Ceritasilat Novel Online

Tukar Guling 1

Olga 09 Tukar Guling Bagian 1


TUKAR GULING 1. STOP SIARAN "MINGGU pagi itu udara sangat cerah. Burung-burung berkicau riang. Dan dari katak siaran di Radio Ga Ga, sudah terdengar suara ceria milik temen kita yang manis itu, Olga.
"Halo, para rumpiwan dan rumpiwati, yang Minggu pagi ini sudah terbangun dari boboknya, dan yang sedang asyik berjoging ria, selamat ketemu lagi dengan Olga... Tentunya kamu nggak abis tripping semalem, kan" Ya, soalnya itu nggak baik buat kantong bokap kamu. Dan untuk nemenin kamu berjoging ria, Olga mau muterin buat kamu tembang lawas Sally Oldfield...."
Lalu terdengar intro lagu Mirrors yang bernada agak-agak ngedangdut itu. Begitu lagu terdengar, Olga langsung joget-joget sendirian di kotak kaca.
Sementara itu, di ujung Jakarta, tepatnya di Kampung Ceger, Somad terbangun dan terduduk di ranjang di kamarnya. Kaget mendengar lagu di radio. Lalu langsung aja ikutan joget-joget. Nggak ketinggalan, nyak Somad yang lagi ngejemur pakaian di pekarangan belakang pun ikut joget ngedenger lagu dari radio Somad.
Dan di sebuah rumah besar yang bergaya kuno dengan jendela yang lebar-lebar, Papi sedang membaca koran di ruang tengah. TV menyala dengan suara pelan. Bik Inah datang membawa kopi buat Papi, sedang Mami yang baru bangun tidur, mukanya masih putih-putih sisa masker semalam, dan rambutnya dirol semua. Mami menguap lebar-lebar, lalu melirik ke arah suaminya. "Pagi-pagi, bukannya olahraga, malah baca koran. Gimana mau sehat jantungnya""
Mami lalu meminum kopi yang sebetulnya disediakan untuk Papi.
Papi jelas melirik kesal. Tapi tak berkata apa-apa.
Mami lalu duduk di sebelah suaminya, sambil bertanya, "Olga mana, Pi" Udah bangun tu anak""
Bik Inah yang menyahut dari dapur, "Olga pagi-pagi udah pergi, Nyah. Katanya mau jojing...."
Mami jelas kaget. "Jojing" Pagi-pagi begini" Euweh pagawean tu anak" Schaaat! Jangan-jangan dia tripping!"
Tanpa memalingkan wajah dari koran, Papi menjawab, "Bukan jojing kali! Joging! Lari pagi!"
"Iya, Nyah. Maksud saya lari pagi!" teriak Bik Inah lagi.
"Katanya tadi jojing! Makanya nggak usah sok tau pake bahasa Inggris segala!"
Padahal saat itu Olga udah selesai siaran dan lagi keluar dari kotak siaran. Di ruang tamu ternyata udah ada Jo dan Wina. Begitu melihat Olga, Wina langsung berdiri dengan wajah cemas. "0l... tadi malem lo ke mana" Gue tungguin di Garasi Cafe kok lo nggak dateng""
"Males, Win. Gue kecapekan kemaren abis siaran!"
"Bilang-bilang kek, atau telepon kek ke HP gue. Gue kan nungguin lo di pintu masuk. Sampe kayak penerima tamu, capek ngebalesin sapaan cowok-cowok iseng."
"Trus lo ke sini mo ngapain, Win" Tumben Minggu-Minggu bisa bangun pagi."
"Itu dia. Waktu Sabtu kan lo pulang duluan. Gue disuruh nyampein surat ini buat orang tua lo!" Wina menyerahkan sepucuk surat dengan cap sekolah.
Olga dengan heran menerima surat itu. "Surat apa sih, Win" Kok kayaknya gawat banget ""
"Emang gawat! Itu surat dari Guru BP. Dia minta orang tua lo ngadep ke sekolah, akibat prestasi lo belakangan ini menurun drastis! Inget, kan" Ulangan fisika Pak Juhana aja lo dapet nilai empat. Belum lagi biologi, matematik, kimia... Rata-rata nggak lebih dari delapan ketawa, alias tiga. Cuma bahasa Inggris aja yang lumayan."
Olga terduduk dengan lemas.
Sementara Jo langsung ngikik.
"Jadi, orang tua gue mau diminta dateng ke sekolah, trus dikasih tau bahwa nilai ulangan gue jeblok" Mampus gue!!! Si Mami nggak bakalan ngasih gue siaran lagi!" Olga menepak jidatnya.
Sementara Jo yang biang sirik itu makin lebar ketawanya, "Sukurin lo, Ol. Makanya kalo mo kerja di radio, ya kayak gue. Nggak setengah-setengah. Profesional! Sekolah jangan sampe mengganggu karier!"
"Ah, otak lo emang udah nggak bisa dimasuki pelajaran!" balas Olga.
"Daripada elo, maksain tapi ulangan jeblok!"
Olga nggak ngomentarin omongan Jo lagi, malah sibuk diskusi dengan Wina, "Aduh, gimana ya, Win" Apa ni surat gue buang aja""
"Gila lo dibuang" Urusannya bisa makin gawat."
Olga terdiam berpikir keras. Wina cuek-cuek aja, males ngebantuin Olga mikir.
Jo beranjak, hendak masuk ke studio. Olga memandang ke arah Jo yang
berjalan kayak tante-tante. Pake kacamata sipit, kayak mata kucing, trus pake sepatu yang haknya lancip kayak gunung berapi. Tiba-tiba Olga dapet akal, dia langsung menarik-narik tangan Jo.
""Jo! Jo! Lo mau nolongin gue" Please, Jo! Mau, kan" Mau""
Jo jelas ngerasa risi plus kaget tangannya ditarik-tarikin Olga. "Lo apa-apaan sih narik-narik tangan gue! Kayak calo karcis di Pulo Gadung aja!"
"Tapi lo mau kan nolongin gue" Please!"
"Nolongin apaan""
"Lo mau nggak pura-pura jadi wali gue untuk ngadep ke Guru BP""
Jo langsung melotot. "Apa" Enak aja! Ogah!"
Olga langsung pasang muka bintang film India, dan meratap-ratap, "Aduuuh, tolongin dong, Jo. Gue bisa dimarahin abis kalo nyokap gue yang dateng. Kalo Bokap, mana mau tau urusan kayak gini! Lo tau, Jo, nyokap gue bawel banget. Ya, Jo, ya" Tolongin gue" Gue cuma minta lo ngadep Guru BP, ngaku wali gue, trus jelasin..."
"Ah, nggak mau. Itu kan urusan lo! Enak aja lo nyuruh ikke jadi wali elo. Emanghya ikke udah tua apa""
Olga langsung mengeluarkan jurus rayu, "Bukan gitu. Soalnya kan lo yang paling keliatan dewasa dibanding kita-kita. Apalagi dibanding Wina yang tampangnya bloon...."
Wina mendelik sewot, mau protes. Tapi Olga buru-buru menginjak kakinya supaya dia diem.
"Lo juga jago ngomong, kan elo penyiar. Jadi ditunjang wajah simpatik lo, yang mateng dan penuh kedewasaan, plus bakat alami lo yang luar biasa, sebagai jago ngomong, lo pasti bisa meyakinkan orang dong. Gue aja bingung, dengan bakat lo yang kayak gini, kok lo mau cuma sebagai penyiar. Aturan kan lo bisa jadi PR yang oke...," sambung Olga.
Wina berlagak kayak orang mo muntah melihat Olga menjilat-jilat begitu. Olga cuma menginjak kaki Wina lagi.
"Tolongin dong! Elo top deh kalo mo nolongin gue!"
Diberondong dengan pujian-pujian setinggi langit begitu, Jo jelas luluh. Idungnya mulai kembang-kempis, kayak balon ditiup, dan kakinya serasa melayang saking GR-nya. Jelas ia langsung luluh.
Sambil mendehem, Jo bertanya,- "Ehm, emangnya kapan gue harus menghadap" Soalnya skedul gue padat!"
Olga langsung girang, lalu membuka surat dari Guru BP, dan langsung membaca cepat.
"Besok, Senin pagi. Jam sepuluh!" Olga langsung menyerahkan surat itu pada Jo.
Jo langsung pura-pura mikir. "Let me see what I can do... Tapi, gue harus ngomong apa nih ""
"Bilang aja orang tua gue sibuk, trus nggak bisa dateng. Jadi lo yang mewakili. Trus bilang, kalo saban hari gue sibuk banget. Di rumah nggak ada pembantu. Jadi gue pagi-pagi harus bangun jam lima, trus langsung nyapu, ngepel, cuci piring, nyiapin sarapan. Pulangnya harus motongin rumput, nyiram kembang, nyapu jalanan, de-el-el deh. Pokoknya, lo create aja cerita-cerita sedih, biar tu guru memaklumi, dan gue selamet...."
"Cuman begitu aja""
"Iya, begitu. Gampang, kan""
"Oke deh. See you on Monday...."
