ke Pak Jaya. Sedang Olga begitu tau duduk persoalannya, bukannya sedih, tapi malah cengar-cengir bajing. Tapi Olga nggak berani ngomong langsung apa yang bikin dia cengar-cengir. Olga takut Bimbi, Jakob, dan Levi tersinggung. Padahal kalo boleh ngomong langsung, Olga pengen ngomong begini, seperti yang Olga omongin ke Wina sehari sesudah pertemuannya dengan Bimbi cs.
"Yah, wajar aja kalo kuis jelek begitu ditolak. Nggak perlu sewot, dong! Malah dengan menolak kuis itu, berarti sebagai pimpinan, Pak Jaya cukup pinter dan cukup bijaksana. Dia udah berhasil nyelametin perusahaan dari kebangkrutan," tukas Olga berapi-api.
Wina nanggapin omongan Olga dengan lebih berapi-api, sampai sebagian roknya kebakaran.
""Betul, Ol, rasanya dari sekian banyak kuis yang ada di TV, kuis rancangan temen lo itu adalah kuis paling jelek yang pernah gue tau! Nggak ada menarik-menariknya."
"Nah, tu kan, lo aja yang rada bego bilang kuis itu nggak menarik sama sekali. Apalagi orang lain yang nggak sebego elo"" tukas Olga lagi.
"Ah, sialan lo, Ol!"
"*** "Peristiwa penolakan itu ternyata berbuntut agak panjang. Bimbi jadi keliatan males kerja. Karena Bimbi-nya males, anak buahnya jadi ikut-ikutan males. Kadang mereka seharian cuma tidur-tiduran atau main congklak di kantor. Sedang Bimbi nampaknya lebih suka mengisi hari-hari lesunya dengan asyik ngeliatin muka Levi Koek yang bunder kayak martabak itu. Mereka betul-betul kecewa, dan rasa kecewa itu sepertinya ingin diliat siapa pun. Semula Pak Jaya cuek aja. Tapi karena TV udah harus mengudara dalam waktu dekat, terpaksa Pak Jaya meminta Bimbi cs harus punya program yang final dalam akhir bulan ini. Bimbi cs pun kembali mulai bekerja merancang kuis. Beberapa kuis dirancang sekaligus dalam seminggu, dan dengan semangat kerja yang sangat kendor. Nggak salah lagi, begitu disodorin ke Pak Jaya, rancangan kuis itu langsung ditolak mentah-mentah. Kali ini malah sambil dimaki-maki. Rupanya Pak Jaya udah nggak kuasa lagi menahan emosinya ngeliat kebegoan Bimbi cs.
"Kalian kerja yang serius, dong! Masak bikin kuis nggak lebih bagus daripada tebak-tebakan anak kecil," rutuk Pak Jaya.
Bimbi nginyem. Yah, tanpa dijelasin pun rasanya Olga tau kuis macam apa yang disodorin Bimbi ke Pak Jaya. Sebab kuis yang dirancang berminggu-minggu dengan serius pun, hasilnya jelek minta ampun. Apalagi ini, kuis yang dirancang borongan dalam seminggu, dan dengan semangat kerja yang kendor, sekendor karet kolor tua.
"Aku benci. Benci. Benciiiiiii!!!!" maki Bimbi.
"Aku dongkol. Dongkol. Dongkoooooool!" balas Levi.
Sedang Jakob menutup mulut rapat. Olga senyam-senyum.
"Eh, iseng-iseng kita bikin sesuatu, yuk" Apaan, kek, untuk menumpahkan rasa kesal. Atau ini aja, kita bikin permainan di whiteboard. "
"Permainan apa"" tanya Levi.
"Permainan buat penyembuhan kepribadian," Bimbi punya ide baru lagi. "Kita ini harusnya jangan takut dikritik. Karena kritik kan akan membantu kita melihat kelemahan. Setiap orang kan punya kelemahan. Dan kadang kita nggak tau kelemahan kita. Jadi kita butuh orang lain untuk menunjukkan apa kelemahan kita. Jadi setiap hari di white board kita tulis, misalnya, Saya benci Levi, karena... Nah, tiap orang berhak meneruskan kalimat itu. Misalnya, mukanya kayak martabak, karena di giginya suka ada cabe... dan lain-lain. Kan seru" Buat becandaan aja...."
"Wah, itu ide bagus!!!" reaksi Olga paling spontan. Soalnya dengan begitu, Olga ngerasa bisa numpahin unek-uneknya dalam ngritik orang dengan lebih leluasa.
Yang lain juga oke-oke aja.
Tapi dasar semangat doang digedein, permainan itu tak pernah dimulai. Karena Bimbi cs dikejar waktu untuk mengajukan ide-ide kuis.
Dan sejak itu semua rancangan yan
g disodorin Bimbi ke Pak Jaya selalu ditolak. Ya, abis nggak ada yang mutu. Ini bikin Olga jadi stres, karena nggak ada yang harus dikerjain. Sebetulnya Olga mau bantu-bantu ngasih ide, tapi Bimbi keliatan kurang suka. Ya, udah, Olga cuek aja. Tapi timbul iseng di benak Olga untuk mengisi hari-hari kosong yang nggak menentu itu. Olga lalu ngedeketin Lita, anak bagian perpustakaan. Begitu Olga mengutarakan maksudnya, Lita langsung setuju. Maka sejak saat itu, seharian penuh Olga dan Lita keliatan "ibuk ngetik di perpustakaan. Kadang mereka juga mendiskusikan sesuatu sambil sesekali cekikikan. Entah apa yang diketik dan didiskusikan sambil cekikikan itu, yang jelas mereka keliatan begitu semangat.
"*** Lebaran masih lama. Dan nggak ada seorang pun yang masang petasan. Tapi hari itu di kantor terjadi sedikit ledakan yang bikin kaget. Gara-garanya, pas pagi-pagi para karyawan masuk, mereka menemukan koran sehalaman berjudul THE BULLSHIT NEWS di mejanya masing-masing. Tapi biar cuma sehalaman, ternyata isi koran itu cukup lucu dan komunikatif. Semboyannya aja berbunyi, koran sehalaman yang terbit tiap besok, media iseng buat mereka yang suka usi!. Sebuah terbitan berlandaskan isu yang dibumbui fakta dan humor yang berlandaskan sentimen. Dan isinya penuh dengan sindiran yang bisa bikin kuping merah. Rupanya ini yang bikin beberapa karyawan, terutama buat mereka yang kena sindir, jadi sewot nggak ketulungan.
Hari itu THE BULLSHIT NEWS nurunin lima berita unik berbunyi:
"Dalam jumpa pers malam Jumat, Freddy, seorang supervisor, mengeluh panjang-lebar tentang niat para anak buahnya yang kebanyakan wanita, untuk hamil bareng-bareng begitu lolos masa percobaan. "Tujuan kita kerja kan cuma supaya dapet biaya bersalin gratis," begitu alasan mereka ketika ditanya.
Sementara itu secara sengaja reporter THE BULLSHIT NEWS memergoki Bimbi lagi asyik liburan di Anyer, setelah sehari sebelumnya dengan wajah memelas dan mengiba-iba, Bimbi minta izin ke personalia untuk suatu urusan keluarga yang sangat penting.
Menanggapi hal itu, kepada reporter THE BULLSHIT NEWS Levi Koek berkomentar, "Ah, itu sih trick kuno. Saya sudah melakukannya sejak masuk kantor ini!!"
"Menyusuri kehidupan malam yang makin gemerlap, reporter THE BULLSHIT NEWS sempat dibuat kaget ketika mengetahui bahwa salah seorang karyawan kantor ini yang bernama Levi Koek, ternyata bisa dibooking melalui starko. Hargal Negotiable.
Menurut sebuah hasil penelitian, ternyata banyak teman kita yang suka menggelapkan uang kesehatan dengan pura-pura sakit tapi sebetulnya mereka segar bugar. Yang masih terus diteliti adalah dari mana mereka bisa memperoleh resep dokter tanpa harus sakit"
"Salah seorang penulis naskah drama bernama Rocky Muller menegaskan, jam masuk kantor tidak boleh mengganggu jam bangun tidurnya. Dan jam pulang kantor, harus berkurang setengah jam dari jam yang telah ditentukan.
"Pada terbitan berikutnya, dan berikutnya lagi, koran sehalaman itu juga menurunkan berita yang nggak kalah serunya. Misalnya ada berita: Beberapa karyawan wanita pengurus acara Nondrama belakangan ini mengakui perbuatannya bersantai-santai di musala sehabis salat lohor. Konon musala yang full AC itu enak digunakan untuk curi-curi waktu istirahat. "Buat ngilangin stres dan pegel linu," kata sumber yang tak bisa dipercaya. Asal jangan buat pijet aja, ya" "Ya, enggak la ya!!!" kilah mereka sengit! Atau, ada berita tentang supervisor l"in yang ternyata lebih jago main game daripada merancang program siaran. Berita lainnya menyebutkan, "Sebagian karyawan kantor rame-rame pada sibuk jadi sales daripada mikirin kerjaan." Makanya di ujung halaman koran, ada sedikit iklan baris: 1) Dijual CD, merek GT-man & Crocodile. Baru dua kali pake. Hub. Muller, bth uang buat bayar koso 2) Tolong beli dasi pornonya Herman, karena doi diancam pamannya Ade (pacarnya) kalau tak berhasil menjual. 3) Dicari research-writer, syarat: harus bisa menggaji sendiri. Hub. SMTM TV. 5) Dijual video bekas: Ju"assic Park, pita kusut. Hubungi Otong. 6) Dijual batu akik merah delima, kuning tokai, BU, Hub: Jaffar.
Di ter bitan berikutnya, masih ada berita konnyol. Tentang konglomerat baru. Isinya: Dari majalah Ekonomi Swak, diperoleh info bahwa seorang konglomerat baru lahir di SMTM TV. Menurut majalah itu, Japra, salah seorang penulis drama, memulai bisnis di Perkampungan Industri Kecil-kecilan. Dengan modal dasar saling percaya, dan tekad bulat membara, Mr. Japra merasa optimis dengan usaha tersebut. "Yang penting, bagaimana kita melayani konsumen. Konsumen adalah raja, sedang kita adalah mahkotanya. Iya, nggak"" katanya mencoba berfalsafah tapi nggeladrah.
Sedang berita lain, mengenai Sudiyanto, yang mengasuh acara Gag Show. Yaitu, acara humor di TV. Menurut sumber yang ingin sekali disebut namanya, tapi karena tidak komersial percuma aja disebutin, buku-buku humor tidak dapat lagi dicari di toko-toko buku. Konon diborong oleh Sudiyanto. Ketika ditanyai teman-teman dekatnya, mengapa ia melakukan itu, dengan malu-malu Sudiyanto menjawab, "Persediaan humor saya sudah habis...!"
