Ceritasilat Novel Online

Radio Jojing 2

Olga 10 Radio Jojing Bagian 2


"Ayo, Bang Somad, siaran aje, nggak usah dipikirin kejadian yang udah-udah. Kali aje sukaan ente ngedengerin."
"Aye bingung nih. Kenape nasib aye apes melulu! Padahal aye cuma pengin ketemu Neng Olga buat minta maaf..."
Olga kaget, lalu membesarkan volume radionya.
Ternyata. ketika Bang Nana membujuk Somad, tanpa disadari oleh Somad, Bang Nana memberi kode ke Bang Hamdan di ruang kontrol untuk membuka saluran mikrofon pada mixer!
"Ayo dong, Bang, ngomong yang mesra. Ntar kita puterin lagu yang oche..."
""Ah, males! Aye baru gairah ikutan siaran, kalo Neng Ol juga mau siaran di mari!"
Tentu aja Olga terbelalak. Ia tidak percaya bahwa akhirnya si Somad bener-bener punya radio sendiri. Ia berdiri dan mencari-cari remasan surat dari Somad di tong sampah. Begitu ketemu, Olga membuka surat itu lagi, dan melihat ada nomor telepon Radio Jojing. Olga ngangkat telepon dan menelepon stasiun radio itu.
"Halo" Dengan Radio Jojing" Bisa bicara dengan Somad" Bilang aja dari Olga..."
Sofyan Sofyan yang ngangkat telepon jadi kaget. "Olga" Neng Olga" Ini Bang Satpam! Tunggu bentar, ya" Bos Somad pasti girang banget!"
Satpam menaruh telepon dan langsung ngacir. "Booos... ada telepon dari Neng Olgaaa...!"
Somad kaget. Bang Nana dan Bang Hamdan juga.
"Itu... telepon dari Neng Olga!"
Somad langsung bangkit. "Hah" Jangan becanda lo! Yang bener""
"Suerrr! Buruan diterima!"
Somad segera ngacir keluar, diikuti Bang Nana, Bang Hamdan, dan si satpam.
"Neng Olgaaa... I'm comiiing!"
Somad cepet-cepet menyambar telepon. Anak buahnya ikut ngedengerin di belakangnya.
"Neng Olga" Ini Neng Olga" Iye, ini Bang "Somad. Apaan" Situ denger radio aye" Iye, iye, makasih ucapan selamatnye... Abang dapet warisan dari uwak Abang... Ngomong-ngomong, Neng Ol ke mane aje nggak pernah siaran di Radio Ga Ga lagi" Apa" Oh, sekarang jadi presenter TV" Hebat dong. Di Indosiar" Oh, tesnya besok, ya" Iya deh... Makasih, Neng. Bye-bye..."
Begitu selesai, Somad nggak langsung nutup gagang telepon. Gagang itu malah dipandangi, lalu dicium-cium dengan sukacitanya. Sofyan Sofyan, Bang Nana, dan Hamdan pada tersenyum geli ngeliat ulah bosnya.
"Besok gue kudu ke Indosiar!"
*** "Besoknya sepulang sekolah, Olga ditemani Wina ke Indosiar. Olga langsung tes simulasi di depan kamera. Di dalam ruangan kecil itu Olga masih
pake rok sekolah, tapi atasannya diganti dengan pakaian formal yang disediakan Indosiar!
Olga tampak percaya diri tampil di depan kamera.
Tiba-tiba Somad ditemani Sofyan Sofyan muncul di pintu studio! Somad seneng banget ngeliat Olga, tapi Olga yang lagi konsen sama kerjaannya jelas nggak merhatiin kedatangan Somad! Jadi pas Somad berdadah-dadah, tetep aja Olga nggak ngeh, karena Somad berada di antara kerumunan orang yang menyemut dan menonton di pintu masuk studio.
"Bos, kayaknya Neng Olga nggak tau kedatengan kita deh!" ujar Sofyan Sofyan.
"Ah, yang bener lo!"
Sang produser acara yang berdiri nggak jauh dari Somad, jadi terganggu oleh ulah cowok itu. Dia memperhatikan Somad yang terus berusaha memanggil-manggil Olga. Somad ngerasa diperhatiin sang produser. Tapi bukannya grogi, Somad malah nanya.
"Eh, itu Neng Olga lagi syuting buat acara apaan sih"" tanya Somad ke produser.
Si produser dengan wajah angkuhnya berkata merendahkan, "Memangnya Anda siapanya Olga""
"Oh, situ belon kenal, ye" Ya udah, kite kenalan deh!" Somad menjabat tangan si produser dengan paksa. Aye sukaannye die yang sebentar lagi baka" ngelamar die pake maskawin beneran! Dan aye datang kemari juga karena aye mau ngajakin die siaran di radio aye!"
"Lho, katanya dia masih single! Dan katanya dia belum punya kegiatan apa-apa" Gimana sih" Kok dia bohong begitu" Seharusnya calon presenter kami harus memberikan keterangan yang benar."
"Eh, nggak percaya! Tanya aja ama die! Lagian sekarang aye bukan lagi Somad yang dulu, aye sekarang jadi Somad yang tajir! "Dulu aye pake motor butut, sekarang pake boil! Nggak percaya" Tanya tuh satpam!"
Somad menunjuk Sofyan Sofyan. "Eh, ni satpam sengaja aye bawa sendiri lho!"
Si produser kemudian masuk ke ruangan tempat Olga sedang dites kamera, dan menghentikan acara tes tersebut. Jelas aja Olga kaget. Dia protes ke superviso" tapi si supervisor hanya menunjuk ke arah Somad yang sedang berdadah-dadah.
Dan nasib Olga apes lagi. Dia gagal direkrut jadi presenter, karena dianggap telah memberi keterangan palsu!
"4. RADIO MOBIL "PAGI-PAGI Olga udah dibikin bete! Gara-garanya pas mo ke kamar mandi dan melewati dapur, terdengar suara Somad bin Indun lagi siaran dengan noraknya. Olga berenti, matanya mendelik. Dia konsentrasi pasang telinga.
"Oke, eperibodi... listener setia Jojing Ceceng FM! Panteng terus radio kite, radio yang bisa nemenin jojing sambil jejingkrakan! Good morning, selamat pagi, yang pake baju kuning, belon mandi! Terimalah persembahan Bang Somad. . . spesial sing sing-song. . . terutama buat kamu-kamu yang belom mandi!"
Olga jelas tersinggung berat karena kebetulan pagi ini cewek itu pake daster kuning dan belom mandi! Klop deh! Jadi nggak salah kalo akhirnya dia tereak sekenceng-kencengnya "Bik Inaaaah... radionya dimatiin dong! Berisik, tauuu" Kaleng rombeng begitu didengerin!"
Bik Inah yang lagi berjoget ngikutin lagu "yang diputer Radio Jojing, langsung muncul tergopoh-gopoh, menemui Olga yang berkacak pinggang dan bersungut-sungut.
"Apa, mandi air kembang"" tanya Bik Inah ngaco. "Wah, Non Olga ini ada-ada aja, kayak orang mau semedi, mandi pake air kembang""
"Eh, siapa yang. mau mandi air kembang"" Olga melotot. "Aduh, dasar budi! Matiin tu radio!"
"Tapi lagunye enak, Non!" kilah Bik Inah ngotot. "Gaya siarannya juga cocok sama selera Bibik!"
"Nggak mo tau!" jerit Olga. "Udah, matiin!"
Kemudian Olga masuk kamar mandi sambil membanting pintu! Braaak! Bik Inah kaget. Tapi sebentar kemudian, dia mengendap-endap kembali ke dapur dan meneruskan jogetnya yang sempet terganggu.
Ah, dasar Non Olga aja yang seleranya payah!" gumam Bik Inah. "Lagu asyik buat ngibing gini kok disuruh matiin."
Bik Inah bener-bener mabuk kepayang sama siarannya Somad, sampai nggak peduli telor mata sapinya yang sedang digorengnya jadi gosong gara-gara keasyikan ngibing'
"Yaaah, gimana nih" Kuningnya doang yang selamet," desisnya panik. Selanjutnya Bik Inah mengambil gunting Dan sebentar kemudian langsung. .. kres kres kres! Putih telor yang keriting bak renda itu diguntingi meli
ngkar, dan dibuang ke tempat sampah. Telor mata sapi itu jadi bener-bener aneh, tinggal kuningnya doang!