Olga girang, langsung mencium Jo.
"*** Mami sore itu seperti biasa lagi asyik nonton TV. Matanya menatap tajam ke arah TV. Ekspresi wajahnya kadang gembira, kadang sedih, kadang histeris, mengikuti alur cerita di televisi.
Tiba-tiba keasyikannya diganggu dering telepon. Mami kaget, dan langsung berteriak, "Bik Inaaaaah!!! Angkat telepon!!!"
Bik Inah nggak muncul-muncul, telepon terus berdering.
"Bik Inaaaaaaah! Telepon!!!!"
Tetap tak ada sahutan. Mami kesal, dan langsung bangkit, menuju telepon.
"Halo "" "Halo. Selamat sore. Dapatkah saya bicara dengan orang tua daripada Olga"" sapaan ramah terdengar dari ujung telepon.
""Saya sendiri. Ini daripada siapa""
"Maaf, Bu. Mungkin mengganggu hari Minggu Ibu. Saya Dewi Juliana, guru BP daripada Olga. Begini, Bu. Sabtu kemaren saya sudah mengirim surat untuk mengundang Ibu. Apa Ibu sudah menerima""
Mami mengernyitkan kening. "Surat apa ya" Kok Olga tak memberi tahu""
"Surat panggilan untuk orang tua, Bu. Begini, saya mau membicarakan masalah prestasi belajar daripada Olga yang merosot akhir-akhir ini. Saya kuatir surat itu tidak disampaikan pada Ibu. Makanya saya harus check dan recheck ke Ibu, karena yang sudah-sudah surat panggilan seperti itu tidak pernah sampai ke orang tua murid."
"0, begitu, ya" Mem
ang sih suratnya belum saya terima. Tapi saya langsung datang aja ke sekolah. Kapan, Bu""
"Senin besok, jam sepuluh pagi."
"Oh, jam sepuluh, ya" Bisa saya datang jam sebelasan aja" Soalnya jam sepuluh masih jadwal senam pagi saya... Kebetulan Ade Rai yang langsung jadi guru privat saya...."
"Oh, boleh. Kalo begitu, sampai besok jam sebelas ya, Bu."
"Oke!" Mami pun menutup teleponnya. Lalu ngomel sendiri, "Dasar eta budak bangor pisan! Biar aja Mami langsung dateng ke sekolahnya, biar surprised... biar nyaho si Olga!"
Dan hari Seninnya, pas jam sepuluh pagi, Olga dan Wina sudah gelisah nunggu si Jo di bawah pohon. Sesekali mereka menengok ke ujung jalan. Tak lama kemudian, dari arah ujung jalan yang lain, muncul Jo dengan dandanan kayak anak ABG. Berjalan cuek. Olga yang melihat langsung kaget. Ia segera menyenggol tangan Wina.
"Gawat, Win! Kok dandanan Jo kayak begitu" ABG banget""
"Untung gue udah sediain baju-baju nyokap gue. Ayo kita culik dia!"
Jo lewat di depan Olga dan Wina yang bersembunyi di balik semak-semak. Dengan segera Olga menarik Jo ke semak-semak. Jo jelas langsung menjerit.
"Apa-apaan sih! Main culik aja!" jerit Jo ketika tahu ternyata Olga dan Wina yang menariknya.
"Gila lo! Kok dandanan lo kayak ABG begini" Mana bisa lo meyakinkan guru gue, kalo lo wali murid""
"Abis gimana lagi dong" This is the best I can do! Kan gue kudu dandan oke juga, kali-kali aja temen sekolah lo, atau guru-guru sekolah lo, ada yang naksir gue!" ujar Jo polos, tanpa merasa berdosa.
Olga jelas kese1. "Ah, elo! Apa-apa dijadiin ajang nyari jodoh! Pokoknya lo sekarang harus ikut gue!!!"
"Ke mana" Mo ngapain""
"Jangan protes! Kita ke mobil Wina!!!"
Olga dan Wina pun memermak Jo di dalam mobil Wina. Tak lama kemudian, Jo keluar dari mobil. Dengan dandanan kayak tante-tante ceriwis. Hak sepatu tinggi, tas item di tangan, pake rok dan blazer, kacamata kucing, dan rambut diiket ke belakang pake penjepit.
Jo mau protes, tapi Olga dan Wina malah memandang takjub pada Jo.
Jo lalu berkaca di kaca mobil, protes, "Aduuuuh, kok dandanan gue tua banget" Mana bisa ngelabain temen-temen lo kalo begini."
"Justru begini baru oke! Dijamin Kepsek pun bakal bertekuk lutut. Sekarang gue ajarin cara berjalannya!"
Olga mengajari Jo berjalan. Jalannya dengan dagu mendongak. Jo mengikuti dari belakang. Sesekali ia keserimpet, atau keseleo saking tingginya itu hak sepatu.
"Nah, sekarang udah sip. Gue tunjukin di mana ruang Guru BP. Udah ditungguin tuh!"
Mereka pun bergegas ke ruang BP.
Saat itu ibu Dewi Juliana sedang asyik di meja kerjanya, mengerjakan sesuatu, ketika Jo mengetuk pintu. Ibu Dewi Juliana langsung menghentikan pekerjaannya, dan menoleh ke arah pintu. Dilihatnya Jo dengan dandanan tante centilnya berdiri di ambang pintu.
"Selamat siang, Bu."
Ibu Dewi Juliana langsung berdiri, dan membalas sapaan, "Selamat siang. Silakan masuk! Bisa saya bantu""
Jo lalu datang menghampiri meja Ibu Dewi Juliana, sambil tersenyum semanis mungkin.
"Maaf, Bu, kalau mengganggu. Perkenalkan, saya wali murid siswi yang bernama Olga."
Ibu Juliana mengernyit heran. "Wali murid daripada Olga""
Sementara itu di jendela, Olga dan Wina mengintip, memata-matai kejadian yang berlangsung di dalam ruang BP.
"Iya. Kebetulan orang tua Olga berhalangan hadir. Jadi saya yang menggantikan. Saya tantenya Olga. Boleh saya duduk""
Dengan gerakan isyarat, Ibu Dewi Juliana mempersilakan Jo duduk. "Kebetulan saya sudah menerima surat undangan dari Ibu, untuk membicarakan prestasi belajar Olga yang akhir-akhir ini merosot drastis, seperti kurs mata uang rupiah terhadap dolar."
"Oh, ya... J-jadi Ibu... eh, Mbak yang menerima suratnya""
"Betul sekali." Jo langsung pasang ekspresi seperti orang tua yang memaklumi kenakalan anak-anaknya. "Memang, si Olga belakangan ini agak-agak males belajar. Di samping otaknya memang cekak, malesnya minta ampun! Kalah deh Ran Tan Plan...."
Olga yang mengintip dari jendela, melotot jengkel ke arah Jo, sambil mengacung-acungkan tinjunya. Jo hanya melirik ke jendela sekilas, lalu berujar lagi dengan sangat meyakinkan, "Tapi se
mua itu bukan karena Olga idiot, Bu. Tapi karena... yah, saya sendiri kasihan melihat Olga. Maminya juga keterlaluan. Dia tak mau mengambil pembantu, jadi Olga suka disuruh macem-macem. Bayangin aja, Bu, pagi-pagi sekali jam lima, Olga harus bangun. Langsung nimba aer, ngisi bak, karena di rumah Olga emang nggak ada mesin aer. Trus, nyiapin sarapan buat papi-maminya, disambi nyapu dan ngepe1. Pulang sekolah, dia harus nguras bak mandi, nyuci baju, nyetrika, ngasih makan bebek piaraannya, motong rumput, sambil nyiapin makan malam. Jadi Olga memang nggak ada waktu buat belajar! Dan dia suka kecapekan di sekolah. Maminya juga sih keterlaluan... Saya sudah menyarankan agar maminya mengambil pembantu, tapi jawabnya malah ketus, 'Buat apa ngambil pembantu, kan ada Olga!'"
Ibu Dewi Juliana mendengarkan penuturan Jo yang meyakinkan dengan takjub.
Olga dan Wina yang mengintai, cekikikan mendengar penuturan Jo. Tapi ketika Olga melihat ke ujung lorong, seketika muka Olga pucat pasi. Mami menuju ke arah mereka dengan langkah tergesa.
Olga jelas panik. "Win! Win! I-itu liat... Si Mami... si Mami dateng... Gawat! Ayo kita kabur!"
"Kabur" Ngapain" Kita samperin aja! Kita bilang, Mami nggak usah repot-repot menemui Guru BP. Karena udah diwakili Jo!" Wina menjawab dengan bloon.
Olga jelas memandang sebal pada Wina.
"Apaan sih" Ayo kita kabur sebelum segalanya runyam!"
Olga langsung menarik tangan Wina, pergi dari situ.
"Jo, gimana dong""
"Kita urus nanti aja. Yang penting selamat dulu!"
Olga dan Wina pun tunggang-langgang lari dari situ, menyelamatkan diri.
Jo masih bersemangat bercerita panjang-lebar di depan Ibu Dewi Juliana, ketika pintu diketuk dan Mami berdiri di ambang pintu.
