Ceritasilat Novel Online

Keris Maut 3

Keris Maut Karya Kho Ping Hoo Bagian 3


"Kudengar namamu tadi Jaka Lumping dari Belambangan" Kau bersiaplah baik-baik!" katanya dan dengan ce-.
pat ia lalu menyerbu.
Jaka Lumping cepat mengelak dan balas menyerang.
Pertandingan kali ini ternyata jauh lebih hebat dari pada yang sudah-sudah. Jaka Lumping yang aneh itu ternyata benar-benar digdaya. Kalau empat orang peserta yang tadi selalu roboh terkena pukulan atau tamparan Lembuseta dan
Lembusena, Jaka Lumping ternyata juga memiliki kekebalan seperti lawannya. Sekali pernah kepalan tangan Lembuseta yang besar menghantam dadanya, akan tetapi ia hanya mundur tiga langkah, lalu maju kembali dengan cepatnya, membalas serangan lawan dengan pukulan bertubi-tubi 102
sehingga Lembuseta jatuh terduduk ! Bukan main riuhnya para penonton menyaksikan pertandingan ini.
Lembuseta sendiri terkejut karena pukulan-pukulan
lawannya yang aneh ini ternyata amat kuatnya sehingga ia merasa tubuhnya sakit-sakit dan sampai terjatuh. Dengan marah dan penasaran Lembuseta bangun kembali. Ketebalan kulitnya membuat ia kebal dan kini ia mengamuk bagaikan seorang raksasa yang liar dan ganas. Akan tetapi Jaka Lumping tidak gentar dan menghadapinya dengan sepak terjang yang gagah. Pukul-memukul, tendang-menendang, dorong-mendorong terjadi dengan hebatnya. Tenaga
keduanya amat besar sehingga panggung itu bergoyanggoyang seakan-akan hendak roboh. Bahkan tempat duduk sang prabu dan para pangeran sampai bergetar.
"Ah, benar-benar kuat Jaka Lumping!" kata sang prabu dengan girang.
Karena lawannya dapat menahan pukulan - pukulannya, maka kedua orang di atas gelanggang pertempuran itu kemudian bergumul. Saling cekik, saling piting sehingga mereka menjadi satu seakan - akan dua ekor naga bertempur saling membelit. Terdengar suara napas mereka "ah, uh, ah, uh!" mengerahkan tenaga. Berkeretak bunyi tulang mereka, dan otot-otot besar melingkar-lingkar pada lengan mereka.
Sebentar Jaka Lumping terbanting ke bawah, tertindih oleh tubuh Lembuseta yang seperti raksasa ku, akan tetapi dengan gerakan kakinya yang mengait kemudian dengan gerakan membalik yang tiba-tiba, Jaka Lumping berhasil membuat penindihnya terguling dan secepat kilat Jaka Lumping lalu menindih tubuh lawannya. Leher lawannya dipiting dengan lengan kanan, tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan lawan yang hendak memukul, sedangkan lututnya diinjakkan ke perut lawan.
Lembuseta mengerahkan tenaga, meronta-ronta hendak melepaskan diri, akan tetapi lawannya juga mengerahkan te 103
naga menahan. Hebat sekali pergumulan ini sampai lantai papan yang tebal itu berderak-derak. Akhirnya Lembuseta dapat memasukkan tangan kirinya di bawah lengan lawannya dan berhasil melepaskan diri. Mereka berdiri terhuyung-huyung dan pergumulan dilanjutkan sambil berdiri, sebentar mendorong maju dan sebentar terdorong ke belakang.
Para penonton bersorak-sorak bagaikan gila saking tegang dan gembiranya Gamelan dipukul makin keras karena para penabuh gamelan juga terpengaruh oleh pertandingan hebat ini. Akhirnya gamelan berhenti bersuara karena lagu telah habis dimainkan, berarti bahwa babak itu telah berakhir !
"Hidup Jaka Lumping..............!" teriak para penonton dan Lembuseta lalu melepaskan pelukannya. Jaka Lumping dinyatakan menang karena ia dapat mempertahankan diri selama sebabak, bahkan dalam pertandingan ini tak dapat dikatakan ia terdesak. Benar-benar kuat Jaka Lumping, pemuda Belambangan yang aneh ini.
Ketika pengatur pertandingan memberi tanda, Lembuseta mengundurkan dan gelanggang, hari kini Lembusenu
melangkah maju untuk mengadakan ujian terakhir. Sekali lagi Jaka Lumping harus dapat mempertahankan diri terhadap Lembusena, oaru ia akaii dapat dinyatakan lulus dan dapat merebut kedudukan pengawal pribadi sri baginda!
Betapapun juga diam-diam Jaka Lumping harus mengakui kehebatan Lembuseta tadi. Pergumulan tadi telah membuat ia lelah. Belum pernah ia menghadapi seorang lawan sekuat itu.
Kini melihat Lembusena telah maju, ia ingin mempercepat jalannya pertandingan agar jangan sampai kehabisan tenaga.
Begitu gamelan mulai dipukul lagi, ia menubruk maju, memeluk pinggang Lembusena yang besar, mengerahkan tenaga dan mengangkat tubuh raksasa itu! Penonton
bersorak-sorak lagi dan diam-diam Sang Prabu Anusapati mengangguk-angguk memuji Jaka Lumping.
Setelah mengangkat tubuh Lembusena ke atas sampai
104 hampir melampaui kepalanya, Jaka Lumping lalu,membanting tubuh itu ke bawah.
"Brek ..........!!" Tubuh raksasa itu dihempaskan ke atas lantai demikian kerasnya, bagaikan terjatuh dari tempat tinggi saja. Melihat besarnya tenaga yang dipergunakan dan kerasnya bantingan itu, kalau tubuh lain orang yang terbanting tentu akan remuk-remuk tulangnya dan luka-luka kulitnya ! Akan tetapi. Lembusena hanya tersenyum saja dan segera bangkit berdiri kembali.
Jaka Lumping memandang kepada lawannya dengan
mata terbelalak heran. Tak disangkanya bahwa lawannya ini demikian kuat, bahkan mungkin lebih kuat dari pada Lembuseta ! Sebelum hilang rasa kagetnya, Lembusena telah menubruk maju dan membalas serangan lawannya tadi. Ia memegang pinggang jaka Lumping yang kecil dengan kedua tangannya, mengangkat tubuh itu seakan-akan orang
mengangkat benda ringan saja, lalu membantingnya sambil melepaskan pegangannya !
"Krak..........!!" Bukan main hebatnya bantingan ini sehingga papan yang tertimpa tubuh jaka Lumping sampai menjadi pecah dan tubuh Jaka Lumping masuk setengahnya ke bawah papan yang kosong ! Para .nenonton menahan napas, ngeri menyaksikan kehebatan kedua orang itu.
Bantingan itu benar-benar hebat sekali, akan tetapi bagaimanakah tubuh seorang manusia dapat begitu kuat sehingga bahkan papan yang tebal itu yang pecah "
Memang mengagumkan sekali kekuatan tubuh Jaka
Lumping yang kecil itu. Biarpun ia telah merasa lelah dan tubuhnya sakit-sakit, akan tetapi ia masih dapat menekankan kedua tangannya pada papan gelanggang dan menarik
kakinya dari bawah ! Begitu ia berdiri, Lembusena telah menyerbunya lagi, kini menghujankan pukulan-pukulan keras kepada kepalanya yang besar itu. Jaka Lumping mencoba untuk menangkis, akan tetaoi sepak terjane Lembusena 105
ternyata jauh lebih cepat. Beberapa kali kepalanya kena pukul dan sungguhpun ia tidak terluka, namun kini nampak ia mulai terhuyung-huyung.
"Ah, dia kalah!" kata sri baginda perlahan dengan kecewa.
Benar saja, kini Lembusena melangkah maju, memegang tangan Jaka Lumping dan sekali menggerakkan tangannya, ia telah melontarkan tubuh pemuda itu yang melayang cepat ke bawah panggung !
Penonton bersorak-sorak, sungguhpun sebagian besar diam saja karena merasa kecewa melinat pemuda itu dikalahkan.
Dengan demikian, maka pertandingan akan bubar tanpa ada yang dianggap menang ! Memang siapa yang sampai
terlempar keluar dari panggung, telah dianggap kalah.
Akan tetapi Jaka Lumping benar-benar sakti. Biarpun tubuhnya berdebuk jatuh ke atas tanah, namun secepat itu pula ia melompat bangun, lalu dengan cepat ia menaiki tangga panggung dan berlutut di hadapan Sang Prabu Anusapati, menyembah dengan hormatnya.
"Mohon beribu ampun, gusti sinuhun. Hamba mengaku kalah, Lembusena terlampau kuat. Hamba telah
mengecewakan hati paduka-"
Senang juga hati sang prabu melihat sikap pemuda itu.
"Jaka Lumping, kau cukup digdaya. Sayang kurang sedikit saja daya tahanmu, sesungguhnya, aku akan senang sekali mempunyai pengawal seperti engkau !"
Pada saat itu, terdengar suara ribut-ribut di kalangan penonton dan tiga orang penjaga nampak sedang berkeras mencegah seorang pemuda yang hendak memaksa naik ke panggung. Karena marah melihat kebandelan pemuda itu, seorang di antara penjaga lalu mencabut pedang dan mengancam, akan tapi entah bagaimana, tahu-tahu tiga orang penjaga itu terpelanting ke kanan kiri dan pemuda itu terus 106
saja menggerakku, tubuh. Bagaikan seekor burung, ia telah melompat naik keatas panggung dan langsung menghadap sang prabu, berlutut di sebelah Jaka Lumping yang juga masih duduk bersila di situ !
Seorang pengawal hendak mengusir pemuda lancang ini, akan tetapi Sang Prabu Anusapati menggerakkan tangan mencegahnya. Sri baginda sendiri juga kurang senang menyaksikan kelancangan dan keberanian pemuda itu, maka sebera ditegurnya pemuda itu dengan kata-kata yang tetap terdengar halus,
"Anak muda, siapakah kau dan mengapa kau lancang sekali menghadap tanpa dipanggil ?"
"Hamba mohon beribu ampun, gusti sinuhun, dan apa bila paduka sudi mendengar keterangan hamba, hamba adalah seorang kelana bernama Jaka Wisena dari puncak Gunung Anjasmoro. Adanya hamba memberanikan hati menghadap tanpa dipanggil tak lain hamba jauh-jauh datang sengaja hendak mengabdi kepada gusti sinuhun yang mulia dari bijaksana. Hamba memang telah berdosa dan lancang berani menghadap tanpa paduka kehendaki dan hamba
menyerahkan jiwa raga di tangan paduka, segala hukuman akan hamba terima dengan rela dan senang, tak lain hamba mengharapkan mohon pengampunan !"
"Hm" pandai kau bicara! Kepandaian apakah yang kau miliki maka kau hendak menghamba di sini ?"
"Hamba seorang gunung yang bodoh, gusti, namun ham ba telah bertekad untuk mengorbankan jiwa raga demi mem bela paduka dan Kerajaan Singosari."
"Ah, jadi kau agaknya ingin pula menjadi pengawal"
Beranikah kau menghadapi Lembuseta dan Lembusena " "
"Apa bila gusti sinuhun yang menghendaki, tentu saja hamba berani menghadapi mereka berdua," jawab Wisena sederhana.
107 Mendengar ucapan ini, Jaka Lumping menengok kepada Wisena dengan senyum sindir. Pemuda kurus kering dan pucat ini hendak menghadapi raksasa-raksasa itu " Hah, mencari mampus dia, pikirnya.
"Kau betul-betul berani melawan mereka berdua" "
"Hamba sanggup dan berani, gusti."
Gembiralah sang prabu mendengar ini. Ia memberi tanda kepada Jaka Lumping untuk mengundurkan diri, lalu memberi perintah kepada petugas untuk mencoba dan menguji
kedigdayaan pemuda yang baru datang ini dengan Lembuseta dan Lembusena. Kedua raksasa itu harus maju berbareng mengeroyok pemuda itu selama gamelan dimainkan !
