Ceritasilat Novel Online

Batu Bertuah 1

Harry Potter Dan Batu Bertuah Karya J.k. Rowling Bagian 1


Harry Potter dan Batu Bertuah
J.K. Rowling untuk Jessica, yang menyukai cerita, untuk Anne, yang juga menyukainya, dan untuk Di, yang pertama mendengar cerita ini.
1 ANAK LAKI LAKI YANG BERTAHAN HIDUP
Mr dan Mrs Dursley yang tinggal di Privet Drive nomer empat bangga menyatakan diri mereka orang-orang yang normal, untunglah. Mereka tak bisa di harapkan terlibat dengan sesuatu yang ajaib atau misterius, karena mereka sama sekali tidak percaya omong kosong seperti itu.
Mr Dursley adalah direktur Grunnings, perusahaan yang memproduksi bor. Dia laki-laki yang besar gemuk, nyaris tanpa leher, walaupun kumisnya besar sekali. Mrs Durslety berambut pirang, lehernya dua lili panjang leher biasa. Baginya ini menguntungkan, karena kegemarannya adalah menjulurkan leher di alas pagar-pagar, untuk mengintip para tetangga. Suami istri Dursley mempunyai seorang anak lelaki kecil bernama Dudley dan menurut pendapat mereka, didunia ini tidak ada anak lain sehebat Dudley.
Keluarga Dursley memiliki segalanya yang mereka inginkan, tetapi mereka juga punya rahasia, dan ketakutan terbesar mereka adalah, kalau ada orang yang mengetahui rahasia ini.
Mereka pikir mereka pasti lak tahan kalau sampai ada yang tahu tentang keluarga Potter. Mrs Potter adalah adik Mrs Dursley, tetapi sudah bertahun-tahun mereka tidak bertemu. Mrs Dursley malah berpura-pura tidak punya adik, karena adiknya dan suaminya yang tak berguna itu tak layak sama sekali menjadi
kerabat keluarga Dursley. Mr dan Mrs Dursley bergidik memikirkan apa kata tetangga mereka jika keluarga Potter muncul dijalan mereka. Keluarga Dursley tahu bahwa keluarga Potter juga punya seorang anak laki-laki kecil, tetapi mereka belum pernah melihatnya. Anak ini salah satu alasan bagus lain kenapa mereka tak mau dekat-dekat keluarga Potter. Mereka tak ingin Dudley bergaul dengan anak seperti itu.
Ketika Mr dan Mrs Dursley bangun pada hari Selasa pagi yang mendung saat cerita kita ini mulai, tak ada tanda-tanda di langit berawan di luar bahwa akan terjadi hal-hal misterius dan aneh di seluruh negeri. Mr Dursley bersenandung ketika dia mengambil dasinya yang sangat membosankan untuk dipakainya bekerja, dan Mrs Dursley bergosip riang seraya berkutat dengan Dudley yang menjerit-jerit dan mendudukkan anak itu di kursinya yang tinggi. Tak seorang pun dari mereka melihat seekor burung hantu besar kuning kecokelatan terbang melintasi jendela. Pukul setengah sembilan Mr Dursley memungut tas kerjanya, mengecup pipi Mrs Dursley dan mencoba mengecup Dudley, tapi gagal, sebab sekarang Dudley ngadat dan melempar-lempar serealnya ke dinding. "Dasar anak-anak," senyum Mr Dursley sambil masuk ke mobilnya dan memundurkannya keluar dari garasi rumah nomor empat. Di sudut jalanlah pertama kalinya dia menyadari ada suatu yang aneh-seekor kucing membaca peta. Sekejap Mr Dursley tidak menyadari apa yang telah dilihatnya-kemudian dia menoleh untuk melihat sekali lagi. Ada kucing betina berdiri di ujung Jalan Privet Drive, tapi sama sekali tak kelihatan ada peta.
Rupanya tadi cuma khayalannya. Pasti itu tipuan cahaya. Mr Dursley mengejapkan mata dan memandang ulang kucing itu.
Si kucing balas memandangnya, Saat Mr Dursley berbelok di sudut dan meneruskan perjalanan, dia memandang kucing itu lewat kaca spionnya. Kucing itu sekarang sedang membaca
papan jalan yang bertuliskan Privet Drive-bukan, bukan membaca melainkan memandang papan jalan itu, kucing itu tidak bisa membaca peta atau papan jalan. Mr Dursley menggelengkan kepalanya dan mencoba melupakan kucing itu. Selama mengendarai mobilnya ke kota, yang dipikirkannya hanyalah pesanan bor dalam jumlah besar yang akan didapatnya hari itu.
Tetapi menjelang masuk kota, bor tergusur keluar dari pikirannya oleh sesuatu yang lain. Sementara terjebak macet seperti biasanya, dia melihat banyak orang berpakaian aneh.
Orang-orang yang memakai jubah. Mr Dursley tak tahan melihat orang yang berpakaian aneh-aneh-dandanan anakanak muda jaman sekarang! Dia kira jubah bloon ini sedang mode. Dia mengetuk-ngetukkan jarinya pada kemudi mobil dan matanya menatap serombongan orang aneh yang b
erdiri cukup dekat. Mereka sedang berbisik- bisik dengan tegang. Mr Dursley sebal sekali melihat bahwa dua di antara mereka sama sekali tidak muda lagi. Yang pakai jubah hijau zamrud itu bahkan lebih tua dari dia! Kelewatan benar! Tetapi kemudian terlintas di benaknya bahwa mereka mungkin sengaja berdandan seperti itu-mereka pastilah sedang mengumpulkan dana entah untuk apa-ya, pasti begitu. Kendaraan-kendaraan mulai bergerak, dan beberapa menit kemudian Mr Dursley tiba di tempat parkir Grunnings, pikirannya kembali dipenuhi bor.
Mr Dursley selalu duduk membelakangi jendela di kantornya di lantai sembilan. Jika tidak, mungkin sulit baginya untuk berkonsentrasi pada bor pagi itu. Dia tidak melihat burungburung hantu terbang berseliweran di siang hari, meskipun orang-orang lain dijalan melihatnya. Orang-orang itu melongo dan menunjuk-nunjuk ketika burung-burung hantu tak putus-putusnya beterbangan Sebagian besar dari mereka belum pernah melihat burung hantu, di malam hari sekalipun. Tetapi Mr Dursley melewatkan pagi yang normal, tanpa gangguan burung hantu. Dia berteriak pada lima orang yang berbeda. Dia
melakukan beberapa pembicaraan telepon penting dan berteriak beberapa kali lagi. Hatinya sedang senang, sampai waktu makan siang, ketika dia memutuskan akan melemaskan kaki dan berjalan ke toko kue di seberang jalan. Dia sudah lupa sama sekali pada orang-orang berjubah, sampai dia melewati serombongan lagi di sebelah toko kue. Dia mendelik gusar kepada mereka. Dia tidak tahu kenapa, tetapi mereka membuatnya resah. Rombongan yang ini juga berbisik-bisik tegang dan dia sama sekali tidak melihat satu pun kotak pengumpul dana. Saat melewati mereka lagi dalam perjalanan kembali ke kantor, dia mendengar beberapa kata yang mereka ucapkan. "Keluarga Potter, betul, begitu yang kudengar..." "... ya, anak mereka, Harry..."
Mr Dursley langsung berhenti. Ketakutan melandanya. Dia menoleh memandang mereka yang berbisik- bisik itu, seakan mau mengatakan sesuatu, tetapi tidak jadi.
Dia cepat-cepat menyeberang jalan, bergegas naik ke kantornya, dengan galak menyuruh sekertarisnya agar tidak mengganggunya, menyambar teleponnya, dan sudah hampir selesai menghubungi nomor rumahnya ketika dia berubah
pikiran. Dia meletakkan kembali gagang telepon dan mengelus-elus kumisnya sambil berpikir... tidak, dia bodoh. Potter bukan nama yang tidak umum. Dia yakin ada banyak orang bernama Potter yang mempunyai anak bernama Harry. Kalau dipikir-pikir lagi, dia malah tidak yakin keponakannya bernama Harry.
Dia bahkan belum pernah melihat anak itu. Siapa tahu namanya Harvey. Atau Harold. Tak ada gunanya membuat cemas Mrs Dursley. Dia selalu jadi cemas kalau nama adiknya disebutsebut. Mr Dursley tidak menyalahkannya- kalau dia sendiri punya adik seperti itu... tapi, orang-orang yang memakai jubah itu...
Sulit baginya untuk berkonsentrasi pada bor sore itu, dan ketika meninggalkan kantornya pada pukul lima sore, dia masih cemas sehingga menabrak orang di depan pintu.
"Maaf," gumamnya, ketika laki-laki tua yang ditabraknya terhuyung nyaris jatuh. Sesaat kemudian baru Mr Dursley menyadari, laki-laki itu memakai jubah ungu. Dia kelihaiannya sama sekali tidak marah ditabrak sampai hampir jatuh. Sebaliknya, dia malah nyengir lebar dan berkata dengan suara melengking yang membuat orang-orang yang lewat menoleh,
"Jangan minta maaf, Sir, karena tak ada yang bisa membuatku marah hari ini! Bergembiralah, karena Kau-Tahu-Siapa telah pergi akhirnya! Bahkan Muggle seperti Anda pun harus ikut merayakan hari yang amat sangat membahagiakan ini!"
Dan laki-laki tua itu memeluk pinggang Mr Dursley, lalu pergi.
Mr Dursley berdiri terpaku di tempatnya. Dia baru saja dipeluk oleh orang yang sama sekali asing. Seingatnya dia juga disebut Muggle, entah apa artinya itu. Dia jadi bingung. Dia bergegas ke mobilnya dan pulang, berharap bahwa semua tadi hanya khayalannya. Ini sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya, karena dia orang yang tak suka berkhayal. Ketika mobilnya meluncur masuk ke pekarangan rumah nomor empat, yang pertama kali dilihatnya- dan ini tidak membuatnya bertambah
lega-adalah kucing betina yang telah dilihatnya pagi tadi. Kucing itu sekarang duduk di atas tembok pekarangannya. Mr Dursley yakin itu kucing yang sama. Dia punya tanda yang sama di sekeliling kedua matanya.
"Shuh!" Mr Dursley mengusirnya.
Kucing itu tidak bergerak. Dia malah menatap galak Mr Dursley. Apa ini perilaku normal kucing" pikir Mr Dursley. Sambil berusaha menenangkan diri, dia masuk rumah. Dia masih bertekad tidak akan mencitakan apa-apa kepada istrinya.
Mrs Dursley melewatkan hari yang normal dan menyenangkan. Saat makan malam dia bercerita kepada Mr Dursley tentang ibu tetangga yang punya masalah dengan anak perempuannya dan bahwa Dudley sudah bisa ngomong kalimat baru ("Tak mau!"). Mr Dursley berusaha bersikap biasa. Ketika Dudley sudah ditidurkan, Mr Dursley ke ruang keluarga untuk mendengarkan kabar terakhir dalam berita malam.
Dan akhirnya, para pengamat burung dari segala tempat melaporkan bahwa burung hantu di seluruh negeri bersikap aneh sekali hari ini. Meskipun burung hantu normalnya berburu di malam hari dan jarang terlihat di siang hari, ratusan orang melihat burung-burung hantu beterbangan ke segala penjuru sejak matahari terbit. "Para ahli tidak dapat menjelaskan kenapa para burung hantu mengubah pola tidur mereka." Pembawa berita tersenyum. "Sungguh aneh. Dan sekarang, kita bergabung dengan Jim McGuffin yang akan menyampaikan ramalan cuaca. Malam ini akan hujan burung hantu lagi, Jim""
"Wah, Ted," kata si peramal cuaca, "aku tak tahu tentang itu, tetapi bukan cuma burung hantu yang bersikap aneh hari ini.
Para pemirsa sampai sejauh Kent, Yorkshire, dan Dundee bergantian meneleponku untuk memberitahu bahwa alih-alih hujan seperti yang kuramalkan kemarin, yang mereka dapat adalah bintang-bintang jatuh! Mungkin orang-orang merayakan Bonfire Night lebih awal-padahal pesta kembang api seharusnya baru minggu depan, para pemirsa! Tetapi malam ini bisa dipastikan hujan akan turun!"
Mr Dursley terenyak di kursi-berlengannya. Bintang jatuh di seluruh Inggris" Burung-burung hantu beterbangan di siang hari"
Orang-orang misterius berjubah di mana-mana" Dan bisik-bisik, bisik-bisik tentang keluarga Potter...
Mrs Dursley masuk ruang keluarga membawa dua cangkir teh. Percuma. Dia harus mengatakan sesuatu kepada
istrinya. Mr Dursley berdeham panik. "Ehm- Petunia sayangbelakangan ini ada kabar apa dari adikmu""
Seperti dugaannya, Mrs Dursley kelihatan kaget dan marah.
Yah, biasanya kan mereka berpura-pura dia tidak punya adik.
"Tidak ada," jawabnya ketus, "Memangnya kenapa""
"Ada berita aneh tadi," gumam Mr Dursley. "Burung hantu...
bintang jatuh... dan ada banyak orang bertampang aneh dijalan hari ini."
"Jadi"" tukas Mrs Dursley.
"Yah, aku cuma berpikir... mungkin... ada kaitannya dengan... kau tahu, kan... kelompoknya."
Mrs Dursley menyeruput tehnya dengan bibir cemberut. Mr Dursley mempertimbangkan, beranikah dia memberitahu istrinya bahwa dia telah mendengar nama Potter disebut-sebut.
Dia memutuskan tidak berani saja. Sebagai gantinya dia berkata sebiasa mungkin, "Anak mereka-seumuran Dudley, kan""
"Kayaknya sih," kata Mrs Dursley kaku.
"Siapa ya, namanya" Howard, kan""
"Harry. Nama jelek dan kodian, menurutku."
"Oh, ya"' kata Mr Dursley hatinya mencelos. "Ya, aku setuju."
Dia tak lagi menyinggung-nyinggung masalah itu ketika mereka naik ke kamar tidur. Sementara Mrs Dursley di kamar mandi, Mr Dursley merayap ke jendela kamar dan mengintip ke halaman depan. Kucing itu masih ada. Dia sedang menatap ke jalanan, seakan menunggu sesuatu.
Apakah ini hanya khayalannya" Mungkinkah semua ini ada hubungannya dengan keluarga Potter" Kalau belul begitu...
kalau sampai bocor bahwa mereka masih kerabat pasangan... wah, dia tak akan tahan.
