Ceritasilat Novel Online

Satria November 2

Satria November Karya Mia Arsjad Bagian 2


Here we go again.... Inov menatap Mima lurus-lurus tanpa ekspresi. Mendengarkan omongan Mima dengan tenang, lalu bilang...
Gue kebelet. Mulut Mima menganga lebar. Hahaha! Kebelet! Belum tentu, kan"! Gue nggak bakal ketipu ya!
Inov menatap Mima lagi. Ikut masuk aja kalo nggak percaya.
DUINGGGG! Mima mati kutu. Langsung gelagapan. Apapa" Lo ngeledek gue, Nov" Gue serius, tau!!!
Makanya, liat sendiri aja, jawab Inov dengan nada datar yang sama.
Mima makin melongo. Mati gaya nggak tahu harus jawab apa lagi. Tadi dia sendiri yang ngotot nggak percaya sama Inov. Dan satu-satunya cara membuktikan Inov nggak bohong kan memang... masuk ke kamar mandi dan... lihat sendiri?"" Ihhh!!! Males banget sih, lo, Nov! Najis! Ogah gue!
Inov mengangkat tangan dengan ekspresi yang seolah bilang, Tuh, kaaan! lalu ngeloyor pergi. Sebelumnya, sempetsempetnya Inov balik badan dan bilang, Tenang aja. Gue pasti bilang kalo ada apa-apa.
Mima mengentakkan kakinya gemas. Masuk ke WC dan lihat sendiri"! Kurang ajaaarrr!!!
Mima" Lagi ngapain di sini"
Mima menoleh cepat ke arah suara di belakangnya. Kepalanya yang tadi panas mendadak dingin. Gian.
Aku tunggu kamu di ruang OSIS, taunya kamu masih di sini, katanya dengan suara berwibawa yang langsung bikin Mima meleleeeh dan terpesonaaa....
Mima gelagapan. Langsung buru-buru setel muka cantik lagi. Eh, eng... Gian..., iya, iya, sori... Ini aku baru mo balik lagi ke kelas. Formulirnya ketinggalan di kelas hehehe...
Gian menatap Mima bingung. Kelas kamu bukannya di sana" Gian menunjuk arah berlawanan.
UPS! UPS! UPS!!! Gini nih! Gara-gara Inov! Bikin masalah mulu tiap hari! Ngeselin! Eh..., enggg... tadinya mo ke WC, terusss... tiba-tiba pas di sini... nah di sini... di titik ini, tau-tau aku nggak pengin pipis lagi. Makanya berenti. Hehehe...
Gian kayaknya curiga, tapi nggak terlalu ambil pusing. Jadi, sekarang mo ke kelas" Ya udah, aku anter kamu, ya" Eh, iya, iya...
Gian jalan di samping Mima. Yuk...
Ahhh!!! Terserah deh si Inov mau nyungsep ke lubang WC kek, dikeroyok kecoak kek, kepleset sampai benjol semuka kek.... Yang penting Mima jalan sama Gian!
Mima menusuk-nusuk bakso tahunya sambil bengong.
Bakso tahu Mang Udjo memang paling mantabh! Murah! Dan... panas karena lokasinya di warung tenda depan sekolah.
Mi, ngelamunin apa sih" Tumben hari ini ngomongnya dikit... Kiki menyuap potongan siomaynya.
Palingan mikirin si Gian. Baru juga jalan berdua dari koridor dekat WC ke kelas udah ngelamun... gimana kalo dicium" Kejang-kejang kali dia! Hihihihi... tebak Riva asal.
Dena baru saja mau buka mulut, tapi keburu diancam Mima yang mengangkat garpunya yang masih nancep di bakso tahu. Lo berani ikut ngomong, gue garuk pake garpu!
Dena meringis. Habisnya... si Riva udah nambah tuh sekali. Si Kiki yang makannya lambat kayak anak ayam lagi diet aja udah mo habis. Lah elo dari tadi cuma nusuk-nusuk tu bakso tahu sampe babak belur tapi nggak dimakan.
Mima menghela napas. Ngelamun lagi. Nusuk-nusuk bakso tahu lagi. Entah kenapa dia jadi kepikiran Inov. Rahasia sialan itu bikin dia jadi khawatir! Inov sableng! Kenapa cuma gue sih yang direpotin" rutuk Mima dalam hati. Kenapa juga gue dilahirkan jadi orang yang nggak bisa berhenti mikir, menganalisis, dan terlalu menganggap semua hal itu penting"!
WHAT"! Mima melotot. Apa-apaan tuh! Si Inov goblok apa pasrah sih"! Dipalak preman ceking begitu kok diem aja"! Okelah, Inov juga ceking. Tapi orang yang mepetin Inov ke tembok sambil ngomong dengan muka mengancam itu jauh lebih ceking. Badannya selembar!!! Menurut hitung-hitungan matematika, isika, kimia, dan biologi, harusnya sekali bogem aja Inov bisa merobohkan dia. Kecuali itu tengkorak punya ilmu hitam dan bawa-bawa jimat.
WOIII!!! Jangan malak di daerah sekolah gue, ya!!! Apa gue panggilin satpam"! Entah ketololan dari mana yang bikin Mima berani teriak lantang sambil melotot mendatangi Inov yang dipepet preman. Dan ya, Mima menyesal setengah mati! Ceking sih ceking, tetap saja preman, cing!
Preman itu menoleh dengan matanya yang... SAYU! matanya sayu lho, bukannya melotot ke arah Mima. Glek! Sedetik Mima mati gaya, tapi demi mengingat dia punya nomor HP Pak Uun satpam sekolah, dia tinggal pencet nomornya dan teriak di HP kalau ada apa-apa.
Heh"! Memang pelototan Mima sedahsyat itu, ya" Kok preman ceking bermata sayu itu langsung ngacir" Tapi kenapa sebelum pergi dia bisik-bisik pada Inov dan menekan telapak tangannya ke dada Inov dan membuat Inov kelabakan menangkap entah apa....
Preman goblok! Berani-beraninya malak di sini! Belum tau apa Pak Uun master kungfu"! sungut Mima begitu sampai di depan Inov. Ngapain sih Inov masih kelabakan" Janganjangan... Dia ngasih apa ke elo, Nov" Tadi dia nyodorin apa" repet Mima.
Inov diam. Matanya saja kelihatan panik. Mima sempat melihat Inov memasukkan sesuatu ke saku jaketnya.
Tring! Insting detektif Mima langsung ON. Dia ngasih apa sih, Nov" Surat ancaman, ya" Mima nyolot masukin tangannya ke saku jaket Inov. Yang bikin Inov makin panik. Sini gue liat!!! Udah, lo jangan takut! Surat ancaman kayak gitu bisa jadi bukti autentik, tau!!! Sini. Surat apa sih sampe lo...
Mima mematung begitu sadar benda yang berhasil direbutnya dari dalam saku Inov bukan surat ancaman, surat kaleng, surat cinta, surat tilang, ataupun jenis surat-surat lainnya. Ini... apa, Nov"
SET! Inov dengan kasar merebut bungkusan plastik obat kecil berisi bubuk putih. Dengan buru-buru dan ekspresi superaneh, Inov memasukkan bungkusan itu ke saku jaketnya lagi.
Tadi itu siapa, Nov" Itu tadi apa"
Inov nggak jawab. Tapi cukup dari tatapannya saja, Mima tahu Inov kenal preman ceking bermata sayu tadi. Mendadak tangan Mima gemetar begitu punya bayangan kira-kira benda apa yang ada di bungkusan tadi. Nov, lo masih... itu narkoba, kan" GLEK! GLEK! GLEK! Mima menelan ludah panik.
Inov menatap Mima aneh. Gue bakal beresin... tenang aja.
Mima melotot. Dan lo minta ini jadi rahasia kita berdua lagi"!
Inov diam. Mima makin berang. Mendadak dia marah banget pada Inov. Sori, Nov, gue nggak bisa!!! Lo bener-bener keterlaluan!!! Gue nggak mau bantu sama sekali!!! Mima balik badan dan lari pergi.
Mima! panggil Inov. Mima nggak peduli. Gila, apa"! Gue disuruh ngelindungin orang yang ngadain transaksi narkoba"! Hih! Sori aja deh! Kalau cuma masalah Inov masih suka kumat dan nyembunyiin semua dari bundanya, itu masih oke lah. Tapi ini"! Nyembunyiin kegiatan per-narkoba-an"! Hah! Haram! Najis!!! Kriminal! Mima mencegat angkot dan cepat-cepat naik. Mima harus mikirin gimana caranya ngomongin ini sama Mama, Papa, dan Mika.
Hah" Kok bisa" Kok bisa Inov udah nunggu Mima di depan rumah" Kok bisa Inov sampai lebih cepet daripada Mima"! Tadi kan Mima naik angkot duluan....
Mima sok lempeng ngelewatin Inov. Dasar bandar narkoba!
Tau-tau... Set! Inov menangkap lengan Mima.
Mima mendelik galak. Apaan sih"! Gue udah bilang, gue nggak mau bantu. Sori aja ya, gue masih muda, nggak mau gue punya catatan kriminal! tembak Mima galak.
Inov memandang Mima tajam. Lurus. Dan menikam. Dengerin dulu, suaranya tegas, memerintah, dan bikin orang gugup. Sialan!
Huh! Mima menyentakkan tangannya yang dipegang Inov. Sori. Nggak ada waktu! Dan nggak perlu!
Sat! Inov menyambar tangan Mima lagi. Lalu menyeretnya menjauh dari rumah.
Nah lho, nah lho! Mima kelabakan. Eh, ngapain sih, Nov" Lepasin, nggak"!
Nggak, jawab Inov dingin.
Hah"! Bener-bener deh! Mima sebetulnya pengin teriak minta tolong. Tapi pertimbangannya banyak. Pertama, salahsalah Inov digebukin satpam, dan mau nggak mau Mima nantinya terpaksa cerita kenapa dia teriak-teriak. Dia nggak mungkin bilang mau diperkosa atau diculik Inov, kan" Ujungujungnya semua bakal tahu di rumah Mima ada junkie!
Kedua, nggak ada yang lebih jago ngegosip dibanding ibu-ibu kompleks sini. Kayaknya kalau Mima teriak, terus ibuibu itu yang denger dan bukannya satpam, yang ada mereka bakal berkumpul dulu sambil ngegosip, baru nolongin Mima sekitar lima belas tahun kemudian. Haha!
Inov mendudukkan Mima di pos satpam kosong di ujung jalan. Karena siang biasanya daerah kompleks relatif aman, pos yang satu ini selalu kosong.
Mima cemberut menatap Inov yang berani-beraninya menyeret dia ke sini.
Inov hening. Mima makin manyun. Lalu tiba-tiba.... Iya. Itu narkoba, kata Inov pendek. Mima melotot. TUH, KAAN!" Elo bener-bener brengsek! Nggak bisa dipercaya! Tega banget sih lo bohongin nyokap lo, pake acara pura-pura sembuh segala!!! Bisa-bisanya lo nyuruh gue nyembunyiin kalo lo itu ternyata masih... Hmppph! Hmmmp! Hmppphhhhh!!! tiba-tiba mulut Mima dibekap Inov.
Haaah... Mima bernapas lega waktu Inov membuka bekapannya.
Denger dulu, bisa" kata Inov datar.
Ugh! Dasar kurang ajar. Heh, denger ya! Nggak ada yang boleh nyentuh mulut gue kecuali Mama, Papa, Mika, Riva, Kiki, Dena, Nenek, Kakek, Tante Uwi, Oom Benny..., Mima malu sendiri begitu sadar nyaris semua orang yang dia kenal pernah membungkam mulutnya yang suka berisik dan menyebabkan serangan migren.
Mima diam. Yang lebih menyebalkan, Mima bisa melihat Inov mengulum senyum. Setengah mati menahan tawa.
Ngapain lo senyam-senyum"! Orang-orang itu deket semua sama gue! Lo apaan"!
Salah sendiri lo berisik banget.
JDAG! Rasanya kayak kena bogem mentah. Ini orang maunya apa sih"! Udah buruan deh! Lo mo ngomong apa"! Gue nanya bukan karena gue penasaran, cuma rugi banget gue udah nyampe sini cuma bikin lo dapet kesempatan megangmegang muka gue!!! Jangan harap gue percaya! Tapi lo tetep harus ngomong! Cepet!!!
Inov mengangkat tangan tanda menyerah. Yang tadi itu kaki tangan bandar. Dia nganter barang ke gue
HAH!" Jadi lo selain make ngedar juga"! Wah, lo gila, Nov! Gila!!! Lo sadar nggak sih?""