Akibatnya suasana kantor jadi makin panas, karena banyak karyawan yang merasa kena sentil.
"*** "Olga dan Lita yang memotori lahirnya koran sehalaman itu, betul-betul nggak nyangka suasananya bakal jadi runyam.
"Padahal niat kita kan cuma iseng, daripada stres mikirin kerjaan yang nggak rampung-rampung," tukas Lita pada Olga, sepulang kantor. Rupanya dua anak itu agak takut juga akibat dari perbuatannya.
Tadi siang memang sempat ribut. Bahkan diadakan rapat antar divisi yang membahas soal koran sehalaman itu.
"Koran ini jelas ingin memecah belah persatuan kita, maka tidak ada jalan lain, kita harus seret Olga ke meja yang dicat hijau. Kalau perlu kita pecat anak itu, daripada kantor kita hancur lebur berantakan sebelum waktunya," tukas Bimbi yang entah kenapa keliatan paling. sengit atas terbitnya koran sehalaman versi Olga.
"Ya, betul, kita harus bikin daripada tindakan. Tuduhan-tuduhan yang dilakukan daripada Olga lewat korannya, sama sekali nggak ada dasarnya. Olga asal daripada ngomong seenaknya, tanpa ada daripada penelitian lebih dulu," sambut Chandra yang sentimen sama Olga, sejak cintanya ditolak mentah-mentah.
Olga dipanggil Bimbi, dan diintimidasi. "Daya humor kamu bener-bener membangkitkan kemarahan orang! Saya nggak mau bertan""ggung jawab kalau orang-orang sekantor ini marah, dan ramai-ramai mengeroyokmu sampai mati. Kamu nggak bisa berkelit, karena bukti-bukti, berupa koran edaran itu, sudah beredar dan ada di setiap meja anak-anak. Kamu mbok ya mikir dulu, orang suka apa nggak sama koran kamu itu. Jangan asal nyablak aja...."
Olga agak takut juga dimarahi begitu, meski ia sempet mengelak, "Lho, ide itu kan sama aja dengan ide Mas Bimbi yang bikin permainan I Hate Levi: because... itu."
"Tapi ini lain! Lain sama yang saya maksud!"


Olga 07 Olga Dan Tv Swasta di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Olga diem. Dalam hatinya dia tetap merasa bahwa ide itu berangkat dati celetukan Mas Bimbi sendiri. Tapi kenapa dia nggak mau mengakui"
Olga gak bisa berbuat apa-apa. Diem aja.
Dan suara-suara sumbang yang memojokkan Olga masih terus terdengar dari para karyawan yang merasa kena sentil. Tapi sebetulnya nggak semua membenci Olga. Karena ada juga karyawan yang justru suka sama ulah Olga. Bagi mereka yang kerjanya bagus, koran Olga bahkan ibarat media yang bisa merasakan suara nati. mereka. Yah, mereka sebetulnya udah lama gedeg sama karyawan yang cuma ngarepin gaji tiap bulan, tapi kerjanya asal-asalan.
""Ini baru koran. Bahasanya memikat, dan teknik penyajiannya bergaya investigasi yang bisa dipertanggungjawabkan," tukas Suryo dari divisi programmer. Siswanto, anak editing, ngomongnya juga bernada simpatik, "Saya suka koran bikinan Olga, enak dibaca dan perlu!"
Tapi apa boleh buat, meski ada yang suka, tapi yang membencinya jauh lebih banyak. Atas prakarsa Bimbi dan Chandra, akhirnya Olga diseret menghadap Pak Jaya untuk diadili.
Melihat para karyawan menyeret Olga, dan saling ngomong dengan nada melebih-lebihkan tentang alasan mereka menyeret Olga ke situ, Pak Jaya cuma tersenyum.
"Nah, Pak, mengingat perbuatannya yang bisa merusak otoritas kerja kita, saya pikir adil kalo Olga dipecat aja!" usul Bimbi.
Pak Jaya tersenyum. "Iya, Pak, Bapak kan nggak ingin kantor kita bangkrut cuma gara-gara satu orang ini!" tukas Chandra memperkuat.
Pak Jaya masih tersenyum, lalu akhirnya ngomong.
"Saya tau.... Saya udah mengikuti kolan sehalaman bikinan Olga sejak peltama kali telbit. Dan memang dilihat dali isinya, kolan Olga itu..."
Bimbi, Chandra, dan karyawan lainnya tersenyum, karena ditilik dari nada omongannya yang kurang suka, mereka mengira Pak Jaya bakal marah dan memecat Olga. Tapi kalimat Pak Jaya selanjutnya sungguh bikin mereka kaget.
".... pellu saya baca. Kalena dali situlah saya bisa memantau cala kelja kalian. Telnyata kalian memang blengsek-blengsek semua. Kelja kaliatl kagak becus!"
Bimbi cs melongo. Perasaan mereka seperti disiram bara api. Mereka langsung lemes. Olga juga ikut-ikutan lemes, karena sama sekali nggak nyangka kalo Pak Jaya bakal ngomong begitu.
"Sebelon kalian pada bubal dali sini, pellu kalian dengel, kalian. jangan pada blengsek lagi kalo kelja. Contoh itu Olga, dia anak yang kleatif. Saya suka sama dia. Jalan pikilannya bagus punya.... Nah, sekalang kalian bubal... bubal.... Saya enek liat muka kalian!"
Dengan dikomandoi Bimbi dan Chandra, para karyawan satu per satu ngacir dari kamar Pak Jaya dengan muka ditekuk. Ketika Olga mau keluar ruangan, tiba-tiba Pak Jaya bersuara, "Telima kasih, ya, Olga...." Pak Jaya tersenyum. Olga tersenyum.
Suryo, Lita, dan Siswanto begitu denger Olga menang perkara, langsung berteriak gembira. Tapi Olga sendiri berjanji nggak akan menerbitkan koran sehalaman lagi. "Daripada hubungan antar kita terputus, saya lebih rela menutup koran itu. Di sini kita memang belon bisa ngomong sesuai fakta. Orang-orang kita masih belum bisa bersikap dewasa dalam menerima kritik. Kita maunya dipuji terus," Olga beralasan. . .
Sorenya ketika Olga mau pulang, di tikungan dekat toilet, tiba-tiba Olga mendengar suara bisik-bisik.
"Maafin saya, Lev, saya nggak bisa ngebales sakit hatimu atas koran sehalaman Olga yang selalu menyerang kamu. Tapi, janji kita untuk nonton sore ini nggak batal, kan""
Ha, itu kan suara Bimbi. Pantes Bimbi begitu gigih menyerang Olga, nggak tau dia ada apa-apa sama Levi Koek, yang kebetulan memang sering diserang Olga melalui koran sehalaman.
Hihihi... Sambil berjalan pulang, Olga terus mesem.
" 8. CEWEK PANGGILAN "SEJAK usulan kuis Olga diterima, mendadak Olga naik daun di mata grupnya. Pak Jaya dengan segeranya menyetujui proposal yang dibikin oleh grup Olga. Bimbi yang semula sebel ngeliat gaya Olga, kini berbalik salut. Karena gara-gara usul Olga itu, Bimbi nggak jadi keilangan muka sebagai supervisor. Ya, acara jelek atau bagus, yang dimaki dan dipuji kan supervisor-nya, bukan anak buah. Padahal kuis yang disodorkan Qleh Olga ke grupnya cukup sederhana. 'Yaitu, kuis pancaindera. Kita kudu menebak sesuatu lewat pancaindera. Misalnya, mata. Para peserta duduk di antara dua boks besar. Nanti dari boks satu ke boks berikutnya, secara beruntun dan cepat akan dilemparkan berbagai benda ajaib, misalnya celana dalam, obeng, atau kalo perlu kulkas, TV berwarna 27 inci, dan lain-lain. Nah, si peserta dengan cepat kudu menebaknya. Jangan sampe ketinggalan. Karena makin lama, benda-benda beterbangan itu makin cepat. Dan makin aneh-aneh. Terus, contoh yang lewat idung. Mata ditutup, lalu disuruh nyium beberapa benda, dan disuruh menebak. Begitu juga dengan pendengaran dan raba-meraba. Pokoknya, kuis Olga ini seru. Karena sesuai dengan kiat yang dibeberkan Pak Jaya. Yaitu, kuis yang diinginkan adalah kuis yang bisa diikuti semua orang. Tidak membutuhkan keterampilan, keahlian, dan pikiran. Pokoknya asal seru. Dan Olga bisa menebak tepat apa yang dimaui si bos.
Nah, sejak itu, Bimbi lantas saja menganak-emaskan Olga. Setiap ada meeting, Olga harus ikut. Tentu untuk dimintai pendapat. Karena baru Olga yang-konon-punya selera standar yang dimaui bos. Setiap ada yang usul, pasti Bimbi akan menoleh ke Olga. "Olga, gimana pendapat kamu""
Pertama,..tama, sih, Olga oke aja. Siapa sih yang nggak seneng diakui begitu" Meski Olga statusnya cuma pembawa acara dan u
sianya jauh lebih muda dari mereka. Tapi lama-lama sikap saling menggantungkan segalanya ke Olga, bikin Olga sebel juga. Olga telat masuk atau sakit dikit, telepon jadi berdering terus di rumah. Gak ada waktu istirahat. Dunia Olga sebagai anak remaja enam belas tahun jadi ilang. Yang ada hanya kerja dan kerja. Karena TV kan industri. Pabrik. Tiap hari harus siaran. Jadi, ide harus terus ngalir bak sungai di gunung. Jangan mandek bak selokan mampet.
Saking keselnya, karena Olga juga nggak ada waktu buat bikin pe-er, belajar persiapan ulangan, akhirnya yang ada Olga suka mencabut teleponnya. Biar nggak krang-kring terus.
Kalo ditanya Bimbi, "Kok, semalem telepon lo bicara terus, Ol""
Olga jawab, "Rusak kali, Mas."
Tapi akibat itu, lebih apes lagi. Suatu ketika, pas Olga dateng ke kantor, ia disambut hangat oleh Bimbi.
"Olga, ada berita baik buat kamu. Nih, saya udah ajuin permohonan supaya kamu dibeliin pager. Dan ternyata dikabulkan. Sekarang pake pager ini ke mana pun engkau pergi selama 24 jam. Biar saya mudah menghubungi kamu di mana saja, kapan saja," ujar Bimbi sambil menyerahkan alat panggil itu. "Sematkan di pinggang kamu, Ol."
Olga terkejut. "Pager" Gue pake pager""
"Iya, kenapa" Keren, kan" Kayak eksekutif muda""
"Aduh,. bukannya malah kayak cewek panggilan""
Tapi Olga nggak bisa nolak. Tau sendiri kalo Bimbi udah maksa. Dan yang ada, di kelas, Olga jadi bahan ledekan. Karena, pernah pas lagi ulangan matematika, suasana lagi hening, tiba-tiba pager Olga bunyi. Semua orang, termasuk guru, kaget. Olga buru-buru mematikan pager-nya. Dan Olga jadi bahan tertawaan.