Suami-istri Dursley naik ke tempat tidur. Mrs Dursley segera tertidur, tetapi Mr Dursley tidak. Dia memikirkan segala kemungkinan. Pikiran terakhir dan menenangkan sebelum dia tertidur adalah, seandainya pun keluarga Potter memang terlibat, tak ada alasan bagi mereka untuk datang ke tempat keluarga Dursley. Mereka tahu bagaimana pendapat dirinya dan Mrs Dursley mengenai mereka dan je
nis mereka... Mr Durley tak melihat bagaimana dia dan Petunia bisa terlibat dengan entah apa yang sedang berlangsung ini. Dia menguap dan berbalik. Semua itu tak akan mempengaruhi mereka...
Betapa kelirunya dia. Mr Dursley mungkin saja bisa tidur, walau tak nyenyak, tetapi kucing di atas tembok di luar sama sekali tak menunjukkan tanda-tanda mengantuk. Dia duduk diam bagai patung, matanya memandang tanpa kedip ke sudut Privet Drive di kejauhan. Ketika ada pintu mobil digabrukkan dijalan sebelah, dia tetap bergeming. Begitu juga ketika ada dua burung hantu melayang di atasnya. Kucing itu baru bergerak menjelang tengah malam. Seorang laki-laki muncul di sudut yang diawasi si kucing.
Kemunculannya begitu mendadak dan tanpa suara, sehingga kau akan mengira dia muncul begitu saja dari dalam tanah. Ekor si kucing bergerak dan matanya menyipit.
Belum pernah ada orang semacam ini di Privet Drive. Dia tinggi, kurus, dan sudah tua sekali, kalau dilihat dari rambut dan jenggot putihnya yang cukup panjang untuk diselipkan di ikat pinggangnya. Dia memakai jubah ungu panjang yang menyapu jalan dan sepatu bot bergesper dengan hak tinggi. Matanya biru terang dan bercahaya di balik kacamatanya yang berbentuk bulan-separo dan hidungnya panjang serta bengkok, seakan sudah pernah patah paling tidak dua kali. Nama laki-laki ini Albus Dumbledore.
Albus Dumbledore tampaknya tidak menyadari bahwa dia baru saja tiba dijalan tempat segala sesuatu dari namanya sampai sepatunya tidak diinginkan. Dia sibuk memeriksa jubahnya, mencari sesuatu. Tetapi tampaknya dia sadar dia diawasi, karena mendadak saja dia mendongak memandang si kucing, yang masih memandangnya dari ujung lain jalan. Entah karena apa, melihat kucing ini dia tampak geli. Dia berdecak dan bergumam, "Seharusnya aku tahu."
Dia sudah menemukan apa yang dicarinya di kantong sebelah dalam. Ternyata korek api perak. Dibukanya, diangkatnya ke udara, lalu dinyalakannya. Lampu jalan terdekat padam dengan bunyi pop pelan.
Dinyalakannya lagi, lampu berikutnya ikut padam. Dua belas kali ia menyalakan Pemadam-Lampu, sampai cahaya yang tinggal hanyalah dua sorot kecil mungil di kejauhan, yaitu mata si kucing yang meng-awasinya. Jika ada orang yang melongok keluar dari jendela sekarang, bahkan si mata-tajam Mrs Dursley Mungkin tidak akan melihat apa yang sedang terjadi di trotoar. Dumbledore menyelipkan Pemadam-Lampu ke dalam jubahnya lagi dan berjalan menuju rumah nomor empat. Setiba di sana dia duduk di sebelah si kucing. Dumbledore tidak memandangnya, tetapi setelah beberapa saat dia mengajaknya bicara. "Tak disangka kita bertemu di sini ya, Profesor McGonagall"
Dia menoleh untuk tersenyum pada si kucing betina, tetapi kucing itu sudah tak ada. Alih-alih kucing, dia tersenyum
pada wanita bertampang agak galak yang memakai kacamata persegi, persis bentuk vang melingkari mata si kucing.
Wanita itu juga memakai jubah, warnanya hijau zamrud. Rambut hitamnya digelung ketat. Dia kelihatan bingung.
"Bagaimana kau bisa tahu kucing itu aku"" tanyanya.
"Profesorku, belum pernah aku melihat kucing yang duduk begitu kaku."
"Kau pun akan kaku kalau sudah duduk di tembok bata seharian," kata Profesor McGonagall.
"Seharian" Padahal seharusnya kau bisa merayakan liari gembira ini" Aku melewati paling tidak selusin pesta dan
perayaan dalam perjalanan kemari."
Profesor McGonagall mendengus marah.
"Oh ya, semua merayakan," katanya tak sabar. "Kaupikir mereka akan lebih hati-hati, tetapi tidak- bahkan para Muggle pun merasa ada sesuatu yang sedang terjadi. Itu disiarkan di warta berita mereka." Dia mengedikkan kepalanya ke arah jendela ruang keluarga Dursley yang gelap. "Aku mendengarnya. Rombongan burung hantu... bintang jatuh...
Nah, mereka kan tidak bego. Keanehan ini menarik perhatian mereka. Bintang jatuh di Kent-aku berani bertaruh itu Dedalus Diggle. Dari dulu dia kurang perhitungan."
"Kau tak bisa menyalahkan mereka," kata Dumbledore lembut. "Tak ada yang benar-benar bisa kita rayakan selama sebelas tahun ini."
"Aku tahu," kata Profesor McGonagall jengkel. "Tapi itu bukan alasan bagi kita untuk lupa diri. Ora
ng- orang ceroboh sekali, berkeliaran dijalan di siang bolong, bahkan tidak memakai pakaian Muggle, bertukar gosip." Dia melirik tajam Dumbledore, seakan berharap Dumbledore akan memberitahunya sesuatu, tetapi ternyata tidak, maka dia meneruskan, "Bagus sekali jika pada hari Kau-Tahu-Siapa akhirnya menghilang, bangsa Muggle akhirnya juga tahu tentang kita. Kira-kira dia betul sudah pergi, Dumbledore""
"Kelihatannya begitu," kata Dumbledore. "Banyak yang harus kita syukuri. Kau mau permen jeruk"" "Apa""
"Permen jeruk. Permen Muggle yang kusukai."
"Tidak, terima.." kata Profesor McGonagall dingin, seakan menurut dia ini bukan saatnya untuk makan permen jeruk. "Seperti kukatakan, bahkan jika 'Kau-Tahu-Siapa' sudah pergi..."
"Profesorku yang baik, tentunya orang bijaksana seperti kau bisa menyebut namanya" Segala omong-kosong 'Kau-Tahu-Siapa'-selama sebelas tahun aku sudah berusaha membujuk orang-orang agar menyebutnya dengan namanya yang sebenarnya: Voldemort." Profesor McGonagall berjengit, tetapi Dumbledore, yang sedang membuka bungkus
dua permen jeruk, kelihatannya tidak tahu. "Jadi sangat membingungkan jika kita selalu berkata 'Kau-Tahu-Siapa'. Aku tak melihat alasan kita harus takut menyebut nama Voldemort."
"Aku tahu," kata Profesor McGonagall, kedengarannya setengah putus asa, setengah kagum. "Tetapi kau lain. Semua tahu kau satu-satunya yang ditakuti si Kau-Tahu-oh, baiklah, Voldemort." *Kau membuatku tersanjung," jawab Dumbledore tenang. "Voldemort memiliki kekuatan yang tak akan pernah kumiliki." "Hanya karena kau terlalu-yah, mulia untuk menggunakannya."
"Untung sekarang gelap. Belum pernah mukaku semerah ini sejak Madam Pomfrey mengatakan dia menyukai tutup telingaku yang baru."
Profesor McGonagall memandang tajam Dumbledore dan berkata, "Burung-burung hantu itu bukan apa-apa dibanding dengan kabar burung yang tersebar. Kau tahu apa yang dikatakan semua orang" Tentang alasan kenapa dia menghilang"
Tentang apa yang akhirnya menghentikannya""
Kelihatannya Profesor McGonagall telah mencapai pokok masalah yang ingin sekali didiskusikannya, alasan kenapa dia duduk menunggu di atas tembok keras dingin sepanjang hari, karena tidak sebagai kucing ataupun sebagai perempuan dia pernah memandang Dumbledore setajam sekarang. Jelas bahwa apa pun yang dikatakan "semua orang", tak akan dipercayainya sampai Dumbledore mengadakan kepadanya bahwa itu benar. Tapi Dumbledore malah memilih permen jeruk yang lain dan tidak menjawab.
"Apa yang mereka katakan," dia meneruskan, "adalah bahwa tadi malam Voldemort muncul di Godric's Hollow. Dia datang mencari keluarga Potter. Menurut gosip, Lily dan James Potter sudah-sudah-mereka sudah meninggal." Dumbledore menundukkan kepalanya. Profesor McGonagall memekik kaget. "Lily dan James... tak bisa kupercaya... aku tak mau percaya... Oh, Albus..."
Dumbledore mengulurkan tangan dan membelai bahu Profesor McGonagall. "Aku tahu... aku tahu...," katanya sedih. Suara Profesor McGonagall bergetar ketika dia meneruskan,
"Itu belum semua. Kata mereka dia mencoba membunuh anak keluarga Potter, Harry. Tetapi- dia tidak bisa. Dia tidak berhasil membunuh anak kecil itu. Tak ada yang tahu kenapa atau bagaimana, tetapi mereka bilang, bahwa ketika dia gagal membunuh Harry Potter, kekuatan Voldemort punah- dan itulah sebabnya dia menghilang." Dumbledore mengangguk tanpa bicara.
"Jadi-jadi betul"" Profesor McGonagall tergagap. "Setelah semua yang dilakukannya... semua orang yang telah dibunuhnya... dia tak bisa membunuh anak yang boleh dikatakan masih bayi" Sungguh mengherankan... mengingat segala upaya untuk menghentikan sepak terjangnya... tetapi bagaimana mungkin Harry bisa bertahan"" "Kita cuma bisa menduga," kata Dumbledore. "Kita mungkin tak akan pernah tahu."
Profesor McGonagall menarik sehelai saputangan sutra dan mengusap mata di balik kacamatanya. Dumbledore menyedot hidung keras sambil mengambil jam emas dari dalam sakunya dan memandangnya. Jam itu sudah sangat tua. Jarumnya ada dua belas, tetapi tidak ada angkanya. Sebagai gantinya, planet-planet kecil bergerak mengitari tepinya. Tapi Dumbledore pa
sti bisa mengartikannya, karena dia mengembalikan jam itu ke sakunya dan berkata, "Hagrid terlambat. Kurasa dia yang memberitahumu bahwa aku akan ada di sini, kan""
"Ya," jawab Profesor McGonagall. "Dan kurasa kau lulak akan memberitahuku kenapa kau sampai berada disini" "Aku datang untuk mengantar Harry kepada bibi dan pamannya. Hanya merekalah keluarganya yang tinggal sekarang."
"Kau tidak-yang kaumaksudkan tak mungkin urang-orang yang tinggal di sini"" seru Profesor McGonagall seraya melompat berdiri dan menunjuk rumah nomor empat. "Dumbledore-j angan.
Aku sudah mengamati mereka sepanjang hari. Takkan bisa kautemukan dua orang yang sangat berbeda dari kita seperti mereka. Dan mereka punya anak- kulihat anak ini menendang-nendang ibunya sepanjang jalan ini, menjerit-jerit minta permen. Harry Potter akan tinggal di sini"" "Ini tempat paling baik untuknya," kata Dumbledore tegas.
"Bibi dan pamannya akan bisa menjelaskan segalanya kepadanya kalau dia sudah lebih besar. Aku sudah menulis surat kepada mereka."
"Surat"" Profesor McGonagall mengulangi dengan lesu, kembali duduk di atas tembok. "Astaga, Dumbledore, kaupikir
kau bisa menjelaskan semua ini dalam surat" Orang-orang ini tak akan pernah memahami Harry! Dia akan jadi orang terkenal-jadi legenda-aku tak akan heran jika di masa depan nanti, hari ini akan dijadikan Hari Harry Potter- akan ada buku-buku tentang Harry yang ditulis- semua anak di dunia kita akan mengenal namanya!" "Justru itu," kata Dumbledore, memandang dengan sangat serius di atas lensa kacamatanya yang ber-bentuk bulan-separo.
"Semua itu bisa membuat sombong anak mana pun. Sudah terkenal sebelum dia bisa berjalan dan bicara! Terkenal gara-gara sesuatu yang ingat pun dia tidak! Tak bisakah kaulihat, akan jauh lebih baik baginya jika dia dibesarkan jauh dari semua itu, sampai dia sudah siap menerimanya."
Profesor McGonagall membuka mulut, berubah pikiran, menelan ludah, dan kemudian berkata, "Ya- ya, kau benar, tentu saja. Tetapi bagaimana anak itu bisa tiba di sini, Dumbledore"" Mendadak diamatinya jubah Dumbledore, seakan dia mengira Dumbledore mungkin saja menyembunyikan anak itu di balik jubahnya. "Hagrid yang akan mengantarnya."
"Kau pikir-bijaksana mempercayakan hal sepenting ini kepada Hagrid"" "Aku akan mempercayakan hidupku kepada Hagrid," kata Dumbledore.
"Aku tidak bermaksud mengatakan hatinya tidak beradaa di tempatnya yang benar," kata Profesor McGonagall menggerundel, "tetapi kau tak bisa berpura-pura tak tahu dia ceroboh. Dia kan cenderung...apa itu""
Derum rendah memecah kesunyian di sekitar mereka. Derum itu makin lama makin keras sementara mereka memandang ke ujung jalan, mencari-cari lampu kendaraan. Bunyi itu membesar seperti raungan sementara mereka berdua mendongak ke langit-dan sebuah motor luar biasa besar jatuh dari angkasa, mendarat dijalan di depan mereka.
Sepeda motor besar itu masih belum apa-apa jika dibandingkan dengan laki-laki yang duduk di atasnya, tingginya nyaris dua kali laki-laki dewasa dan lima kali lebih lebar.
Besarnya sungguh kelewatan, dan diaa begitu liar-rambut panjangnya yang hitam dan lebat kusut dan jenggotnya yang juga lebat menyem- bunyikan sebagian besar wajahnya.
Tangannya sebesar tutup tempat sampah dan kakinya yang memakai sepatu bot kulit seperti lumba-lumba kecil. Lengannya yang besar dan berotot memeluk bungkusan selimut.
"Hagrid," kata Dumbledore lega. "Akhirnya. Dan dari mana kaudapat sepeda motor itu""
"Pinjam, Profesor Dumbledore" jawab si raksasa, sambil turun dengan hati-hati dari motor itu. "Sirius Black muda pinjamkan padaku. Aku dapat dia, Sir." "Tidak ada kesulitan, kan""
"Tidak, Sir-rumah nyaris hancur, tapi aku berhasil ambil dia sebelum para Muggle berdatangan. Dia tertidur ketika kami terbang melewati Bristol."