Inov memandang Mima serius. Minta waktu ngomong. Mima diam. Bibirnya manyun nahan kesel.
Gue sadar! Sadar banget! Tapi bukan gitu kejadiannya! Gue nggak make dan ngedar!
Mima mendelik. Terus apa lagi namanya" Apa istilahnya dong" Beli-jual" Dimangsa dan memangsa" Apaan"! Diliat dari Hong Kong, Roma, Paris, Cibaduyut, Condet, mana aja juga sama aja, kali!
Denger dulu. Mima mendengus. Lalu diam sambil masang tampang manyunnya yang tadi.
Gue udah nggak make. Sama sekali. Gue sumpah, Mi. Tapi masalah kumat dan nagih itu memang bener.
Mima diam. Bandar dan gerombolan itu nggak mau ngelepas gue sembuh gitu aja. Mereka ngejer gue sampe ke sini.
Lo lapor polisi dooong! Susah banget sih" Mana mungkin juga polisi nangkep lo yang udah masuk rehab. Udah keluar, malah.
Ekspresi Inov mendadak frustrasi. Nggak bisa, Mi. Gue diancem.
Mima mendelik heran. Lho, bukannya itu malah makin memberatkan mereka"
Inov menarik napas dalam-dalam. Membuangnya pelanpelan. Lalu menatap Mima dengan tatapan nggak jelas. Justru itu memberatkan gue.
Hah" Mima melongo. Kok gitu"
Jelas banget Inov serbasalah. Dia kelihatan mau ngomong sesuatu yang penting tapi ragu. Bukan, bukan, bukan raguragu. Tapi takut.
Ngancem apa sih, Nov" tantang Mima akhirnya. Inov menatap Mima seperti biasa... tajam dan menusuk. Mima membalas nggak kalah tajam. Kalo lo mau gue percaya, ya lo harus cerita. Sampai saat ini, gue sama sekali nggak punya alasan kuat untuk percaya sama lo.
Mata Inov melembut. Menyerah. Mereka ngancam bakal lapor ke polisi tentang kas sekolah gue yang dulu, yang kebobolan uang sekolah siswa tiga angkatan. Pelakunya gue, Mi. Gue nagih, gue nggak punya uang, jadi... suara Inov tercekat.
Jantung Mima apalagi. GOBLOOOKKK! Sekarang tambah lagi yang Mima tahu tapi orang-orang nggak tahu! D-O-N-G- O! Dongooo! Mima mati gaya. Mati ide. Mati suri! Nggak tahu harus bereaksi gimana. Yang ada cuma mematung dengan muka bengong yang aneh dan pastinya tolol.
Gue nggak bisa bayangin gimana perasaan Bunda kalo gue masuk penjara gara-gara ketahuan maling. Mima masih terdiam.
Lo tau Nyokap bilang apa waktu gue masuk rehab" Mima menggeleng. Entah ke mana semua kosakata, kecerewetan, dan suara melengking tingkat tingginya. Mendadak semua ambil cuti. Kerongkongannya keriiing!
Dia pegang pipi gue, ngeliat mata gue, dan bilang, Bunda maain kamu khilaf nggak sengaja terjerumus ke narkoba. Semua kembali ke diri kamu. Bunda masih bangga, anak Bunda bukan pembunuh, bukan maling... Sekilas air mata Inov menggenang. Tapi entah gimana caranya, Inov bisa bikin matanya langsung kering dan ekspresinya biasa lagi, lalu menatap Mima tajam. Dia bilang, dia masih bangga karena gue bukan maling....
Mendadak Mima mengkeret. Diam. Rasanya sekelilingnya dingin. Seumur hidup, cuma manusia bernama Inov yang bisa bikin Mima nggak berkutik kayak gini.
Jadi lo ngerti kan, kenapa gue nggak mungkin lapor polisi" Inov menatap Mima dalam.
Arggghhh! Suarakuuu!!! jerit Mima dalam hati. Dia tahu ada penyakit serangan jantung mendadak, serangan asma mendadak, atau serangan migren mendadak. Tapi serangan bisu mendadak..."!
Tolong ya, Mi" Jaga rahasia ini, pinta Inov, tetap datar dan dingin. Cuma matanya aja yang keliatan memelas dan berharap.
Ugh! Mima langsung bimbang. Dia pengin banget nuduh Inov bohong. Tapi entah gimana, dia tahu Inov nggak bohong. Bahwa semua ceritanya itu bener, dan kenyataan Inov lagi-lagi sudah mengungkap rahasia tergelapnya pada Mima. Apa yang mereka mau dari lo" Mima nggak mau terjebak dalam rahasia besar dan mengerikan ini begitu saja tanpa tahu apa-apa.
Mereka minta gue ngejual barang yang bakal mereka kasih ke gue tiap satu minggu. Jatah gue. Mereka nggak peduli mau dipakai sendiri apa dijual lagi, yang penting gue setor uang sesuai jumlah barang. Mereka yakin gue nggak bakalan kuat nahan godaan. Mereka yakin gue nggak bisa sembuh.
Hah"! Lo gila ya"! Okelah gue percaya lo nggak make lagi. Tapi masa gue harus nutupin lo jadi pengedar"!
Inov celingukan panik mendengar volume suara Mima yang kembali seperti semula. Buru-buru Inov menempelkan telunjuknya di bibir supaya Mima sadar suara sembernya bisa bikin ayam sepeternakan mati jantungan.
Nggak, nggak gitu, Mi. Gue juga nggak minat ngajak orang lain rusak. Apalagi setelah yang gue alami.
Mima mengernyit. Alisnya naik beberapa senti. Jadi gimana dong"! Jelas-jelas lo harus setor uang, kan"! Gue punya uang dari Bunda.
Mima makin melotot. Apa"! Jadi lo mo pake sendiri"! Gimana sih, Nov"! Nggak! Nggak!!!
Inov geleng-geleng. Telunjuknya makin panik menekan bibirnya supaya mulut Mima berhenti jadi megafon masjid. Bukan gitu. Gue setor uangnya pake uang saku gue. Bunda ngasih uang saku lumayan banyak buat gue. Barangnya gue buang. Gue nggak nyelakain orang sama sekali. Ide tolol! Mima menatap Inov nggak percaya. Lo mo nyetor uangnya ke mereka tiap minggu pake uang saku lo" Inov mengangguk.
Lo sadar nggak sih lo lagi jadi korban pemerasan"! Inov ngangguk lagi. Gue nggak peduli duit demi perasaan nyokap gue.
Mima mencibir. Doooooh, secara itu duit nyokap lo gitu lho!!! Tapi cuma dalam hati. Dan rasanya memang nggak perlu diomongin. Jelas itu hal yang telak banget nggak bisa didiskusikan. Kalau Mima bilang gitu, pasti Inov bakalan ngeles lagi. Apa kek, yang klise: bakal cari kerja, apa kek gitu.... Sampe kapan, Nov"
Inov menghela napas. Sampe gue bisa ketemu jalan keluarnya. Tapi selama dan sesusah apa pun gue bakal tahan. Gue nggak mau ngancurin perasaan nyokap gue lagi. Gue udah cukup bikin dia kecewa.
Mima diam. Lo bisa bantu nyimpen rahasia ini, kan"
Siaaaaaal! Kenapa harus gueee"! Kenapa bukan Mikaaa"! Kembarannya itu kan lebih bijaksana, lebih tenang, dan kadang lebih tolol! Dia pasti gampang disuruh nyimpen rahasia. Secara dia salah satu manusia paling lempeng di dunia ini. Tapi demi melihat mata Inov yang jujur dan betul-betul berharap, plus alasan yang menurut Mima sangat mulia, plus... entah apa lagi, mungkin keahlian hipnotis Inov, antara sadar dan nggak, Mima mengangguk.
Tapi cuma sebatas gue nganggep itu masih masuk akal. Dan lo nggak boleh ngelarang gue kalo suatu saat gue pengin mundur dari rahasia gila ini, ujar Mima, mengajukan syarat-syarat demi keselamatan.
Inov menatap Mima dalam-dalam. Lalu mengangguk. Makasih.
Tuhaaan!!! Selamatkan akuuuu! Ya Allaaahhh... niatku kan baiiiiiiiiiiik!!! jerit Mima dalam hati. Sekarang, ayo ikut gue! Mima menarik Inov ke belakang pos satpam. Kali besar dan berarus deras ada di sana.
Ngapain" Mima menatap Inov sebel. Mana tadi"! Kita buang sekarang. Dengan gitu kita paling nggak udah ngamanin satu minggu ini dari kemungkinan lo jual barang itu ke orang lain. Dan merusak generasi muda negara kita tercinta ini, tentunya, pidato Mima heroik.
Inov merogoh sakunya. Menyodorkannya ke Mima. Dengan ekspresi dan perasaan campur aduk, Mima membuka bungkusan kecil itu, lalu menaburkan isinya ke kali. Inov menatap datar tanpa ekspresi.
Mimaaaa... lo bener-bener nyemplung ke jurang!!! Mima meringis dalam hati. Lalu bertanya lagi, WHY MEE"!
M IMA merapat ke Inov. Tangannya mencengkeram lengan
Inov dengan muka ketakutan. Sumpah deh! Belum pernah nyali Mima seciut ini....
Duuuh, serem banget sih, Nov! Ini tempat apaan sih"! Horor gini! Jangan-jangan banyak setannya, lagi! Inov nggak menjawab, dia terus jalan.
Mima cemberut kesal. Tapi bener-bener deh! Ini tempat apaan sih"! Semak-semaknya tinggi, belum lagi bangunan belum jadi di sekelilingnya bikin suasana makin suram. Tempatnya agak-agak mirip tempat favorit hantu-hantu di ilm horor kalau pengin nongol.
Nooov, ini tempat nyeremin banget sih! Kita nggak lagi berburu setan, kan"!
Bluk! Mima menabrak punggung Inov yang tiba-tiba berhenti.
Mima mengelus-elus hidungnya yang nyut-nyutan. Inov berbalik menghadap Mima. Lalu menatapnya luruslurus. Tadi mending nggak ikut, kan" katanya dengan datar dan dingin seperti biasa.
Mima manyun kesal. Kok gitu sih"! Bukannya bersyukur ada yang mau nemenin! Lagian gue harus mastiin lo aman! Lo cuma ambil barang dan nggak berbuat aneh-aneh. Nyicipin tu barang, misalnya!
Entah kenapa sejak tahu rahasia Inov, mendadak Mima merasa punya kewajiban untuk menjaga Inov tetap aman dan nggak terlibat masalah. Biarpun setelah dipikir-pikir lagi, sebetulnya Mima jadi overprotective sama Inov karena dia takut kalo Inov kenapa-kenapa dan terlibat masalah, itu berarti Mima juga kena!
Inov cuma geleng-geleng menatap Mima. Ya udah. Kalo gitu ayo, katanya datar tanpa ekspresi. Sama sekali nggak ngerasain takutnya Mima biar secuil, setitik, seupil pun! Dasar robot! Lupa apa waktu itu dia segitu melankolisnya minta tolong sama Mima untuk menyimpan rahasia gila ini"! Bisa-bisanya dia langsung balik gitu aja kembali jadi Inov si robot mati rasa!!! Nyebelin! Kirain udah kebongkar rahasianya jadi gimana kek!
Mima berlari kecil menyusul Inov, lalu berjalan rapat di belakang cowok itu.
Mereka menerobos semak-semak tinggi, beberapa kali muka Mima kena ciprat air dari ilalang saking tingginya itu ilalang. Mereka berjalan makin dalam, hingga akhirnya masuk ke salah satu bagian gedung rusak itu, di tempat yang agak berdinding lengkap.
Gelap! Dan lebih horor daripada di luar tadi! Nov, lo nggak niat numbalin gue sama apa gitu, kan" Sama kuntilanak, genderuwo, Nenek Lampir, atau apa gitu... Mima melihat sekeliling dengan muka ngeri. ...nggak, kan, Nov"
Inov mengernyit heran. Menurut lo" Glek! Mima ketakutan. Ya mana gue tau! Makanya nanya! Nggak, kan, Nov"
Inov menatap Mima aneh. Sebel sama pikiran Mima yang ke mana-mana. Dia memang pernah jadi junkie, tapi mana ada minat nyoba jadi pemuja setan!
Inov balik badan dan berjalan ke arah ruangan kecil yang sumpek dan gelap. Kayaknya kalau bangunan ini rampung, ruangan kecil ini bakal jadi kamar mandi deh.
Mima masih nempel di belakang Inov. Dengan muka asem ketakutan. Eng, barangnya ditaruh... di sini" Mima celingukan.