Yes! Nanti kalo ditanyain Non Olga, bilang aja mata sapinya lagi melotot, jadi putihnya nggak keliatan! pikirnya, lalu joget-joget lagi dengan cuek.
Sementara di sebuah bangunan yang nggak gitu gede dan terkesan agak kumuh-yang ternyata studio Radio Jojing Ceceng FM-Somad sedang melepas headphone-nya. Ia meneguk air putih yang ditaruh di deket mixer.
Tau-tau Bang Nana datang menghampirinya dengan senyum puas.
"Nah, gitu dong, Bos!" puji Bang Nana sambil mengacungkan kedua jempol tangannya. Sebenernya jempol kakinya pun ikut teracung, cuma nggak keliatan karena tertutup sepatu.
"Kalo siaran ceria gitu dong! Pasti deh sukaan ente jadi demen."
"Tapi aye belon bisa ngilangin rasa gundah dan gulana di ati aye, Bang!" keluh Somad lesu. "Bayangin aje, aye mau minta maaf atas persoalan yang pertama, eh udah ada persoalan yang kedua! Masalahnya makin numpuk aja! Makanya aye harus_ secepatnya nemuin Neng Olga buat ngejelasin semuanye."
Tapi kan bisa lewat radio. Kayak tadikan bagus tuh!" Bang Nana berusaha memberi semangat.
"Kalo die denger" Kalo nggak, gimana"" Somad ragu-ragu, matanya menerawang. Bang Nana ngangguk-ngangguk. Dia berusaha mencari solusi untuk bosnya.
"Huh, boro-boro bisa ngajak Neng Olga siaran di mari, buat minta maaf aje susyenye minta ampun!" desah Somad.
Tiba-tiba tebersit ide brilian dari kepala Bang Nana. "Eh, Bos, gimana kalo kita siaran di mobil"" pekiknya heboh sampai ludahnya muncrat dan mengenai pipi Somad. "Istilahnya... mobile radio!"
Somad mengusap-usap pipinya dengan punggung tangan. "Apaan... mobail radio" Maksud lo gimana sih""
Bang Nana dengan penuh semangat menjelaskan idenya. Ia akan membuat perangkat broadcasting mini di dalam mobil, supaya bisa dibawa ke mana-mana. Somad rupanya setuju aja dengan ide yang menurutnya emang unik bin kreatif itu. Dan dalam sekejap siang harinya mobil VW Combi Somad udah disulap menjadi mobile radio oleh Bang Nana. Warna bodinya kuning ngejreng dan ada tulisan "Radio Jojing, 1000 FM" serta ada karikatur orang-orang lagi joget. Rame, meriah! Dan di dalemnya udah lengkap dipasangin mixer serta peralatan siaran laennya!
Somad senang bukan kepalang!
Dia langsung mengajak Sofyan Sofyan ke rumah Olga pake mobil itu.
"Sekarang, Bos"" si satpam melongo.
""Ya iya! Kapan lagi"" kata Somad nggak sabar.
"Tap-tapi... catnya aja belom kering, Bos. Masih bau!"
"Udah, nggak apa-apa. Sambil jalan ntar juga kering sendiri. Yuk!"
Si satpam nggak berdaya, langsung ngikut.
Somad nyetir sambil siaran. Kupingnya pake headphone. Sementara Sofyan Sofyan mengatur mixer ditemani Bang Nana.
"Yes, di sini Somad bin Indun yang bakal menemani kalian semua," Somad memulai siaran dengan antusias.
Bang Nana masih ngetes mixer. Tapi dia salah memutar volume. Yang digedein malah volume headphone yang dipake Somad. Dan...
NGIIING!! Suaranya sampe berdenging! Terang aja Somad jadi terlonjak kaget! Kupingnya pengeng. Secara refleks dia melepas dan melempar headphone itu. Tapi fatal akibatnya, karena kemudi mobil jadi nggak terkontrol!
Dan selanjutnya... lagi-lagi mobil nyusruk ke sawah dengan sukses!
*** "Setelah ditolong penduduk setempat, akhirnya VW Combi kuning Somad berhasil juga naik ke jalan. Somad segera melarikannya ke rumah Olga. Dia bener-bener udah nggak sabar pengen pamer!
"Di depan gerbang rumah Olga, ternyata lagi-lagi Somad menemui kendala. Bik Inah menghadang rombongannya dengan garang!
Tapi rupanya somad udah menyiapkan amplop buat Bik Inah, sehingga wajah perempuan setengah baya itu berubah jadi ramah, seramah-ramahnya!
"Udahlah, Bik. Kita damai aje. Katanye damai itu indah, ya nggak"" rayu Somad sambil ngedipin sebelah matanya. "Nih dari aye. Ente terima, ye."
"Wuah, trima kasih, trima kasih!" Bik Inah menerima dengan girangnya, lalu buru-buru bu"a amplop, mo ngitung isinya.
"Tugas ente gampang kok!" tambah Somad. "Ente cuma harus manteng radio ente di gelombang seribu FM! Tenang deh, aye kagak bakalan sampe masuk
rumah." "Bener, ya"" Bik Inah menatap tajam Somad. Awas, kalo nekat masuk rumah!"
Bik Inah segera balik badan mo ke dapur buat nyetel radionya. Tapi mendadak dia teringat sesuatu. Dia langsung tereak kenceng setengah ngancem, "Eh, tapi ingat, lagunya harus yang enak lho!"
"Sip! Tenang aje," seru Somad sambil masuk ke dalam mobil untuk siap-siap siaran. Di dalam mobil cowok itu agak gemeter megang mikrofon. Dia juga menebak-nebak, apakah Olga udah siap dengerin atau belom.
"Bang Nana ngelirik jam tangannya, lalu ngasih kode ke Somad.
"Ayo, Bos! Udah semenit nih!"
"Oke!" Sementara itu di dapur Bik Inah memutar volume radio transistornya sampe pol! Rasanya rumah yang di ujung jalan pun bisa denger.
"Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh," ucap Somad yang mulai bisa menyingkirkan kegrogiannya. "Hai, Neng Olga. Kaget, ya" Iya nih, Bang Somad mau minta. maaf sama Neng Olga. Pasti Neng Olga kaget kan, kalo Abang udah punya radio sendiri" Mau tau" Ceritanya panjaaa"g banget! Nanti kalo Neng Olga maen ke radio Abang, bakalan Abang ceritain selengkap-lengkapnye deh. Dan pasti Neng Olga bakal lebih kaget lagi, kalo tau Abang sekarang ada di depan rumah Neng Olga. Iya! Karena Abang siaran langsung dari dalam mobil."
Bang Nana memberi kode untuk memutar lagu. "Muter lagu, Bos""
Somad ngangguk-ngangguk sambil tersenyum. Nggak lama kemudian terdengar lagu barat bertema cinta dan bernada slow. I m sorry, my love...
Di dapur, Bik Inah udah memanteng gelombang Radio Jojing. Udah mulai terdengar sebuah lagu cantik. Tapi... Non Olga mana, ya" tanya Bik Inah dalam hati. Aduh, jam segini kok belom pulang sekolah!
""Mm, ng... Bu, Non Olga ke mana sih"" akhirnya Bik Inah memberanikan diri nanya ke Mami ketika Mami ngecek menu makan siang di dapur. Karena suara radio yang begitu kenceng, Mami sampe nggak denger pertanyaan Bik Inah.
APA, BIK"" teriak Mami.
Bik Inah sadar dan ikut balas teriak, "NON OLGA KE MANA" KOK BELOM PULANG""
Mami mencari-cari radio transistor yang diumpetin Bik Inah di balik ulekan. Oh, ini sumbernya! pikir Mami geram sambil ngecilin volumenya hingga lagunya hanya terdengar bisik-bisik.
"Nyetel radio kok kenceng amat sih!" omel Mami. "Eh, ngapain kamu nanya-nanyain Non Olga ""
Bik Inah cuma cengengesan. "Anu, Bu, biar Non Olga ikut ngedengerin siaran Radio Jojing ini. Abis lagunye enak-enak."