"Ramanda prabu...........," terdengar Dewi Murtiningsih berkata perlahan, "mengapa keduanya" Bukankah syaratnya maju seorang demi seorang................" "
Mendengar suara puteri ini, Wisena menundukkan
kepalanya dengan wajah merah tanpa berani memandang, dan ia berterima kasih kepada puteri yang baik hati itu. Sang prabu tidak menjawab hanya menyuruh Wisena segera
memasuki gelanggang, kemudian baru ia berkata kepada puteri-nya,
"Mengapa, Dewi" Apakah kau merasa kasihan kepada pemuda itu ?"
Merahlah wajah Dewi Murtiningsih mendengar ini. "Tidak demikian, ramanda prabu, hanya saja hamba melihat
wajahnya pucat dan tubuhnya kurus, seakan-akan baru habis sakit keras. Bagaimana mungkin ia kuat menghadapi
keroyokan Lembuseta dan Lembusena " "
Sang Prabu Anusapati tersenyum simpul. "Dewi, tak kaulihat mata pemuda itu" Orang yang memiliki mata setajam itu kurasa takkan mudah dikalahkan, biar oleh Lembuseta dan Lembusena sekalipun !"
108 Tentu saja Dewi Murtiningsih sudah mengetahui akan si pemuda itu, bahkan ia pernah menyuapkan makanan ke dalam mulutnya, akan tetapi tetap saja hatinya berdebar penuh kekhawatiran. Juga Pangeran Pati Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti yang duduk di belakang Sang Prabu Anusapati memandang dengan penuh perhatian dan khawatir.
Sementara itu, ketika Wisena masuk ke dalam gelang-gang hanya sedikit saja orang bertepuk menyambutnya. Sebagian besar orang-orang yang menonton menjadi ragu-ragu ketika melihat seorang pemuda kurus kering dan pucat masuk ke gelanggang pertandingan. Bagaimanakah, seorang muda berpenyakitan ini hendak menghadapi raksasa-raksasa itu "
Empat orang yang gagah dan tinggi besar dengan mudah dirobohkan oleh Lembuseta atau Lembusena, bahkan orang ke lima yang amat gagah tadipun akhirnya kalah oleh
Lembusena, bagaimanakah sekarang pemuda ini berani mengajukan diri" Agaknya ia gila, demikian banyak orang berpikir.
Lembuseta dan Lembusena ketika mendapat perintah untuk maju berbareng mengeroyok .pemuda itu, saling pandang dengan heran dan mengangkat pundak. Sekali tampar saja agaknya tulang-tulang pemuda itu akan remuk, bagaimana mereka berdua harus maju berbareng " Terutama sekali para penonton ketika melihat kedua orang raksasa itu maju berbareng, memandang dengan mata terbelalak ke atas panggung. Benar-benarkah kedua orang raksasa itu hendak menghadapi pemuda kurus kering itu bersama" Mereka tak dapat percaya dan memandang dengan melongo, sehingga keadaan menjadi sunyi-Ketika gamelan mulai ditabuh, barulah mereka ribut dan suasana menjadi berisik sekali.
"Tidak adil ah............." terdengar orang berseru.
"Ini pembunuhan namanya! Penyembelihan!"
109 "Tentu ia akan mati di tangan kedua orang raksasa itu!"
Bermacam-macamlah orang bicara, dan kesemuanya
merasa kasihan kepada Wisena yang berdiri dengan tenang dan waspada itu. Sesungguhnya tubuhnya masih lemah dan kedua kakinya masih terasa ringan sekali, akan tetapi menghadapi dua orang lawan yang mengerikan ini
mendatangkan semangat perjuangannya. Dadanya mulai terasa panas, mulurnya tersenyum, kegembiraannya timbul kembali dan ia se-akan-akan merasa sedang menghadapi dua ekor harimau seperti yang sering kali ia alami ketika ia masih berada di puncak Gunung Anjasmoro. Di gunung itu memang terdapat banyak sekali harimau dan sering kali untuk mencoba kepandaiannya, Wisena sengaja mencari binatang binatang itu untuk menggodanya.
Setelah berhadapan dengan pemuda itu dan gamelan mulai dipukul, Lembuseta lalu mengayun tangannya menampar kepala Wisena. Ia ingin merobohkan pemuda ini dengan sekali pukul saja, karena betapapun juga perintah dari sang prabu ini membuat ia dan saudaranya merasa terhina dan malu sekali.
Bagaimana mereka harus mengeroyok seorang anak-anak kurus kering macam ini"
Agaknya tamparannya itu akan mengenai sasaran, karena Wisena tidak mengelak, akan tetapi setelah telapak tangannya yang selebar kipas itu telah mendekati pipi pemuda itu, tiba-tiba kepala Wisena menunduk dan tamparan itu mengenai angin ! Melihat cara mengelak ini, diam-diam Sang Prabu Anusapati menjadi kagum dan ia lalu menonton dengan penuh kegembiraan. Itulah cara mengelak seorang pendekar yang ahli, pikirnya. Memang, bagi orang yang kurang tinggi kepandaiannya, baru melihat berkelebatnya pukulan saja, sudah buru-buru mengelak atau menangkis ! Tidak demikian dengan seorang ahli silat yang telah pandai. Ia amat tenang dan waspada, dan selalu mengelak atau menangkis apa bila perlu saja dan apa bila pukulan telah mendekati tubuhnya 110
dengan cara mengelak yang cepat, akan tetapi sederhana.
Miringkan atau menundukkan kepala saja sudah merupakan cara mengelak yang tepat dan baik, sedangkan tubuh yang diserang, dapat dielakkan dengan hanya melangkah maju atau mundur setindak saja, atau bahkan hanya dengan miringkan tubuh.
Serangan balasannya juga menunjukkan cara seorang ahli.
Begitu tangan yang menampar itu lewat di atas kepalanya, tanpa merobah kedudukan kakinya, Wisena mengulur tangan kanan dengan jari terbuka, "memasukkan" tangan itu di bawah lengan lawan dan jari-jari tangannya yang dapat diperkeras bagaikan baja itu menusuk lambung lawannya.
"Ngek!!" dan terjadilah pemandangan yang amat lucu-Lembuseta menekan lambung, berdongak ke atas, lalu tubuhnya berputar-putar dan terdengarlah suara ketawanya meledak terbahak-bahak. Akan tetapi............ benarkah ia tertawa " Bukan, bukan suara tertawa karena diseling dengan keluhan. "Aduh ........ ha-ha-ha-hah........ aduh........"
Ternyata ia bergelak bukan tertawa, akan tetani terengah-engah setengah menangis. Rasa nyeri yang luar biasa sekali membuat ia sesak bernafas dan mengaduh-aduh.
Saking heran dan terkejutnya, para penonton duduk
melenggong, mata terbelalak lebar dan mulut ternganga. Ada pula yang menggigit-gigit jari tangannya dengan penuh takjub. Apakah sesungguhnya yang terjadi " Apakah tiba-tiba Lembuseta terserang sakit perut" Demikianlah mereka menduga-duga. Akan tetapi sesungguhnya bukan demikian.
Kalau ada orang yang pernah merasakan betapa sakitnya lambung ditusuk gagang linggis yang tumpul, tentu akan melasai pula penderitaan yang kini dirasakan oleh Lembuseta.
Lembusena agaknya maklum bahwa lawannya ini amat
sakti dan tangannya ampuh sekali, maka ia cepat
menghampiri saudaranya dan telapak tangannya yang lebar itu lalu di-urut-urutkan dan digosok-gosokkan pada lambung 111
Lembuseta. Berkuranglah rasa sakit itu dan Lembuseta kini memandang ke arah Wisena dengan kagum dan marah. Akan tetapi Lembusena yang sudah maklum akan ketangguhan lawan, mendahuluinya dan menyerang dengan kepalan
tangannya yang sebesar buah kelapa- Caranya menyerang bertubi-tubi dan bersungguh-sungguh, karena ia dapat menduga bahwa pemuda ini tentu tak mudah dirobohkan.
Pantas saja sang prabu menyuruh mereka berdua
mengeroyoknya !
Kegembiraan Wisena timbul dan ia lalu mempergunakan kelincahannya untuk mengelak ke sana ke mari, kadang-kadang menangkis pukulan lawannya itu. Sebelum ia dapat membalas, Lembuseta telah menyerbu dengan marah karena ia ingin membalas "hadiah" yang diterimanya tadi. Ia maju mencengkeram, ketika dapat dielakkan lawan, ia lalu merang-sek maju dengan pukulan-pukulan dan cengkeraman yang hebat dan berbahaya !
Kini baru terbukalah mata semua penonton dan sorak-sorai gemuruh menyambut pertandingan yang luar biasa ramainya itu. Benar-benar bagaikan dua ekor singa menyerang seekor burung yang amat gesitnya, yang berkelebatan di antara hujan pukulan.
Wisena yang baru sembuh dari sakitnya, menjadi pening juga ketika bergerak-gerak sedemikian cepatnya, maka ia lalu memperlambat gerakannya, mengerahkan aji kekebalannya lalu melompat cepat sehingga tiba-tiba lenyap dari depan kedua lawannya. Lembuseta dan Lembusena yang tiba-tiba kehilangan lawan, saling pandang dengan mata terbelalak.
"Ha, ha, kawan, aku di sini!" tiba-tiba mereka mendengar suara mengejek dan ketika mereka memutar tubun, ternyata pemuda kurus kering itu telah berdiri di belakang mereka !
"Kurang ajar, akan kubeset kulitmu!" seru Lembuseta.
"Kuhancurkan kepalamu!" bentak Lembusena.
112 Wisena tersenyum, kini kedua pipinya telah merah,
lenyaplah kepucatan mukanya. Pertandingan mi benar benar menggembirakan hatinya. Ketika kedua lawannya menyerbu lagi, ia tidak mengelak dan sengaja hendak mencoba samp-u di mana kehebatan pukulan mereka ! Lembuseta mengayun kepalan tangannya dan menonjok ke arah dada Wisena.
Pemuda itu bertolak pinggang dan menerima pukulan itu dengan dada telanjang. Penonton memeramkan mata karena ngeri.
"Duk!!" Bagaikan seekor gajah menyeruduk dengan gadingnya, pukulan itu mengenai dada Wisena dan mencelatlah tubuh pemuda itu sampai tiga tombak lebih ke belakang ! Akan tetapi, ia tidak roboh, dan jatuhnyapun di atas kedua kakinya dalam keadaan berdiri dan masih tersenyum.
la menghampiri kedua lawannya yang berdiri terpaku di lengah gelanggang dan sambil tersenyum ia berkata, "Aduh, kau kuat sekali. Terima kasih atas jotosanmu tadi, lenyaplah rasa pegal-pegal di dadaku!" kata Wisena.
Sementara itu, gegap-gempitalah sorak-sorai penonton yang menyaksikan kehebatan ini. Siapakah yang akan mengiira bahwa pemuda kurus kering itu memiliki kesaktian sedemikian rupa " Akan tetapi, memang ada yang sudah dapat mengira sebelumnya, yakni Sang Prabu Anusapati sendiri. Sri baginda hanya mengangguk-angguk senang dan ia merasa kagum sekali terhadap pemuda dari Gunung Anjasmoro itu.
"Kau sombong, anak muda!" Lembusena membentak dan secepat kilat tancannya diulur menangkap pinggang pemuda itu. Kembali Wisena tidak mengelak dan membiarkan dirinya dipegang, diangkat ke atas kepala raksasa itu., diayun dan diputar-putar sehingga kembali para penonton menjadi gelisah dan merasa ngeri.
"Mampuslah kau!" bentak Lembusena sambil membanting 113
tubuh pemuda itu ke atas lantai. Akan tetapi, yang i i banting jatuh berdiri tanpa mengeluarkan suara sebatu Jan
meledaklah pula tampik sorak para penonton.
"Hebat sekali!" seru seorang
"Ia gagah perkasa seperti dewa, pantas menjadi pahlawan kerajaan!" seru yang lain.