Inov nggak jawab. Tangannya menggerataki kotak semen kecil yang bentuknya nggak keruan, yang kayaknya harusnya jadi bak air. Nggak lama Inov menarik tangannya keluar. Bungkusannya ada! Bungkusan laknat yang bikin susah orang itu! Narkoba sialan! Perusak generasi muda! Dan perusak ketenangan hidup orang! Mima maksudnya....
Kenapa sih ditaro di situ" Di gedung ini, lagi! Ngambilnya kan repot!
Inov mendelik menatap Mima. Harusnya di mana" Dititip di ruang guru" katanya garang, bikin Mima tertohok sampai serasa tersedak. Ini narkoba, Mima! Barang ilegal! Barang haram! Ya udah sewajarnya transaksinya juga repot dan rahasia! Emangnya jualan mangga" Emangnya dagang kutang bisa diobral"! Kalo tolol jangan berlebihan deh, Ma! Begitu kirakira kalimat Inov kalau diterjemahkan lebih panjang lagi.
Mima manyun. Sebel banget sama jawaban Inov yang sinis dan bikin hati berdenyit saking keki. Lo sinis banget sih"! Maksud gue bukan itu! Maksud gueee, kenapa lo yang disuruh ngambil" Kenapa nggak orang itu juga ada di sini"! Bisa aja kan lo dijebak"! Bayangin deh, kalo ada polisi ngintai atau ada yang curiga... yang ketangkep kan lo doang! Dia"
Lepas deh gitu aja! Iya, kan" Pikir deh, secara logika harusnya kan... MMMPHHH!
Inov membekap mulut Mima. Kraaaukkk!
AWWW! Inov melepas tangannya yang kena gigit. Mima terkekeh puas. Kan gue udah bilang, dilarang bekap-bekap mulut gue selain orang-orang yang ada dalam daftar gue! Sapa suruh nekat!
Maksudnya biar lo sadar di sini bukan tempat pidato, tembak Inov dengan lempeng dan dingin.
Mima makin cemberut. Inov melanjutkan, Lo tuh ya, bilang takut jadi tumbal setan, tapi terus-terusan berisik ngundang setan. Lalu dengan santai ia berbalik dan pergi.
Deg! Mima pucat! Inooovvv! Tunggu dooong! pekik Mima sambil ngibrit.
Mima menyemprot parit kecil halaman belakang. Serbuk itu hanyut terbawa air.
Inov memandang dingin air yang mengalir disemprot Mima.
Tuh, duit lo! Masuk got! Sampe kapan lo mo buang duit lo ke selokan kayak gini" sindir Mima sambil terus nyemprotin air ke parit.
Inov melirik Mima. Gue... Woi! Lagi pada ngapain sih"
PROOOOTT! Air di slang sukses nyemprot muka Mika garagara Mima kaget setengah mampus ditepuk dari belakang.
Pffttt!!! MIMAAA! Woiii... basah niihhhh!!! Mika panik menghadang semprotan air dengan telapak tangannya. Yang ada airnya malah makin ngembang nyemprot ke manamana.
Set! Mima menurunkan slangnya. Ups! Sori, Ka, sori..., nggak sengaja... basah dehhh...
Mika melotot sebel. Ya basahlah, orang disemprot pake slang!
Inov menutup mulutnya kayak nahan geli.
Kalian ngapain sih" Nyuci got" Dicariin Mama tuh, makan! dumel Mika sambil heboh bersih-bersih badannya yang basah kuyup.
Mima mematikan keran sambil melirik-lirik pengin tau reaksi Inov. Apa dia setakut Mima kalau-kalau Mika mendengar omongan mereka soal benda setan terkutuk itu" Tapi Inov keliatan tenang-tenang aja tuh.
Mika jalan duluan sambil ngedumel gara-gara bajunya basah. Cepetan, ya. Ditunggu Mama tuh!
Plak! Mima memukul bahu Inov begitu Mika sudah jauh. Kok mukul"!
Mima melotot kesal. Lo emang robot mati rasa, ya" Lo nggak takut Mika denger omongan kita"!
Inov mengangkat bahu. Keliatannya nggak tuh. Lalu ngeloyor pergi.
Ughhh!!! Dengan geram dan darah tinggi Mima memungut batu kerikil kecil dan menimpuk Inov penuh dendam. Sayang meleset. Entah karena Inov sudah terlalu jauh, batunya kekecilan, atau memang Mima nggak berbakat dalam hal timpuk-menimpuk. Detik ini juga Mima harus segera mencoret lempar cakram, tolak peluru, bisbol, basket, dan semua profesi lain yang membutuhkan kemahiran menimpuk dari daftar cita-citanya. Mungkin kalau ada olahraga timpuk kecoak atau lempar tikus Mima masih mau mempertimbangkan buat latihan lebih keras. Secara Mima benci setengah edan sama dua makhluk itu.
Gara-gara rahasia geblek-edan-nggak penting-bikin susahpemicu stres-bikin kusut-nya Inov, Mima jadi parno. Berasa diawasin. Berasa Mama tahu. Berasa Mika, Teh Jul, Papa tahu semua, pokoknya berasa semua curiga gitu.
Ngapain sih pada liat-liat" kata Mima.
Mama mendelik. Siapa yang liatin kamu" Mama liat jam dinding. Tuh, segede bagong di belakang kamu.
Mima menoleh ke belakang. Memang iya sih jamnya di belakang Mima. Iya juga segede bagong. Kebayang kalau bagong beneran disuruh ngegantung di dinding sambil megangin jam. Lucu juga kali ya, hiasan dinding yang unik.
Kamu ngapain liat-liat" gantian Mika kena semprot Mima.
Mika sama mendeliknya kayak Mama tadi. Kamu mendadak jadi ge-eran, ya" Aku ngeliatin itu tuh... Mika menunjuk piring saji di depan Mima. Rendang! Dari tadi minta dioperin nggak dioper-oper. Kirain kamu masih mau. Ternyata dari tadi malah dianggurin aja!
Dengan muka cemberut Mima mengoper piring rendang. Bilang dong, jangan cuma ngeliatin! Bikin orang parno aja!
Mika mendelik sambil menerima piring rendang. Parno kenapa" Memang kamu bikin salah apa sampe jadi parno"
GLEK! Mima cengengesan. Ngng, hehehe... Mima melirik Inov judes, minta pertanggungjawaban. SIAL! Inov malah santai aja makan tanpa ngelirik-lirik! Dia itu emang ya, kepala udang! Otak cumi-cumi! Ini semua kan gara-gara dia!!!
Untung insiden keparnoan itu cuma sebentar. Habis itu semuanya sibuk dengan makanan masing-masing, yaaah gitu sih sebenernya harapan Mima, sampai Mama tiba-tiba bilang...
Ma, Nov, kalian hari ini pulang telat, padahal makanannya udah siap dari tadi lho. Mama sama Mika sampe kelaperan nunggunya. Dari mana dulu sih"
Sebetulnya Mama sih nanyanya biasa aja, nadanya biasa, ramah senyum, bercanda, tapi efeknya, Inov si robot mati saraf itu mendadak pucat kayak hampir kena serangan jantung, terus...
Ke kantor OSIS! Makan bakso!
Jawab Mima dan Inov berbarengan....
Makan BAKSO"! Duh! Genius banget. Dasar ROBOT! Mama menatap Mima dan Inov menyelidik. Makan bakso!
Ke kantor OSIS! Kali ini bareng-bareng lagi, tapi kebalik. Mima mendelik marah ke Inov. Gimana sih"! Kenapa dia jadi ikut-ikutan bilang kantor OSIS"! Padahal Mima udah ganti haluan jadi makan bakso! Kacaaauuu!!! Kusuuut!!!
Mama melempar pandangan pembuat serangan jantung itu lagi. Rasanya mendadak Mima butuh pernapasan buatan dari Zac Efron atau siapa kek, Johnny Depp biar udah tua bolehlah...! Inov keliatan lempeng, tapi jelas banget matanya melotot lebih besar sedikit saking shocknya. Biar mampus!
Mima menahan napas, maksudnya mau kasih waktu siapa tahu Inov mau jawab. Jangan sampai kejadiannya kayak tadi, bisa bikin Mama makin curiga, kan"! Tapi ternyata Inov diam aja tuh, mukanya malah rada aneh, baru berasa, kali yang namanya mati kutu, mati gaya, mati tersedak, dan jenis-jenis mati kepergok lainnya.
Setelah Mima dan Inov nyaris mati muda, tahu-tahu Mama tersenyum geli sambil menatap Mima dan Inov bergantian. Kalian kok panik gitu" Ya udah, ya udaaah, Mama ngertiii, kalian ada acara rahasiaaaa. Mama nggak tanya-tanya lagi deh. Senyam-senyum lagi. Tapi lain kali bilang dulu, ya" Jadi Mama sama Mika nggak kelaperan nungguin kalian. Glek! Mima dan Inov mendadak kompak. Kompak BANGET, sampai mengangguk dan meringis bareng-bareng dengan muka lega.
Mima menyuap rendangnya, ya ampun, nelennya susah setengah mati! Kayaknya Mama bakal berubah jadi saingan godzilla ngamuk kalo aja dia tau acara rahasia Mima dan Inov adalah ke gedung tua, ambil narkoba, bawa pulang, dan menghanyutkannya di selokan RUMAH INI! Mungkin godzilla, kingkong, ataupun Hulk bakalan berguru ke Mama gimana cara ngamuk yang baik dan benar juga efektif bikin orang langsung tewas seketika.
Inov yang lagi berkutat dengan laptop-nya cuma bisa bengong waktu Mima ngeloyor masuk ke kamarnya dengan muka ditekuk dan mata menyipit-nyipit aneh.
Ada apa" Mima nggak jawab, dia jalan terus ke kasur Inov, ngambil bantal.
Ada apa" ulang Inov. Intonasi sama. Volume sama. Mima tetep nggak jawab. Dia menenteng bantal sambil cemberut, terus...
BUKKKKKK! Dia menggebuk Inov pake bantal. Inov membelalak kaget. Apaan lagi nih, kok dia tiba-tiba kena gebuk" Kenapa lagi" katanya tanpa emosi.
Biarin! Lo emang pantes digebuk! Masih untung cuma pake bantal. Padahal gue penginnya pake pentungan satpam, tau! Ini uang muka lo udah bikin gue terlibat semua ini! Emosi gue sama lo! Kita nyaris ketauan Mamaaa! Inov memandang Mima lurus-lurus. Ketauan apanya" BUG! BUG! Mima menggebuk Inov lagi. Kali ini Inov nangkis pake tangannya. Apanya gimana" Waktu makan siang tadi"! Mama tuh curiga, tau!
Dia cuma nanya dari mana, sambil senyum, terus bilang lain kali kita harus kasih tau. Apanya yang curiga" Mima menatap Inov geram. Nggak bisa jawab. Mama kamu cuma godain kita, lagi.
Mima melotot... sebel banget. Godain kita" Ngapain"! Dikira kita emang ada acara berdua-duaan" BUG BUG BUG! Ughhhh. Inov!!! Pokoknya suatu hari ini harus diselesein, titik!!!
Mima melenggang pergi. Keluar, dan BRUK!!! Membanting pintu.
Inov cuma diam. Dia tau dia salah sudah menyeret Mima ke dalam masalahnya. Tapi Inov juga nggak bisa membohongi diri bahwa sejak ada Mima, orang lain yang tahu rahasianya, Inov merasa lebih nyaman dan tenang.
K IKI dengan sebal menendang-nendang jok depan. Denaaaa,
majuan dikit doong kursinyaaaa.... Sempit nihhhh....
Dena menoleh ke belakang. Ya gimana lagi dong, Kiii" Di sini juga sempit, taaauuu! Kalo gue maju lagi kaki gue nekuk, gue yang pegel ntar. Elo juga sih, ngapain duduk di belakang gue kalo nggak mau sempit!
Kiki manyun. Ih, siapa juga yang mau. Gue telat masuk sih tadi. Jadi dapet paling ujung, Kiki ngomel sambil melirik Mima yang nyengir lebar karena sukses mengalahkan Kiki dalam perebutan kursi taksi tadi di mal.
Riva melirik. Terima nasiblah, pasrah, katanya lempeng, nggak mikirin perasaan orang.
Kiki makin manyun, meringis-ringis gara-gara dengkulnya nempel ke sandaran kursi Dena.