"Ah, sok tau kamu!" Mami mengibaskan tangannya. "Non Olga belum pulang. Dia harus rapat di sekolah.
"Oooh," Bik Inah menggumam dengan tampang kecewa abis. Tapi Mami nggak terlalu merhatiin, malah menowel bahu Bik Inah.
"Cepat siapin makan siang, Bik. Saya udah laper!" perintah Mami seraya mo balik ke kamar. "Oh iya, jangan lupa chicken nugget-nya digoreng. Buat Non Olga nanti."
Bik Inah mengangguk sambil membuka kulkas untuk mengambil chicken nugget. Tapi sepeninggal Mami! Bik Inah kembali ngencengin suara radio. Somad kembali cuap-cuap.
"Gimana, Neng Ol" Lagunya enak, kan""
"Enak, enak!" sahut Bik Inah sambil nyiapin penggorengan.
"Sekali lagi Abang minta maaf atas kesalahan-kesalahan yang pernah Abang perbuat," lanjut Somad. "Dan kalo bisa, Abang pengin banget ngajak Neng Olga siaran di radio Abang. Pokoknya soal bayarannye nggak masalah deh! Lagian pan sekarang Abang juga punya mobail radio, jadi Neng Olga bisa siaran di mobil bareng Abang, gitchu. Sambil jalan-jalan liat kota Jakarta. Mo sambil ke Puncak juga oke."
Selepas Somad bicara, tiba-tiba Mami Olga nongol lagi.
"Eh siapa itu barusan yang ngomong" Kayaknya nyebut-nyebut nama Olga""
Bik Inah kaget dan gugup, hingga tangannya nyenggol pinggir penggorengan yang panas. "Aduh, aduh! Eh, anu, Bu, anu..."
Mata Mami mendadak ngeliat radio transistor itu lagi. la cepat tanggap. "Dari Radio""
Bik Inah ngangguk sambil senyum kecut. "Siarannya di depan, Bu..."
"Di depan" Maksud Bik Inah""
"Uu... di depan gerbang kan ada mobil. Ya itu! Penyiarnya siaran dari dalem mobil itu!"
Mami berdecak-decak sambil menggeleng-gelengkan kepala. "Udah, Bik. Bilangin sama mereka nggak usah macem-macem. Percuma, Olga-nya juga nggak b
akalan denger! Suruh pulang aja. Berisik!"
Bik Inah mengangguk kecewa, nggak berani ngebantah lagi, sebentar kemudian dia tergopoh-gopoh menghampiri Somad di mobil, pengin nyampein pesen Mami.
Somad girang sekali melihat kedatangan Bik Inah. Dia berharap ada kabar gembira yang bakal disampein wanita itu dari Olga.
"Bik Inah... gimana" Udah dengar kan suara aye"" serbunya nggak sabar. Sejenak Bik Inah lupa sama pesen Mami.
"Udah, Bang!" sahut Bik Inah semangat "Wah, asyik sekali ya, bisa siaran dari mobil."
"Lagunya gimana""
"Oke! Pas sama selera saya!"
Somad yang girang serta-merta ngeluarin duit lagi dan memberikannya ke Bik Inah. Bik Inah menyambut dengan mata berbinar ijo.
"Nih, aye kasih tambahan buat ente!" kata Somad puas. "Eh, terus gimana reaksi Neng Olga" Dia seneng juga, kan""
"Non Olga"" Bik Inah melongo kayak orang tolol.
"Iye, Neng Olga, pegimane reaksinya" Seneng, surprise, ketagihan, atau apa" Pokoknya ente ceritain deh!" cecar Somad penasaran.
"Mmm, anu... Non Olga..." Bik Inah tergagap. "Somad nggak sabar menunggu cerita Bik Inah. Akhirnya dia ngeluarin duitnya lagi.
"Nih!" kata Somad mantap. "Ente ceritain apa adanya, aye kagak bakalan ngomel kok. Ayo, cepeeet...
"Eh, anu, Non Olga... Anu, Bang... Non Olga belon pulang. Dia masih di sekolah, ada rapat!"
Somad rnelotot lebar-lebar. Sialan! umpatnya dalam hati. Dengan ernosi penuh, dia langsung merampas semua duit dalam genggaman Bik Inah!
"Huh, bukannya bilang dari tadi kalo Neng Olga belon pulang!" makinya sebel. " Ah, brengsek juga lo!"
"Tap-tapi, komisinya..."
"Nggak ada komisi-komisian!"
Somad cepet-cepet naik ke mobil dan membanting pintunya dengan keras. Bik Inah menggigit bibir. Yaaah, gagal deh dapet objekan.
Bruurnrn! Somad ngegas mobilnya, meninggalkan ternpat itu dengan berangasan. Dan seperti biasa... menubruk tong sampah dulu!
Bik Inah sewot lagi! Dia mengacungkan ulekan yang sengaja dibawanya dari dapur sambil misuh-misuh, "Bocah semprul! Udah ngasih kok diminta lagi! Awas ya, kalo besok balik lagi! Nggak bakal gue bantuin!"
*** "Sementara itu di ruang rapat sekolah Olga, Dion sedang mengajak Olga dan Wina bicara.
"Jadi sekolah kita terpilih sebagai pemenang! Yah, alasannya sih karena sekolah kita dinilai paling tertib, nggak pernah ikut tawuran.
"Lho, elo kemaren kan ikut ngeroyok Somad"" potong Olga bingung. Muka Dion seketika merona merah. Wina menyikut lengan Olga.
"Itu sih bukan tawuran, Ol. Cuma melampiaskan dendam kok!" kilah Wina seraya ngelirik Dion yang salah tingkah.
"Iya, tapi kan nggak konsekuen dong, kalo sekolah kita tetap kepilih!" Olga ngotot.
"Mrn, mungkin... mungkin penilaiannya dilakukan sebelum insiden itu terjadi," Dion berusaha ngelurusin masalah. "Dan gue juga nggak tau apa-apa kok, Ol. Cuma kata anak-anak tu cowok pernah nyakitin elo sampe elo stres. Ya gue ikut ngebantuin, soalnya... soalnya.. ."
"Soalnya lo naksir Olga, kan"" todong Wina cuek.
"Eh, bukan. Tapi eh, bukan," Dion gelagapan. Olga jadi nggak enak ati.
"Udah, udah, nggak usah ngebahas masalah itu lagi," Olga rnenengahi. "Trus... gue mau tanya, kenapa harus gue yang nerirna penghargaan itu" Kan masih banyak anak yang lebih pantas ngewakilin dibanding gue."
"Eh, ini bukan pilihan gue, Ol!" Dion mencoba berkilah, pake ngibasin tangan segala. "Kepala Sekolah yang nunjuk. Katanya lo bisa mewakili keteladanan murid-murid di sini."
Olga ternganga sambil ngeliatin Dion dan Wina bergantian. "Bukannya waktu itu gue didisklualifikasi dari pemilihan cewek favorit""
"Mm, ng-nggak tau deh. Pokoknya, katanya elo diizinin jadi wakil yang menerima penghargaan itu. Elo kan pinter, cantik, kreatif," lanjut Dion susah payah. "Dan semua udah setuju! Apalagi elo kan dikenal sebagai public figure, penyiar radio terkenal."
"Eh, itu kan dulu," sela Olga cepat. "Sekarang kan udah nggak lagi""
"Tapi katanya lo mo jadi presenter TV"" desak Dion.
"Ah, belum tentu..." Kini Olga seperti mengeluh. "Kayaknya tes kemaren gue gagal deh."
Wina dan Dion jadi berpandangan. Mereka ikut sedih.
Tiba-tiba Silvia muncu l di ambang pintu. Rupanya sejak tadi dia nguping di balik pintu ruang rapat.
"Kata siapa semua setuju"" katanya dengan suara keras, membuat Olga, Dion, dan - Wina menoleh kaget. "Gue nggak setuju!"
Perlahan-lahan Silvia mendekat dan matanya mengarah tajam ke Dion. "Gue udah cek ke pihak sekolah, ternyata bukan Kepala Sekolah yang nunjuk Olga untuk mewakili penerimaan penghargaan itu. Kepsek bilang, siapa yang menjadi wakil diserahkan ke kita kok. Artinya elo nggak bisa main tunjuk begitu."