"Ya, ada yang bisa saya bantu, Bu"" tegur Ibu Dewi.
"Maaf, mengganggu. Di sini ruang BP, kan" Saya ada janji jam sebelas pagi ini dengan Ibu Dewi Juliana."
Ibu Dewi Juliana berdiri. "Saya sendiri Dewi Juliana. Ibu siapa ya""
"Saya orang tua murid Olga."
Ibu Dewi Juliana dan Jo jelas kaget. "Hah""""
Jo langsung berdiri, ngomel, "Nggak mungkin! Sayalah wali murid Olga! Ibu jangan bohong ya!"
Mami dituduh begitu, langsung ikut naik pitam. "Siapa yang bohong" Saya ini maminya "Olga! Saya yang ngelahirin Olga, dan merawatnya sejak bayi sampe gede. Situ siapa""
Dan perkelahian pun tak terelakkan lagi!
"*** Malam itu Olga disidang oleh Mami dan Papi. Olga udah nunduk aja, pasrah. Sedang Papi dari tadi meringis-meringis terus, mau pipis.
"Papi kenapa sih meringis terus"" hardik Mami.
"Papi mau pipis...."
"Tunggu dulu dong. Masalah lagi gawat begini, malah sibuk mau pipis. Liat coba anak Papi! Udah berani boong! Surat panggilan dari sekolah aja nggak dikasih ke Mami. Dia malah nyuruh temennya ngeboong ke Guru BP. Euleuh, euleh, mau jadi apa kamu, Ol" Pokoknya Mami nggak mau denger suara kamu ada di Radio Ta Ta lagi. Pokoknya kamu kudu keluar dari Radio Ta Ta...," omel si Mami.
"Radio Ga Ga, maksud Mami"" celetuk Papi kalem.
"Iya. Radio Ka Ka! Pokoknya kamu bilang sama bos kamu, saha eta namina" Mbak Hera" Bilang ke Mbak Hera bahwa kamu kudu kontrasepsi ke pelajaran dulu, dan nggak bisa siaran lagi di Radio Ta Ta! Iya kan, Pi""
"Boleh Papi permisi dulu, mau pipis""
""Aduuh, Mami. Nggak bisa dong, Mi," ujar Olga.
"Teu tiasa, kumaha""
"Karena Olga udah capek-capek membina karier jadi penyiar. Masa giliran karier Olga nanjak, Mami mau nyuruh stop begitu aja""
"Tapi ulangan kamu jeblok! Kamu tuh masih kecil. Budak leutik! Masih perlu belajar, bukan ngejar karier! Papi tuh baru harus ngejar karier, biar nggak mentok terus kayak sekarang!"
"Olga akan memperbaiki prestasi di sekolah. Tapi Olga mau tetap siaran!"
Mami menghela napas. "Denger, Olga, meski papimu penghasilannya pas-pasan... sakit-sakitan melulu, Mami masih mampu ngasih kamu makan. Mami kan punya deposito!"
"Ini bukan soal ngasih makan atau nggak. Tapi Olga kan harus punya keterampilan. Olga harus bisa mandiri. Nggak ada salahnya kan belajar mandiri dari kecil" Pelajaran kan nggak didapet dari sekolah aja. Di luaran juga bisa. Olga sekarang juga lagi belajar tanggung jawab. Jadi
penyiar kan harus tanggung jawab, biar acaranya disenengin. Di Jepang aja, anak-anak sejak kecil udah diajari tanggung jawab."
"Lho, kok pake ke Jepang segala"" protes Mami.
"Biarin! Nggak bayar ini!"
Olga langsung berdiri dan berlari ke kamar. Ia kesal setengah mati. Mami jelas kaget.
"Eh, Olga. Mau ke mana"" kejar Mami.
"Olga malah masuk ke kamarnya.
Mami menoleh ke Papi. "Papi kok diem aja" Papi bantuin Mami atuh! Papi harus melarang Olga!"
"Olga kan kayak Mami. Nggak bisa dilarang."
"Ya, tapi coba dong Papi bicara. Buka mulut. Siapa tau sama Papi, Olga bisa nurut. Dia kan anak Papi juga!"
"Apa belum cukup Mami aja yang buka mulut""
"Ah, Papi!" Mami merenung. Tiba-tiba ia dapat ide, langsung mendekat ke Papi. "Atau, bagaimana kalo besok kita dateng aja ke Radio Cha Cha, kita damprat mereka dan minta supaya Olga dinonaktifkan""
"Apa Mami nggak salah ucap lagi" Kayaknya Papi belum pernah denger ada Radio Cha Cha!"
"Ah, Papi. Mami mana pernah salah""
"Tapi Mami jangan keburu napsu. Kayak anak kecil aja. Lebih baik kita urusan sama Olga aja. Kita ajak rembukan. Kepentingan kita kan sama Olga. Radio Ga Ga nggak salah apa-apa."
"Ah, tadi Papi buktinya nggak mau ngajak Olga rembukan! Papi diem aja!"
"Rembukan tuh beda sama marahin orang. Kalo rembukan artinya kedua belah pihak harus membuka diri, menerima argumentasi lawan bicara. Jangan egois, mau menang sendiri. Mami harus demokratis dong. Kalo emang Olga punya argumentasi yang tepat, kita harus menerima. Percuma melarang. Biar Olga menentukan sikapnya sendiri. Dia kan udah gede. Anak sekarang makin dilarang makin membangkang."
"Ya udah. Makanya Papi ngomong dong sama Olga."
"Besok Papi ngomong. Kalo Olga udah dingin kepalanya. Sekarang dia masih pusing. Sekarang Papi harus ke kamar mandi dulu. Nggak bisa ditunda."
Papi langsung bangkit. *** "Besoknya di Radio Ga Ga, Jo ngamuk-ngamuk sama Olga dan Wina, "Pokoknya jangan libatin gue lagi! Gue kapok dimarah-marahi nyokap lo! Boro-boro dapet jodoh, bisa keluar dari ruangan itu dengan selamat aja udah untung!"
Olga menarik napas, berusaha menenangkan temen kerjanya itu, "Udah deh, Jo. Nggak usah ngomel-ngomel. Gue juga udah kenyang diomelin nyokap gue. Impaslah!"
Jo meradang. "Impas gimana" Lo yang bersalah, gue kecipratan!"
"Itu namanya gue murah hati. Bagi-bagi rezeki. Yang pasti, gue sekarang bingung nih, Win... Kayaknya gue bakal nggak boleh siaran lagi...."
Mendengar ucapan Olga, Jo langsung girang. "Asyik dong! Saingan ilang satu!"
Wina memaki, "Ih, elo tuh ya, menari-nari di atas penderitaan orang lain."
Pada saat itu, tiba-tiba di ambang pintu muncul Somad, dengan membawa seiket buah kesemek. Tersenyum lebar nian ketika melihat Olga. "Spadaaaa!"
Olga, Jo, dan Wina kaget. Olga mau ngumpet, tapi nggak sempet. Keburu Somad nyamperin. "Neng Olga! Ini Bang Somad. Kenapa waktu itu Neng ninggalin Abang di taman" Neng jahat, ih! Somad pan udah dandan abis-abisan! Kapan dong kita bisa kencan""
Olga bergidik. Jo dan Wina cekikikan. "Neng Olga nggak usah malu-malu. Aye juga udah belajar maen sepatu rode kok. Mau senam kayak yang di Holiday on Ice juga boleh kok! Ayo dong, kapan kita jalan-jalan lagi""
Olga tiba-tiba dapet akal. "Ya udah, gini aja, Bang. Ntar malem jam tujuhan, Bang Somad dateng ke rumah. Ntar kita pergi ke kafe, ya""
Somad langsung jejingkrakan. "Ntar malem" Wah, sekarang udah jam lima. Berarti Abang harus pulang dulu dong! Abang pan harus mandi kembang dulu, biar wangi. Oke deh, Neng Olga. Kita ketemu jam tujuh, ye""
Olga mengangguk. Somad pun buru-buru pergi. Tapi belum melangkah jauh, ia berbalik, dan menyerahkan buah kesemeknya ke Olga. "O ya, Neng. Ini buah yang kemaren, belum sempet dikasih...."
Setelah itu Somad pergi dengan gerakan lincah.
Jo dan Wina jelas heran melihat ke arah Olga. "Ol" Nggak salah lo ngundang Somad ke rumah""
"Biarin! Biar si Mami mabok kedatengan tamu Somad. Abis bisanya ngelarang melulu!"
Olga kemudian ngeloyar ke dalam studio.
Jo dan Wina berpandangan heran.
"*** Malam itu Olga sedang membaca buku-buku pelajaran di kamarnya. Papi masuk, dan
langsung duduk di ranjang Olga. Olga tahu papinya dateng, tapi pura-pura cuek aja. Ia kayaknya udah males ngebahas masalah ribut-ribut soal berhenti siaran.
"Kamu keliatan pucat, Ol. Kurang tidur" Atau lagi tak sehat"" tanya Papi.