Mima melirik, nyengir lagi. Maaf deeeh, Kiii.... lo harus lapang dada doong. Kan udah sesuai perjanjian. Kursi depan buat Dena, kursi belakang menerapkan sistem siapa cepat dia
dapat! Hehehe.... Lagian bentar lagi juga gue turuuun. Ya, kan" Ya, kan"
Paling seru emang kalau hari Minggu jalan-jalan sama temen-temen. Nonton, window shopping, foto-foto, hhhh hidup ini indah! Pokoknya masalah PR, ulangan, semuanya lupain dulu deh! Dan yang pasti, nggak perlu ketemu Inov seharian!
Inov... INOV"! Mima menyipitkan mata ke luar, ke arah pos satpam kosong di jalan kompleks rumahnya. Iya! Itu Inov! Inov banget! Cowok yang diseret ke balik pos sama dua cowok lain bermuka tirus itu pasti Inov!!! Apa-apaan tuh"! Ngapain sih mereka"!
Pak! Pak! Stop, Pak! Stop!!! Cepetan! Mima menepuknepuk belakang jok sopir dengan heboh.
Semua heran melihat tingkah Mima yang mendadak histeris.
Kiki menatap Mima aneh. Ngapain berhenti di sini"! Rumah lo kan masih di sana...
Mima gelagapan, Gue gue turun di sini aja deh. Riva mengernyit. Ngapain" Lo lagi diet" Diet"! Apa hubungannya"
Lo mo jalan dari sini ke rumah biar kurus" Bakar kalori" sambung Riva ngasal.
Duuuh! Nggak ada waktu buat interogasi nih! Kalo diliat dari tampang dua orang itu, Mima yakin banget siapa mereka!
Taksi menepi. Mi! Ngapain sih turun di sini" Lo belum jawab lhooo... Dena ternyata sama penasarannya. Sampai bela-belain muter badannya ke belakang demi melihat langsung muka Mima.
Pikir, Mima! Pikir! Alasan! Alasan! Bikin alasaaan! Eng, gue, gue baru inget disuruh Nyokap mengambil undangan arisan di rumah temen Nyokap. Duh! Cuma kepikiran itu. Apa lagi dong"!
Dena mengernyit. Ya udah. Taksinya puter balik aja. Udah kelewatan rumahnya" Dianter sampe tempatnya aja, kita tungguin juga bisa. Cuma ngambil, kan"
UGHHH! Parah! Mikir lagi! Mikir lagiii! Eng, nggak usah, nggak usah, deket kok. Tuh masuk gang situ. Tinggalin aja. Gue turun di sini yaaa...
Kiki menahan tangan Mima. Eh, terus pulangnya" Mima nyengir buru-buru. Santai deh, santai, gue jalan aja. Sekalian olahraga. Udah ya, gue turun. Takut temen Nyokap lagi pergi... dadah!
Mima turun, langsung dadah-dadah dengan tampang ngusir.
Begitu taksi itu pergi, Mima lari-lari ke arah pos kosong. Nov! Lo bener-bener nyusahin!!! Kenapa tadi gue harus liaaat! gerutu Mima sebal. Mima mengendap-endap begitu dia deket banget sama pos itu. Pasang kuping tajam-tajam...
Gue kan udah nyetor sesuai perjanjian! Apa lagi"! Mima mendengar dua cowok tirus itu terkekeh nyebelin. Ya masa nggak ada progress-nya siiih" Kalo lo bisa jual habis barang segitu, berarti lo harus bisa jual lebih doooong! Mereka mau nambahin jatah jualan Inov"!
Kalian kan udah janji, dengan gue nyetor uang sesuai jumlah barang yang sekarang, kalian nggak bakal ganggu nyokap gue, kan"!
Mereka terkekeh nyebelin lagi. Yaaah, itu kan waktu itu... si Bos Revo mutusin jumlah segitu terlalu gampaaang, jadi jumlahnya harus nambah.
Ataaau... sambung suara yang satu lagi. Rahasia lo jadi rahasia umum masyarakat Indonesia lho! Lo tau kan korankoran suka banget tuh berita model gitu! Anak sekolah dan narkoba Membobol sekolah demi narkoba! Hahahaha.
Mima mendengar suara grusak kencang banget. Kayaknya Inov melawan. SIALAN KALIAN!
Buggghhh!!! AAAWGH! Inov mengaduh sekencang makiannya tadi.
DEG! Mima tercekat. Inov dipukul! Gila! Ini sih kriminal namanya. Dan dia nggak bisa lapor polisi!!!
HEH! Lo jangan banyak gaya deh! Lo jual barang lebih atau rahasia lo kami bongkar! Plus bukti-bukti yang bisa bikin nyokap lo serangan jantung! ancam mereka.
Grusak! Kayaknya Inov berontak lagi. BUGGG!!! ARGGH! jerit Inov lagi.
DUG! BAG! BUG! Mima mendengar Inov dipukul bertubitubi.
Lo berani ngelawan, ya"! Denger, lo harus jual tu barang. Terserah lo mau berhenti make, tapi lo nggak bisa gitu aja melenggang bebas keluar dari geng kita dan sok insaf kayak sekarang! Ngerti"!
Inov mengerang-erang kesakitan. Gimana... gimana kalo gue nggak sanggup menuhin jumlah setoran itu"
Duo cowok ceking itu ngakak. Nggak sanggup" Enak aja nggak sanggup! Nggak ada kata nggak sanggup dalam geng kita. Lo tau itu, kan"!
Mima ngintip. Pengin melihat keadaan Inov. Ia menelan ludah begitu melihat Inov babak belur dengan lebam dan darah di hidung plus sudut bibirnya.
Salah satu cowok ceking bermuka alien itu menatap Inov gahar. Dan kalo lo berani-berani, akibatnya... dia mengangkat tangannya dengan tinju terkepal.
STOOOPPP!!! Mulut ngember, suka protes, rese, dan blakblakan mungkin kurang lengkap rasanya kalau nggak nekat.
Entah gimana, Mima berani nongol dan berteriak heroik ala Xena sang warrior princess gitu.
Yang jelas Inov yang babak belur dan duo alien ceking itu menatap Mima heran bercampur kaget.
Mima lari menerobos mereka berdua dan menghampiri Inov yang tersungkur. Bener-bener cari mati! Mau tau yang lebih gila lagi"! Dengan sangat berani, menantang, nyolot, dan rada geblek, Mima berdiri di depan Inov yang tersungkur, melindungi dia dari alien narkoba itu, sambil MERENTANGKAN tangan!
Eh! Kalian mendingan pergi ya sebelum gue teriak panggil satpam! Beraninya main keroyokan!!!
Dua alien itu melongo keheranan. Tau-tau ada cewek mungil, nyolot, dan nantangin kayak gini. Tapi nggak ngaruh! Bukannya ngibrit, alien-alien itu malah nyengir mengejek Mima. Bertukar pandang sambil cengengesan. Bener-bener minta ditampar!
Dan, salah satu alien ceking itu menatap Inov. Ohhh, jadi lo sekarang punya bodyguard, Nov" Busssyeet... cewek, lagi! Bisa apa dia" Kungfu" Silat"! Santet"! Hahaha... Mima melotot. Sialan! Malah ngeledek!
Terus alien gila itu mendadak melotot ke Mima langsung setelah cengengesannya tadi! Denger ya, bodyguard-nya Inov, kalaupun hari ini kami lepasin dia, bukan berarti besok, lusa, atau minggu depan kami nggak bakal mengejar dia lagi! Kami akan terus mengejar dia sampe dia bisa memenuhi kewajiban, dan kalau nggak...
Oke! Oke! Oke! Gue ngerti!!! jerit Mima, nggak mau mendengar ocehan makhluk ajaib itu lagi. Kalian mau uang tambahan, kan"! Tenang aja, Inov bakal penuhin permintaan kalian! Gue jamin!!! Tapi awas, kalo kalian berani-berani mengancam Inov lagi, apalagi sampe bocorin rahasia Inov, gue juga bakal seret kalian! Gue ini saksi, tau!!! cerocos Mima dengan nyali tambahan entah dari mana.
Okelah, Mima biasanya memang berani mengutarakan dengan lantang semua isi hatinya pada semua orang. Orangtua, guru, temen, sodara. Tapi sama kaki tangan pengedar narkoba"! Ini edisi perdana nih!
Inov melotot kaget. Duo alien itu juga tercekat kaget. Mereka saling tatap nggak percaya, senyum sinis mengejek.
Bikin kesel aja! Mima melotot. Kenapa malah pada nyengir sih"! Dikira gue bercanda" Udah sana pergi! Jangan takut deh, gue nggak bakal ingkar!
Alien-alien idiot itu saling tatap, saling kasih kode. Lalu menatap Inov sinis. Eh, lo denger sendiri kata dia, kan"! Awas kalo lo bohong! salah satu cowok itu merogoh sakunya, lalu melemparkan bungkusan plastiknya pada Inov. Nih barangnya!
Mima menahan napas waktu muka salah satu alien itu mendekat ke mukanya. Mending kalo cakep! Udah ancur, nyeremin, bau asem, lagi!
Dan elo, untung lo cewek! Kalo nggak udah gue apain lo! Inget ya, lo yang janji! Dan kalo sampe ingkar, lo bakal liat sendiri akibatnya! si alien melotot mengancam. Gue nggak main-main! katanya dingin dan menakutkan.
Glek! Mima menelan ludah. Nggak bohong. Nggak ngeles. Kali ini Mima ngaku, Mima takut. Pilihan terbaik adalah... diam.
Mereka pergi. Mima masih mematung. Lalu memutuskan ngintip. Ternyata mereka bener-bener udah pergi. Piuuuhhh, Mima buru-buru balik nyamperin Inov yang masih terduduk sambil membersihkan darah di hidung dan bibirnya dengan muka meringis.
Inov mendongak begitu Mima berdiri di depannya. Lalu menatap Mima datar dan agak aneh. Apa-apaan lo"
Hih! Mima mendelik. Udah ditolongin masa nanyanya gitu"! Mima duduk di samping Inov. Cemberut. Melotot. Ya nolongin lo, lah! Emang lo pikir ngapain lagi" Ngangon kebo" Ternak unggas"! Lo tuh suka tolol ya"
Inov melirik. Meringis kesakitan. Lo janji sama mereka. Gue nggak ada duit lebih. Duit gue bakal abis minggu depan... gara-gara lo.
Emang dasar mantan alien! Dia pikir Mima idiot, apa" Jelaslah tadi Mima ngomong gitu sudah siap dan lengkap dengan solusinya. Mima merogoh tasnya, mengeluarkan dompetnya, lalu menarik beberapa lembar uang lima puluh ribuan.


Satria November Karya Mia Arsjad di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Nih! Dengan galak Mima menaruh uang itu di paha Inov. Cukup kan untuk nambah setoran lo"! Gue yakin cukup, karena gue denger jumlahnya tadi.
Inov melongo, speechless.
Ini demi nyokap lo, tau! Gue kasian sama dia, potong Mima buru-buru. Mima melirik Inov yang tercengang, lalu menambahkan, Lo tunggu di sini dulu.
Eh, lo mau ke... Udah, diem! Bawel banget sih! Lo tunggu di sini aja bentar. Awas ya, jangan berani-berani kabur dari sini. Mima melesat pergi.
Inov bengong. Sebenernya dia pengin banget buru-buru cabut dari situ. Cuma berhubung kali ini Mima betul-betul sudah berbuat lebih, malah berlebihan buat dirinya, jadi rasanya kurang ajar banget kalo Inov sampe berani ngelanggar perintah Mima dan pergi dari sini. Apalagi seluruh muka dan badannya nyut-nyutan berkat dipukulin tadi.
Untung Mima nggak lama. Tau-tau dia nongol dengan bungkusan plastik hitam dari warung di tangannya. Mima duduk di samping Inov sementara tangannya sibuk membongkar plastik yang ternyata berisi es batu. Sini, muka lo dikompres dulu.
Inov melirik. Mematung.
Bikin Mima jadi gemes. Tanpa ba-bi-bu Mima langsung merapat ke Inov dan tanpa ampun, NYUUUTTT! Es batu di tangan Mima langsung nempel di bagian-bagian bekas bogem di muka Inov.
Ssssshhh... aaauuhh..., ringis Inov nggak tahan perih. Mima mendelik judes. Halah! Gitu aja meringis. Katanya mantan anak bandel! Temen-temannya preman. Masa cemen gini"!
Inov langsung mengatupkan mulut. Cuma mukanya aja meringis-ringis waktu dikompres Mima dengan muka judes.