Dion menelan ludah seraya ngelirik Olga dengan rikuh.
"Elo harus liat juga potensi yang lainnya dong!" tambah Silvia sinis. "Gue kan udah kepilih jadi duta sekolah di pemilihan cewek favorit!"
Olga bete juga ngeliat sikap Silvia. Tapi dia sengaja nggak mo ribut. Nggak ada untungnya ngelayanin orang sirik macem Silvia!
Tapi Silvia masih terus mendebat pembicaraan Dion, sampai akhirnya Olga bener-bener marah dan beranjak dari duduknya.
"Eh, sori, ya. Gue mo balik dulu! Banyak kerjaan!" katanya sebal.
"Iya, gue juga!" Wina ikut-ikutan beranjak dan mengejar Olga.
Dion panik dan berusaha menahan langkah Olga, tapi dicegat Silvia.
"Elo kenapa sih, ngotot mesti dia yang mewakili sekolah ini"" desis Silvia. Apa elo nggak punya calon lain""
Mulut Dion udah terbuka mo ngomong, tapi diterjang lagi sama Silvia. "Kalo dia nggak mau, ngapain juga dipaksa-paksa""
Dion menghela napas kesal, karena Olga dan Wina keburu kabur meninggalkannya sebelom dia sempet menjelaskan semuanya.
"Eh, Dion, lo harus bertanggung jawab kalo "acara ini gagal, karena gue bisa memastikan akan ada wartawan yang datang untuk meliput acara ini!" desis Silvia sambil bersedekap dan mengangkat dagu.
"Minggir lo, ah!" sergah Dion gusar sambil mendorong Silvia. "Ngerusak acara orang aja.
Silvia kaget, tapi dengan sigap ia mencekal lengan Dion.
"Eh, tunggu, Dion!" suara Silvia mulai melunak, setengah merengek. "Apa elo pikir gue nggak pantas" Apa gue kalah cantik" Apa gue kalah top dibanding Olga""
Dion menepis tangan Silvia dan mengejar Olga.
Silvia te"nganga memandanginya.
Saat itu di sepanjang koridor sekolah, Olga melangkah lebar-lebar dengan wajah bersungut-sungut. Wina kerepotan berusaha menjajari langkahnya. Sebagian murid sudah berkumpul di lapangan untuk mengikuti upacara.
"Olga, tunggu!" Mendadak terdengar teriakan Dion. Wina menoleh. Dion tergopoh-gopoh berlari ke arah mereka. Olga menghela napas keras dan memperlambat jalannya, pindah gigi satu. Eh, emang mobil"
"Olga, lo nggak usah dengerin omongan Silvia, ya"" bujuk Dion dengan napas terengah-engah ketika berhasil menghampiri Olga dan Wina. "Gue... heh... heh... bener-bener udah konsultasi sama Kepala Sekolah. Please, Olga, please!"
"Olga menoleh menatap Dion lekat-lekat, mo liat Dion boong atau nggak. Tapi akhirnya dia nggak tega juga ngeliat Dion yang sungguh-sungguh. Apalagi wajah cowok cakep itu mulai memelas, penuh permohonan.
"*** "Esok siangnya, langit mulai mendung.
Somad masih asyik siaran dari mobilnya. Nggak patah semangat! Dia berharap kali ini Olga mendengar suaranya. Somad bener-bener nggak peduli sama situasi dan kondisi.
Tiba-tiba ada petir menggelegar. Bang Nana tampak khawatir. Dia melongok ke atas, ngeliat langit yang warnanya mulai kelam, warna abu-abu monyet.
"Wah, kayaknya mau ujan, ya"" gumamnya cemas. Somad nggak peduli, tetep nyerocos dengan semangat.
Tiba-tiba terdengar suara petir yang keras sekali! Jeduaaarrr!!! Petir itu menyambar antena radio, dan merambat ke dalam mobil. Akibatnya aliran listrik itu juga menyetrum Somad yang masih siaran! Semua telat mengantisipasi, akibatnya Somad jadi agak gosong! But, the show must go on! Tanggung, pikir Somad. It's now or never!
Ya, setelah gagal beraksi di rumah Olga Somad memang mo nyusul Olga ke sekolahnya. Nggak peduli apa pun yang terjadi.
"Akhirnya, sambil susah payah menjalankan mobil, mereka nyampe juga di depan sekolah Olga. Somad baru sembuh dari kejang-kejang akibat kena setrum. Di mukanya masih ada sisa-sisa gosong.
"C-cepat, Bang, disiapin. Supaya nanti kalo Neng Olga lewa
t sini, kita bisa ajak siaran!" perintah Somad ke Bang Nana. Bang Nana nurut tanpa banyak komentar.
Selanjutnya Somad ngasih kode ke Sofyan Sofyan supaya turun. "Elo tunggu di deket pintu gerbang, ya! Kalo ada Neng Olga, lo harus bawa dia ke sini!"
"Tapi, Bos, kalo Bos saya tinggal, nanti Bos dikeroyok anak-anak lagi," kilah si satpam cemas.
"Nggak. Gue nggak bakalan keluar mobil lagi," Somad menenangkan. "Gue ngumpet aja di sini!"
Satpam mengangguk setengah ragu. Tapi akhirnya dia turun juga dari mobil, dan mengendap-endap ke pintu gerbang sekolah Olga. Somad ngeliatin Bang Nana dengan gelisah, dia udah nggak sabar.
"G-gimana, Bang, udah siap belon"" tanyanya gugup saking antusiasnya.
Peluh Bang Nana mulai ngucur. Rupanya ada kerusakan pada peralatan radio mereka.
"Kayaknya gara-gara kesamber petir nih," desah Bang Nana, tangannya terus ngutak-atik peralatan. Kuping Somad berdiri tegak, matanya melotot.
"Kenapa"" pekiknya.
"Ya, suaranya jadi nggak bisa keluar."
"Ng-nggak bisa keluar" Aduh, jangan bercanda deh, Bang."
"Idih, siapa yang bercanda" Cek aja kalo Bos nggak percaya!"
Somad akhirnya ikut ngebantuin Bang Nana. Keduanya tampak sibuk dan panik. Pokoknya nggak boleh gagal lagi, tekad Somad dalam hati. Bang Nana masih berusaha mengutak-atik peralatan mobile radio. Somad udah nggak sabar.
"J-jadi gimana, Bang" M-masa udah sampai sini nggak jadi siaran"" cerocos Somad setengah menangis karena kecewa.
Bang Nana melap peluhnya dengan punggung tangan, kemudian ngeliat ke megafon yang bentuknya kerucut itu, tergeletak di kolong mixer. Seketika dia punya aka!!
"Hm, gini aja," katanya sambil menjentikkan jari. "Supaya bos tetep bisa siaran, pake ginian aje! Ntar aye tambahin powernya pake speaker! Aye jamin orang satu sekolahan bisa ngedenger suara Bos!"
Aje gile. Yang bener aja!" Somad protes.
"Terserah kalo Bos nggak mau proyek Bos gagal lagi," kata Bang Nana sebel. Somad mikirin untung-ruginya. Wah, bener juga, ya"
"Nggak ada rotan, akar pun jadi! Mata Somad mulai berbinar kembali.
*** Sementara itu di dalam sekolah, upacara penyerahan penghargaan "SMU Teladan Se-DKI" udah dimulai.
Olga berdiri di samping guru-guru di bagian depan. Di sebelah Olga ada Dion. Sementara murid-murid dengan sabar mendengarkan sambutan yang disampaikan langsung oleh petugas dari Departemen Pendidikan Nasional.
"Terus terang, sekolah ini bisa menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain. Bayangkan, hampir selama setahun kami memantau semua sekolah yang ada di Jakarta, hanya sekolah inilah yang tidak pernah terlibat tawuran. Murid-muridnya tertib, tidak ada yang merokok, tidak terdata adanya kasus narkoba dan seks bebas, dan prestasi belajarnya di atas rata-rata. Karena itu kami ingin memberikan penghargaan kepada sekolah ini. Kami mohon salah satu wakil dari murid untuk menerimanya."
