Ceritasilat Novel Online

Mini Skirt 1

Olga 06 Mini Skirt Bagian 1


MINI SKIRT Ebook by Lheeyaa - OCR by Raynold
1. MINI SKIRT "TAUN ini emang taun ayam. Dan, percaya apa enggak, di taun monyet rezeki emang seret. Keuangan cekak banget. Itu dirasakan betul oleh Olga. Tiba-tiba aja duit honor siarannya kesedot keperluan macem-macem. Uang tabungan hasil siarannya selama dua bulan aja ludes ples buat bayar kursus Inggris di ILeP.
Terpaksa Olga cuma bisa menahan tenggorokannya yang kering, pas pulang kursus siang itu. Duit di kantong cuma cukup buat naik bije pulang. Gak bersisa barang gocap pun untuk beli es krim miki mos.
Dan gak cuma itu aja. Di rumah, si Mami ini mulai streng banget ama yang namanya fasilitas. Pemakaian telepon dibatasi. Walhasil, kalo Olga lagi nelepon, tu Mami dengan setianya nunggu di samping Olga sambil bawa pentungan maling. Sambil matanya nggak lepas dari stop-watch. Kalo lewat sedetik aja "dari waktu yang dijatah, "tung!" kepala Olga langsung dipentung.
Nonton tipi juga gitu. Dengan alasan hemat energi, tipi hanya disetel pada acara-acara yang Mami suka aja (bukan main egoisnya!). Yaitu, pas film MacGyver, Growing Pains, dan opera sabun lainnya. Berhubung Mami nggak suka Beverly Hills 90210, Olga terpaksa harus perang terus tiap Jumat sore. Dan dengan liciknya Mami selalu menyembunyikan semua benda yang ia nggak ingin orang lain gunakan. Misalnya,biar orang pada nggak nyetel tipi, Mami ngumpetin remote control plus colokannya. Kalo Mami nggak mau Olga pake mobil, kuncinya diumpetin. Telepon juga gitu. Sebelum Mami beli kunci telepon, tu telepon dia umpetin di balik baju, dan dibawa ke mana-mana. Sampe pernah pas lagi pada makan malam, tiba-tiba dari balik perut Mami yang emang gendut, ada bunyi telepon berdering. Dan Mami langsung berdalih, dia lagi cegukan. Untung aja nggak sekalian kulkas Mami umpetin di balik dasternya.
Bagaimana dengan Papi"
Papi nggak kalah gokil sama Mami. Gara-gara ada tetangga yang rumahnya kayak istana kerampokan, Papi juga langsung jadi ketat banget menjaga sistem keamanan rumah. Semua pagar, pintu, jendela, dan genteng rumah satu per satu sekarang dikasih gembok biar aman: Dan semua kunci gembok itu dipegang Papi. Walhasil Olga yang hobi manjat genteng, kalo mo kabur bareng Wina, kini jadi kerepotan.
"Di zaman susah cari duit seperti sekarang ini, kejahatan makin meningkat. Karena didesak keadaan yang mencekik," begitu pidato pembukaan Papi ketika mulai menerapkan sistem keamanan super ketat di rumah. "Dan kita harus waspada."
Pas Olga protes, Papi malah berniat mo ngebuatin ID card khusus untuk Olga dan Mami membuka pintu depan rumah.
Olga jelas mangkel. Dan sekarang, kedatangan Papi dari jarak tiga meter aja bisa dideteksi, gara-gara kantong celananya yang menggelembung itu selalu menimbulkan bunyi gemerincing yang amat berisik, karena penuh dengan berbagai kunci. Setiap kunci disusun sedemikian rupa sama Papi dan ditandai label biar nggak lupa.
Dan Olga hanya bisa mengelus dada.
Olga berjalan ke ujung Jalan Panglima Polim. Di situ biasanya banyak bije. Sambil nunggu, Olga jadi inget tadi ribut-ribut sama guru Inggrisnya di ILeP, si Ross. Ya, bule satu itu ngomel-ngomel waktu Olga mengganti kata "bajaj" menjadi "bije". Dikira Ross, Olga sok tau menerjemahkan kata bajaj ke dalam bahasa Inggris, padahal maksud Olga, bije emang istilah anak muda Jakarta mengganti kata "bajaj". Biar - kedengaran keren. Huh, dasar bule kuper, omel Olga.
"Hai, Ol!" Olga nengok, ada suara yang negur dari belakang.
"Hai, Kiki. Ngapain lo"" ujar Olga riang.
Ya, Kiki anak Kelas Satu Empat, sebelah kelas Olga.
"Gue abis nganterin kue."
"Aduh, kenapa gue ketemunya nggak sebelum elo nganterin kue, ya""
Kiki ketawa. "Lo abis ngapain, Ol""
"Biasa, kursus. Eh, lo tau nggak, Ki, bedanya permen ama monyet""
Kiki jadi bengong tiba-tiba Olga nanya begitu.
"Emang apa bedanya, Ol""
"Kalo permen, kan Kayane...," jawab Olga.
"Kalo monyet""
"Kaya lu.... Hihihi...."
Kiki jadi memberengut. Olga sebetulnya emang suka sama Kiki. Abis meski tu anak sebetulnya cuma anak janda penjual kue, tapi di sekolah cukup aktif sama segala macam kegiatan, dan nggak
minderan sama anak-anak sekolah Olga yang suka sok borju.
Sambil bareng nunggu bije, mereka mengobrol.
""Ol, lo kenal Alvin, kan" Yang sekelas sama elo"" Kiki membuka obrolan, sambil nyender di tiang rambu.
"O, cowok yang bulu idungnya lentik itu""
"Jangan gitu, Ol. Dia kan cowok gue...."
"Ha" Cowok lo" Udah lama""
"Lumayan." . "Lo emang nggak salah pilih. Dia kan anak konglomerat, ya" Lo udah kenal sama orangtuanya" Gue bisa nebeng minta sponsor, nih!"
"Itu dia masalahnya, Ol. Sampai sekarang orangtuanya nggak tau kalo Alvin pacaran sama gue...," Kiki menjawab sedih.
"Tapi Alvin tau kan kalo lo pacaran sama dia"" Olga bertanya cemas.
Kiki jadi dongkol, "Ya tau, dong."
"Syukurlah. Eh, itu ada bije kosong. Ceritanya kita lanjutin di bije aja, yuk""
Kiki lalu ikutan Olga berlari-lari mengejar bije.
"*** "Mami emang udah makin keterlaluan. Pagi itu dia ribut lagi sama anak semata wayangnya, si Olga. Gara-garanya sepele. Semalam Olga lupa nyetrika rok seragamnya, dan pagi itu dia baru inget dan buru-buru mo nyetrika di belakang. Tapi setrikaannya diumpetin Mami.
""Mana dong, Mi, setrikaannya!" ujar Olga kesel.
"Salah kamu sendiri, tadi malem pas waktunya nyetrika kamu nggak nitip. Kamu kan tau, watt setrikaan itu gede banget! Hemat energi, dong," kelit Mami.
"Tapi kan Olga mau pake seragamnya sekarang. Olga mo nyetrika dulu!"
"Pake setrika yang di gudang aja. Setrikaan ayam jago yang pake arang!"
"Aduh, Mami! Kan lama panasnya. Lagian, apa Olga harus ke hutan dulu nyari kayu buat bikin arang"" jerit Olga kesal.
"Ya, ke hutan aja," Mami cuek berlalu meninggalkan arena pertempuran.
Olga kesal setengah mati. Dia langsung masuk kamar, dan ngelempar rok seragam kusutnya ke atas kasur. Ini udah jam tujuh kurang. Papi udah ngelakson dari bawah. Pertanda mau berangkat kerja.
"OOOOLL, kamu ikut nggak" Keburu Papi kunci nih pintu depan. Kalo udah dikunci, kamu nggak bakal bisa keluar lagi!!!" teriakan Papi terdengar dari bawah.
Bener-bener keluarga konyol! sungut Olga dalam hati.
Dia pun nggak sempet ngurus roknya lagi. Langsung membuka lemari, dan nemu rok seragam zaman dulu. Olga mengambil rok itu, dan membentangkan di depan wajahnya.
"Hm, oke juga. Itu rok zaman Olga SMP. Kebetulan Olga sempet punya rok yang warnanya abu-abu waktu SMP. Waktu ikut aubade. Tanpa pikir panjang, Oiga langsung memakai rok itu. Hm, lumayan, pinggulnya masih mual. Cuma, bawahnya aja yang rada mini. Hihihi, kayak pake mini skirt.
Olga. pun langsung menyambar tasnya, dan berlarian ke bawah. Ya, dia harus keluar sebelum Papi sibuk menggembok rumahnya yang takut digondol maling itu.
*** "Ternyata keterburu-buruan Olga bikin bencana juga di sekolah. Gara-gara, biasa, anak-anak cewek kelas tiga yang sok berkuasa itu keki banget ngeliat ada adik kelasnya beranian ber-mini skirt-ria ke sekolah.
"Anak kelas satu itu betul-betul ngocol!" ujar Natasha yang anak kelas tiga itu.