"Olga, kenapa kamu bawa-bawa pager segala"" tanya Pak Guru.
"A-anu, Pak..."
"Anu-anu apa" Pasti kamu ininta kirim jawaban soal lewat pager, ya" Ayo, kemarikan pager-nya...."
Dan sejak itu Olga jadi dapat nama panjang Olga Simatupang. Bukan karena Olga mirip orang Batak, tapi "Simatupang"-nya singkatan dari: siang-malam tunggu panggilan.
"Berapa tarip semalamnya, Ol"" goda Rudi selalu. Plak! Tamparan pedas mendarat di muka cowok indo itu.
Olga makin sebel. "*** "Tapi Olga seperti sudah telanjur terjun ke lumpur idup. Dan dengan kesibukannya, Olga memang harus membayar mahal. Olga seolah keilangan dunia lain, dunia sekolah. Hidup Olga cuma dipenuhi orang-orang di studio. Padahal usia-usia kayak Olga kini, cewek lagi mekar-mekarnya. Ibarat bunga, harumnya semerbak ke mana-mana. Apalagi buat anak-anak seusia Olga, masa kelas 2 SMA itu, tiap malam kesenian, ada aja yang dirayain dengan meriah-meriahan. Dan yang menjadi tradisi tiap tahun, SMA Olga ngadain acara Couple Nite. Artinya, yang datang diwajibkan berpasangan sama pasangannya. Bagi cewek-cewek di SMA Olga, acara itu udah jadi ajang pamer cowok. Seolah pas Couple Nite, si cowok resmi di-go public-kan ke temen-temen. Nggak boleh bokap, tentu. Harus pacar. Acara beginian, mah, orangtua dilarang nimbrung. Apalagi guru. .
Nah, selagi Olga berkutat di kantornya, dia kehilangan rumpian dan gosip-gosip hangat di kantin sekolah.
"Gile, cowok si Petty keren banget, ya" Kayak Jeremy Jordan," ujar Ade yang siang itu ngumpul di kantin, mojok dekat penggorengan bareng sobatnya Ria dan Lini.
"Si Stefanus itu"" ujar Ria.
"Iya. Bodinya oke banget."
"Wah, pasti dia jadi pasangan paling ideal untuk malam Couple Nite nanti. Kalo lo nanti siapa yang dibawa"" Ria balik nanya.
Ade mikir. Soalnya cowoknya ada tiga. Di sekolah satu, di tempat kursus satu, dan satu lagi nemu di bus waktu ke Bandung. Ria dan Lini tau itu, soalnya Ade selalu pamer.
"Si Rendi,. kali," ujar Ade nyebutin nama temen kakak kelasnya. Iya, dong, soalnya Rendi yang paling aman buat di-go public ke temen-temen lainnya.
""Gue, sih, tetep si Iwan," ujar Lina tanpa ditanya. "Abis lo liat aja, gue dikasi cincin keren kayak gini waktu Valentine kemaren. Romantis, ya""
Ade dan Ria ngerubung cincin yang dipamerin Lina.
"Gile, keren amat" Iwan sayang banget, ya, sama elo...," ujar yang lain ribut.
Suasana di deket penggorengan tahu itu sebetulnya sama sekali nggak nyaman. Panas, bak duduk di pantat penggorengan. Tapi dasar cewek, kalo ud
ah ngegosip, lupa sama situasi. Mereka juga nggak ngeh waktu Wina, yang mulai merasa kesepian karena ditinggal Olga, datang dan langsung nyomot tahu sekaligus dua.
"Hei, Win. Dateng-dateng makan," tegur Ade kaget, waktu tiba-tiba Wina duduk di sebelahnya. Saking cueknya, Ade ampir jatuh tergeser ke pinggir.
"Iya. Lagi ngegosip apaan, Bo" Udah pada nyetor ke gue belon"" Wina menjawab santai.
"Nyetor apaan"" Ade heran.
"Lho, gue kan germo kalian. Gimana, sih" Setoran, dong!"
"Sialan!" Mereka bertiga ngegebuki Wina.
"Eh, lo ikut Couple Nite, Win"" tukas Ade setelah aksi penggebukan massal itu reda.
"Ikut, dong!" ujar Wina cuek sambil memunguti tahu yang jatuh karena digebuki tadi.
"T"rus, calonnya udah ada"" Lina penasaran. Gu" penasaran pengen liat cowok lo. Udah ada, kan" Masak dari dulu solo karier aja lo""
Wina berpikir sejenak. "Ada."
"Namanya siapa, Win"" Ria ikut penasaran.
Wina bmgung. Tiba-tiba ia melihat foto Andrew S"ue, pemeran Melrose Place, di majalah yang Lina bawa.
"Andrew," jawab Wina spontan.
"Andrew" K"ren amat namanya" SMA mana" Kenal di mana"" Ade langsung tertarik.
"Udah kuliah. Di Trisakti. Jurusan lansekap," ujar Wina sembarangan.
"Eh, Win, sini dulu," ujar Ria sambil menank tangannya, mengharap Wina duduk di deketnya. "Kalo cowok lo punya temen, ke"nalin ke gue, dong!"
"Dasar!" Wina menjitak Ria. "Lo kan udah punya cowok. Kang Ojek itu...."
"Sialan! Awas, lo! Lo juga paling tepu aja. Mana ada, sih, cowok keren yang mau sama cewek IQ jongkok macem lo"" maki Ria
Giliran Wina ngomel-ngomel.
"*** "Olga memandangi hasil ulangan matematikanya yang jeblok. Lalu langsung memasuk"ya ke dalam tas, dan siap-siap mau cabut. Wina yang dari tadi ragu, datang menghampiri.
""Ol," panggilnya segen.
Ya, sejak Olga sibuk di TV, dia jadi kayak orang laen. Bukan sobat yang gampang dibecandain.
"Apaan"" tanya Olga datar sambil sibuk masuk-masukin alat tulisan ke dalam tas.
"Lo ikut acara Couple Nite""
"Acara apa""
"Couple Nite." "Couple Nite"" Olga memandang Wina.
"Aduh, gue udah nggak sempet ikut-ikut acara begituan lagi, Win. Kerjaan gue sekarang numpuk."
"Tapi kan, Ol, hanya setaun sekali...."
"Iya, sih, tapi mungkin gue udah ngga" mood ikut acara begituan lagi. Eh, gue pergi dulu ya, Win" Ada rapat...."
Olga langsung ngacir. Wina melongo memandangi kepergian sahabatnya. Hatinya sedih. Air matanya mene tes di sudut mata. Olga terasa makin tak dapat diraih.
"*** "Pulang sekolah, Wina berjalan terburu-buru sambil ngemil kentang goreng. Hari itu Ade, Ria, dan Lina ada rencana mau belajar bersama di rumah Wina. Wina sengaja ngundang. Abis sejak Olga sibuk, Wina bu"h cari pengganti. Tadi Wina beli ayam suntik dulu. Sementara janji sama anak-anak jam dua. Ini sudah hampir jam dua. Wina buru-buru pulang.
Pas di tikungan jalan, Wonder Wina tiba-tiba nyerempet seorang bujang yang sedang membawa pot bunga. Bujang itu jatuh nyusruk ke got. Pot bunganya jatuh dan pecah di aspal. Wina terkejut, buru-buru turun dari mobil.
"M-maaf, Mang...," ujar Wina gugup.
Ia sedih memandang bujang itu bangkit dengan muka berlepotan. Bujang itu mengusap-usap tanah di wajahnya.
"Maaf, sih, maaf, Neng. Tapi Amang bisa dimarahin bos Amang, mecahin bunga pesanan."
"S-saya ganti, Mang. Segini cukup"" Wina langsung mengeluarkan uang dua puluh ribuan dari kantong.
Amang itu langsung senang. "Wah, lebih dari cukup, Neng. Makasih. Kalo gitu, sekalian aja bunganya untuk Neng."
Setelah mengambil uang, Amang itu buru-buru pergi. Tinggal Wina yang bengong menatap bunga berserakan di aspal. Tanpa pikir panjang, daripada sayang kebuang, Wina memungut bunga itu, dibawa ke mobil.
Ade, Ria, dan Lina udah nungguin di ruang tamu, waktu Wina datang tergopoh-gopoh sambil membawa bunga. Mereka yang udah siap ngomel, karena keriting nungguin, jadi melongo melihat Wina datang bawa-bawa bunga.
"Aduh, sori. Gue ada urusan dulu...," ujar Wina, langsung meletakkan bunganya di jambangan ruang tamu. Kebetulan jambangan bunga itu kosong.
Ade, Ria dan, Una bengong melihat Wina yang dengan cepat meletakkan bunga di jambangan.
"B-bagus banget bunganya, Win," ujar Ade masih melongo.
"Harum, lagi," Ria menambahi.
"Dapet dart cowok kamu, ya, Win""
Wina kaget. Ia sendiri nggak nyangka temen-temennya bakal mengira begitu. Tapi, ya, kebetulan. Wina pun buru-buru mengangguk.
Tiba-tiba Ade memeluk Wina, terharu. "Aduh, Wina, biar bego-bego juga lo memang gadis yang beruntung. Dari dulu gue selalu ngimpiin ada cowok yang ngasih gue bunga. Tapi sampe sekarang nggak pernah ada. Padahal cowok gue ada tiga. Semuanya nggak pernah ngasih bunga. Romantis banget cowok lo, Wina."
"Iya, Win. Lo emang beruntung," ujar kedua temen yang lain sambil ikut-ikutan meluk. Sampai pada nggak sadar kalau mami Wina nongol. Mami Wina heran melihat anak gadis semata wayangnya dipeluk teman-temannya.
""Lho, ada apa, kok, main peluk-pelukan"" ujar mami Wina. "Kayak sinetron aja!" Saat itu mami Wina sudah berpakaian rapi, mau pergi.
"Aduh, Tante. Anak Tante memang beruntung! Dapet cowok yang amat romantis," ujar Ade spontan.
Mami Wina kaget. "Wina" Dapet cowok" Kalian jangan bercanda, ah!"
"Iya, bener! Buktinya Wina dapet kiriman bunga dari Andrew," tambah Ria sambil menunjuk bunga di jambangan. Mami Wina memandang bunga yang indah itu. Terkagum-kagum.
"Bener, Wina" Itu dari pacar kamu"" tanya maminya.
Wina mengangguk. "Kok, kamu nggak pernah cerita" Kok, nggak pernah kemari"" tanya marni Wina.
"Orangnya pemalu, Mam," sahut Wina sekenanya.
"Anak mana" SMA"" tanya mami Wina.
