Ceritasilat Novel Online

Radio Jojing 1

Olga 10 Radio Jojing Bagian 1


RADIO JOJING Ebook by Syauqy_arr OCR by Raynold 1. RADIO JOJING "SOMAD BIN INDUN, perjaka dari kampung Ceger yang tergila-gila sama Olga, dapet warisan! Salah seorang uwaknya yang tinggal di Tangerang dan seumur idupnya melajang, pas meninggal ternyata secara mengejutkan ninggalin seluruh harta kekayaannya untuk si Somad. Nggak tau alasannya apa. Mungkin karena uwaknya kasian sama nasib Somad yang apes terus selama ini. Dan uwaknya itu punya yayasan sekolah madrasah, punya rumah petak, sawah, tanah, dan seabrek kekayaan lainnya.
Kontan aja Somad kayak ketiban rezeki nomplok. Dari yang dulu tinggal di rumah gubuk, kini udah bisa merenovasi rumahnya jadi gede. Tanah lapang di samping kiri-kanannya dibeli semua. Somad serasa new kid in town! Dari yang dulu dianggap perjaka kapiran, kini jadi rebutan cewek di kampungnya Mulai dari perawan yang baru mekar, sampe janda muda beranak tiga tapi masih bahenol, "semua ngejar-ngejar Somad. Penampilan cowok itu juga udah beda jauh, meski seleranya masih aja norak. Somad mulai kenal baju bermerek, kayak Versace. Siang-siang bolong, bisa-bisanya die jalan keliling kampung pake baju kuning dengan motif bunga-bunga merah yang ngejreng! Nggak lupa pake cincin emas segede jengkol yang menghiasi kelima jari kanannya. Kalah deh Tessy! Doi jadi serasa di Hawaii. Makannya juga berubah. Dulu sehari sekali dan cuma pake ikan asin, sekarang mulai dari yang namanya sarapan sampai ke dinner menunya diatur dengan ketat oleh si Nyak.
Tapi meski Somad di kampung Ceger lagi naek daun dan digila-gilai banyak cewek, sejak dulu obsesinya tetep sama. Pengin jadi pacar si Olga. Dari taon ke taon, obsesi itu nggak pernah padam. Makanya begitu dapet duit, Somad langsung ngebeli sebuah stasiun radio amatir! Somad ingin punya stasiun radio yang bisa menampung hasrat dan bakatnya, yaitu bersiaran seperti Olga! Soalnya diem-diem Somad juga pengin Olga ngedengerin Somad siaran, bukan cuma Somad yang mendengarkan Olga siaran! Padahal sekarang Olga udah bosen jadi penyiar radio, dan bercita-cita jadi presenter di stasiun TV swasta yang mulai menjamur.
Dan cerita ini diawali oleh upacara serah terima kontrak pembelian stasiun radio tua milik Bang Nana yang baru aja ditandatangani Somad. Oh ya, Bang Nana adalah salah seorang warga kampung Ceger yang udah gaek dalam urusan radio. Stasiun radionya bernama "Suara Melayu", yang dari taon ke taon jadi favorit warga situ karena selalu memutar lagu dangdut terpopuler, dengan gaya siaran Bang Nana yang serak-serak sember. Untuk sementara, Somad mindahin stasiun radionya itu ke rumahnya yang lumayan gede, dibantu Bang Nana yang sekarang merangkap jadi teknisinya.
"Tes, tes, tes... Satu, satu, satu... Satu-satu aku sayang ibu... Tes, tes, tes! Aku sayang babu.. J" Somad iseng-iseng mencoba mikrofon. "Miknya cuma satu nih" Kok nggak kayak di radio tempat sukaan aye si Neng Olga" Masih bisa dipake, nggak""
Bang Nana mengangguk yakin. Bisa, Bos! Ini mik model lama, tapi bikin suara jadi empuk! Barusan waktu ngetes, suara Bos udah kedengeran ke mana-mana..."
Somad kaget. "Udah langsung siaran" Ah, masa sih" Kenapa nggak bilang-bilang" Pan aye bisa ngomong yang lebih enakan." Kemudian mata Somad menerawang. "Ah, mudah-mudahan Neng Olga bisa dengerin suara aye! Pokoknya dengerin ye, Bang Nana. Nanti ni ruangan dibagusin lagi! Dicat, dikasih poster-poster, biar Neng Olga betah siaran di mari..."
"Beres, Bos!" Bang Nana langsung hormat.
""Terus... kalo bisa lampunya juga ditambahin, biar terang."
Somad melangkah ke dinding yang ada stop kontaknya. Dia mau ngetes penerangan di ruang itu yang saat itu terlihat suram. Bang Nana berusaha mencegah Somad supaya tidak memegang stop kontak itu tapi terlambat.
Ternyata korslet! Dan Somad pun langsung kesetrum! Rambutnya pada ngejigrik... Hihihi!
Selanjutnya, setelah mengecek semua alat-alat broadcasting-nya, dengan rambut yang masih ngejigrik, Somad dan Bang Nana siap menandatangani perjanjian jual-beli di depan notaris yang diundang datang ke rumah!
Mereka duduk di ruang tamu. Nyak Somad juga ada.
Sang notaris s ejak tadi komat-kamit menasihati Somad yang masih sibuk memperhatikan berkas perjanjian jual-beli. Padahal Somad nggak ngerti dan bacanya juga nggak lancar, tapi dia sengaja nutup-nutupin.
"Kalau tidak ada pertanyaan lagi, sebaiknya langsung ditandatangani saja," usul sang notaris.
"Eh, iye, iye!" jawab Somad sambil menoleh ke Bang Nana. "Kayaknya semua udah oke, ye" Udah aye bayar lunas, kan""
"Udah, tapi kan ada perjanjian tambahan. Pan aye rencananya bakalan kerja di sini juga, ujar Bang Nana.
Somad manggut-manggut. "Sang notaris menyodorkan bolpoin, dan mendesak Somad supaya segera menandatangani berkasnya. "Kalau nggak ada pertanyaan, silakan diparaf di setiap halaman, dan ditandatangani di sini..."
Dengan cueknya Somad langsung membubuhkan paraf di lembar pertama.
"Yang mana lagi nih yang kudu aye parap""
Notaris membantu membuka lembaran-lembaran kertas. Dan Somad memberi paraf lagi di lembar ketiga, keempat, dan seterusnya.
Setelah itu kertas perjanjian jual-beli diperiksa notaris, dan ia langsung kaget dan melotot ngeliat paraf Somad yang beda-beda.
"Lho, kok, parafnya laen-laen, Pak""
Somad nyengir. "Sengaja! Biar variasi!"
"Waduh, nggak bisa begitu, Pak!"
"Udah deh, parap doang nggak usah dipermasalahin! Yang lebih penting masalah nama radionye nih! Kayaknya kurang oke deh kalo pake nama Suara Melayu""
Si notaris masih bengong menatap kertas-kertasnya.
"Soal nama terserah Bos Somad aje, kan ni radio udah jadi milik Bos Somad. Nama aslinya emang Suara Melayu, tapi kalo mo diganti juga kagak masalah!" ucap Bang Nana lagi sambil tersenyum lebar.
"Pake nama ape, ye"" Somad garuk-garuk kepalanya yang berambut jigrik. Gini aja, aye ganti namanya jadi Radio Jojing!"
""Radio Jojing" Radio apaan tuh"" Bang Nana mengernyitkan dahi.
"Jojing... artinye joged sembari jejingkrakan!"
"Setuju, setuju!" pekik Bang Nana girang.
Si notaris kaget! Somad cepet-cepet ngambil kertas perjanjian lagi. "Sini, Pak, biar puas aye parapin lagi!"
Si notaris langsung menarik berkasnya. "Oh, nggak usah, nggak usah... Cukup... cukup...!"
"*** "Di pagi yang sama, Olga ditemani Wina keduanya masih mengenakan seragam sekolah sedang bergegas menyusun koridor rumah sakit. Beberapa kali Olga bertabrakan dengan orang-orang yang lalu-lalang, tapi dia nggak peduli. Belum sampai ke kamar yang dituju, di ujung koridor Olga berpapasan dengan maminya yang sedang berjalan didampingi dokter dan Bik Inah, pembantu Olga.