Cara cepat membuat cowok kecengan kamu menyatakan cinta:
1. Angkatlah topik-topik pembicaraan yang memancing. 2. Jangan ragu untuk menunjukkan kamu...
M IMA! Wah! BLUK! AWWWW!!! saking panik dan buru-burunya, bukan cuma buku yang masuk laci, jari Mima juga. Dan seisi dunia ini juga tahu jari kejepit itu sakit dan nyut-nyutan. Mima menoleh, melotot galak ke Mika. Awww! Ngapain sih"! Masuk kamar orang tiba-tiba! Sakit, tau, kejepit laci!!!
Mika mendelik. Lho, apa hubungannya" Mendadak ia langsung curiga. Hayooo, kamu baca apaan sih"! Kok kaget gitu" Buku porno, ya" Foto cowok-cowok berotot, ya"
Idih! Mima makin melotot. Mika! Udah deh! Udah ngagetin, nuduh, lagi. Bukan urusan kamu, tau!
Mika menarik kursi di sebelah Mima.
Bibir Mima makin manyun. Ganggu banget sih! Orang lagi
baca jurus-jurus bikin Gian nembak dia! Mo ngapain sih, Ka" Cepetan deh, aku sibuk nih!
Sibuk liatin foto cowok-cowok di majalaaah" Mika! Udah deeeh, cepetan! Ganggu waktu pribadi orang aja sih. Belum pernah denger hukuman buat pelanggaran privasi, ya" Nih ya, di negara hukum ini ada... hmmmmp! Hmmmpff!!! Lagi-lagi kena bungkam!
Baru aja Mima mau ngamuk ngeluarin jurus teriakan Nenek Lampir kena tampar, Mika pasang muka serius sambil menempelkan telunjuknya di depan bibir. Ada apa sih" Ma, jujur deh, kenapa si Inov babak belur gitu" GLEK! Mima terdiam. Gelagapan. Time to ngeles nih! Eng..., ya mana aku tau. Bukan aku yang mukulin kok. Angkat dua jari, pasang gaya victory, sambil nyengir. Sumpah.
Wah, ini serius nih. Kok Mika tetep lempeng gitu sih mukanya" Nggak ikutan nyengir sedikit pun" What s up nih" What s wrong" What happened" Ka! Kenapa sih" Serius banget mukanya. Kayak orang nahan kentut! Hihihi!
Harusnya ya, ini harusnya, Mika ikut senyum kek dikit. Cekikikan gitu secuil. Menghargai usaha Mima, eh ini nggak! Mukanya tetep serius aja lho! Malah menatap Mima makin lekat. Aku emang serius, Ma...
Cengiran Mima langsung ilang. Mika gitu lho yang ngomong. Dia kan manusia paling lempeng lurus dan kurang intrik sedunia. Jadi kalo dia bilang serius, berarti bener-bener serius.
Kamu beneran nggak tau si Inov kenapa"
Inov lagi, Inov lagi! Mima menggeleng ragu. Ng-nggak, kenapa siiih"
Mata Mika menyelidiki Mima. Bikin salting. Tapi biarpun curiga, kayaknya Mika nggak minat maksa Mima lebih lanjut.
Siap-siap aja. Bentar lagi juga kamu kena panggil Mama sama Papa.
Hah"! Emang kenapa"
Ya kamu kan tau Inov dititip di sini supaya bisa diawasin sama Mama-Papa. Mama pasti khawatir lah liat dia pulang babak belur gitu. Apalagi Mama denger dari nyokapnya Inov kalo geng narkoba itu sangat mungkin ngikutin Inov ke sini. Makanya kalo kamu tau ada apa-apa yang mencurigakan atau ada kejadian apa, jangan disembunyiin. Bahaya.
Waduh! Mima buru-buru buang muka dari Mika. Lamalama Mika bisa tau dia bohong nih! Kata orang, saudara kembar bisa tau kalo ada apa-apa sama kembarannya. Termasuk kalau kembarannya bohong. Apalagi Mima mulai sering mules dan rada-rada keringet dingin begini, gara-gara akhir-akhir ini dia sering banget bohong (yang amat sangat bertentangan banget sama prinsip keterbukaan, kejujuran, dan teriakan kebenarannya Mima). Sambil sok santai Mima menyalakan komputernya. Nggak berani lagi melirik Mika. Bahaya apaan" Kalo nari jaipongan di tengah jalan tol, itu baru bahaya!
Mika mengangkat bahu cuek. Ya udah, bagus deh kalo kamu nggak tau. Aku cuma ngasih tau aja. Supaya kamu siap. Udah ah, aku keluar. Kamu pengin melototin cowok di majalah lagi, kan"
Ihhh! Terserah aku deh! Udah sana! Timpukan kertas Mima meleset. Ya iya lah! Nimpuk ke Mika, tapi matanya melototin komputer, halaman kosong Word.
Klik! FIUHHH! Mima membuang napas lega begitu Mika tutup pintu. Gawat nih! Mesti latihan akting dadakan! Aktingnya di depan Mama sama Papa harus super meyakinkan. Kalo nggak rahasia Inov dan MIMA sendiri bakal terbongkar dalam satu pertanyaan aja!!! Oh, noooo!!! Tarik napaaas... buang napaaas... tarik napaaas... buang napaaas...
TOK TOK TOK! Non Mimaaaa... dipanggil tuuuh sama Bapak sama Ibuuu... suara Teh Jul membuyarkan konsentrasi Mima.
Bener-bener deh si Inov. Bikin repot. Kalo gini caranya Mima bisa kena serangan stres di usia muda nih.
Sambil deg-degan, Mima turun mendatangi Mama dan Papa yang udah nunggu di ruang TV. Baru kali ini mau ketemu Mama-Papa tapi rasanya kayak mau menyerahkan diri di arena tinju kingkong. Antara deg-degan dan penasaran liat kingkong.
Duduk sini, Mi, Mama menepuk-nepuk ruang kosong di sofa tempat dia duduk. Papa duduk di hadapan Mama sambil sibuk ngunyah brownies.
Mungkin nggak sih bisul di pantat tumbuh mendadak" Soalnya tau-tau rasanya duduk di sofa empuk bikin pantat Mima susah duduk gitu. Tapi tatapan serius Mama dan Papa memang lebih menyakitkan daripada bisul. Jantung Mima makin deg-degan. Si Inov enak banget nggak ikutan dipanggil! Kenapa cuma Mima yang dipanggil"! Mima nyengir sok santai. Kayaknya di garis tangannya nggak ada setitik pun takdir jadi artis. Aktingnya parah banget. Tipe-tipe akting yang bisa bikin sutradara pengin menampari mukanya sendiri. Alias jelek abis.
Ada apa sih, Ma" Kok muka Mama sama Papa kayaknya serius gitu" Oh, Mima tau, ada orang kaya raya yang udah tua bangka pengin memperistri Mima, ya" Kayak Datuk Maringgih gitu" Hehehe... Tuh kan... parah, kan"
Mama dan Papa saling pandang aneh. Tebakan jayus Mima bukan cuma meleset, tapi terjengkang, terpelanting, kelelep, alias jauh!
Mama menatap Mima lebih serius lagi. Mi, kamu tau kan Inov tadi pulang babak belur"
Busyeet! To the point gini! Nggak ada basa-basi atau apa gitu" Eng, bo-bonyok gitu maksudnya, Ma" kata Mima ngeles gagal alias mati gaya.
Papa meletakkan brownies-nya. Iya. Kamu tau kan Inov kayak habis dipukulin orang"
Andai... oh andai... Mima memelihara Doraemon dan bukannya ikan hias yang kayaknya sebentar lagi bakal mati dimakan kucingnya Teh Jul. Doraemon pasti punya alat menghilang yang tinggal ngedip. Atau pintu kabur kalau dimarahin! Atau pil pembuat asap kentut penyamaran! Apa kek gitu, asal bisa bikin Mima kabur dari depan Mama-Papa sekarang ini. Eng, ehm, ya liat laaah. Masa bonyok gitu Mima nggak liaaat. Kan warnanya biru-biru keunguan gitu. Hehehe...
Mima, Mama mau tanya sama kamu. Serius. Mama minta kamu jujur. Mama tau kamu anak Mama yang selalu jujur dan terbuka. Dan anti kebohongan, kan"
Jebakan Batman!!! Mima meringis. Antara ngangguk dan menggeleng. Dia memang menjunjung tinggi kejujuran dan anti kebohongan. Tapi akhir-akhir ini kayaknya dia lagi nggak jujur-jujur amat gara-gara si tengil Inov!
Kamu tau Inov kenapa" Siapa yang mukulin dia" Kamu kan tau, sindikat narkoba itu bisa ngejer dia sampe sini. Dan bunda Inov udah nitipin dia sama keluarga kita. Jadi kalau memang betul begitu, kita harus lapor polisi, Mi.
UPS! Mima makin kelabakan. Ini sih perlu ngeluarin akting Piala Oscar biar bohongnya lancar. Habis gimana dong" Wajarlah Mama dan Papa curiga. Inov baru pindah ke sini, pendiam, dan kayaknya nggak punya temen, pulang-pulang babak belur kayak gitu. Mencurigakan banget, kan"! Tapi boro-boro akting, Mima malah mematung diam, kelamaan mikir.
Mima" Eh, hah" Apa, Ma" Tadi Mama bilang apa" Mama mengernyit saling tatap dengan Papa. Kamu mikirin apa sih" Kok bisa nggak denger" Mama tanya, kamu tau nggak siapa yang mukulin Inov sampe babak belur begitu" ulang Mama.
Duh! Kalo sampe bengong dan gelagapan dua kali, bakalan percuma ngeles-ngeles. Jelas banget jadinya ketauan bohong! Eng, sori, Ma, Mima ngantuk. Hehehe... jadi nggak kedengeran. Pusing nih, Ma...! Biasa, kan, Ma orang kalo ngantuk itu efeknya bisa pusing, pandangan burem, mata berair... Mimaaa...
Mima meringis. Ya, Ma"
Mama nggak nanya gejala-gejala ngantuk. Mama tanya kamu tau nggak siapa yang mukulin Inov"
Nggak, Ma. Nggak! Beneran! Suer! Nggak! Duh, kayaknya berlebihan, ya" Mima jadi nyesel sendiri kelewat heboh.
Bener, kan" Mama menatap Mima penuh selidik. Bener, Ma" Kamu nggak tau sama sekali"
Bener, Ma. Kali ini cukup satu kali. Perasaan sih udah meyakinkan. Biarpun keringet dingin sama jantung deg-degan. Gini nih, kalo mulut nyablak disuruh bohong!
Mama pandang-pandangan lagi sama Papa. Sekilas Mima lihat Papa kayak kasih kode ke Mama. Berhubung waktu SMP baru satu bulan ikut Pramuka Mima udah nggak betah, Mima sama sekali nggak ngeh apa arti kode yang dikirim Papa. Meski Mima agak nggak yakin di Pramuka diajarin kode seperti anggukan sama kerlingan.... Yah... pokoknya mo kode apa kek, Mima memang nggak ahli. Jadi dia cuma bisa berdoa semoga kode Papa tadi artinya bukan Ayo, Ma! Desek terus! Papa tau anak kita berbohong!
Semoga bukan.... Mama menghela napas. Ya udah. Tapi, Mi, kalo kamu tau apa-apa, cepet bilang sama Mama, ya"
FIUHHH!!! Mima narik napas lega. Mima balik ke kamar lagi ya, Ma" Pa" Mo chatting nih sama temen.
Katanya ngantuk" celetuk Papa datar.
Hih! Papa inget aja. Eng, ya tidur dulu, Pa, baru chatting. Udah ah, Mima ke atas, ya. Mima kabur secepat kilat.
Sampe kamar Mima melamun sendiri. Sampe kapan nih bakal kayak gini" Semua gara-gara INOOV!!!
M IMA bersender di dinding penuh lumut yang kayaknya
kalau disenderin lebih dari sepuluh orang bakalan roboh. Hari ini dia mengantar Inov mengambil barang di bak mandi WC jorok gedung tua yang belum jadi ini.
Mima udah nggak takut-takut lagi kayak waktu pertama dulu. Sekarang Mima malah niat banget bawa camilan sementara nungguin Inov ngubek-ngubek WC nyari tu barang sialan.
Nooov, kok lama siiiih" ...
Noooovvv!!! ... Ih! Kena penyakit budek, apa"! Ditanya diem aja. Mima bangkit dari duduknya sambil nepuk-nepuk bajunya yang ketempelan debu dan lumut. Dengan bibir manyun Mima berdiri di ambang pintu WC bobrok dan bau tikus itu. Inov! Jawab kek! Kok lama sih"
Inov melirik Mima datar. Nggak panggil polisi aja sekalian"
Hah" Akhirnya Inov nemu juga yang dicari-carinya. Daripada teriak-teriak kayak gitu, mending telepon polisi aja sekalian, kan" katanya lempeng sambil ngelewatin Mima. Nyebelin!