Dumbledore dan Profesor McGonagall membungkuk ke arah bungkusan selimut. Di dalamnya ada seorang bayi laki-laki, tertidur nyenyak. Di balik sejumput rambut hitam pekat di atas dahinya mereka bisa melihat luka berbentuk aneh," seperti sambaran kilat. "Itukah..."" bisik Profesor McGonagall.
"Ya," kata Dumbledore. "Bekas lukanya t
ak akan hilang selamanya." "Tak bisakah kau melakukan sesuatu, Dumbledore""
"Kalaupun bisa, aku tak mau. Bekas luka kadang-kadang ada gunanya. Aku sendiri punya bekas luka di atas lutut kiri yang
berupa peta jalur kereta api bawah tanah London. Nah, berikan anak itu, Hagrid. Lebih baik segera kita bereskan." Dumbledore menggendong Harry dan berbalik menuju rumah keluarga Dursley. "Bolehkah-bolehkah aku ucapkan selamat tinggal padanya, Sir"" tanya Hagrid.
Dia menundukkan kepalanya yang besar berambut lebat dan memberi si bayi kecupan yang pastilah membuat gatal gara-gara gesekan kumisnya. Kemudian mendadak Hagrid melolong seperti anjing yang terluka. "Shhh!" desah Profesor McGonagall. "Kau akan membangunkan para Muggle!"
"Maaf-maaf," isak Hagrid, seraya mengeluarkan saputangan besar berbintik-bintik dan membenamkan wajahnya di dalamnya. "Tapi aku t-t-tak tahan-Lily dan James meninggal- dan kasihan Harry harus tinggal dengan Muggle..." "Ya, ya, memang sangat menyedihkan, tetapi kendalikan dirimu, Hagrid. Kalau tidak, kita bisa ketahuan," bisik Profesor McGonagall sambil membelai-belai lengan Hagrid dengan amat hati-hati, sementara Dumbledore melangkahi tembok halaman yang rendah dan berjalan ke pintu depan. Dengan hati-hati di baringkannya Harry di depan pintu. Diambilnya sehelai surat dari dalam jubahnya dan diselipkannya di balik selimut Harry. Setelah itu dia kembali bergabung dengan dua orang lainnya.
Selama semenit penuh ketiganya memandang bungkusan kecil itu. Bahu Hagrid berguncang, Profesor McGonagall
berkali-kali mengejapkan matanya, dan kilat yang biasanya ada di mata Dumbledore seakan telah padam.
"Nah," kata Dumbledore akhirnya, "begitulah. Tak ada gunanya lagi kita tinggal di sini. Lebih baik kita pergi dan ikut
perayaan." "Yeah," kata Hagrid sengau. "Aku akan kembalikan motor Sirius. Malam, Profesor McGonagall... Profesor Dumbledore."
Sambil menyeka air matanya yang mengucur terus dengan lengan jaketnya, Hagrid melompat ke atas motornya dan menstarternya. Diiringi deruman, motor itu terangkat ke angkasa dan meluncur dalam kegelapan malam. "Kita akan segera bertemu lagi, Profesor McGonagall," kata Dumbledore sambil mengangguk kepadanya. Sebagai jawaban, Profesor McGonagall membuang ingus.
Dumbledore berbalik dan berjalan pergi. Di sudut dia berhenti dan mengeluarkan Pemadam-Lampu peraknya. Dijetreknya sekali, dan dua belas bola cahaya serentak meluncur menuju lampu-lampu jalanan, sehingga Privet Drive mendadak terang dan dia bisa melihat seekor kucing betina menyelinap ke sudut di ujung jalan lainnya. Dia juga masih bisa melihat bungkusan selimut di depan pintu rumah nomor empat.
"Semoga semua baik, Harry," gumamnya. Dia memutar tumitnya dan dengan kebutan jubahnya, dia lenyap. Angin sepoi meniup pagar-pagar tanaman di Privet Drive yang rapi, yang berjajar diam dan teratur dibawah langit yang kelam. Di tempat setenang ini tidak akan pernah kusangka akan terjadi hal -hal menakjubkan. Harry Potter berguling dalam selimutnya tanpa terbangun. Dengan salah satu tangan kecilnya memegang surat yang ada disampingnya, dia tidur terus. Tanpa menyadari kalau dia istimewa, tanpa menyadari kalau dia terkenal, tanpa menyadari bahwa beberapa jam lagi dia akan terbangun mendengar jeritan Mrs Dursley saat membuka pintu depan untuk menaruh botol-botol susu, atau dia akan melewatkan beberapa minggu mendatang didorong-dorong dan dicubiti sepupunya, Dudley.... Dia tak mungkin tahu bahwa di seluruh negeri, semua mengangkat gelas dan berkata dengan suara pelan, "Untuk Harry Potter-anak laki-laki yang bertahan hidup!"
2 KACA YANG LENYAP Sudah Hampir sepuluh tahun berlalu sejak suami-istri Dursley terbangun dan menemukan keponakan mereka di depan pintu, tetapi Privet Drive hampir tak berubah. Matahari terbit menyinari halaman-halaman depan yang rapi dan membuat berkilau angka empat dari kuningan di pintu depan rumah keluarga Dursley. Sinar matahari merayap ke dalam ruang keluarga mereka, yang masih nyaris sama dengan pada malama Mr Dursley menonton berita penting tentang burung-burung hantu dahulu. Sepuluh tahun yang lalu, ada banya
k foto anak yang tampak seperti bola pantai besar merah jambu memakai topi yang warnanya berbeda-beda. Tetapi sekarang Dudley Dursley sudah bukan bayi lagi, dan sekarang foto-foto itu menunjukkan anak gemuk berambut pirang menaiki sepeda roda tiga pertamanya, naik komidi putar, bermain komputer dengan ayahnya, dipeluk dan dicium ibunya. Dalam ruangan itu sama sekali tidak ada tanda-tanda bahwa ada anak lain yang tinggal dirumah itu.
Padahal Harry Potter masih di situ, saat ini sedang tidur, tapi tak akan lama lagi. B ibinya, Petunia, sudah bangun, dan suara nyaringnyalah yang pertama memecah kesunyian pagi itu.
"Bangun! Bangun! Cepat!"
Harry terbangun dengan kaget. Bibinya menggedor pintu lagi.
"Banguuun!" lengkingnya. Harry mendengarnya melangkah menuju dapur, lalu bunyi wajan yang dielakkan di atas kompor.
Harry berguling telentang lagi dan berusaha mengingat-ingat mimpinya yang terputus tadi. Mimpinya menyenangkan. Ada motor terbang. Dia merasa dia pernah mimpi yang sama sebelumnya.
Bibinya sudah kembali berada di depan pintu kamarnya.
"Kau sudah bangun belum"" tuntutnya.
"Hampir," jawab Harry.
"Ayo, cepat. Aku mau kau yang menggoreng daging asap.
Jangan sampai gosong. Aku ingin segalanya sempurna pada hari ulang tahun Dudley." Harry mengeluh. "Apa katamu"" "Tidak, tidak apa-apa..."
Diulang tahun Dudley-bagaimana mungkin dia bisa lupa"
Dengan enggan Harry turun dari tempat tidur dan mencari-cari kaus kaki. Ditemukannya sepasang di bawah tempat tidur, dan setelah menarik labah-labah dari salah satu di antaranya, dipakainya kaus kaki itu. Harry sudah terbiasa dengan labah-labah, karena lemari di bawah tangga penuh labah-labah, dan di situlah dia tidur.
Setelah berpakaian, dia pergi ke dapur. Meja dapur nyaris tersembunyi di bawah tumpukan hadiah untuk Dudley.
Tampaknya Dudley mendapatkan komputer baru yang diinginkannya, belum lagi televisi baru, dan sepeda balap.
Kenapa persisnya Dudley ingin sepeda balap, sungguh suatu misteri bagi Harry, karena Dudley gemuk dan benci olahragakecuali, tentu saja, bentuk olahraganya adalah meninju orang lain. Kantong-tinju favorit Dudley adalah Harry, tetapi Dudley
jarang berhasil mengenainya. Harry memang tidak kelihatan gesit, tetapi dia gesit sekali.
Mungkin ada hubungannya dengan tinggal di dalam lemari yang gelap, tetapi Harry termasuk kecil dan kurus untuk umurnya. Dia bahkan kelihatan lebih kecil dan lebih kurus dari yang sesungguhnya karena semua pakaiannya lungsuran Dudley, dan Dudley empat kali lebih besar daripadanya. Harry berwajah kurus, lututnya menonjol, rambutnya hitam, dan matanya hijau cemerlang. Dia memakai kacamata bulat yang bingkainya dilekat dengan banyak selotip karena seringnya Dudley memukul hidungnya. Satu- satunya yang disukai Harry pada penampilannya adalah bekas luka tipis pada dahinya yang berbentuk sambaran kilat. Sejauh yang dia ingat, dari dulu bekas luka itu sudah ada dan pertanyaan pertama yang seingatnya dia tanyakan kepada Bibi Petunia adalah bagaimana dia mendapatkan bekas luka itu.
"Dalam kecelakaan waktu orangtuamu meninggal," katanya. "Dan jangan tanya-tanya lagi."
Jangan tanya-tanya-itu peraturan pertama jika mau hidup tenang bersama keluarga Dursley. Paman Vernon masuk dapur ketika Harry sedang membalik daging. 'Sisir rambutmu!" perintahnya, sebagai ucapan selamat paginya.
Sekali seminggu, Paman Vernon memandang dari atas korannya dan berteriak bahwa Harry harus potong rambut.
Harry pastilah sudah potong rambut lebih sering dibanding seluruh teman sekelasnya sekligus. Tetapi sama saja, rambutnya tetap saja tumbuh begitu-berantakan.
Harry sedang menggoreng telur ketika Dudley muncul di dapur dengan ibunya. Dudley mirip sekali dengan Paman Vernon. Wajahnya lebar dan merah jambu, lehernya pendek,
matanya kecil, biru, berair. Rambutnya yang tebal pirang menempel rapi pada kepalanya yang gemuk. Bibi Petunia sering mengatakan bahwa Dudley kelihatan seperti bayi malaikat,
'sedangkan Harry sering mengatakan Dudley seperti babi pakai wig.
Harry menaruh piring berisi daging dan telur ke atas meja. Ini susah, karena nyaris tak ada tempat. Dudley, seme
ntara itu, menghitung hadiahnya. Wajahnya langsung cemberut.
"Tiga puluh enam," katanya sambil memandang ayah dan ibunya. "Kurang dua dibanding tahun lalu."
'Sayang, kau belum menghitung hadiah Bibi Marge, lihat, ini dia di bawah hadiah dari Mummy dan Daddy."
"Baik, tiga puluh tujuh, kalau begitu," kata Dudley, yang wajahnya sudah merah. Harry yang sudah bisa menduga kemarahan Dudley akan meledak, cepat-cepat mengunyah dagingnya. Siapa tahu Dudley akan menjungkirkan meja.
Bibi Petunia rupanya menyadari datangnya bahaya juga, karena dia cepat-cepat berkata, "Dan kami akan membelikan untukmu dua hadiah lagi kalau kita jalan-jalan nanti.
Bagaimana, Manis" Dua hadiah tambahan. Oke, kan""
Sejenak Dudley berpikir. Kelihatannya susah baginya.
Akhirnya dia berkata pelan-pelan, "Jadi aku akan punya tiga puluh... tiga puluh..." "Tiga puluh sembilan, anak pintar," kata Bibi Petunia.
"Oh." Dudley duduk dengan keras dan menjangkau bungkusan terdekat. "Baiklah." Paman Vernon tertawa.
"Si kecil ini tak mau rugi, persis ayahnya. Pintar kau, Dudley!" Ia mengacak rambut Dudley.
Saat itu telepon berdering dan Bibi Petunia menjawabnya sementara Harry dan Paman Vernon menonton Dudley membuka sepeda balap, kamera, pesawat terbang mainan yang dikendalikan remote control, enam belas permainan komputer, dan perekam video. Dia sedang merobek kertas pembungkus arloji emas ketika Bibi Petunia muncul kembali dengan wajah marah dan cemas.
"Kabar buruk, Vernon," katanya. "Mrs Figg kakinya patah.
Jadi tak bisa dititipi dia." Dia mengedikkan kepala ke arah Harry.
Mulut Dudley melongo ngeri, tetapi Harry senang. Setiap tahun, pada hari ulang tahun Dudley, orangtuanya mengajak Dudley dan seorang temannya jalan-jalan, ke taman hiburan, kios hamburger, atau menonton bioskop. Harry ditinggal, dititipkan pada Mrs Figg, wanita tua aneh yang tinggal dua jalan dari Pivet Drive. Harry benci tinggal di sana. Seluruh rumahnya bau kol dan Mrs Figg memaksanya melihat foto-foto semua kucing yang pernah dimilikinya.
"Jadi bagaimana"" kata Bibi Petunia, memandang Harry dengan berang, seakan Harry yang merencanakan sakitnya Mrs Figg. Harry tahu dia seharusnya kasihan Mrs Figg kakinya patah, tetapi dia mengingatkan dirinya bahwa baru setahun lagi dia harus melihat foto Tibbles, Snowy, Mr Paws, dan Tufty.
"Kita bisa menelepon Marge," Paman Vernon menyarankan.
"Jangan ngaco, Vernon, dia kan benci anak itu."
Keluarga Dursley sering membicarakan Harry seperti inj seakan anak ini tidak ada, atau lebih tepat lagi, seakan dia sesuatu yang sangat menjijikkan, seperti bekicot.
"Bagaimana kalau siapa-namanya-tuh, temanmu- Yvonne""
"Sedang, berlibur di Majorca," tukas Bibi Petunia.
"Kalian bisa meninggalkan aku di sini," Harry mengusulkan penuh harap (dia akan bisa menonton acara yang disukainya di televisi dan mungkin bahkan mencoba komputer Dudley).
Bibi Petunia kelihatan seperti tersedak telur.
"Dan kalau kami pulang nanti rumah sudah han-cur"" geramnya.
"Aku tak akan meledakkan rumah," kata Harry, tetapi mereka tidak memedulikannya.
"Kurasa kita bisa membawanya ke kebun binatang," kata Bibi Petunia pelan, "... dan meninggalkannya di mobil..."
"Mobil kita baru, dia tak boleh duduk sendirian..." Dudley mulai menangis rneraung-raung. Sebetulnya sih dia tidak betul-betul menangis. Sudah bertahun-tahun dia tidak menangis.
Tetapi dia tahu bahwa kalau dia mengerutkan mukanya dan meraung, ibunya akan mengabulkan semua yang diinginkannya.
"Dinky Duddydums, jangan menangis, Mummy tak akan membiarkannya merusak hari istimewamu!" Bibi Petunia berseru sambil memeluk Dudley.