Mami Olga berkaca-kaca. "Mami... Papi gimana"" pekik Olga.
Mami Olga nggak ngejawab. Dia memeluk Olga sambil terisak. Wina juga ikut memeluk mami Olga. Bik Inah bingung. Dia memandang dokter dan mau memeluk dokter, tapi ditepis oleh sang dokter!
"Papi gimana"" tanya Olga lagi.
"Kami sudah berusaha menolongnya, tapi..." Suara dokter terdengar sedih.
"Olga memandang dokter. Beberapa bulan ini Papi emang udah langganan bolak-balik ke rumah sakit gara-gara pernah kena stroke ketika sedang mengajar di depan mahasiswa-mahasiswanya. Tapi Olga nggak nyangka ternyata hari ini. ..
"P-pa-piii...!" Olga lari menghambur ke kamar tempat papinya dirawat.
Papi Olga udah tiada. Olga nggak bisa menerima kenyataan ini. Dia langsung semaput. Sampai ketika jenazah papinya dibawa pulang ke rumah, Olga masih belum sadarkan diri. Wina yang setia terus menemani Olga di kamarnya, sambil berusaha menyadarkannya.
"Ol, bangun. Ini gue. Eh, gue bawa buah-buahan lho. Ayo kita tahlilan, Ol! Kita berdoa semoga Papi bisa diterima di sisi Allah..."
Dan setelah tadi siang jenazah papi Olga dimakamkan, rencananya malam itu mau ada tahlilan. Mami, Bik Inah, dan Ismet-tukang siomay yang pacaran sama Bik Inah-sibuk menyiapkan ransum.
Bik Inah yang tampak paling sibuk. Mondar-mandir ke sana ke sini, tapi sambil terus membawa radio kecil yang sejak tadi ditentengnya karena mengudarakan lagu dangdut kesukaannya.
"Eh, Bu, tadi ada orang nganter telor dan udah saya taruh di kandang ayam," ujar Bik Inah.
"Telor di kandang ayam"" mami Olga heran.
""Eh, itu bukan buat dieremin, tapi buat dimasak! Itu pasti dari
tetangga yang ikut belasungkawa. Ya ampun, kamu ini gimana sih" Ambil sana, simpan aja di kulkas!"
"Eh, nanti kalo netes kan kasihan, Bu. Pada kedinginan lho"" ujar Bik Inah.
"Eh, kamu ini ngeyel, ya! Coba radio itu ditaruh dulu! Jangan ditenteng-tenteng terus! Orang lagi berdukacita kok malah nyetel dangdut!" omel Mami.
Dan karena papi Olga meninggal mendadak, Somad sama sekali nggak tau bahwa di rumah cewek yang ditaksirnya itu lagi ada suasana duka. Tapi sebaliknya, Nyak Somad malah sedang bersukacita karena berhasil memenuhi cita-citanya untuk membeli mobil. Dan siang itu, Nyak lagi ngetes mobil VW Combi yang barusan dianter oleh si penjual. Warna VW-itu ngejreng banget, dan ada gambar warna-warni.
Saat Nyak nyetir, banyak orang kampung yang ngejagain supaya nggak nabrak sono nabrak sini.
Nggak berapa lama Somad muncul, pulang pake ojek. Dan ojeknya hampir aja ketabrak oleh mobil VW yang sedang dikendarai nyak Somad.
Kepala Nyak langsung nongol dari jendela mobile "Eh, Mad, lo pulang aja! Mulai besok lo nggak usah pake ojek lagi kalo mau jalan-jalan! Nih, Nyak beliin mobil buat lo!"
"Somad girang bukan maen, tapi mukanya masih syok. "Iye, tapi Nyak kudu ati-ati dong! Ampir aje aye ketabrak!" Somad lalu menghampiri nyaknya dan jadi kepengin nyoba mobil tersebut. "Udah deh, sini aye yang bawa!"
"Lo bisa""
Yah, Nyak lupa! Dulu pan aye pernah belajar nyetir pake oplet Haji Darno!" ujar Somad seraya masuk ke VW dan duduk di belakang setir. "Wah, asyik juga nih! Aye bisa ke rumah Neng Olga pake ginian! Aye nyobain, ye!"
Mobil berjalan tersendat-sendat dan tiba-tiba nyungsep ke kebon pisang! Nyak teriak heboh! Yang laen juga ikutan panik!
Somad emang ketiban sial terus. Setelah rame-rame digotong ke rumah dan kepalanya diperban, dia pun direbahin di bale ruang tamu sambil disuapin makan sama nyaknya. Di samping Somad ada radio compo yang lumayan bagus. Sambil rebahan, Somad tetep nyetel radio, berusaha mencari gelombang radio miliknya, tapi nggak ketemu juga.
Dengan gaya anak borju, Somad ngeluarin handphone-nya dan menghubungi Bang. Nana di ruang siaran.
"Bang Nana, radionya di gelombang berapa sih" Apa" Seribu FM"" Somad lalu mencari gelombang seribu FM, dan akhirnya ketemu.
Somad girang banget. "Eh, Bang, jangan lupa,
puterin lagu-lagu barat aje, ye. Macem siape tuh... grup bule... Weslep, ye" Biar Neng Olga demen. Soalnya tu anak nggak demen lagu dangdut. Oke" Oke deeeh..."
Tak lama kemudian radio tersebut mengumandangkan lagu Westlife. Somad langsung semangat.
"Naaah, gitu dong. Makasih ye, Bang. Eh, jangan lupa kirimin salam buat Neng Olga! Bilangin, malam ini juga aye mau dateng ke rumahnye pake boil baru! Iye! Bilang aje dari Somad bin Indun! Bukan Somad bin Laden! Hehehe. . ."
Lalu sambil asyik rebahan, iseng-iseng Somad ikut menyenandungkan lagu Westlife yang lagi diputer... Tapi bahasa Inggris-nya belepotan!
Sementara Nyak yang terus nyuapin Somad dan menyimak obrolan anaknya sama Bang Nana, berkomentar, "Eh, Mad, lo mendingan ke rumah Mumun aja. Lo ajak dia jalan-jalan ke Ancol, ngeliat pantai. Lagian ngapain juga sih lo sering-sering nyambangin si Olga" Mending diladenin. Lo cuma diantepin doang! Mendingan lo deketin yang ada aja deh! Lo pan dapet amanat dari uwak lo. Selain dikasih warisan, lo juga kudu ngejagain si Mumun. Lo paham nggak maksudnya" Artinya, lo harus ngelamar dial Anaknya juga cakep, kagak kalah ama si Olga!"
Somad langsung bete mendengar penuturan nyaknya. Ah, Nyak! Pokoknya aye nggak mau! Aye demennya sama Neng Olga!"
Lagi seru-serunya mereka berdebat, tiba-tiba suara radionya jadi kresek-kresek.
"Eh, ni radio kenapa begini""
Somad nelepon Bang Nana lagi. "Halo, Bang Nana, ni radio kenapa begini" Apa" Radionye" Jadi di sebelah situ nggak ape-ape" Wah, celaka nih kalo di rumah Neng Olga radionye juga kagak bisa kedengeran. Ntar dia nggak tau kalo aye barusan beli stasiun radio..."
Somad langsung menepuk-nepuk punggung radionya supaya suaranya jernih lagi. Tapi saking napsunya, tu radio jadi ancur... dan korslet!
"*** "Malam harinya, meski
pun dilarang Nyak, Somad nekat melajukan VW-nya ke rumah Olga. Dengan santainya dia ngedengerin lagu dangdut dari radio tape mobile Suaranya bening. Tapi di tengah jalan, tiba-tiba suara radionya menghilang.
"Lha, kok ngilang"" Somad cemas dan spontan nelepon Bang Nana. "Halo, Bang Nana, kok suara radionya bisa ngilang lagi" Apa" Kejauhan" Kejauhan apanye" Apa" Mundur dulu""
Lalu Somad memundurkan laju mobilnya, dan ternyata dugaan Bang Nana benar. Lagu dari Radio Jojing terdengar lagi.