"Kuliah. Di Trisakti jurusan desain interior," jawab Wina.
"Desain interior"" Ade bengong, "Kata kamu lansekap""
Wina langsung pucat. "Eh, oh, i-iya. Maksudnya lansekap. Kan sama-sama ngedesain juga.... "
Mami Wina tersenyum. "Kapan-kapan ajak main ke sini, Wina. Mami kan bangga anaknya laku juga."
"Oh, katanya Wina mau ngajak Andrew ke acara Couple Nite, Tante. Boleh, kan"" ujar Ade sok tau.
Mami Wina tersenyum. "Boleh, asal pulangnya jangan malam-malam."
Wina mengangguk lagi. Tapi hatinya mulai tak nyaman.
Mami Wina lalu pamit mau ke plaza.
Di dalam mobil, ketika mens tarter dan memanaskan mobil, mami Wina membatin, "Nggak nyangka anak sebloon itu akhirnya punya cowok juga.... Padahal Wina kan orang" nya sembrono begitu. Di mana ada dia, pasti ada yang pecah. Cowok mana suka tipe cewek kayak begitu" Tapi jodoh emang nggak ke mana. Siapa tau dia sudah berubah.... Amin!"
Baru saja Mami Wina selesai membatin, tiba-tiba dari ruang tamu terdengar suara benda pecah. Mami Wina kaget, langsung kepalanya keluar dari jendela.
"Winaaaa, apa itu yang pecah""""
Dengan gugup, Wina menjawab dari jendela rumah, "V-vas bunga, Mi. Kesenggol sikut Wina...."
Mami hanya menggeleng-geleng mafhum.
*** "Sejak kejadian itu, tiba-tiba aja berita Wina punya cowok bernama Andrew jadi nyebar ke semua anak di sekolah. Dasar cewek-cewek penggosip. Awalnya Wina kaget waktu pagi itu datang ke sekolah, Bang Mamat, si penjaga sekolah, menegur Wina, "Pagi, Neng Wina. Kok wangi amat, Neng" Baru dapet kiriman bunga lagi, ya""
Wina kaget. "Eh, kok Bang Mamat tau"" "Tau, dong, Bang Mamat kan langganan tabloid gosip!" ujar Bang Mamat sambil nyengir.
Wina tertawa garing. Ditambah lagi Gunawan, pas Wina meletakkan tas di kelas, tiba-tiba cowok beralis tebal itu menegur, "Cowok kamu itu yang main Melrose Place apa bukan, sih" Kok, namanya sama-sama Andrew""
Wina makin kaget. Dan yang paling bikin Wina kaget sekaligus bahagia adalah, ketika pas mau pulang, Olga sempet nyamperin.
"Win, selamet. Lo udah dapet cowok."
"Eh, lo tau dari mana, Ol"" ujar Wina sedikit bahagia. Karena sobatnya udah mulai merhatiin dia.
"Ah, kan di majalah dinding ada pengumumannya. Tapi itu nggak penting. Yang penting, betul nggak kamu udah punya cowok""
Wina agak gugup. Tapi egonya keluar. Ya, dia mau menunjukkan kalo selama dltinggal Olga, Wina pun bisa nyari cowok sendiri. Maka yang keluar dari mulut Wina adalah, "Iya. Bener. Emang kenapa, Ol"" Suara Wina dibikin agak sombong.
"Syukur deh, kalo gitu. Berarti lo nggak sia-sia gue tinggal sendirian. Lo nggak sedih sering gue tinggal-tinggal terus. Kapan-kapan kenalin, ya""
Wina mengangguk. Deng an enteng Olga pergi meninggalkan Wina.
Lagi-lagi Wina memandang sahabatnya. Lagi-lagi Wina sedih. Lagi-lagi Wina harus berbohong untuk menutupi kelemahannya.
Ah, kini Olga makin merasa tak berdosa ninggalin gue terus, ujar Wina sedih. Air matanya menetes lagi.
"*** "Malam itu di ruang tengah, papi Wina lagi asyik nonton berita. Sedang Mami asyik membaca majalah wanita, ditemani Wina yang duduk di karpet nonton acara TV, sambil ngemil potato chip. Itu mulut nggak brenti-brenti mengunyah bak sapi lagi memamah biak.
Mami menaikkan wajahnya dari majalah.
"Wina, kamu belum ngomongin rencana pergi ke Couple Nite ke Papi."
Wina diam aja di karpet. "Si Andrew itu mau menjemput ke sini, kan" Orangnya gimana, sih" Mami kan mau kenal.... "
Papinya yang kebetulan mendengar, ikut nimbrung, "Iya, Wina. Papi juga mau liat si Andrew-mu itu. Gantengan mana sama Papi""
Wina tetap diam. "Kalau sudah punya pacar, kamu harus lebih lembut. Jangan dandan semprul kayak biasanya. Nanti Andrew bisa kabur," lanjut maminya.
Tapi tiba-tiba Wina berdiri dan membuang potato chip-nya yang masih setengah isi. "Ah, Wina nggak mau pergi ke Couple Nite!"
Mami dan Papi bengong. "Lho, kok" Kenapa""
Wina malah masuk ke kamarnya, dan menutup pintu dengan keras. Mami dan Papi "berpandangan.
"Pi, kok, tingkah Wina aneh begitu" Biasanya dia girang kalo mau ke pesta"" ujar Mami.
Papi cuma mengangkat bahu. "Maklum masa puber!"
*** "Siang itu di kantor TV Swasta, mood Olga lagi kurang oke. Ada aja kejadian yang bikin dia sebel. Karena Olga pengennya kerja profesional, tapi yang ada beberapa supervisor malah sibuk berpolitik untuk merebut posisi. Gara-gara ada sejumlah orang Amerika didatangkan untuk jadi advisor, untuk diambil ilmunya. Tapi para supervisor, seperti Bimbi, malah berpikir sempit. Dia merasa kedatangan orang-orang asing itu bisa mengancam kedudukannya. Ya, bagi orang yang kurang becus, itu emang jadi ancaman. Jadi keliatan boroknya. Tapi bagi orang yang mau belajar, itu bisa jadi guru yang baik. Manajemen ngedatengin mereka mahal-mahal kan untuk disuruh ngajarin kita, yang kebetulan belum maju industri TV-nya. Dan Olga ngeliat cara kerja mereka yang profesional. Olga suka. Tapi Bimbi siang ini malah ngadain rapat yang isinya rada-rada menghasut anak buahnya untuk menentang bule. Dengan dalih macem-macem. Kita jangan mau dijajah-lah, apa-lah. Olga jadi nggak abis pikir. Mungkin emang ada bule-bule yang sok tau, tapi bule yang ada di kantor Olga ini orangnya enak banget diajak kerja, diajak diskusi, nggak suka sikut kanan-kiri. Tapi, kok, malah dibenci. Olga jadi suntuk. "Aneh, kok, kita jadi kayak rasialis begitu. Mentang-mentang orang asing, langsung main benci aja. Kok, nggak ditiru semangat kerjanya yang nggak kenal waktu. Kapan kita mau belajar kalo terus merasa udah pinter"" gerutu Olga ke Lita di perpustakaan.
Dan siang itu juga sebetulnya hari menjelang perayaan Couple Nite di aula gedung sekolah. Mami Wina pun sudah menyiapkan baju untuk dipakai Wina. Tapi sejak tadi, Wina belum pulang-pulang juga. Belum mencoba baju baru yang sengaja dibeli maminya.
Menjelang sore, maminya jadi agak cemas.
"Ke mana Wina, ya, Pi" Masa magrib-magrib begini belum pulang"" tanya mami Wina kepada papi Wina yang lagi asyik main golf mini di halaman belakang.
"Mungkin pergi memberitahu Andrew-nya itu. Nggak sadar ya, Mi" Anak gadis kita sudah gede. Sudah dimauin orang," ujar Papi.
"Ya, mudah-mudahan. Tapi minimal dia telepon dulu, kek...."
Tak berapa lama, Ade, Ria, dan Lini datang ke rumah Wina. Mereka nggak sabar ingin mendengar cerita Wina soal Andrew-nya yang begitu terkenal.
Mami Wina menyambut mereka.
"Wina niat banget, ya, mau ke Couple Nite sampai bolos sekolah segala," ujar Ria sambil celingukan mencari Wina.
Mami Wina bagai disengat tawon. Langsung menatap Ria.
"Apa kamu bilang, Ria" Wina bolos""
"Iya. Sekarang Wina-nya mana""
Mami Wina melongo. "Tadi pagi dia berangkat pagi-pagi mau ke sekolah...," ujar mami Wina panik.
"Ah, Wina nggak masuk, kok," tegas Ria. Lini dan Ade mengiyakan.
"PAP, DI MANA WINA SEKARANG"""" Mami Win
a berteriak pada suaminya.
Papi Wina yang nyaris memasukkan bola golf ke lobang, jadi kaget tangannya disentak oleh istrinya. Bola golf melayang, kena kaca jendela ruang tengah. Kaca jendela pecah berantakan.
"*** "Plaza temp at jualan kaos itu sudah sepuluh kali dimasuki Wina. Tapi Wina nggak kunjung bisa mengusir rasa sepi. Wina keluar toko dan berjalan nggak bersemangat sendirian. Ia masih mengenakan seragam. Wajahnya amat letih. Dalam hatinya dia menggumam, "Seharian gue jalan, tapi gue nggak tau harus gimana. Gue nggak punya teman lagi. Gue nggak punya cowok yang nggak mereka kenal. Gimana gue bisa cari orang yang disuruh pura-pura menjadi Andrew" Udah tau pelupa begini, pake acara ngeboong segala. Hampir aja ketauan...."
Wina duduk di sebuah cafe dengan wajah kusam.
"Oh, biasanya selalu ada Olga yang bisa membantu. Tapi sekarang di mana Olga" Oh...."
"Wina menggigit roti isi daging sementara air mata meleleh di ujung mata. Wina benar-benar nggak tau harus berbuat apa. Teman-temannya kemaren udah pada penasaran pengen dikenalin ke Andrew. Oh, mau ditaruh di mana ini muka"
Tak jauh dari situ, ternyata Olga pun sedang suntuk jalan sendirian. Ia sebel gara-gara Bimbi menyodorkan kertas pernyataan yang harus ditandatangani. Yang isinya, menentang tenaga asing di TV mereka.
Olga nggak bisa menipu batinnya, di samping suka ngecengin bule-bule itu, ia juga banyak belajar dari mereka yang udah pengalaman bikin kuis macam Win, Lose or Draw, Tell The Truth... bahkan acara gila macam America's Funniest Home Video.
Dan Olga kaget ngeliat Wina, sobatnya, sendirian di cafe" .
"Winaaaa!!!" pekik Olga tiba-tiba. Ia bak melihat oase di tengah gurun.