"Aku... tak... mau... dia... i-i-ikut!" Dudley menjerit di antara isak pura-puranya. "Dia se-selalu merusak acara!" Dia menyeringai jahat ke arah Harry dari celah lengan ibunya.
Saat itu bel pintu berbunyi. "Ya ampun, mereka sudah datang!" kata Bibi Petunia panik-dan sekejap kemudian sahabat Dudley, Piers Polkiss, masuk bersama ibunya. Piers anak kurus dengan wajah seperti tikus. Dia biasanya yang memegangi lengan anak-anak di belakang punggung, sementara Dudley memukuli mereka. Dudley langsung berhenti berpura-pura menan
gis. Setengah jam kemudian, Harry yang tak mempercayai keberuntungannya, duduk di jok belakang mobil bersama Piers dan Dudley, menuju ke kebun binatang untuk pertama kali
dalam hidupnya. Paman dan bibinya tak tahu lagi apa yang harus dilakukan, tetapi sebelum mereka berangkat, Paman Vernon mengajaknya bicara.
"Kuperingatkan kau," katanya, wajahnya yang lebar keunguan dekat sekali dengan wajah Harry. "Kuperingatkan kau sekarang-kalau kau melakukan yang aneh-aneh sedikit sajakau akan dikurung di lemari itu sampai Natal."
"Aku tidak akan melakukan apa-apa," kata Harry, sungguh..."
Tetapi Paman Vernon tidak percaya. Yang lain pun tidak.
Susahnya, hal-hal aneh sering terjadi di sekitar Harry dan tak ada gunanya memberitahu keluarga Dursley bahwa bukan dia yang menyebabkan hal-hal itu terjadi.
Pernah Bibi Petunia yang sudah sebal melihat Harry pulang dari tukang cukur tetapi rambutnya kelihatan sama saja, mengambil gunting dapur dan memotong rambut Harry sampai pendek nyaris gundul, kecuali poninya yang sengaja tidak dipotongnya untuk "menyembunyikan bekas luka yang mengerikan". Dudley terbahak-bahak menertawakan Harry.
Sedangkan Harry sendiri semalaman tak bisa tidur, membayangkan bagaimana di sekolah keesokan harinya. Dia sudah selalu ditertawakan gara-gara pakaian yang kebesaran dan kacamatanya yang dilekat dengan selotip. Tapi paginya, ternyata rambutnya sudah persis lagi dengan sebelum Bibi Petunia mencukurnya. Dia dikurung selama seminggu dalam lemarinya gara-gara ini, walaupun dia sudah mencoba menerangkan bahwa dia tidak bisa menjelaskan bagaimana rambutnya bisa tumbuh kembali secepat itu.
Pada kesempatan lain, Bibi Petunia memaksanya memakai sweter tua Dudley yang menjijikkan (cokelat dengan bulatan-bulatan hitam). Semakin Bibi Petunia memaksa menariknya melewati kepala Harry, sweter itu semakin mengecil, sampai akhirnya cuma seukuran baju boneka tangan, dan jelas tak akan
cukup dipakai Harry. Bibi Petunia memutuskan pastilah sweter itu mengerut ketika dicuci. Dan betapa leganya Harry,! dia tidak dihukum karena ini.
Tetapi sebaliknya, dia mendapat kesulitan besar gara-gara ditemukan di atap dapur sekolah. Seperti biasa geng Dudley mengejar-ngejarnya, dan Harryl sama kagetnya dengan yang lain ketika tiba-tiba saja dia sudah duduk di atas cerobong asap.
Mr dan Mrs Dursley menerima surat dari Ibu Kepala Sekolah yang sangat marah, karena Harry telah memanjat-manjat bangunan sekolah. Tetapi sebetulnya yang dilakukannya hanyalah (seperti diteriakkannya kepada Paman Vernon dari dalam lemarinya yang terkunci) melompati ke belakang tempat sampah besar di luar pintu dapur. Harry menduga pastilah saat melompat itu dia terbawa angin ke atas.
Tetapi hari ini semua akan berjalan mulus. Bahkan duduk bersama Dudley dan Piers pun diterimanya, asal dia bisa melewatkan hari bukan di sekolah, di dalam lemarinya, atau di ruang tamu Mrs Figg yang bau kol.
Sementara mengemudi, Paman Vernon mengeluh kepada Bibi Petunia. Hobinya memang mengeluh, orang-orang di kantornya, Harry, para wakil rakyat, Harry, bank, dan Harry hanya beberapa saja dari topik favoritnya. Hari ini sepeda motor.
"... .ngebut seperti orang gila, preman-preman kurang kerjaan," komentarnya ketika ada motor yang menyalip mereka.
"Aku pernah mimpi tentang motor," kata Harry yang tibatiba ingat mimpinya. "Motornya terbang."
Paman Vernon nyaris menabrak mobil di depannya. Dia berbalik di tempat duduknya dan berteriak kepada Harry, wajahnya seperti bit raksasa yang berkumis. "MOTOR TIDAK TERBANG!" Dudley dan Piers cekikikan.
"Aku tahu motor tidak terbang," kata Harry. "Itukan cuma mimpi."
Tetapi Harry menyesal sudah ngomong. Kalau ada hal lain yang dibenci keluarga Dursley, itu adalah jika Harry menyebut-nyebut sesuatu yang tidak semestinya terjadi, tak peduli peristiwa itu cuma dalam mimpi atau bahkan film kartun.
Rupanya mereka berpendapat ide-ide Harry berbahaya.
Hari Sabtu itu cerah sekali dan kebun binatang penuh dikunjungi keluarga-keluarga. Mr dan Mrs Dursley membelikan Dudley dan Piers es krim cokelat besar di pintu masuk, dan karena si gadis penuh senyum di mobil es k
rim itu sudah telanjur menanyai Harry dia ingin es krim apa sebelum mereka sempat mengajak Harry pergi, mereka membelikannya es loli lemon yang murah. Cukup enak juga, pikir Harry yang menjilati es lolinya sembari menonton gorila yang menggaruk-garuk kepalanya dan bertampang mirip Dudley, hanya saja rambutnya tidak pirang.
Belum pernah Harry segembira ini. Dia berhati- hati, berjalan agak jauh dari keluarga Dursley, agar Dudley dan Piers, yang menjelang makan siang sudah mulai bosan dengan binatang-binatang, tidak kembali melakukan hobi favorit mereka, yaitu memukulinya. Mereka makan di restoran kebun binatang dan ketika Dudley marah-marah karena es krimnya kurang besar, Paman Vernon membelikannya porsi yang lebih besar dan Harry diizinkan menghabiskan pesanan pertamanya.
Harry belakangan merasa, bahwa seharusnya dia tahu, hal menyenangkan seperti ini tak mungkin berlangsung terus.
Setelah makan siang mereka mengunjungi rumah reptil. Di dalam rumah reptil sejuk dan gelap, dengan jendela-jendela berlampu di sepanjang dindingnya. Di balik kaca, berjenis-jenis kadal dan ular merayap dan melata di atas potongan-potongan kayu dan batu. Dudley dan Piers ingin melihat kobra besar beracun dan sanca raksasa yang bisa meremuk manusia. Dudley
segera menemukan ular terbesar di tempat itu. Ular itu bisa membelitkan tubuhnya dua kali ke mobil Paman Vernon dan meremuknya seperti kaleng kerupuk-tetapi saat ini kelihatannya dia sedang malas. Sebetulnya, dia malah sedang tidur nyenyak.
Dudley berdiri dengan hidung menempel di kaca, memandang gulungan cokelat berkilat itu.
"Suruh dia bergerak," rengeknya pada ayahnya. Paman Vernon mengetuk kaca, tetapi si ular diam saja.
"Ketuk lagi," Dudley menyuruh. Paman Vernon mengetuk keras dengan buku-buku jarinya, tetapi si ular tetap saja tidur.
"Sungguh membosankan," keluh Dudley. Dia pergi.
Harry ganti bergerak ke dekat kaca dan memandang si ular lekat-lekat. Dia tak akan heran kalau si ular mati karena bosannya. Tak ada teman selain orang-orang bodoh yang mengetuk-ngetuk kaca, mencoba mengganggunya sepanjang hari. Ini lebih parah daripada menggunakan lemari sebagai kamar tidur, dengan satu-satunya pengunjung adalah Bibi Petunia yang menggedor-gedor pintu untuk membangunkannya-paling tidak dia kan bisa ke bagian rumah yang lain.
Ular itu tiba-tiba membuka matanya yang seperti manik-manik. Pelan, sangat pelan, ia mengangkat kepalanya sampai matanya sejajar dengan mata Harry.
Mata itu mengedip. Harry terbelalak. Kemudian dia cepat-cepat memandang berkeliling untuk memastikan tak ada yang melihat. Ternyata memang tak ada. Dia kembali memandang si ular dan balas mengedip juga.
Si ular mengedikkan kepala ke arah Paman Vernon dan Dudley, kemudian mendongak ke langit-langit. Pandangannya kepada Harry seakan jelas berkata, 'Sepanjang waktu memang seperti itu."
"Aku tahu," gumam Harry lewat kaca, meskipun Dia tak yakin si ular bisa mendengarnya.
"Pastilah "..ingat menyebalkan."
Si ular mengangguk-angguk bersemangat.
"Kau berasal dari mana sih"" tanya Harry.
Ular itu menggerakkan ekornya ke arah papan kecil di sebelah kaca. Harry membaca tulisannya. Boa Pembelit, Brasil. "Enakkah di sana""
Si boa pembelit menunjuk dengan ekornya ke papan lagi dan Harry meneruskan membaca: Ular yang ada di sini dikembangbiakkan di kebun binatang. "Oh, begitu-jadi, kau belum pernah ke Brasil""
Saat si ular menggelengkan kepala teriakan memekakkan telinga di belakang Harry membuat mereka berdua terlonjak.
"DUDLEY! MR DURSLEY! SINI LIHAT, ULARNYA MENGGELENG-GELENG! KALIAN TAK AKAN PERCAYA!
Dudley datang tergopoh-gopoh.
"Minggir kau, "katanya sambil meninju dada Harry. Karena tak menyangka akan diserang, Harry tejatuh di lantai beton. Apa yang terjadi berikutnya berlangsung begitu cepat sehingga tak ada yang melihat bagaimana terjadinya. Sesaat setelah Piers dan Dudley berdiri menempel di kaca, detik berikutnya mereka melompat mundur sambil memekik ngeri.
Harry duduk terngaga: kaca bagian depan kandang si ular telah lenyap. Ular raksasa itu membuka gulungan tubuhnya dengan cepat, meluncur di lantai. Para pengunjung rumah reptil
menjerit-jerit panik dan berlarian ke pintu keluar.
Saat si ular meluncur cepat melewatinya, Harry bersedia bersumpah dia mendengar suara desis pelan berkata, "Brasil, aku datang segera... Trimsss, Amigo."
Si penjaga rumah reptil shock dan bengong.
"Tapi kacanya," katanya terus-menerus, "ke mana kacanya""
Direktur kebun binatang sendiri yang membuatkan secangkir teh kental manis untuk Bibi Petunia sambil tak henti-hentinya minta maaf. Piers dan Dudley cuma bisa merepet. Sejauh yang Harry lihat, ular itu tidak melakukan apa-apa, kecuali dengan main-main mengatup-ngatupkan mulutnya di dekat tumit Dudley dan Piers saat dia lewat. Tetapi ketika mereka sudah kembali ke mobil Paman Vernon, Dudley bercerita bagaimana si ular nyaris menggigit kakinya sampai putus, sementara Piers bersumpah si ular mencoba membelitnya sampai mati. Tetapi yang paling parah, paling tidak bagi Harry, adalah Piers sudah cukup tenang untuk berkata, "Harry tadi bicara dengan ular itu.
Iya, kan, Harry""
Paman Vernon menunggu sampai Piers meninggalkan rumah mereka, sebelum dia mulai mencecar Harry. Paman Vernon marah sekali, sampai nyaris tak bisa bica ra. Dia hanya bisa bilang, "Pergi-lemari-tinggal sana- tidak makan," sebelum dia terhenyak di kursi dan Bibi Petunia cepat-cepat lari mengambilkannya segelas besar brandy.
* * * Lama kemudian Harry masih berbaring di dalam lemarinya yang gelap, ingin sekali rasanya punya arloji. Dia sama sekali tak tahu jam berapa sekarang dan dia juga tidak yakin keluarga Dursley sudah tidur. Sebelum mereka tidur; riskan sekali jika dia keluar dan mengendap-endap ke dapur untuk mengambil makanan.
Dia telah tinggal bersama keluarga Dursley selama sepuluh tahun, sepuluh tahun penuh penderitaan. Sejauh yang dia ingat, sejak dia masih bayi dan orangtuanya meninggal dalam kecelakaan mobil. Kadang-kadang, jika dia mengingat-ingat dengan keras selama jam-jam panjang membosankan di dalam lemarinya, muncul dalam ingatannya pemandangan yang aneh: kilat cahaya hijau menyilaukan dan rasa sakit yang panas di dahinya. Dia menganggap ini
pastilah saat tabrakan terjadi, walaupun dia tak bisa membayangkan dari mana cahaya hijau itu muncul. Dia sama sekali tidak bisa mengingat orangtuanya.
Paman dan bibinya tidak pernah bicara tentang mereka, dan tentu saja dia dilarang mengajukan pertanyaan. Tak ada foto orangtuanya di rumah keluarga Dursley.
Waktu dia masih lebih kecil, Harry sering mengkhayalkan ada keluarga tak dikenal yang datang untuk membawanya pergi, tetapi ini tak pernah terjadi. Keluarga Dursley adalah satusatunya keluarganya. Meskipun demikian kadang-kadang dia mengira (atau berharap) orang orang asing dijalan mengenalnya.


Harry Potter Dan Batu Bertuah Karya J.k. Rowling di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Dan mereka juga orang-orang asing yang sangat aneh. Pernah seorang laki-laki kecil memakai topi ungu membungkuk kepadanya ketika dia sedang berbelanja dengan Bibi Petunia dan Dudley. Setelah dengan marah menanyai Harry apakah dia kenal orang itu, Bibi Petunia buru-buru menggiring mereka keluar dari toko itu tanpa membeli apa pun.
Seorang wanita tua bertampang liar dan berdandan serba-hijau
melambai dengan riang kepadanya dari bus. Seorang laki-laki botak memakai mantel panjang ungu bahkan menjabat tangannya dijalan kemarin dulu dan kemudian pergi begitu saja tanpa mengatakan apa-apa. Yang paling aneh tentang orang-orang ini adalah, nampaknya mereka langsung lenyap begitu Harry ingin melihat lebih jelas.