"Eh, aneh juga nih radio. Pas gue mundur "suaranya muncul lagi." Kemudian Somad nelepon Bang Nana lagi. "Bang, kayaknya jangkauan siaran radio kita harus diperluas deh. Bisa diusahain, kan" Ya udah, aye lagi menuju rumah Neng Olga. Coba deh diputerin lagu yang enak-enak. Kali ini si itu aja... yang nyanyinya pake ngomel-ngomel. Siape" Lem apa" Iya, itu. Lem Biskuit!"
Lalu terdengar lagu hip-metal-nya Limp Bizzkit! Somad sok tau. Dia bernyanyi dengan gaya anak rap!
Lagi seru-serunya tu VW meluncur di jalan, tiba-tiba ada cewek gendut yang berdiri di tengah jalan dan menggoyang-goyangkan tangan, menyetop mobil Somad. Somad kontan kaget, dia ngerem mendadak!
"Eh, ya ampun, kok polisi tidurnye jadi berdiri begitu"" Somad ngelongok dari jendela mobil. Hoi, mau ngapain lo berdiri di situ" Kalo mau jadi polisi tidur, rebahan dong di jalanan.."
Cewek gendut itu bales ngomel, "Eh, enak aje! Aye bukan polisi tidur aye markasnye polisi!"
Cewek itu tadinya mau ngelanjutin ngomel, tapi waktu ngeliat yang duduk di belakang setir adalah Somad yang lagi naek daun dan kebetulan satu kampung sama dia, cewek itu langsung mendatangi Somad dengan genit.
"Eh, Bang Somad, ye" Aduh, mentang-mentang udah kaya jadi lupa sama aye" Lupa""
""Siapa sih lo"" tanya Somad heran.
"Dora... Anak kampung Ceger juga."
"Dora" Dora Emon""
Cewek itu mencubit pipi Somad gemes. "Ah, Bang Somad bisa aja nambah-nambahin nama orang. Masa Dora Emon" Eh, Bang, boleh ikutan, kan" Aye nebeng sampe lampu merah, ye."
"Lampu merah yang mane""
Lampu merah yang ada ijo sama kuningnye..."
"Yeee, semua lampu merah juga ada ijo sama kuningnye! Lagian lo kenapa nggak naik ojek aja sih""
Si Dora yang berbadan big size itu jadi sebel begitu denger kata tukang ojek! "Abis, nggak ada yang mau disetop sih! Katanye aye over-weight!"
Berhubung cewek gendut itu tetangga sekampung, dengan berat hati Somad mempersilakan cewek itu naik ke mobilnya.
Huh, kalo mau pergi k" rumah pacar, ada aje ujiannye! Ya udah, naek cepetan!"
Dengan sukacita Dora duduk di jok depan.
"Oh, udah punya sukaan, ye" Kirain masih single.. ."
"Udah diem, ngomong aja luh! Gue nyetir jadi kagak konsen nih!"
Baru jalan beberapa meter, tiba-tiba mobilnya mogok.
Ah, kenapa lagi ni mobil""
"Somad berusaha mengutak-atik mesin, tapi tetep aja mogok. Kemudian dia ngerayu si cewek gendut supaya mau ngedorong!
"Ternyata pucuk dicinta ulam tiba, ye. Gue pikir lo ikut bikin susah, tapi ternyata nggak. Hmm, mau nggak bantuin gue""
Dora mengangguk-angguk. Kejadian berikutnya, bukannya Dora yang turun dan mendorong mobil Somad, tapi ternyata Somad yang turun dan-mendorong mobi! itu! Sedangkan Dora duduk di belakang setir, mengemudikan mobil sambil tertawa terkekeh-kekeh.
*** "Sementara itu di rumah Olga, tamu-tamu yang datang tahlilan udah banyak. Olga muncul dipapah maminya dan Wina, lalu duduk di pojokan rumah. Pak Ustad juga udah datang dan hendak memimpin tahlilan.
Tapi baru aja acara mau dimulai, tiba-tiba terdengar suara tong sampah di depan rumah ditabrak mobil! Grompyanggg!!! Suaranya keras banget. Semua kaget! Soalnya tadi suasananya lagi hening banget.
Mami Olga juga kaget setengah mati dan terpekik, "Eh, apaan tuh""
Mami Olga lalu menyuruh Bik Inah supaya memeriksa kejadian di luar rumah. Bik Inah cepet-cepet menghambur keluar.
Begitu Bik Inah keluar, yang diliatnya cuma mobil Somad lagi nabrak tong sampah. Somad langsung disambut Bik Inah dengan omelan.
"Hei, dasar nggak tau diri. Tong sampah ndak punya salah apa-apa kok ditabrak""
Tapi Somad sok cool. Dengan san
tainya dia turun dari mobil sambil memutar-mutar kunci mobilnya.
"Tenang, Bik, tenang..."
"Tenang, tenang! Gimana bisa tenang, kalo sampeyan bikin kaget semua orang!"
"Eh, jangan ngomel dong. Lupa sama aye" Aye kan Somad bin Indun!"
Tanpa menunggu reaksi Bik Inah, dengan cueknya Somad nyelonong masuk ke dalam rumah.
Saat itu Pas Ustad udah hendak memulai doa, dan tiba-tiba Somad muncul dengan gayanya yang sok aksi.
" Assalamualaikuuum...!" seru Somad.
Semua tamu kaget lagi. Somad juga kaget ngeliat banyak orang di dalam rumah Olga. Dia memperhatikan seisi ruangan dan merasa sangat kaget. "Wah, lagi bikin syukuran, ye! Pesta kejutan buat aye, ye" Bener-bener surprise nih! Tau aje kalo aye baru beli stasiun radio, terus pada bikin syukuran!"
Semua tamu bengong. Somad langsung ambil posisi duduk di samping Pak Ustad dan menyenggol bahunya supaya memulai doa. Ayo deh, aye ikutan!"
"Semua orang bingung dan memandang heran ke arah Somad.
Sementara itu Olga yang duduk di samping maminya jadi semaput lagi saat ngeliat perjaka nggak tau diri itu. Walhasil Somad pun digelandang oleh Bik Inah dan Ismet untuk meninggalkan rumah Olga! Oari dalam rumah mulai terdengar suara orang-orang yang tahlilan. Somad masih nggak ngerti apa yang terjadi.
"Ini ada apa sih" Salah aye apa""
"Salahmu apa" Orang lagi tahlilan untuk papi Olga yang baru meninggal, kok disangka selametan radio! Dasar dengkulmu semprul!" maki Bik Inah.
Somad kaget banget ngedenger penuturan Bik Inah.
"Hah, jadi papi Olga baru meninggal" Innallillaahiii. .. Kena pa nggak bilang-bilang""
"Ngapain bilang-bilang ke kamu" Emang kamu siapa""
"Eh, saya ini kan calon mantunye!"
Bik Inah dan Ismet makin sebel sama tamu nggak tau malu itu. Mereka terus ngedorong Somad supaya masuk ke dalam mobil dan pergi dari situ.
Saat VW Somad beranjak pergi lagi-lagi dia menyenggol tong sampah!
Di rumah, Somad langsung menyesali diri dan curhat ke nyaknya.
""Gimana dong, Nyak! Aye pan nggak tau! Aye jadi nggak enak nih!"
"Yaaah, elo sih kege-eran! Tapi, Mad, ngomong-ngomong... lagu yang diputer di radio lo enak juga nih!"
"Aduh, kenapa Bang Nana muterin lagu-lagu riang beginian sih! Kenapa nggak muterin lagu yang slow, yang cocok buat orang meninggal. Bisa-bisa aye dicap mantu durhaka nih!" Somad cuma bisa ngedumel.
"2. CEWEK FAVORIT "PAGI itu lumayan cerah. Nggak ada ujan yang turun berhari-hari dan bikin air selokan meluap ke jalan-jalan. Yang bikin Jakarta jadi lautan banjir. Dengan sepatu roda Olga meluncur di lorong sekolah menerobos kawan-kawan SMU-nya yang menebar di sana-sini, menyapa mereka satu per satu dengan akrab. Dan ketika persis di depan pintu kelas, dengan cekatan Olga berbelok masuk. Nggak disangka-sangka temen-temen sekelas langsung menyambut Olga dengan hangat. Diawali teriakan cempreng si Wina, "Naaah... itu Olga datang!"