Wina tersentak ketika mendengar suara orang yang amat dirindukannya. Wina menoleh. Tau-tau Olga sudah berdiri di dekatnya.
"Olga!!!" Wina tiba-tiba aja berdiri memeluk Olga sambil menangis berderai-derai. Sampai orang se-cafe memandang bingung ke arah mereka. Ini lagi syuting sinetron apa ada dua anak yatim yang lama berpisah" pikir mereka.
""Kenapa kamu, Win" Kok kamu ada di sini" Katanya mau ke acara Couple Nite""
Wina terdiam. Olga duduk di samping Wina. Matanya menatap Wina yang terus menunduk.
"Ada apa, Win""
Wina diam. "Eh, mana Andrew-mu""
Wina nangis lagi. "Kamu diputusin""
Wina menggeleng. Akhirnya dia cerita. Yang selengkap-lengkapnya. Semua isi batinnya ditumpahkan. Olga jadi bengong.
"Jadi kamu bohong, ya""
"Olga...." Wina menutup wajahnya karena malu. Lalu menangis tersedak-sedak. Olga langsung memeluk pundak sobatnya, dan dijatuhkan ke dadanya. Tangannya mengelus-elus rambut Wina.
"Ya udah. Nggak usah sedih terus. Sekarang kita pikirin gimana menyelesaikan persoalan ini. Semua temen menunggu di aula."
"Gue nggak berani dateng. Gue pasti dicela abis-abisan. Rasanya gue nggak punya muka...."
"Tenang saja, ini menjadi rahasia kita berdua." Olga terus memutar otak. Ia memandang jauh ke depan. Di depan cafe itu ada Toko Buku Gramedia. Di etalasenya dipajang buku Mrs. Doubtfire. Tiba-tiba ide gila muncul begitu aja di kepalanya.
"Win, gue punya aka!!!!" ujar Olga sambil menjitak kepaia Wina. Wina mengaduh.
"Apa"" "Kita balik ke kantor TV! Gue kenal orang make-up yang bisa bikin efek ngubah-ngubah wajah kayak di film Mrs. Doubtfire. Kita minta tolong dia aja ngubah gue jadi cowok. Pasti dia bisa. Jadi ceritanya gue nyamar jadi si Andrew!"
Wina kaget dengan ide gila Olga.
"Emang bisa""
"Pasti bisa! Yuk, gue bisa, kok, ngubah suara jadi kayak cowok! Lo nggak usah ganti baju, pinjem kostum di kantor aja. Gue kenal, kok, orang-orangnya. Dari situ kita langsung ke pesta Couple Nite. Oke""
Wina semangat mengangguk.
Olga langsung menarik tangan Wina.
Mereka buru-buru pergi. Wina bahagia Olga sudah kembali seperti dulu. Sudah kembali bisa diajak gila-gilaan. Ah, Olga memang sahabat yang baik.
Dalam perjalanan, Olga berceloteh di samping Wina yang sedang menyetir.
"Tapi lo jangan boong lagi, ya" Buat apa, sih. Dan setelah kejadian malam ini, lo kan bisa mengarang cerita kalo lo putus dengan Andrew. Biar gue nggak terus-terusan jadi Andrew, oke""
Wina mengangguk-angguk mantap. Ia tersenyum.
"Tapi, Ol, kok tumben lo mau ikut lagi ke acara sekolah"" tanya Wina menyelidik.
"Ya, gue lagi suntuk aja tadi di kantor. Tapi gue nggak mau nyerah. Gue tetap pegang kata-kata papi gue. Gue bakal bikin sesuatu dulu sebelum keluar dati TV itu. Biar gue nggak disepelekan!" ujar Olga bersemangat.
Wina terdiam. Jauh di lubuk hati, ia merasa kecewa. Berarti ia akan tetap sering kehilangan Olga. Tapi ia berusaha melupakan. Minimal, malam ini ia kembali akan mengalami petualangan yang seru, seperti dulu-dulu, bersama Olga. .Sahabat yang amat ia cintai....
Wina nggak bisa ngebayangin, gimana konyolnya tingkah laku Olga yang nyamar jadi Andrew. Hihihi.
" 9. WINA KESEPIAN "SIANG itu udara begitu panas. Panas sekali. Debu-debu "eterbangan. Angin yang bertiup terasa sepert! sengatan tawon di tangan. Dan lapangan basket sekolah itu seperti gurun pasir saja. Kemarau kali ini memang kebangetan. Tapl anehnya si Olga, dengan sepatu rodanya itu", begitu bel pulang berdentang, langsung aja ngacir dengan lincahnya melintasi lapangan basket, melompati got-got sekolah dan melesat melompati pintu pagar sekolah yang baru dibuka setengah!
"Hiyaaa...!" "Hei, apaan tuh, yang terbang"" si penjaga sekolah kaget. "Meteor, ya""
Tapi Olga tak peduli. Dia terus saja memacu laju larinya. Olga memang harus buru-buru. Soalnya di kantornya, di TV swasta itu, dia harus segera muncul untuk mengikuti rapat harian!
Wina yang biasa pulang bareng Olga tentu saja merasa kehilangan. Namun begitu ia tetap mencari-cari Olga. Kali aja yang tadi lewat betul-betul meteor!
"Eh, Wan, liat Olga, nggak"" tanya Wina pada Gunawan.
"Wah, Olga udah pulang dari tadi, Win!" jelas Gunawan. "Eh, kenapa sih Olga akhir-akhir ini pulangnya selalu buru-buru. Kena diare, ya" Jadi harus cepat-cepat nyetor""
"Ah, enggak. Mungkin ada perlu," jawab Wina. "Tapi betul dia udah pulang, Wan""
"Betul. Orang begitu bel bunyi dia udah sampe pintu gerbang. Eh, ngomong-ngomong kecepatan lari Olga sekarang udah melebihi kecepatan bunyi bel, ya! Wah, bisa masuk ke buku catatan rekor tu anak!"
Wina diam. Tapi sedetik kemudian dia bertanya lagi, "Betul sudah pulang, Wan""
"Eh, lo gak percaya amat, sih! Lo boleh tanya anak-anak yang laen. Mereka juga liat waktu Olga pulang tadi!"
"Iya, iya, gue percaya!" Wina sengit juga.
Ya, ya, Wina percaya, kok. Wina tau kalo Olga udah pulang. Karena sejak Olga kerja part-time di TV swasta Olga emang selalu pulang cepet-cepet. Dan tak pernah menunggu Wina lagi. Wina tahu itu.
Ah, Wina jadi sedih memikirkan sohib kentalnya yang sekarang tak pernah memikirkannya lagi.
Wina duduk di pinggir teras di depan kelasnya. Anak-anak yang lain sudah pulang. Dia mengamati sebagian anak yang pulang sambil bercengkerama. Sambil bercanda-canda. Jorok-jorokan. Dodor-dodoran rok. Ah, asyik sekali. Ya, udara panas itu bisa luluh dengan cengkerama-cengkerama seperti itu.
Tapi kini Wina tak bisa menikmati itu. Dia tak punya teman untuk bercengkerama yang bisa mengusir hawa panas seperti saat itu. Olga yang biasanya bersamanya saban pulang sekolah kini tak ada lagi.
Dulu, meski udara panas beeng, Wina tak pernah merasakannya, karena Olga siap di sisinya dan selalu punya bahan-bahan cengkerama segar yang yahud untuk mengusir rasa panas.
Wina tanpa sadar mengeluarkan air matanya.
Penjaga sekolah yang tengah asyik menyapu ubin koridor menghampirinya.
"Ada apa, Neng" Mungkin ada yang bisa kami bantu"" ucap Bang Mamat lembut.
"Eh, Bang Mamat." Wina berpaling ke penjaga sekolah itu. "Nggak, nggak ada apa-apa, kok, Bang." "Kok belum pulang""
"Nunggu panas."
"Yah, panas kayak begini, sih, nggak abis-abis, Neng. Maklum kemarau!"
"Eh, Bang Mamat punya cerita-cerita lucu, nggak""


Olga 07 Olga Dan Tv Swasta di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

""Cerita lucu" Buat apaan""
"Buat nyegerin suasana."
"Yee, pan kantin masih buka. Beli aja es teler di sana. Ntar seger, deh!"
"Bukan seger yang kayak gitu, Bang. Tapi kesegeran yang bisa terasa ke dalam ati, ke jiwa. Kalo minum paling yang seger cuma tenggorokan doang, tapi kalo kita denger cerita-cerita lucu dari seseorang yang deket dengan kita,
kesegerannya bisa meresep sampe ulu hati."
"Wah, hebat banget!"
"Iya, hebat!" kata Wina yakin. "Nah, Bang Mamat punya cerita-cerita lucu, nggak""
"Hmm, ada, sih," Bang Mamat rada mikir.
"Coba ceritain," Wina pengen tahu.
"Ceritanya tentang seorang polisi yang diomelin komandannya. gara-gara gagal menangkap maling!" tukas Bang Mamat antusias.
"Hm, terus, terus"" Wina tertarik juga.
" Kenapa gagal" tanya si komandan," Bang Mamat memulai ceritanya. "' Abis malingnya masuk ke bioskop, sih!' kata si polisi itu. 'Kenapa nggak dikejar terus"' tegas si komandan. 'Ya, gimana mau dikejar, masuk bioskop kan harus bayar! Sedang saya nggak punya ongkos buat beli tiket!' kata si polisi itu. Hehehe, gimana, Neng Win" Seger, nggak""
"Ya, lumayan, lumayan," sambut Wina adem.
"Masih ada lagi, Neng," tukas Bang Mamat semangat.
""Ah, nggak usah, nggak usah, Bang Mamat," kata Wina. "Saya mau pulang. Udah agak ademan."
"Oh, ati-ati, deh," pesen Bang Mamat.
Wina lalu berlenggang meninggalkan sekolahnya. Mobil Wonder-nya yang jadi saksi kesegaran Wina tiap pulang sekolah bersama Olga itu menunggunya, atap dan seluruh kacanya dipenuhi debu siang.
"Nanti ke tempat Olga, ah," kata Wina pada dirinya sendiri ketika sudah duduk di belakang setir. "Nganter makanan kesukaannya."
Akhir-akhir ini Olga suka apa, ya" Wina mikir. Hm, tadi waktu istirahat dia kayaknya pengen asinan, deh. Iya, bawain asinan aja. Terus buat nyogok satpam kantornya yang pada sok galak itu kasih tempe bacem, deh, oleh-olehnya si Iyem. Asyiiik.
Begitu sampai rumah, Wina segera mengumpulkan semua koleksi buah maminya di kulkas. Terus buah-buah itu dikupas, direndam di air garam biar asin, dikasi cabe seraup, dimasukin ke plastik dan didinginin di kulkas.
"Pasti Olga suka!" teriak Wina girang.