"Ya, si uler kaki seribu itu harus diberi pelajaran!" timpa Ola, "ewek kelas tiga yang emang dari dulu keki banget ngeliat kecentilan Olga, sampe tega-teganya dia menjuluki Olga: uler kaki seribu.
"Kita gencet aja dia!" tandas cewek yang lain.
"Iya, kurang ajar banget. Dion, cowok gue tu tadi pagi sampe nabrak tiang gara-gara ngeliat si kaki seribu itu ber-mini skirt!"
Emang, kebiasaan gencet-menggencet di satu sekolah udah -jadi tradisi. Kayaknya anak-anak yang kelasnya lebih tinggi, nggak rela kalo ngeliat ada adik kelasnya yang "berani". Emang sih, ada peraturan bahwa rok untuk cewek minimal harus sekian senti di atas lutut. Dan Olga udah memecahkan rekor make rok paling mini saat itu.
Makanya ketika Olga sama Wina lagi ke kantin, serombongan anak kelas tiga, yang ceweknya aja, menghadang Olga.
"Hei, uler kaki seribu. Sini lo!" Bentakan Ola bikin Olga dan Wina kaget.
"Eh, Win, elo dipanggil, tuh!" bisik Olga pada Wina.
"Kok gue"" Wina bengong.
"Iya, katanya tadi uler kaki seribu. Pasti elo, Win. Masa gue" Kaki gue kan bagus, sedang kaki lo kurus gitu."
Tapi Ola udah berdiri tepat di depan idung Olga sambil bertolak pinggang.
"Maksud "e elo, bego!"
" Gue"" Olga jadi kesel. Dia ikut-ikutan bertolak pinggang, "Kok gue bisa jadi uler kaki seribu""
"Yeee, suka-suka gue. Emang kaki lo kayak kaki uler kaki seribu!" Ola mencibir.
""Nggak bisa, dong! Kaki Wina kan lebih jelek dari kaki gue!" jerit Olga dongkol.
Natasha ikut menghampiri Olga, dan berkata ketus, "Hei, lo jangan ngocol ya di sini! Lo tuh anak kelas satu, tau! Jangan macem-macem. Lo pikir sekolahan tuh diskotek apa" Berani-beraninya pake rok mini begitu! Kalo mau ikut kontes mini skirt, di diskotek aja, jangan di sini!"
Secara refleks, Olga langsung melihat ke kaki Natasha. Hihihi, ternyata Natasha juga berusaha pake rok mini, tapi lebih panjang beberapa senti dari rok Olga. Dan yang bikin Olga jadi geli, ternyata Olga ngeliat ada sedikit borok di kaki Natasha, yang bikin dia sirik banget nggak bisa pake rok mini kayak Olga. Olga jadi tersenyum.
Tentu Natasha berang. "Ngapain lo liat-liat kaki gue""
"Kamu sebetulnya bisa aja kalo mau keliatan mulus kayak kaki gue. Pake stocking kan bisa...," Olga menjawab polos.
Plak! Olga tau-tau ditampar.
Dan terjadilah perang itu.
Anak-anak jadi gempar. Semua yang terlibat ribut, termasuk Wina yang sebetulnya cuma teriaik-teriak aja, tanpa berani ngelawan anak kelas tiga, digiring ke kantor Kepsek. Diinterogasi.
"Sebetulnya, sesuai peraturan umum, hukuman pelajar yang terlibat tawuran adalah digunduli! Mo model apa" Sinead O'Connor atau Lisa Stansfield"" bentak Kepsek galak.
"Hah!!"" Olga dan anak-anak cewek yang udah babak belur itu terkejut bukan alang kepalang.
"Hahaha, it's only a joke!" ujar Kepsek, lalu wajahnya berubah serius. "Tapi yang bukan termasuk joke, mulai saat ini semua anak cewek harus memakai rok sepuluh senti di bawah lutut! Berlaku mulai besok! Biar nggak ada ribut-ribut lagi. Titik!"
"Hah"!"" Anak-anak terkejut lagi.
"Wah, kayak pake long dress, dong," bisik Ola pada Natasha.
Natasha melirik Olga kesal. "Huh! Gara-gara si uler kaki seribu!"
"*** "Olga baru aja pulang dari penjahit Elizabeth Tailor, waktu ketemu Kiki yang baru pulang nganter kue.
"Wah, sial, saban ketemu elo selalu setelah elo nganter kue!" tegur Olga sambil menghampiri Kiki dengan meluncur di atas sepatu roda.
Tapi reaksi wajah Kiki muram.
"Dari mana, Ol"" tanya Kiki lemas.
"Dari tukang jait. Abis ngelepas lipetan rok, supaya bisa sepuluh senti di bawah lutut. Itu kan peraturan baru...."
Kiki mengangguk lemah. "Kok lo kayaknya sedih banget" Kenapa" Soal orangtua Alvin""
Kiki menggeleng. "Belum makan seharian""
Kiki memandang Olga. "Besok gue ulangan matematik. Tapi gue mungkin nggak bisa masuk sekolah sementara, sampe nyokap gue punya uang."
"Kenapa" Lo belum bayaran sekolah"" Olga jadi prihatin.
"Udah. Tapi, lo kan tau. Gue orang miskin. Cuma idup dari nyokap dagang kue. Rok seragam yang gue pake kan bekas rok kakak gue yang tubuhnya kecil itu. Itu aja baru bisa gue pake setelah lipatannya gue buka, dan pas beberapa senti di atas lutut. Tapi dengan peraturan baru Kepsek, jelas rok itu nggak bisa gue pake lagi. Gue harus bikin rok baru. Tapi nyokap gue bilang, dia belum punya uang. Gue takut kalo nekat pake rok yang lama, bakal dipanggil ke kantor Kepsek...."
Olga langsung terdiam. Ya, ini gara-gara Olga ribut kemaren. Juga gara-gara anak kelas tiga yang sirik itu. Iya, kenapa sih anak-anak itu suka sirik" Padahal sama adik kelas sendiri. Yang harusnya dibantu, dibimbing, diarahkan, bukan digencet. Yang harusnya disayangi, bukan dimusuhi. Akibatnya, ya kayak gini. Semua jadi korban peraturan yang diperketat.
Olga merangkul pundak Kiki.
"Sori, ya, Ki. Gue juga nggak sengaja waktu itu pake mini skirt. Lo pake rok gue yang satu ini aja, kebetulan gue punya dua."
Kiki . terperangah. "Terus besoknya lagi, lo nggak bisa ganti rok, dong""
"Ya, kita gantian aja. Besoknya lo pake rok yang gue pake, dan gue pake rok yang elo pake" Sip, kan""
Kiki ketawa. "Makasih, Ol. Lo temen yang baik," ujar Kiki memeluk Olga.
*** "Sampe di rumah, Olga udah ngatur rencana buat bales dendam sama Mami dan Papi. Ya, gara-gara peraturan kelewat ketat di rumah itu, Olga jadi terp
aksa pake rok mini. terpaksa ribut sama anak kelas tiga. Terpaksa nyaris digunduli. Terpaksa bikin heboh di sekolah. Terpaksa bikin Kepsek ngeluarin peraturan baru. Terpaksa membuat Kiki sedih. Olga harus ngasih pelajaran sama Mami dan Papi.
Di rumah, kebetulan Mami lagi ngorok di sofa, sambil memeluk kulkas, supaya isinya nggak diambil Olga. Olga tau, Mami lagi nunggu acara TV favoritnya. Olga pun buru-buru mengendap-endap ke depan TV, dan menyembunyikan remote control-nya di kamar. Terus Olga pun tiduran sambil ngemil popcorn.
Beberapa saat kemudian, mulai terdengar suara hiruk-pikuk di bawah sana. Olga mengintip. Ternyata Mami lagi sibuk mencari remote control-nya. Sambil ngebongkar-bongkar semua harta persembunyiannya. Ada kunci telepon di balik sofa, setrikaan di balik taplak meja, radio di balik susunan rak buku laser disc di tumpukan sepatu, dan lain-lain. Pokoknya Mami jadi panik membongkar semua tempat persembunyian rahasianya. Olga pun cekikikan sambil menghafal betul, di mana Mami menyembunyikan barang-barang yang selama ini dia sembunyikan itu.
"Aduuuh, di mana ya tadi kusimpan remote control itu" Apa di lubang WC, barengan sama kaset Guns 'n Roses-nya Olga"" ujar Mami kesel.
Olga melotot. Oh, ternyata...
Satu masalah beres. Dan pas malam hari, ketika Papi udah tidur Olga bak mission impossible mengendap-endap ke kamar Papi sambil nyolong gantungan yang berisi puluhan kunci itu. Setelah berhasil, Olga berlari-lari kecil ke kamarnya, dan mulai sibuk mengubah-ubah susunan kunci, dan menukar-nukar label tanda di kunci itu. Misalnya, label kunci pintu depan ditukar dengan WC, dan seterusnya. Pokoknya diacak-acak seenaknya oleh Olga. Kebetulan bentuk kuncinya memang nyaris-nyaris sama. Setelah beres, Olga mengembalikan kunci itu, dan tidur dengan pulasnya.