Wina mengomando yang lainnya untuk mengerumuni Olga.
"Lho, ada apa nih" Kok mendadak pada histeris sama gue" Selama ini kalian pada ke mana sih"" tanya Olga bingung.
Wina nggak nanggepin kege-eran Olga, tapi langsung ngoceh, "Ol, ternyata di balik kesedihan itu ada kebahagiaan. Setelah bokap lo meninggal, lo malah dapat kabar gembira..."
"Olga bengong. Ada apa sih" pikirnya.
" Iya, Ol. Selamat, ya.. .," ujar Dika, temennya yang lain.
"Lo masuk nominasi," Laudya ikut nimbrung.
"Nominasi apa"" Olga masih nggak ngerti.
Bukannya pada ngejawab, mereka lalu rame-rame menggiring Olga ke mading di koridor luar kelas. Olga pasrah aja ngikutin mereka.
Tepat di depan mading, Olga ngeliat sebuah pengumuman. Laudya dan Wina mengapit Olga sambil nyerocos menjelaskan segalanya.
"Kan tiap taun mading sekolah kita ngadain kontes Cowok-Cewek Terfavorit buat dijadiin duta sekolah kalo ada event-event nasional. Nah, elo kepilih jadi salah satu nominator cewek favorit, Ol,"
Laudya menerangkan. Olga seakan nggak percaya, "Gue""
"Iya. Kelas kita paling hebat, kepilih tiga orang. Ceweknya elo dan Silvia. Cowoknya... Dion."
"Silvia "" Olga langsung ngerasa bakal ada masalah begitu denger nama Silvia.
Ya, siapa sih yang nggak tau Silvia" Anak sok borju itu dari dulu emang paling sirik sama Olga. Anaknya sih cakep, seksi, dan cukup pinter, tapi sayangnya punya sifat jelek. Selalu pengin jadi primadona. Nah, begitu taun ini dia sekelas sama Olga, Silvia baru sadar bahwa fans Olga ternyata lebih banyak dibanding dia. Makanya Silvia mulai sirik banget sama Olga. Apalagi Silvia juga naksir Dion yang ganteng itu. Sayangnya Dion keliatan lebih care sama Olga. Makin sewotlah dial Sekarang Olga, Silvia, dan Dion malah masuk nominasi Cowok-Cewek Terfavorit! Pasti bakal berdarah-darah lagi nih!
Sekali lagi Olga meneliti nama-nama yang tertera di mading.
Pilih Cowok-Cewek Terfavorit sekolah tahun ini! The best couple of the year...
Catat! Para kandidat! "1. Olga - Kelas 2 A
2. Dion - Kelas 2 A 3. Silvia - Kelas 2 A 4. Joki - Kelas 2 C 5. Laury - Kelas 1 B 6. Sands - Kelas 3 C 7. Joe - Kelas 1 D 8. Cindy - Kelas 2 D 9. Budi - Kelas- 3 A 10. Santi - Kelas 1 A "Olga masih bengong ngeliat nama-nama itu. Dia tertegun. Sementara temen-temennya teriak-teriak mengelu-elukannya, malah pake acara gendong Olga segala. Olga jelas nolak, tapi dia malah diarak keliling sekolah.
"Hidup Olgaaa...!"
Silvia yang ngeliat adegan itu dari jauh memasang wajah sinis. Dia nggak suka, dan putar otak untuk nyari akal gimana menggagalkan kemenangan Olga. Dia mikir fans Olga emang banyak.
Lagi heboh-hebohnya Olga diarak, dari halaman sekolah muncul tukang sapu gadungan sedang mengamati apa yang terjadi di sekolah Olga. Dan tanpa diduga-duga, cowok itu mengeluarkan HP murahan berwarna kuning, dan mengabarkan apa yang dilihatnya di sekolah itu kepada... SOMAD. Olala! Rupanya dia itu sedang jadi mata-mata suruhannya Somad, untuk memantau semua kegiatan Olga di sekolah!
"Rojer, Bos Somad... Di sini aye, Sofyan Sofyan! Satpam kepercayaan ente... Ada kabar nih! Neng Olga kepilih jadi salah satu nominasi cewek favorit... Apa" Bukan cewek paling ngirit, tapi terfavorit! Ah, Bos budek ah!" Si Sofyan Sofyan tampak kesel, tapi tiba-tiba ekspresinya jadi berubah ketakutan. "Eh, sori... sori, Bos. Iya, iya, jangan dong, jangan sampe aye nggak diterima kerja sama situ... Oke, Bos, sekian dulu laporan pandangan mata langsung dari mata aye di halaman sekolahan Neng Olga!"
Sofyan lalu mematikan HP-nya.
Sementara di kampung Ceger, Somad girang bukan kepalang. Sampe-sampe mandi lupa andukan. Dia nyari-nyari Bang Nana yang ngurusin radio di bilik siar darurat.
"Bang Nana! Bang Nana! Gue harus nolongin die, gimana caranye""
"Bang Nana jadi kaget. Dia nggak tau per"asalahannya tapi tetap berusaha sok profesional dan bertanggung jawab! Namanya juga orang kepercayaan, jadi jangan sampe kredibilitasnya rusak, kan"
"Mau nolongin die" Ya, lo kasih beras ama bahan-bahan pokok aje!"
"Yeee, emangnya sukaan aye kena bencana alam! Aye pan punya mata-mata yang nyamar jadi tukang kebun di sekolahan Neng Olga. Dua bilang Olga kepilih jadi calon cewek paporit. Kite harus bantu supaye die menang! Begimane caranye, Baaang!"
Bang Nana langsung mikir, lalu nyerocos kayak mercon, "Kalo gitu kita kudu nyiapin seperangkat alat, terus kite kampanye buat Neng Olga, kayak pemilu. Supaya Neng Olga menang dan kita siarin di radio! Biar banyak yang denger! Kalo banyak yang denger, kan bisa banyak yang ngedukung! Kalo banyak yang ngedukung, bisa banyak yang milih! Kalo bany"k yang milih, bisa menan'g! Kalo menang bisa jadi juara! Kalo juara bisa kampanye. Lha, "kok balik k"e kampanye lagi" Yah, pokoknye kita bikin Siaran langsung aje!"
Somad jejingkrakan mendengar ide suhunya itu. Setuju, setuju! Tapi apa bisa kita bikin siaran langsung dari sekolahan Olga""
Dengan nada sombong Bang Nana berujar, Biar aye yang atuuur!"
Somad girang lagi dan jejingkrakan lagi kayak orang gila. Anduknya melorot. Bang Nana langsung melotot dan ngejepret bodongnya Somad yang terumbar.
"*** "Emang bener, anak-anak biasanya belajar bukan dari nasihat orangtua, tapi belajar dan apa yang dilakukan orangtuanya. Ketika para "orang tua" kita banyak menghalalkan money pol
itic, Silvia ternyata juga. ikut-i"utan begitu dalam mencari simpati. Siang itu sepulang sekolah, hampir semua anak cowok di sekolah Olga yang dianggap punya pengaruh diundang makan oleh Silvia di sebuah kafe di mal. Cewek itu berusaha mempengaruhi cowok-cowok itu dengan cara yang lebih elegan.
"Terus terang, rasanya gue perlu ngundang kalian untuk datang ke tempat ini. Sengaja hampir semua perwakilan gue undang, dan anak basket, anak pecinta alam, anak teater, sampe anak-anak pengurus rohis, karena kita bakalan menghadapi masalah penting!"
"Masalah apa sih"" tanya seorang cowok.
"Kalian bisa bayangin nggak, seandainya Olga sampai kepilih jadi cewek terfavorit, sekolah kita dan jadi duta sekolah" ujar Silvia lagi.
"Emang kenapa"" anak cowok yang ain nyeletuk.