"Olga lagi belajar," jawab Olga singkat.
"Itu bagus. Papi tau, kamu memang seneng jadi penyiar. Sangat beruntung orang yang bisa dapet uang dari hobinya. Kamu memang harus punya keterampilan buat menjawab tantangan masa depan, tapi jangan lantas pendidikan formal di sekolah kamu lupakan."
"Olga nggak ngelupain, buktinya Olga belajar. Cuma emang belakangan pelajaran Olga menurun, soalnya jadwal siaran Olga padat."
"Kamu kan bisa minta dikurangi."
"Justru itu masalahnya. Sebenarnya Olga tau sekarang lagi musim ulangan prasemester. Olga udah minta pada Mbak Vera supaya jatah siaran Olga dikurangi. Tapi nggak bisa. Soalnya yang minta jadwal siaran Olga ditambah, ya pendengar. Iklannya banyak kalo Olga siaran. Terus terang, Olga bangga dan nggak bisa nolak, Pi!"
"Tapi sekolah kamu lebih penting, Olga."
"Olga tau. Tapi ini kan juga penting. Olga merasa berarti di sini. Dibutuhin orang. Banyak hal yang bermanfaat, yang nggak ada di sekolah, bisa Olga dapetin dari kerja di radio. Olga bukan ngecilin arti sekolah, tapi Papi kan tau banyak lulusan sekolah yang akhirnya nganggur, karena nggak punya keterampilan. Sekolah cuma ngajarin orang jadi pinter, bukan supaya bisa kerja. Nah, Olga nggak mau kayak gitu. Olga mau dua-duanya...."
"Papi ngerti lah, apa yang kamu maksud. Papi percaya, kamu pasti bakal berusaha memperbaiki pelajaran di sekolah. Tapi perlu kamu renungkan, Ol, soal usul Papi agar kamu mengurangi jadwal siaran kamu. Saat orang banyak yang suka sama kamu, kamu jangan terlalu mengumbar. Nanti mereka cepat bosan. Dan apa yang ada di diri kamu nanti cepat habis. Nanti kamu malah ditinggalin. Jadi, tahan-tahan sedikitlah, biar pada penasaran. Kamu jangan mau diekploitasi perusahaan radio kamu yang pasti menganut aji mumpung. Kamu harus pikir diri kamu, kemampuan kamu, dan masa depan kamu sendiri. Kamu paham kan maksud Papi""
Olga mengangguk. Papi mengelus-elus rambut Olga.
Tiba-tiba terdengar suara nyaring dari luar, "Spadaaaaa! Spadaaaaa!"
Olga kaget. Papi memandang Olga dengan heran.
"Suara siapa itu" Kamu nggak manggil tukang pijit, kan""
Saat mereka mengintip dari jendela, terlihat Somad turun dari motor sayurnya yang bunyinya kayak mesin disel. Dandanannya norak seperti biasa, rambut disisir ke belakang, pake jaket jins tebel, dengan tulisan "Bang Jalil" yang disulam pada bagian pundak. Celananya juga jins ketat, dengan sepatu model koboi yang ada sulamannya.
Setelah mematikan mesin, Somad mengunci jeruji ban motornya pake gembok gede banget. Lalu mengambil tiga biji durian yang diiket di jok belakang.
"Lalu ia celingukan di depan pagar, dan memanggil lagi, "Spadaaa. Olgaaa, Abang dataaang!"
Tanpa ragu-ragu, ia melangkah masuk ke pekarangan rumah Olga.
Olga langsung ketakutan, dengan panik ia mendorong-dorong" papinya. "I-itu temen Olga, Pi. Papl bilangin gih, Olga lagi pergi!"
"Kamu ngundang dia kemari""
Olga mengangguk. "Abis tadi Olga kesel sama Mami. Buruan, Pi, suruh pergi aja tu orang!"
Olga mendarong-dorong Papi ke luar kamar.
Papi nggak berdaya. Mami yang lagi asyik nonton di ruang tengah bersama Bik Inah, juga jadi cemas mendengar suara Somad. "Siapa itu, Bik" Masa malem-malem begini ada yang minta sumbangan""
"Apa barangkali Nyah belum bayar iuran tipi"" sahut Bik Inah.
"Ah, ada-ada aja kamu! Sana liat dari balik gorden!"
"Ah, takut, Nyah. Temenin yuk, Nyah! Siapa tau dia itu rampok."
Mami bangkit dengan kesal.
Pada saat itu Papi muncul.
"Biar Papi aja yang nemuin!"
Papi berjalan ke depan. Mami mengikuti.
Di teras depan rumah Olga, Somad sudah menunggu dengan percaya diri, sambil menenteng durian. Mami langsung tertarik sama durian yang dibawa Somad.
"Selamat malam, Be, Nyak! Aye mau ngajak Olga, sukaan aye, pergi, Be. Aye udah ada appointment. Olga-nya mana, Be""
"Olga pergi," sahut Papi pendek.
Somad kaget. "Pergi" Pergi ke mana""
Mami berujar pada Papi, "Bukannya Olga ada di kamar""
Papi menendang betis Mami pake tumitnya.
Mami meringis. "Nggak tau pergi ke mana. Cari aja ke kafe-kafe. Olga udah pergi!"
Papi mengajak Mami ke dalem. Mami protes, "Aduh, Pi, kan lumayan durennya!"
Papi langsung menutup pintu.
"Aduuh, gagal lagi deh! Apa aye telat ya""
Somad melihat duriannya, lalu mengetuk pintu lagi. "Bee! Nyak! Ini duriannya!"
Saat itu salah satu durian lepas dari ikatannya dan menimpa kaki Somad. Somad kontan jejeritan, sambil memegang jempolnya yang bengkak segede bet pingpong.
"2. LAMARAN DI SIANG BOLONG
DI deket dapur rumahnya, Somad sedang menangis sesenggukan di sebelah sang Nyak. Tapi Nyak tampak tidak peduli melihat pemandangan yang memilukan itu. Ceritanya, Nyak udah bosen ngeliat anaknya yang udah bangkotan itu nggak kawin-kawin. Jadi mumpung ada perawan dari kampung sebrang masih nganggur, Somad mau dijodohin ama tu cewek. Somad yang udah mentok sama Olga, jelas ogah.
Tapi kayaknya, nyak Somad maksa terus". "Jadi, pegimane tanggapan elo""
Sambil menyusut idungnya, Somad menjawab, "Pokoknye, aye nggak rela. Kagak rela! Kagak rela!"
Nyak Somad kesel ngeliat anaknya sok jual mahal. "Ape lo bilang" Kagak rela" Lo kira gue mau ngebotakin rambut lo" Eh, Mad, Nyak aje rela ngelahirin elo, meski hasilnye kayak begini."
Somad nangisnya mulai naik satu oktaf lagi.
""Nyak tega mao ngejodohin aye sama orang yang belon tentu aye suka. Ini pan bukan zaman Siti Nurgaye lagi, Nyak, masa aye ampe dikawin paksa sih."
"Eh, belagu ye lo, Mad. Tau nggak, harusnye sekarang Nyak yang kebat-kebit, sebab belon tentu juga entu perempuan suka sama elo pas ngeliat roman lo, Mad."
"Biarin! Pan aye udah punya sukaan aye sendiri. Neng Olga...," Somad ngeyel.
"Neng Olga... Neng Olga... lo belum kapok juga" Dulu pan kita udah pernah ngelamar ke rumah tu anak, tapi kagak ade tanggepan dari orang tuanye. Jadi sekarang yang pasti-pasti aja dah. Sono lo kawin sama perawan anaknye Bang Toyib!" sahut si Nyak sengit.
"Kalo emang Nyak tau die belon tentu suka sama aye, kenape Nyak mesti ngejodohin aye sama die" Mending kan sama Neng Olga. Sama-sama belum tentu juge...," Somad nyolot.
Nyak mulai kesel, dan angkat kaki dari situ. "Udeh deh, pegel Nyak ngomong sama elo. Elo nurut ape kata Nyak aje. Titik."
"Kagak bisa! Kalo begini caranye aye minta keadilan. Aye mo ngadu ke Komnas HAM."
"Keadilan, keadilan, sumur noh elo timba, itu baru namanye adil. Udeh ah, Nyak mau kerja. Pokoknye, hari eni elo kagak boleh ke mane-mane. Calon bini lo bakal datang ke sini."
Habis berkata begitu, nyak Somad langsung meninggalkan Somad sendirian. Somad makin tampak putus asa menghadapi nyaknya. Ia hanya bisa sesenggukan sambil teriak, "Aye kagak sudiii...!"
Dan dari radio butut yang selalu menyala, terdengar suara merdu Olga, pujaan hatinya,
"Buat rumpiwan yang lagi sedih, sori saya nggak bisa nolong, selain ngedoain semoga kesedihannya nggak nular ke orang lain. Olga juga lagi sedih nih, harusnya si Jo yang siaran tapi terpaksa Olga yang gantiin. Nah, ini dia sebuah nomor lagu lawas, mudah-mudahan bisa menambah kesedihan kamu...."