Besok pagi, ketika Olga selesai sarapan roti pake daging iris, dan sudah berpakaian rapi, Papi nampak masih keringetan sendiri di depan pintu depan. Ia sudah satu jam berkutet di situ, mencoba membuka pintu depan. Semua kunci dicobai satu per satu.
"Aduuh, kok kuncinya jadi berantakan begini" Mana Papi ada meeting jam delapan," keluh Papi sambil mengelap keringet yang menetes satu per satu di dahinya.
Olga senyum-senyum sendiri sambil makan roti.
"Aduh, kenapa Papi bisa pikun begini, ya" Bener-bener bikin repot. Kayaknya Papi udah kelewat batas, ya, Mi. Besok nggak ada acara kunci-kuncian dan gembok-"gembokan lagi, ah!" ujar Papi sambil meluruskan pinggangnya yang mulai encok karena dari tadi membungkuk mencobai kunci satu per satu.
Mami yang berdiri di sampingnya juga menyahut, "Iya, Pi. Mami juga mulai pikun lupa naro remote control TV. Walhasil, kemaren Mami nggak bisa nonton acara favorit Mami, America's Funniest Home Video.... Mami kapok, ah, ngumpet-ngumpetin barang lagi...."
Dan, senyum Olga pun makin lebar.
" 2. BALADA RADIO BUTUT "MATAHARI yang baru beberapa menit menggelincir dari ufuk timur itu adalah matahari yang muncul buat menandai datangnya pagi. Suara ayam jago itu adalah suara ayam jago yang berkokok buat menyambut datangnya pagi. Tetesan embun yang menari-nari di ujung daun itu adalah tetesan embun yang terbit untuk melengkapi suasana pagi. Udara dingin menggigit itu adalah udara dingin khas pagi.
Ya, saat itu hari memang masih pagi. Subuh baru aja lewat. Ibu-ibu penjual kue belon lagi keluar dari persembunyiannya. Mereka masih sibuk mengatur berbagai macam kue di dalam tampah. Anak-anak balita masih menggeliat di ranjangnya yang mungil. .
Tapi pagi itu adalah pagi yang rutin bagi Somad bin Indun. Selagi kebanyakan penduduk kampung Ceger masih terbenam dalam mimpi-mimpi buruknya tentang kapuk, Somad "malah tenggelam dalam keasyikan dengan radio bututnya. Radio butut peninggalan almarhum babenya, yang lantas jadi satu-satunya harta paling berharga di keluarga Somad. Bagi Somad sendiri radio butut itu adalah radio kesayangan yang setiap saat bisa mendatangkan kebahagiaan. Sebab dari radio butut itulah Somad bisa ngedenger suara cablak penyiar kesayangannya. Suara cablak penyiar yang bikin Somad mabuk kepayang.
Ya, kamu sendiri t au, Somad emang udah lama mabuk kepayang sama penyiar itu. Meski udah sempat ditolak, diusir, plus dikutuk, tapi Somad pantang menyerah. Dia udah telanjur mabuk kepayang sama suara cablaknya Olga. Suara cablak yang khas. Suara cablak yang murni dateng dari hati nurani. Suara cablak yang nggak dipunyai penyiar lain yang suaranya suka dibuat-buat biar kedengeran merdu. Seenggaknya begitulah penilaian Somad.
Tiap ngedenger suara cablak itu perasaan Somad kayak dikitik-kitik bulu itik. Kuping Somad kayak dikilik-kilik pake bulu landak. Somad pun melambung ke suatu tempat yang paling indah. Suatu tempat yang bertabur bunga lengkap dengan kolam susu dan sungai madunya.
Pantes Somad khusyuk banget kalo udah ngedenger suara itu. Radio butut pun disetel dengan volume pol sampe ayam jago yang tadi berkokok pada nginyem. Mereka minder karena merasa kesaing sama radio butut Somad. Tapi Somad cuek. Malah radio butut yang bersuara pol itu ditempelin tepat di kupingnya. Dan sebagai pelampias perasaan, Somad memeluk radio bututnya dengan penuh keharuan. Lalu Somad bergumam menyebut-nyebut nama penyiar kesayangannya.
"Ah, Neng Olga.... Ah, Neng Olga...."
Semen tara Olga yang disebut-sebut namanya terus berceloteh dengan cueknya. Seolah nggak peduli dengan perasaan Somad yang tenggelam dalam kesyahduan.
"Yah, buat sobat-sobit yang lagi manteng di 101,6 FM, yang mantengnya sembari maen layangan atau tidur pules, atau sembari nongkrong di kamar khusus buat ngisi tabungan hari tua, dari sini Olga, penyiar kamu yang manis itu, lemparin satu tembang lawas yang masih oke punya. Hop, tangkep, ya!"
Lagu I Love Your Smile dari Shanice pun meluncur dari radio butut Somad. Sedang Somad yang kege' eran lantaran ngerasa lagu itu khusus dilempar buat dia, langsung nyengir lebar banget, sambil ngaca. Apa iya die suke senyum aye" Hihihi, padahal pas ngaca di sela-sela gigi masih nyelip cabe merah sekilo bekas makan gado-gado tadi malem.
"Aduh, Neng Olga, situ baek be'eng sih. Makasih ya, atas lemparan lagunya. Tapi jangan kenceng-kenceng dong ngelemparnya. Jidat ane ampe benjol nih jadinya," gumam Somad penuh kesungguhan. .
Dan Somad pun sama sekali nggak peduli kalau rumahnya jadi bising akibat radio yang disetel dengan volume pol. Runyamnya, Somad juga suka ikut-ikutan nge-dubbing suara ke lagu yang diputer tadi. Lagu Barat di-dubbing sama suara bercengkok dangdut tentu aja jadi ruwet. Nggak heran kalo akhirnya para tetangga yang tinggal bersebelahan Jadi pada sirik. Mereka mau protes, tapi sepertinya nggak digubris. Somad betul-betul mabuk kepayang.
Untunglah keresahan tetangga atas sepak terjang Somad seperti ada yang mewakili. Karena nggak lama kemudian, dengan gelagapan Somad bangun dari tempat tidur. Radio bututnya terlempar ke samping. Badannya basah kuyup.
Somad celingukan. Pandangannya nyangkut di pintu kamar demi ngeliat nyaknya berdiri di situ sambil memegang ember.
"Aduh, Nyak ye, yang nyiram aye" Nyak, apa-apaan sih""
"Makdirabit, lo yang apa-apaan" Nggak Siang, nggak malem, yang diurusin radioooo mlulu. Sono nimba, ngisi kolem. Nyak pengen mandi. Terus udah gitu jangan lupe nyuci. Punye anak atu aje, nggak bisa diarep," omel nyaknya Somad bawel.
"Ya... Nyak, nggak bole ngeliat orang lagi hepi nih."
"Hepi... hepi... dengkul lo yang hepi. Udah sono nimba. Eh, ngomong-ngomong hepi tuh makanan apaan sih" Ape enak buat dilalap""
"Nyak nggak tau hepi""
"Apaan"" "Hepi tu sebangsanya buah-buahan yang sering Nyak semur."
"Ah, itu sih jengkol. Yang bener aje lu, mad. Kok jauh be' eng sih pelesetannye""
Somad cekikikan. "Udah sono nimba!" usir Mpok Tasripeh sembari menyepak pantat Somad.
"Sabar dikit dong, Nyak." Somad nyante aje ngebetulin sarung apeknya.
Somad lalu bergegas ke sumur. Tapi baru beberapa meter, langkahnya terhenti. Somad berbalik.
Mpok Tasripeh mendelik. "Mo apa lagi, lo"" hardik Mpok Tasripeh.
"Sebentar, Nyak, ade yang ketinggalan, radio.... "
"Somaaad, lo mo nimba sembari dengerin radio" Kebangeten bener lo jadi orang!" maki tu janda sampe rambutnya pada berdiri.
"Ye... Nyak, daripade aye nimba sembari ma
cul. Kan malah susah jadinye," kilah Somad.
""Udah sono cepet. Jangan banyak omong, lo!"
Somad pun bergegas ke kamarnya buat ngambil radio bututnya.
*** "Sore itu Olga masih tenggelam dalam kotak siarannya. Padahal Olga udah ngendon dari pagi di Radio Ga Ga. Dan pas pulang sekolah sore, dia udah muncul lagi di kotak siaran. Belakangan ini program siaran Olga kebetulan lagi padat. Memang status Olga di Radio Ga Ga sebetulnya cuma penyiar freelance, tapi dia mulai dikasih kepercayaan yang besar dari Mbak Ver. Waktu liburan kemaren Olga sempat dapat banyak jadwal siaran. Termasuk siaran tiap pagi yang kini keterusan. Soalnya kebetulan Olga emang giliran masuk siang sekolahnya.
Di luar hujan turun deras. Air menggenang di pekarangan Radio Ga Ga akibat got yang mampet. Langit sore makin menghitam akibat hujan. Olga masih repot cuap-cuap di corong siarannya. Melempar tembang-tembang manis buat pendengar setianya, yang sesekali diselingi dengan kuis berhadiah menarik.