Di tempatnya berdiri, di barisan murid, Silvia memandang penuh dendam ke arah Olga. Apalagi ketika Olga melangkah dan berdiri di atas podium untuk mewakili pihak sekolah, menerima penghargaan dari bapak itu.
""Semoga penghargaan ini bisa memacu sekolah ini untuk senantiasa menjaga ketertiban," kata si bapak dari Depdiknas itu. "Terutama murid-muridnya, akan semakin mampu menciptakan lingkungan yang nyaman, tenang, tidak bising, sehingga membuat suasana belajar dan mengajar menjadi tambah nyaman!"
Bapak itu masih memegang surat penghargaan dan baru hendak menyerahkannya ke Olga, tapi tiba-tiba terdengar suara echo megafon. Semua peserta upacara kaget.
Mereka mengira echo yang kencengnya aujubilah itu berasal dari mik sekolah, tapi ternyata...
Somad berdiri di atas kap mobil memegang megafon seperti tukang jamu menjajakan dagangannya! .
Assalamualaikum... Jumpa lagi dengan penyiar kesayangan Anda, Somad bin Indun! Siaran langsung ini terselenggara demi cinta aye pada seorang gadis manis bernama... OLGA!"
Olga yang udah siap-siap mau nerima penghargaan jadi pucat pasi!
Sementara peserta upacara di sekolah Olga juga langsung pada heboh. Semua menyimak suara itu. Wajah Olga serasa terbakar. Ini pasti si Somad
buluk itu! Mo ngapain lagi dia" pikir Olga gemas.
"Dan sebentar lagi, sebagai pembuka, bakal aye puterin sebuah lagu merdu... spesial sing-sing-song buat Neng Olga!" lanjut Somad cuek.
Wajah Sofyan Sofyan yang sedang memantau Olga dari balik pagar sekolah sangat kaget dan panik! Dia berulang kali melambaikan tangan ke arah Somad agar menghentikan siaran itu, karena mengganggu jalannya upacara. Tapi sayang semua terlambat! Somad masih aja asyik siaran.
"Teriring salam rindu dan kangen dari aye. Wajah ente selalu terbayang dalam mimpi aye... Baik di mimpi basah maupun di mimpi kering. Teriring kata maap dari kalbu yang paling dalem ye, Neng Olga" Sekarang kita nikmati lagu dangdut yang riang gembira buat kita semua, oye! So terspesial sekaliii .. Neng Olgaaa! Yihuuiii, tariiik, Maaang!"
Kontan peserta upacara pada ketawa mendengar itu semua, kecuali Olga dan Wina tentu aja! Kedua anak itu ngegerutu dalam hati. Somad sialan! Bikin malu tujuh turunan!
Di tempatnya berdiri, Silvia memandang dengan tawa mengejek ke arah Olga dan Wina. Olga yang geram cepat-cepat turun dari podium. Langkahnya lebar-lebar penuh emosi. Dia mo bikin perhitungan sama Somad! Dion bergegas membuntuti. Wina dan Silvia ikut lari juga. Akhirnya semua peserta upacara berhamburan ke pintu gerbang yang masih terkunci.
Dari sana mereka semua dengan jelas bisa melihat Somad berdiri di atas kap mobil, sambil joget dengan gaya A. Rafiq!
Sementara itu si petugas dari Depdiknas berbicara dengan kepala sekolah. Singkat dan jelas! "Maaf, Pak, untuk sementara penghargaan ini kami tarik kembali, sampai kami bisa mendapatkan penjelasan yang lengkap tentang kejadian ini. Terima kasih!"
*** "Somad tergugu di atas tempat tidurnya ditemani Nyak yang setia mendengarkan penyesalannya. Di kuping Somad masih terngiang dampratan Olga. di sekolah tadi.
"Elo tuh, ya, nggak ada kapok-kapoknya bikin kacau! Udah, gue nggak mo denger alesan elo lagi!"
Somad langsung lemes! "Gimana dong, Nyak! Aye pan nggak tau! Aye bener-bener nggak tau kalo saat itu Neng Olga lagi upacara! Lagian si satpam nggak ngasih tau sih!"
"Yaaah, elo sih... bukannye liat-liat dulu!" Nyak malah ikut nyalahin, nambah beban di hati Somad. "Pokoknya lo kudu minta maaf ama si Olga! Lo kudu jelasin semuanya! Apalagi tu anak katanya sampe diskors dari sekolah segala!"
"I-iye, Nyak. Uhuk-uhuk!" Somad kini malah nangis dengan noraknya. "Tujuan aye nguber-nguber dia emang buat minta maaf, tapi kenapa malah kacau beginiii" Hua... hua..."
Gini giliran Nyak yang kelabakan. "Aduh, Mad! Udah dong, Mad. Kok malah nangis" Lo udah nggak pantes, udah bangkotan!"
Tapi Somad yang nyesel setengah mati tetep aja menangis meraung-raung, nggak peduli bujukan nyaknya.
"5. MUSIM CINTA DI RUMAH OLGA
"SIANG itu Mami lagi jalan-jalan sendirian di mal. Niatnya mo belanja bulanan, tapi buntut-buntutnya mampir ke toko handphone. Maklum, Mami ngerasa udah waktunya punya alat komunikasi yang bisa dibawa jalan. Pasalnya, Mami jadi suka jalan-jalan semenjak Papi tiada. Katanya sih untuk ngilangin kesepiannya.
Mami menaruh belanjaannya di deket kaki, lalu mengamati deretan HP yang dipajang di etalase. Sang penjual hanya memandangi.
"Coba saya lihat yang itu... Yang warnanya perak," kata Mami seraya menunjuk ke HP yang dimaksud. Si penjual segera mengambilkannya.
"Yang ini berapa harganya"" tanya Mami, sambil membolak-balik barang itu.
"Murah, cuma empat juta. HP canggih, Bu " jelas si penjual. "Dapat bonus voucher isi ulang seratus pulsa."
"Awet, nggak""
""Oh, awet banget. Malah kalo nggak dipake nggak bakal rusak."
Mami menimbang-nimbang sejenak. Sebenernya soal kecanggihan nggak penting buat Mami. Yang penting tuh HP bisa dipake, itu aja pikiran Mami.
"Mm, bisa pake kartu kredit, nggak""
"Wah, ya nggaklah, Bu. Yang namanya handphone ya -tetep handphone, buat nelepon. Mana bisa dipake sebagai kartu kredit""
Mami mendelik sewot. "Bukaaan! Maksud saya, bayarnya bisa pake kartu kredit, nggak" Saya nggak bawa uang kontan!"
Si penjual tersipu. "Ooh, bisa... bisa!"
Mami menunduk, merogoh do
mpet di dalam tasnya. Tapi lagi sibuk mencari-cari, mendadak sebuah tangan kurus keriput mencegahnya.
"Sudah, jangan repot-repot. Pakai kartu saya aja."


Olga 10 Radio Jojing di http://ceritasilat-novel.blogspot.com by Saiful Bahri Situbondo

Mami kaget dan menoleh. Oom Boy!
"Eh, Oom Boy""
Oom Boy tersenyum lebar, lalu nutupin gigi ompongnya.
"Jangan panggil oom, dong. Panggil mas aja, biar lebih akrab," kata lelaki yang umurnya sepantaran sama almarhum Papi itu. Tapi Oom Boy kayaknya nggak tau diri. Pria itu kini memamerkan senyum mautnya. Mami salah tingkah, nggak enak ati sama si penjual yang senyam-senyum merhatiin.
"Tapi, Oom, eh, Mas.."
"Anggap saja ini kenang-kenangan..."
"Kenang-kenangan... Kenangan terakhir maksudnya""
"Waduh, emangnya saya mau mati"" sela Oom Boy sedikit gusar. "Ini baru kenang-kenangan awal. Abis dari dulu Jeng selalu menolak kalo mo dibeliin barang. Nanti akan menyusul kenangan berikutnya. Tunggu aja tanggal mainnya, di bioskop kesayangan Anda. Eh.. ."
Mami tampak kebingungan. "Tapi saya nggak bisa menerima pemberian ini," tolak Mami halus, seraya nyari-nyari kartu kreditnya yang biasanya dia selipkan di dompet dan nggak pernah ketinggalan. Tapi... sial banget! Hari ini kartu itu ketinggalan!