""Olga tuh tomboi abis! Bayangin aja, perempuan kok ketawanya ngakak begitu. Gue rasa itu bisa merendahkan martabat wanita!" Silvia membuka tasnya, mengeluarkan sejumlah amplop, dan membagi-bagikannya kepada teman-temannya. Semua pada bengong memandang amplop berisi duit itu, tapi nggak ada yang nolak! Namanya juga dikasih duit!
"Dan kalo sekarang kalian nerima amplop dari gue, kalian jangan membayangkan di sini telah terjadi money politic! Gue nggak serendah para pejabat kita yang suka main duit untuk menggolkan maksud dan tujuan mereka. Gue sengaja ngasih kalian dana untuk memajukan organisasi ekskul kalian. Gue tau, pihak sekolah selalu menyediakan dana terbatas, sementara kalian butuh kreativitas!"
Anak-anak cowok terdiam. Omongan Silvia ada benernya juga!
"Jadi sekali lagi, mumpung masih ada waktu, berpikirlah secara jernih, jangan sampai salah pilih sehingga menyesal di kemudian hari. Silakan abisin makanan kalian!" Silvia lalu berdiri, dan pergi. Anak-anak cowok langsung sibuk ngitungin duit di tangan
"Kita maen bilyar aja yuk!" ujar Sands, salah satu cowok berambut kuning.
"Ayuuuk!" temen-temennya yang lain setuju. Mereka pun bubar!
*** "Siang itu, Somad udah siap banget mau siaran live show. Tentu aja pake peralatan sederhana yang dirancang Bang Nana. Mereka mondar-mandir di depan sekolah Olga. Somad memegang mikrofon, sementara Bang Nana di belakangnya terus mengikuti ke mana pun Somad pergi. Sebelah tangan Bang Nana membawa mixer portable seperti pedagang rokok asongan, sementara tangan yang satunya kesusahan pegang antena. Sementara Sofyan, Sofyan-sang satpam andalannya-mengamankan jalan di depan Somad.
Rupanya Somad sedang menunggu anak-anak yang diyakininya mendukung Olga. Setiap ada anak yang dianggap mendukung Olga, atas petunjuk Sofyan, langsung diajakin wawancara.
"Eh, Bang, kita dari radio baru nih. Namanya Radio Jojing Ceceng FM, yang lagi siaran langsung, tapi khusus kampanye mendukung Neng Olga..."
Anak-anak yang mo diwawancara pada bengong dan langsung berubah takjub. "Oh, ya" Olga pake kampanye-kampanyean" Gile, hebat bener!"
Maka dengan sifat pedenya yang nggak kenal malu dan maju terus pantang mundur, sukseslah Somad mewawancarai setiap anak yang mau masuk ke kelas. Banyak juga sih yang ngerasa terganggu dan risih. Tapi dasar Somad, dia cuek aja terus wawancara.
"Gilanya, kalo ada anak yang diwawancarai ternyata nggak ngedukung dan menjelek-jelekan Olga, anak itu langsung dimaki-maki Somad.
Seperti si Robby yang jangkung tapi mukanya bego. "Eh, asal lo tau aja, gue paling sebel sama gayanya Olga! Sok tomboi! Sok kayak anak cowok! Kalo jadi cewek itu harus feminin dong. Perlihatkan kecewekannya, jangan mentang-mentang emansipasi terus kebablasan begitu..."
Mendengar komentar Robby, Somad jadi meradang. "Eh, asal lo tau juga, ye! Neng Olga itu sukaan aye! Lo jangan ngejelek-jelekin die! Gue capek-capek kemari pengin menangin Neng Olga, bukannye ngedengerin suara-suara pales kayak lo! Ember lo dasar!"
Robby bengong. Mukanya tambah keliatan bego.
Lama-lama Olga jadi tau bahwa Somad bikin ulah di luar sekolah. Dia ngajakin Wina untuk ngintip dari balik gerbang. Olga mulai cemas ketika ulah Somad makin keterlaluan dan banyak anak-anak yang kesal.
Robby yang ngumpul di kantin sama anak-anak cowok laen
mulai ngadu ke Silvia. Gila tuh si Olga, pake ngundang-ngundang radio segala buat cari dukungan. Radio dangdut, lagi! Ampir aja gue ribut sama reporternya!"
Silvia langsung dapat angin. "Nah, kalian "lihat sendiri kan, gimana curangnya dia. Masa urusan intern pake kampanye dari pihak luar" Iya, kan" Apa itu nggak curang" Yang namanya urusan dalam negeri nggak boleh dicampurin oleh luar negeri. Oi mana-mana kan begitu" Begitu juga sekolah kita! Makanya dari dulu gue antipati banget sama tu anak. Norak."
Yang lain berteriak setuju.
Dan buntut ulah Somad itu akhirnya malah berakibat jelek buat Olga. Buktinya siang itu Olga tiba-tiba aja dipanggil ke ruang kepala sekolah. Olga jelas kaget dan cemas. Karena kalo Pak Kepsek sampai manggil ke ruangannya, pasti alamat buruk buat siswa.
Dan bener aja. Begitu Olga menghadap Pak Kepsek, pria itu langsung berbicara dengan suara penuh ancaman. "Olga , Bapak dapat laporan bahwa anak-anak terganggu oleh ulah pendukung gelapmu. Kamu kan tau aturannya. Kampanye buat cari dukungan sih boleh aja, tapi tidak boleh melibatkan pihak luar, dan tidak dipublikasikan. Ini sangat mengganggu ketertiban sekolah. Karena kamu melanggar, kamu terpaksa Bapak diskualifikasikan dari nominasi pemilihan Cowok-Cewek Terfavorit tahun ini."
Olga nggak punya kata-kata lagi untuk membela diri! Dia bener-bener geram sama ulah Somad yang kelewatan. Tentu saja Silvia bakal menari-nari di atas kekalahan Olga!
"*** "Informasi soal kekalahan Olga yang dibawa sang mata-mata Sofyan Sofyan, tentu bikin Somad Jadi syok! Sebenarnya niatnya sih baik, tapi hasilnya malah berantakan! Kayak anak kecil yang mau ngadu ke ibunya karena permennya diambil anak laen, Somad pun nyamperin Nyak yang lagi masak di depan kompor. Lagu dangdut Evie Tamala Selamat Malam terdengar sendu dari bilik siar darurat.
"Gimana dong, Nyak! Aye niatnya mau nolong, tapi kata si satpam yang lagi aye training, Neng Olga jadi kalah gara-gara aye," ratap Somad.
Nyak cuma menoleh sebentar, lalu kembali asyik dengan kompornya. "Ya, elo sih sok tau bener! Pertama babenya meninggal, lo malah slonong boy ngira pade bikin syukuran. Sekarang gara-gara elo juga, nasib Neng Olga jadi ribet kagak menang lomba. Pokoknya saran Nyak sih, lo kudu minta maaf ama si Neng Olga dan ngejelasin duduk persoalannya!"
"Jadi aye harus duduk, Nyak"" tanya Somad bego.
"Yeee, elo kok jadi orang bego amat sih""
"Ah, Nyak! Dimintain pendapat malah ngatain!" Somad merajuk sambil ngeloyor pergi, lalu duduk di tangga pintu depan.
"Lagian lo ngapain masih ngebet sama Neng Olga" Udah tau dia nggak suka sama lo, lo masih ngebet aja! Mending sepupu lo tuh si Mumun, lo rawat, lo ajak jalan-jalan, lo kawinin! Inget, umur lo udah mau kepala tiga!" ujar nyaknya lagi.
Mendengar kata "Mumun", Somad jadi menguap ngantuk.
"Kalo ngantuk tidur aja! Besok pagi Mumun mo ke sini! Elo kudu siap-siap!"
Somad makin kesel. "Halah-halah-halah-halah! Mumun lagi! Mumun lagi! Nyak, pokoknya aye kagak suka ama si Mumun. Aye suka ama Neng Olga, titik!"
Somad hendak beranjak ke bilik siar, tapi langsung dicegat ama nyaknya. Dengan muka kesel Nyak mengepret kepala Somad. Anak itu meringis kesakitan.
"Belagu, lo!" Abis Nyak sih, ngomongnya ngelantur!"