Dan sore itu beberapa jenak sebelum operator ngasih tanda siaran bakal berakhir, Olga dapat telepon menarik. Telepon dari seorang cowok yang coba-coba ikutan kuis.
"Aduh, Neng Olga, boleh kan kita ikutan nimbrung situ punya kuis" Biar kata kita nimbrungnya cuma modal duit gocapan, tapi kita setia banget lho, ngedengerin siaran situ. Saat ini ujan turun deres di kampung saya, tapi saya nekat lari-lari ke telepon umum buat ikutan ngrumpi di siaran Neng Olga."
"Ahoi, siapa sih ini""
"Masa lupa sih sama saya""
"Ahoi, siapa, ya""
"Saya Somad, Neng Olga. Inget, kan""
"Ahoi, Somad yang suka jualan kerak telor di Pasar Baru itu" Ahoi!"
"Aduh, Neng Olga, tega-teganya."
"Ahoi, abis Somad siapa""
"Somad bin Indun."
"Ahoi!" "Aduh, Neng Olga kok dari tadi ahoi... ahoi mlulu sih""
"Sori deh, Bang Somad saya lagi terserang pilek nih. Maklum musim ujan."
"Apa hubungannya pilek sama ahoi""
"Ahoi, jadi situ belon tau, ya" Ahoi itu suara bersin model sekarang. Jadi nggak 'hatsyiiii' lagi."
" Ahoi!" "Ahoi! Lho, kok situ ikut-ikutan ahoi sih, Bang Somad""
""Cuma pengen ngerasain aja. Bangkis model ahoi ternyata enak juga, Neng Olga. Situ bisa aja."
"Ahoi... ngomong-ngomong Bang Somad mo ikutan kuis, ya" Ahoi!"
"Sekalian mo ngobrol-ngobrol sama. Neng Olga."
"Ahoi, ngobrol-ngobrolnya ntar aja ya, kapan-kapan. Ahoi, sekarang coba tebak kuis-nya! Lumayan hadiahnya radio dua ban yang bisa karaoke. Ahoi, buah apa yang semua-semuanya bisa dimakan""
"Apel!" "Ahoi, salah!" " Anggur!" "Ahoi, salah!" "Gohok!" "Ahoi, salah!" "Kesemek!" "Ahoi, masih salah juga."
"Kok salah mlulu sih, abis yang bener buah apa dong"" Somad akhirnya putus asa.
"Ahoi, kelapa!" jawab Olga.
"Lha, batok ama sambuknya apa bisa dimakan ""
Olga cekikikan. "Ahoi, jangan pura-pura bego deh. Bang Somad kan suka ngegadoin batok sama sambuk kelapa."
Olga cekikikan. "*** "Menjelang malam itu Somad tergopoh-gopoh keluar dari kotak telepon yang berdiri di ujung gang rumahnya. Hujan yang tadi mengucur deras telah berubah jadi gerimis. Geledek masih muncul bersahut-sahutan. Dengan berpayung daun pisang, Somad berlari-lari anjing melalui gang kampungnya yang kecil dan becek. Untunglah lampu-lampu petromaks penduduk mulai dinyalakan. Sehingga jalan jadi sedikit terang.
Ujan memang nggak tau diuntung. Sebab begitu sampe rumah, ujannya malah berhenti. Somad membuang daun pisangnya di got. Di beranda diliat nyaknya lagi ngitung duit hasil jualan gado-gado.
"Dari mane lu, Mad, ujan-ujan gini"" tegur nyaknya.
"Biase, Nyak, nelepon," jawab Somad sambil nyari-nyari anduk buat ngelap badannya yang agak basah.
"Ujan-ujan gini nelepon, nelepon siape, Mad" Nggak salah yang Nyak denger barusan""
"Kagak, Nyak. Aye emang abis nelepon. Nelepon calon mantu," jawab Somad samar-samar.
"Ape lu bilang"" Nyak Somad terperanjat.
Tapi pertanyaan Nyak Somad nggak terjawab, sebab Somad keburu melesat ke kamarnya yang berantakan. Dan langsung larut dengan radio bututnya. Tapi ternyata Olga udah merampungkan siarannya. Somad mematikan radio bututnya. Lalu bengong sejenak menatap langit-langit kamar sebelum akhirny
a ngorok buat nyari mimpi indah tentang Olga.
*** "Kampung Ceger tempat Somad tinggal adalah kampung biasa-biasa aja. Nggak ada istimewanya. Penghuninya nggak suka bawa-bawa terompet sambil jalan dengan satu kaki kalo pergi ke mana-mana. Kampung Ceger sama kayak kampung-kampung di Jakarta pada umumnya, yang penduduknya terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan ekonomi pas-pasan. Ruwet dan semrawut. Kalo ada keistimewaan, Somad-lah keistimewaan itu.
Gimana nggak, di kampung seruwet Ceger, yang penduduknya selalu rebutan dulu-duluan be'ol di MCK umum saban pagi, Somad dengan cueknya berdandan ala metal sehari-harinya. Rambut gondrong. Kacamata item nggak pernah lepas. Giwang di kuping kiri. Sisir yang selalu nongol di kantong belakang. Dan nggak peduli hujan atau panas, Somad nggak pernah lepas dari jaketnya yang divariasi dengan macem-macem gambar. Begitu juga celananya. Selain ada robek-robek di bagian dengkul, ada juga bermacam gambar di tiap sudut. Bedanya, kalo anak-anak metal asli gambarnya yang serem-serem. Somad malah milih gambar perabotan dapur. Jadi jangan heran kalo di jaket Somad ada gambar garpu, sendok, celemek, panci, penggorengan, atau kompor.
Itulah Somad, anak asli Ceger. Memang moyang Somad bukan orang Ceger, tapi Somad tinggal di Ceger sejak dilahirkan hingga menginjak remaja. Makanya biar Somad suka bergaya macem-macem, nggak ada yang berani menegur.
Tapi ngomong-ngomong soal usia, sebetulnya Somad udah nggak remaja lagi. Umur Somad mendekati kepala tiga. Umur yang terbilang bangkotan buat ukuran anak kampung Ceger yang rata-rata kawinnya seukuran KTP.
Artinya, mereka suka merasa udah berhak kawin kalo udah punya KTP. Sedang Somad, pacar pun nggak jelas siapa. Dan Somad paling nggak suka kalo dibilang bangkotan. Kalo ada yang tanya, Somad selalu ngaku umurnya nggak lebih dari tiga belas. Demi ngeliat kerut-merut yang menghiasi wajah Somad, tentu aja banyak yang nggak percaya sama omongannya. Tapi Somad cuek bebek.
Hobi utama Somad adalah ngobrol atau ngumpul-ngumpul sama mpok-mpok. Somad emang tergolong supel. Malah kadang-kadang kelewat supel. Misalnya kalo kebetulan ada mpok-mpok lagi pada ngerumpi, Somad suka maksa nimbrung. Dan tanpa tau duduk soalnya, Somad segera urun rembuk. Kasih pendapat ini, kasih pendapat itu. Walhasil masalahnya pun jadi makin ruwet. Atau yang lebih sering, Somad cerita sendiri tentang kehebatannya yang tentu aja lebih banyak ngibulnya. Dan para mpok itu dibiarkan melongo ngedenger ceritanya. Makanya nggak jarang kalo banyak mpok yang lebih suka ngacir menyelamatkan diri masing-masing, daripada harus ngelayanin keinginan Somad yang suka nggak jelas juntrungannya itu.
Tapi biar Somad paling hobi ngobrol sama mpok-mpok, seleranya dalam hal cewek nggak kalah sama Hendry Hendarto yang cover boy itu. Buktinya nggak satu pun dari mpok-mpok itu yang ditaksir Somad, seperti juga halnya nggak satu pun dari mpok-mpok itu yang naksir Somad. Somad malah naksir Olga, yang dalam banyak hal sama sekali nggak level. Dan akibat naksir Olga, Somad sempat bikin nyaknya puyeng. Tingkah laku Somad jadi kayak orang kurang waras.
Begitu naksirnya Somad sama Olga, seolah di mata Somad nggak ada lagi cewek di dunia ini selain Olga. Somad emang udah cinta mati. Nggak siang, nggak malem yang dipikirin Olga melulu.
""Nyebut, Mad, nyebut. Lo disambet setan ape sih"" tegur nyaknya suatu kali saking bingungnya ngeliat tingkah Somad.
" Aye kagak kesambet setan, Nyak, aye lagi jatoh cinte. Aye kesengsem banget ame penyiar radio," jawab Somad memelas.
"Ya ampun, Somad, pantes kagak siang kagak malem tu radio lu bekep mlulu."
"Buat ngilang-ngilangin kangen, Nyak."
"Pan si Rodemeh ade, kenape kagak die aje, Tong" Biar jande juge, keliatannye masih bahenol. Nyak rase die cocok buat lu. Kalo lu udah ngebet, biar ntar Nyak lamarin."
"Ogah, ah, Rodemeh kagak lepel ame Somad, Nyak."