Mima duduk di samping Inov di tangga gedung yang belum sempat dipasangi atap. Rasanya hangat karena sinar matahari yang merembes dari sela-sela semak yang merambat di atasnya. Kayak lagi di negeri dongeng. Huff... kupukupu yang terbang di sekeliling Mima dan Inov juga bagus banget. Suasananya jadi...
HAH! Negeri dongeng apaaan! Mima mendadak sadar. Back to the real world, Mimaaa!!! Ini gedung tua busuk tempat transaksi narkoba! Negeri dongeng, huh! Mima melirik Inov. Cowok itu sedang menimang-nimang bungkusan kecil di tangannya dengan ekspresi nggak jelas. Nov..., panggil Mima. Inov melirik.
Mima merebut bungkusan kecil itu dari tangan Inov sampe Inov kaget. Kali ini, barang sialan ini nggak perlu keluar dari sini!
Inov menatap Mima nggak ngerti.
Mima memutar bola matanya capek. Iyaaa... kita buang di sini! Di-si-ni!
Inov mengangkat bahu. Nih! Mima kembali nyodorin barang itu ke Inov. Buang! Inov menatap Mima aneh. Kenapa nggak lo aja" Mima mencibir sambil bergidik. Nggak ah! Elo aja! Kalo ada yang mergokin kan gue nggak salah-salah amat. Eh, lo pegang-pegang dulu semua bungkusannya. Tutupin sidik jari gue tadi. Cepetan!
Meski bingung, Inov dengan patuh memegang semua bagian bungkusan itu. Tanpa ekspresi Inov menumpahkan semua isi bungkusan ke tanah. Lalu Mima menuangkan semua isi botol air mineralnya di atas bubuk itu sambil menginjakinjak dan mengacak-acak tanah penuh dendam.
Papa sama Mama kayaknya beneran curiga. Gue pas naek tangga aja ngerasa diliatin gitu. Mereka pasti ngebahas kalo gue bohong! Mima bersungut-sungut sebel inget peristiwa interogasi Mama dan Papa. Kita pasti bakal ketahuan, Nov. Inov diam.
Huh! Bikin darah tinggi aja! Nov, lo denger nggak sih" Lo harus cari jalan keluar, tau! Pertama, terlibat pengedar narkoba adalah hal yang salah banget! Kedua, lo nggak bisa bohongin bunda lo terus-terusan. Selain dosa, bohongin orangtua pasti berakibat buruk! Ketiga, lo bisa celaka, tau! Gue juga!
Inov menarik napas. Lalu mengembuskannya pelan-pelan. Menoleh ke Mima juga pelan-pelan. Lalu menatap Mima dalam-dalam. Mata Inov pas banget kena sorot matahari. Ternyata matanya cokelat, ya" Lo udah nggak mau bantu gue"
Ya ampun! Susah amat ya ngomong sama Inov" Aduuuh, lo nggak ngerti, ya" Justru gue tuh mo nolongin elo! Supaya lo lepas dari narkoba. Supaya lo juga lepas dari orang-orang itu. Kok malah dibilang nggak mau bantu sih! Nuduhnya menyakitkan hati banget sih lo!
Inov lagi-lagi menarik napas lalu mengembuskannya dengan berat. Gue nggak bisa.
HUUUHHH! Mima mengentakkan kaki, memungut batu kecil, lalu menimpuk kucing buduk yang lewat. Harusnya Inov yang dia timpuk. Tapi mengingat Inov bisa aja nimpuk balik, nggak jadi deh.... Untung kucing itu nggak tiba-tiba pengin nyakar muka Mima.
Mima..., panggil Inov pelan.
Mima menoleh dengan malas. Apa" Makasih ya...
Huff... terserah deh. Satu Super Supreme medium, garlic bread, chicken wings, milkshake strawberry, air mineral.... Ada lagi" pelayan Pizza Hut bernama Tatik membaca ulang pesanan Mima dan Inov. Mima menatap Inov minta konirmasi.
Masih kurang nggak"
Huh. Ditanya malah nanya balik. Lagian kesannya Mima rakus banget sampe nentuin semua pesanan. Biarpun memang iya sih. Yang Inov pesan sendiri cuma air mineral. Itu dulu deh, Mbak.
Mbak Tatik mengangguk lalu permisi pergi.
Piza-nya datang lima belas menit kemudian. Chicken wings dan teman-temannya udah duluan nongkrong di meja. Dari tadi Mima yang kelaparan sibuk melahap semua makanan di meja, sementara Inov baru makan sepotong garlic bread. Mima jadi malu hati, serasa rakus banget.
Lo kok nggak makan sih" Nov, lo nggak nyuruh gue ngabisin semua sendiri, kan" Lo tau nggak, cewek itu nggak boleh makan kebanyakan. Soalnya ya, berat badan cewek itu cenderung nggak stabil. Gampang gemuk, gitu... Kenyang"
Kenyang" Mima nyengir. Lalu geleng-geleng. Ya belum sih...
Inov menyeruput air mineralnya. Tetep nggak nyentuh makanan sedikit pun.
Tahu-tahu Inov meringis....
Kenapa, Nov" Inov meringis terus. Lalu menggeleng. Tapi mukanya tetep kayak orang kesakitan, sementara tangannya menekan perut.
Perih ya perutnya" Gejala maag tuh, lo nggak makan sih. Makanya gue bilang juga, lo tuh kudu makan. Lo jangan nganggep remeh maag lho, Nov. Biarpun kayaknya nggak berbahaya, maag itu...
HUP! Tiba-tiba Inov menutup mulut pakai telapak tangan. Mukanya pucat. Semua orang juga tahu ini pose orang mau muntah. Inov berdiri, lalu buru-buru berlari ke kamar mandi. Nov! Kenapa lo"
Inov nggak menoleh sedikit pun. Langkahnya makin cepat ke kamar mandi.
Mima melipat tangan di dada sambil mondar-mandir gelisah di depan pintu kamar mandi cowok.
Mo ikut masuk, Mbak"
Mima mendelik marah ke arah cowok jail yang mau masuk WC. Rese! Ke WC ya ke WC aja! Usil banget sih! Cowok jail itu cengengesan.
Eh, Mas! Kalo ketemu temen saya yang namanya Inov di dalem, bilangin ya, ditunggu di luar.
Cowok itu menatap Mima heran. Tadi marah, eh sekarang malah minta tolong. Saya bilang juga, ikut masuk aja, Mbak. Mima melotot. Kalo nggak mau nolongin ya udah! Mi"
Lega banget rasanya melihat Inov keluar dari kamar mandi. Tapi mukanya pucet banget. Lo kenapa, Nov" Lo muntah, ya" Lo sakit, Nov"
Nggak. Nggak pa-pa. Nggak pa-pa gimana" Yang namanya orang muntah itu pasti kenapa-kenapa. Kecuali lo hamil. Lo nggak mungkin hamil, kan" Lo pasti sakit, ya"
Inov cuma diam, berjalan melewati Mima, lalu duduk kembali.
Mima duduk di hadapan Inov dengan muka serius. Nov, perlu beli obat nggak"
Inov malah balas menatap Mima. Makan lagi aja gih.... Ini orang bener-bener robot! Mima melanjutkan makan dengan muka serbasalah dan khawatir.
Kertas! Mima menyodorkan kertas ke tangan Dena yang lagi bikin tugas kelompok mereka di rumah Dena. Kamar Dena betulbetul nggak matching sama body-nya. Bodi tinggi kekar gitu tapi nuansa kamar biru pastel kayak bayi baru brojol.
Lo tadi dari mana sih, Mi" Sambil sibuk mengguntinggunting kertas, Dena melirik Mima.
Eng, ada perlu sama Inov.
Riva mencibir. Perlu apa sih" Segitu perlunya, ya" Padahal Gian nyariin lo tuh.
Gian nyariin"! Ya ampun, Gian! Pangeran impian Mima. Akhir-akhir ini terpinggirkan gara-gara urusan Inov. Huh. Mima menoleh cepat menatap Riva. Terus" Lo bilang gue lagi sama Inov"
Riva ngangguk. Ya iya lah. Habis bilang apa lagi" Lo juga nggak ngompakin kita-kita. Ya gue kepaksa jujur lah.
PLAK! Mima menepak jidatnya. Harusnya jangaaaan. Yaaah, Rivaaaa. Ntar Gian mikir gue sama Inov ada apa-apa, lagi. Udah berapa kali nih, dia denger gue jalan sama Inov.
Riva mendelik sebel. Kok nyalahin gue" Lo kan kalo pergi sama Inov nggak pernah bilang sama kami. Makanyaaa... kompakan dulu. Gue kan nggak mungkin mendadak dukun, tibatiba bisa baca pikiran.
Mima manyun. Mendadak dangdut, kali! Aduuuh! Parah nih. Padahal hubungan Mima dan Gian udah lumayan. Tapi kalo Gian denger Mima jalan sama Inov terus lama-lama bisa gagal total nih. Kembali ke titik awal. Yaaaahhh... gimana doooong" Apa gue telepon Gian aja, ya"
Lem! Ya, telepon ajaaa... ribet amat, celetuk Dena sambil membuka tutup lem yang disodorin Riva.
Ngomong apaaa" Riva memutar bola matanya bosan. Ya ngomong apa kek. Prakiraan cuaca, bisnis ayam potong, sapi perah, model sanggul modern, pergaulan remaja masa kini... apa kek. Topik banyak.
PUK! Dengan gemes Mima menimpuk jidat Riva pake pantat boneka sapi. Bisa-bisa gue disangka gila! Masa ngomong sama kecengan tiba-tiba diskusiin besok Jakarta berawan, Bandung hujan rinrik-rintik" Sakit lo, Va!
Riva cengar-cengir. Mima menatap HP-nya. Telepon... nggak... telepon... nggak... telepon... nggak....
DRRRRRRRTTTT! Mima nyaris terjengkang saking kaget waktu HP-nya tiba-tiba bergetar. Inov"! Yaaa ampuuun... belum cukup apa urusannya sama Inov hari ini"
Halo" Inov batuk-batuk. Uhuk... uhuk...
Yeee! Malah batuk. Halooo" Ada apa sih" Mima bangkit dari duduknya, menjauh dari Riva dan Dena untuk mojok di sudut kamar Dena, deket lemari baju.
Uhuk... uhuk... Mi, bisa... tolong... uhuk... ambilin gue air putih"
WHAT"! Emang dia pikir Mima pembantu dia, apa" Ni anak emang bener-bener korslet. Nelepon Mima cuma minta dibawain air putih" Mima mendesis sebal. Nooov, gue lagi ngerjain tugas di rumah Dena. Lagian, lo apa-apaan sih"! Lo takut ketemu Mama sama Papa"!
Inov batuk-batuk lagi. Iya... IYA! IYA"!
Gue... gue sakit kayaknya... uhuk... gue nggak kuat... uhuk.... jalan ke bawah.... gue... nggak mau ketemu mama lo. Nanti... uhuk uhuk... Bunda jadi tau. Tolong ya, Mi" Uhuk! Gue... uhuk! Uhuk!
OMG! OH MY GOOOD! Lo sakit" Tuh kan, gue bilang juga tadi apa! Lo tuh pasti kenapa-kenapa. Sekarang tau rasa, kan" Makanya, Nov, kalo dibilangin tuh nurut. Jangan malah bawel sok-sok nggak pa-pa padahal...
Uhuk! Please, Mi, gue haaauuus... tenggorokan gue sakiiit...
UGHHHH!!! Iya, bentar! Mima mematikan HP-nya. Riva dan Dena memandang Mima penasaran. Gue cabut dulu ya.
Riva dan Dena saling pandang bingung. Lho" Mo ke mana sih" tanya Riva penasaran.
Unexplainable!!! Nggak bisa dijelasin! Menyangkut hidup dan mati seseorang deh pokoknya. Sori ya"
Mima pun ngeloyor pergi, meninggalkan Riva dan Dena bengong.
Pintu kamar Inov nggak dikunci.
Mima meletakkan gelas berisi air putih di meja kecil di samping ranjang Inov. Air putihnya nih, Raden Pangeran Tuan Raja yang terhormat!
Inov yang meringkuk di balik selimut menggeliat pelan sambil mengerang pelan. Uhuk... uhuk... m-makasih, Mi.... suaranya serak-serak serem.