Sementara itu, Lembuseta telah menubruk lagi dan
meringkus pemuda itu, dipitingnya, kemudian Lembusena membantu dan mencekik leher Wisena. Tangan dan kaki Wisena telah dipegang dan ditekuk bagaikan sayap dan kaki ayam, lehernya dipiting dan dicekik oleh Lembusena. Agaknya akan tewaslah kali ini pemuda itu. Akan tetapi selagi semua penonton memandang penuh kengerian, bahkan Sang Puteri Dewi Murtiningsih juga memandang dengan hati dak-dik-duk penuh kegelisahan, tiba-tiba tubuh Wisena yang agaknya sudah tak berdaya itu bergerak, terdengar seruannya nyaring dan tahu-tahu ia telah terlepas dari ringkusan, berdiri di belakang kedua orang raksasa sambil mentertawakan lawan yang kini saling ringkus itu !
Para penonton bergelak tertawa, sungguhpun mereka tidak mengerti bagaimana pemuda itu dapat melepaskan diri.
Sesungguhnya, Wisena telah mengerahkan aji kesaktian Belut Putih sehingga tubuhnya menjadi licin bagai belut1 dan mudah saja ia meloloskan diri dari ringkusan kedua lawannya- Ketika memutar tubuh dan melihat betapa pemuda itu
mentertawakan mereka, Lembuseta dan Lembusena menjadi marah sekali. Mereka berbareng menubruk maju dan
menangkap kedua lengan Wisena, seorang menarik ke kanan, seorang ke kiri. Mereka hendak menyempal bahu pemuda itu, hendak merobek tubuhnya menjadi dua potong. Akan tetapi usaha mereka ini seakan-akan merupakan dua ekor kera hendak mematahkan sepotong besi, karena tubuh Wisena sedikitpun tidak bergeming.
Saking marah dan penasaran, kedua orang raksasa itu lalu 114
mengayun tubuh Wisena beberapa kali, lalu dilontarkannya tubuh itu ke luar panggung ! Mereka hendak mengambil kemenangan dengan jalan curang, karena kalau pemuda itu sampai jatuh ke luar panggung, berarti ia telah kalah! Tubuh Wisena yang dilontarkan sekuat tenaga oleh dua orang raksasa itu, melayang bagaikan anak panah terlepas dari busurnya. Pemuda itu maklum bahwa kalau ia sampai terjatuh di luar panggung, akan sia-sia sajalah usahanya tadi, maka ia lalu berjungkir balik beberapa kali, memutar-mutar tubuhnya dan dapat melayang turun ke atas panggung kembali !
Memang hebat sekali kepandaian ini dan semua orang memandang dengan penuh kekaguman dan keheranan.
Wisena merasa bahwa sudah cukup kiranya ia memperlihatkan kepandaiannya. Kini tubuhnya terasa segar, kalau tadinya bekas penyakit masih membuat ia merasa pening dan lemah, kini seakan-akan tanaman yang sudah lama tidak tersiram air lalu turun hujan, ia merasa tubuhnya sehat dan segar.
Pukulan-pukulan dan serangan-serangan Lembuseta dan Lembusena tadi merupakan obat penawar yang manjur, merupakan air dingin yang menyegarkan seluruh tulang dan urat di dalam tubuhnya.
"Lembuseta dan Lembusena, sekarang kalian rasakanlah pukulan Jaka Wisena!" serunya keras sambil menerjang kedua orang lawannya itu. Lembuseta dan Lembusena menangkis pukulan pemuda itu, akan tetapi saking hebatnya tenaga pukulan Wisena, keduanya sampai terhuyung-huyung ke belakang. Wisena cepat melangkah maju menangkap rambut kepala kedua lawannya itu, mengangkat tubuh mereka dan sekali ia menggerakkan kedua tangannya,
"Dak!" Ia telah membenturkan kedua kepala raksasa itu dengan keras. Untungnya Lembuseta dan Lembusena memiliki kekebalan dan kekuatan luar biasa, kalau orang lain yang diadukan kepalanya seperti itu, mungkin akan muncrat keluarlah benaknya ! Melihat betapa kedua orang raksasa itu 115
tidak roboh karena kepala mereka saling dibenturkan, Wisena kembali mengayun kepalan kedua tangannya sambil
mengerahkan aji kesaktiannya.
"Plak! Plak!!" Bagaikan disambar petir rasanya bagi kedua orang raksasa itu ketika tamparan Wisena mengenai pilingan kepala mereka. Pandangan mata menjadi berkunang. kunang dan tubuh terasa lemas dan lumpuh. Wisena lalu menyambar tubuh mereka dengan kedua tandan, berseru nyaring dan membanting tubuh mereka ke atas papan panggung.
"Braak!!" keras sekali suara ini karena papan itu telah jebol dan tubuh kedua orang raksasa itu lenyap dari atas panggung
! Ternyata bahwa tubuh kedua orang itu telah membobolkan papan dan menerobos ke bawah, jatuh di atas tanah yang berada di bawah panggung itu
Tepat sekali pada saat itu, gamelan berhenti berbunyi dan sebagai gantinya, sorak-sorai para penonton dapat terdengar dari tempat berpal-pal jauhnya di sekeliling kerajaan, sehingga orang-orang yang tadinya tidak menonton pertempuran di gelanggang ujian itu, berbondong-bondong datang ke alun-alun karena tertarik.
Dengan girang sekali Sang Prabu Anusapati lalu menerima Wisena yang menghadap dan bersembah sujud dengan
hormatnya. "Bagus, Jaka Wisena! Kau patut menjadi pengawal pribadiku ! Mulai sekarang, kau ku tambah nama Raden Mas, Jaka, jadi Raden Mas Jaka Wisena dan tinggallah di dalam keraton mengepalai semua pengawal keraton !"
Wisena menyembah menghaturkan terima kasih dan mulai saat itu, tanpa disadarinya, ia telah menanam bibit kebencian di dalam hari tiga orang, yakni Lembusena, Lembuseta, dan Jaka Lumping yang hanya diterima menjadi seorang perwira biasa saja !
Pangeran Pati Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti 116
dengan gembira lalu menghampiri Wisena yang kembali menghaturkan terima kasih kepada mereka. Sang prabu merasa heran ketika melihat betapa kedua orang puteranya telah mengenal Jaka Wisena, dan setelah mendengar
keterangan kedua orang pu teranya, ia menarik nafas panjang dan makin merasa suka kepada Jaka Wisena yang gagah itu.
* dw * Ketika Pangeran Tohjaya kembali ke kota raja dari
perjalanannya mencari nama, ia melihat betapa pemuda yang dulu dijadikan tukang kuda di dusun Karangluwih itu telah menjadi pengawal pribadi sang prabu. Ia menjadi marah sekali dan segera pergi menghadap kakandanya.
"Rakanda sinuhun," katanya dengan muka manis, "tanpa rakanda sadari, rakanda telah memasukkan seorang penjahat ke dalam rumah ! Sungguh saya merasa prihatin dan khawatir sekali."
Sri baginda memandang kepada Pangeran Tohjaya dengan heran sekali. "Adinda pangeran, apakah sesungguhnya yang adinda maksudkan ?"
"Maksud saya bukan lain adalah si Jaka Wisena itu! Dia telah bertemu dengan saya di dusun Karangluwih dan saya beri pekerjaan sebagai tukang merawat kuda."
"Itu hanya menunjukkan bahwa adinda kurang teliti dan awas melihat kecakapan seseorang," sri baginda memotong sambil tersenyum.
Merahlah wajah Pangeran Tohjaya, akan tetapi ia masih jaja memperlihatkan muka manis. "Rakanda sinuhun yang mulia, bukan itulah yang saya persoalkan. Ada yang lebih penting lagi. Ketahuilah, rakanda, bahwa di dusun
Karangluwih saya mendapat seorang selir baru, puteri ki lurah yang mengepalai dusun itu. Akan tetapi, dengan amat kurang ajar sekali, Jaka Wisena itu telah berani datang pada malam hari dan hendak mengganggu calon selir hamba itu ! Seorang 117
abdi, tukang mengurus kuda, sampai berani berbuat demikian kurang ajar, bukankah ini mencerminkan watak seorang rJenjahat " Apakah tidak berbahaya kalau -sekarang rakanda mengangkatnya sebagai pengawal pribadi " "
Di dalam hatinya, Sang Prabu Anusapati tidak senang dan tidak puas mendengar kelakuan Jaka Wisena ini, akan tetapi di luarnya ia tidak memperlihatkan ketidaksenangannya, bahkan tertawa dan menggoda Pangeran Tohjaya, "Adinda, sesungguhnya kau sendirilah yang mencari penyakit. Mengapa kau memilih seorang gadis dusun sebagai selir" Itulah kalau orang muda terlalu menurutkan nafsu hati. Gadis dusun jodohnya tentu pemuda gunung, mengapa kau mencari selir di tempat yang begitu jauh " Sudahlah, Jaka Wisena sudah diangkat menjadi pengawal, kita sama-sama lihat saja, kalau memang tidak benar kelakuannya, masih banyak waktu untuk menghukum atau mengusirnya."
Pangeran Tohjaya tersenyum dan merendahkan diri
berkata, "Rakanda sinuhun tentu lebih waspada akan hal ini.
Saya hanya mengharapkan keselamatan rakanda dan
kerajaan. Kewajiban sayalah untuk memberitahukan segala apa yang terjadi, dan selebihnya terserah kepada
kebijaksanaan rakanda.
Karena bujukannya untuk menjatuhkan Jaka Wisena pada sri baginda tak berhasil, Pangeran Tohjaya lalu mencari jalan lain untuk mencelakakan Jaka Wisena, atau setidaknya untuk merenggangkan Sang Prabu Anusapati dari pengawal itu. Hal ini amat perlu bagi rencana Pangeran Tohjaya, karena selama sri baginda terjaga atau dikawal oleh pemuda yang
didengarnya amat tangguh dan sakti itu, akan makin sukarlah usaha dan rencananya. Akan tetapi sikap Wisena amat halus, sopan-santun, dan memenuhi segala syarat sehingga tak mudah bagi Pangeran Tohjaya untuk memfitnahnya.
Kemudian, pangeran yang cerdik ini dapat mengetahui bahwa Lembusena, Lembuseta, dan Jaka Lumping dari
118 Belambangan itu menaruh hati dendam kepada Wisena, maka ia lalu mendekati ketiga orang gagah ini dan berhasil membujuk mereka untuk menjadi pengikutnya dengan jalan memberi hadiah-hadiah dan harta benda kepada mereka.
Dengan jalan ini, maka ia mempunyai tiga orang pembantu yang kuat di sebelah dalam keraton.
Sementara itu, setelah beberapa pekan tinggal di kota raja menjadi pengawal, mendapat tempat tinggal yang indah dan pakaian-pakaian yang mewah, Wisena merasa amat
berbahagia. Kesehatannya telah pulih kembali, bahkan kini ia nampak lebih sehat dan lebih tampan. Betapapun juga, pemuda yang semenjak kecil tinggal di gunung dan telah mendapat didikan batin yang amat kuat ini, selalu bersikap sederhana dan tidak menjadi sombong karena kedudukannya yang tinggi. Ia telah menyuruh seorang perajurit memanggil pak Bejo. Ternyata bahwa pak Bejo dari dusun Karangluwih ini telah menjadi duda, karena isterinya telah meninggal dunia "
karena penyakit panas- Mendengar penuturan pak Bejo tentang isterinya, yang dilakukan sambil menangis, Wisena merasa terharu sekali. Jarang ia melihat cinta kasih yang demikian besar antara suami isteri, apa lagi yang setua pak Bejo. Diam-diam ia berjanji kepada diri sendiri untuk mencontoh kebaikan ini dari pak Bejo, hidup rukun dan damai bersama seorang isteri yang setia dan mencinta.
"Pak Bejo, karena kau telah hidup sebatangkara dan akupun demikian, maka kuharap kau suka tinggal di sini bersamaku, menjadi pembantu, penasihat, dan penghiburku."