"Eh, ngomong-ngomong, siape sih name penyiar yang lo taksir""
"Olga, Nyak" "O, yang biase dipake buat nyambel""
"Itu sih cobek, Nyak. Kok Nyak pelesetannye jauh be' eng, sih""
"Ye... suka-suka Nyak, dong!"
Bo leh jadi Nyak Somad betul-betul dibikin puyeng sama tingkah laku Somad. Boleh jadi nyak Somad puyeng, sebab Somad adalah anak satu-satunya. Sejak Bang Ma'ruf, babe Somad yang kerja sehari-harinya sopir, wafat belum lama gara-gara kelindes delman, Somad diharapkan bisa jadi tiang keluarga. Tapi boro-boro jadi tiang keluarga, jadi tiang jemuran aja Somad nggak bisa. Nggak punya keterampilan apa-apa buat modal kerja. Terpaksa buat nutupin kebutuhan sehari-hari Nyak Somad dagang gado-gado di ujung gang. Kebetulan di ujung gang ada kuli-kuli yang lagi ngerjain proyek gedung bertingkat yang dibangun di atas tanah rakyat yang terusir, jadi dagangan Mpok Tasripeh cukup laris. Sehingga cukup buat nutupin kebutuhan sehari-hari. Terutama kebutuhan Somad yang ngerokoknya kuat.
Ya, Somad emang nggak bisa diharapkan. Apalagi belakangan ini tingkah laku Somad makin gila-gilaan. Nggak siang nggak malam Somad lebih suka menggulung dirinya di kamar sambil memeluk radio butut kesayangannya.
Jadi wajar kalo Nyak Somad pusing tujuh keliling, dan berusaha nyari akal gimana caranya ngilangin kebiasaan buruk Somad.
*** "Pasar loak Tanah Abang. Pukul dua belas siang. Udara menyungkup gerah. Matahari mencorong garang. Cuaca saat itu sepertinya susah diajak kompromi. Panas menyengat. Dan siang itu Nyak Somad yang kebetulan berada di antara pengunjung pasar loak, terpaksa harus ngerasain cuaca yang kurang ramah.
"Sambil menenteng sebuah benda butut di tangan kirinya, Nyak Somad celingukan. Secelinguk dua celinguk. Matanya mengais ke sana, mengais kemari, lalu berusaha menerobos jubelan pasar loak itu. Menuju ke seorang pialang barang-barang bekas.
Sejenak Nyak Somad bimbang. Ditahannya langkahnya. Ada rasa berat yang tiba-tiba menggumpal di hati Nyak Somad. Benda butut yang ditentengnya itu adalah benda penuh kenangan. Kenangan sewaktu Nyak Somad muda belia. Saat itu Nyak Somad masih pacaran sama Bang Ma'ruf, yang akhirnya jadi babenya Somad. Saat Nyak Somad ulang tahun yang ke-17, Bang Ma'ruf ngasih benda itu sebagai hadiah sekalian ngelamar.
Begitu penuh kenangan. Maka di siang yang terik itu, Nyak Somad memandang benda itu dengan perasaan masygul. Sebetulnya berat, tapi apa boleh buat. Benda itu harus dilego, kalo Nyak nggak mau anak semata wayangnya jadi gila dan pemalas. Iya, gara-gara radio, Somad jadi kayak orang nggak bener. Nggak mau kerja, dan seharian dengerin radio melulu. Mo jadi apa dia nanti"
Nyak nggak bisa ngebayangin. Nyak nyesel juga, punya anak cowok sama sekali nggak bisa diandelin. Jadi meski berat banget, radio itu kudu dijual cepet-cepel. Sebelon semuanya terlambat.
"Nyak Somad kembali mengayunkan langkahnya. Tekadnya sudah bulat.
"Aye mo lego ni barang, Bang," tukas Nyak Somad begitu tiba di hadapan pialang barang bekas. Si pialang menyipitkan matanya, meneliti benda yang disodorkan Nyak Somad.
"Berape"" tanya si pialang singkat.
"Noban deh," jawab Nyak Somad.
"Ah, yang betul aje, barang butut kayak gitu noban. Ceban mau" Kalo nggak mau ya udah, bawa pulang aja lagi," tukas si pialang ketus.
Nyak Somad ragu-ragu. "Dua belas setengah deh, Bang. Mau""
Nyak Somad bertahan. Si pialang bergumam. "Udah gini aje, biar sama-sama enak. Sebelas ribu, mau""


Olga 06 Mini Skirt di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Nyak Somad akhirnya pasrah. Dengan perasaan berat diserahkannya benda itu ke tangan si pialang. Dan Nyak Somad menerima sebelas ribu perak sebagai gantinya. Pelan-pelan dilipetnya duit itu, dan diselipkan ke setagennya.
"*** "Begitu bangun dari tidur panjangnya, Somad marah-marah sore itu.
"Nyaaak, mana radio aye" Tadi ade di samping aye. Kok sekarang nggak ada. Aye mo dengerin penyiar kesayangan aye siaran, nih!"
"Radio, radio apaan" Udah sono nimba," jerit nyaknya.
"Somad ogah nimba kalo nggak ada radio."
"Ya... Somad. Jangan gitu dong, lu. Jadi anak kudu berbakti sama orangtua. Cepetan eh nimba, Nyak pengen mandi, juga."
"Iye, tapi mana dulu radionye""
"Radionye Nyak jual tadi. Abis Nyak keabisan modal buat dagang gado-gado. Untung masih laku. Sebetulnya Nyak berat sih. Gitu-gitu tu radio kan punye kenangan. Tapi ape boleh buat deh," Nyak cari alasan.
Somad terperanjat dari dipannya.
"Ape""" Tu radio Nyak jual"""" tanya Somad setengah terpekik.
"Iye, abis..." "Ya... Nyak, putus deh hubungan Somad ame penyiar itu. Putuuuss...." Somad melolong-lolong. Lalu pingsan dengan sukses. Sementara nyak Somad tetap sibuk - merajang sayuran buat dagang gado-gado besok, karena nggak tau apa yang terjadi.
3. RAMALAN BINTANG "PAGI-PAGI, di rumah Olga sudah terdengar macam-macam suara. Ya, meski pagi itu baru jam enam kurang beberapa menit, tapi tanda-tanda kehidupan sudah dimulai. Ada suara Olga yang kecipak-cipak sarapan nasi goreng Bik Inah panas-panas sambil baca koran fullgosip, ada suara Papi yang nyeruput kopi panas pake sedotan, ada suara Mami yang asyik dengerin kuliah subuh di TPI, dan ada suara Bik Inah yang nyuci piring sambil joget diiringi lagu Mabuk Lagi versi New Kids on the Block.
"My boks lagiii... you die lagii...!"
Bik Inah lagi demam lagu dangdut. Dia jadi sering-sering nyetel lagu dangdut untuk menemani kerja, biar gak jenuh.
"Bik Innn...! Radionya kecilin dikit, doong! Mami kan lagi dengerin kuliah subuh di TPI. Lagian, kamu pagi-pagi bukannya dengerin kuliah subuh, malah jejingkrakan kayak "ondel-ondel kebakaran begitu!" teriak Mami dari ruang tengah.
"Eh, iya, maap, Nyah, nggak sengaja," Bik Inah minta maaf tanda mengecilkan volume radionya.
"Jejingkrakan kayak begitu kok nggak sengaja, gimana kalo sengaja, bisa berantakan tu dapur!" omel Mami.
Olga cuma cekikikan. Sementara Papi -masih asyik nyeruput kopi sambil ngiket tali sepatu model silang-silang. Papi sengaja begitu biar gak dikatain ketinggalan zaman. Tapi pas Papi ngeliat anaknya masih asyik makan nasi goreng sambil baca koran, kontan Papi menegur, "Hei, Olga! Kalo baca koran jangan sambil makan. Bumali, tau!"
"Bumali" Apaan, tuh"" Olga heran.
"Kalo ibu-ibu bilang pamali, tapi bapak-bapak ya bilangnya bumali."
"Ooo. Kirain merek minyak goreng."
"Itu mah Bimoli!" ujar Mami sempet-sempetnya nyela di sela kekhusyukannya mendengarkan kuliah subuh.
"Tapi Olga gak lagi baca sambil makan kopi, cuma lagi makan sambil baca," Olga mencoba membela diri.
"Ya, sama saja itu. Sama-sama bumali. Makan sambil baca itu, kata orang-orang tua dulu, nggak sopan. Apalagi kalo sambil joget kayak Bik Inah itu!"
"Tapi Olga, meski tau itu pamali, terus aja makan nasi goreng panas-panas sambil baca koran full-gosip itu.
Sedang Bik Inah yang tadi joget sendirian, kini sudah insap bersila di samping Mami ikut ngedengerin kuliah subuh.
"Enak juga ya, Nyah, tiap pagi bisa kuliah tanpa harus ikut ujian semester," celetuk Bik Inah.
Mami menoleh dan melotot ke Bik Inah, "Eh, cobek rengat! Yang namanya kuliah subuh sama kuliah di sekolahan itu lain!"