Lalu, terdengar lagu sediiih banget. Somad langsung menoleh ke radio, lalu meraih radio itu dan mendekapnya di dada. "Neng Olga... Jangan pisahin aye sama Eneng... Help me, Neeeng...."
Tapi radio itu diam seribu basa, selain memperdengarkan lagu yang sedih banget.
Dan nuansa sedih hari itu tampaknya menjalar ke mana-mana. Di ruang Mbak Vera aja, Jo lagi datang menghadap sambil nangis senggrukan. Jo menunduk sambil merobek-robek tisu. Melihat tisu yang di kotak sudah habis, Mbak Vera berinisiatif mengambil sekotak tisu baru dan meletakkannya di atas meja. Lalu Jo mengambil selembar dari kotak baru itu, dan merobek-robeknya lagi dengan muka sumpek.
"Kamu punya masalah apa sih"" tanya Mbak Vera.
"Bahu Jo berguncang-guncang. "Saya nggak bisa ngejelasinnya, Mbak. It's my privacy."


Olga 09 Tukar Guling di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Privacy sih privacy, tapi kalo sampai merembet ke kerjaan ya gawat dong. Gara-gara kamu punya masalah pribadi, kamu jadi sering telat datang siaran," ungkap Mbak Vera kesal.
" Kan ada Olga, Mbak. Dia kan jadi berguna. Dia bisa kok ngatasin masalah ini. Buktinya pagi ini, pas saya telat, dia udah keburu dateng ngegantiin saya," ujar Jo enteng.
"Tapi nggak bisa begini terus, Jo. Dia emang siaran pagi ngegantiin kamu, tapi buntutnya, dia malah sering - banget kena setrap gara-gara telat masuk sekolah. Kemaren, katanya, dia disuruh lari keliling lapangan gara-gara telat lima menit. Padahal dari Radio Ga Ga ke sekolahnya, dia udah capek lari-larian. Kebayang kan betapa menderitanya dia. Nah, hari ini dia bakal telat seperempat jam, nggak tau deh lapangan mana lagi yang harus dikelilingi. Kalo lapangan golf kan gawat!"
"Abis gimana dong, Mbak. Saya lagi hopeless nih. Saya lagi... hmh, brokenheart."
"Patah hati" Emangnya pernah ada yang suka sama kamu""
"Cuma ada satu orang, Mbak, eh... terus malah mutusin saya secara sepihak."
Mbak Vera geleng-geleng kepala.
Sementara itu Olga yang baru aja selesai ngegantiin tugas Jo, langsung berlari-Iari ke mobil Wina yang udah kesal nungguin dari tadi.
"Kok siarannya lama banget sih"" semprot Wina begitu Olga masuk mobil.
"Kan pas satu jam, Win."
"Kenapa nggak dibagi-bagi aja. Seperempat jam siaran, sisanya elo isi warta berita," ujar Wina sambil menginjak pedal gas.
"Lo kira CNN, isinya berita mulu. Ngebut deh!"
Mobil Wina melesat, meninggalkan deru dan debu. Bersamaan dengan datangnya Bang Toyib, calon besan nyak Somad yang datang mau ketemu calon mantu. Bang Toyib dulunya jawara gagah dari Kampung Bojong Kuncir, yang kini telah menduda. Dia datang sambil menuntun anak perawannya bernama Munah.
Munah itu wajahnya agak heboh. Tubuhnya gendut, dan mukanya penuh dengan tai lalet. Konon katanya, waktu kecil Munah sering dilepas di kebon. Makanya mukanya banyak tai laletnya.
Nyak Somad jelas aja salah tingkah melihat kedatengan Bang Toyib dan Munah, karena sama sekali nggak menduga calon besannya bakal datang secepat itu.
"Assalamualaikum..."
"Waalaikum salam. Eh, Abang, kok datengnye cepet amat" Kirain sih bakal datang entar malem-maleman dikit. Kite pan belon sempet dandan."
"Bang Toyib tersenyum lebar. "Alaaa, Mpok nggak usah dandan juga ude licin...."
"Ah, Abang bisa aje...." Nyak Somad jadi tersipu.
Nyak langsung mempersilakan Bang Toyib dan Munah duduk.
"Maksud kedatangan kite eni, cuma buat mempertemukan anak aye si Munah, kembang desanye Bojong Kuncir, sama si Somad, jejaka idaman Kampung Ceger. Eni pan pertanda bagus, Mpok Indun. Dua orang yang jadi idaman bisa kite satuin.... Artinye, kite bakal memperbaiki keturunan kite. Kali aje Miss Indonesia taon-taon entar adalah cucu-cucu kite."
Lagi-lagi nyak Somad tersipu. "Ah, Abang..."
"Tapi ngomong-ngomong, mane si Somad" Aduuuh, bilang ke die, kagak usah dandan segala. Pokoknya Munah pasti chochok!" ujar Bang Toyib dengan bahasa Betawi yang kental.
Nyak Somad baru jadi sadar, langsung permisi mau memanggil Somad di dalam. Tapi ternyata pas dicari-cari, tu anak malah udah minggat. Ceritanya Somad ngambek. Apalagi tadi pas Munah dan Bang Toyib dateng, Somad sempet ngintip dari jendela. Somad jelas kaget, karena ternyata tampang si Munah itu out of focus banget. Makanya meski Nyak nyari di dapur, dan di mana pun, tetap nggak ketemu. Nyak jelas panik. Dia nggak enak dong sama Bang Toyib.
""Mad... Somad... Elo ade di mane sih" Kasian pan calon besan kite udeh dateng, mao ketemu elo," desis Nyak sambil memeriksa lemari. baju satu per satu.
Karena tidak berhasil menemukan Somad, nyak Somad terpaksa melongokkan wajah dan harus nungging segala, buat mengintip ke kolong kasur. Kalau-kalau Somad ngumpet di tempat itu.
"Buset, ke mane sih entu bocah" Yang ade cuma cucian demek doang di kolong kasur. Kirain sih die ngumpet di sini, abis baunye sama aje."
Nyak Somad putus asa. Akhirnya dia keluar dengan wajah nggak enak.
"Maaf, Bang. Anak aye ilang...."
Bang Toyib kaget. "Hah" Ilang" Kok pake acara ilang segala""
Nyak meringis. "Tadi pagi sih masih ade di atas kasur, tidur melingker. Tau-tau siang eni udeh ilang."
"Udeh dicari ke sumur" Ke dapur" Ke dapur ame ke loteng""
"Udeh. Malahan aye ud
eh pake telepati, tapi kagak berhasil nemuin die. Aduuuh, aye jadi kagak enak."
Munah yang dari tadi gelisah, mulai cemberut dan menyalahkan babenya, "Gimana dong, Be, jadinye""
"Gimana apanya"" tanya Bang Toyib.
""Ntu. Ilang...." Mulut Munah makin monyong saking cemberutnya.
"Ya kalo udah ilang, mo gimana lagi""
"Waktu aye kan jadi terbuang!" keluh Munah lagi.
"Alaaa, belagu lo! Biasanya juga lo ngebak di dapur!" bentak Bang Toyib.
Munah diem. Bang Toyib lalu pamit sama nyak Somad, "Ya udeh deh kalo gitu. Udah siang nih, Mpok, kite pulang aje deh. Nyang penting kite udeh ke sini, dan Mpok udeh tau maksud kite. Mudah-mudahan aje anak kita jodo. Atau kalo anak kita nggak jodo... siapa tau...," Bang Toyib menggantung kalimatnya, lalu menggigit kerah bajunya.
Nyak jadi penasaran. "Siapa tau apa, Bang""
"Siapa tau... kita yang jadi jodo...," ujar Bang Toyib malu-malu.
Nyak jelas tersipu-sipu ditembak begitu.
Munah jadi sebel, setelah pamit, buru-buru dia menarik tangan babenya.
Sepeninggal Bang Toyib, Nyak jadi senyum-senyum sendiri. "Aduh, Bang Toyib. Ternyata masih gagah...."
"*** "Ternyata saat itu Somad udah berhasil ngumpulin temen-temennya di Kampung Ceger. Dia panik banget.
"Lo kenape sih" Ade ape"" tanya temen-temennya.
"Gawat, aye mao dikawinin!"
"Dikawinin" Kambing mane tuh yang beruntung ngedapetin elo"" cela temen yang lain.
"Aye serius. Aye mao dikawin pakse. Padahal aye udah punya calon sendiri. Dan sekarang aye mau nekat aja ah, ngelamar pujaan hati aye itu."
"Jadi, ceritenye ade dua cewek yang lagi menunggu cinta lo" Wah, beruntung amat lo, Mad. Muka hantu tapi hoki dewa."
"Makanya, gara-gara entu aye jadi bingung nih. Tapiii, kalo disuruh milih, aye pilih kawin sama Neng Olga."
"Ape" Gile lo" Sementara elo dilamar orang, eh, elo mo ngelamar orang laen.... Dunia emang udeh gila!"
"Soalnya aye rasenye kagak bisa idup kalo kagak sama Neng Olga. Ade yang bisa ngebantu, nggak""
"Bantu ngapain"" tanya temen-temennya serempak.