Suara dari bilik siar kedengaran makin keras.
"Heh, Mad! Matiin tu radio! Udah malem! Berisik! Si monyong jelek itu suruh pulang!"
Dengan cueknya Somad masuk ke bilik siar, sementara nyaknya ngelanjutin masak.
Di depan mixer radio, Bang Nana ternyata ketiduran. Somad jadi kesel. Ia. menaikkan volume kontrol pada mixer. Lagu dangdut semakin kenceng. Nana terbangun kaget.
"Busyeeeeet!" katanya. "Orang lagi enak-enak tidur dibangunin."
"He! Kalo siaran jangan ditinggal tidur!" semprot Somad.
""Gimana gue bisa siaran kalo elo ribut melulu. Heh, Mad! Moncong nyak lo bisa direm kagak sih"" ujar Bang Nana kesal. Tapi dia nggak nyadar kalo omongannya itu kedengeran dari dapur. Nyak langsung sewot dan nyatronin bilik siar.
"Nggak! Moncong gue nggak bisa direm! Lo mo apa" Enak aja mulut orang tua dibilang moncong!"
Bang Nana kaget dan langsung keder. Dia buru-buru mem-fade out lagu, kemudian menaikkan volume suara seakan mau bicara pada pendengarnya supaya Nyak tidak meneruskan omelannya. Ternyata Nyak tetep ngomel, bahkan semakin dahsyat.
Bang Nana kelabakan. Somad berusaha membungkam nyaknya yang terus berceloteh. Terjadilah perang mulut antara Somad, Nyak, dan Bang Nana.
Nyak Somad pun mengusir Bang Nana. "Pulang lo sekarang! Elo dipecat!"
Bang Nana jadi bingung, ia minta pertolongan Somad. "Enak aja mo mecat! Nyang ngangkat aye jadi teknisi radio di sini kan si Somad, bukannya Mpok!" Kemudian ia berkata pada Somad, "Mad! Nyak lo kayaknya udah parah deh! Buruan deh, bawa ke rumah sakit jiwa! Biar mulutnya diplester!"


Olga 10 Radio Jojing di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Nyak semakin kalap. Somad juga makin kesulitan menenangkan nyaknya.
"Elo mo pulang, nggak" Mo pulang, nggak" "Matiin tuh radio! Atau elo yang gue matiin" Pulaaang! Gue teriakin maling nih!" Tanpa bisa direm, Nyak langsung teriak, "Maliiing... maling.. .!"
Somad dan Bang Nana jadi panik.
Sementara hansip yang lagi tidur di pos ronda sambil denger Radio Jojing spontan kaget begitu suara Nyak kedengeran dari siaran radio. Secara refleks dan membabi buta si hansip meloncat, lalu memukuli kentongan bertubi-tubi sambil teriak "Maling! Maling!".
Masyarakat penghuni kompleks pada keluar dengan hebohnya. Berbagai senjata seperti pentungan, keris, bahkan gebukan kasur, turut meramaikan suasana heboh di malam itu.
Walhasil, setelah diketahui suara teriak maling-maling itu ternyata berasal dari radio sang hansip, otomatis massa menghakimi hansip tersebut hingga babak penyisihan.
Sementara itu pertengkaran Nyak dan Bang Nana semakin seru. Nyak Somad mencabut kabel power. Mesin radio mati seketika. Selanjutnya Nyak keluar dari bilik siar dengan wajah kesel. Tinggal Somad dan Bang Nana yang terbengong-bengong
"Wah, Mad, kalo gini caranya, radio lo nggak bakalan maju. Elo kudu pindah tempat! Harus!" jelas Bang Nana.
"Iya! Tapi kita mo pindah ke mana, Bang""
"Duit warisan elo kan masih banyak. Elo ngontrak aja di tempat yang jauh dari rumah... tempat yang lebih layak untuk siaran! Di sini mah nggak layak, Mad!"
Somad menghela napas panjang. "Ya udah, besok kita pindah!"
"Nah, gitu dong. Jadi bos itu harus tegas!"
"Iya sih! Cuma... gimana caranya, Bang""
"Lha, kok bingung" Soal pindah itu gampang! Itu urusan gue! Apa susahnya sih, cuma mindahin barang segini""
"Bukan itu! Yang aye bingung, gimana caranya aye bisa ngambil duitnya itu!"
"Emangnya duit lo disimpan di mana""
"Duitnya sih di koper! Tapi kuncinya disimpen ama Nyak! Itu yang susah nyarinya!"
Tanpa banyak komentar, Bang Nana dan Somad berkemas-kemas membongkar dan mencabuti kabel radio sambil ngedumel.
*** "Somad udah nekat. Dia harus ngambil kunci koper yang berisi duitnya. Kunci itu pasti disimpan secara rahasia oleh Nyak. Karena Nyak kuatir, jika Somad yang pegang duit, pasti berapa pun bakal cepet menguap. Abis ludes nggak tentu rimbanya.
Maka tengah malam, pas jam udah nunjukin pukul dua belas lewat, Somad mengendap-endap seperti maling, berusaha mencari kunci koper di sekitar tempat tidur Nyak. Beberapa kali Nyak menggeliat, dan setiap kali pula Somad merunduk. Tiba-tiba mata Somad terbelalak ke arah leher nyaknya. Ternyata kunci yang dicarinya ngegantung di kalung Nyak. Wah, celaka! Gimana cara ngambilnya tanpa ngebangunin Nyak" Somad pusing tujuh keliling. Apalagi Nyak sebentar-sebentar menggeliat.
Akhirnya Somad nekat. Tangannya mendekat ke leher nyaknya, mau ngambil kunci. Pas menyentuh leher, mendadak Nyak terbangun. Tentu aja Nyak kaget dan langsung menyepak Somad. Dikira Somad mau berbuat yang tidak senonoh padanya. Somad sukses nyungsep di sudut kamar!
"*** "Sementara itu di malam yang sama, Wina lagi nginep di rumah Olga. Mereka ngobrol sampe malam.
"Lo nggak kecewa nggak kepilih jadi cewek terfavorit di sekolah, Ol""
"Nggak. Mungkin itu emang bukan rezeki gue. Ya udah, biarin aja. Tapi yang gue nggak rela, gue kalahnya gara-gara ulah si sompret itu... si Somad!"
Wina tertawa geli! "3. MAAPIN AYE, NENG
OL! SEBUAH rumah yang. nggak terlalu mewah di kampung Ceger akhirnya berhasil dibeli Somad dan diubah jadi kantor radio amatiran yang kini bernama RADIO JOJING 1000 FM! Belum lama mengudara, radio itu kini udah jadi kebanggaan warga Jakarta, khususnya kampung Ceger. Nama Somad pun makin melambung.
Dan di pagi yang cerah itu, dari kejauhan sudah terdengar suara Bang Nana yang serak-serak sember menyapa warga Jakarta lewat cerita ngocolnya yang khas, "Oke, eperibodi... listener setia Jojing Ceceng FM! Di sini Bang Nana... Bahagia banget sekarang Radio Jojing udah punya gedung sendiri, nggak keganggu lagi sama cerocosan Mpok Indun yang cerewet.
Di rumah-rumah warga, suara Bang Nana itu menemani aktivitas pagi hari Ada yang lagi nyuci, ngedandanin motor, masak, ngegosip, nyeruput kopi, dan seabrek kegiatan laennya. Mereka semua serasa belum pas kerja kalo nggak ditemenin ocehan Bang Nana.
"Dan selamat ketemu lagi ama ai di acara yang oke en dijamin inopatip di dunia brodkes abad ini... yaitu Sejam Tugeder wit Bang Nana! Jreng... jreeeng.. .!"
Sementara di kantor Radio Jojing itu, di ruang khususnya, Somad juga udah ngejogrok dengan penampilan layaknya seorang bos radio! Pakai kemeja panjang, dasi warna norak, dan celana megar ala A. Rafiq! Tapi pagi ini wajah Somad keliatan lagi bete! Soalnya dia lagi teringet usahanya ngedapetin Olga yang nggak pernah mulus.