Mima menekan tombol lampu. Begitu lampu kamar terang, Mima bisa melihat dengan jelas Inov yang pucat, matanya yang sembap, dan bibirnya yang kering dan memutih. Releks Mima memegang dahi Inov. Waks! Panas banget!
Nov! Badan lo panas banget! Lo sakit apaan sih" Nov, Nov, serius deh, lo mendingan ke dokter. Panas lo kayaknya tinggi banget, Nov...
Inov menggeleng lemah. Lalu menatap Mima memohon. Nggak, Mi, jangan bilang siapa-siapa, ya" Gue... uhuk... cuma lu aja kok. Gue... uhuk... nggak mau Bunda khawatir... uhuk. Janji ya, Mi..."
Tapi, Nov, badan lo tuh panas banget! Lo yakin lo nggak pa-pa" tanya Mima cemas.
Inov mengangguk pelan. Gue... cuma perlu istirahat, Mi... Mima menyodorkan air putih yang dia bawa. Nih, katanya lo haus.
Mima baru aja mau membantu meminumkan air putihnya ke Inov, ketika Inov mengambil gelas itu dari tangan Mima. Makasih, Mi, uhuk... gue bisa sendiri.
Mima menatap ragu. Tapi akhirnya membiarkan Inov minum sendiri, lalu Mima bangkit dari duduknya.
Nov, asli, gue khawatir liat lo kayak gini. Tapi kalo lo nggak mau gue ngomong sama siapa-siapa ya udah. Gue ke kamar dulu ya" Kalo ada apa-apa langsung telepon HP gue ya, Nov" Gue serius!
Inov menatap Mima. Senyumnya tipis banget, tapi Mima tau Inov senyum.
Mima menutup pintu kamar Inov pelan. Kenapa ya gue bisa selemah ini sama Inov" Kenapa gue nggak pernah bisa menolak permintaan Inov" Hhhh... alasan Inov tentang bundanya terlalu ampuh. Terlalu sukses bikin gue nurut dan nggak tega. Semoga bener cuma lu biasa, doa Mima dalam hati.
M IMA mondar-mandir di depan meja makan. Kalau gini caranya bisa telat nih! Inov sih enak pelajaran pertamanya hari ini olahraga. Lah gue"! Lagian tadinya Mima udah mau kabur aja, pergi duluan. Kalau aja tadi Inov nggak SMS dan minta pergi bareng. Huh!
Mika menepuk pundak Mima. Begitu Mima noleh, mukanya berhadap-hadapan sama muka Mika yang keliatan panik dengan mulut menggigit roti tawar. Telat aku, Mi! Kamu ngapain masih di sini"! Siang, Mi! Ini udah siang! katanya panik sambil nunjuk-nunjuk jam tangan.
Dengan santai tapi sebel Mima mendorong Mika. Udah tau telat masih ngajak ngobrol orang! Sana duluan! Mika memandang Mima heran. Kamu"
Dengan muka setingkat lebih sebel, Mima menunjuknunjuk ke atas. Ke arah kamar Inov di loteng. Mika kelihatannya masih pengin tanya-tanya, tapi hari ini dia ulangan isika. Mika melesat pergi setelah sebelumnya melempar pandangan Sabar, yaa... ke arah Mima.
Nggak lama Inov keluar. Mata Mima yang tadinya melotot marah langsung berubah jadi kaget begitu melihat penampilan Inov yang kayak mayat hidup. Matanya sembap, bibirnya pucat, rambutnya kusut, jalannya sempoyongan.
Nov" Lo mandi nggak sih" Pertanyaan yang sangat nggak berperikemanusiaan itu meluncur dari mulut Mima.
Inov diam dan berjalan sempoyongan ke arah Mima. Uhuk! Uhuk! Batuk-batuk pula.
Mima jadi khawatir. Releks Mima meyentuh dahi Inov lagi. Ngecek. Waduh! Panasnya masih sama kayak tadi malam. Mima menatap Inov khawatir. Nov, lo masih sakit, ya" Lo udah minum obat belom, Nov" Lo yakin mo sekolah"
Inov batuk-batuk. Tapi nggak menjawab pertanyaan Mima. Cowok itu malah melirik jam tangannya, melirik Mima sekilas, lalu ngeloyor pergi. Kita telat...
HALOOO!!! Penguin kontet di Kutub Utara juga tau, kaliii!!! Mima buru-buru mengimbangi langkah Inov.
Baru juga jalan beberapa meter, tau-tau....
Uhuk! Uhuk! Uhuk!!! Kita ke... rumah sakit ya, Mi" Kita aja... raha uhuk! sia, ya, Mi" Inov batuk-batuk lagi. Menatap Mima, sambil mengerjap-ngerjap seolah Mima sekecil upil tikus sampe Inov nggak bisa liat dia, lalu memegang kepalanya dengan muka kesakitan, dan... BLUK! Jatuh pingsan di pelukan Mima.
NOV!!! Lo kenapa, Nov"! Bangun, Nov!!! Mima panik. Dan makin panik teringat kata-kata terakhir Inov tadi. Ke rumah sakit... KITA AJA"! Another secret nih" RAHASIA LAGIIII"! Mima makin kepayahan menopang Inov. Ceking-ceking ternyata Inov berat juga. Apalagi dia pingsan! Mudah-mudahan dia nggak mati. Tangan Mima melambai-lambai panik memanggil taksi yang lewat.
Sudah bisa dipastikan, hari ini dia tinggal pilih: mau ditulis alpa, sakit, atau izin di buku absennya.
Duuuhhh... Kikiii! Angkat dooong! Kayaknya dia udah missed call HP Kiki sekitar sembilan kali. Dan kalo yang ini juga nggak diangkat, berarti bakal genap ada sepuluh missed call di HP Kiki....
Halo"! Akhirnyaaa... suara Kiki ngos-ngosan menjawab telepon Mima.
Ki"! Kok ngos-ngosan"
Huuuh... udah deh. Gue lari dari kelas ke WC demi ngangkat telepon dari lo nih! Lo di mana, Mi" Lo nggak sekolah" Lo udah di-alpa tuh di jam pertama.
Siaaalll!!! Dapet alpa deh! A-aduuuh... gue telat ya nelepon lo" Ki, gue lagi di rumah sakit...
Ha"! Ngapain" Siapa yang sakit" Lo nggak kenapa-napa, kan" Lo ketabrak, Mi" Sama apa" Mobil" Bajaj" Sepeda ontel" Apa" Lo nggak pa-pa, kan"
Busyet! Merepeeet.... Tenang dong, Kiii! Dengerin dulu dong. Gue nganter Inov. Tadi pas mo berangkat sekolah dia pingsan...
Oke! Ntar gue bilangin deh biar absen lo izin, kan nganter orang sakit. Darurat. Jadi lo...
Nggak! Nggak! Jangan, Ki!
Kiki terdiam bingung. Jangan" Kok jangan"
Pokoknya jangan. Nggak ada yang boleh tau Inov masuk rumah sakit. Dan nggak ada yang boleh tau kalo gue nganter Inov ke rumah sakit. Ini rahasia. Inget ya, Ki: ra-ha-si-a..., ngerti"
Rahasia" Kiki melongo makin bingung. Rahasia" Kok bisa rahasia" Terus gimana"
Mima terdiam. Iya, ya" Gimana dong" Ehm, ya udah. Gue cuma ngasih tau lo doang. Bilangin aja sama Dena dan Riva, gue nggak masuk hari ini. Inget RA-HA-SI-A. Kasih tau mereka berdua juga ya.
Terus absennya" Mima terdiam lagi. Mikir. Akhirnya mutusin bunuh diri. Ya udah, biarin aja alpa.
... Halo, Ki" Kok diem"
Mi, sebenernya lo ada rahasia apa sih sama Inov" Nggak ada kok, Ki. Udah, ya" Inget pesen gue. Rahasia. Kiki makin bingung. Katanya nggak ada rahasia apa-apa. Terus kenapa ini harus dirahasiain" Aneh.
Klik. Kiki menatap HP-nya cemas.
Keluarga Satria November" Dokter celingukan di ambang pintu ruang periksa.
HAH"! Mima yang lagi ngelamun sambil duduk langsung releks berdiri. Satria November ya, Dok" Saya, Dok, saya...
Dokter berjas putih dan bermuka ramah itu menatap Mima heran. Dr. Prawiro. Begitu yang tertulis di papan namanya. Kamu... keluarganya Satria November" Orangtuanya mana"
Mampus! Mima panik dalam hati. Tapi dia harus tenang! Harus tenaaang! Eng, saya... saya... adiknya, Dok. Papa-Mama lagi keluar kota. Kakak saya gimana, Dok" Yakin seyakin-yakinnya, malaikat di bahu kiri Mima langsung sigap mencatat satu lagi kebohongan Mima. Daftar dosanya bakal makin panjang daripada gerbong kereta se-Jabotabek. Tuhaaan... ampuni akuuu! Jangan cemplungkan aku ke nerakaaa....
Dokter Prawiro manggut-manggut memandang Mima, lalu tersenyum ramah. Mari masuk..., Dokter Prawiro membimbing Mima masuk ke ruangan.
Inov terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Udah sadar. Cowok itu kelihatan pucat dan nggak berdaya. Mendadak Mima betul-betul bersyukur tadi Inov cuma pingsan, bukan mati. Melihat keadaannya sekarang, Inov kayak orang baru bangun dari koma. Mima mendekati Inov dengan panik. Lo... eh, Kakak nggak pa-pa"
Biarpun tergolek nggak berdaya, Inov sempet-sempetnya menatap Mima bingung karena dipanggil kakak .
Demi melihat Inov yang heran, Mima buru-buru mengirim kode dengan kalap. Kedipan mata, alis naik-turun, hidung kembang-kempis... pokoknya segala kode yang bisa dilakukan dengan muka sebelum Inov nyeletuk bego dan membocorkan semuanya ke Dokter Prawiro.
Akhirnya Inov mengangguk lemah. Uhuk... nggak pa-pa. Aku udah nggak pa-pa kok, Dik...
DIK"! Hahaha! Sekalian aja bilang adinda! Penting ya kalo dipanggil kakak , harus balas manggil dik "!
Mima menoleh ke Dokter Prawiro. Dok, eng, kakak saya udah boleh pulang, kan"
Dokter Prawiro mengusap dagunya serius. Begini, sebenarnya saat ini yang terbaik adalah kakak kamu dirawat di sini. Saya bisa kasih obat demam dan antibiotik untuk menghilangkan demamnya. Tapi saya rasa kakak kamu juga perlu melakukan rontgen. Hmm, saya khawatir ada penyakit yang nggak terdeteksi. Sebaiknya diperiksakan lebih lanjut, supaya bisa mendapat penanganan yang tepat dan segera.
Mima melotot panik. Jadi Inov beneran terancam penyakit parah dan bakal mati"!
Tapi itu baru kecurigaan saya. Makanya saya rekomendasikan untuk rontgen supaya lebih yakin, sambung Dokter Prawiro seperti membaca pikiran Mima.
Mima menatap Inov panik. Gimana dong, No eh, Kak" Mama sama Papa kan nggak ada"
Susah payah Inov berusaha bangun dan duduk. D-dok, saya... saya mau pulang dulu aja. Saya mau rontgen sama papa dan... mama saya. Boleh, Dok"
Dokter Prawiro kelihatan ragu, tapi akhirnya mengangguk. Ya sudah. Saya akan tulis resep buat kamu untuk sepuluh hari. Habiskan obatnya ya. Dan kalau dalam jangka waktu itu kamu merasa sakit lagi, segera kembali ke sini, ya" Jangan lupa, kamu harus segera rontgen.
Inov mengangguk lemah. Dokter Prawiro duduk di mejanya, lalu menulis resep dan surat pengantar ke lab. Mima dengan cemas duduk di hadapan Dokter Prawiro.
Ini. Langsung ditebus ya obatnya. Ini surat pengantar buat rontgen.
Mima memasukkan resep dan surat pengantar tersebut ke tas sekolahnya.
Dokter Prawiro berdiri dan menatap Inov yang masih terduduk lemah. Kamu yakin kuat untuk pulang" Inov mengangguk. Yakin, Dok. Saya kuat kok. Dokter Prawiro mengangguk. Baiklah kalau begitu. Saya tinggal, ya" Nanti buat urusan administrasinya bisa diurus sama Suster Tika, Dokter Prawiro menunjuk suster asistennya.