Di sekolah, Harry tak punya teman. Semua anak tahu bahwa geng Dudley membenci Harry Potter yang aneh dengan pakaian bekasnya yang kebesaran dan kacamatanya yang bingkainya patah, dan tak seorang pun berani menentang geng Dudley.
* * * 3 SURAT DARI ENTAH SIAPA KABURNYA ular boa pembelit membuat Harry menerima hukuman kurungan paling lama. Saat dia diizinkan keluar lemari lagi, liburan musim panas telah mulai dan kamera baru Dudley sudah rusak, pesawat terbang mainannya sudah menabrak sesuatu dan jatuh hancur, dan pertama kali menaiki sepeda balapnya, dia menabrak jatuh Mrs Figg yang sedang menyebrang jalan raya Privet Drive dengan tongkat ketiaknya.
Harry senang sekolah libur, tetapi dia tak bisa menghidari ge
ng Dudley yang setiap hari datang. Piers, Dennis, Malcolm, dan Gordon semuanya bertubuh besar dan bodoh, tetapi karena Dudley yang terbesar dan terbodoh, dia jadi pemimpin geng. Mereka semua senang ikut permainan yang disenangi Dudley : berburu-Harry.
Inilah sebabnya Harry melewatkan waktu sebanyak mungkin di luar rumah, berjalan-jalan dan memikirkan akhir liburan, saat dia bisa melihat secercah kecil harapan. Dengan datangnya bulan September nanti dia akan masuk SMP dan untuk pertama kali dalam hidupnya, dia tidak akan bersekolah bersama Dudley. Dudley akan masuk sekolah paman Vernon dulu, Smeltings. Piers, Polkiss akan masuk kesana juga. Harry sebaliknya, akan bersekolah di Stonewall High, "SMP" lokal. Dudley menganggap itu sangat lucu.
"hari pertama, mereka memasukkan kepala anak-anak baru ke toilet di Stonewall," katanya pada Harry. "Mau latihan dulu diatas""
"Tidak, terima kasih," kata Harry. "Kasihan toilet, belum pernah kemasukan benda lain yang lebih mengerikan daripada kepalamu-jangan-jangan toilet itu sekarang sedang mual."
Kemudian Harry lari, sebelum Dudley bisa mencerna ucapannya tadi.
Pada suatu hari di bulan Juli, Bibi Petunia membawa Harry ke London untuk membeli seragam Smeltings-nya. Harry dititipkan di rumah Mrs Figg. Mrs Figg tidak separah biasanya.
Ternyata kakinya patah gara-gara dia tersandung salah satu kucingnya, jadi sekarang dia tak begitu suka kucing seperti sebelumnya. Dibiarkannya Harry menonton TV dan diberinya Harry sepotong kue cokelat yang rasanya sudah tengik.
Malam itu Dudley berparade memakai seragam barunya di ruang keluarga. Murid-murid Smeltings memakai jas buntut merah tua, celana Jingga selutut, dan topi jerami rata. Mereka juga membawa tongkat, yang digunakan untuk saling pukuli kalau guru mereka sedang tidak melihat. Ini diandaikan sebagai latihan bagus untuk masa depan mereka.
Ketika memandang Dudley dalam seragam barunya, Paman Vernon berkata parau bahwa ini saat paling membanggakan dalam hidupnya. Bibi Petunia menangis dan berkata dia tak percaya pemuda gagah dan tampan ini si Ickle Dudleykins.
Harry tak bisa bica ra. Dia pikir mungkin dua tulang iganya sudah retak gara-gara menahan tawa.
Dapur berbau busuk ketika Harry esok paginya turun untuk sarapan. Bau itu datangnya dari ember metal besar di tempat cuci piring. Harry melongoknya. Ember itu penuh gombal kotor yang mengapung di air berwarna abu-abu.
"Apa ini"" tanyanya kepada Bibi Petunia. Bibir Bibi Petunia langsung cemberut, seperti biasanya jika Harry berani mengajukan pertanyaan.
"Seragam sekolahmu yang baru," jawabnya.
Harry memandang ke dalam ember lagi.
"Oh," komentarnya. "Tak kusangka harus basah begitu."
"Jangan bego," tukas Bibi Petunia. "Aku sedang mencelup pakaian lama Dudley dengan wenter abu-abu untukmu. Kalau sudah selesai nanti, akan sama seperti punya yang lain."
Harry jelas meragukan ini, tetapi dia pikir lebih baik tidak membantah. Dia duduk di depan meja makan dan mencoba tidak memikirkan bagaimana penampilannya pada hari pertamanya di Stonewall High nanti-seperti memakai potongan-potongan kulit gajah tua, mungkin. Dudley dan Paman Vernon muncul, keduanya mengernyitkan hidung gara-gara bau seragam Harry yang baru. Paman Vernon seperti biasa membuka korannya dan Dudley memukul-mukulkan tongkat Smeltings-nya-yang selalu dibawanya ke mana-mana-di atas meja.
Mereka mendengar bunyi klik kotak surat dan jatuhnya suratsurat di keset.
"Ambil surat, Dudley," kata Paman Vernon dari blik korannya.
"Suruh saja Harry."
"Ambil surat, Harry." "Suruh saja Dudley."
"Sodok dia dengan tongkat Smeltings-mu, Dudley."
Harry menghindari sodokan tongkat Smeltings dan keuar untuk mengambil surat. Ada tiga benda tergeletak di keset: kartu pos dari adik perempuan Paman Vernon, Marge, yang sedang berlibur di Pulau Wight, sebuah amplop cokelat yang kelihatannya berisi rekening tagihan, dan-surat untuk Harry.
Harry mengambil dan menatapnya, jantungnya berdentang-dentang seperti elastik besar yang dikelintingkan Tak seorang pun sepanjang hidupnya, pernah menulis surat kepadanya. Siapa yang akan menyuratinya" Dia tak punya teman, tak
punya keluarga lain-diajuga bukan anggota perputakaan manapun, jadi dia bahkan belum pernah dapat surat teguran kasar untuk segera mengembalikan buku yang dipinjamnya. Tetapi ternyata, ini ada surat yang jelas-jelas ditujukan kepadanya:
Mr. H. Potter Lemari di Bawah Tangga Privet Drive no. 4 Little Whinging Surrey
Amplopnya tebal dan berat, terbuat dari perkamen-kulit yang digunakan sebagai pengganti kertas.
Warnanya kekuningan dan nama serta alamatnya ditulis dengan tinta hijau zamrud. Tak ada prangkonya.
Membalik amplop itu dengan tangan gemetar, Harry melihat segel ungu bergambar lambang huruf "H" besar yang dikelilingi singa, elang, musang, dan ular.
"Cepat sedikit, Harry!" teriak Paman Vernon dari dapur.
"Buat apa kau memeriksa kalau-kalau ada bom-surat"" Dia menertawakan leluconnya sendiri. Harry kembali ke dapur, masih menatap suratnya.
Diserahkannya tagihan dan kartu pos pada Paman Vernon, lalu dia duduk dan pelan-pelan mulai membuka amplop kuningnya.
Paman Vernon merobek surat tagihan, mendengus jijik, dan membalik kartu pos. "Marge sakit," dia memberitahu Bibi Petunia. "Makan kerang aneh..." "Dad!" mendadak Dudley berkata. "Dad, Harry dapat apa tuh!"
Harry sedang akan membuka lipatan suratnya, yang ditulis di atas kertas perkamen tebal yang sama dengan amplopnya, ketika tiba-tiba surat itu disentakkan dari tangannya oleh Paman Vernon.
"Itu suratku!" kata Harry, berusaha merebutnya kembali.
"Siapa yang menulis padamu"" seringai Paman Vernon, sambil mengibaskan surat itu dengan satu tangan agar membuka. Dan melirik isinya. Wajahnya berubah warna dari merah ke hijau lebih cepat daripada lampu lalu lintas. Dan tidak berhenti di situ. Dalam sekejap saja wajahnya sudah putih abu-abu seperti bubur busuk.
"P-P-Petunia!" gagapnya.
Dudley berusaha merebut surat itu untuk membacanya tetapi Paman Vernon mengangkatnya tinggi-tinggi sehingga jauh dari jangkauannya. Bibi Petunia mengambilnya dengan ingin tahu dan membaca kalimat pertamanya. Sesaat kelihatannya dia akan pingsan. Dia memegangi lehernya dan mengeluarkan suara seperti tercekik.
"Vernon! Oh, astaga... Vernon!"
Mereka berpandangan, tampaknya lupa bahwa Harry dan Dudley masih berada di ruangan yang sama. Dudley tidak biasa diabaikan. Diketuknya kepala ayahnya keras-keras dengan tongkat Smeltings-nya.
"Aku mau membaca surat itu," teriaknya.
"Aku mau membacanya," kata Harry marah, "karena itu suratku."
"Keluar, kalian berdua," kata Paman Vernon parau, seraya memasukkan kembali surat itu ke dalam amplopnya. Harry bergeming.
"AKU MAU SURATKU!" teriaknya. "Sini aku lihat!" Dudley memaksa.
"KELUAR!" gerung Paman Vernon. Dicengkeramnya kerah baju Harry dan Dudley dan dicampakkannya mereka ke lorong, lalu dibantingnya pintu dapur menutup. Harry dan Dudley segera berkelahi seru, tanpa suara, memperebutkan siapa yang boleh mendengarkan lewat lubang kunci. Dudley menang, maka Harry, kacamatanya tergantung pada satu telinga, berbaring tengkurap untuk mendengarkan dari- celah antara pintu dan lantai.
"Vernon," Bibi Petunia berkata dengan suara gemetar, "lihat alamatnya. Bagaimana mungkin mereka tahu di mana dia tidur"
Apa menurutmu mereka mengawasi rumah kita""
"Mengawasi-memata-matai-mungkin juga mem buntuti kita," gumam Paman Vernon cemas.
"Tapi apa yang harus kita lakukan, Vernon" Apakah sebaiknya kita balas" Kita katakan bahwa kita tak ingin..."
Harry bisa melihat sepatu Paman Vernon yang hitam mengilap mondar-mandir di dapur.
"Tidak," katanya akhirnya. "Tidak, kita abaikan saja Jika mereka tidak mendapat balasan... ya, itu yang paling baik... kita tak akan melakukan apa-apa..."
"Tetapi..." "Aku tak mau dengar, Petunia! Bukankah kita sudah bersumpah waktu mengambilnya bahwa kita akan membasmi omong kosong yang berbahaya itu""
* * * Sore itu sepulang kerja, Paman Vernon melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukannya. Dia mengunjungi Harry di dalam lemarinya.
"Mana suratku" tanya Harry begitu Paman Vernon berhasil menjejalkan diri melewati pintu. "Siapa yang menulis padaku""
"Tidak ada. Surat itu keliru dialamatkan padamu," kata Paman Vernon pendek. "Sudah kubakar." "Tidak
keliru" kata Harry berang. "Di alamatnya tertulis lemariku."
"DIAM!" raung Paman Vernon dan dua ekor labah-labah terjatuh dari langit-langit lemari. Dia menarik napas dalam beberapa kali dan kemudian memaksakan wajahnya tersenyum, kelihatannya memelas sekali.
'"Er... ya, Harry... tentang lemari ini. Bibimu dan aku sudah berpikir-p ikir... kau sebetulnya sudah terlalu besar untuk tinggal di sini... kami rasa lebih baik jika kau pindah ke kamar Dudley yang satunya."
"Kenapa"" tanya Harry.
"Jangan tanya-tanya!" tukas pamannya. "Bawa barang-barangmu ke atas, sekarang."
Rumah keluarga Dursley punya empat kamar: satu untuk Paman Vernon dan Bibi Petunia, satu untuk tamu (biasanya adik Paman Vernon, Marge), satu adalah kamar tidur Dudley, dan satunya lagi tempat Dudley menyimpan mainan dan barang-barangnya yang tidak muat ditaruh di kamar tidurnya.
Harry hanya perlu sekali angkut untuk memindahkan barang-barangnya dari lemari ke kamar ini. D ia duduk di tempat tidur dan memandang berkeliling. Hampir semua barang di kamar ini rusak. Kamera yang baru sebulan tergeletak di atas tank kecil yang ketika dikendarai Dudley pernah melindas anjing tetangga.
Di sudut ada televisi pertama Dudley, yang ditendangnya sampai bolong ketika acara favoritnya batal ditayangkan. Ada
sangkar burung besar, dulunya sangkar seekor burung nuri yang kemudian ditukar Dudley di sekolah dengan senapan angin betulan. Senapan itu sekarang ada di rak, larasnya bengkok kedudukan Dudley. Rak-rak lain penuh buku. Hanya buku-buku itulah yang tampaknya tak pernah disentuh.
Dari bawah terdengar Dudley berteriak-teriak kepada ibunya,
"Aku tak mau dia di sana... aku butuh kamar itu... suruh dia keluar...."
Harry menghela napas dan membaringkan diri di tempat tidur. Kemarin dia akan bersedia memberikan apa saja untuk bisa berada di kamar ini. Hari ini dia lebih memilih berada kembali di lemarinya dengan surat itu daripada di sini tanpa surat.
Paginya saat sarapan, semua agak diam. Dudley uring-uringan. Dia sudah menjerit-jerit, memukuli ayahnya dengan tongkat Smeltings-nya, pura-pura sakit, menendang ibunya, dan melempar kura-kuranya ke atap rumah kaca sampai atap itu berlubang, tapi tetap saja dia tidak memperoleh kembali kamarnya. Harry merenungkan saat jam begini kemarin dan menyesal sekali kenapa dia tidak membuka suratnya sewaktu masih di lorong. Paman Vernon dan Bibi! Petunia saling pandang dengan wajah keruh.
Ketika tukang pos tiba, Paman Vernon, yang kelihatannya mencoba berbaik-baik kepada Harry, menyuruh Dudley mengambil surat. Mereka mendengar Dudley memukul-mukulkan tongkat Smeltings-nya sambil turun ke lorong.
Kemudian dia berteriak, "Ada surat lagi! Mr H. Potter, Kamar Paling Kecil, Privet Drive nomor 4..."
Dengan pekik tertahan Paman Vernon melompat dari kursinya dan berlari turun. Harry dibelakangnya.|
Paman Vernon harus memiting Dudley ke lantai untuk merebut surat itu, dan itu makin sulit dilakukannya karena Harry mengalungkan tangan ke leher Paman Vernon dari
belakang. Setelah semenit pergulatan kalang kabut, dan semuanya kena pukul tongkat Smeltings, Paman Vernon bangkit berdiri, tersengal-sengal, dengan surat Harry terpegang erat di tangan.
"Kembali ke lemarimu-maksudku, kamarmu," katanya kepada Harry. "Dudley... pergi... pergi."