Somad emang masih terobsesi pada Olga, meskipun saat itu di depannya udah duduk Rohana, cewek cantik dan seksi berambut pendek dengan dandanan menor. Rohana pake anting gede, kuku panjang dikuteks, dan rok yang mini banget. Rohana cuek aja. Dengan tampang polos ia duduk di depan Somad, sambil menyilangkan kaki dan gigit-gigit kuku. Mulutnya gerak-gerak terus mengunyah permen karet.
Bang Hamdan-manajer personalia yang masih muda, anak betawi ganteng yang baru diterima kerja oleh Somad-berdiri di samping Rohana. Tapi pikiran Somad kayaknya sedang melayang ke mana-mana, seakan-akan orang-orang di depannya itu nggak ada.
Bang Hamdan jadi sebel, lalu berdehem pelan. "Ehem! Bos, ini Rohana yang mo jadi sekretaris. Die udah siap dari tadi pagi..."
Somad langsung tergagap, "Eh, ape"" la ngeliat ke arah Rohana yang masih cuek. "Die mo ngapain""
"Ini calon sekretaris di sini. Siap diwawancara sama Bos!"
"Oya" Namanya siapa, Neng""
"Rohana. Anak lurah kampung Ceger sini. Cita-citanya pengin jadi penyenyong dangdut," ujar Rohana lancar.
Somad manggut-manggut. "Oh. Udah pernah jadi sekretaris di mane aje""
"Belom pernah, Bang. Baru juga lulus SMEA."
"Bagus. Berarti masih presh dong. Bisa ngetik""
"Bisa. Mijit juga bisa..."
"Ya udah. Kalo gitu aye terima. Aye emang butuh sekretaris buat ngetikin surat-surat buat sukaan aye, Neng Olga. Kerja mulai hari ini, ye""
"Oke, Bang." Hamdan tersenyum lebar. Usahanya untuk ngegolin kecengannya kerja di situ ternyata nggak sulit-sulit amat. Dari dulu Hamdan emang ngebet banget sama si Rohana ini. Hamdan pun buru-buru mengantar Rohana keluar, takut si bos berubah pikiran. "Ayo, Rohana, ikut aye ke meja kerja situ."
Rohana berdiri dengan sikap kemayu, dan berjalan dengan langkah seksi ke luar ruangan.
""Hamdan, panggilin satpam kemari," ujar Somad lagi sebelum Hamdan keluar.
Oke, Bos." Tak lama kemudian si satpam Sofyan Sofyan masuk menghadap dengan seragam lengkap. Dia nggak lupa menghormat kepada Somad.
"Nyari aye, Bos"" suara satpam terdengar tegas dan berwibawa.
Lewat gerakan tangan, Somad menyilakan si satpam duduk. Iye ... Ada misi khusus lagi buat elo. Lo kan dulu pernah kerja di radionya Neng Olga" Nah, elo sekarang kudu bantuin gue nemuin Neng Olga! Sejak kejadian kemaren gue berusaha nemuin dia buat minta maaf, tapi gagal total!"
"Siap, Bos!" Lalu Somad dan satpam Sofyan Sofyan - yang pada masa kejayaan Radio Ga Ga dulu juga menjadi satpam di stasiun radio itu - mulai mengatur rencana pertemuan dengan Olga.
Maka diaturlah siang itu juga, satpam dan Somad naik VW Combi ke rumah Olga. Setelah diparkir agak jauh, Somad dan Sofyan Sofyan memperhatikan rumah Olga. Melihat-lihat situas
i. Nggak lama kemudian mobil Wina muncul dan berenti di depan rumah Olga. Olga turun, melambai-lambaikan tangannya ke arah Wina, lalu mobil Wina pergi lagi. Somad dan si satpam berpandangan.
"Ketika Olga hendak masuk rumah, satpam mengejarnya.
"Halo, Neng Olga, sapa Sofyan Sofyan.
Olga kaget, dan menoleh. "Eh, Pak Satpam! Ya ampun! Apa kabar" Sekarang kerja di mana" Apa masih di Radio
Ga Ga" "Nggak. Saya sekarang kerja di radio baru, namanya Radio Jojing Ceceng FM."
"Oh, gitu" Terus sekarang mau ke mana" Emang sengaja mau ke sini""
"Iya, nih. Cuma mau nganterin titipan ini..., Satpam itu lalu menyerahkan surat!
Apaan nih" Olga heran memandangi surat itu.
Nanti Neng Ol baca aja deh di kamar. Udah ya, Neng, saya permisi dulu!"
Satpam itu pun pergi. Olga masuk ke rumah sambil terus menatap surat itu dengan bingung.
Begitu Sofyan Sofyan naik ke mobil, Somad langsung memacu VW-nya dengan supercepat! Rencananya, begitu Olga baca surat itu dan mencari gelombang Radio Jojing, suara Somad udah harus mengudara.
"Kita kudu sampe di studio secepatnya nih! Biar siaran gue kedengaran langsung ama Neng Olga!"
Seperti biasa, gaya Somad bawa mobil mengakibatkan kecelakaan-kecelakaan kecil di sekitarnya. Ada kandang ayam ketabrak, ibu-"ibu kesenggol sampe nungging, jemuran celana dalem nyangkut di spion, wah pokoknya parah deh! Sementara wajah si satpam pucat pasi ketakutan! Dia mengemut-emut jempolnya biar nggak stres!
Begitu sampe di Radio Jojing, Somad langsung melesat turun dengan napas ngos-ngosan. Dia berpapasan dengan Bang Nana yang masih sibuk ngebenerin lampu-lampu di sekitar situ. Sementara di sebuah meja, di depan ruangan Somad, Rohana duduk dengan cueknya, sambil baca majalah dan mengunyah permen karet. Nggak peduli sama Somad, bos-nya yang tergopoh-gopoh.
"Bang Nana! Kekuatan siarannye udah ditambah, kan" Aye mau siaran sekarang juga! Tolong lo atur, cepeeet...!" teriak Somad.
Bang Nana bangkit dan langsung panik lari ke sana kemari.
Di dalam bilik siar, rupanya ada penyiar baru bernama Muklis yang masih asyik siaran dengan pedenya. Dia lagi asyik kirim-kirim salam buat semua kembang di kampung Ceger. Dan ketika Somad masuk, Muklis yang lagi setengah siaran langsung diusirnya!
'''Mukliiisss... cepet minggaaat!"
Muklis bingung, tapi dia nggak bisa berbuat apa-apa karena Sofyan Sofyan udah menggiringnya keluar.
"Tapi gue kan lagi siaran""
""Udah, jangan banyak bacot! Pergt lo! Bos mau siaran!"
"Gue kan lagi kirim salam buat Endi di gang Haji Pe'eng..."
"Diem lo!" Tentu saja Muklis protes dan ngomel-ngomel, tapi tak kuasa menghadapi Bos Somad!
Sementara di kamarnya, Olga udah rebahan di kasur sambil membaca surat yang ternyata dari Somad.
Assalamualaikum, Neng Olga yang baek.
Berkali-kali Bang Somad pengin nemuin Neng Olga, tapi nggak berhasil juga, sampe akhirnya si satpam nyuruh Abang ngirim surat! Ya udah, Abang lakonin aje!
Abang bener-bener nggak tau kalo waktu itu papi Neng Ol meninggal. Kalo tau, nggak mungkin Abang berbuat kayak begitu! Abang juga sori banget karena gara-gara Abang, Neng Ol gagal kepilih jadi cewek paporit. Neng Ol pan tau, kalo Abang ngepans banget ama Neng Ol karena gaya siaran Neng Ol. Masa sih Abang berbuat kurang ajar"
Mungkin juga karena waktu itu Abang kelewat gembira. Abis, gimana Abang nggak girang kalo Abang sekarang udah punya radio sendiri" Abang kira Neng Ol bikin selametan buat radio Abang....
Dan untuk ngebuktiin, makanye Abang mo siaran langsung khusus buat Neng Ol.
"Olga agak kaget membacanya. Dahinya berkerut. "Somad" Punya stasiun radio""
Penasaran, Olga lalu melanjutkan baca lagi.