"Udahlah, Jeng, apa susahnya sih nerima pemberian saya"" desak Oom Boy sambil ngedipin mata. Mami pura-pura nggak liat.
"*** "Bener seperti dugaan Mami, Olga langsung nyap-nyap begitu tau apa yang terjadi.
"Kenapa Mami terima sih"" sungut anak itu sambil melirik handphone baru maminya yang tergeletak di atas meja.
"Namanya juga dikasih!" sahut Mami sekenanya.
"Iya, tapi harganya kan mahal, Mi" Pasti tu orang ada maunya!"
Mami mendesah. "Tadinya Mami mo nolak, tapi Mami suka model dan warnanya."
"Ah, Mami matre!"
"Olga ! Kamu jangan sembarangan kalo ngomong. Mami menerima ini karena Mami nggak ingin ngecewain orang. Ingat, Ol, dengan menerima pemberian orang, berarti Mami udah menolong orang lain untuk berbuat baik. Mami udah membantu orang untuk mendapat pahala!"
"Tapi Mami kan tau, Oom Boy lagi ngebet sama Mami," dengus Olga. "Belum juga kering kuburan Papi..."
"Olga!" potong Mami kaget. "Kamu ini ngomong apa sih""
"Pokoknya Olga mau Mami kembaliin tuh HP!" kata Olga sambil beranjak. "Olga juga bisa beliin kalo Mami mau!"
Olga lalu balik badan dan pergi ke kamar. Mami bengong, memandangi HP barunya dengan tatapan masygul.
Di kamar Olga bete banget! Dia tau seperti apa Oom Boy itu, lelaki tua bangka! Emang sih, dia temen maen golf almarhum Papi. Dulu Papi sering ngundang Oom Boy untuk minum teh di rumah, sambil ngobrolin bisnis. Tapi diem-diem Oom Boy naksir Mami. Olga sering mengamati itu! Kalo Mami dateng untuk nyuguhin kue atau minuman, Oom Boy suka curi-curi pandang dengan tatapan penuh arti. Ih, Olga aja suka bergidik kalo inget orang macam apa Oom Boy itu. Udah tau jelas-jelas istri sahabatnya, tapi ditaksir juga. Dan Olga yakin, Mami bukannya nggak tau hal itu. Cuma herannya, Mami kok nekat juga nerima barang pemberiannya" Aduh, Pi, maafin Mami, ya" kata Olga dalam hati dengan sedih.
*** "Sore itu Bik Inah sedang nyiram taneman di taman depan. Tiba-tiba terdengar suara merdu Ismet dari atas sepeda siomaynya. Tadinya sih suara Ismet biasa-biasa aja. Tapi begitu hendak melintasi rumah Olga, suaranya berubah penuh tekanan.
"May-may... siomay. Ada tahu, kentang, pare, tenggiri... Siomay!"
Bik Inah menghentikan aktivitas rutinnya, demi mendengar suara itu. Ia cepat-cepat berlari ke pintu gerbang. Pipa slang yang buat nyiram dilempar begitu aja. Ismet memperlambat sepedanya dan memperhatikan pintu gerbang. Bik Inah melambaikan tangannya tinggi-tinggi, menyambut Ismet yang tampak perkasa di atas sepeda kumbang itu. Ismet tersenyum lega melihat Bik Inah. Ia mengerem sepedanya tepat di depan pacarnya itu.
"Waduh, suaramu makin merdu aja, Mang Ismet," puji Bik Inah sambi tersenyum genit.
""Iya dong. Kan saya pernah jadi beking vokalnya Westlife!"
Keduanya tertawa cekikikan, khas orang yang lagi kasmaran. Tanpa diminta, Ismet menyiapkan sepiring siomay. Lengkap! Setelah selesai, dia menyerahkan siomay itu pada Bik Inah.
"Diabisin, ya. Yang ini Mamang bikin spesial!"
Bik Inah melahap siomay itu sekuat tenaganya. Ismet senyam-senyum kegirangan sambil merhatiin.
"A'uh, emang enyak sih, Mang," komentar Bik Inah nggak jelas karena mulutnya kepanasan plus kepedesan.
"Oh, iya dong. Siomay Mang Ismet emang tiada duanya!" Ismet menepuk-nepuk dadanya pongah.
Dalam sekejap, siomay di piring ludes sampai ke bumbu-bumbunya. Busyet deh, Bik Inah! Siomay panas gitu bisa dilahap dalam waktu singkat! Bentar lagi bibirnya pasti jo"tor!
"Eh, Nah, mo ngapain"" tanya Ismet bingung, ketika Bik Inah jongkok di deket ember yang tergantung di deket roda sepeda.
"Biarin, Mang, biar saya cuci sendiri piringnya, " kata Bik Inah. Ismet akhirnya membiarkan. Ia malah sibuk mikir gimana caranya ngajak kencan.
"Mm, Nah, malam Minggu nanti... mau nggak kalo kita nonton"" tanya Ismet sambil menggosok-gosok setang sepedanya, menutupi rasa groginya. Bik Inah terperanjat, nggak nyangka bakal dapet ajakan kencan itu. Saking kagetnya, piring beling di tangannya yang berlumuran sabun cuci itu meluncur jatuh dan pecah. Bik Inah dan Ismet sama-sama terkesiap.
"Aduh! Ma-maaf, Mang," Bik Inah panik sambil buru-buru memunguti pecahan piring. Ismet menggeleng-gelengkan kepalanya.
"Udah, udah. Nggak apa-apa. Masih banyak persediaan kok. Tenang aja!"
Bik Inah menggigit bibir. Malu ati. Udah jajan gratis, mecahin piring pula.
"Gimana" Bisa nggak malem Minggu"" kejar Ismet.
Bik Inah cuma senyam-senyum, kayak anak ABG yang abis ditembak" cem-cemannya.
"Kalo senyum tandanya oke," sindir Ismet sambil mengerling.
Bik Inah lalu mainin rambutnya sambil nyengir. "Oke deh. Aku pake baju merah, ya""
Ismet langsung ber-yes! berkali-kali dengan dua tangan, hingga lupa megangin sepedanya. Dan akibatnya... gubraakkk! Sepeda itu ambruk. Dagangan siomay Ismet tumpah dan bertebaran di tanah.
Inah dan Ismet sama-sama melongo.
"*** "Olga masih merajuk, duduk di depan meja belajarnya. Mami berdiri di belakangnya, megang HP baru dengan penuh kasih sayang.
"Pokoknya Olga mau Mami kembaliin HP itu!" sungut Olga tanpa menoleh ke Mami.
"Tapi... di struk belanjaannya ada tulisan 'barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan'," Mami nyari-nyari alasan. Soalnya terus terang, ia sayang juga kalo harus ngembaliin tu H" Lagian ngirit empat juta, kan lumayan banget"
"Ya kembaliin aja ke Oom Boy!" tandas Olga. "Apa susahnya sih""
"Tapi, Ol, kan sayang... Mami emang menerima HP dari lelaki itu, tapi cintanya kan nggak""
Olga udah mo buka mulut lagi ketika mendadak Bik Inah muncul sambil cengar-cengir.
Mami dan Olga agak terganggu dengan kedatangan Bik Inah. Lagian tu pembantu emang nggak tau diri banget. Orang lagi ngomong penting malah mo ikutan nimbrung.
"Maaf, Non Olga, Bu, saya mengganggu..."
"Emang ngeganggu!" sela Olga nggak sabar.
"Saya mo minta maaf lagi, untuk hal yang lain.. ."
"Udaaah... nggak usah basa-basi. Mau ngapain sih""
"Saya mo ngasih tau jauh-jauh hari. Malem Minggu nanti, saya mo minta izin untuk nonton layar tancep bareng pacar saya, Ismet."
"Di luar dugaan, Mami langsung meluluskan permintaan Bik Inah. Mungkin Mami ngerasa kasian juga karena Bik Inah nggak pernah refreshing.
"Oke, nggak masalah," kata Mami cuek.
Bik Inah yang sejak tadi harap-harap cemas, langsung melonjak setinggi-tingginya, sampai nyaris kejedot eternit (masa bisa sih").