Harry berjiran bolak-balik mengitari kamar barunya. Ada yang tahu dia sudah pindah dari lemarinya dan mereka rupanya tahu dia belum menerima surat pertamanya. Jelas itu berarti mereka akan mencoba lagi. Dan kali ini dia akan memastikan mereka tidak akan gagal. Dia punya rencana.
* * * Jam weker yang sudah dibetulkan berdering pukul enam keesokan paginya. Harry cepat-cepat mematikannya dan berganti pakaian tanpa menimbulkan suara. Jangan sampai keluarga Dursley terbangun. Diam-diam dia turun tanpa menyalakan lampu satupun.
Dia akan menunggu tukang pos di sudut Privet Drive dan mengambil surat-surat untuk rumah nomor empat lebih dulu. Jantungnya berdegup kencang saat dia merayap di lorong gelap menuju pintu depan... "AAAAARRRGH!"
Harry kaget dan terlonjak-dia menginjak sesuatu yang besar dan empuk di keset-sesuatu yang hidup.
Lampu menyala di loteng dan betapa kagetnya Harry, benda empuk yang diinjaknya tadi ternyata wajah pamannya. Paman Vernon sengaja tidur di depan pintu dalam kantong tidur. Jelas dia bermaksud menghalangi Harry melakukan apa yang akan dilakukannya. Selama kira-kira setengah jam dia memarahi Harry, kemudian menyuruhnya membuat secangkir teh. Harry terseok sedih ke dapur, dan pada saat dia kembali, surat sudah datang, jatuh persis di pangkuan Paman Vernon. Harry bisa melihat tiga surat yang alamatnya ditulis dengan tinta hijau.
"Berikan...," dia baru mau bicara, Paman Vernon sudah merobek-robek surat-surat itu di depan matanya. Paman Vemon tidak ke kantor hari itu. Dia tinggal di rumah dan memaku kotak suratnya.
"Kalau mereka tidak bisa mengirim surat, mereka akan menyerah," dia menjelaskan kepada Bibi Petunia dengan mulut penuh paku.
"Aku tak yakin, Vernon."
"Oh, cara berpikir orang-orang ini aneh, Petunia! tidak seperti kita," kata Paman Vernon sambil memukul paku dengan sepotong kue buah yang baru saja dibawakan Bibi Petunia.
* * * Hari Jumatnya, tak kurang dari dua belas surat untuk Harry datang. Karena tak bisa di masukkan ke dalam kotak surat, surat-surat itu disorongkan di bawah pintu disisipkan ke celah pintu, dan beberapa diantaranya bahkan dijejalkan lewat jendela kecil toilet bawah.
Paman Vernon tinggal di rumah lagi. Setelah membakar semua surat itu, dia mengeluarkan palu dan paku untuk menutup semua celah di pintu depan dan belakang dengan papan, sehingga tak seorang pun bisa keluar. Dia bersenandung berjingkat di antara tulip-tulip sambil bekerja, dan terlonjak jika ada bunyi sekecil apapun.
* * * Hari Sabtunya, yang terjadi sudah di luar kendali. Ada dua puluh empat pucuk surat untuk Harry berhasil diselundupkan masuk rumah, digulung dan disembunyikan dalam dua lusin telur yang dijulurkan tukang susu mereka yang sangat kebingungan kepada Bibi Petunia lewat jendela ruang keluarga. Sementara Paman Vernon marah-marah menelepon kantor pos dan perusahaan susu mencari orang yang bisa disalahkan, Bibi Petunia menghancurkan surat-surat itu dalam mixer makanannya.
"Siapa sih yang begitu ingin bicara denganmu"" Dudley bertanya kepada Harry dengan keheranan.
* * * Pada hari Minggu pagi, Paman Vernon duduk di meja untuk sarapan, kelihatan lelah tetapi senang.
"Tukang pos tidak datang pada hari Minggu," dia mengingatkan mereka dengan riang seraya mengoleskan selai pada korannya, "jadi tak ada surat sialan hari ini..."
Ada yang berdesis meluncur turun dalam cerobong asap ketika Paman Vernon bicara, dan mengemplang belakang kepalanya. Detik berikutnya tiga puluh atau empat puluh surat meluncur-luncur dari perapian seperti peluru. Keluarga Dursley menunduk menghindar, tetapi Harry melompat mencoba menangkap satu di antaranya....
"Keluar! KELUAR!"
Paman Vernon menangkap pinggang Harry dan melemparkannya ke lorong di luar. Setelah Bibi Petunia dan Dudley keluar dengan lengan menutupi muka, Paman Vernon membanting pintu menutup. Mereka bisa mendengar surat-surat masih mengalir ke dalam ruangan, melenting-lenting mengenai dinding dan lantai.
"Sudah kelewatan," kata Paman Vernon, berusaha berbicara dengan tenang, tapi pada saat bersamaan mencabuti kumisnya dengan panik. "Aku mau kalian semua kembali ke sini lima menit lagi, siap berangkat. Kita akan pergi. Bawa saja pakaian secukupnya. Jangan membantah!"
Paman Vernon kelihatan berbahaya sekali dengar separo kumisnya lenyap, sehingga tak seorang pun berani membantah.
Sepuluh menit kemudian mereka berhasil keluar dari pintu yang sudah dipaku rapat dan berada dalam mobil, yang ngebut menuju jalan tol. Dudley terisak-isak di jok belakang. Ayahnya tadi memukul kepalanya gara-gara mereka harus menunggunya mencoba menjejalkan televisi, video, dan komputernya ke dalam tas olahraganya.
Mobil terus meluncur. Terus meluncur. Bahkan Bibi Petunia pun tak berani bertanya ke mana mereka pergi. Sekali-sekali Paman Vernon tiba-tiba menikung tajam dan meluncurkan mobilnya ke arah berlawanan.
"Sesatkan mereka... sesatkan mereka," gumam Paman Vernon setiap kali dia melakukan ini.
Mereka bahkan tida k berhenti untuk makan sepanjang hari.
Saat malam tiba, Dudley sudah menangis meraung-raung.
Belum pernah dia mengalami hari seburuk ini. Dia lapar, dia tidak bisa menonton lima acara televisi yang ingin ditontonnya, dan belum pernah dia melewatkan waktu selama tanpa meledakkan Alien di layar komputernya.
Paman Vernon akhirnya berhenti di depan hotel suram di luar sebuah kota besar. Dudley dan Harry berbagi kamar dengan dua tempat tidur dan seprai lembap yang berbau lumut. Dudley mendengkur, tetapi Harry tak bisa tidur. Dia duduk di ambang jendela, memandang lampu-lampu mobil yang lewat dan bertanya-tanya dalam hati....
* * * Mereka makan cornflake melempem dan tengik serta tomat kalengan di atas roti panggang sebagai sarapan keesokan harinya. Baru saja mereka selesai, pemilik hotel mendatangi mereka.
"Maaf, tetapi tapi apakah salah satu dari kalian Mr H Potter" Ada kira-kira seratus surat begini di meja respsionis." Wanita itu mengangkat surat itu sehingga mereka bisa membaca alamatnya yang ditulis dengan tinta hijau :
Mr. H. Potter Kamar 17 Hotel Railview Cokeworth
Harry mau meraih surat itu, tetapi Paman Vernon menampar tangannya. Wanita itu terbelalak.
"Akan saya ambil," kata Paman Vernon, cepat-cepat berdiri dan mengikutinya meninggalkan ruang makan.
* * * "Apakah tidak sebaiknya kita pulang saja, Sayang" Bibi Petunia menyarankan dengan takut-takut beberapa jam kemudian, tetapi Paman Vernon kelihatannya tidak mendengarnya. Entah apa yang dicarinya, tak seorang pun tahu.
Dia membawa mereka ke tengah hutan keluar dari mobilnya, memandang berkeliling, menggelengkan kepala, masuk lagi ke dalam mobil dan mobil pun meluncur lagi. Hal yang sama terjadi di tengah sawah yang sedang dibajak, di tengah jembatan gantung, dan di atas tempat parkir mobil yang bertingkat.
"Daddy sudah gila, ya"" Dudley bertanya kepada Bibi Petunia sore itu. Paman Vernon telah memarkir mobilnya di tepi pantai, mengunci mereka bertiga di dalamnya, lalu menghilang.
Hujan mulai turun. Tetesnya yang besar-besar mengetuk-ngetuk atap mobil. Dudley tersedu-sedu.
"Ini hari Senin," katanya kepada ibunya. "Ada acara si Hebat Humberto di televisi malam ini. Aku mau nonton."
Senin. Harry jadi ingat sesuatu. Kalau hari ini Senin, dan Dudley bisa diandalkan dalam hal ini, sehubungan dengan kegemarannya nonton televisi- maka besok, Selasa, adalah hari ulang tahun Harry yang kesebelas. Tentu saja hari-hari ulang tahunnya yang telah lewat bukanlah hari yang menyenangkan. Tahun lalu, misalnya, keluarga Dursley menghadiahinya satu gantungan mantel dan sepasang kaus kaki bekas Paman Vernon. Tapi, kita kan tidak berumur sebelas tiap hari.
Paman Vernon kembali sambil tersenyum. Dia juga membawa bungkusan kecil panjang dan tidak menjawab ketika ditanya Bibi Petunia apa yang dibawanya itu
"Sudah kutemukan tempat yang sempurna!" kata-nya. "Ayo, semua keluar!"
Di luar mobil udara dingin sekali. Paman Vernon menunjuk sesuatu yang kelihatan seperti batu karang besar yang menjorok ke laut. Bertengger di atas karang itu ada gubuk kecil yang sangat kumuh dan bobrok. Kelihatan menyedihkan sekali. Satu hal sudah jelas, tak ada televisi di gubuk itu.
"Malam ini diramalkan akan ada badai!" kata Paman Vernon senang, sambil menepukkan tangan. "Dan Bapak ini sudah berbaik hati mau meminjamkan perahunya!"
Seorang laki-laki tua ompong berjalan santai mendekati mereka. Sambil menyeringai agak jahat, dia menunjuk perahu dayung tua yang terapung-apung di air abu-abu gelap di bawah mereka.
"Aku sudah beli bekal untuk kita," kata Paman Vernon, "jadi, semua naik!"
Dingin sekali di perahu, sampai mereka serasa membeku.
Cipratan air laut dan tetes hujan sedingin es merayap menuruni tengkuk dan angin dingin menerpa wajah mereka. Setelah rasanya berjam-jam kemudian, tibalah mereka di batu karang.
Paman Vernon, terpeleset-peleset, memimpin menuju kegubuk reyot itu.
Bagian dalam gubuk sungguh menjijikkan. Bau ganggang laut menyengat, angin bersuit-suit menembus lewat celah-celah di dinding papan. Perapiannya lembap dan kosong. Hanya ada satu kamar. Bekal Paman Vernon ternyata sebungkus keripik dan e
mpat pisang untuk setiap orang. Dia mencoba menyalakan api, tetapi keempat bungkus keripik yang kini sudah kosong itu cuma mengerut dan berasap.
"Surat-surat itu sekarang bisa digunakan, eh"" katanya riang.
Paman Vernon sedang senang sekali. Jelas dia mengira tak akan ada orang yang bisa mengejar mereka dalam badai untuk mengantar surat. Harry dalam hati mengakui, dan ini membuatnya sedih. Ketika malam tiba, badai yang dijanjikan menerjang di sekitar mereka. Cipratan air dari ombak-ombak yang bergulung tinggi menyembur ke dinding pondok dan angin kencang mengguncangkan jendela-jendela yang kotor. Bibi Petunia menemukan beberapa selimut apak bulukan dari kamar dan menyiapkan tempat tidur untuk Dudley di sofa yang sudah berlubang- lubang dimakan ngengat. Dia dan Paman Vernon tidur di tempat tidur reyot di kamar dan Harry dibiarkan mencari sendiri tempat yang paling empuk di lantai dan meringkuk di bawah selimut paling tipis dan paling compang-camping.
Semakin malam badai mengamuk semakin hebat. Harry tak bisa tidur. Dia gemetar kedinginan dan membalikkan tubuh, mencoba mencari posisi yang lebih nyaman. Perutnya yang
lapar berkeroncongan. Dengkur Dudley teredam oleh gemuruh guruh yang mulai menggelegar menjelang tengah malam. Jarum arloji Dudley yang menyala-tangan gemuknya yang memakai arloji berjuntai ke bawah sofa- menunjukkan bahwa sepuluh menit lagi Harry akan berusia sebelas tahun. Dia berbaring memandangi saat ulang tahunnya yang berdetik-detik semakin dekat, bertanya-tanya apakah keluarga Dursley akan ingat soal ulang tahunnya bertanya-tanya di manakah gerangan orang yang menulis surat padanya sekarang.
Lima menit lagi. Harry mendengar sesuatu yang berkeriut di luar. Dia berharap atap gubuk tidak akan runtuh, walaupun kalau iya, dia mungkin akan lebih hangat. Empat menit lagi.
Mungkin rumah di Privet Drive akan penuh surat kalau mereka pulang nanti, sehingga dia bisa mencuri satu.
Tiga menit lagi. Ombakkah itu, yang menghantam karang begitu keras" Dan (dua menit lagi) bunyi derak aneh apa itu"
Apa karangnya remuk dan berjatuhan ke laut"
Semenit lagi dia akan berusia sebelas tahun. Tiga puluh detik... dua puluh... sepuluh... sembilan, mungkin dia akan membangunkan Dudley, sekadar supaya Dudley marah saja...
tiga... dua... satu... BOOM!. Seluruh gubuk bergetar dan Harry langsung duduk tegak, memandang pintu. Ada orang di luar pintu menggedor-gedor mau masuk.
* * * 4 SI PEMEGANG KUNCI BOOM! Mereka menggedor lagi. Dudley terbangun dengan kaget. "Dimana meriamnya"" tanyanya bodoh.
Terdengar gubrakan di belakang mereka dan Paman Vernon muncul tergopoh-gopoh ke dalam ruangan. Tangannya memegang senapan, sekarang mereka tahu apa yang ada dalam bungkusan kurus panjang yang tadi di bawanya.
"Siapa itu"" teriaknya. "Kuperingatkan kau ... aku bersenjata!"
Sunyi sesaat. Kemudian ...
GUBRAAAK! Pintu dihantam begitu keras sampai terlepas dari engselnya, dan dengan bunyi memekakkan telinga pintu itu terempas ke lantai.
Sesosok raksasa berdiri di depan pintu. Wajahnya nyaris tersembunyi di balik rambut panjangnya yang awut-awutan dan berewok liar yang berantakan. Tetapi kau bisa melihat matanya, berkilauan bagai dua kumbang hitam di balik rambut awut-awutan itu.