" Kalo Neng Ol nggak percaya, coba deh puter radio gelombang seribu FM! Iya, muternya sekarang juga. Pasti deh Neng Ol bakalan nemuin suara Abang....
Olga bangkit dan menghampiri radio di mejanya, lalu mencari-cari gelombang yang disebutkan dalam surat itu.
Sementara itu dari bilik siar Radio Jojing, Somad lagi khusyuk siaran. Dia ngomong panjang-lebar tentang isi hatinya pada Olga. Seolah kata-kata Somad itu lanjutan dari isi
surat yang dikirim ke Olga.
"Neng Olga kudu percaya ama ungkapan hati Abang. Abang bener-bener tulus pengin minta maaf, tapi nggak sempet-sempet... Makanya Abang bela-belain beli stasiun radio bekas buat siaran, biar Abang bisa sering-sering ketemu Neng Olga di udara! Abang pengin Neng Olga siaran di radio Abang! Soal gaji, Abang berani bayar tujuh kali lipet... Maksudnye amplop gaji Neng Olga bakalan Abang lipet-lipet ampe tujuh kali, gitu. Hehehe..."
Selagi Somad semangat siaran, rupanya di sudut ruangan Bang Nana lagi mandi keringat dingin. Emang ada apa" Olala, ternyata dia nggak sukses menambah jangkauan siaran Radio Jojing. Bukan itu aja. Parahnya, suara Somad malah nggak terdengar sama sekali.
Bang Nana pun berbisik ke Hamdan, "Gile, kok suaranya nggak keluar sih""
"Tadi waktu Muklis siaran bisa, Bang. Ada kabel yang korslet, kali""
"Kagak tau nih" Miksernye trobel, kali" Coba lo kilik-kilik! Eh, tapi lo jangan bilang-bilang kalo suara Bos kagak keluar di radio, ye" Bisa-bisa kita dipecat semua!"
"Iye, iye, Bang."
Dan tentu aja walhasil Olga jadi nggak bisa menemukan siaran Radio Jojing di radionya. Pas nemu gelombang 1000 FM, yang ada cuma suara kresek-kresek! Suara angin!
"Bego banget gue" Kenapa jadi percaya ama omongan tu orang"" Olga mematikan radionya. "Lagian mana mungkin orang kayak begitu bisa punya stasiun radio sendiri" Gue kan tau dia kayak apaan! Idupnya aja susye banget! Udah ah, ngapain mikirin orang kayak gitu!"
Olga pun tiduran lagi. Belum sempet matanya merem, terdengar suara mami Olga jejeritan, "Olga, ada telepon buat kamu niiih. Diterima, ya""
"Kalo dari Somad, bilang Olga nggak adaaa!" balas Olga teriak.
"Bukan dari Somad! Tapi dari Indosiar!"
"Hah, dari Indosiar"" Olga langsung mengangkat gagang telepon yang ada di kamarnya.
""Halo" Iya, ini Olga" Apa" Diterima untuk screen test" Oh, makasih, makasiiih."
Setelah menutup telepon dengan perasaan girang, Olga langsung menelepon Wina.
Win, sori, besok pagi gue nggak masuk. Gue ada panggilan tes untuk presenter TV. Iya, jadi gitu deh. Gue bolos. Iya, makasih, yaaa..."
Olga kembali menjatuhkan tubuhnya ke tempat tidur. Matanya menerawang, senang, membayangkan pekerjaan baru yang bakal ia raih. Dari dulu, setelah bosen jadi penyiar radio, Olga emang pengin banget jadi presenter TV Ngebawain acara gosip, acara musik, dan acara infotainment laennya. Lagi girangnya, tiba-tiba tangannya menyentuh surat Somad lagi. Olga jadi kesel. Surat itu langsung diremas-remas sampai jadi serpihan kecil, dan dilemparnya ke tempat sampah!
*** "Siang itu Somad nggak tau bahwa Olga nggak masuk sekolah, karena ikut tes di Indosiar. Makanya Somad dengan VW-nya udah standby di depan sekolah Olga. Tapi biar nggak begitu mencolok Somad markir agak jauh dari pintu gerbang. Buat jaga-jaga, Somad pun minta ditemani Sofyan Sofyan.
Bel pulang udah berdentang, banyak anak sekolah seliweran di dekat Somad, tapi Olga belum keliatan
"Somad jadi gelisah dan ngomong ke satpam, "Neng Olga ke mane, ye" Kemaren waktu gue siaran, gue udah bilang gue bakal ngejemput dia pulang sekolah! Coba deh sekarang lo liat ke dalem! Gue takut dia lewat pintu laen. Gue tunggu di sini aja!"
Satpam Sofyan Sofyan langsung maju jalan.
Begitu Somad sendirian, tidak jauh dari situ, Wina, Dion, dan beberapa ternan Olga lainnya memperhatikan gerak-gerik Somad. Somad nggak tau kalo dirinya lagi diintai.
Wina berbisik ke teman-temannya, "Tau nggak, dia itu yang bikin Olga jadi stres. Bayangin aja, masa orang lagi khusyuk tahlilan kematian papi Olga, eh dia datang sambil bergaya kayak penyanyi dangdut! Ngacak-ngacak acara! Bener-bener provokator! Dia juga bikin Olga gagal kepilih jadi cewek favorit. Pokoknya kita tunjukin solidaritas kita ke Olga. Oke""
Anak-anak mengangguk setuju!
Maka begitu Somad lengah, mereka menyerang Somad dan mengeroyoknya...
Tentu aja Somad kaget. Dia berusaha ngelawan, tapi tetep babak belur! Dan ketika si satpam kembali, Somad udah hancur lebur jadi debu!
"Hah, Bos kenapa jadi begini" Perbuatan siapa ini, Bos""
Somad tak san ggup berkata-kata. "*** "Malam itu Wina main ke rumah Olga. Olga lagi diselimuti perasaan senang.
"Eh, Wina! Gue berhasil lulus tes! Tau nggak, dari beberapa orang, tinggal gue yang lulus sampe tes akhir! Jadi besok gue tinggal tes simulasi di depan kamera studio!" ujar Olga.
"Jadi lo mau bolos lagi"" tanya Wina.
"Nggak. Besok tesnya siang kok!"
"Wah, sukses deh, Ol! Eh, jangan lupa, ya. Kalo lo udah jadi presenter, sebut-sebut nama gue, ya""
"Gimana mo nyebut nama elo" Kan ada script-nya. Pokoknya tenang aja, nanti gue traktir deh! Sekarang kan gue jadi punya kerjaan lagi. Bisa bantu-bantuin Mami deh!"
Asyiiik! Eh, tau nggak lo kalo tadi siang gue udah ngebalesin sakit hati lo!"
Olga heran. "Sakit hati apaan""
"Si Somad datang ke sekolah dan kita keroyok sampe babak belur!"
Olga kaget. A-apa" Kasian amat""
Emang kasian sih kalo liat nasib Somad Saat itu dia lagi duduk dengan wajah nelangsa. Badan dan kepalanya masih pening akibat keroyokan tadi siang. Somad duduk di kursi siar pas di depan mikrofon.
Di ruang kontrol, Bang Nana dan Bang Hamdan tampak masih sibuk ngutak-atik.
Kemudian Bang Nana mencoba menghibur "bosnya. "Bos mendingan siaran lagi. Kali aja sukaan Bos denger! Soalnya sekarang siaranya udah makin mantep! Suaranya udah aye bikin stereo."
Somad tetep ngambek. "Ogah..."
Somad nggak tau kalo saat itu, di rumah Olga, cewek itu udah siap-siap tidur dan iseng-iseng menyalakan radionya. Kebetulan banget gelombang Radio Jojing belum diubah, masih Radio Jojing 1000 FM! Jadi pas disetel, dan kebetulan terdengar lagu barat yang enak, Olga jadi manteng di gelombang itu.
Tapi tiba-tiba di tengah-tengah suara lagu yang enak itu terdengar suara orang ngobrol, suara Somad dan suara Bang Nana!
Menuju Titik Nol 2 Fear Street - Sagas Vi Putri Putri Kesunyian Daughters Of Silence Naga Beracun 5

Cari Blog Ini