Pak Bejo merasa girang sekali dan semenjak hari itu ia tinggal di dalam rumah Wisena yang berada di dalam lingkungan tembok pagar yang mengelilingi keraton sri baginda. Karena kakek ini memang lucu, periang, dan pandai membawa diri, maka sebentar saja ia telah dikenal oleh semua orang, bahkan disukai oleh semua bayangkari. Sang Prabu Anusapati sendiri sering kali dibuatnya tertawa oleh kelucuan 119
pak Bejo. Hubungan Jaka Wisena dengan Pangeran Pati Ranggawuni beserta Pangeran Narasingamurti makin erat saja, demikianpun pada Sang Puteri Dewi Murtiningsih, Jaka Wisena sering kali bertemu muka. Hampir tiap kali ketiga anak muda bangsawan itu pergi berburu, Jaka Wisena tentu mereka ajak bersama. Bahkan ada kalanya, kalau kedua orang pangeran itu telah merasa lelah dan merasa malas untuk mengantarkan Sang Puteri Dewi Murtiningsih mencari kembang, mengejar kupu-kupu indah, atau memburu rusa, Wi-senalah yang disuruh mengawalnya!
Pada suatu hari, di dalam sebuah hutan yang terletak di sebelah barat kota raja, pada suatu dataran terbuka, Pangeran Pati Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti sedang bermain pedang, melatih pelajaran ilmu pedang yang mereka pelajari dari Jaka Wisena. Pemuda ini berdiri tak jauh dari situ sambil memberi petunjuk-petunjuk. Karena latihan itu diulang-ulang lagi, Puteri Murtiningsih yang juga berdiri di bawah pohon menjadi bosan.
"Kakangmas Ranggawuni, aku hendak mencari bunga melur di hutan sebelah utara itu, kata orang di sana kembang-kembang melur telah mekar."
Pangeran Ranggawuni menunda gerakan pedangnya dan
memandang kepada adiknya. "Ah, Dewi, bukankah di taman belakang keraton banyak tumbuh bunga melur " Mengapa harus mencari jauh-jauh ke hutan yang angker itu" "
"Melur di tamansari tidak seindah melur di hutan itu,"
jawab sang puteri. "Tidak begitu banyak susunnya dan juga tidak seharum di hutan itu!"
"Kami masih sedang berlatih pedang!" kata Narasingamurti yang masih belum puas berlatih pedang bersama Ranggawuni.
"Tidak apa, kalian berdua berlatihlah, aku tidak minta diantar!!" jawab Murtiningsih sambil cemberut kepada 120
adiknya. Pangeran Ranggawuni tersenyum melihat adiknya mulai marah dan cemberut. "Sudahlah, Dewi, jangan kau marah.
Kalau kau ingin sekali mencari kembang itu, biarlah Wisena mengawal dan mengantarmu, aku dan dimas Narasingamurti masih ingin berlatih pedang di bagian-bagian yang tersulit."
Dewi Murtiningsih berpaling kepada Jaka Wisena dan berkata,
"Marilah, Jaka Wisena, kita pergi tak lama, mencari kembang melur di hutan itu !" Ia menunjuk ke utara, lalu menunggang kudanya yang berbulu putih.
"Baik, gusti. Mari hamba iringkan!" jawab Wisena dengan sopan sambil menaiki kudanya pula. Ia tidak merasa laalu-malu atau ragu-ragu lagi untuk pergi berdua dengan Dewi Murtiningsih dan juga gadis itu tidak merasa sungkan, karena pemuda ini selalu memperlihatkan sikap amat sopan oan menghormat, sungguhpun Kesopanan dan penghormatan itu ia anggap keterlaluan dan berlebihan serangga mem-bosankannya! Ketika untuk pertama kalinya Dewi Murtiningsih melihat Jaka Wisena menggeletak sakit dan kelaparan di bawah pohon waringin dalam hutan itu, timbul perasaan iba di aalam hatinya. Kemudian, ketika pada pertemuan kedua kalinya ia menyaksikan kegagahan Wisena yang hebat itu di atas gelanggang panggung pertandingan menghadapi
Lembuseta dan Lembusena, timbul perasaan kagum yang besar. Kalau orang-orang cerdik pandai dan bijaksana pernah menyatakan bahwa perasaan iba dan kagum adalah jalan langsung menuju kepada perasaan cinta kasih maka herankah kita kalau sekarang Dewi Asmara mulai mengutik-utik hati gadis remaja ini " Akan tetapi ia adalah seorang puteri raja, dan betapapun hatinya telah condong kepada sang bagus yang menjadi pengawal pribadi ayahnya . ini, tentu saja ia tidak mau memperlihatkannya. Apa lagi di fihak Jaka Wisena sendiri, nampaknya begitu "pendiam " dan "sopan"! Perasaan 121
cinta kasih yang bersemi di lubuk hatinya tanpa disadarinya itu, bagaikan kembang anggrek, sungguhpun tertutup di dalam bilik kaca, tetap bersemi dan tumbuh makin besar!
Jaka Wisena juga bukan seorang pemuda yang buta
matanya Ia dapat melihat kecantikan yang menggairahkan dari Dewi Murtiningsih, dapat mengagumi kelincahan gadis ini yang dapat menunggang kuda dengan gerakan yang amat cepat dan duduk di punggung kuda dengan tetap dan lurus seperti seorang ahli, yang dapat melepas anak panah dengan kejituan sepuluh kali lepas sembilan kali mengenai sasaran.
Akan tetapi ada dua hal yang membuat pemuda ini mundur teratur dalam hatinya, yang mencegahnya memperlihatkan perasaan kagumnya dari sinar matanya, dan dua hal ini pertama adalah kepatahan hatinya yang timbul karena sikap tidak setia dari Mekarsari sehingga membuatnya kapok untuk bermain-main dengan api cinta yang membakar itu. Semenjak patah hati, ia mulai berusaha untuk "membenci" wanita yang dianggapnya mempunyai iman lemah dan tidak setia. Hal ke dua adalah kenyataan bahwa ia hanyalah seorang abdi, seorang hamba yang tidak patut dan tidak selayaknya menaruh perhatian -terhadap seorang puteri raja yang menjadi junjungannya !
Setelah memasuki hutan yang berada di sebelah utara itu, Dewi Murtiningsih lalu membalapkan kudanya. Kuda putihnya memang amat baik dan dapat berlari cepat, sedangkan dia adalah seorang penunggang kuda yang ahli, maka kudanya meluncur maju bagaikan angin cepatnya.
"Gusti puteri............! Perlahan jalan, jangan terlalu cepat
................!" teriak Wisena dengan khawatir karena ia telah mendengar bahwa hutan itu amat angker serta banyak binatang buasnya. Ia membedal kudanya untuk mengejar, akan tetapi kudanya masih kalah cepat larinya.
Sementara itu, ketika Dewi Murtiningsih menoleh dan melihat betapa Jaka Wisena berteriak-teriak dan mengejarnya, 122
timbul kegembiraannya dan ia bahkan mempercepat lari kudanya sambil tertawa-tawa gembira !
"Gusti puteri................!Gusti Dewi............tunggulah.......!"
teriak Wisena dan disambungnya dengan bersungut-sungut,
"Ah, apakah gadis itu sudah mabok................" "
Kejar-kejaran sambil membalapkah kuda itu sebentar saja membawa mereka tiba di tengah hutan yang amat liar. Tiba tiba kuda yang ditunggangi oleh Dewi Murtiningsih, ketika tiba di bawah sebatang pohon Lo yang tinggi, meringkik keras dan berdiri dengan kedua kaki belakangnya. Gerakan ini hampir saja membuat Murtiningsih terpelanting, akan tetapi dara yang ahli menunggang kuda itu cepat mengatur keseimbangan tubuhnya, menjepit perut kuda dengan kaki dan memegang kendali kuda dengan erat yang ditariknya ke belakang.
"Eh, Putih, kenapakah kau?" tegurnya heran.
Tiba-tiba terdengar suara mendesis keras dari atas dan ketika dara itu cepat menengok, hampir saja ia menjerit kaget.
Ternyata bahwa dekat sekali di atas kepalanya tampak bergantungan seekor ular yang luar biasa besarnya! Kepala ular itu dengan sepasang matanya yang liar mengerikan telah berada dekat di atasnya, membuka mulutnya lebar-lebar dan mendesis-desis sambil menjulurkan lidahnya yang berbentuk keris dan merah. Belum sempat Dewi Murtiningsih
menenangkan hatinya, tiba-tiba ular itu melepaskan belitannya pada cabang pohon dan tubuhnya yang besar dan panjang itu meluncur turun di atas Dewi Murtiningsih !
Sungguh mujur bahwa dara bangsawan itu pernah
mempelajari ilmu keperwiraan sehingga ia dapat bergerak cepat. Dengan lincah ia lalu membuang diri ke kanan dan menggulingkan tubuhnya dari atas kuda, ketika jatuh di atas tanah, ia lalu bergulingan bagaikan seekor binatang trenggiling. Kemudian ia melompat bangun dan pucatlah wajah nya ketika melihat betapa ular besar itu telah membelit perut kuda dan kepalanya telah dibuka lebar-lebar untuk 123
mencaplok kepala kuda yang meringkik-ringkik dan meronta-ronta mengenaskan itu.
"Ular jahanam, lepaskan kudaku!! " Darah ksatria dan pengaruh keturunan raja tiba-tiba membuat semangat Dewi Murtiningsih bangkit. Dengan marah dara ini lalu mencabut kerisnya yang kecil mungil, melompat ke dekat kudanya lalu menusuk perut ular itu dengan kerisnya.
"Cep!" keris kecil itu menancap sampai ke gagangnya, akan tetapi mungkin sekali dirasakan oleh ular besar itu bagaikan tusukan sebatang duri pohon randu saja. Buktinya, tanpa menengok, ular itu lalu mempergunakan ekornya yang panjang untuk menyerang gadis itu. Dewi Murtiningsih tidak keburu mencabut kerisnya, karena tahu-tahu ekor ular itu telah menangkap dan melibat pinggangnya dengan kekuatan yang luar biasa.
Murtiningsih memekik ngeri. Ia merasa jijik, geli, dan juga takut- Denean kedua tangannya, dipukul-pukul dan di-tarik-tariknya ekor ular yang kini menjadi sabuk pada pinggangnya itu. Dengan hati geli ia merasa betapa jari-jari tangannya menyentuh kulit ular yang licin berlendir, kuat dan keras itu.
Kembali ia menjerit dan hampir saja ia pingsan karena ngeri dan geli !
Pada saat ular itu agaknya dengan hati senang
mempermainkan kuda dan gadis yang meronta-ronta tak berdaya, seperti biasanya tidak hendak menelan korbannya sebelum tewas, datanglah Jaka Wisena yang membalapkan kudanya secepat mungkin. Ia telah mendengar pekik Dewi Murtiningsih dan hatinya berdebar cemas. Alangkah
terkejutnya ketika melihat betapa kuda dan gadis itu telah berada dalam libatan seekor ular yang amat besar dan panjang !
"Bedebah!" serunya keras sambil melompat turun dari kudanya yang juga berjingkrak-jingkrak ketakutan melihat ular itu.
124 Dengan gerakan kilat, Wisena melompat ke dekat ular itu sambil mencabut keris pusakanya Ki Dentasidi. Terlebih dahulu ia menghampiri Dewi Murtiningsih yang masih terbelit oleh ekor ular itu dan sekali ia menggerakkan tangan memegang ekor dan menarik, maka belitan ekor itu terlepas dari pinggang Dewi Murtiningsih yang menjatuhkan diri ke atas tanah sambil................menangis!
Ular itu marah sekali ketika merasa betapa sepasang tangan yang kuat telah memaksa ekornya melepaskan belitan, maka kini ekor itu cepat menyerang dan membelit tubuh Wisena dengan eratnya! Akan tetapi Wisena yang terbelit pinggangnya itu, tidak memperdnlikan hal ini bahkan ketika ia bergerak main, ekor itu tak damt nienahannya dan ikut pula terbawa. Wisena lalu menusukkan kerisnya ke arah perut ular itu.
Bukan main akibatnya tusukan keris ampuh ini. Bagaikan cacing terkena abu, ular itu bergerak-gerak menggila, menggeliat-geliat dan terlepaslah kuda putih dari belitannya sehingga kuda itu dapat meringkik sambil melarikan diri.
Sebagai kuda yang terpelihara baik-baik dan sudah jinak, kuda ini menghampiri Dewi Murtiningsih dan berdiri di belakang gadis itu, seakan-akan minta perlindungan !