Mima melirik Inov yang bersandar lemah di jok taksi. Terus gimana nih, Nov" Lo denger kan kata Dokter" Lo harus rontgen. Nov, kita langsung rontgen aja yuk"
Inov membuka matanya pelan. Lalu menggeleng lemah. Nov! Lo jangan bikin gue susah dong, Nooov! Kalo lo kenapa-kenapa gue yang kena nih, soalnya gue kan tau semuanya! Malah dokternya ngomong sama gue! Nooov, kita rontgen, ya, sekarang"
Inov menatap Mima putus asa. Uangnya... dari mana, Mi" Mima tercenung. Barang sialan itu! Inov harus setor ke bandar-bandar gila itu! Dan artinya Mima juga! Karena kenaikan setoran yang diminta si bandar ceking dan norak itu sudah disanggupi Mima! Ugh! Terlibat narkoba emang terbukti nggak ada untungnya, cuma bawa sial doang! Inov dan Mima oicially bangkrut! Nggak punya duit! Kecuali...
Udahlah, Nov! Buat setoran itu ntar kita pikirin lagi, yang penting kesehatan lo dulu. Mima melirik sopir taksi. Takut si sopir menguping pembicaraan mereka. Lalu Mima mendekatkan bibirnya ke telinga Inov, bisik-bisik. Udah cukup ya Nov, gue rahasiain yang aneh-aneh. Tapi lo jangan tega mati di tangan gue dong! Please, Nov, lo harus rontgen. Kalo nggak demi lo, demi gue deh... ya"
Inov tercekat. Dia juga nggak mau Mima disalahin sama semua orang kalau ada apa-apa sama dia. Dan kalau sampe dia kenapa-kenapa, siapa yang bakal melindungi Mima dari bandar sialan itu"! Akhirnya Inov mengangguk. Mima menghela napas lega.
Gian celingukan di depan kelas Mima.
Kiki lari-lari kecil menghampiri Gian. Hei, Gi, eng... cari apa... eh siapa"
Gian langsung salting kepergok Kiki. Eng, aku... aku mau cari...
Mima" tebak Kiki kilat.
DEG! Muka Gian langsung merah padam. Ini nih yang namanya ketangkap basah. Lagian, entah kenapa Gian bener-bener makin hari makin sadar dia suka banget sama Mima yang cerewet, blakblakan, dan selalu gagal total kalau mau sok manis atau sok kalem. Gian jadi kangen sama Mima semenjak akhir-akhir ini dia jarang banget ketemu Mima. Padahal Mima udah setuju jadi panitia bazar sekolah. Padahal Gian berharap bakal sering ketemu di rapat-rapat panitia, eh...
Mima nggak masuk, Gi. Dia
Pergi sama Inov lagi" Gian nggak bisa nyembunyiin nada penasaran dan cemburu dalam suaranya, bikin Kiki jadi kaget.
Kiki menatap Gian kaku. Berusaha mencari-cari alasan biar bisa ngeles dengan mulus. Eng... justru... justru gue nggak tau tuh, Gi. Dia nggak masuk, tapi nggak bilang-bilang tuh, hehe... Ini sih bukan ngeles dengan mulus namanya, tapi mati ide!!!
Oh... kirain. Akhir-akhir ini perasaan Mima sering pergi sama Inov. Iya, kan"
Glek! Kiki menelan ludah panik. Mati gue! Pergi, Giaaan! Pergi dooong! Gue nggak bisa mikir niiihhh! pekik Kiki dalam hati.
Kiki diam. Gian diam. Mima ke mana ya" Masa sih Mima bolos" Kayaknya nggak mungkin deh.
Eng, ya udah, gue... gue mo ke kantin dulu ya, Gi" Kiki buru-buru kabur.
Ki! Tunggu! Ngapain Gian ngejer gueee?"" Sambil meringis, Kiki menatap Gian. Iya, Gi" Kenapa lagi"
Gian kelihatan gelisah dan ragu-ragu ngomong sama Kiki. Lupa ya, Gi"
Gian menggeleng. Nggak, nggak, bukan lupa... Gatel"
Gian menjatuhkan tangannya yang nggak sadar garukgaruk kepala. Bu-bukan, Ki...
Nggak jadi ngomong" tebak Kiki lagi. Ngarep. Gian langsung gelagapan. Ja-jadi, jadi, Ki. Jadi. Ad-duuuuh! Jadi, lagi. Kenapa nggak jadi aja sih"! Kiki nyengir maksa. Apa"
Ki, Mima... eh... Mima sama Inov... eng... Mima sama Inov pacaran"
Wah! Gian beneran suka nih kayaknya sama Mima. Kiki menggeleng. Yang ini dia tau pasti jawabannya. Setau gue sih nggak.
Gian menghela napas lega. Syukur deh. Hah" Apa, Gi"
Nggak, Ki, nggak. Ya udah, makasih ya. Eh, Ki, tolong bilangin Mima ya, gue nyariin. Soal rapat panitia bazar. Kiki mengernyit. Kenapa nggak telepon sendiri aja" Oh iya, ya" Kenapa nggak nelepon sendiri aja" Plak! Gian menepuk jidatnya sendiri.
Iya, kaaan" desak Kiki rese, lalu melenggang meninggalkan Gian yang berkutat dengan HP-nya.
Mima menatap layar HP-nya. Nama Gian berkedap-kedip. Separo hatinya betul-betul pengin menjawab telepon itu. Ngobrol sama Gian, cowok yang bener-beneeerrr Mima suka. Bayangin aja, setelah sekian lama, akhirnya dia bisa makin deket sama Gian! Tapi separo hatinya yang lain ngotot melarang Mima supaya nggak ngangkat telepon dari Gian. Habis ntar Mima mau ngomong apa coba, kalau Gian tanya dia di mana" Mima kayaknya nggak bisa bohong sama Gian. Gimana coba kalo dia ketauan bohong sama Gian"
Mima melirik Inov yang tertidur setelah rontgen tadi. Mima menghela napas lalu memasukkan HP-nya yang berkedipkedip ke tas. Ini demi lo nih, Nov!
Gian mematikan HP-nya dengan kecewa. Melamun sejenak. Ke mana ya Mima" Apa dia sama Inov lagi"


Satria November Karya Mia Arsjad di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Gian mengetik SMS buat Mima.
Mima, km kmn hr ini" Ak t d nyari km k kls.
Kt udh mo mulai rapat bazar. Km baik2 aj a kan"
Mima menatap SMS dari Gian dengan putus asa. Sori, Gi, soriii banget.
G IAN! Mima berlari-lari kecil menyamai langkah Gian menuju gerbang sekolah. Gian keliatan girang melihat Mima. Tapi langsung agak kecewa karena teringat telepon dan SMS-nya nggak dibalas. Mima.
Duuuh... kok Gian mukanya gitu sih" Pasti gara-gara kemaren nih. Gi, aku mo ngomong sama kamu.
Biarpun kelihatan agak maksa, Gian tetap tersenyum manis seperti biasa. Ya, Mi, ada apa" Kamu terima missed call sama SMS aku kemaren"
Tuh, kaaan.... Eng, iya terima. Justru itu, Gi. Sori ya... kemaren aku nggak ngangkat telepon sama bales SMS kamu. Kemaren mendadak banget soalnya, eng, Mika... demam. Jadi gue nganter Mika ke rumah sakit. Sori, ya"
Gian ngangguk, kelihatan lega. Iya, nggak pa-pa lagi, Mi. Nyantai aja. Aku cuma pengin ngasih tau kamu rapat-rapat panitia bazar bakal segera dimulai. Aku... pengin banget kamu datang. Muka Gian memerah dan kelihatan salting sendiri.
Mima jadi salting juga. Kamu mau datang kan, Mi"
Mima mengangguk cepat. Iya, mau, mau... pastilah mau, masa nggak" Aku dateng lah, pasti dateeeng..., jawabnya terlalu semangat. Makin kentara deh Mima juga salting.
Gian mengulum senyum senang melihat Mima salting begitu di depan dia.
Aku seneng banget, Mi, kalo kamu bisa dateng rapat. Eh, yang lain juga pasti seneng sih, soalnya...
Lho"! Siapa tuh cewek yang ngomong sama Inov di depan gerbang" Kok kelihatan merengek-rengek gitu" Lho kok..." Kok kayak mo nangis gitu" Ih! Ngapain tuh narik-narik tangan Inov gitu"! Lho... lho... kenapa Inov nyeret dia menjauh dari situ" Eng... sambil dipeluk pula"! Siapa sih tuh cewek"! Gi, sori, aku mesti pergi nih....
Gian yang lagi nyerocos mendadak bengong. Eng... eh, kenapa, Mi..."
Mima makin gelisah sekaligus nggak enak sama Gian. Sosori banget ya, Gi" Tapi aku pasti datang rapat kok. Sori ya, Gi, sori.... Aku pergi dulu, Gi.... Mima melesat pergi.
Gian terdiam bingung. Tapi agak bisa menebak, soalnya dia juga sempat melihat Inov sama cewek itu. Gian mengembuskan napas masygul. Apa mungkin Mima bener-bener ada perasaan sama Inov ya" Gian menatap kepergian Mima setengah putus asa. Tapi kan belum tentu juga" Dalam hati Gian menghibur diri sendiri.
Mima celingukan di depan gerbang sekolah. Mana sih"! Ngumpet di mana ya mereka berdua" Makin hari Mima makin nggak bisa nggak ikut campur urusan Inov. Apalagi setelah semakin banyak rahasia penting soal Inov yang dia tahu. Belum lagi pake acara ngangkut dia ke rumah sakit segala!
Mima merasa bertanggung jawab atas Inov. Dan Inov juga jelas HARUS bertanggung jawab atas Mima. Karena kalo ada apa-apa, siapa yang duluan keseret, coba" MIMA! So pasti itu!
Aku kan udah bilang sama kamu, berhenti! Kenapa sih kamu nggak mau dengerin aku"! Berhenti, Ra, berhenti!
Lho" Itu suara Inov, kan" Tapi kok ngomongnya lancar dan panjang gitu ya" Mima mencari-cari asal suara.
Nov, please, Nooov, pleaseeee... kamu kan tau mereka gimanaaa"
DHUAAG! Mima mendengar sesuatu dihantam keras. Hmm, kayaknya suaranya berasal dari balik halte butut dekat sekolah yang sepi. Mima buru-buru ke situ. Voila! Inov dan cewek yang tadi dia panggil Ra memang ada di situ. Inov mencengkeram kedua pergelangan tangan cewek itu dan menatapnya tajam.
Ehem, Inov... Mima" Inov menoleh cepat, secepat dia melepas genggamannya dari tangan cewek itu. Lo ngapa
Mima memutar bola matanya sebal. Lo yang ngapain ribut-ribut di sini" Tukang siomay mangkal juga bisa denger, tau! sembur Mima, nggak meduliin cewek bernama Ra yang tampak bingung dengan mata sembap, berleleran air mata dan... ingus! Ih!
Nooov..., rengek cewek itu memelas. Untuk ukuran cewek dia lumayan tinggi. Dan cantik. Kalau saja dia nggak ceking kayak tengkorak di laboratorium sekolah. Mana matanya juga cekung kayak nggak tidur tiga kali puasa tiga kali Lebaran. Standar... nungguin Bang Toyib pulang.
Inov menarik tangan itu mendekat ke Mima, lalu menatap Mima pasrah. Mi, kenalin. Ini Saira. Saira... mantan cewek gue.
Saira keliatan kaget dan shock waktu Inov bilang mantan cewek gue . Tapi cewek ceking itu tetep mengulurkan tangannya ke Mima. Sa-Saira.
Mima. Saira menatap Inov minta penjelasan atas jawaban Mima yang pendek.
Dia anak sahabat Bunda. Aku tinggal di rumahnya sekarang. Sekolah di sini sama-sama dia.
Mima senyum basa-basi. Ternyata Inov bisa juga ber-akukamu dan ngomong panjang tanpa harus bermuka dingin kayak biasanya. Katanya mantan, tapi kok tatapannya masih penuh cinta begitu sih"! Mima merogoh-rogoh tasnya. Menyodorkan tisu ke Saira yang keliatannya butuh tisu lebih dari apa pun juga di dunia ini. Sekarang mukanya benerbener berantakan!
Mo cuci muka juga nggak" Gue bawa air minum nih, bisa dipake, ujar Mima sadis. Mulutnya memang ember dan nggak bisa ditahan. Ini aja udah sedikit pasang rem. Kalau dilepas, sebetulnya dia pengin bilang, Muka lo jelek banget, ingusnya juga kayaknya lengket . Tapi kayaknya itu terlalu kejam.
The Absolute 2 Sherlock Holmes - Petualangan Tiga Garrideb Si Rase Hitam 2

Cari Blog Ini