Si raksasa memaksakan diri masuk, menunduk sehingga kepalanya cuma menyentuh langit-langit. Dia membungkuk, memungut pintu, dan dengan mudah memasangnya kembali ke engselnya. Deru badai di luar teredam sedikit. Dia menoleh memandang mereka semua.
"Bisa bikinkan teh, kan" Tidak gampang datang ke sini..."
Dia melangkah ke sofa. Dudley duduk membeku ketakutan.
"Minggir, karung besar," kata orang asing itu.
Dudley mencicit dan bersembunyi di belakang punggung ibunya. Bibi Petunia sendiri berjongkok ketakutan di belakang Paman Vernon.
"Nah, ini dia Harry!" kata si raksasa.
Harry mendongak memandang wajah liar dan galak itu, dan melihat sudut mata kumbangnya berkerut penuh senyum.
"Terakhir kali aku melihatmu, kau masih bayi," kata si raksasa. "Kau mirip sekali ayahmu, tapi matamu mata ibumu."
Paman Vernon mengeluarkan suara serak yang aneh. "Saya meminta Anda segera pergi, Sir!"
katanya. "Anda menjebol pintu dan masuk tanpa izin."
"Ah, tutup mulut, Dursley, jangan sok," kata si raksasa.
Tangannya menjangkau ke belakang sofa, menjambret senapan dari tangan Paman Vernon, membengkokkannya seakan senapan itu terbuat dari karet saja, lalu melemparkannya ke sudut ruangan.
Paman Vernon mengeluarkan suara aneh lagi, seperti cicit tikus yang terinjak.
"Yang jelas, Harry," kata si raksasa, berbalik membelakangi keluarga Dursley, "selamat ulang tahun untukmu, selamat panjang umur. Bawa sesuatu buatmu-mungkin tadi kududuki, tapi rasanya pasti masih enak."
Dari saku dalam mantel hitamnya dia mengeluarkan kotak yang agak penyok. Harry membukanya dengan tangan gemetar.
Di dalam kotak itu ada kue cokelat besar dengan tulisan Selamat Ulang Tahun, Harry dari gula hijau.
Harry menengadah menatap si raksasa. Dia bermaksud mengucapkan terima kasih, tetapi kata-katanya menghilang dalam perjalanan ke mulutnya, dan yang dikatakannya malah,
"Siapa kau""
Si raksasa tertawa. "Betul, aku belum perkenalkan diri. Rubeus Hagrid, pemegang kunci dan pengawas binatang liar di Hogwarts." Dia mengulurkan tangan yang besar sekali dan mengguncang seluruh lengan Harry.
"Bagaimana tehnya tadi, eh"" katanya, seraya menggosok-gosokkan tangannya. "Aku juga tidak tolak minuman yang lebih keras, kalau memang ada."
Pandangannya tertuju ke perapian dengan bungkus keripik yang sudah mengerut dan dia mendengus. Dia membungkuk ke perapian. Mereka tidak bisa melihat apa yang dilakukannya, tetapi ketika dia tegak lagi sedetik kemudian, api sudah menyala-nyala. Api itu memenuhi pondok yang lembap dengan cahayanya yang bergerak-gerak dan Harry merasa kehangatan menyelubunginya, seakan dia masuk ke dalam bak berisi air panas.
Si raksasa duduk kembali di sofa, yang langsung melesak keberatan dan mulai mengeluarkan berbagai benda dari dalam sakunya: ceret tembaga, satu pak sosis lezat, tusukan panjang, teko, beberapa cangkir yang sudah somplak, dan sebotol cairan kuning-kecokelatan yang diteguknya dulu sebelum dia menyiapkan makanan. Segera saja pondok dipenuhi bunyi dan bau sosis panggang yang lezat. Tak seorang pun bicara ketika si raksasa bekerja, tetapi ketika dia melepas enam sosis gemuk
berminyak yang sedikit gosong dari tusukannya, Dudley mulai gelisah. Paman Vernon berkata tajam, "Jangan sentuh apa pun yang diberikannya padamu, Dudley."
Si raksasa tertawa seram. "Anakmu yang sudah sebulat bola tidak perlu digemukkan lagi, Dursley, jangan khawatir."
Dia menyerahkan sosis-sosis itu kepada Harry. Harry, yang sudah lapar sekali, belum pernah makan makanan selezat itu, tetapi dia tetap tak bisa melepas pandangannya dari si raksasa.
Akhirnya, karena tak seorang pun kelihatannya akan menjelaskan, dia berkata, "Maaf, tapi saya tetap belum tahu siapa Anda."
Si raksasa menghirup tehnya dalam tegukan besar, dan melap mulut dengan punggung tangannya.
"Panggil aku Hagrid," katanya. "Semua panggil aku begitu.
Dan seperti sudah kubilang, aku pemegang kunci di Hogwartskau tentunya sudah tahu tentang Hogwarts."
"Eh... belum," kata Harry.
Hagrid kelihatannya terperangah.
"Maaf," kata Harry cepat-cepat.
"Maaf"" balas Hagrid, menoleh menatap keluarga Dursley yang mengerut dalam bayangan kegelapan. "Merekalah yang harus minta maaf! Aku tahu suratmu tidak kauterima, tapi tak pernah kuduga kau tidak tahu tentang Hogwarts. Astaga! Tak pernahkah kau ingin tahu di mana orangtuamu belajar semua itu""
"Semua apa"" tanya Harry.
"SEMUA APA"" gelegar Hagrid. "Tunggu dulu!"
Dia melompat berdiri. Dalam kemarahannya dia seolah memenuhi seluruh pondok. Keluarga Dursley merapat ketakutan ke tembok.
"Apa ini berarti," dia menggeram kepada keluarga Dursley
"bahwa anak ini... anak ini!... tidak tahu tentang... tidak tahu APA-APA""
Harry merasa ini sudah kelewatan. Dia kan sekolah, dan angka-angkanya juga tidak buruk. "Aku tahu beberapa hal," katanya. "Aku bisa Matematika dan pelajaran-pelajaran lain." Tetapi Hagrid hanya mengibaskan tangannya dan berkata,
"Tentang dunia kita, maksudku. Duniamu, Duniaku. Dunia orangtuamu." "Dunia apa""
Hagrid kelihatannya sudah siap meledak. "DUR
SLEY!" teriakannya mengguntur.
Paman Vernon, yang sudah pucat pasi, menggumamkan sesuatu yang kedengarannya seperti "MimbeL.wimbel!" Hagrid menatap liar pada Harry. "Tapi kau pasti tahu tentang ayah dan ibumu," katanya. "Maksudku, mereka terkenal. Kau terkenal."
"Apa" Ja-jadi, ayah dan ibuku terkenal""
"Kau tak tahu... kau tak tahu..." Hagrid menyisir rambut dengan jari-jarinya, memandang Harry keheranan. "Kau tak tahu. kau ini apa"" katanya akhirnya. Paman Vernon mendadak menemukan suaranya.
"Stop!" perintahnya. "Stop di sini, Sir. Saya larang Anda memberitahu anak ini apa pun!"
Orang yang lebih berani dari Vernon Dursley pastilah sudah gemetar menerima pandangan marah Hagrid. Ketika Hagrid bicara, setiap suku katanya gemetar saking marahnya dia.
"Kau tak pernah bilang padanya" Tak pernah beritahu dia apa yang ada dalam surat yang ditinggalkan Dumbledore untuknya" Aku ada di sana! Aku lihat sendiri Dumbledore tinggalkan surat itu, Dursley! Dan kausembunyikan itu darinya selama bertahun-tahun ini""
"Menyembunyikan apa dariku"" tanya Harry tak sabar.
"STOP! KULARANG KAU!" teriak Paman Vernon panik.
Bibi Petunia tersedak kaget.
"Ah, peduli amat kalian berdua," kata Hagrid. "Harry-kau penyihir." Sunyi senyap di dalam pondok. Hanya debur ombak dan deru angin yang terdengar.
"Aku apa"" tanya Harry kaget.
"Penyihir, tentu saja," kata Hagrid yang kembali duduk di sofa, sehingga sofanya berderit dan melesak lebih dalam lagi.
"Dan penyihir yang hebat, kalau dilatih sedikit. Dengan ayah dan ibu sehebat itu, mana bisa lain lagi" Dan kurasa sudah waktunya kaubaca suratmu."
Harry mengulurkan tangan, akhirnya, untuk mengambil amplop kekuningan dengan alamat ditulis dengan tinta hijau ditujukan kepada Mr H. Potter, Lantai, Pondok-di-Atas-Karang, Laut. Harry menarik keluar suratnya dan membacanya.
Kepala Sekolah : Albus Dumbledore
(Order of Merlin, Kelas Pertama, Penyihir Hebat, Kepala Penyihir, Konfederasi Sihir Internasional) Mr Potter yang baik,
Dengan gembira kami mengabarkan bahwa kami menyediakan tempat untuk Anda di Sekolah Sihir Hogwarts. Terlampir daftar semua buku dan peralatan yang dibutuhkan.
Tahun ajaran baru mulai 1 September. Kami menuggu burung hantu Anda paling lambat 31 Juli.
Hormat saya, Minerva McGonagall Wakil Kepala Sekolah
Berbagai pertanyaan meledak-ledak dalam kepala Harry seperti kembang api dan dia tidak dapat memutuskan mana yang akan di tanyakan terlebih dahulu. Sesudah lewat beberapa menit, dia bertanya tergagap, "Apa maksudnya mereka menunggu burung hantuku""
"Gorgon bloon, aku jadi ingat," kata Hagrid sembari menepakkan tangan ke dahinya dengan kekuatan yang cukup untuk membalikkan kereta kuda. Dan dari dalam saku lain di balik mantelnya, dia menarik keluar burung hantu hidup, yang bulunya agak berantakan, pena bulu panjang, dan gulungan kertas.
Dengan menggigit lidah dia menulisa pesan yang bisa di baca Harry dengan terbalik.
Mr. Dumbledore yang terhormat,
Surat Untuk Harry sudah kusampaikan. Akan bawa dia beli perlengkapan besok. Cuaca buruk sekali. Mudah-mudahan anda baik.
Hagrid Hagrid menggulung pesannya, menyerahkannya kepada si burung hantu, yang menggigitnya di paruhnya, lalu melangkah ke pintu dan melontarkan si burung hantu ke dalam badai.
Kemudian dia kembali dan duduk lagi seakan tindakannya tadi sewajar orang bicara di telepon. Harry sadar mulutnya ternganga. Cepat-cepat dikatupkannya.
"Sampai mana aku tadi"" kata Hagrid. Tetapi saat itu Paman Vernon, wajahnya masih pucat pasi tapi tampangnya sangat marah, maju ke depan perapian.
"Dia tidak boleh pergi," katanya.
Hagrid menggerutu. "Aku mau lihat Muggle hebat sepertimu halangi kepergiannya," katanya. "Apa"" tanya Harry tertarik.
"Muggle," kata Hagrid. "Itu sebutan kami untuk manusia-manusia yang bukan penyihir. Dan sungguh buruk nasibmu dibesarkan dalam keluarga Muggle paling sok yang pernah kulihat."
"Waktu mengambilnya kami sudah bersumpah kami akan menghentikan semua omong kosong ini," kata Paman Vernon.
"Bersumpah untuk membelanya! Penyihir" Mana ada!"
"Paman dan Bibi tahu"" tanya Harry. "Paman dan Bibi tahu aku pe-penyihir""
"Tahu!" peki k Bibi Petunia tiba-tiba. "Tahu! Tentu saja kami tahu! Bagaimana tidak, kalau adikku yang brengsek juga begitu"
Oh, dia juga menerima surat seperti itu dan menghilang ke... ke sekolah itu... dan pulang setiap liburan dengan kantong penuh telur katak dan mengubah cangkir menjadi tikus. Aku satusatunya yang tahu dia seperti apa-dia aneh! Tetapi ibu dan ayahku... uh, apa-apa Lily... Lily begini dan Lily begitu. Mereka bangga punya anak penyihir!"
Dia berhenti untuk menarik napas dalam-dalam, dan kemudian merepet lagi. Kelihatannya sudah bertahun-tahun dia ingin mengeluarkan semua ini.
"Kemudian dia bertemu si Potter itu di sekolah, lalu mereka menikah dan punya anak kau, dan tentu saja aku tahu kau pasti
sama anehnya, sama... abnormalnya, dan kemudian si Lily itu kena ledakan dan terpaksa kami kebebanan kau!"
Harry sudah menjadi pucat. Segera setelah dapat bicara dia berkata, "Ledakan" Kalian bilang mereka meninggal dalam kecelakaan mobil!"
"KECELAKAAN MOBIL!" raung Hagrid, melompat bangun dengan amat marah sehingga Mr dan Mrs Dursley cepat-cepat kembali ke sudut mereka. "Bagaimana mungkin kecelakaan mobil bisa bunuh Lily dan James Potter" Sungguh penghinaan besar. Skandal! Harry Potter tidak tahu kisah hidupnya sendiri, sementara semua anak di dunia kami tahu namanya!"


Harry Potter Dan Batu Bertuah Karya J.k. Rowling di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

"Tapi kenapa" Apa yang terjadi"" desak Harry. Kemarahan memudar dari wajah Hagrid. Tiba-tiba dia kelihatan khawatir.
"Tak kusangka akan begini," katanya cemas dengan suara rendah. "Waktu Dumbledore bilang mungkin akan ada kesulitan ambil kau, tak kukira kau serbatidak-tahu begini. Ah, Harry, aku tak tahu apakah aku orang yang tepat untuk beritahu kau-tapi harus ada yang kasih tahu-tak mungkin kau berangkat ke Hogwarts tanpa tahu ini."
Hagrid memandang sebal pada keluarga Dursley.
"Yah, ada baiknya kau tahu sejauh yang bisa kuceritakan padamu-aku tak bisa ceritakan semuanya, soalnya sebagian di antaranya misteri besar...,"
Dia duduk, memandang api selama beberapa detik, kemudian berkata, "Semua ini, menurutku, dimulai oleh orang yang bernama-kelewatan sekali kau tidak tahu namanya, semua orang di dunia kita tahu..."
"Siapa"" "Yah-aku tak mau sebut namanya, kalau bisa. Tak seorang pun berani sebut namanya." "Kenapa tidak""
"Astaganaga, Harry, orang kan masih takut. Wah, susah jadinya. Begini, ada penyihir yang... jadi jahat.
Jahat sekali. Bahkan lebih dari jahat. Jauh lebih jahat daripada sekadar lebih jahat. Namanya..." Hagrid menelan ludah, tapi tak ada suara yang keluar.
"Bagaimana kalau ditulis saja"" Harry mengusulkan.