Kini ular itu mencurahkan seluruh perhatiannya kepada pemuda yang telah menyakitinya itu. Kepalanya menghadapi Wisena, dan kepala ini mengkilat seakan-akan baru diminyaki.
Kemudian dengan gerakan cepat sekali ia menyerang Wisena dengan mulut terbuka lebar-lebar. Wisena trengginas mengelak ke kiri dan sekali saja kerisnya diayun, maka menancaplah keris pusaka Ki Dentasidi itu ke leher ular tadi.
Dicabutnya kembali kerisnya dan WTisena melompat ke belakang.
Keris pusaka Dentasidi ternyata telah memperlihatkan kesaktian dan keampuhannya. Setelah tertusuk lehernya sampai hampir tembus oleh keris sakti itu, lemaslah tubuh ular 125
itu. Kepalanya terletak di atas tanah dan lehernya mengucurkan darah, sedikitpun tak dapat bergerak lagi, hanya tubuh dan ekornya saja yang masih hidup, menggeliat-geliat lemah.
Ketika Jaka Wisena menghampiri Dewi Murtiningsih yang masih menangis, ia berkata,
"Gusti Dewi............sudahlah jangan menangis, bahaya telah lewat................"
Tiba-tiba sang puteri berdiri, memandang kepada Wisena dengan mata basah, dan ditubruknyalah pemuda itu sambil mengeluh,
"Ah ............Wisena............!"
Melihat gadis itu memeluk pinggangnya dan menjatuhkan jidat pada dadanya, Jaka Wisena melenggong. Ia merasa betapa sepasang lengan yang halus dari dara itu merangkul pinggangnya, seperti belitan ular tadi. Tiba-tiba ia bergidik dan teringatlah ia kepada Mekarsari.
"Semua wanita durjana belaka, tak seorangpun dapat dipercaya................palsu, cinta palsu............" demikianlah bisik hati Wisena yang masih terluka.
Dengan perlahan ia memegang kedua pundak gadis itu sambil menundukkan kepalanya dengan maksud hendak
mendorong gadis yang memeluknya sambil menangis itu.
Akan tetapi, ketika kedua tangannya menyentuh pundak yang halus lunak itu, ketika mukanya yang ditundukkan membuat hidungnya menyentuh sebagian rambut kepala Murtiningsih yang harum dan sedap, ketika ia merasa betana air mata gadis itu hangat-hangat panas membasahi kulit dadanya, seakan-akan merembes masuk dan mengobati hatinya yang terluka, tangannya tak kuasa mendorong tubuh gadis itu, sebaliknya bahkan lalu ditariknya makin dekat, didekapnya tabuh itu dengan kasih sayang yang meluap-luao! Alangkah lamanya ia menderita dan rindu, rindu akan cinta kasih 126
seorang wanita, rindu akan seseorang yang memberi cinta kasih kepada seorang yatim-piatu seperti dia! Untuk sesaat didekapnya kepala itu, dibelai-belainya rambut yang halus itu dengan pipi dan bibirnya, disedotnya keharuman yang memabokkan itu sehingga masuk ke dalam dadanya bagaikan air embun yang menyegarkan kembali akar-akar hatinya yang mengering.
"Dewi.............." bisiknya perlahan di dekat telinga kiri gadis itu, "Dewiku............! Akan tetapi, tiba-tiba cahaya terang mengembalikan ingatannya dan terbayanglah kembali ketidakmungkinan dan ketidaklayakan hal ini, membuat ingatannya sadar kembali. Didorongnya perlahan tubuh itu terlepas dari pelukannya. ,
"Tak mungkin............janganlah kita terbawa oleh arus yang berbahaya ini, gusti puteri................jangan! Aku tak sanggup menerima pukulan kenyataan.........ini hanya impian kosong................!"
Dewi Murtiningsih melangkah mundur dua tindak dan
memandang kepada pemuda itu dengan mesra.
"Jaka Wisena................pantaskah bagi seorang ksatria untuk mengingkari suara hatinya sendiri " Beranikah kau bersikap palsu, mengeluarkan kata-kata yang tidak sesuai dengan bisikan hatimu sendiri" Wisena, terus terang saja, tak perlu kusembunyikan lagi bahwa kaulah teruna yang selama ini telah menggoncangkan imanku, kaulah pahlawan hatiku............" Merahlah wajah gadis itu karena mulutnya tanpa dapat dikendalikan lagi telah mengucapkan bisikan hatinya, akan tetapi ia segera menekan perasaan malu ini. Ia mencintai pemuda ini, cinta yang tulus ikhlas dan suci.
"Gusti puteri, bagaimanakah ini............." Ingatlah, aku hanya seorang abdi, seorang pengawal, sedangkan kau.........
kau puteri gusti sinuhun................apakah harapanku?"
"Wisena, tak perlu hal itu diperbincangkan, yang terpenting 127


Keris Maut Karya Kho Ping Hoo di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

jawablah, apakah salah dugaanku bahwa kau mencintaiku "
Cinta seorang pria terhadap seorang wanita" "
"Ampun, gusti puteri, apakah yang dapat kukatakan"
Mulutku akan terkutuk dan aku akan mengkhianati jun-junganku apa bila aku membohong mengucapkan suara hatiku
..............akan tetapi.............., mungkinkah seekor gagak mencintai seekor burung cendrawasih" "
Tiba-tiba Dewi Murtiningsih tersenyum manis sehingga nampaklah dua baris giginya yang putih bagaikan mutiara dirangkai, ''bodoh, bodoh dan canggung! Laki-laki tahan tapa, ksatria perkasa yang lemah!" ia maju dan memegang tangan Wisena. "Kau bukan seekor burung gagak dan aku-pun bukan seekor burung cendrawasih ! Kau seorang manusia,
demikianpun aku ! Apakah artinya keturunan raja atau bukan
" Pangkat dan harta hanya pakaian belaka! Siapakah yang dapat memperbedakan kerangka seorang raja dan seorang petani " Apakah bedanya hawa yang sama-sama kita isap dan yang menjadi nafas penghidupan kita " Ah, perjaka bodoh yang katanya telah mempelajari segala ilmu! Demikian rendahnyakah pandanganmu terhadapku sehingga
menganggap aku tidak mengerti tentang prikemanusiaan" Kita sama-sama manusia, kau pria dan aku wanita, kita sama-sama mencinta, apakah lagi halangannya" "
Jaka Wisena memeramkan kedua matanya. Ucapan ini
benar-benar menikam ulu hatinya dan membuatnya amat terharu sehingga ketika ia membuka matanya kembali, dua titik air mata turun di atas pipinya. Tak terasa pula ditariknya tangan dara itu dan kembali Dewi Murtiningsih berada dalam pelukannya.
"Aduhai Dewi.............. Dewiku.............! Kau benar-benar seorang dewi dari kahyangan,, pembawa sinar terang dalam kegelapan hatiku 1 Alangkah suci dan murni segala kata kata yang mengalir keluar dari bibirmu yang indah. Kau mustika jagat raya, yang termulia di antara semua wanita.............!
128 Tak kusangka akan sebesar ini anugerah Dewata kepada seorang hambaNya yang hina dan papa seperti Jaka Wisena !"
Sambil menyandarkan kepalanya di atas dada Wisena, Dewi Murtiningsih berbisik perlahan, "Kangmas Wisena .........kau pahlawanku, pujaan kalbuku............teruna yang pandai merendahkan diri, menyembunyikan keagungannya, akan tetapi mataku tidak buta, teja yang bercahaya dari tubuh dan kepalamu nampak terang olehku............kau sederhana dan selalu merendahkan diri, akan tetapi hal itu bahkan mempertinggi derajatmu dalam pandangan mataku ............"
129 Untuk sesaat kedua orang muda itu tenggelam dalam
alunan ombak asmara, terbuai dan terayun tinggi membubung ke sorga ke tujuh.
Gusti puteri................
"Hush................. di tempat ini, jauh dari orang lain, aku tidak sudi mendengar sebutan gusti puteri dari mulutmu.
Sudah jemu aku mendengar setiap hari kau menyebut gusti, gusti, gusti............"
Wisena tersenyum dan jari-jari tangan kirinya
mempermainkan dan membelai ujung rambut Dewi
Murtiningsih Sambil menyandarkan kepalanya di atas dada Wisena, Dewi Murtiningsih berbisik perlahan, "Kang- mas Wisena........ kau pahlawanku, pujaan kalbuku ........ teruna yang pandai merendahkan diri........." yang terurai kusut di atas alisnya yang keciJ panjang dan hitam.
"Dewi............diajeng Dewi ............" Merdu sekali sebutan ini bagi Murtiningsih sehingga sambil meramkan matanya, ia menjawab lirih,
"Hmmm................?"
."Aku sudah yakin betul akan kemurnian cintamu, akan kesetiaan batinmu, akan kebijaksanaan pandanganmu. Akan tetapi............bagaimana dengan ramandamu............gusti sinuhun " Apakah beliau takkan marah kalau melihat kau dan aku............apakah beliau takkan menganggap aku sebagai seorang abdi yang murtad dan mendatangkan cemar dan hina................" "
Tiba-tiba Murtiningsih merenggutkan kepalanya,
membalikkan tubuh dan menghadap pemuda itu. Bukan main kagumnya hati Wisena ketika ia melihat betapa sepasang mata yang indah itu bersinar-sinar seakan-akan mengeluarkan api.
130 "Apa.............." Siapa yang hendak merenggut cintaku "
Biar ramanda prabu sendiri, tak berhak menghancurkan kebahagiaanku, tak berhak meruntuhkan jembatan yang akan membawa aku kepada kebahagiaan ! Kalau beliau misalnya hendak menghalang-halangi, aku ...........aku bersedia lari minggat bersamamu !
"Dewi............" kata Wisena terharu, "percayalah, aku cinta padamu. Aku bersumpah hendak membelamu sampai nafas terakhir ! Aku akan melindungimu dari siapapun juga, dan kalau perlu aku akan mengorbankan jiwa ragaku untukmu
!" "Kangmas Wisena..........!" serunya lirih.
Kemudian mereka berjalan sambil bergandengan tangan, kembali ke hutan di mana tadi kedua orang pangeran berlatih pedang. Tangan mereka yang sebelah lagi menuntun kendali kuda.
"Eh, Dewiku, bagaimana dengan kembang itu" "
"Kembang?" Dewi menengok dan memandang heran.
"Kembang apa yang kaumaksudkan" "
Wisena tersenyum geli. "Sudah lupakah kau akan kembang melur yang hendak kaucari " Untuk apa kita datang ke hutan ini ?"
Merahlah wajah puteri itu, baru sekarang ia teringat. Akan tetapi, ia menjawab sambil mengerling manis. "Kembang melur" Aku sudah memetik kembang yang lebih indah dari pada segala melur, aku sudah memetik kembang
Wijayakusuma, raja sekalian kembang, dari taman hatimu dan sudah ku tanam dalam taman hatiku !"
"Ah, Dewi, kau memang nakal................!"
Demikianlah, sambil bersendau-gurau penuh kebahagiaan, kedua orang muda itu kembali ke hutan pertama di mana mereka mendapatkan kedua pangeran itu telah duduk
131 beristirahat. "Ah,- lama amat kalian mencari kembang. Di mana kembang melur itu, Dewi?" tanya Pangeran Pati Ranggawuni.
Biarpun Dewi Murtiningsih berusaha menyembunyikan
perasaannya, namun wajahnya nampak merah. "Kembang"
Enak saja kau bicara tentang kembang, kakangmas
Ranggawuni. Hampir saja adikmu ini memetik kembang di dalam perut ular !"
"He" " Apa maksudmu, Dewi" "
Dewi Murtiningsih lalu menceritakan betapa ia diserang oleh seekor ular besar sekali dan betapa ia diselamatkan oleh Jaka Wisena. Terkejutlah kedua orang pangeran itu
mendengar cerita ini.
"Hm, untung ada Jaka Wisena! Kalau tidak, bagaimana jadinya dengan nasibmu " Maka, lain kali kau percayalah kepada orang tua, dan jangan menurut kemauan sendiri!"