"Nulung aye ngelamar Neng Olga. Tolong deh, biar hidup aye tenang."
"Gimane caranye" Kite pan harus nyiapin tanjidar, ruti buaya, ame arak-arakan."
"Elo atur deh."
Pada saat yang bersamaan Kong Ayub lewat.
"Somad langsung memanggil, "Kong, sebentar, Kong."
"Ade ape" Lagu lo kayak orang kebelet aje,"
Kong Ayub yang mau salat lohor, langsung ngeberentiin sepedanya.
"Aye mau minta tulung. Pan menurut agame, kalo udeh waktunye dan udeh ade jodohnye, anak lelaki harus kawin."
Kong Ayub garuk-garuk kepala. "Jangan kayak kumidi puter, otak gue puyeng dengerin omongan lo. To the point aja!"
Somad berusaha nenangin pikirannya. "Gini, Kong, aye udeh punye jodoh, Kong. Cuma... karena kesibukannye, nyak aye nggak bisa dateng ngelamar sukaan aye.... Jadi, aye mau minta tulung Kong Ayub."
Kong Ayub agak bingung. "Nulungin apaan""
"Ntu. Kalo kagak dilamar eni ari, sukaan aye bakal bunuh diri," desak Somad.
Kong Ayub kaget. "Bunuh diri""
"Mau ye, Kong"" desak Somad lagi.
Setelah terdiam sebentar, Kong Ayub akhirnya mengangguk. Somad girang banget hatinya.
Sementara itu di Radio Ga Ga, orang seradio lagi sibuk nenangin Jo yang masih terus-menerus nangis bombai, karena sedih diputusin pacarnya.
"Lagian elo, kagak tau kapan pacaran, tau-tau udah unbreak my heart aja," cibir Ucup.
""Siapa sih lelaki yang sampai bikin kamu uring-uringan begitu" Lebih kece dari saya"" tanya Mas Ray.
Mbak Vera mengelus kepala Jo. "Sudahlah, Jo, kamu masih muda, jangan mikirin cowok lagi. Kalau kamu masih mau terus siaran, lenyapkan nama cowok itu dari otakmu."
Jo menggeleng. "Nggak bisa, Mbak. Soalnya, pas saya siaran, masih aja kebawa-bawa namanya." .
Ucup tertawa sinis. "Pantes aja, tiap siaran, elo nyebutin nama si Sueb, Sueb, terus. Hmh, pasti itu nama sukaan lo, ya""
"Sueb" Kalo ditilik dari namanya, dan dikitik-kitik dari huruf vokalnya, pasti dia nggak lebih kece dari saya," sela Mas Ray jumawa.
"Biar dia nggak lebih kece dari Mas Ray, saya udah keburu fall in love sama dia. Nggak ada lelaki di dunia ini yang lebih oke dari dia," sahut Jo.
Mbak Vera menggeleng. "Dulu Mbak juga
berpendapat begitu."
"Mbak pernah naksir Sueb juga"" tanya Ucup bego.
Mbak Vera melotot. "Bukan begitu. Dulu, waktu Mbak masih lucu-lucunya dan sedang hot-hotnya mencintai lelaki, Mbak menganggap cowok Mbak paling 'ter' sedunia. Cinta itu emang bikin orang mabuk kepayang. Tapi jangan gara-gara cinta, karier kamu jadi rusak."
"Jo langsung bangkit. Semua memandang kepadanya.
"Makasih atas segala nasihatnya. Tapi, cinta saya sudah mentok. Saya nggak terima diputuskan secara sepihak. Jadi... hmh, ada yang bisa membantu saya""
Semua saling pandang lalu menggeleng, kompak.
Jo kecewa. "Saya cuma minta dianter ke Kampung Ceger, nemuin Bang Sueb."
"Kampung Ceger" Itu kan kampungnya si Somad!" seru Ucup kaget.
Mas Ray melecehkan, "Wah, jangan-jangan cowok kamu itu sodaranya Somad.... Hmh, alamat sama rusaknya deh."
Jo menatap Ucup tajam. "Cup, kalo emang lo mau terus temenan sama gue, please, anterin gue ke Kampung Ceger dong."
Ucup garuk-garuk kepala. Dia menoleh memandang ke Mas Ray dan Mbak Vera minta pendapat. Sialnya, keduanya malah mengangguk, tanda setuju. Ucup jadi meringis.
*** Mami lagi kipas-kipas di ruang tamu dengan kipas bulu. Wajahnya tampak gelisah. Bik Inah pembantunya yang setia, juga kipas-kipas di lantai dengan kipas anyaman yang biasa dipakai tukang sate. Gayanya dan gaya Mami persis sekali. Cara melengos, cara geleng-geleng kepala, sudah kayak anak kembar.
Mami jelas sebel di-copycat begitu. "Tij ngapain kipas-kipas pakai hihid segala. Mau ikut-ikutan saya,ya""
"Lha Nyonyah kipas-kipas kenapa""
"Saya sih merasa kepanasan. Tapi, di luar kayaknya tidak panas-panas amat, ya" Jangan--jangan ini pertanda buruk."
Bik Inah mencibir. "Apa-apa dijadikan pertanda. Mata kelilipan, dianggap pertanda. Kaki nginjek paku dianggap pertanda. Yah, itu tandanya lagi meleng, Nyah."
"Sok tau kamu. Bedinde aja pakai nasihatin majikan."
Papi yang lagi baca koran, langsung diganggu Mami. "Papi, Papi liat nggak, ada tanda-tanda alam yang nggak beres""
"Tanda-tanda apa""
"Ini lho, hmh... hati Mami kok rasanya resah, gelisah, dan kulit Mami jadi basah... tandanya ada yang nggak beres bakal menimpa Olga."
"Apa-apa dikaitkan dengan Olga. Jangan terlalu mencemaskan Olga, Mi, dia sudah bahagia dengan dunianya."
"Mami sih nggak mau cemas... Tapi, hati ini lho, kok ya siwir-siwir aneh gitu, Pi."
"Lebih baik Mami berendam di bak saja, mudah-mudahan siwir-siwirnya hilang. Mami sudah lama kan ndak latihan tahan napas di dalam air."
"Mami dongkol mendengar komentar suaminya.
Tapi firasat Mami memang akan terjawab dengan datangnya Jo dan Ucup di Kampung Ceger. Saat itu mereka panas-panasan melintasi jalan Kampung Ceger. Ucup jalan sambil menyedot es plastik. Wajahnya tampak lelah.
"Mana rumah mantan cowok lo" Dari tadi yang gue liat kandang kambing semua. Jangan-jangan elo pacaran sama kambing."
"Masih mendingan sama kambing, daripada sama elo. Sabar dong, entar juga ketemu," sungut Jo.
Tak lama kemudian mereka memang tiba di sebuah rumah besar. Itu rumah Sueb, mantan cowok Jo.
Jo langsung memacu langkahnya menuju ke rumah itu. Di halaman depan, ia melihat lelaki bernama Sueb yang tampangnya oke bener, hingga membuat Ucup minder. Sueb yang sedang sibuk mengatur antaran roti buaya di teras rumahnya, kaget melihat kedatangan Jo.
"Jovanka""
Mata Jo berbinar-binar. "Abang..."
"Kite pan udah pisah, Jo, ngapain elo masih nyatronin Abang...""
Jo mendekat sambil memuntir ujung baju.
"Maafkan saya, Bang. Saya datang ke sini dengan langkah terpaksa gara-gara hati terus-terusan kesiksa."
Sueb menghela napas. Lalu berbicara lirih "kepada Jo, "Kite pan udeh nyari jalan masing-masing... Jo tetep sama kerjaan yang bertumpuk, Abang tetep di sini, ngurusin kambing ame soang."
Mata Jo mulai berkaca-kaca. "Tapi saya nggak sanggup, Bang. Tiap saya memejamkan mata, yang ade mata saya kelilipan, eh, maksud saya, yang ada cuma bayangan Abang...."
"Jadi... Jo mao balik ke Abang""
"Kalo masih memungkinkan, alhamdulillah, Bang.... Tapi kalo nggak, ya udah, saya akan pulang...."
Suasana jadi begitu sedih dan romantis. Kedua sejoli itu
saling pandang, lalu terdiam tak bisa berkata-kata. Sueb meraih tangan Jo.
"Jo, rezeki ame weton kite beda, Jo, kite kagak bakal cocok berpasangan.. Jadiii, yang terbaik emang kite mesti berpisah. Percayalah, Abang tetep menganggap elo yang terbaik."
Jo tidak bisa berkata-kata lagi selain menangis terisak-isak. Ucup yang sok jadi pahlawan segera meraih kepala Jo yang putus cinta dan membawa ke dadanya, sambil membelai-belainya.
"Jangan salah duga ya, Bang, saya meluk begini bukan berarti saya cowok barunya...," ungkap Ucup. Ucup lalu melihat roti buaya yang lagi didandanin Sueb. "O, jadi karena si Abang mau kawin, makanya Abang nolak cinta temen saya""
"Bu-bu-bukan. Saya sih masih mau bertahan jadi jejaka sampe taon depan. Ini buat... hmh, ce-es saya si Somad.... Katanya, dia mau ngelamar anak Radio Ga Ga juga, si Olga," ungkap Sueb kalem.