Kira-kira jam dua-an siang, asinan itu udah siap. Dan Wina siap pergi ke kantor Olga.
Kali ini upaya Wina membawa hasil. Karena kedua satpam yang biasanya menginterogasinya lebih dulu saban dia mau main ke kantor Olga, luluh ketika disodori bertumpuk-tumpuk tempe bacem.
"Oh, sampeyan tahu saja! Ini makanan favorit kami! Makasih, makasih. Kalo sampeyan mau masuk silaken. Mau ketemu sama siapa saja silaken. Bebas, pokoknya. Monggo...," ujar kedua satpam itu pada Wina. Wina senang banget. Karena dia merasa bakal ketemu Olga.
"Hm, mau ketemu dengan siapa, ya"" hadang resepsionis manis pada Wina di ruang tunggu.
"Oh, Mbak Resep, saya mau ketemu Olga," jawab Wina ramah.
"Tunggu sebentar, ya," ujar Mbak Resepsionis.
Mbak itu lalu berusaha menghubungi ruang meeting, tempat Olga berada.
"Halo, ada Olga"" tanyanya lewat telepon.
"Ada!" jawab semua yang rapat.
"Ada yang mau ketemu, nih!"
"Lagi rapat, nggak bisa diganggu!" jawab semuanya lagi.
"Ya udah," jawab Mbak Resepsionis lagi.
Lalu Mbak itu memandang Wina dengan sedih.
"Maaf, ya, Olga-nya sedang rapat, jadi dia tidak bisa diganggu. Atau mau cari yang lain saja" Cowoknya oke-oke, lho, di sini!"
"Ah, enggak, Mbak," Wina bimbang.
"Atau, ada pesan"" tawar Mbak itu lagi.
"Eh, Mbak coba, deh, ditelepon lagi, kali aja sekarang udahan rapatnya. Soalnya saya penting banget, nih!" Wina berusaha membujuk Mbak itu agar mau menghubungi Olga lagi.
"Biasanya kalau lagi rapat susah, t-tapi boleh juga, sih. Tunggu, ya." Mbak itu memencet kembali nomor telepon ruang meeting.
"Siapa, nih!" tanya penerima telepon dari ruang meeting itu.
"Eh, ini dari resepsionis, mau ngasih tau ada yang mau ketemu Olga!" ujar Mbak Resepsionis.
"Hei enggak tau ya kalo sekarang kita lagi pada rapat" Orang kalo lagi rapat itu nggak bisa diganggu. Kalo bisa diganggu, ntar rapatnya terkesan kurang penting, tahu!"
"Jadi Olga-nya nggak bisa keluar sebentar"" Mbak itu masih penasaran.
"Ya, jelas enggak, Bego!"
Gedubrak! Nut, nut, nut! Telepon di ruang rapat itu dibanting bersamaan.
"Tuh, kan, nggak bisa," desah Mbak Resepsionis pada Wina.
"Emang rapatnya sampai jam berapa, sih"" tanya Wina.
"Wah, nggak tentu. Kadang sampai malam. Kadang sampai kantor ini tutup. Yah, tergantu mood-nya juga."
""Gimana, ya"" Wina bingung.
"Atau titip pesan aja."
" Hm, begini, Mbah, eh, Mbak, saya mau titip makanan kesukaan Olga."
Mbak Resepsionis melihat ke bungkusan gede yang dibawa Wina. Matanya langsung berbinar.
"Oh, sudah sejak tadi gue nggak ngemil!" ujar suara hati Mbak itu. "Emangnya apaan, tuh""
"Asinan, Mbak," jawab Wina
"A-s-i-n-a-n "" Mbak itu makin membelalak.
"Iya, Mbak." "Kalau tidak keberatan dititipkan di sini saja."
"Tapi tolong nanti disampaikan ke Olga, ya""
"Jangan kuatir!"
Lalu dengan berat hati Wina menitipkan bungkusan asinannya ke Mbak itu.
Begitu Wina keluar, asinan itu langsung disensor habis oleh Mbak itu. Dan sebagian kecil saja yang disisakan buat Olga.
Dua satpam mengantar Wina sampai ke mobil.
"Besok-besok, kalo ke sini jangan lupa bawa tempe bacem lagi, ya," pesan para satpam.
"Iya, jangan kuatir," saut Wina. "Tapi gimana kalo besok saya bawain sandal jepit bacem, kalian mau""
""Oh, mau, mau! Kalo ada sekalian sepatu bot bacem! Hehehe!"
Wina diam. Soalnya kalo ada yang bercanda seperti itu ia jadi teringat Olga.
Di dalam mobil pun Wina tak tahu harus ke mana. Ia hanya mengikuti arah jalan saja. Sementara di kantor TV swasta, Olga sudah selesai rapat. Olga ngacir ke Mbak Resepsionis.
"Eh, Mbak, tadi siapa yang nyari saya""
"Tau, temennya. Nih, dia nitip asinan."
"Asinan" Dia cuma nitip seiris bengkoang ini""
"Iya, dia cuma ngasih itu doang."
"Gile. Siapa, ya"" Olga mikir. Dia berusaha menebak-nebak temannya yang datang itu. Tapi belum lagi ketebak, Olga sudah dipanggil untuk mengikuti rapat berikutnya!
"Rapat lagi!" sindir Mbak Resepsionis sambil mengunyah asinan tilepannya.
"*** "Besoknya, di sekolahan, hawa panas masih t"erasa nyebelin. Wina lagi-lagi merasa sepi ditinggal Olga. Lagi-lagi dia tak punya teman untuk mengusir rasa panas itu.
''Hm, kayaknya gue harus segera mencari pengganti Olga!" jelas Wina. "Ya, gue harus segera mencari penggantinya!"
Kebetulan di ujung koridor ada seorang "cewek yang baru keluar dari kamar mandi. Sosoknya lumayan. Agak manis. Rada modis. Doski teman Olga juga.
"Hei, Hilda!" teriak Wina pada cewek itu.
Cewek modis itu berpaling.
"Hil, pulang bareng, yuk!" ajak Wina.
"Ayuk," jawab Hilda lembut.
Lalu dengan sigapnya Wina menarik tangan Hilda untuk dibawa ke dalam mobilnya.
"Kita jalan-jalan dulu, ya"" tawar Wina.
"Boleh," jawab Hilda.
"Mau ke mana, nih"" tanya Wina. "Ngeceng mau""
"Oke aja," jawab Hilda.
Wina kemudian melarikan mobilnya ke pusat keramaian kota. Di sana dia turun dan langsung mencari cowok-cowok keren.
"Hai, cowok!" teriak Wina gokil pada serombongan anak STM yang baru pulang berantem.
"Hai!" saut rombongan itu.
"Win, pulang, yuk!" ajak Hilda gemetar.
"Kenapa"" tanya Wina.
"Takut." Hilda pucat.
"Eh, ini asyik, lho. Ini namanya ngeceng yang penuh tantangan! Oke, gimana kalo sekarang kita makan es krim. Gue traktir!" teriak Wina.
Hilda manggut aja. Di kedai es krim Wina memesan es krim yang munjung dalam mangkuk. Hilda juga.
"Hil, siapa yang duluan abis dia yang menang!" tukas Wina.
"Boleh," jawab Hilda.
"Eh, tapi makan es krimnya jangan pake sendok!"
"Jadi pake apa, dong"" tanya Hilda lugu.
"Langsung pake mulut!"
Hilda kaget. "Oke, mulai, ya"" Wina memberi aba-aba.
Wina langsung menyerang es krimnya dengan mulutnya, sedang Hilda tak berani melakukan kegokilan seperti itu.
"Kenapa, Hil"" tanya Wina.
"Nggak sopan," jawab Hilda pelan.
"Yaaa...." Wina lemes.
Wina kemudian membawa Hilda jalan-jalan ke toko pakaian.
"Eh, kita cobain baju-baju itu, yuk"" tanya Wina menunjuk ke manekin-manekin.
"Kamu mau beli"" tanya Hilda.
"Enggak. Kita nyobain aja!"
"Ah, jangan. Nanti diomelin."
"Hei, enggak! Gue sering, kok, nyobain baju-baju itu. Malahan gue sama Olga pernah nyobain seluruh "baju yang dipajang di toko ini, padahal gue cuma mau beli kaos kaki! Hihihi!"
"Ah, kamu aja, deh." Hilda betul-betul takut.
Wina lalu dengan gokilnya mencobai baju-baju itu, sendiri saja, tapi tentu tidak merasa nikmat. Petualangannya jadi terasa hambar. Tak ada cekikikan. Tak ada tawa.
"Pulang, yuk, Win"" ajak Hilda lagi.
Wina terpaksa mengantar Hilda pulang, padahal ia
masih belum puas. Hawa panas serasa terasa panas: Ia ingin sekali mengusir rasa panas itu dengan petualangan-petualangan menegangkan seperti tadi, tapi sayang Hilda sudah berkali-kali mengajaknya pulang.
Sampai di rumah, Wina betul-betul pusing. Dia mau main-main ke tempat Olga, takut merasa percuma.
Tapi dia kangen sekali dengan Olga. Dia kangen dengan petualangan-petualangan bersamanya.
"Ah, Hilda tidak bisa menggantikan kedudukannya. Dia nyaris seperti manekin. Monoton," Wina ngedumel sendiri. "Dan rasanya emang nggak ada lagi orang yang bisa ngegantiin kedudukan Olga dalam hal ngocol-mengocol! Oh, Olga!"
Wina menarik napas dalam-dalam.
Dia membuka gorden kamarnya. Membiarkan angin masuk ke kamarnya. Setelah itu konsentrasi lagi.
"Gue harus protes!" teriaknya kemudian.
"*** "Di sekolah, Wina menyerahkan sebuah surat pada Olga.
""Apaan, nih, Win"" tanya Olga heran.
"Baca aja sendiri!"
"Nanti aja, ya" Gue lagi nyiapin bahan-bahan buat rapat entar," kata Olga."Enggak bisa! Lo harus baca sekarang juga!" bentak Wina.
"Tapi gue sibuk," jelas Olga lagi.
"Pokoknya kamu harus baca sekarang juga!"
Olga terpaksa membuka surat itu di bawah pelototan Wina.
Surat itu adalah surat gugatan yang sengaja dibikin Wina kemaren. Dan khusus untuk Olga.
Isinya jelas. Wina menggugat Olga yang masih sekolah tapi sudah bekerja. Ya, bagaimana dengan nasib orang yang sudah tidak sekolah tapi belum bekerja" Wina juga menilai bahwa sebetulnya Olga itu belum pantas bekerja. Karena ia masih punya teman yang masih harus ia temani. Ibaratnya Olga masih punya tanggungan. Masih punya tanggungan yang harus ia ajak bermain-main.