Pangeran Ranggawuni menegur.
"Baiklah, eyang! " Dewi mengejek. "Cucu akan memperhatikan segala petuah eyang."
"Eh, eh, apa pula ini?"
"Bukankah kakangmas tadi mengatakan bahwa aku harus mendengar dan percaya kepada orang tua, kalau kakangj mas sudah tua, lebih pantas disebut eyang !"
Semua orang tertawa karena kejenakaan ini dan kedua orang pangeran xlu lalu mengucapkan terima kasih kepada Jaka Wisena yang telah menolong puteri itu. Kemudian kembalilah keempat orang muda itu ke kota raja.
Semenjak perpaduan kasih di dalam hutan itu, Jaka Wisena dan Dewi Murtiningsih sering kali mengadakan pertemuan, baik di waktu mereka bersama kedua orang pangeran berburu di hutan, maupun di tamansari belaKang Keraton yang indah 132
itu. Sudah menjadi lazimnya apa bila orang muda sedang
dibuat oleh kasih asmara, selalu berkurang kewaspadaannya.
Sehari saja tak melihat wajah kekasih hati, seakan-akan kosong dunia ini, sehari menjadi setahun, sepekan serasa sewindu! Kalau sudah bertemu muka, walau hanya saling memandang, saling bertukar senyum dan pandang mata yang mesra, sudan terobatlah rindu dendam, biarpun pertemuan itu tidak pernah dikotori oleh pelanggaran-pelanggaran susila.
Alangkah mesra dan sucinya cinta asmara orang-orang muda beriman tinggi, dan alangkah bodohnya orang-orang muda yang tenggelam ke dalam madu asmara !
Demikian pula Wisena dan Dewi Murtiningsih. Mereka tidak pernah mengira bahwa ada sepasang mata yang selalu mengintai dan melihat pertemuan-pertemuan mereka itu dengan mata bernyala namun mulut tersenyum penuh
dendam. Inilah mata dan mulut Pangeran Tohjaya yang hendak menjalankan siasatnya dengan bantuan hubungan antara sepasang - kekasih ini.
"Rakanda sinuhun, sebelumnya saya mohon ampun sebanyaknya apa bila saya berani datang membawa berita yang amat buruk dan akan membuat hati rakanda menjadi berduka dan marah," demikian kata-kata berbisa yang diucapkan oleh Pangeran Tohjaya kepada Sang Prabu
Anusapati. Sri baginda memandang wajah adiknya dengan hati tak enak.
"Adinda pangeran, berita apakah gerangan itu" Lekas beritahukan kepadaku, tak nanti aku akan marah kepada adirida, karena pembawa berita, baik berita buruk atau baik, sesungguhnya telah berjasa bagi pendengarnya."
"Rakanda, ternyata Dewata telah menjatuhkan hukuman yang merupakan penghinaan dan kecemaran kepada keluarga 133
kita- Apa hendak dikata, bukan saya tidak mencintai keponakan, akan tetapi karena ada orang luar yang berani melemparkan hinaan kepada kita, terutama sekali kepada rakanda, terpaksa saya harus melaporkan hal ini. Harap jangan kaget, rakanda sinuhun, telah beberapa kali saya melihat sebuah peristiwa yang amat memalukan di tamansari.
Kalau baru melihat sekali dua kali saja, saya takkan berani melaporkan hal ini, karena khawatir kalau-kalau mata saya yang salah lihat- Akan tetapi, ternyata saya bukan bermimpi atau melamun dan peristiwa itu terjadi dengan sesungguhnya seperti pertemuan antara kita sekarang ini!"
"Katakanlah, adinda, jangan ragu-ragu. Peristiwa apakah itu?" Hati sri baginda makin gelisah.
"Ampun, rakanda. Berat mulut saya mengatakannya, akan tetapi kalau rakanda memaksa, apa boleh buat............!
Si keparat Jaka Wisena itu, yang semenjak dulu telah saya curigai, ternyata sekarang mendatangkan malapetaka kepada keluarga kita. Dia telah mengulangi perbuatannya di Karangluwih dahulu, dan kalau dahulu ia hanya mencoba untuk menggoda calon selir saya dan percobaannya itu tidak berhasil, kali ini ia telah berhasil menggoda hati puterinda sendiri, Dewi Murtiningsih !"
"Apa katamu?" bentak Sang Prabu Anusapati dengan geramnya.
"Sesungguhnya, rakanda," kata Pangeran Tohjaya, "saya sendiri hampir tak dapat mempercayai mata saya yang melihatnya. Telah beberapa kali, di waktu malam hari, puterinda Dewi Murtiningsih mengadakan pertemuan dengan si keparat Jaka Wisena di dalam tamansari."
"Jahanam ....................!"
"Jangan marah dulu sebelum menyaksikan sendiri, rakanda.
Lebih baik malam hari ini saya mengadakan pengintaian dan apa bila benar - benar mereka mengadakan pertemuan lagi, 134
akan saya beri tahu kepada rakanda sinuhun agar dapat menyaksikannya sendiri !"
Sang prabu hanya dapat mengangguk-anggukkan
kepalanya, karena kemarahan membuat ia tak kuasa
mengeluarkan suara.
Malam hari itu, terang bulan dan indah sekali pemandangan di dalam tamansari. Seperti biasa, karena pada hari itu Wisena tidak berkesempatan bertemu muka dengan Dewi
Murtiningsih, kedua orang muda ini mengadakan pertemuan, duduk bersanding di atas bangku di tamansari, bicara berbisik-bisik dengan penuh perasaan cinta yang makin hari makin berakar kuat di dalam hati masing-masing.
Alangkah terkejut hati mereka ketika tiba-tiba terdengar bentakan keras, "Keparat Jaka Wisena ! Kau sungguh seorang manusia tidak mengenal budi !"
Jaka Wisena melompat bangun dan dengan tubuh
menggigil ia menghadap Sang Prabu Anusapati dan Pangeran Tohjaya.
"Hm, kalau memang pada dasarnya biadab, setelah menerima anugerah dan pangkat, tetap saja masih
memperlihatkan kebiadabannya! " kata Pangeran Tohjaya.
"Keparat tak tahu malu, kau sungguh mencemarkan nama Kerajaan Singosari !
"Dewi............! Tidak malukah engkau" Patutkah seorang puteri keturunanku bertindak melanggar susila seperti ini "
Berkasih-kasihan dengan seorang rendah budi, dengan seorang pemuda gunung, seorang keturunan sudra !w
"Ramanda! " Tiba-tiba Dewi Murtiningsih yang tadinya juga tunduk penuh rasa malu dan takut itu, kini berdongak dengan wajah pucat memandang ayahnya, sikapnya seakan-akan seorang pahlawan menghadapi lawannya. "Jangan ramanda menuduh yang bukan-bukan ! Pertemuanku dengan Jaka Wisena adalah pertemuan yang bersih dan sama sekali kami 135
tak melanggar susila. Kami saling mencinta, itu betul, dan apa salahnya itu " Hendaknya ayah, dan terutama paman
pangeran, jangan merendahkan nama kakangmas Wisena di hadapanku, karena apakah arti keturunan dan derajat se seorang " Hendaknya diingat, kita semua ini keturunan siapakah" Apakah para raja itu keturunan Dewata" Bukan, hanya keturunan manusia juga, dan belum tentu nenek moyang kitapun tadinya seorang raja "
Bagaikan ditampar oleh tangan yang tak nampak rasanya wajah sri baginda dsn Pangeran Tohjaya. Alangkah beraninya anak ini, memperingatkan mereka bahwa Ken Arokpun tadinya bukan seorang keturunan raja, bahkan seorang pencuri, perampok, dan penjudi dari keturunan rendah saja !
Meluaplah amarah di dalam dada Pangeran Tohjaya,
keturunan langsung dari Ken Arok. Dicabutnya kerisnya dan dengan sebuah terkaman buas, ia menyerang Jaka Wisena dengan kerisnya, menusuk dada pemuda itu. Akan tetapi Jaka Wisena tidak mengelak, hanya mengerahkan aji kekebalannya karena ia melihat bahwa keris itu hanya senjata biasa saja.
"Tak! " ketika keris itu menusuk dada Wisena, keris itu patah menjadi dua !
"Wisena, jangan kau memperlihatkan kesaktianmu untuk menyombong di hadapanku!" teriak sri baginda dan bagaikan kilat cepatnya, tangan sri baqinda mencabut keris Marga-pati ciptaan Empu Gandring, lalu ia melompat dan menyerbu Jaka Wisena ! Melihat keris yang bercahaya itu, gentarlah Wisena-Ia dapat mengenal bahwa inilah keris yang diceritakan oleh Begawan Jatadara, inilah keris pusaka Empu Gandring yang telah kena kutuk menjadi algojo keturunan Ken Arok ! Wisena tentu saja tidak berani menyambut keris ini dan iapun lalu menghunus kerisnya, Ki Dentasidi, juga buatan empu Gandring. Hanya keris ini saja yang dapat menandingi kesaktian keris Margapati itu, maka ketika kedua senjata itu bertemu, berpijaranlah bunga api menyilaukan mata. Sri 136
baginda Anusapati terkejut sekali dan heran bagaimana keris pemuda itu dapat melawan keris pusaka Empu Gandring.
Sementara itu, Wisena tidak ingin melawan terus serangan raja yang dijunjungnya tinggi dan bahkan menjadi ayah dari kekasihnya itu, akan tetapi iapun tidak mau meninggalkan kekasihnya begitu saja. Maka ia lalu berkata,
"Gusti sinuhun, ampunkanlah hamba !"
"Keparat, pengkhianat, pengacau ! Kau mengotori keagungan namaku dan Kerajaan Singosari !" kata Sang Prabu Anusapati sambil menyerang lagi, akan tetapi dengan mudah Wisena mengelak dan menjawab,
"Paduka kelak akan membuktikan sendiri bahwa hamba bukanlah pengkhianat. Hamba tetap setia kepada paduka dan Kerajaan Singosari ! "
"Bedebah, rasakan hukumanku !" kembali raja yang merah itu menyerang, akan tetapi kepandaiannya bermain keris bukanlah lawan Wisena yang gagah perkasa. Dengan sekali lompatan, pemuda itu telah berkelebat ke dekat Dewi Murtiningsih dan cepat ia menyambar pinggang kekasihnya lalu dibawa melompat cepat, menghilang di dalam bayangan pohon-pohon !
Bukan main marahnya hati sri baginda dan sejak hari itu, ia nampak berduka saja- Pangeran Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti yang mendengar tentang larinya Dewi Murtiningsih dan Wisena, hanya saling pandang dan menarik nafas nanjang. Mereka menghibur ramanda mereka sedapat mungkin dan bahkan berjanji hendak mencari dan menangkap Wisena, akan tetapi sri baginda bahkan menjadi marah dan tidak mau melihat muka Dewi Murtiningsih lagi !
Tohiaya tersenyum girang telah dapat melenyapkan Wisena dari dalam keraton, karena pemuda yang perkasa itu merupakan batu penghalang terbesar bagi rencananya. Ia lalu mendekati sri baginda, menghiburnya dan karena maklum 137
akan kesukaan sri baginda mengadu ayam, ia lalu sengaja mencari ayam jago yang baik dan kuat, lalu dibawanya ayam jago itu ke hadapan sri baginda.
"Rakanda sinuhun, lihatlah, saya telah mendapatkan seekor ayam jago yang telah mengalahkan ratusan ekor jago-jago dari timur dan barat !"
Sn baginda memang suka sekali kepada ayam jago, dan melihat ayam itu ia tersenyum, meraba-raba ayam itu, memeriksa patuknya yang kuat, cenggernya yang telah dipotong pendek, menghitung jumlah bulu sayapnya,
memeriksa kaki dan jalu yang kering itu dan berkata,
"Jago baik," katanya mengangguk-angguk, "akan tetapi takkan dapat mengalahkan Si Wadung (Kampak)!" Sri baginda memang mempunyai seekor ayam jago yang diberi nama Si Wadung dan yang tersohor sebagai ayam jago tanpa tanding dan yang terkuat di seluruh Singosari.