"Oh, saya kira sama. Abis namanya pake kuliah-kuliah juga, sih. Ee, tapi, lainnya di mana, Nyah""
"Lainnya di... duh, di mana, ya" Ya pokoknya lain aja!" Mami menjawab sekenanya.
Olga yang lagi baca koran full-gosip tiba-tiba matanya tertumbuk pada rubrik Bintang Anda Minggu Ini. Bintang Olga Virgo. Dia langsung ngebaca bintangnya. Tapi belakangan Olga jadi mangkel. Sebab menurut tu bintang, Olga hari ini bakal mendapat kesialan.
Coba, baca aja sendiri: "Hati"-hatilah kalo Anda menyeberang di jalan tol. Selain mobilnya kenceng-kenceng, Anda juga bisa ditangkap petugas karena jalan tol nggak boleh diseberangi sembarangan! Tapi yang paling penting lagi, hari ini di sekolah, Anda bakal kehilangan sesuatu yang paling Anda sayangi. Pokoknya hari ini hari sial bagi Anda!"
Gitu pesen bintang Olga hari ini.
Olga jadi keselek. Untung sendok bebek yang dipake buat nyuap nasi goreng itu gak ketelen. Cuma beberapa butir nasi goreng aja yang nyangkut di kerongkongan Olga. Tapi biar gitu Papi sempet kaget juga ngeliat anaknya keselek.
"'Nah, nah, bener, kan, kalo makan sambil baca bisa kenapa-napa. Nelen sendok, ya"" tebak Papi.
Olga gak ngejawab pertanyaan Papi. Dia masih merenungi pesen ramalan bintang dari koran full-gosip itu. Dia sama sekali gak respek sama teguran Papi. Olga mendadak jadi kuatir banget sama isi ramalan bintang tersebut, yang mengatakan bahwa hari i
tu adalah hari sial bagi Olga. Di sekolah Olga bakal kehilangan sesuatu yang paling disayangi. Apa ya yang bakal ilang" batin Olga bertanya-tanya dengan kuatirnya.
Gadis seusia Olga emang suka percaya baaget sama ramalan bintang. Kalo beli majalah aja selalu ramalan bintangnya duluan yang dibaca.
Dan gara-gara begitu percaya sama ramalan bintang hari itu, menjelang berangkat sekolah Olga jadi ekstra hati-hati. Pas mo pamit sama Mami en Papi aja Olga jadi hati-hati banget.
"Takut-takut mereka ngambil sesuatu yang disayangi Olga. Takut kalo sepatu yang lagi dipakenya itu, diminta Papi untuk tukeran" Papi emang sering ngajakin tuker-tukeran sepatu sama Olga, tapi Olga belon pernah mengabulkan.
"Eh, Olga, kok kamu pamitannya jauh-jauh begitu, sih," tegur Mami ngeliat Olga berdiri tak kurang dari lima meter darl Mami. "Kan biasanya pake sun tangan dulu."
"Tau tu anak, gara-gara nelen sendok, jadi berubah begitu," komentar Papi.
Dalam perjalanan ke sekolah Olga juga hati-hati. Dia memegang tasnya erat-erat sekali, takut isinya pada jatuh, takut barang-barang yang disayangi ilang gak ketauan.
Waktu nyeberang jalan juga gitu, di ramalan bintang dibilangin, kalo nyeberang jalan orang Virgo harus hati-hati. Walhasil Olga jadi nunggu supaya jalan sampe sepi sama sekali. Dia kuatir ramalan bintang itu betul adanya. Dia kuatir akan ketabrak atau kesenggol truk gandeng! Padahal tau sendiri, kalo jalanan di Jakarta gak pernah ada sepi-sepinya. Akibatnya Olga jadi terlambat masuk sekolah. Akibatnya lagi dia jadi dimarahin abis-abisan sama gurunya. Lagi yang biasanya gak pernah telat, ini hampir bel istirahat baru nongol.
"Olga, kamu ini apa-apaan sih, jam segini baru nongol" Emangnya ini sekolah nenek moyang kamu, apa"" benfak Bu Guru begitu Olga memundukan kepalanya.
"Maaf lah ya, saya, saya..."
"Saya kenapa""
"Saya terlambat."
"Iya, Ibu tau, tapi apa alasan kamu terlambat""
"Alasannya...," Olga buru-buru mikir. "Anu, Bu. Saya ketiduran. Soalnya ngimpi nonton bola di Senayan."
"Kok ngimpi nonton bola bisa kesiangan bangun""
"Ya, soalnya kedudukan masih 0-0 pas jam setengah tujuh. Jadi mereka mengadakan perpanjangan waktu."
Bu Guru jadi marah, "Keterlaluan. Jangan bercanda kamu, ya" Ayo cari alasan yang benar!"
Olga mikir lagi. "Alasannya... gini, Bu, terus terang aja, saya tadi sengaja jalan kaki dari rumah, soalnya saya takut kalo ikut mobil Papi, nanti mogok di jalan. Saya pasti disuruh ngebantuin dorong dan nemanin ke bengkel, akibatnya saya bisa lebih lama lagi sampe sini. Saya juga gak mau naik bis, saya takut kedempet-dempet dan takut kecopetan. Nah, sekarang kenapa saya akhirnya terlambat, karena waktu mau nyeberang jalan, saya nunggu sampe jalan itu sepi sama sekali, soalnya saya takut ketabrak, Bu. Saya sengaja begitu hati-hati, karena hari ini, menurut ramalan bintang yang saya baca, adalah hari sial buat saya, Bu. Begitulah....".
"Hmm, hari sial buat kamu" Memang! Karena saat ini juga kamu akan Ibu setrap berdiri di pojok kelas sambil mengangkat satu kaki sampe bel istirahat nanti. Cepat berdiri sana!"
Akhirnya Olga disetrap. Dan dia mulai merasa kalo hari ini bener-bener hari sial buatnya..
Sementara Bu Guru melanjutkan inspeksi meriksain pe-er matematika anak-anak satu per satu. Pas giliran bangku Wina.
"Eng, maaf, Bu. Ibu kan tak akan menghukum untuk sesuatu yang tidak saya perbuat"" ujar Wina buru-buru.
"Tentu saja tidak, Wina. Jangan bodoh."
"Alhamdulillah. Sebab saya tidak membuat pe-er."
*** "Dan bayang-bayang kesialan berikut, seperti akan kehilangan sesuatu, jadi makin kuat di benak Olga. Jadi meski pun Olga disetrap sambil berdiri satu kaki, dia tetap mendekap erat-erat tas sekolah, dan kedua sakunya- tempat bersarang uang jajannya.
"Begitu juga waktu istirahat, Olga jadi kayak orang cemas. Dia selal" inget pesen ramalan bintang, kalo dia bakal kehilangan sesuatu yang paling disayanginya di sekolah ini. Di kantin Olga terus mikir-mikir kira-kira apa yang bakal hilang itu.
"Duit gue yang bakal ilang" Ah, gak mungkin. Semua duit udah gue iket di kantong pake karet gelang. Atau penghapus ya
ng gambarnya Bart Simpson yang dikasih Andi dari Amrik" Juga gak mungkin, soalnya penghapus ini udah gue taro di tas bagian paling bawah. Terus apa, dong" Apa tas gue ini" Wah, ini paling gak mungkin, soalnya gue rela membawa-bawa tas ini ke mana pun juga." Dan Olga terus menebak-nebak apa yang yang bakal ilang, seperti kata ramalan bintangnya.
Selain kuatir akan barang-barangnya yang bakal Hang itu, Olga juga jadi curigaan melulu. Setiap temen-temennya yang deket-deket sama tasnya, dicurigai. Juga temen-temennya yang tiba-tiba menepuk pundaknya atau iseng mencowel pipinya, tak luput dari prasangka Olga. Tak terkecuali Wina. Jelas Wina jadi sebel. Waktu Wina dengan tiba-tiba duduk di samping Olga, Olga gelisah dan langsung melejit ke samping.
"Hei, Olga, ada apa lo, kok tiba-tiba melejit begitu"" tanya Wina ngerasa kurang enak.
""Ah, enggak, enggak ada apa-apa. G-gue.. gue lagi pengen melejit aja," kelit Olga.
"Tapi lo kayak ketakutan ngeliat gue"" Wina masih mengejar.
"Enggak, gue enggak takut ngeliat lo."
"Apa karena badan gue bau hingga lo menghindar, Ol""
"Eh, mungkin aja. Eh, tapi enggak kok! Badan lo enggak bau kok, Win. Sungguh. Kan gue lagi pilek, jadinya gue nggak tau badan lo bau apa nggak" Lagian emang - gue pikirin""
"Ol, lo kenapa sih, apa karena lo tadi dihukum trus jadi kayak begini" Apa lo ada masalah lain" Biasanya kalo lo ada masalah selalu cerita sama gue, Ol""
"Enggak, gue gak ada masalah apa-apa...."
Olga kemudian berdiri hendak meninggalkan Wina sambil mendekap erat tasnya. Wina jelas makin sebel.