Olga cuma geleng-geleng kepala ngeliatnya. Nggak tau kenapa, sore ini dia bete banget! Ini semua gara-gara Oom Boy yang berusaha nyogok Mami itu!
Kebetean Olga lengkaplah sudah ketika tanpa kabar Somad muncul dengan mobile radio-nya di depan rumah. Dengan gaya pas-pasan, Somad melangkah ke depan pintu rumah. Pada saat bersamaan, Bik Inah yang mo buang sampah juga nongol di depan pintu. Tentu aja sambutan yang kurang menguntungkan langsung singgah di kuping Somad.
"Eh, sompret, pasti mau cari Non Olga ya" Huh, emangnya udah siap mental""
"Sore ini aye mo bikin kejutan, Bik. Aye yakin, Neng Olga pasti girang setengah mati, begitu tahu Romeo-nya datang secara tiba-tiba, dengan bingkisan yang pali
ng disukai," kata Somad, lalu mengeluarkan dua butir duren montong dari balik punggungnya. Bik Inah jadi ngiler! Idungnya mengendus-endus. Uh, harumnya!
""Makanya buruan bilangin Neng Olga, entar aye kasih sebiji deh," bujuk Somad yang tau kelemahan Bik Inah.
"Bener nih""
"Iye, bener!" Bik Inah bergegas ngeloyor ke dalem. Dihampirinya Olga yang saat itu lagi asyik baca majalah di ruang tengah.
"Non Olga, ada yang dateng tuh... cowok"
Olga menurunkan majalahnya, memandang Bik Inah bingung. "Cowok" Siapa, ya""
Bik Inah nyengir. "Biasa, ihik, cowok tiga generasi itu lho."
"Bang Somad""
Bik. Inah ngangguk. Olga langsung males dan melanjutkan baca majalah.
"Bik Inah kan udah tau apa yang harus dilakukan kalo dia datang! Masa lupa sih"" bentak Olga.
"I-iya sih. Mmm, tapi kali ini Bibik nggak tega ngusir, Non Ol."
Olga mengerutkan dahinya, kembali memandang Bik Inah. Bik Inah narik napas, lalu lebih mendekat ke Olga.
"Soalnya... dia bawa sesuatu, Non," desah Bik Inah.
Olga melotot lagi. "Nggak peduli!"
"Yah, orangnya sih boleh Non Olga tolak. Tapi bawaannya harus kita selamatkan dulu."
"Mm, emangnya dia bawa apa sih"" Olga akhirnya tertarik juga.
""Si sompret itu ke sini bawa duren! Non Olga kan tau, saya suka duren."
Olga menghela napas sebentar. Setelah meletakkan majalah, ia bergegas keluar untuk menemui Somad. Bik Inah girang bukan main. Sebelum Olga sampai di pintu, Bik Inah menghadangnya.
"Nah, gitu dong, Non. Yang penting durennya bisa untuk saya."
"Enak aja!" kilah Olga. "Bik Inah kira saya nggak doyan duren!"
Bik Inah bengong. Ketika Olga ke teras, dilihatnya Somad lagi asyik nyiumin duren. Olga menggigit bibir, melihat tingkah Somad yang norak itu. Olga berdehem. Deheman yang membuat Somad kaget. Saking kagetnya, wajah Somad hampir nancep di duren. Somad buru-buru menenangkan diri. Ditatapnya wajah Olga yang sangat dicintainya itu.
"Eh, Neng Olga pasti kaget, ya, Abang datang tanpa mengabari sebelumnya, kata Somad basa-basi.
Olga nggak jawab, tapi malah memandang mesra pada duren bawaan Somad. Tentu aja Somad rada grogi, tapi dia tau ke mana arah pandangan mata Olga sebenernya.
"Ini duren dari pemasang iklan di Radio Jojing," jelas Somad tanpa diminta. Olga mendekat.
"Bayar iklan kok pakai duren"" tanya Olga "asal. Udah lama dia emang pengin makan duren.
"Abis belom ada yang berani pasang iklan betulan. Akhirnya Radio Jojing terima iklan serabutan. Ada yang pasang iklan jualan kambing, iklan keilangan ayam, sampai iklan panen buah. Kebetulan Haji Engkus lagi panen duren, dan dia pasang iklan. Barangkali ada yang mau borong durennya, makanya dia pasang iklan di Radio Jojing. Bayarnya ya pake duren," ujar Somad panjang-lebar. Meski. bingung, Olga mengangguk-a"gguk juga.
Menit-menit selanjutnya, Olga makan duren bareng Somad dan Bik Inah di teras. Olga sebenernya malu; nggak mau orangnya tapi kok mau oleh-olehnya! Olga jadi inget Mami.
Eh, ngomong-ngomong... Mami ke mana, ya" Kok nggak keliatan"
Rupanya Mami ada di taman belakang, lagi baca buku resep masakan. Tau-tau handphonenya berbunyi. Begitu membaca tulisan di layarnya, Mami setengah ragu untuk mengangkat.
Oom Boy! Mami celingukan sebentar, takut ketauan Olga.
"Halo, eh, Mas Boy! Mm, baik-baik aja. Wow, ini emang handphone bagus. Siapa dulu yang ngebeliin"" ujar Mami berusaha riang.
"Eit, tapi jangan lupa, malam Minggu besok, Mas dateng ya ke rumah"" rayu Oom Boy dari seberang sana.
"Mami terkesiap, panik. "Eh, Mas... ngng, jangan dulu deh."
"Aduh, Mas udah ndak sabar nih. Pengin malem Mingguan sama Jeng."
Mami menjauhkan HP itu, lalu memanyunkan bibirnya. Malem Mingguan" Ih, amit-amit!
"Nanti-nanti aja, Mas. Sabar, jangan terburu nafsu."
"Jangan cegah kerinduanku, Jeng. Bye bye, sampai ketemu malam Minggu!"
KLIK. Hubungan telepon terputus! Mami memandang kesel ke HP di tangannya itu. Idih, apa-apaan sih si Oom keriput itu"
Sementara itu di teras,. Olga masih asyik makan duren bareng Somad dan Bik Inah.
"Kalo Neng Olga mau siaran di Radio Jojing, tentu akan banyak pemasang iklan," ka
ta Somad pelan. Dia pikir sogokan duren ini cukup membuat hati Olga luluh dan menerimanya dengan tangan terbuka. Padahal bagi Olga sih, boro-boro.
"Maaf Bang, Olga udah males siaran radio," sahut Olga sambil menjilati tangannya yang masih berlepotan daging duren.
"Tapi, Neng, Abang beli stasiun radio itu cuma buat Neng Olga siaran. Neng mesti tahu, radio itu bakal jadi milik Neng Olga, asal Neng mau jadi kekasih Abang," bujuk Somad pantang menyerah.
Olga tersedak kaget. Biji duren nyaris nyangkut di tenggorokannya.
""Duh, jadi Bang Somad nyogok pake duren buat ngerayu saya"" sungutnya.
Somad belom menjawab, ketika mendadak muncul Wina dengan Wonder kuningnya. Olga blingsatan. Waduh, apa kata Wina nanti ngeliat gue rukun sama si sompret ini" pikir Olga. Maka cepet-cepet Olga menoleh ke arah Somad dengan wajah tegas.
"Maaf, Bang Somad pulang dulu, ya. Ada temen saya tuh, mo bikin tugas sekolah bareng."
Wina turun dari mobilnya dan mendekat. Dia sempet ternganga sejenak sebelum akhirnya senyam-senyum ngeledek. "Sori, Ol... Ngeganggu, ya" Gue nggak tau kalo lo udah gencatan senjata..."
Olga cemberut ke Wina. "Apaan sih lo""
Somad hanya garuk-garuk kepala dengan raut kecewa. "Ya udah deh. Kalo gitu, Abang datang malam Minggu aja, ya"" pinta Somad nekat.
Olga nggak ngangguk, tapi juga nggak menggeleng. Somad tersenyum, merasa mendapat angin.
"Nanti kita jalan-jalan, menghirup udara malam yang sejuk. Oke""
Olga nggak begitu memedulikan ucapan Somad, karena saat itu Wina berbisik ke telinganya. "Eh hari Minggu kita jadi kan main sepatu roda di Senayan"" bisik Wina.