Jo dan Ucup serentak kaget. "Hah" Yang bener""
"Bener. Siang ini, kita mau datang melamar ke rumahnya Olga."
"Waduh, gawat, Olga sama keluarganya harus buru-buru dikasih tau nih. Udah deh, lo nggak usah nangis lagi. Mendingan selametin si Olga dulu."
Jo langsung ngibrit begitu tangannya ditarik dan dibawa lari Ucup. Sementara Sueb hanya memandang dengan mimik nggak mengerti.
Beberapa kilometer dari situ, Olga dan Wina baru pulang ke rumah Olga. Wina, seperti biasa langsung ke dapur, menemui Bik Inah.
"Jus tomat, kan" Ndak pake gula"" tembak Bik Inah.
"Sekalian mi baksonya ya, Bik."
"Lo kira rumah gue restoran"" celetuk Olga.
Mendengar suara Olga, Mami dan Papi keluar dari dalam. Mami menyambut senang waktu melihat Olga masih dalam keadaan utuh. "Euleh-euleh, schaat. Hati Mami sudah dug-dug-der memikirkan maneh."
Papi menggeleng-geleng. "Anak nggak apa-apa pakai dirisaukan. Olga itu beda dengan zaman Mami muda dulu. Olga ilmu bela dirinya komplet."
"Baru Papi selesai bicara, telepon berdering. Olga langsung ngangkat. "Ya, halo" Eh, elo, Jo" Mau minta tulung gantiin siaran lagi" Ogah! Apa" Somad mau ngelamar gue" Dia bakal mengerahkan orang-orang Kampung Ceger buat ngelamar gue" Siang ini" Mamiii! Papiii!"
Olga langsung menutup telepon dengan wajah menggigil.
Wina, Mami, Papi, dan Bik Inah kaget dan langsung nyamperin Olga. "Ada apa, Ol""
"Somad mau melamar Olga, siang iniiiii!" jerit Olga.
"APA" Si balakutak, si goreng patut tea mau ngelamar Olga" Kan dulu udah ditolak" Addduh, Pi! Ik bilang juga apa! Ik sudah ada firasat. Kerahkan orang-orang buat mencegah rombongan si Somad!" Mami tampak paling panik.
Sedang Papi keliatan kalem-kalem aja. "Buat apa""
"Buat apa""" Papi mau punya mantu dakocan"" semprot Mami.
Wina langsung bertindak. " Tenang, tenang, jangan panik! Saya akan menghubungi orang-orang Radio Ga Ga."
"Saya akan minta tulung Kang Japar, hansip ujung gang situ...," ujar Bik Inah.
Sedang Olga sudah terduduk dengan lesu.
Dan Mas Ray yang paling dulu dikabarin Wina, agak kaget juga mendengar berita itu.
"Apa" Olga mau dikawinin" Ooo, bukan, mau dilamar Somad. Emangnye mereka sempet pacaran" Ooo, cuma pelamaran secara sepihak. Beres, beres, nanti akan saya atur. Pokoknya, kita pasti bantu."
Mbak Vera masuk ke ruangan itu dengan tegang. "Siapa yang mau dilamar Somad""
"Olga." "Olga" Astaga! Akhirnya jadi juga""
"Somad secara membabi buta bakal mendatangi rumah Olga, buat ngelamar anak itu. Olga sekarang sedang bingung, dan minta pertolongan kita."
Mbak Vera membanting map ke meja.
"Nggak usah diminta, saya pasti mau. Demi masa depan Radio Ga Ga!"
Vera langsung meninggalkan ruangan tersebut.
"*** Rombongan Somad yang terdiri atas iring-iringan pengantar roti buaya, penabuh genderang seperti tanjidar, dan pengiring pengantin pria, berjalan menuju ke rumah Olga. Somad jalan di depan dengan hiasan mempelai Betawi, di sebelahnya Kong Ayub khusyuk mengumandangkan lagu. Dan dari belakang terdengar bunyi tetabuhan gendang.
"Tapi begitu mereka mau memasuki gang ke rumah Olga, jalan itu ditutup. Mas Ray yang pakai kumis palsu berdiri dengan seragam hansip sambil melambaikan bendera kuning.
Somad langsung protes, "Bang Hansip, ini kenape pake ditutup sega
la" Aye pan dateng mau ngelamar."
"Maap, Bang, ade yang mati di ujung sana. Lewat gang lain aja," ujar si hansip palsu.
Terpaksa Somad teriak, "Let's go!" dan membawa iring-iringan berputar mencari jalan lain. Sementara ada yang menggerutu.
Rombongan Somad menuju gang yang lain. Terdengar tetabuhan rebana dan kumandang lagu yang dinyanyikan para pengiring. Somad berjalan di depan dengan sikap yakin. Sueb berjalan di sebelahnya membawa roti buaya.
Sementara Mami uring-uringan di ruang tamu. Papi cuma mondar-mandir sambil menggaruk-garuk jidatnya yang licin. Olga tampak nervous. Ucup sebentar-sebentar melongok ke jendela. Cuma Mbak Vera yang jaga stamina.
"Kalau sudah begini kan kacau, Ol. Euleh-euleh, Mami sih mendingan ngungsikeun maneh ke Afrika daripada diboyong si Somad."
"Jadi, kita harus gimana dong" Rombongan si Somad sudah makin dekat aja nih. Dan... mereka sudah niat bener mau ngelamar Olga."
"Tenang, tenang, kita cari penyelesaian yang aman, yang bisa menyelamatkan kita dari situasi ini," ujar Mbak Vera.
""Apa jalan keluarnya"" tanya Mami nggak sabar.
"Yah, kita cari sama-sama dong."
Semuanya langsung diam. Lalu tangan mereka serentak memegang jidat, seolah berpikir.
"*** "Somad dan rombongannya yang masih dengan semangat empat lima membawa antaran, memukul rebana, sudah sampai di gang lain menuju ke rumah Olga. Tapi tiba-tiba di mulut gang itu sudah ada segerombolan kambing, hingga menghalangi jalan rombongan Somad. Kambing itu digiring Bik Inah.
"Bu! Numpang! Usirin dong kambingnye, aye lagi diuber waktu nih," ujar Somad.
"Mana mungkin diusir. Saya lagi nunggu truk yang mau ngangkut ini kambing. Sudah, sana, lewat gang yang lain aja! Sana!"
Sueb jadi kese1. "Hhiiih, orang mau ngelamar malah diusir. Gimana sih""
Kong Ayub menenangkan, "Sabar, sabar, niat baik emang banyak cobaannye. Kite ngalah aje."
Mereka pun terpaksa putar haluan menuju jalan yang lain. Semua sudah kepanasan. Kong Ayub sebentar-sebentar sudah mengelap keringat yang membasahi mukanya. Penabuh rebana sudah mulai pega1. Tapi mereka tetap menjalankan tugas mulia itu.
Lewat berbagai usaha, akhirnya mereka sampai juga di depan rumah Olga.
"Nah, ini die rumah sukaan aye," ujar Somad girang.
Tapi di depan rumah Olga, mereka hanya menemukan Jo dan Wina yang sedang menangis. Sementara di pintu rumah tertulis, "DIKONTRAKKAN, YANG BERMINAT HARAP HUBUNGI KETUA RT, PEMILIK SUDAH PINDAH"
Sueb memandang Jo bingung. "Eh, Jo, kok ade di sini" Pakai nangis segala, lagi."
"Bang Sueb, gimana saya nggak sedih" Sobat saya yang biasa saya cela, sudah meninggalkan saya."
Somad kaget bagai disambar petir. "Hah" Olga meninggal""
Kali ini Wina menjawab sambil sesenggukan, "Bukan. Olga udah pindah, tadi pagi, ikut orang tuanya dinas ke Irian. Kalo masih nekat, elo uber aja ke sono. Huk-huk-huk... Olgaaa...!"
Somad makin kaget. Rombongannya pun kesal bukan main.
Kong Ayub jelas kesel banget sama Somad. "Elo pegimane sih, Mad, katenye sukaan lo nunggu dilamar, kok malah pergi ninggalin elo""
"Iye nih, bikin pegel aje... Huh, mendingan kite pulang," umpat yang lainnya.
"Somad langsung sedih. Dia melepaskan baju kebesarannya.
"Olga pergi ke mane"" tanya Somad.
"Ke Irian, hik-hik-hik...," jawab Jo.
Somad langsung lari seperti mengejar angin. "Olgaaaa, Abang ikuuuuut!"
Semua cuma memandang dengan terbengong.