"Eh, lo kenapa sih, Ol""
"Enggak...." Olga lalu buru-buru cabut dari situ. Sambil terus mendekap tasnya erat-erat. Wina jadi penasaran dengan kelakuan Olga yang aneh itu.
Merasa sebagai sahabat, Wina gak tinggal diam begitu saja. Di dalam kelas dia berusaha mendekati Olga kembali. Tapi Olga-nya tetap aja kayak orang ketakutan. Olga yang memang duduk berdua Wina itu mengkeret di pajok mejanya. .
"Ol, lo ngomong deh, lo ceritain lo punya masalah apa. Gue akan dengerin semua masalah lo sampe ke akar-akarnya. Insya Allah gue bisa ikut mecahin. Piring... kali, dipecahin!"
Olga gak ngejawab. "Ol, cerita dong."
Tetap tak ada jawaban. "Lo kok menghindar terus dari gue" Apa gue salah" Apa gue ngerebut pacar lo" Enggak" kan" Paling kemaren aja gue iseng ngisi tas lo pake batu bata."
Olga tak bereaksi. Dan kesabaran Wina sudah sampe batasnya.
"Oke, Ol, kalo lo udah gak nganggep gue sebagai sahabat lo lagi, gak apa-apa. Gue juga tak merasa rugi keilangan temen yang sok kayak lo! Gue gak sudi temenan sama lo lagi!" Wina pun meninggalkan Olga, dia pindah duduk di bangku belakang. Bertigaan ama lnka dan Farah.
Tingkah Olga memang makin aneh. Ketika Santi hendak duduk di sampingnya menggantikan Wina, Olga juga masih kelihatan begitu cemas.
"Kenapa, Ol, lagi bulanan, ya""
"Enggak, lagi mingguan, kok. Eh, bukan,
bukan, gue lagi gak apa-apa. San, lo kenapa duduk di sini"" tanya Olga curiga.
"Gue ngeliat lo ditinggalin Wina, gue tebak lo pasti lagi ada masalah, ya apa salahnya kalo gue nemani lo."
"Gue gak ada apa-apa kok sama Wina. Lo mending duduk di bangku lo lagi, deh. Bener, gue gak ada apa-apa."
"Gue yakin lo pasti ada apa-apa. Ayo, Ol, cerita, Ol. Lagian gue udah lama banget gak denger cerita orang yang lagi punya masalah. Lo bisa bayangin kan betapa tersiksanya gue. Biasanya gue bisa ngedenger cerita-cerita orang yang punya masalah, tapi belakangan ini anak-anak kelas kita pada oke semua. Pada ceria semua. Mereka keliatan begitu bahagia sekali. Itulah yang membuat gue sedih, soalnya lo tau kan kalo gue tuh paling hobi ngedenger orang punya masalah. Lo kan tau selesai SMA nanti gue pengen nerusin ke Fakultas Psikologi UI. Nah, sebelon gue bener-bener masuk sana, gue pengen latihan dulu mecah-mecahin masalah anak-anak di kelas ini. Makanya pas tadi gue perhatiin lo seperti punya masalah, gue girang bangel. Ayo, Ol, cerita, Ol, biar nanti gue pecahkan masalah lo dengan kiat-kiat gue. Gue yakin pasti bisa, Ol!"
Tapi Olga gak ngejawab, dia cuma merhatiin tangan Santi, takut kalo tiba-tiba nyelus
up ke dalam tas atau sakunya mengambil sesuatu yang disayanginya.
"Ayo dong, Ol, cerita. Gue udah gak tanan, nih, untuk ngedenger cerita ten tang masalah lo."
Dan lagi-lagi, Olga bukannya cerita, tapi makin curiga aja ngeliat Santi yang mendesaknya untuk cerita itu. Dalam benak Olga, Santi seperti ingin mengambil sesuatu miliknya yang disayangi. Tapi apaan" Itu yang Olga gak tau.
"Huh, disuruh cerita aja, gak mau! Sebel," umpat Santi pada akhirnya. "Tapi inget, Ol, meski lo gak mau cerita tentang masalah lo itu, gue tetep bemiat akan masuk ke Fakultas Psikologi UI. Inget itu!"
"Emang gue pikirin"" ujar Olga pelan.
"Yeee...." "Denger, San, gue justru jadi punya masalah kalo lo tetep deket-deket gue!" tukas Olga.
Santi bengong. Lalu meninggalkan bangku Olga dengan muka merah karena marah.
''Dasar anak sok!" " ..
Dalam mencurigai, Olga memang gak pandang bulu. Bulu siapa aja dicurigai, eh, maksudnya tiap makhluk yang punya bulu ketek atau bulu idung, tak luput dari kecurigaan Olga.
Sampe-sampe Guru Kesenian waktu mendekati Olga dan menanyakan tentang pelajaran, ditatapnya dengan curiga.
"Kenapa kamu memandang saya seperti itu"" tanya Curu Kesenian heran. "Hmm, naksir, ya""
Guru Kesenian Olga emang masih muda. Dan rada-rada ganjes. Tapi Olga sama sekali gak naksir, dia cuma kuatir tu guru minjem pulpen atau apa trus gak dipulangin lagi. "Kamu lagi sakit""
"Enggak, Pak, saya cuma bawa pulpen satu," Olga berkata cemas. .
"Hah"" Guru Kesenian bengong mendengar jawaban Olga itu.
Begitulah Olga, setiap orang selalu dcurigai. Dia seperti dirasuki oleh ramalan bintang dari koran full-gosip yang dibacanya tadi pagi. Ramalan bintang seperti memiliki daya magnet luar biasa, bisa mempengaruhi jiwa Olga yang biasanya ceria dan konyol menjadi murung dan pencemas.
Pas pulang sekolah, Olga masih juga ekstra hati-hati. Dan dia tetap bemiat jalan kaki sampe rumah, gak mau naik bis atau nebeng mobil Wina. Lagian Wina juga gak mo negur Olga.
Ya, waktu Wina dan Olga berpapasan di depan pintu gerbang, Wina langsung buang muka, sambil berdesis pelan, "Ciih...!"
Tapi Olga cuek. Meski siang-siang jalan kaki dari sekolah ke rumah itu amat melelahkan, tapi Olga begitu lega pas sampe rumah. Soalnya ramalan bintangnya yang mengatakan kalo hari ini dia bakal kehilangan sesuatu yang disayangi ternyata meleset total. Semua isi tas Olga komplet, duit sakunya juga mas"h utuh. Olga ngerasa puas. Dia sama sekali gak keilangan. Olga merasa bangga, bisa menaklukkan ramalan bintang.
"Ah, dasar koran gosip, ramalan bintangnya ikutan bo' ong juga! Mana buktinya kalo saya keilangan sesuatu, hah" Manaaa"" ledek Olga sambil menuding ke arah koran full-gosip itu.
Olga pun berjingkrakan di kamar diiringi lagu My Book Lagi.
Tapi tiba-tiba Olga terdiam.
Tiba-tiba dia inget. Ya, dia telah keilangan sesuatu yang paling dia sayangi. Siapa" Ya, siapa lagi kalo bukan sobatnya, si Wina! Wina tadi kan di sekolah bilang, dia gak bakal sudi temenan sama Olga lagi. Gak bakal mau ngeliat tampang Olga lagi!
"J-jadi ramalan bintang itu bener! Gue keilangan sesuatu yang amat berharga! Gila, bener-bener gila, ternyata gue bener-bener keilangan sesuatu yang gue sayangi. Orang yang begitu gue sayangi sebagai sahabat! Oh, Winaaa...!"
Olga jadi marah sama koran full-gosip itu. Dia lalu mengambil koran yang memuat ramalan bintang itu, dan merobek-robeknya dengan keki! Sampe serpihan kecil-kecil. Padahal itu koran kesayangan Papi. Padahal Papi belum sempet baca, dan rencananya sore nanti sepulang dad kantor dia mau baca. Sambil minum teh....
" 4. 3 IN 1 "PAGI-PAGI banget Olga udah siap-siap mo berangkat sekolah. Padahal biasa-biasanya dia suka berang"at rada siangan. Dan biasanya kalo berangkat sekolah, kan Olga selalu disamper Wonder kuningnya Wina. Tapi kali ini gak. Gak ada Wonder kuning yang ngejemput. Wina masih marah soal kemaren-kemaren itu. Jadi Olga ngeluyur jalan kaki, setelah bawa bekal berupa roti bakar dan seplastik air jeruk.
"Ol, Olga... kok tumben berangkatnya pagi-pagi!" tegor Mami. "Mo ikutan upacara, ya""
"Ah, enggak, kok," Olga cuek sambil me
nutup pintu depan dengan sepakan kakinya.
Bruk! Mami sampe kaget. Astagfirullah!
"Wah, Mami ini gimana. Ini kan hari Selasa. Mana ada upacara hari Selasa"" ujar Papi yang gi asyik baca koran soal Kawasan Pembatasan penumpang 3 in 1.
"Ya, kali aja ada upacara apaan, gitu. Lagi Papi gak pernah merhatiin anaknya, sih. Kan Olga gak biasa-biasanya, lho, berangkat pagi-pagi. Pake jalan kaki segala, lagi!"