"Tidak-aku tidak bisa eja. Baiklah-Voldemort." Hagrid bergidik. "Jangan suruh aku sebut sekali lagi. Pendeknya, penyihir ini kira-kira dua puluh tahun yang lalu mulai cari pengikut. Dan dapat, lagi- sebagian karena takut, sebagian lagi karena inginkan cipratan kekuasaannya, karena dia memang punya kekuasaan. Sungguh hari-hari suram, Harry. Kita tak tahu siapa yang bisa dipercaya, tak berani bersikap ramah pada penyihir asing.... Hal-hal mengerikan terjadi. Dia mulai ambil alih kekuasaan. Tentu saja beberapa berusaha lawan dia-dan mereka dibunuh. Dengan sangat mengerikan. Salah satu tempat yang masih aman adalah Hogwarts. Kurasa Dumbledore adalah satu-satunya yang ditakuti Kau-Tahu-Siapa. Tidak berani ambil alih sekolah, dulu paling tidak.
"Ibu dan ayahmu penyihir hebat. Dua-duanya Ketua Murid semasa mereka sekolah! Kurasa misterinya adalah kenapa KauTahu-Siapa tidak coba tarik ibu dan ayahmu ke pihaknya sebelumnya... mungkin dia tahu mereka terlalu dekat dengan Dumbledore, sehingga pasti tidak tertarik pada Sihir Hitam.
"Mungkin dia kira bisa bujuk mereka... mungkin dia cuma ingin mereka menyingkir. Yang orang tahu hanyalah, dia muncul di desa tempat kalian tinggal di malam Hallowe'en sepuluh tahun lalu. Kau baru berumur satu tahun. Dia datang ke rumahmu dan... dan..."
Hagrid tiba-tiba menarik keluar saputangan yang sarigat kotor dan membuang ingus dengan bunyi seperti terompet.
"Maaf," katanya. "Tetapi aku sedih sekali-aku kenal ibu dan ayahmu-tak ada orang lain sebaik mereka- pendeknya...
"Kau-Tahu-Siapa bunuh mereka. Dan kemudian- dan in
i misteri yang sesungguhnya-dia mencoba bunuh kau juga. Mau habisi kalian sampai tuntas, kurasa, atau mungkin dia memang senang membunuh. Tetapi dia tidak bisa bunuh kau. Pernahkah kau bertanya-tanya bagaimana kaudapat bekas luka di dahimu"
Itu bukan luka biasa. Itu yang kaudapat jika kekuatan sihir jahat sentuh kau-berhasil tewaskan ibu dan ayahmu, bahkan hancurkan rumahmu- tetapi tidak mempan untukmu. Itulah sebabnya kau terkenal, Harry. Tak seorang pun bisa hidup setelah dia putuskan untuk membunuhnya. Tak seorang pun, kecuali kau, dan dia telah berhasil bunuh penyihirpenyihir terbaik pada zaman ini-keluarga McKinnon, keluarga Bone, keluarga Prewett-padahal kau masih bayi, dan kau hidup."
Sesuatu yang menyakitkan berpusar dalam benak Harry.
Ketika cerita Hagrid hampir tamat, dia melihat kembali cahaya hijau menyilaukan, lebih jelas daripada yang selama ini diingatnya. Dan dia juga ingat sesuatu yang lain, untuk pertama kali dalam hidupnya-tawa nyaring, dingin, dan bengis.
Hagrid menatapnya dengan sedih.
"Aku sendiri yang ambil kau dari rumahmu yang hancur, atas perintah Dumbledore. Kubawa kau ke keluarga ini..."
"Omong kosong besar," kata Paman Vernon. Harry melompat. Dia nyaris lupa keluarga Dursley ada di situ. Paman Vernon kelihatannya sudah mendapatkan kembali keberaniannya. Dia mendelik kepada Hagrid dan tangannya terkepal.
"Dengarkan aku, Harry" geramnya. "Kuakui kau memang agak aneh, tapi mungkin bisa dibereskan dengan dihajar.
Sedangkan tentang orangtuamu, mereka memang aneh, tak bisa dibantah, dan menurutku dunia ini lebih baik tanpa merekayang terjadi itu salah mereka sendiri, bergaul dengan tukang-tukang sihir. Mau apa lagi, sudah kuduga mereka akan berakhir begitu..."
Tetapi saat itu Hagrid melompat bangun dari sofa dan menarik payung butut merah jambu dari dalam sakunya. Sambil mengacungkan payung itu ke arah Paman Vernon seperti pedang, dia berkata,
"Kuperingatkan kau, Dursley-kuperingatkan kau-satu kata lagi saja..."
Menghadapi bahaya ditombak dengan ujung payung, keberanian Paman Vernon melempem lagi. Dia merapatkan diri ke dinding dan diam.
"Itu lebih baik," kata Hagrid, bernapas berat dan duduk lagi di sofa, yang kali ini melesak sampai ke lantai. Harry, sementara itu, masih penasaran, masih ingin mengajukan ratusan pertanyaan. "Tetapi apa yang terjadi pada Vol-maaf-maksudku, KauTahu-Siapa""
"Pertanyaan bagus, Harry. Hilang. Lenyap. Malam yang sama dia coba bunuh kau. Membuat kau tambah terkenal.
Itulah misteri yang paling besar. Soalnya... belakangan makin lama dia makin kuat-jadi kenapa dia harus pergi"
"Ada yang bilang dia mati. Omong kosong, menurutku. Tak tahu apakah masih ada cukup manusia di tubuhnya untuk bisa mati. Yang lain lagi bilang dia masih sembunyi, tunggu waktu yang tepat, tapi aku tidak percaya. Orang-orang yang tadinya jadi pengikutnya telah kembali ke kami. Beberapa di antaranya seperti kerasukan. Mana mungkin mereka balik ke kami kalau dia akan datang lagi.
"Kebanyakan dari kami duga dia masih ada entah di mana, tapi sudah kehilangan kekuatannya. Terlalu lemah untuk terus merajalela. Karena sesuatu pada dirimu menghabisi dia, Harry.
Ada yang terjadi malam itu yang di luar perhitungannya-aku tak tahu apa itu, tak ada yang tahu-tetapi sesuatu pada dirimu membuat dia takluk."
Hagrid memandang Harry dengan hangat dan rasa hormat.
Tetapi Harry, alih-alih merasa senang dan bangga, merasa yakin ada kekeliruan besar. Penyihir" Dia" Bagaimana mungkin dia penyihir" Dia telah melewatkan hidupnya dijadikan bulan-bulanan oleh Dudley dan ditindas oleh Bibi Petunia dan Paman Vernon. Kalau memang dia penyihir, kenapa mereka tidak berubah jadi kodok setiap kali mereka mencoba menguncinya di dalam lemari" Jika dia pernah mengalahkan penyihir paling hebat di dunia, bagaimana mungkin Dudley selalu bisa menendang-nendangnya ke sana kemari seperti bola"
"Hagrid," katanya cemas. "Kurasa kau pasti keliru. Tidak mungkin aku ini penyihir." Betapa herannya dia, Hagrid tertawa.
"Tidak mungkin penyihir, eh" Tidak pernahkah ada peristiwa-peristiwa yang terjadi setiap kali kau takut atau marah""
Harry memand ang perapian. Kalau dipikir-pikir... semua kejadian aneh yang membuat bibi dan pamannya marah kepadanya terjadi ketika dia, Harry, sedang marah atau sedih.
Ketika dikejar-kejar oleh geng Dudley, entah bagaimana dia selalu bisa meloloskan diri... waktu cemas karena harus ke sekolah dengan potongan rambut yang konyol, rambutnya tibatiba tumbuh sendiri... dan ketika Dudley terakhir kali memukulnya, bukankah dia telah berhasil membalasnya, tanpa sadar" Bukankah dia yang melepas ular boa yang menakutkan Dudley"
Harry kembali memandang Hagrid, tersenyum, dan dilihatnya Hagrid nyengir senang kepadanya.
"Lihat sendiri, kan"" kata Hagrid. "Harry Potter, tidak mungkin penyihir-tunggu saja, kau akan terkenal di Hogwarts."
Tetapi Paman Vernon tak akan mau menyerah tanpa perlawanan.
"Kan sudah kubilang dia tidak boleh pergi"" desisnya. "Dia akan ke Stonewall High dan dia akan berterima kasih karenanya. Aku sudah membaca suratsurat itu dan katanya dia memerlukan segala macam sampah-buku mantra dan tongkat dan..."
"Kalau dia mau pergi, Muggle hebat seperti kau tidak akan bisa larang dia," geram Hagrid. "Melarang anak Lily dan James Potter masuk Hogwarts! Kau gila. Namanya sudah terdaftar di sana sejak dia dilahirkan. Dia akan masuk sekolah sihir paling terkenal di dunia. Tujuh tahun di sana, dia tak akan kenal dirinya lagi. Dia akan bergaul dengan anak-anak sejenisnya, kali ini, dan di bawah bimbingan kepala sekolah paling hebat yang dimiliki Hogwarts, Albus Dumbled..."
"AKU TIDAK MAU MEMBAYAR LAKI-LAKI TUA SINTING UNTUK MENGAJARINYA TIPUAN SIHIR! teriak Paman Vernon.
Tetapi dia sudah kelewatan. Hagrid menyambar payungnya dan memutar-mutarnya di atas kepala, "JANGAN BERANI-BERANI...," gelegarnya, "... HINA... ALBUS... DUMBLEDORE... DI... DEPANKU!"
Diayunkannya payungnya turun untuk menunjuk Dudley.
Ada kilatan cahaya ungu, bunyi seperti petasan, jeritan nyaring, dan detik berikutnya Dudley menari-nari di tempat dengan tangan memegangi pantatnya yang gemuk, menjerit-jerit kesakitan. Ketika dia berbalik membelakangi mereka, Harry melihat ekor babi melingkar nongol dari lubang di celananya.
Paman Vernon menggerung. Seraya menarik Bibi Petunia dan Dudley ke kamar satunya, dia melempar pandangan ketakutan untuk terakhir kali kepada Hagrid, lalu membanting pintu menutup di belakang mereka.
Hagrid menunduk menatap payungnya dan membelai jenggotnya.
"Harusnya tak boleh marah," katanya menyesal, "tapi kan tidak berhasil. Maksudku mau ubah dia jadi babi, tapi kurasa dia sudah mirip sekali babi, tak banyak lagi yang bisa dilakukan."
Dia melirik Harry dari bawah alisnya yang lebat.
"Aku akan berterima kasih kalau kau tidak sebutsebut kejadian ini pada siapa pun di Hogwarts," katanya. "Aku...
ehm... sebetulnya tidak boleh menyihir. Hanya boleh sedikit saja untuk ikuti kau dan antar surat-surat kepadamu dan belanjasalah satu alasan aku ingin sekali dapatkan tugas ini...."
"Kenapa kau tidak boleh menyihir"" tanya Harry.
"Oh, yah... aku dulunya sekolah di Hogwarts juga, tapi...
ehm... aku dikeluarkan, jujur saja. Waktu kelas tiga. Mereka patahkan tongkatku jadi dua dan macammacam lagi. Tetapi Dumbledore izinkan aku tinggal sebagai pengawas binatang liar.
Orang hebat, Dumbledore."
"Kenapa kau dikeluarkan""
"Sudah malam dan banyak yang harus kita lakukan besok,"
kata Hagrid keras-keras "Harus ke kota, beli buku-buku dan peralatanmu."
Hagrid melepas mantel hitamnya yang tebal dan melemparkannya kepada Harry.
"Bisa kaujadikan selimut," katanya. "Jangan pedulikan kalau sedikit meronta-ronta. Kurasa masih ada sepasang tikus di salah satu sakunya."
5 DIAGON ALLEY KEESOKAN harinya, pagi-pagi Harry sudah terbangun. Meskipun dia tahu hari sudah pagi, dipejamkannya matanya rapat-rapat.
"Aku mimpi," katanya kepada diri sendiri," Aku mimpi raksasa bernama Hagrid datang memberitahuku bahwa aku akan masuk sekolah sihir. Kalau kubuka mataku, aku akan berada di rumah dalam lemariku."
Tiba-tiba terdengar ketukan keras.
Nah, ini dia Bibi Petunia mengetuk pintu, pikir Harry dengan kecewa. Tetapi dia tetap tidak membuka mata. Mimpinya indah sekali.
Tok. Tok. Tok. "Ya, " gumam Harry,"Aku bangun."
Dia duduk dan mantel berat Hagrid merosot dari tubuhnya.
Gubuk dipenuhi sinar matahari. Badai telah berlalu. Hagrid sendiri tertidur di sofa yang melesak dan ada burung hantu mengetuk-ngetukkan cakarnya di jendela, paruhnya menggigit koran.
Harry terhuyung berdiri. Dia senang sekali, seakan ada balon besar melembung di dalam tubuhnya. Dia langsung ke jendela dan mengentaknya hingga terbuka. Burung hantu itu meluncur
masuk dan menjatuhkan koran ke atas Hagrid, yang tidak terbangun. Si burung hantu kemudian terbang ke lantai dan mulai menyerang mantel Hagrid.
"Jangan." Harry berusaha menyingkirkan si burung hantu, tetapi burung itu mengatupkan paruhnya dengan galak ke arahnya dan terus saja menyerang mantel itu.
"Hagrid!" kata Harry keras-keras. "Ada burung hantu..."
"Bayar dia," Hagrid bergumam ke sofa.
"Apa"" "Dia minta dibayar karena antar koran. Cari dalam saku."
Mantel Hagrid kelihatannya terbuat dari hanya saku-saku saja-bergebung-gebung kunci, pelurupeluru gotri, bergulung-gulung tali, permen, kantongkantong teh... akhirnya Harry menarik keluar segenggam koin yang tampaknya aneh.
"Beri dia lima Knut," kata Hagrid mengantuk. "Knut""
"Koin perunggu kecil."
Harry menghitung lima koin perunggu kecil dan si burung hantu mengulurkan kakinya, supaya Harry bisa memasukkan uangnya ke dalam kantong kulit kecil yang terikat di kaki itu.
Kemudian dia terbang keluar lewat jendela yang terbuka.
Hagrid menguap keras-keras, duduk, dan menggeliat.
"Lebih baik berangkat sekarang, Harry, kita harus ke London dan beli semua keperluan sekolahmu."
Harry sedang membalik-balik koin penyihir dan memandangnya. Dia baru saja teringat sesuatu yang membuat balon kebahagiaan di dalam tubuhnya bocor.
"Um-Hagrid"" "Mm"" kata Hagrid, yang sedang menarik bot raksasanya.
"Aku tak punya uang-dan kau sudah mendengar apa kata Paman Vernon semalam-dia tak mau membayariku belajar sihir."
Pedang Penakluk Iblis 14 Pendekar Pulau Neraka 08 Pesanggrahan Goa Larangan Mutiara Hitam 3

Cari Blog Ini