Dan Olga juga masih punya masa-masa yang harus dilaluinya dengan hura-hura. Dengan cengkerama. Dengan canda. Bukannya dengan rapat, rapat, dan rapat!
Intinya, Wina merasa, bahwa sesungguhnya Olga belum pantas bekerja!
Gugatan itu ia tanda tangani di atas
prangko-soalnya kemaren nyari-"yari meterai gak ketemu-seribu perak! Artinya gugatan itu sah. Dan tak cacat demi hukum!
Olga mengeluarkan napas s"endu"an setelah membacanya tuntas. Lalu la melipat kertas itu dan menyerahkan kembali pada Wina.
"Sudah jelas"" tukas Wina galak.
"Ya," jawab Olga pendek.
"So, gimana sekarang"" Wina pengen tahu reaksi Olga.
"Ya gue harus pelajari bahan-bahan rapat ini dan seperti biasa nanti gue pulang sekolah harus cepat-cepat pulang, karena rapat pertama dimulai setelah makan siang!"
Oh! Wina tak berdaya. " 10. BACK TO GA GA" ""TENG, teng, teng!"
Bel- sekolah berdentang! Dan sosok cewek cantik itu kembali melesat kencang bagai angin.
"Olgaaa...!" Sosok itu berhenti sejenak. Namun cuma menengok sebentar, selanjutnya ia melanjutkan lesatannya lagi.
"Hiyaaa...!" "Ooolgaaaa...! Ooolgaaa...! Ooolaaa! Oooooaaa!"
Teriakan makin lamat, dan tentu saja sosok itu tak peduli. Teriakan itu hanya terasa seperti tiupan anak kecil di telinganya, tak terasa apa-apa, cuma geli-geli dikit.
Olga kini memang sudah tak bisa lagi memperhatikan hal-hal kedl seperti itu. Tapi betulkah itu hal kecil"
Sang peneriak, Wina, cuma bisa ngos-ngosan dan mengelus dada di ujung kelas.
Sedang Olga terus memacu kecepatannya.
Sesampai di rumah, Olga langsung masuk kamar dan menukar baju seragamnya dengan T-shirt kembang-kembang cerah, dipadu kulot hijau cincau dan blaser hijau terang. Ah, dewasa sekali kelihatannya.
Gayanya kini bak orang kantoran. Ia juga menyapu wajahnya dengan bedak impor tipis-tipis, lalu melapisi bibirnya yang merekah dengan lipstik impor pula. Oh, sungguh cantik Olga!
Ia menukar isi tasnya dengan kertas-kertas kerjaan. Buku-buku sekolahnya dicampakkan ke atas kasur. Olga memang harus cepat-cepat ke kantor. Hari ini ada rapat lagi. Jadi tidak boleh telat.
"Hei, anak Mami sudah pulang, ya!" teriak Mami dari luar begitu mengendus bau anaknya. "Kok, nggak ada salam""
"Sori, Mam! Olga buru-buru!" jawab Olga seperti tau sindiran itu.
"Oke, nggak ada salam nggak masalah, yang penting kita makan siang dulu, ya"" tawar maminya.
"Yaaa, Mami! Kan udah Olga bilang kalo Olga buru-buru!"
"Ya, seburu-burunya kamu masak makan siang aj
a nggak sempet""
"Nggak sempet, Mam!"
"Ah, yang bener""
"Bener! Ada rapat penting di kantor!"
""Ah, kantor melulu! Katanya kerja di TV, kok sibuknya di kantor, sih""
Olga mengikat tali sepatunya kuat-kuat. Berkaca sekali di cermin. Yap! Semua beres! Lalu dengan cepat meluncur keluar kamarnya.
"Mam, Olga berangkat dulu, ya""
"Eh, Olga! Mami bikinkan masakan kesukaan kamu! Kamu harus makan, dong! Masak hampir tiap hari Mami selalu makan siang sendiri" Apa kamu nggak kasihan" Mami juga nonton teledrama atau sinetron di TV sendirian! Biasanya kalo ceritanya sedih kita bisa nangis bareng-bareng. Tapi sekarang Mami nangis sendiri! Kamu tega, Ol!"
"Aduh, Mami jangan gitu, dong!" Olga merasa nggak enak.
"Abis, kamu sekarang sibuk. Pagi sekolah. Pulang sekolah kerja. Pulang kerja tidur. Bangun tidur sekolah. Pulang sekolah kerja. Pulang kerja tidur. Begitu terus! Mami sebel sama kamu!" Mami ngeloyor ke dapur.
"Mam..." Ah, Olga bingung. Dia memang kasihan sama maminya, tapi mo gimana lagi. "Yah, barangkali ini tantangan."
Olga meninggalkan rumahnya dengan perasaan gundah.
Di kantor TV swasta, seperti biasa, Olga udah ditunggu-tunggu. Sebelum rapat dimulai. Manajer produksi TV mendekati Olga dan mengajak Olga bicara empat mata.
""Wah, tiga mata aja, deh"" tawar Olga.
"Emang kenapa""
"Mata saya yang satu lagi bintitan!"
"Hihihi, bisa aja."
Pendek kata usulan acara Olga yang tempo hari diajuin itu dapat acungan jempol dari advisor TV itu. Dan Olga diminta untuk menjadi karyawan tetap dengan status "karyawan istimewa", karena karyawan hendaknya adalah sarjana S-l atau lebih, tapi Olga yang masih SMA sudah layak untuk jadi karyawan di situ.
"Ya, Mr. Reeves menaruh minat pada kamu," ujar si manajer produksi.
"Saya jadi karyawan tetap"" Olga bertanya.
"Bukankah saya mulanya cuma ditawari jadi penyiar dengan perjanjian kontrak hitam di atas hitam."
"Kontrak hitam di atas hitam"" sang manajer bingung.
"Ya, waktu itu saya bikin kontraknya pake kertas karbon!" jawab Olga cuek.
"O, tidak masalah, Ol. Status kamu nantinya sama dengan kami semua. Juga gaji yang akan kamu terima. Serta fasilitas-fasilitas lain."
"Wih, asyik juga, ya"" komentar Olga. "Terus sekolah saya""
"Begini, Ol, jumlah jam kerja di kantor ini kan delapan jam sehari, jadi kalo kamu masuk jam satu kamu nantinya pulang jam sembilan malam."
""Setiap hari""
"Ya, setiap hari. Kan sudah jadi karyawan."
''Hm, saya pikir-pikir dulu, deh!"
"Ol, prospeknya bagus, lho. Apalagi kamu masih muda. Nanti kamu bisa jadi orang hebat di sini. Apalagi kamu punya banyak ide. Tidak seperti karyawan yang lain, cuma modal sarjana doang, tapi isi kepalanya kosong!"
"Ya, ya, saya pikir-pikir dulu," jawab Olga lagi.
"Baiklah kalau beg,itu, mari sekarang kita ke ruang rapat. Yang lain sudah menunggu." Sang manajer menggamit tangan Olga.
Di ruang rapat beberapa orang sudah menunggu lama. Mereka sebal. Dan mereka makin sebal begitu tahu Olga dapat pujian dari Mr. Reeves-sesuatu yang sebetulnya sangat diharap-harapkan mereka.
Pada rapat kali ini Olga diam saja. Tak banyak bicara. Dia memikirkan soal tawaran itu. Tawaran yang tiba-tiba dan menggairahkan itu. Tapi siapkah Olga menerimanya" Itulah yang bikin Olga pusing.
"Tumben diam aja, biasanya nyerocos!" sindir Bimbi sang supervisor acara Nondrama yang banyak omong.
Dan ketika sang manajer pergi karena ada urusan lain, Olga makin disindir abis. Semua memang sirik sama Olga. Karena ide-ide mereka tak layak, Mr. Reeves tak pernah mau menerimanya. Sedang ide Olga diterima.
Tiba-tiba saja Olga teringat pada maminya yang kesepian, teringat Wina yang selalu memanggil-manggilnya tiap pulang sekolah, teringat kantin sekolah yang sudah jarang dikunjunginya, teringat anak-anak cowok sekolah siang yang sudah lama tak dikecenginya, teringat, yah, teringat semuanya! Untung rapat itu di-break sebentar.
Olga duduk di meja sambil mencoret-coret pattern di notes. Perutnya terasa sakit. Terutama ulu hatinya.
"Mbak, perut saya sakit sekali," kata Olga pada sekretaris Mr. Reeves yang duduk di seberangnya. Kenapa, ya""
"Di bagian manany a"" tanya Mbak Sekretaris ramah.
"Di sini!" tunjuk Olga ke ulu hatinya.
"Hmm, mungkin mag. Kamu makannya nggak teratur, ya""
Olga mengangguk. "Nyembuhinnya gimana, nih"" Olga bingung.
Mbak Sekretaris mengeluarkan Roti bekalnya.
"Makan ini aja dulu! Kala mag, perut jangan dibiarkan kosong."
"Makasih, Mbak."
"Olga! Rapat lagi!"
"Olga menoleh. Nampak Bimbi bertolak pinggang dan memanggilnya.
"Rapat lagi" Nanti, deh, Bim, perut gue lagi sakit!"
"Alaa, alasan! Lo mau dipecat apa""
Olga meletakkan Roti itu. Lalu pergi ke ruang rapat. Tapi di sana ia sulit konsentrasi. Pikirannya menerawang ke mana-mana, apalagi perutnya makin melilit, so rapat dilalui Olga dengan penuh siksa.
"Oke, sekarang break dulu sepuluh menit. Kalian pikirkan solusinya. Ingat, masukan dari kalian amat kami perlukan. Jadi jangan diam saja! Kalo diam mendingan nggak usah ikut rapat!" teriak Bimbi.
Olga betul-betul tak tahan.
Dia keluar dan pergi ke mejanya. Lalu melahap Roti Mbak Sekretaris. Menenggak air putihnya. Terasa lumayan. Tapi pikirannya masih pusing karena memikirkan tawaran itu, rapat, dan orang-orang di dekatnya yang merasa kehilangan dirinya.
"Oh, pusing!" Olga histeris.
Olga merogoh laci meja kerjanya dan ia menemukan surat kontrak dirinya dengan TV itu. Di situ tertulis bahwa Olga akan ditawari membawakan sebuah acara untuk anak muda dengan lama kontrak satu tahun. Kalo acara sukses, kontrak diperpanjang dan nilainya akan diperbaharui.
"Tapi ini sudah berapa lama" Sudah hampir tiga bulan tapi acara itu belum diproduksi juga. Yang ada cuma rapat-rapat deang. Sekarang Olga malah diminta untuk merapati acara lain. Gila! Kenapa gue bisa menyalahi kontrak ini" gerutu Olga.
Olga menyadari kekeliruannya. Ia merasa dirinya sudah terpeleset jauh sekali. .