"Begitukah pendapat rakanda?" kata Tohjaya sambil tersenyum menantang. "Kalau begitu, mari kita mengadu mereka, hendak kita lihat mana yang lebih kuat !"
Sri baginda menjadi gembira. "Tiga kali tladungan saja ayam ini akan tewas !"
"Boleh kita lihat saja, rakanda. Ayam inipun ayam pilihan"
Maka dipanggillah pak Bejo oleh Sang Prabu Anusapati karena pak Bejolah yang diberi tugas merawat ayam jago itu.
Kemudian mereka berdua, diiringkan oleh pak Bejo, lalu menuju ke lapangan adu ayam yang memang tersedia di ke-bon belakang.
Pak Bejo memegang Si Wadung, sedangkan Pangeran
Tohjaya memegang ayam jagonya sendiri. Sebelum kedua ayam jago itu dilepas, sambil tersenyum Pangeran Tohjaya berkata kepada Sang Prabu Anusapati, "Rakanda sinuhun.
saya tahu bahwa Si Wadung itu selalu menang karena 138
rakanda mengagem (memakai) keris pusaka itu- Kalau sampai ayam jago saya ini kalah, maka kekalahannya bukan hal yang mengherankan karena rakanda sekarang juga mengagem keris pusaka."
Sang Prabu Anusapati yang matanya telah berseri gembira mengnadapi ayam jagonya yang akan bertarung, tertawa bergelak. "Ha, ha, Tohjaya! Kau ini ada-ada saja, ucapanmu itu hanya alasan bagi kekalahan ayam jagomu."
"Tidak, rakanda. Kalau selama pertandingan ini, keris pusaka itu saya bawa, tentu jago saya akan menang !"
"Apa salahnya" Boleh, boleh, mari kaubawa pusakaku dan kita lihat apakah benar-benar ayam jagomu akan dapat menangkan Si Wadung! " Sambil berkata demikian, sri baginda mengeluarkan keris pusaka Empu Gandring berikut warangkanya dan memberikannya kepada Pangeran Tohjaya.
Kedua ayam jago itupun dilepaslah dan pertarungan hebat dimulai ! Si Wadung benar-benar ayam jago yang kuat dan gesit sekali. Bertubi-tubi jalunya yang panjang menghantam lawannya sehingga kegembiraan Sang Prabu Anusapati memuncak. Ia tertawa-tawa dan memegang perutnya
menahan geli hatinya tiap kali jagonya dapat memukul jago Pangeran Tohjaya yang mulai terhuyung-huyung dan mandi darah Dada jenggernya.
"Ha, ha, ha! Lihat, adinda, lihat ..........sebentar lagi jagomu tentu akan menggeletak tak bernyawa lagi ! Ayoh, Wadung, habiskanlah musuhmu ! Ha, ha, ha !"
Sri baginda tidak melihat betapa Pangeran Tohjaya
mendekatinya dengan pandang mata beringas. Juga pak Bejo yang ikut bergembira melihat jago pemeliharaannya menang, tidak melihat gerakan Pangeran Tohjaya itu. Tiba-tiba Pangeran Tohjaya mencabut keris pusaka Empu Gandring dan secepat kilat ia menusuk sri baginda!
"Cep..............!!" Keris pusaka Empu Gandring tak dapat 139
dielakkan lagi menancap di ulu hati Sang Prabu Anusapati yang menjerit dan terhuyung-huyung lalu roboh di atas tanah dengan keris masih tertancap pada dadanya.
"Pengkhianat ....................!" tiba-tiba terdengar bentakan keras dan tahu-tahu Jaka Wisena melompat turun dari atas dinding pagar, langsung menampar kepala Pangeran Tohjaya yang mencelat bergulingan di atas tanah bagaikan disambar petir. Jaka Wisena lalu lari menghampiri Sang Prabu Anusapati yang masih belum tewas. Melihat pemuda itu berlutut di dekatnya, Prabu Anusapati menggerakkan bibirnya dan berbisik,
"Jaka Wisena ..............aku ampunkan kau..........kawinlah dengan Dewi............kau benar..........bukan kau pengkhianat
..............lindungilah putera-puteraku............."
Dan dengan ucapan terakhir ini tewaslah Sang Prabu Anusapati.
Dengan amarah meluap-luap Jaka Wisena lalu mencabut keris pusaka Empu Gandring yang menancap di ulu hati sri baginda itu, lalu berdiri dan memandang ke arah Pangeran Tohjaya dengan mata berapi.
Akan tetapi, pada saat itu datang para pengawal dan beberapa orang senapati, dikepalai oleh Jaka Lumping, Lembuseta dan Lembusena,. berlari-lari datang karena mendengar....... dan tahu - tahu Jaka Wisena melompat turun dari atas dinding pagar, langsung menampar kepala Pangeran Tohjaya yang mencelat bergulingan di atas tanah bagaikan disambar petir jerit sri baginda, dan juga karena ketiga orang itu terlebih dahulu telah mendapat kisikan dari Pangeran Tohjaya. Melihat datangnya orang-orang itu yang di antaranya buKan kaKi tangannya, Pangeran lohjaya laiu merangKaK
bangun aan menudingkan jarinya ke aran YYisena samoii berseru,
"Pembunuh................! Dia telah membunuh sri baginda "
140 Lembusena, Lembuseta, dan Jaka Lumping dengan senjata di tangan menyerbu aan menyerang Wisena dan tiga jurusan.
Mereka ini memang menanti-nanti kesempatan bais dan kini mereka menerjang dengan nafsu membunuh ! bukan main marahnya Wisena. ia maklum oahwa Pangeran Tohjaya
memfitnahnya dan bahwa tiga orang ini telah diperalat oleh pangeran itu untuk membunuhnya. Dengan tenang, akan tetapi cepat, ia lalu mempergunakan keris pusaka Empu Gandring yang tadi menewaskan nyawa sri baginda untuk menangkis dan membalas dengan serangan yang tak kalah ga-- nasnya. Keris pusaka itu memang ampuh dan sakti sekaii, maka begitu tertangkis, keris di tangan Jaka Lumping terlempar dan sebuah pukulan tangan kiri yang amat ampuh telah mampir di pangkal telinganya. Jaka Lumping berteriak ngeri dan tubuhnya terjengkang, roboh tanpa dapat bangun lagi karena ia telah menjadi pingsan !
Bingung juga Lembuseta dan Lembusena menyaksikan
kegagahan ini, akan tetapi Wisena tidak memberi kesempatan kepada mereka dan sekali kerisnya terayun, terlepas pula senjata golok kedua raksasa itu- Seperti dulu, Wisena menjambak- rambut Lembuseta dan ketika Lembusena maju, ia membenturkan kepala mereka dengan sekerasnya sehingga mereka jatuh bergulingan sambil mengaduh-aduh ! Akan tetapi paaa saat itu datang rombongan perajurit dan luar !
Wisena terkejut sekali, dan ia hendak mengamuk, akan tetapi ia teringat akan pesan pamannya bahwa ia tidak boleh melibatkan dirinya ke dalam peristiwa bunuh-membunuh antara keturunan Ken Arok ini.
"Tohjaya, manusia berhati curang! Kelak akan tiba masanya kau menyesali perbuatanmu yang terkutuk ini !" Sambil berkata demikian, Wisena lalu melompat ke atas dinding pagar dan melenyapkan diri, dikejar oleh para pengawal.
"Bukan dia .-............" tiba-tiba pak Bejo berdiri dan berkata dengan suara gemetar. "Bukan Jaka Wisena yang 141
melakukan pembunuhan, akan tetapi Pangeran Tohjaya yang membunuhnya............aku melihatnya dengan..........." tiba-tiba Pangeran Tohjaya melompat dan sekali pukul saja terlemparlah tubuh pak Bejo, Kepalanya pecah! Pak Bejo tewas pada saat itu juga dan ayam jago Si Wadung yang tadi telah dipegang oleh pak Bejo, berkeok-keok lari dari situ.
"Orang tua ini adalah kawan jahanam Wisena, tentu saja ia membantu penjahat itu ! Ayoh cari penjahat itu sampai dapat
!!" Jaka Wisena semenjak melarikan diri dengan Dewi
Murtiningsih memang tidak lari jauh dan hanya bersembunyi di luar kota. Akan tetapi ia masih sering kali diam-diam masuk ke kota raja untuk mengamat-amati sri baginda dan menjaga keselamatannya. Sayang sekali kedatangannya terlambat sehingga sang prabu telah dapat ditewaskan oleh Pangeran Ton jaya yang dibencinya itu.
Setelah dapat melarikan diri dari kebun belakang, Wisena cepat mencari Sang Pangeran Pati Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti. Kebetulan sekali kedua orang pangeran ini sedang berburu di hutan sekalian mencari jejak Wisena yang melarikan diri dengan Dewi Murtiningsih. Maka Wisena lalu cepat menunggang kuda menyusul kedua orang putera raja itu.
Ketika kedua orang pangeran itu melihat kedatangan Wisena, mereka memandang marah dan dengan muka merah telah siap untuk memaki dan menegurnya, akan tetapi mereka didahului oleh Wisena,
"Gusti pangeran, cepat! Ayoh melarikan diri bersama hamba...................."
Mendengar ucapan ini dan melihat betapa pemuda itu berwajah pucat dan nafasnya terengah-engah, kedua orang pangeran itu terkejut sekali. Dengan singkat Wisena lalu menuturkan peristiwa pembunuhan atas diri sri baginda yang 142
dilakukan oleh Tohjaya itu.
Menangislah kedua orang pangeran itu dan mereka lalu dibawa pergi oleh Jaka Wisena ke tempat persembunyiannya, di mana mereka bertemu dengan Dewi Murtiningsih,
Bertangis-tangisanlah keempat orang itu, menangisi kematian Sang Prabu Anusapati.
"Kira harus membalas dendam! Tak dapat kubiarkan saja jahanam Tohjaya itu membunuh ramanda dan merampas
kedudukan di Singosari !"
Wisena lalu mengeluarkan keris pusaka Empu Gandrinya dan berkata,
"Terimalah pusaka ini, Gusti Pangeran Ranggawuni. Keris inilah yang telah dipergunakan oleh Tohjaya untuk membunuh sang prabu, dan keris ini pulalah yang telah menewaskan Sang Prabu Ken Arok. Keris ini pula yang menewaskan Tunggul Ametung, eyang Empu Gandring dan kedua orang tuaku !"
Terheranlah kedua orang pangeran itu mendengar ucapan ini- Dewi Murtiningsih yang telah mengetahui dari kekasihnya akan riwayat kekasihnya, lalu menceritakannya kembali kepada Pangeran Ranggawuni dan Pangeran Narasingamurti.
"Sesungguhnya, kakangmas Wisena adalah cucu dari Empu Gandring pencipta keris pusaka ini dan dengan keris ini di tangan eyang Prabu Ken Arok, eyang dan kedua orang tuanya telah tewas."
"Aku bersumpah untuk membalas kejahatan Tohjaya dengan keris ini," Pangeran Ranggawuni mengucapkan sumpahnya yang didengarkan oleh Wisena dengan hati tak enak. Ia mendapat tugas untuk melenyapkan pembunuhan-pembunuhan sesama saudara yang dilakukan dengan keris ini, dan kini ia bahkan bersekutu dengan Ranggawuni yang hendak melanjutkan bunuh-membunuh itu ! Kalau saja di situ tidak ada Dewi Murtiningsih kekasihnya, tentu ia akan 143
membawa pergi keris pusaka Empu Gandring dan
melenyapkan diri, kembali ke Gunung Anjasmoro! Akan tetapi, ternyata perasaan cinta mengalahkan segala sesuatu.
"Hamba siap sedia, memenuhi perintah terakhir Sang Prabu Anusapati, untuk membantu paduka merebut kembali takhta kerajaan. Akan tetapi, hamba mohon dipenuhinya sebuah syarat."
"Nanti dulu, dimas Wisena! Tak enaklah rasanya hatiku mendengar kau menyebut gusti kepadaku dan merendahkan dirimu sedemikian rupa. Kalau diingat akan asal-usul kita, ternyata kau tidaklah lebih rendah dari pada kami. Apa pula
.............kau telah menjadi calon suami Dewi, maka anggaplah aku sebagai rakandamu sendiri, dan sebutlah aku dengan kangmas sebagaimana biasa Dewi menyebutku."