"3. DEMI CINTA "ENAKNYA jadi pengangguran. Siang-siang begini, selagi orang-orang pada repot mikirin kerjaan, Somad bin Indun malah asyik mancing di empang yang airnya butek. Dibilang mancing sebetulnya nggak juga. Karena sejak tadi Somad cuma bengong. Pikirannya berkeliaran ke mana-mana. Pancingannya dicuekin aja nancep di tanah. Sementara sebuah radio butut yang disetel pol, teronggok di dekat kakinya. Dan dari radio itu terdengar suara Olga yang nggak henti-hentinya. Ini yang bikin Mahmud, teman mancing Somad, jengkel setengah hidup. Soalnya, gara-gara radio itu, nggak sebiji pun ikan yang mau menowel mata kailnya. Padahal mereka udah duduk di situ setengah harian lebih. Diterpa teriknya sinar matahari.
"Mad, kalo cara lo nyetel radio
kayak gitu, kagak bakalan deh kite dapet ikan. Jangan kate ikan, Mad, kecebong aje ogah makan pancing kite...," cerocos Mahmud mulai protes.
Somad tidak menanggapi omongan Mahmud, ia masih tetap bengong.
"Matiin deh, Mad, kite ke sini kan mo mancing, bukan mo dengerin radio...," protes Mahmud lagi. .
Tapi Somad masih terus bengong, sambil senyum-senyum sendiri. Sementara di radio terdengar suara centil Olga, "Oke, rumpiwan dan rumpiwati yang manis-manis kayak gula beko, Olga masih bakal setia nemenin kamu sampe bedug asar nanti. Olga yakin kamu-kamu pasti belon pada bosen nongkrongin Radio Ga Ga. Nah, buat yang masih setia di Olga punya acara, simak aja sajian berikut, sebuah lagu dari Red Hot Chili Peppers...."
Lalu mengalunlah lagu Red Hot Chili Peppers. Somad tersenyum. Mahmud nyeletuk lagi, "Mad, matiin deh tu radio. Orang kesurupan kok didengerin...."
Somad tak peduli, ia masih terus bengong.
Karena merasa omongannya tak ditanggapi, Mahmud jadi keki. Dengan kesal Mahmud kemudian meletakkan jorannya, dan langsung beranjak ke radio lalu mematikannya. Somad jelas kaget.
"Kok dimatiin""
"Abis lo ditegor kagak nyautin barang dikit," jawab Mahmud ketus. Sambil siap-siap mancing lagi.
"Tapi, Mud, gue kan lagi dengerin..."
"Iye, gara-gara lo dengerin radio, pancing kite kagak ditowel barang dikit sama ikan. Lagi, mana ada sih orang mancing sambil ngedengerin radio...," potong Mahmud.
"Abis siarannya enak sih, Mud...."
"Enak, enak... lo kate sayur asem, enak. Lagian lo ngarti juga kagak. Udah matiin aja deh tu radio, atau ganti deh ama lagu dangdut...."
Sambil masih ngomong Mahmud berusaha memutar tuning radio, tapi dengan sigap Somad buru-buru mencegahnya.
"Jangan, Mud. Ntar aja gantinya, kalo pas warta berita."
"Lo kenapa sih"" tanya Mahmud sewot.
"Penyiarnya, Mud, gue suka banget sama penyiarnya. Gue sering ketemu sama orangnya. Tampangnya botoh banget.."
"O, pantes, jadi dari tadi lo bengong mikirin dia""
"Betul, Mud. Gue suka banget tu anak...."
"Nyebut, Mad, nyebut. Lo kudu inget siapa elo. Lo kudu ngaca. Lo cuma orang kampung. Nggak mungkin lo bisa ngedapetin die. Buang deh tu mimpi jauh-jauh."
"Kagak bisa, Mud. Gue mending mati keseruduk bajaj daripada kagak bisa ngedapetin tu anak."
"Astaga, Mad, lo udah bener-bener kesambet jin iprit kalo begitu...!" pekik Mahmud dengan mata mendelik.
"Tiba-tiba Somad membuang jorannya ke kali, dan memasang muka sedih.
"Mad, lo kudu nulungin gue!"
"Nulungin pigimane""
"Gue tau lo jagoan ngegaet cewek. Na, bini lo aja ada dua. Mpok Mumun ame Mpok Mimin. Padahal lo pengangguran kelas berat...."
"Iye, iye, sekarang lo mau ape""
"Tulungin gue dong, Mud, gimane carenye supaye bise ngedapetin Olga. Tapi gue kagak mau main dukun-dukunan, pelet-pc"etan, gue mau yang normal-normal aje...."
Mahmud menyedot napasnya. "Gampang."
"Apenye yang gampang, Mud""
"Yang penting lu mao berkorban. Apa kedemenan tu anak kudu lo turutin...."
"Cuman begitu doang" Enteng amat"" tukas Somad nggak percaya.
Mahmud jadi sebe1. "Jalanin dulu, baru bilang enteng...."
Somad tersenyum senang. Lalu secara tak diduga, ia menomprok Mahmud dengan gerakan atraktif. Keduanya pun langsung nyungsep ke empang.
"*** "Jo baru saja muncul dari pintu Radio Ga Ga, dan berjalan keluar halaman yang banyak pohon jengkolnya. Tapi baru beberapa langkah meninggalkan halaman, tiba-tiba Jo dikagetkan oleh kemunculan Somad yang tiba-tiba dari gerumbulan pohon puring.
"Na, kebetulan!" pekik Somad. Jo tentu aja kaget dengan kemunculan Somad yang mendadak itu. Ia buru-buru ngibrit sambil menjerit.
"To-tolooong, ada premaaan...!"
Melihat Jo kaget, Somad juga ikut kaget. Somad takut keadaan jadi kacau. Maka Somad buru-buru mengejar Jo, dan membekuk lehernya.
"Jangan takut. Aye Somad. Tampang aye emang kayak preman, tapi ati aye beriman. Aye cuma mau nanya. Tentang Olga."
"N-nanya apa"" sahut Jo masih ketakutan.
"Situ tau nggak, ape kedemenan Olga"" tanya Somad makin nafsu.
"Kedemenan apa"" Jo bingung.
"Maksud aye, Olga suka apa gitu" Makanan kek, maenan kek, pokoknya apa deh...."
"Suka apa ya"" Jo
berpikir sebentar, lalu timbul niat usilnya. "O iya, saya inget sekarang. Dia suka banget makan pecel lele. Apalagi kalo lelenya lele dumbo."
Begitu nama lele dumbo disebut, Somad merinding saking gelinya. "Pecel lele dumbo" Hili, emangnya die kagak geli...""
"Ya udah, kalo nggak percaya...," jawab Jo sambil siap-siap pergi meninggalkan Somad, tapi Somad buru-buru menahannya.
""Iya deh, iya deh, aye percaya...."
Jo "endengus. "Ngomong-ngomong, buat apa sih pake nanya-nanya kedemenan Olga segala ""
"Ya", aye mo bikin kejutan aJe buat Olga.... Makasih ya atas ingpormasinya...."
Somad lalu tersenyum. Jo pun ikutan tersenyum penuh makna.
"***

Olga 09 Tukar Guling di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Malam sudah larut. Bulan pun sudah mengerut. Tapi mami dan papi Olga masih tekun nonton Tembang Kenangan yang lagunya oldies banget itu. Mami menyandarkan kepalanya di bahu Papi. Ingat kenangan waktu masih muda. Waktu mereka jalan-jalan ke kebun binatang liat monyet. Saat itu Papi tentu aja masih gagah. Tapi sekarang Papi batuk-batuk manakala. Mami merebahkan kepalanya di bahu Papi. Asmanya kambuh. Apalagi rambut Mami udah nggak seharum dulu lagi. Sekarang bau minyak kelapa.
Papi terus batuk-batuk, sampai terdengar ketukan di pintu depan diiringi suara salam yang keras, "Assalamualaikuuum!"
Mami terperanjat. Kepalanya kontan terangkat dari bahu Papi. Papi bernapas lega.
"Siapa tuh, Pi, malem-malem begini namu ke rumah orang"" tanya Mami sambil menowel pundak Papi.
"Coba aja Mami liat," usul Papi ogah-ogahan. Mami merinding.
"Ih, Papi, kok nyuruh Mami. Takut ah, Pi. Sekarang kan lagi musimnya perampokan dengan kekerasan...."
"Itulah akibatnya kalau kebanyakan dengar berita kriminalitas. Bawaannya takut melulu. Contoh dong Papi, Papi selalu bisa berpikir rasional karena yang Papi dengar berita-berita politik..."
"Ya udah, kalau gitu Papi aja yang buka...," tawar Mami.
"Enak aja nyuruh-nyuruh. Mami pikir Papi nggak takut""
"Yeee, kirain berani," cibir Mami sebel. Lalu Mami mengajukan usul, "Ya udah, kita buka berdua aja."
Papi setuju. Lalu keduanya berjin"kat-jingkat dengan penuh ketakutan menuju pintu depan. Sementara bunyi ketukan dan salam masih terus membahana. Malah makin gila-gilaan.
"0 ea eo... aye tau di dalem masih ada yang idup. Buke pintunye dong! Atau pengen ini pintu aye dobrak""
Pedang Berkarat Pena Beraksara 6 Nyanyian Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Jejak Di Balik Kabut 15

Cari Blog Ini