Saat itu juga Olga meninggalkan kantornya. Di perjalanan tiba-tiba dia teringat Radio Ga Ga. Tempat yang menyenangkan dan menggembirakannya itu. Ya, ya, Ga Ga, bagaimana kabarmu"
Tanpa sadar Olga melayangkan kakinya ke arah Radio Ga Ga. Kemudian dia memasuki sebuah kantin yang dulu biasa dia masuki sepulang siaran. Olga ingin bernostalgia sebentar.
"Mbak, minta es krimnya!" teriak Olga pada si pelayan.
"Eh, Olga!" si pelayan histeris. "Tumben nngol lagi""
"Iya, abis cuti panjang," Olga asal jawab. "Semangkuk munjung, ya!"
"Biasanya pesanan seperti ini untuk berdua sama Wina""
"Wina lagi sibuk," jawab Olga pendek.
Olga membawa es krimnya ke kursi paling pojok dekat jendela, biar bisa ngeliat-liat luar. Dulu dia sama Wina sering ngegodain cowok-cowok yang datang. Yang kece maupun yang nggak kece. Semua dapat godaan yang sama dari Olga dan Wina.
"Kita kalo jadi orang kece harus ingat sama yang nggak kece," pesan Olga waktu itu.
Olga menghabiskan es krimnya sendirian. Dia tak melihat anak-anak keren yang datang saat itu. Apa karena masa sulit Ga Ga hingga tak ada anak-anak yang datang ke situ" Semua memang kait-mengait. Ga Ga hancur, semua tempat ngeceng di sekitarnya juga mundur. Dulu waktu Ga Ga lagi jaya-jayanya banyak anak-anak" keren datang dan nongkrong di sekitar situ. Tapi sekarang, Ga Ga kacau, kantin jadi balau!
Olga senyam-senyum mengingat semua itu.
"Hei! Olga!!!" Olga kaget mendengar teriakan yang amat diakrabinya.
"Come back lagi, nih"" ujar Mbak Vera surprise.
Olga langsung berdiri dan berteriak histeris. Seperti anak yang melihat ibunya selamat dari bencana gempa.
"Oh, Mbak Vera! Pa kabar, Mbak""
O"lga merangkul Mbak Vera. Sun pipi kiri pipi kanan. Mbak Vera juga. Mereka berputar-putar seperti pemain film India.
"Oh, seperti sudah berabad-abad nggak ketemu, Ol!" teriak Mbak Vera super hepi.
""Iya! Saya kangen sekali, Mbak. Kangeeen!"
Mereka berdua pesan es krim lagi. Lalu duduk berhadap-hadapan. Ya, pertemuan yang diseling oleh berbagai macam peristiwa penting, meskipun itu dipisahkan oleh waktu singkat, rasanya memang akan berarti sekali.
"Ol, sebetulnya waktu kamu mau keluar dari Ga Ga dulu, Mbak pengen ngomong banyak sama kamu. Tapi Mbak lihat kamu begitu serius sama pilihanmu. Dan saatnya memang tepat, sih, untuk melakukan hal kayak gitu."
"Ma ksud Mbak"" tanya Olga nggak ngerti.
"Ya, saat itu Ga Ga kan lagi genting-gentingnya, sedang Ucup kayaknya sok mau tampil. Padahal dia nggak bisa apa-apa. Dia malah mau mengubah imej radio kita jadi radio untuk para janda."


Olga 07 Olga Dan Tv Swasta di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Radio janda"""" Olga kaget setengah mati.
Dengan sedih, Mbak Vera mulai menceritakan semuanya dari awal. Olga dengan prihatin mendengarkan. "...sekarang Mas Ray udah sadar siapa itu Ucup. Mas Ray udah mulai mau menerima kenyataan...."
Olga diem. "Mas Ray akhirnya ngerti kalo dia, tuh, sebetulnya nggak pinter-pinter amat. Dulu kan apa-apa mau dia tekel sendiri. Terus ngerasa sok jago. Apalagi di depan penyiar-penyiar muda kayak kamu. Lagaknya sok butuh. Tapi sekarang nggak lagi, kok..."
""Maaf, Mbak. Saya sekarang jarang mendengar Radio Ga Ga lagi. Jadi saya nggak tau." Olga menundukkan kepalanya.
"Wuah, sekarang agak mendingan, Ol. Setelah Mbak bikin regenerasi, dengan membuka kesempatan pada penyiar muda lainnya. Acaranya mulai variatif. Ucup dan sodara-sodaranya udah dipecat. Dan Mas Ray mau mengeluarkan uang banyak untuk mengembalikan citra Radio Ga Ga. Cuma..."
"Cuma apa, Mbak""
"Cuma belon ada jagoannya!"
"Maksud Mbak"" .
"Ya, penyiar-penyiar baru yang sekarang itu baru bisa siaran aja, belon bisa menonjolkan kekhasannya. Mereka perlu waktu. Nah, maksud Mbak kalo aja kamu mau datang lagi ke Ga Ga, kita bisa sama-sama mengembalikan kejayaan radio kita...."
"Ah, Mbak bisa saja."
"Betul, Ol. Orang-orang seperti kamu perlu dikasi tempat yang pantas. Kamu kreatif. Banyak idenya. Tapi kalo tempatnya nggak cocok, ya, percuma juga. Artinya kamu harus punya kebebasan untuk melakukan kreasi gaya kamu."
Olga lalu membayangkan kantornya di TV swasta itu. Di sana dia memang dianggap kreatif. Tapi anehnya, ide-idenya butuh proses lama untuk direalisasikan. Bagi Olga, produksi acara TV masih terlalu rumit buat otaknya yang masih simpel. Yang maunya serba praktis. Soalnya produksi TV melibatkan tim kerja yang terlalu banyak, biaya yang terlalu besar.... Mereka harus menganalisisnya dari berbagai sudut. Rasanya terlalu mubazir. Tapi kalo di Ga Ga, Olga bebas mencurahkan ide-idenya kapan aja. Bebas mengkreasikan apa saja.
Olga terdiam. "Main ke Ga Ga, yuk"" ajak Mbak Vera.
"Insya Allah kapan-kapan, Mbak." Olga bangkit. "Saya harus pulang untuk belajar. Sudah lama saya nggak punya waktu untuk belajar."
Di rumah, Olga tak cuma menyelesaikan PR-nya, tapi ia juga menyiapkan surat pembatalan kontraknya dengan TV swasta itu.
Sebelumnya Olga memikirkan bahwa pekerjaan yang selama ini dilakoninya sudah melewati batas. Olga tidak mau kehilangan masa mudanya. Olga. ingin sukses dalam hidupnya, tapi juga ingin menjalani kehidupan yang normal. Hidup sebagai remaja yang normal!
Sesampai di rumah, maminya masih setia menunggu di meja makan.
"Mam...," Olga keluar kamar dan menemui maminya, "kita makan bareng, yuk!"
Maminya diam aja. "Mi, Olga sekarang sudah bisa menemani Mami untuk makan bareng. Olga nggak sibuk lagi, kok."
Mami masih diam. "Mami kenapa, sih"" Olga jadi bingung.
"Mami gembira mendengar kabar itu," ujar Mami pelan.
"Gembira, kok, diam, sih!" Olga protes.
"Ya, Mami lagi mencari versi lain dalam menerjemahkan sebuah kegembiraan
"Gimana kalo kita ajak Papi makan seafood"!" teriak Olga.
"Oke!" sahut Mami.
"Papiiiii...!" keduanya bersahut-sahutan memanggil Papi.
"*** "Sementara itu di Kampung Ceger, Somad sudah selesai mandi dan siap ngejogrok di depan tipi.
Ya, Somad sudah membeli TV. Tapi usaha untuk mendapatkan TV itu cukup gila-gilaan. Dua celengen yang rencananya bakal dipake buat ngelamar Olga nanti, dan sebuah celengan milik emaknya yang ditanam di kebon belakang sejak zaman penjajahan dulu terpaksa dibobok! Plus beberapa barang yang tetpaksa digade buat nambah-nambahin.
Duitnya itu dikumpulin buat ngebayar uang muka kreditan sama tukang kredit keliling. Dan karena tiap bulannya Somad harus membayar uang kreditan, kini hidupnya amat prihatin. Jarang jajan. Jarang beli minyak buat wewangian lagi. Tapi bagi Somad gak masalah. Soalnya tiap hari dia cuma nongkrong di depan tipi d
oang. Gak pake pergi-pergian segala. Ya, daripada digebuki orang-orang se-RT terus-terusan"
Tapi udah hampir seminggu nongkrong di depan TV ini Somad belon juga ngeliat Olga. Padahal semua gelombang udah diputer-puter.
"Mad, jangan dirube-rube terus, dong, saluran tipinye! Mak jadi bingung, nih, nontonnye! Baru mau nonton sandiware udah lo rube ke acara orang nyanyi, ntar baru Mak nonton orang nyanyi lo rube lagi ke pilem, ntar lo rube ke warta berita! Pegimane, sih"" cerocos Emak Somad.
"Ya, aye pan lagi nyari sukaan aye, Mak," jawab Somad.
"Emangnya dia adanye di saluran yang mane""
"Itu die, Nyak, aye belon tau pasti!"
Sampai akhirnya Somad disuruh emaknya ke warung Mpok Darwi beli bumbu dapur. Tiba-tiba di sebuah rumah, ia mendengar suara Olga yang lagi bercuap-cuap.
Somad buru-buru mengetuk pintu rumah itu, Somad mengira itu TV dan ia ingin tahu salurannya.
""Permisiiii" teriak Somad.
Bang Jali yang si empunya rumah keluar.
"Ada apa, Mad""
"Eh, enggak, aye cuma pengen tahu Bang Jali lagi nyetel TV saluran berape"" tanya Somad.
"TV" Ah, lo ade-ade aje. Aye pan kagak gablek TV," ujar Bang Jali.
"Jadi"" "Itu radio!" "Hah, radio"" Somad kaget banget.
Dia tak jadi pergi ke warung Mpok Darwi melainkan balik pulang untuk mengabarkan hal itu pada emaknya.
"Nyaaak! Olga udah balik ke radio! Jadi dia kagak ada di tipiii!" koar Somad sembari lari.
"Radio"" "Iye. Cepet Nyak setel radionye! Aye udah kangen banget pengen dengerin suaranye!"
"Eh, pegimane, sih, lo! Pan radio lo udah digade buat nambah-nambahin beli ni tipi!" Jelas Emak Somad.
Oh! Somad pun semaput! Tapi, apa Olga berhasil mengembalikan citra Radio Ga Ga yang masih dijauhi iklan itu"
Wah, itu ada di buku berikutnya, dong. Tunggu, ya.
TAMAT tamat Mengail Di Air Keruh 4 Pendekar Naga Putih 56 Pembunuh Bayaran Sri Maharaja Ke Delapan 2

Cari Blog Ini