Bukan main girangnya hati Wisena dan ketika ia melirik ke arah Dewi Murtiningsih, ia melihat kekasihnya itu menunduk malu.
"Terima kasih, kakangmas pangeran!"
"Akupun telah menjadi adikmu sendiri, kangmas Wisena !"
kata Pangeran Narasingamurti.
"Baik, baik, dimas pangeran. Tak ada kebahagiaan yang lebih besar dari pada menyebut dan menganggapmu sebagai adik sendiri."
"Nah, sekarang ceritakan apakah syaratmu itu, dimas Wisena' "Tak lain syaratku, kakangmas pangeran, agar supaya setelah kakangmas pangeran dapat menduduki singgasana, keris pusaka bmpu Gandring itu dikembalikan kepadaku antuk kuserahkan kepada paman Begawan Jatadara."
"Kehendakmu akan terpenuhi, dimas Wisena!"
* dw * 144 Beberapa bulan kemudian, Pangeran Pati Ranggawuni
dengan dibantu oleh Pangeran Narasingamurti, dan selalu dilindungi oleh Jaka Wisena, telah dapat mengumpulkan bala tentara yang amat besar, diperkuat oleh para senapati dan perwira yang setia kepada mendiang Sang Prabu Anusapati.
Sementara itu, Pangeran Tohjaya telah mengangkat diri sendiri menjadi raja di Singosari, menggantikan kedudukan rakandanya dengan alasan bahwa para putera pangeran telah melarikan diri dan bersekutu dengan penjahat besar Wisena!
Tercapailah cita-cita Ken Umang yang kini telah dapat melihat puteranya menjadi raja di Singosari dan ia sendiri menjadi ibu suri!
Akan tetapi, segala hasil yang didapatkan bukan dengan jalan yang suci, melainkan dengan kecurangan dan kejahatan, pasti takkan tahan lama ! Belum lama Pangeran Tohjaya menjadi raja, tiba-tiba datanglah serangan hebat dari barisan besar yang dipimpin oleh Pangeran Pati Ranggawuni.
Pangeran Narasingamurti, dan Jaka Wisena yang selalu didampingi oleh kekasihnya, Puteri Dewi Murtiningsih !
Perang saudara yang hebat terjadi, akan tetapi fihak penyerang selain mendapat bantuan Wisena yang gagah perkasa dan sakti, juga mendapat bantuan para senapati tua yang berpengalaman, bahkan sebagian besar rakyat yang berada di dalam kota raja sendiri juga diam-diam membantu dan memihak kepada pangeran pati. Maka setelah berperang beberapa pekan lamanya, akhirnya pertahanan Pangeran Tohjaya dapat dibobolkan dan Tohjaya sendiri lalu melarikan diri beserta beberapa orang pengiringnya yang membawa harta benda dari keraton. Namun, memang sudah menjadi nasibnya, atau karena manjurnya kutukan Empu Gandring, di tengah jalan ia bertemu dengan rombongan Pangeran Pati Ranggawuni. Pertempuran hebat terjadi di dalam hutan dan akhirnya Tohjaya tewas di ujung keris pusaka Empu Gandring yang dipegang oleh Pangeran Pati Ranggawuni sendiri!
145 Maka bergembiralah rakyat yang memihak pangeran pati dan dengan perayaan pesta besar, Pangeran Pati Ranggawuni lalu dinobatkan menjadi raja di Singosari dan berjuluk Sang Prabu Wisnuwardana ! Perayaan ini tidak hanya merayakan penobatan Sang Prabu Wisnuwardana, akan tetapi juga merayakan pernikahan antara Sang Puteri Dewi Murtiningsih dengan Sang Adipati Jaka Wisena yang telah diangkat menjadi adipati oleh Sang Prabu Wisnuwardana!
Adapun ibu suri Ken Umang ketika menyaksikan semua peristiwa ini, tak dapat menahan kehancuran hatinya dan ia lalu jatuh sakit sampai membawa kematiannya, menyusul puteranya yang telah tewas di medan peperangan.
* dw * Ketika Sang Adipati Jaka Wisena beserta isterinya yang cantik jelita, diiringkan oleh sepasukan perajurit tamtama, menunggang kuda menuju ke Gunung Anjasmoro, rombongan ini melalui dusun Karangluwih.
Ketika Adipati Jaka Wisena dan isterinya menjalankan kuda dengan perlahan memasuki dusun itu dan rakyat dusun berlutut menyembah di kanan kiri jalan, tiba-tiba seorang wanita yang masih muda dan cantik, akan tetapi berwajah muram dan berpakaian sederhana, sambil menggendong seorang anak kecil, maju dan berlutut menyembah dengan hormatnya.
"Mekarsari................!" Adipati Jaka Wisena menahan kudanya, diturut oleh isterinya dan pasukan itupun berhenti.
Memang benar, wanita yang berlutut adalah Mekarsari dan ketika mendengar panggilan itu, berdongak memandang, mengangkat mukanya perlahan-lahan. Ternyata bahwa air matanya telah mengalir turun membasahi pipinya.
Terharulah hati Adipati Wisena."Mekarsari........... mengapa kau berada di sini............" Dan anak itu............?"
146 "Gusti adipati, semoga dewata yang agung melimpahkan rahmatnya kepada paduka dan gusti puteri yang cantik jelita!
Dewata memang bersifat agung dan adil, dan biarlah mengutuk hamba yang banyak dosa................." kembali ia menangis.
"Eh, eh, Mekarsari, kukira kau telah berada di keraton Pangeran Tohjaya............!" suara adipati muda itu setengah mengejek.
"Aduh, gusti adipati, lebih baik injaklah hamba dengan kaki kuda paduka itu dari pada menusuk perasaan hamba dengan ucapan ini............." Mekarsari lalu bangkit berdiri dan berlari terhuyung-huyung sambil menggendong anak itu.
Ketika ki lurah menyambut sang adipati, ternyata oleh Wisena bahwa lurah cu dusun ini telah berganti, bukan Ki Lurah Reksoyudo lagi. la lalu bertanya-tanya aan mendapat keterangan yang membuat hatinya makin merasa terharu.
Ternyata banwa Pangeran Tohjaya tidak mengambii MeKarsari sebagai selir, dan sama sekali tidak pernah dibawa ke Singosari. Pangeran ini memang hanya mempermainkan para gadis dusun seperti biasanya dan setelah Mekarsari mengandung, pangeran itu meninggalkannya begitu saja!
Kalau hati Mekarsari merasa hancur, hati ayahnya lebih rusak lagi sehingga Ki Lurah Reksoyudo jatuh sakit dan '"meninggal dunia. Mekarsari hidup bersama ibunya, menjadi seorang janda muda dengan seorang anak dan hidupnya sungguhpun tidak kekurangan dan pada lahirnya nampak senang, namun ia menderita di dalam batin. Setiap malam terbayanglah wajah Wisena, pemuda yang sesungguhnya dikasihinya itu dan mulailah ia merasa amat menyesal.
Kemudian ia mendengar berita bahwa seorang adipati hendak lewat di dusun itu dan alangkah kagetnya ketika melihat bahwa adipati itu bukan lain adalah Wisena sendiri, pemuda yang dulu ditolaknya! Iapun telah mendengar akan matinya Pangeran Tohjaya, maka dapat dibayangkan betapa 147
hancur hatinya. Ia merasa berdosa kepada Wisena, maka ia memberanikan diri untuk memberi hormat kepada adipati itu dan mengucapkan doa serta menyatakan penyesalannya. Tak disangkanya bahwa Wisena akan mengucapkan kata-kata yang mengejek dan menusuk perasaannya. Setibanya di rumah, janda muda ini menangis tersedu-sedu sehingga ibunya juga ikut menangis.
Malam hari itu Adipati Wisena dan rombongannya
bermalam di kelurahan dan dijamu dengan segala
kehormatan. Setelah ia bersama isterinya masuk ke dalam kamar, barulah Dewi Murtiningsih mengeluarkan pertanyaan yang semenjak sore tadi mengganjal hatinya.
"Kakangmas, siapakah wanita yang bernama Mekarsari tadi
?" Adipati Wisena tersenyum dan menggoda, "Ia seorang wanita dan kau sudah tahu bahwa namanya Mekarsari,'
mengapa bertanya lagi siapa dia " "
Dengan cemberut Dewi Murtiningsih memukul lengan
suaminya. "Kalau tidak kauceritakan tentang riwayatmu dengan Mekarsari itu, aku akan marah !"
Wisena memeluk pundak isterinya dan menariknya duduk di atas kursi. Ia maklum akan kemuliaan budi isterinya dan ia sendiri juga seorang suami yang bijaksana. Apa bila terdapat sesuatu rahasia di antara suami isteri, betapa kecil-pun rahasia itu, maka suami isteri itu takkan menikmati kebahagiaan rumah tangga yang sejati. Dengan perlahan akan tetapi jujur, diceritakanlah oleh Wisena tentang segala pengalamannya dengan Mekarsari.
"Karena Mekarsarilah, maka aku dulu amat membenci wanita yang kusangka semua berwatak tidak setia seperti dia, sampai aku bertemu dengan kau, Dewiku, yang membuka mata dan hatiku bahwa tidak semua wanita gila pangkat, gila 148
harta, dan tidak setia I"
Terharulah hati Dewi Murtiningsih mendengar ucapan suaminya ini dan sambil merangkul suaminya ia berkata,
"Kanda............ada sebuah permintaanku............"
"Ya....................?"
"Kelak, kalau.................kalau aku sudah.........ia menghentikan kata-katanya dan wajahnya memerah.
"Ya................?" suaminya mendesak.
"Kalau aku sudah................punya anak................kau harus mengambil Mekarsari sebagal selirmu !"
Terbelalak mata Wisena mendengar permintaan ini.
"Dia................" " Seorang janda................" "
Dewi Murtiningsih cemberut. "Ya, dia! Dan tidak boleh orang lain ! Akhirnya kau tentu akan mempunyai selir juga, dan aku takkan rela melihat kau membagi cinta kasihmu kepada seorang gadis yang belum tentu mencintaimu, yang hanya mau menjadi selirmu karena harta dan pangkatmu, seperti halnya Mekarsari dan paman Pangeran Tohjaya!
Mekarsari lain lagi, ia mencintaimu, hal ini aku dapat mengetahui dengan pasti ketika ia berlutut di pinggir jalan tadi!"
"Alangkah mulia hatimu, Dewiku.....sesungguhnya, belum pernah aku melihat bahkan mendengar adanya seorang puteri seperti engkau, isteriku sayang i"
"Akan tetapi ingat, hanya kalau aku sudah punya anak! Dan hanya Mekarsari saja yang boleh menjadi selirmu- Dan sekali lagi, hanya seorang selir, tidak boleh lebih !" Ia memberi tekanan keras pada tiap-tiap kata-kata "hanya"!
"Baiklah, Dewiku!"
Setahun kemudian, Mekarsari sudah berada di dalam
149 gedung kadipaten Adipati Jaka Wisena, menjadi isteri ke dua dari adipati.
Rumah tangga ini penuh kebahagiaan hidup, saling rukun dan damai, penuh cinta kasih.
Adapun Adipati Jaka Wisena, sampai berpuluh tahun
mengabdi kepada Sang Prabu Wisnuwardana, raja yang adil bijaksana sehingga ia memerintah Singosari tanpa halangan sesuatu. Pemberontakan yang timbul kecil-kecilan mudah saja dipadamkan oleh Adipati Jaka Wisena dan kutuk Empu Gandring terhenti sampai di situ saja, karena keris pusaka Empu Gandring telah dikembalikan oleh Adipati Wisena kepada Sang Begawan Jatadara.
TAMAT 150

Keris Maut Karya Kho Ping Hoo di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Pedang Dan Kitab Suci 7 Penelitian Rahasia 8 Jurus Lingkaran Dewa 1 Karya Pahlawan Kisah Si Bangau Putih 8

Cari Blog Ini