"Kali aja dia mau olahraga dulu, mau ngecilin betisnya!" ujar Papi sambil menutup koran, dan menyeruput kopi anget pake sedotan. Kebiasaan lama yang gak ilang-ilang.
"Ngecilin betis, sih, pake jalan!" cibir Mami.
Tapi sebetulnya Olga berangkat pagi-pagi begitu bukan karena mau olahraga atau semata-mata pengen nurunin berat badan. Dia mau nyari tumpangan. Dan kenapa Olga nya"ri tumpangan, bukan semata-mata karena dia lagi musuhan sama Wina. Tapi karena di berapa kawasan jalan protokol Jakarta, memang ada peraturan yang ngetop disebut 3 in 1. Olga pernah cerita ke Mami, tapi Mami gak ngerti soal 3 in 1. Dia malah mo nitip beli ke Olga. Dikira ada merek sampo baru.
Ya, gara-gara ada peraturan 3 in 1, alias satu mobil tiga orang, anak-anak yang biasa bawa mobil ke sekolah, jadi mikir dua kali. Seperti Wina. Wina jadi males bawa mobil. Biasanya kan semobil cuma berisi dua orang. Wina dan Olga. Sekarang Wina males jemput Olga, jadi tinggal sendiri. Sedang kalo Wina nyari orang untuk numpang di mobilnya, kesannya jadi rada kurang etis.
Wina sendiri, karena terbiasa naik mobil, rada segen numpang bis kota. "Soalnya kalo naik bis terlalu penuh, sih! Jadi suka lecek pas .sampe sekolah. Mana laku dong, dagangan!"
Akhirnya Wina dapet ide untuk nyari tumpangan ke sekolah. Sekolah Wina kebetulan memang ngelewatin jalan yang memakai peraturan 3 in 1 itu. Dan agar mereka gak terlambat dan bisa dapat tumpangan mobil keren, makanya Wina cepet-cepet ke ujung jalan.
Di sana ternyata malah ketemu Olga.
"Wah, gila gue kalah cepet!" sindir Wina.
Olga melirik ke Wina. "Kok niat kita bisa sama, ya"" ujar Olga.
"Tau," Wina menjawab singkat.
Lalu keduanya berdiri berjauhan, mencari tumpangan. Saling nggak menegur. Ternyata selain Olga dan Wina yang mau nyari tumpangan, juga ada beberapa orang yang punya niat sama seperti Olga dan Wina.
Jadinya pas ada mobil berhenti nawarin numpang, banyak yang pada berebutan. Olga dan Wina yang kalah gesit jelas kalah saing. Akibatnya, biar udah hampir jam tujuh, dua anak manis itu masih aja ada di situ.
"Win, gimana nih, udah hampir jam tujuh, lho," ujar Olga tanpa melihat ke Wina.
"Emang gue pikirin"" Wina menjawab cuek.
"Hmm, apa lebih baik kita naik bis kota aja"" ajak Olga.
"Kita" Kok ngajak-ngajak" Apa lo gak liat kalo tiap bis penuh semua. Orang-orang sampe gelantungan begitu. Apa lo mau pas turun dari bis, parfum lo ketuker sama minyak angin, saking berdesak-desaknya" Lo aneh deh, kita kan lagi musuhan, tapi ngajak-ngajak. Gimana sih" Aneh," omel Wina.
"Duile, segitu aja nyerocosnya udah kayak petasan cabe rawit."
Mereka menunggu lagi. Masing-masing Olga dan Win" kemudian melambai-lambaikan tangannya lagi, sambil mengacung-acungkan tiga jarinya. Ini bukan berarti salam metal, melainkan dengan kehadiran dirinya, maka isi mobil bakal berubah menjadi tiga orang! Begitulah isyaratnya. Tapi sampe sejauh itu nasib Olga dan Wina belum seberapa baik.
Lucunya kalo pas mereka berdua barengan melambai, pasti salah satu ada yang buru-buru menurunkan tangan. Ceritanya kan musuhan, jadi nggak boleh kompak.
"Win, mending lo nunggunya agak ke sonoan dikit. Bikin gue nggak laku aja," ujar Olga.
"Enak aja. Elo sana yang pindah," ujar Wina kesal.
Setelah dengan susah payah Olga dan Wina melambai-lambaikan tangannya, setelah beberapa kali BMW yang dimaksudkan lewat begitu saja, berhentilah di depan mereka sebuah Mustang tua berwama abu-abu busik.
"Olga dan Wina buru-buru saling duluan menghampiri. Tapi keduanya langsung syok ngeliat pengendara mobilnya seorang oom yang potongannya amat culun.
"Wah, ndak usah rebutan gitu. Dua-duanya boleh ikut. Mo ke mana, adik-adik manis" Arah Blok M""
Olga dan Wina jadi sebel dikira ngerebutin oom culun.
"Wah, gimana nih, kok yang beginian sih yang berhenti di depan kita"" batin Olga waswas.
"Ya... rezeki gue kali. Udah ah, naik aja, daripada telat sampe ke sekolah," batin Wina.
"Mari, mari. kalo mau numpang, kebetulan Oom memang lagi nyari orang yang searah...," sapa oom culun itu ramah.
Olga dan Wina bergerak mau naik ke Mustang tua. Sejenak keduanya terpaku, saling memandang. Saling nggak enak.
"Ayo, ayo, tu polisi udah ngeliatin terus. Naik aja dua-duanya...," desak oom culun.
Olga dan Wina pun tak punya pilihan lain. Barengan naik ke Mustang tua dengan perasaan deg-degan. Abis gimana gak deg-deg-an kalo pas distarter tu mobil langsung loncat-loncat kayak kodok.
"Pak, kok mobilnya loncat-loncatan, sih"" tanya Olga kuatir.
"Maklum, namanya aja mobil tua, dulunya kan dirancang untuk di jalan yang tidak rata, sekarang jalan rata semua, jadinya ni mobil rada kaget. Biasa, culture shock kali. Hehehe," oom itu beralasan.
Olga dan Wina yang duduk di belakang cuma meringis sambil geleng-geleng kepala aja.
"Lho, kok gak ada yang mau duduk di depan"" tanya oom culun itu tiba-tiba. "Ntar saya disangka sopir, lho."
"Ah, gak apa-apa deh, Pak. Kita kan cuma sampe ujung jalan depan Ratu Plaza aja, nanti dari sana kita mau jalan kaki aja, kok," jawab Olga takut-takut. "Soalnya dari sana udah deket, Pak."
"Lho, kalian ini kok manggil saya Bapak, sih" Emangnya udah keliatan tua, ya" Panggil saya ini aja....."
" Ayah...""
"Lho, kok Ayah""
"Ayah kan sinonimnya Bapak."
"Jangan, jangan itu, panggil saja Oom, kan lebih enak kedengarannya. Lebih singkat dan lebih ngakrab."
"Iya deh, Ayah Oom...."
"Lho, nggak usah pake Ayah lagi, dong. Cukup Oom aja."
"Iya, iya, Oom....."
"Nah, itu baru enak! Hehehe, kayak iklan aja, ya." .
""Emang gue pikirin!" sungut Olga pelan.
Mustang tua itu kemudian masuk ke ruas jalan yang mengenakan peraturan 3 in 1, alias satu mobil tiga orang. Jalan yang biasanya penuh dan sesak itu keliatan lengang. Gak macet.
"Wah, Oom senang sekali dengan adanya peraturan 3 in 1 ini. Jalan-jalan jadi tidak macet lagi. Kalo menurut kalian gimana"" ujar oom itu membuka percakapan, setelah beberapa menit saling membisu.
"Oh, eh, menurut saya" Oh, gimana kalo menurut temen saya ini aja, Oom"" tunjuk Olga pada Wina.
"Ya, menurut kamu atau menurut temen kamu sama aja. Gimana tentang 3 in 1 ini""
Wina yang tiba-tiba didaulat untuk dimintai pendapatnya jadi sebel sama Olga, "Y-ya, kalo menurut saya sih bagus-bagus aja, tapi kalo bisa yang dikenain peraturari 3 in 1 itu mobil-mobil keren aja, seperti Baby Benz atau BMW...."
"Lho, kok begitu""
"Soalnya kalo semua mobil dikenain peraturan itu bisa repot. Gak semua mobil lho, yang pantes ditumpangi tiga orang, ya... contohnya mobil Oom ini."
"Lho, gak pantes apanya""
"Ya, gak pantes semua-muanya. Bayangin aja, dari mulai berangkat tadi sampe sekarang ini loncat-loncatan mlulu. Ini kan gak. pantes namanya untuk ditumpangi tiga orang. Mana ga" ada AC-nya," keluh Wina sambil ngipas-ngipas pake penggaris segitiga.
"O, itu jangan kuatir." Oom itu melirik ganjen dari kaca spion. "Untuk mengatasi udara gerah,.Oom sudah siap bawa kipas tiga biji!" tukas oom culun sambil menyodorkan kipas sate ke Olga dan Wina. .
Soccer Love 1 Pengemis Binal 24 Penyesalan Ratu Siluman Sukma Pedang 5

Cari Blog Ini