"Oke, deeeh!" sahut Olga mantap.
"Tapi yang girang malah Somad. Dia mengira jawaban itu untuknya. Tanpa babibu lagi, Somad ngeloyor pulang dengan hati berbunga-bunga!
"*** "Mami, Olga, dan Bik Inah lagi ngumpul di ruang tengah. Bik Inah keliatan sibuk. Ngelap kaca lemari, ngelap meja, bebenah sana-sini. Mami memandang Olga, yang keliatan suntuk banget.
"Hei, anak Mami nggak boleh cemberut gitu," tegur Mami.
"Olga masih belum puas, sebelum mendengar keputusan Mami," tegas Olga.
"Keputusan apa""
"Soal hubungan Mami sama Oom Boy itu!"
Mami agak kaget dengan ucapan Olga, tapi dia berusaha menahan diri. Bik Inah yang nguping pembicaraan itu menggerutu dalam hati. Wah, jangan-jangan hubunganku sama Ismet juga bakalan dibahas nih, pikirnya.
"Olga tau, Mami ngerasa kesepian sejak Papi nggak ada. Tapikan ini baru..."
Mami belom menjawab ketika HP di tangannya berbunyi lagi. Mami berdiri dan jalan beberapa langkah, menjauh dari Olga. Olga menghela napas dan udah bisa menebak dari siapa telepon itu. Tangan Mami memberi isyarat supaya Bik Inah lengser dari ruang tengah. Mami nggak mau pembicaraannya disadap!
Bik Inah berdiri. Lalu beranjak.
"Halo" Iya, Mas. Lagi nyantai. Apa" Mau ke sini sekarang""
Mami segera mematikan HP-nya. Dengan wajah pucat dan panik ia menatap Olga. Olga balas menatap.
"Kenapa, Mi" Si Oom gatel itu mau ke sini, ya"" tebak Olga kesel.
"Iya, Ol. Gimana dong" Padahal udah Mami larang. Tapi dianya nekat!"
"Makanya, Mi, Olga bilang juga apa. Oom Boy emang ganjen. Kan Olga udah ngasih tau jangan main api sama dia. Dia suka nekat!"
"Jadi gimana dong, Ol""
Olga beranjak dari duduknya, mikir sambil mondar-mandir. Tiba-tiba dia nemu ide.
"Gini aja, Mi, mendingan kita pergi! Kita nginep di rumah Tante lis di Bogor," usulnya.
Kedua alis Mami bertaut. "Eh, iya juga ya" Ayo kita kabur, Ol!"
Mami dan Olga lantas siap-siap mo beres-beres. Giliran Bik Inah yang kelimpungan.
"Bik Inah, kamu harus jaga rumah. Saya dan Olga mau nginep di Bogor. Mungkin besok sore baru pulang!" kata Mami.
"Tapi. .. tapi saya kan udah janji mo nonton layar tancep bareng Mang Ismet, Bu," protes Bik Inah
""Batalin aja. Minggu depan pasti ada yang kawinan lagi. Sekarang kan musim ujan!" sahut Olga cuek.
Bik Inah garuk-garuk kepala.
*** "Bik Inah tampak sedih, berdiri di depan Ismet. Mami dan Olga udah kabur ke Bogor, menghindari serangan" Oom Boy maupun Somad.
"Maaf deh, Mang Ismet... ini bener-bener kasus. Tiba-tib
a Nyonya sama Non Olga pergi ke Bogor. Aku disuruh jagain rumah," kata Bik Inah terbata-bata saking sedihnya.
Ismet nggak bisa ngomong, tapi cemberut di wajahnya udah mewakili kekecewaan yang dalam.
"Ya udah, kita pacaran di rumah aja," kata Ismet pelan akhirnya.
Aduh, nanti mengundang fitnah. Aku nggak mau, ah! Nggak enak diliat tetangga," tolak Bik Inah.
Tiba-tiba muncul dua mobil sekaligus dari arah yang berlawanan. Yang satu mobil Somad, yang satu lagi mobil Oom Boy. Bik Inah menggigit bibir.
"Nah ini dia dua orang yang dihindari majikanku!" ujar Bik Inah.
Somad dan Oom Boy turun bersamaan. Somad udah dandan bak Elvis Presley. Rambutnya klimis, dengan jambul mencuat ke atas alias take off. Sementara Oom Boy tak kalah gayanya. Tua-tua bisa tampil dandy juga. Keduanya berpandangan penuh curiga.
Lelaki bangkotan itu mau ngapain ke sini" Mo ngapelin Neng Olga" Gue selepet baru tau rasa luh! pikir Somad sebel.
Perjaka tiga zaman, mau apa dia" batin Oom Boy culas. Jangan-jangan mo kencan sama maminya Olga. Wah, tidak akan kubiarkan!
Keduanya kini berhadapan. Mata mereka melotot buas. Bik Inah dan Ismet saling pandang, penuh kebingungan.
"Mo ngapain, Kek" Ngapelin Olga"" dengus Somad sinis. Oom Boy yang dipanggil kakek terang aja sewot.
"Heh, bujang lapuk, ati-ati ya kalo ngomong!" damprat Oom Boy yang ngerasa danannya udah perlente abis. "Elo mo morotin maminya Olga, ya""
"Ih, sori ye!" Somad mencibir. "Saya ini sukaannye si Olga!"
Oom Boy membelalak, lalu tersenyum lega. "Waduh, kalau begitu kita tak perlu bertengkar."
"Maksud Kakek"" tanya Somad.
"Kok kakek sih "" protes Oom Boy. "Maksud saya kita nggak perlu saingan. Soalnya saya ke sini mo ngapelin maminya Olga. Saya pacar barunya!"
Somad bengong. Wah, kalau gitu, orang tua ini bakal jadi mertua gue, pikirnya sebel.
"Somad nggak tau kalo Oom Boy juga lagi sibuk ngebatin. Duh, kelak gue bakal punya mantu sejelek dan sekurang ajar ini!
Ismet yang sejak tadi merhatiin mereka, cepet-cepet ngedeketin Bik Inah. "Untung nggak jadi perang ya, Nah""
"Justru sangat disayangkan, kenapa mereka nggak jadi- ribut," gerutu Bik Inah kecewa.
Somad dan Oom Boy segera masuk dan menghampiri Bik Inah. Bik Inah bingung mo ngejelasin.
"Mana Neng Olga" Lagi dandan buat nyambut kedatangan aye, ya"" tanya Somad kege-eran.
Belom sempet Bik Inah ngomong, Oom Boy nggak mau kalah ikut nanya. "Mami mana" Lagi nyalon, ya""
Tiba-tiba Bik Inah punya akal licik.
"Mmm... Non Olga sama Mami lagi pergi sebentar untuk cari makanan kecil. Buat menjamu tamu-tamu istimewa, katanya. Bang Somad dan Bapak tunggu saja, nanti juga mereka pulang," jelas Bik Inah sambil tersenyum manis.
Somad dan Oom Boy tentu aja girang, sementara Ismet malah bengong. Lho, tadi katanya ke Bogor" Tapi waktu Bik Inah ngedipin mata ke arahnya, Ismet urung nanya.
"Silakan duduk di teras," kata Bik inah. "Di situ ada majalah TTS, buat iseng."
"Ente mau ke mana, Bik"" tanya Somad "bingung waktu ngeliat Bik Inah menyeret lengan Ismet hendak keluar.
"Oh, mm, saya dan Ismet mo ke depan sebentar. Beli martabak," ujar Bik Inah gugup.
"Jadi aye sama orang tua ini ditinggal di sini"" tanya Somad seolah nggak rela. Bik Inah ngangguk.
"Nggak apa-apa, kan" Non Olga sebentar lagi juga dateng. Tungguin aja."
Akhirnya Somad dan Oom Boy manggut-manggut. Bik Inah lekas mengajak Ismet ke luar. Ismet masih nggak percaya dengan kecerdasan Bik Inah.
Ayo, Mang, kita jangan sampai terlambat," ujar Bik Inah ketika mereka udah ke luar gerbang. "Biar mereka berdua yang ngejagain rumah!"
Bara Maharani 9 Siluman Ular Putih 15 Pengasuh Setan Misteri Lukisan Tengkorak 1

Cari Blog Ini